Cara meletakkan telur yg benar...

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Cara meletakkan telur yg benar...

Post  adin on Sat Jun 11, 2011 7:33 pm

Numpang tanya lg nih pd smua teman2 diPAPAJI, gimana cara meletakkan/menyimpan telur yg baik & benar, agar kualitas telur ga cepat rusak apkah ujung telur yg agak lonjong diatas atau sebaliknya ujung telur yg agak lonjong yg dibawah...
trmksh PAPAJI smuanya....

adin
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 140
Join date: 03.02.11
Age: 29
Lokasi: Banjarmasin

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  ajik on Sat Jun 11, 2011 9:09 pm

adin wrote:Numpang tanya lg nih pd smua teman2 diPAPAJI, gimana cara meletakkan/menyimpan telur yg baik & benar, agar kualitas telur ga cepat rusak apkah ujung telur yg agak lonjong diatas atau sebaliknya ujung telur yg agak lonjong yg dibawah...
trmksh PAPAJI smuanya....
penetasan pake apa??? Mas??? pake lampu/ato pake indukan???

ajik
kopral
kopral

Jumlah posting: 31
Join date: 07.05.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  adin on Sun Jun 12, 2011 10:31 am

ajik wrote:
adin wrote:Numpang tanya lg nih pd smua teman2 diPAPAJI, gimana cara meletakkan/menyimpan telur yg baik & benar, agar kualitas telur ga cepat rusak apkah ujung telur yg agak lonjong diatas atau sebaliknya ujung telur yg agak lonjong yg dibawah...
trmksh PAPAJI smuanya....
penetasan pake apa??? Mas??? pake lampu/ato pake indukan???
sebelum ditetaskan Om, jd disimpan sementara biar ngga diganngu ayam lain...

adin
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 140
Join date: 03.02.11
Age: 29
Lokasi: Banjarmasin

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  Administrator on Sun Jun 12, 2011 1:37 pm

Posisi bisa apa saja. Yg penting jangan goyang2 dan tempatnya cukup hangat.

Taruh di baskom kecil yg diisi beras 1/3 baskom. Telur diletakan dgn alas beras tsb supaya tdk goyang2.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  adin on Sun Jun 12, 2011 9:30 pm

Administrator wrote:Posisi bisa apa saja. Yg penting jangan goyang2 dan tempatnya cukup hangat.

Taruh di baskom kecil yg diisi beras 1/3 baskom. Telur diletakan dgn alas beras tsb supaya tdk goyang2.

brrti telur jgn bnyk getaran & goncangan, masuk akal klo taruh diatas beras sprti yg Om Ary katakan, mksh Om Ary tlh bnyk mmbantu sy dlm hal beternak.....
sukses trus PAPAJI...

adin
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 140
Join date: 03.02.11
Age: 29
Lokasi: Banjarmasin

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  kasnoto_mojosari on Sun Jun 12, 2011 10:31 pm

Administrator wrote:Posisi bisa apa saja. Yg penting jangan goyang2 dan tempatnya cukup hangat.

Taruh di baskom kecil yg diisi beras 1/3 baskom. Telur diletakan dgn alas beras tsb supaya tdk goyang2.


itu susunan nya (bawah-atas) : alas baskom-beras-jerami-telur atau baskom-beras-telur
mmmm itu berasnya ga dimakan sama babon dan terjadi guncang?
kalo misalnya diganti pasir halus?

kasnoto_mojosari
kopral
kopral

Jumlah posting: 38
Join date: 27.05.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  Administrator on Mon Jun 13, 2011 5:55 pm

kasnoto_mojosari wrote:
itu susunan nya (bawah-atas) : alas baskom-beras-jerami-telur atau baskom-beras-telur
mmmm itu berasnya ga dimakan sama babon dan terjadi guncang?
kalo misalnya diganti pasir halus?

Mungkin yg dimaksud mas Adin, setelah babon nelor, telurnya 'diselamatkan', diambil dulu dan taruh dalam baskom + beras, lalu disimpan di rumah.
Nanti setelah babon mengeram, baru telurnya dipindah ke sarang.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  matz fadia on Wed Jun 15, 2011 10:59 pm

Administrator wrote:
kasnoto_mojosari wrote:
itu susunan nya (bawah-atas) : alas baskom-beras-jerami-telur atau baskom-beras-telur
mmmm itu berasnya ga dimakan sama babon dan terjadi guncang?
kalo misalnya diganti pasir halus?

Mungkin yg dimaksud mas Adin, setelah babon nelor, telurnya 'diselamatkan', diambil dulu dan taruh dalam baskom + beras, lalu disimpan di rumah.
Nanti setelah babon mengeram, baru telurnya dipindah ke sarang.


kalau telur itu dibiarkan saja di petarangannya gimana mas?
ntar kalau babon udah mau bertelur diangkat begitu seterusnya.....
numpang tanya mas,kalau telur retak meski hanya sedikit pa masih bisa menetas?

matz fadia
kopral
kopral

Jumlah posting: 11
Join date: 11.05.11
Age: 23
Lokasi: besuki,situbondo

http://matz21.fadia@gmail.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  Ringgas Hutagaol on Thu Jun 16, 2011 12:13 am

kasnoto_mojosari wrote:

kalau telur itu dibiarkan saja di petarangannya gimana mas?
ntar kalau babon udah mau bertelur diangkat begitu seterusnya.....
numpang tanya mas,kalau telur retak meski hanya sedikit pa masih bisa menetas?

Telur yang retak dalam perkembangannya dapat “meledak” atau bocor dan mengotori telur telur lainnya. Juga karena retakan yang ada maka penguapan yang terjadi tidak berjalan semestinya dan pada akhirnya juga embrio yang ada di dalamnya akan mati.

Ringgas Hutagaol
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1054
Join date: 27.02.11
Age: 50
Lokasi: Jakarta Utara - 081398023456

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  pak_tri on Thu Jun 16, 2011 5:50 am

Administrator wrote:Posisi bisa apa saja. Yg penting jangan goyang2 dan tempatnya cukup hangat.

Taruh di baskom kecil yg diisi beras 1/3 baskom. Telur diletakan dgn alas beras tsb supaya tdk goyang2.


setuju .....telur bisa diletakan dlm posisi apapun ,asal ruangan -
jangan terlalu panas.....

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 1760
Join date: 02.06.10
Lokasi: Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  jackone on Thu Jun 16, 2011 7:39 am

adin wrote:Numpang tanya lg nih pd smua teman2 diPAPAJI, gimana cara meletakkan/menyimpan telur yg baik & benar, agar kualitas telur ga cepat rusak apkah ujung telur yg agak lonjong diatas atau sebaliknya ujung telur yg agak lonjong yg dibawah...
trmksh PAPAJI smuanya....

Bagian telur yang agak lonjong/lebih lancip letakkan di bagian bawah. Bagian lonjong yang lebih lebar akan menjadi kantong udara pada saat proses pengeraman jangan sampai berada di bawah agar telur lebih awet.

Demikian juga jika menggunakan mesin penetas sebaiknya kemiringan posisi telur 45 derajat dan bagian lonjong yang lebih lebar berada di sisi atas.

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 351
Join date: 02.09.10
Age: 44
Lokasi: Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  jaghana on Thu Jun 16, 2011 7:46 am

jackone wrote:
adin wrote:Numpang tanya lg nih pd smua teman2 diPAPAJI, gimana cara meletakkan/menyimpan telur yg baik & benar, agar kualitas telur ga cepat rusak apkah ujung telur yg agak lonjong diatas atau sebaliknya ujung telur yg agak lonjong yg dibawah...
trmksh PAPAJI smuanya....

Bagian telur yang agak lonjong/lebih lancip letakkan di bagian bawah. Bagian lonjong yang lebih lebar akan menjadi kantong udara pada saat proses pengeraman jangan sampai berada di bawah agar telur lebih awet.

Demikian juga jika menggunakan mesin penetas sebaiknya kemiringan posisi telur 45 derajat dan bagian lonjong yang lebih lebar berada di sisi atas.

setubuh......... pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 6407
Join date: 01.07.10
Age: 37
Lokasi: matraman jak-tim 085217314302. pin BB 21E26FAB

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  ipul on Thu Jun 16, 2011 10:50 am

ada tipe ayam kalo dah nelor dan mau nelor lagi liat telornya ngga ada dia nyari2 dan berisik bikin gaduh sekandang,... kalo bisa sisain 1 telor

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 767
Join date: 21.12.09
Lokasi: Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Menyimpan telur tetas

Post  Wahyu Nata on Fri Jun 17, 2011 9:23 am

jaghana wrote:
jackone wrote:
adin wrote:Numpang tanya lg nih pd smua teman2 diPAPAJI, gimana cara meletakkan/menyimpan telur yg baik & benar, agar kualitas telur ga cepat rusak apkah ujung telur yg agak lonjong diatas atau sebaliknya ujung telur yg agak lonjong yg dibawah...
trmksh PAPAJI smuanya....

Bagian telur yang agak lonjong/lebih lancip letakkan di bagian bawah. Bagian lonjong yang lebih lebar akan menjadi kantong udara pada saat proses pengeraman jangan sampai berada di bawah agar telur lebih awet.

Demikian juga jika menggunakan mesin penetas sebaiknya kemiringan posisi telur 45 derajat dan bagian lonjong yang lebih lebar berada di sisi atas.

setubuh......... pirat



Sekedar menambahkan, setelah posisi telur yang benar seperti penjelasan diatas dan penempatan
telur di baskom yang berisi beras. Bisa juga telur di simpan di tempat telur ayam Ras. Seperti yang ada di tukang telur di pasar2 atau kios-kios penjual telur ( bahannya seperti dari kardus, berwarna abu2). Biasanya Tukang telur akan memberi kalau kita minta. Dan taruh di tempat yang tidak lembab, sampai menunggu induk mengeram/ mesin penetas siap mengeramkan untuk
jumlah yang dinginkan . Dan akan lebih baik jika sudut posisi tempat penyimpanan ini punya kemiringan 30 derajat dan dapat di rubah-rubah posisi setiap harin . salam



Wahyu Nata
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 169
Join date: 25.04.11
Lokasi: Jagakarsa-JKT

Kembali Ke Atas Go down

Re: Cara meletakkan telur yg benar...

Post  yudhie on Mon Jul 04, 2011 3:40 pm

Wahyu Nata wrote:
jaghana wrote:
jackone wrote:
adin wrote:Numpang tanya lg nih pd smua teman2 diPAPAJI, gimana cara meletakkan/menyimpan telur yg baik & benar, agar kualitas telur ga cepat rusak apkah ujung telur yg agak lonjong diatas atau sebaliknya ujung telur yg agak lonjong yg dibawah...
trmksh PAPAJI smuanya....

Bagian telur yang agak lonjong/lebih lancip letakkan di bagian bawah. Bagian lonjong yang lebih lebar akan menjadi kantong udara pada saat proses pengeraman jangan sampai berada di bawah agar telur lebih awet.

Demikian juga jika menggunakan mesin penetas sebaiknya kemiringan posisi telur 45 derajat dan bagian lonjong yang lebih lebar berada di sisi atas.

setubuh......... pirat



Sekedar menambahkan, setelah posisi telur yang benar seperti penjelasan diatas dan penempatan
telur di baskom yang berisi beras. Bisa juga telur di simpan di tempat telur ayam Ras. Seperti yang ada di tukang telur di pasar2 atau kios-kios penjual telur ( bahannya seperti dari kardus, berwarna abu2). Biasanya Tukang telur akan memberi kalau kita minta. Dan taruh di tempat yang tidak lembab, sampai menunggu induk mengeram/ mesin penetas siap mengeramkan untuk
jumlah yang dinginkan . Dan akan lebih baik jika sudut posisi tempat penyimpanan ini punya kemiringan 30 derajat dan dapat di rubah-rubah posisi setiap harin . salam



Saya mau tanya teman-teman, saya mempunyai induk ayam petelur, saya coba kawinkan dengan ayam bangkok.. terus proses perkawinan terjadi. kemudian masalahnya ayam petelur saya, tidak mau mengerami??? jadi saya coba buat alat penetasan, yang bahannya dari Toples dan saya beri lampu 5 watt... dan alas didalam tempat penempatan telur saya beri bama... agar tidak bergoyang... dan setiap harinya telur tersebut saya balik... apakah telur tersebut mau menetas, kalau alas telur tersebut datar? atau tidak pada kemiringan 30 derajat. salam : Yudhie, Samarinda.

yudhie

Jumlah posting: 8
Join date: 04.07.11

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik