Menilai betina

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kog Judul Doank ...

Post  hakim on Tue 23 Sep 2008, 03:31

Topik ini yang lagi saya cari ... tapi kog kosong tiada pesan.
Saya lagi kebanyakan betina .... yang jantan belum sempet besar sudah diambilin temen.
Saya pengin nyimpen beberapa anakan betina, tapi bingung memilihnya. Kalo jantan masih mending saya bisa dikit-dikit milih.
Mungkin ada temen-temen yang mau share bagaimana memilih betina yang baik untuk umur ayam 3 bulanan.

Thanks
Hakim

hakim
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 90
Join date : 18.08.08
Lokasi : Yogyakarta

http://www.ayambangkok.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  sakuraba on Tue 23 Sep 2008, 09:18

iya neh om admin
kok posting saya ma kang teddy ga kebaca ( muncul ) ya?

sakuraba
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 498
Join date : 22.08.08
Age : 36
Lokasi : Demak (08112703701) pin 2A46E4C7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  Administrator on Tue 23 Sep 2008, 11:00

Iya nih... sy juga bingung... lha postingan sy juga hilang...
Ini sy posting lagi. Postingan yg hilang sy hapus saja....

Seekor pejantan dikawinkan dgn 2 ekor betina. Betina A dan Betina B.
Hasilnya : Anak2 dari betina A lebih bagus dari betina B.
Pertanyaan : "Dapatkah disimpulkan bahwa betina A lebih bagus daripada betina B..?"

Silakan teman2 memberi tanggapan dan komentar...

salam

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  sakuraba on Tue 23 Sep 2008, 13:51

Numpang nimbrung neh om admin

klo jawaban saya bisa iya bisa tidak

Betina A dianggap lebih baik dari betina B
Karena dr perkawinan dua betina tersebut dengan pejantan yang sama, kualitas anakan yang dihasilkan oleh betina A lebih baik dari betina B.Jd bisa dikatakan bahwa betina A lebih baik dr betina B.
Karena menurut saya pada dasarnya seseorang ( peternak / hobiist ) memelihara betina adalah untuk dikawinkan dengan pejantan andalannya serta dapat menghasilkan anakan yang mewarisi sifat ayah ato ibunya.

[b]Betina A belum tentu dianggap lebih baik drpd betina B

saya katakan begitu karena jika dilihat dari faktor katuranggan, silsilah dan gaya tarung nya belum tentu betina A lebih baik dari betina B. Begitu jg sebaliknya betina dengan katuranggan , silsilah yang baik dan gaya tarung yang kurang baik akan menghasilkan anak kurang baik pula. Anggap saja Krisdayanti belum tentu anaknya mempunyai keahlian menyanyi sehebat ibunya.

Seperti tulisan saya diatas bahwa seseorang yang memelihara betina harapannya pasti nanti akan menghasilkan anakan yang memuaskan. Bagi saya ketika memilih betina adalah yang perlu saya perhatikan adalah katuranggan,silsilah, klo bisa diliat gaya tarungnya kemudian br ditest dikawinkan dengan pejantan kita, baru akan terlihat bagaimana hasilnya. Dan mungkin tidak hanya satu periode tetasan mungkin minimal 3 kali periode tetasan baru bisa kita analisa bagaimana kualitas betina tersebut ( tapi hal ini agak memakan waktu ).Karena dgn memilih betina dgn katuranggan dan silsilah yg baik paling tidak kita bisa meminimalisir kesalahan penilaian.

Mohon masukan dari para pakar yang laen n mohon maaf jika ada salah penulisan.
Salam.

sakuraba
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 498
Join date : 22.08.08
Age : 36
Lokasi : Demak (08112703701) pin 2A46E4C7

Kembali Ke Atas Go down

Betina Yang Baik

Post  aliem on Tue 23 Sep 2008, 14:35

Saya mau nanya dulu nich, kita itu mencari biang itu yang gaya tarungnya baik ato yang bisa mengeluarkan keturunan yang baik??? Kalo kita nyari keturunan yang baik, ya betina A lebih baik dari betina B, tapi memang belum tentu secara individu bila digebrak babon A lebih baik dari B... Menurut Pak Admin, Betina yang baik itu yang gimana?? kalo hrs diternak dulu untuk melihat anakannya baik ato tdk butuh waktu yang relatif lama.... trims....

aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  Administrator on Tue 23 Sep 2008, 17:39

aliem wrote:Saya mau nanya dulu nich, kita itu mencari biang itu yang gaya tarungnya baik ato yang bisa mengeluarkan keturunan yang baik??? Kalo kita nyari keturunan yang baik, ya betina A lebih baik dari betina B, tapi memang belum tentu secara individu bila digebrak babon A lebih baik dari B... Menurut Pak Admin, Betina yang baik itu yang gimana?? kalo hrs diternak dulu untuk melihat anakannya baik ato tdk butuh waktu yang relatif lama.... trims....

Betina bagus yg dimaksud disini adlh yg mampu menghasilkan anak2 yg bagus dan merata kualitasnya.
Mau betina kaya gembel, teknik jelek, pukul kecil, tulang tipis sekalipun, kalo ternyata anaknya bagus2 sesuai harapan... ya itulah betina bagus yg sesungguhnya.
Indikator bagus jeleknya betina adlh dari hasil keturunannya. Bukan individu dirinya sendiri. Dan tentu saja butuh waktu lama utk menilai. Minimal 1 tahun, yaitu setelah anak2nya bisa di abar.

Jadi, kembali ke pertanyaan topik, "Bisakah disimpulkan betina A lebih bagus dari betina B...?"

Ditunggu sharing pendapatnya nih...
Jangan malu2 kasih pendapat donk... ini bukan salah atau benar koq... sekedar menambah wawasan dari berbagai sudut pandang.

trims

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  hakim on Wed 24 Sep 2008, 03:50

Administrator wrote: "Bisakah disimpulkan betina A lebih bagus dari betina B...?"


Pada konteks di atas, saya sependapat bahwa betina A lebih bagus dari betina B. Namun secara individu saya menilai "Betina A belum tentu lebih bagus dengan betina B".
Dalam kasus ini yang terjadi adalah kecocokan antara pejantan tersebut dengan betina A. Karena dimungkinkan bila kita coba ganti dengan pejantan yang lain, mungkin saja anakan betina B yang justru lebih bagus.

hakim
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 90
Join date : 18.08.08
Lokasi : Yogyakarta

http://www.ayambangkok.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  syahrul on Thu 09 Oct 2008, 10:20

hakim wrote:
Administrator wrote: "Bisakah disimpulkan betina A lebih bagus dari betina B...?"


Dalam kasus ini yang terjadi adalah kecocokan antara pejantan tersebut dengan betina A. Karena dimungkinkan bila kita coba ganti dengan pejantan yang lain, mungkin saja anakan betina B yang justru lebih bagus.

Saya setuju dengan pendapat mas hakim, saya rasa kalo bicara mencari keturunan artinya kita bicara masalah gen. Sedangkan gen tidak bisa dilihat secara kasat mata sehingga yang dapat kita lakukan adalah melihat katurangga dan gaya bertarung dari ayam tersebut. bisa jadi betina A menghasilkan keturunan yang bagus dengan jantan A, tapi belum tentu betina A akan menghasilkan keturunan yang bagus dengan jantan B atau jantan C dst. Tapi bisa jadi betina B akan lebih bagus keturunannya dengan jantan B atau jantan C.

Menurut saya betina yang bagus adalah kalau dia mempunya sifat2 yang bagus kemudian sifat2 tersebut dominan sehingga dapat diturunkan pada keturunannya walaupun dikawinkan dengan pejantan jelek sekalipun.

mohon maaf klo pendapat saya salah, silahkan dikomentari...........

syahrul
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 108
Join date : 19.08.08
Age : 39
Lokasi : bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  khairul_rizqi on Fri 12 Dec 2008, 20:36

Saya hanya memuat kembali tulisan Bpk. Y Wibisono (Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia), diambil dari Blog Ybs. (mungkin bermanfaat bagi para penggemar ayadu)

BABON UNGGUL DAN BABON CETAK


Bagi penghobi breeding ayam bangkok, memahami cara memilih indukan yang baik adalah wajib. Seekor babon, adalah mesin utama dalam sebuah peternakan, dan khusus untuk urusan breeding, sering berperan lebih ‘penting’ daripada jago.

Memilih babon yang baik adalah tidak mudah, dan lebih sulit daripada memilih jago yang baik. Seekor jago bisa dipilih dengan melihat cara bertarungnya menghadapi berbagai tipe lawan, tetapi seekor babon yang baik tidak cukup demikian.

Dalam perindukan ayam, dikenal dua jenis babon istimewa yaitu babon unggul dan babon cetak.

Babon unggul adalah babon pilihan, memiliki silsilah perindukan yang baik, struktur tulang yang bagus, bentuk badan ideal (seperti botol) dan menunjukkan teknik bertarung yang baik. Babon ini juga harus memiliki sifat dominan pada keturunan, sehingga anak-anak yang dihasikan cenderung akan mewarisi kelebihan induknya. Bahkan ketika dikawinkan dengan jago yang kurang baguspun, anak yang dihasilkan akan cenderung ikut induk dan lebih bagus dari bapaknya. Babon unggul biasanya berasal dari galur murni.

Babon cetak adalah babon yang punya kecenderungan resesif dalam keturunan. Anak yang dihasilkan akan cenderung mirip atau fotocopy dengan bapaknya. Seekor babon cetak yang baik, harus menghasilkan anak yang jelek ketika jagonya jelek. Sebaliknya harus menghasilkan anak bagus ketika jagonya bagus. Jika babon cetak dikawinkan dengan jago jelek dan anaknya bagus, maka ia gugur dalam kriteria babon cetak dan harganya turun.

Babon cetak bisa cetak fisik, cetak teknik, atau cetak semuanya. Untuk uji cetak fisik, adalah dengan mengawinkan berbeda bulu atau bentuk jengger yang beda. Seekor babon cetak berwarna hitam harus menghasilkan anak berwarna putih ketika jagonya putih. Jika dikawinkan dengan ayam katai, maka anaknyapun harus kecil-kecil. Untuk uji cetak teknik, harus dikawinkan dengan jago berteknik jelek, lalu dengan jago berteknik bagus. Seekor babon yang cetak sempurna, harganya bisa amat mahal dan tidak realistis. Babon cetak bisa berasal dari galur murni (BK) maupun campuran (F1 maupun F2) atau turunan yang sudah jauh.


Terakhir diubah oleh khairul_rizqi tanggal Mon 28 Mar 2011, 14:41, total 1 kali diubah

khairul_rizqi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 54
Join date : 10.11.08
Age : 48
Lokasi : Warujaya Parung Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  azis sutanto on Fri 12 Dec 2008, 22:26

hakim wrote:
Administrator wrote: "Bisakah disimpulkan betina A lebih bagus dari betina B...?"


Pada konteks di atas, saya sependapat bahwa betina A lebih bagus dari betina B. Namun secara individu saya menilai "Betina A belum tentu lebih bagus dengan betina B".
Dalam kasus ini yang terjadi adalah kecocokan antara pejantan tersebut dengan betina A. Karena dimungkinkan bila kita coba ganti dengan pejantan yang lain, mungkin saja anakan betina B yang justru lebih bagus.

lebih bagus di hal apa dulu teknik, pukul atau tulangan dll
kalau anakan dari betina A lebih lebih unggul di semua hal, secara logika betina A lebih bagus dari betina B
walaupun dikawinkan dengan pacek lain (C) betina B anakannya bisa lebih baik dari anakan betina A tapi kemungkinannya kecil.
dan bila betina A dikawinkan dengan pacek lain (C) akan punya peluang lebih besar untuk mendapatkan anakan yang lebih bagus dibanding anakan dari betina B.
kalau bagus nya itu cuma tekniknya atau pukulnya saja saya pikir peluangnya masih 50:50

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  Administrator on Fri 12 Dec 2008, 22:34

Untuk babon cetak, sepertinya ada kontroversi terhadap keberadaannya.
Benarkah ada individu (babon) yg benar2 resesif..?
Kalau memang benar ada, maka seharusnya seluruh anaknya berkualitas sangat merata.
Misalkan menetas 5 jantan, maka baik kualitas warna, teknik dan pukul, semuanya akan seragam.
Pada kenyataannya, tidak ada seorang peternak-pun yg mengaku punya anakan yg sama kualitasnya. Pasti hanya ada 1-2 ekor yg menonjol dari beberapa ekor yg menetas.

Tapi kalau sekedar cetak warna, sy yakin ada.

Mohon tanggapan teman2.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

menilai betina

Post  aji on Sat 13 Dec 2008, 09:59

Ikut nimbrung Mas, mungkin memang ada individu yang resesif terutama kalau individu itu lahir dari inbreeding, tetapi saya rasa pejantannya juga harus dominan kalau memang mau dapat anak yang cetak bapaknya, mudah-mudahan gak salah, bagaimana pendapat kawan-kawan yang lain mengenai hal ini?
Salam Hangat,
aji

aji
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 276
Join date : 25.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  Administrator on Sat 13 Dec 2008, 19:43

Kalau memang ada babon cetak (sangat resesif) seharusnya ada juga pejantan yg resesif pula.

Anyway, sy pribadi gak suka babon cetak. Anaknya akan sama kualitas dgn bapaknya donk...
Padahal sy maunya lebih bagus. Biar tambah maju ternakannya gitu...
hehehe...
Very Happy

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

menilai betina

Post  aji on Sat 13 Dec 2008, 21:39

Memang benar MAs Ary, babon cetak hanya menguntungkan kalau kita punya pejantan yang benar-benar bagus dan terkenal, serta kita memang peternak murni, yang jelas anakannya pasti diburu orang dan rupiah mengalir he he he.
Salam Hangat,
aji

aji
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 276
Join date : 25.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  joi68 on Sun 14 Dec 2008, 07:36

sedikit cerita,
Pertama, saya punya pacek yg menang 9 X sebelum di pacekkan, dan sudah saya kawinkan dengan lebih dari 10 babon,tapi hasilnya belum ada yg memuaskan. Padahal babon - babon itu rata2 anakannya ke pake (untuk ukuran saya ,karena anakan2nya termasuk punya kualitas yg cukup, babon2 ini juga termasuk babon2 yg saya beli dari Jakarta dan ada yg asli import ) kalau di kawinkan dengan pacekan yg lain .
Sya juga bingung! apanya yg salah ? kalo begini kasusnya seperti ini ,menurut saya kekurangan bukan pada BABON2 itu,tetapi pada PACEK itu yg gak bisa nurunin anak yg bagus[/i] . Kesimpulan ini saya ambil karena selama saya beternak (sudah lebih dari 25 thn, tapi hanya untuk kelas antar kampung..he.he.he) kasus ini sudah beberapa kali terjadi.
Bagaimana menurut teman - teman dengan kasus ini ????
Kedua, saya punya satu ekor babon (yg sekarang anakannya juga sudah banyak) yg klo di kawinkan dengan pacek warna hitam, anakannya kebanyakan hitam. Kalo dgn pacek kelabu ,anakannya 80- 90% kelabu.
Tapi anakan2 nya pasti punya tehnik tarung yg lebih mengikuti babonnya, kebetulan rata2 anakannya punya tehnik yg cukup bagus .
Ada satu masalah yg pernah saya temui dengan persilangannya (hasil anakannya),bahwa anakannya tehniknya bagus ( masuk sayap kiri- kanan, ngalungnya juga lengkap- biasanya di pangkal leher- ,gerakannya juga cepat)
tapi gak mau MUKUL ,cuman maen melulu, klo begini kan susah LAWANnya gak akan KALAH karena gak di pukuli. Anakan ini di dapat dari babon yg bagus saat di kawinkan dengan pacek yg memang Murni DEPAN aja mainnya, anakannya naggung......
Bagaimana menurut teman - teman ?

salam untuk semua,

Stenly, Manado

joi68
kopral
kopral

Jumlah posting : 46
Join date : 21.09.08

Kembali Ke Atas Go down

Breeding - pilih2 indukan

Post  Administrator on Sun 14 Dec 2008, 19:59

Halo mas Stenly, sy coba sharing pendapat ya...

Pilih pacek menurut saya lebih sulit dibanding kita memilih ayam untuk adu. Sekedar menangan saja tidaklah cukup. Banyak ditemui ayam yg bagus untuk diadu, tapi tidak baik untuk dijadikan pacek. Tapi ada ayam yang bagus untuk pacek walaupun kalah/seri waktu diadu.
Kebanyakan orang berpendapat, semakin banyak menang, semakin bagus untuk pacek. Saya rasa ini tdk selalu benar. Harus dilihat juga seperti apa kualitas menangnya. Bagaimana teknik dan pukulannya.
Kalau kita bercita2 punya hasil ternak dgn teknik indah dan pukul akurat, maka pacek yg dipakai harus menggambarkan cita2 kita itu. Bukan sekedar menang.
Contoh ayam menangan yg tdk bisa dijadikan pacek (dilihat dari teknik) : Teknik ngoyor mentul, Berdiri patung, Lari2, dibawah janggut, ngumpet diam di kolong, dll.

Sekedar tips dari pengalaman pribadi (CMIIW) :
- Pacek yg kita pakai sedikit banyak merupakan gambaran anak yg akan dihasilkan. Jadi kalau pacek kita tekniknya biasa2 saja, jangan terlalu berharap anaknya berteknik bagus.
- Memilih pacek, lupakan soal kemenangannya. Konsentrasikan pada teknik, pukul, tulangan dan trahnya (keturunan).
- Kemenangan tdk bisa diturunkan krn ini bukan sifat. Yang bisa diturunkan adalah ciri fisik dan karakter bapak ibunya. Jadi jangan beranggapan bahwa kalau bapaknya menangan, anaknya akan menangan juga. Harus ditanam dalam pikiran kita bahwa menang adalah suatu keberhasilan dan reward atas jerih payah kita merawat. Menang bukan sifat bawaan.
- Indikator keberhasilan ternak adalah anakan yg berkualitas sesuai keinginan kita, dan ada kemajuan pada tiap generasinya. Kemenangan bukan indikator keberhasilan ternak. Untuk menang harus melalui tahapan proses berikutnya.
- Sebaiknya jangan pakai pacek yg tekniknya unik (diluar kebiasaan). Teknik2 yg unik harus dianggap 'anugerah' atau kelebihan individu yg diberikan Tuhan. Contoh : Lari2 muter kalangan.
- Kita harus jeli memasangkan pacek dan babon. Bagi saya, pacek kontrol harus ketemu dgn babon kontrol juga. Pacek gesit nakal bongkar sayap dan kolong harus ketemu babon yg setype. Hal ini berguna utk keseragaman teknik anakannya. Bisa saja kita memasangkan dua ayam yg berbeda tekniknya, tapi kemungkinannya adalah teknik anakan yg beragam.

Mohon maaf kalau salah.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Kandang Bareng

Post  azis sutanto on Wed 24 Dec 2008, 07:08

Saya pikir kandang bareng bisa jadi solusi untuk menentukan pacek dan betina yang cocok, dengan lebih beragam pacek dan babon semakin cepat kita mendapatkan apa yang kita harapkan (anakan yang bagus)
Maka saya berharap banyak dengan hasil kandang bareng PAPAJI, untuk bersatu membentuk dan mengeluarkan ayam2 berkualitas.
Tanggal 1 Januari 2009 kandang bareng PAPAJI sudah akan berjalan.
Pacek dan babon sudah siap, tempat dan anggota pun sudah terkumpul.
salam.

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Babon yang baik

Post  Raden on Wed 24 Dec 2008, 09:01

Salam hangat,
Saya juga pernah punya pengalaman yang sama seperti Stenly (kasus kedua). setelah saya cari tahu, ternyata penyebabnya adalah karena turunan Babon dan Pacek saya memang merupakan turunan ayam main. Hampir semua saudara babon dan paceknya merupakan ayam main dan terkenal menang diatas 4 ronde (cukup lama menyelesaikan lawannya). Hal ini terjadi karena terlalu sibuk main/solah sehingga ketika lawannya sudah parah/tinggal diselesaikan, jadi agak lama. jadi kesimpulan saya "ayam main jangan dikawinkan dengan ayam main. nanti anak-anaknya kebanyakan berpola tarung main, tapi ga mau mukul/menyelesaikan lawannya"
Oleh sebab itu, ketika saya mau mengawinkan Pacek dari luar, saya periksa dulu keturunannya (saudara/bapak/induknya) apakah pacek tersebut ayam main/ayam pukul/ayam jalu? Sehingga ketika saya mau mengawinkan dengan babon saya, saya bisa memilihkan betina yang tepat untuk pemacek tersebut.
Seperti contoh, saya pernah memakai ayam yang pernah menang 12x dari jayapura. ayam tersebut memiliki keunggulan pada permainan dan jalu yang joss. Saya kawinkan dengan babon saya yang cepat, yang pola tarungnya hanya mukul saja. Anak yang dihasilkan luar biasa cepat, maen super dan jalunya sangat mumpuni (hampir sempurna). Anak-anaknya banyak yang menang-menang. Tapi ada juga yang kalah lawan ayam yang pukulannya maut. Demikian dari saya untuk kasus Pak Stenly di Manado. Mohon maaf kalau ada kekurangan.
Salam kenal buat Pak Stenly, di Manado tinggal dimana?

Raden, Manokwari-Papua Barat.

Raden
kopral
kopral

Jumlah posting : 19
Join date : 18.12.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  Administrator on Wed 24 Dec 2008, 11:13

Setuju sama mas Raden. Ayam main dgn teknik yg selalu gesit dan cepat rata2 lama menuntaskan perlawanan musuh. Tapi keuntungannya, ayam ini lama juga utk kalah. Jadi ada kelemahan dan kekurangannya.
Sebaliknya, ayam type kalem bisa lebih cepat 'ngabisin', tapi bisa cepat juga kalahnya.

Ayam type gesit dan cepat rata2 tdk memiliki pukulan yg mematikan (tdk akurat), krn ayam type ini 'terjebak' dgn type permainannya sendiri. Ia selalu mendorong dan merapat ke tubuh musuh krn tdk mau terkena pukulan. Akibatnya, ia sendiri sulit untuk memukul dgn telak krn keadaan yg terus rapat akibat ulahnya sendiri.

Yang sy lihat di beberapa kalangan, ayam main yg sering unggul/menang merupakan perpaduan cepat dan kalem. Ia akan menjadi sangat cepat, mendorong dan masuk sayap bila posisi terdesak. Tapi akan berubah jadi kalem bila ia sudah menguasai musuhnya.


salam

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  teddy on Wed 24 Dec 2008, 13:20

Administrator wrote:
Yang sy lihat di beberapa kalangan, ayam main yg sering unggul/menang merupakan perpaduan cepat dan kalem. Ia akan menjadi sangat cepat, mendorong dan masuk sayap bila posisi terdesak. Tapi akan berubah jadi kalem bila ia sudah menguasai musuhnya.

salam


Mas .... penilai-an diatas masukan dalam rencana ternak bareng ... soalnya target saya di kandang juga begitu ... tapi belum dapet nih ... kayaknya mesti ber eksperimen 1-2 th-an lagi nih.

sabar ... sabar ... dech

salam,

++teddy

teddy
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 315
Join date : 22.08.08
Age : 71
Lokasi : Riung Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  Administrator on Wed 24 Dec 2008, 13:24

teddy wrote:Mas .... penilai-an diatas masukan dalam rencana ternak bareng ... soalnya target saya di kandang juga begitu ... tapi belum dapet nih ... kayaknya mesti ber eksperimen 1-2 th-an lagi nih.

Pasti kang... type kaya gini adlh idaman semua penghobi ayam laga. Apalagi kalo ditambah pukulan yg dahsyat.
Mudah2an dari ternak bareng nanti akan muncul typikal jagoan yg diidamkan.
Meskipun sy juga udah ga sabar, pesan saya : Sabar ya kang...
hehehe...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  joi68 on Thu 25 Dec 2008, 18:09

Pak Raden, saya bukan di Manado kotanya,tapi di Langowan Kabupaten Minahasa.
Apa bapak pernah ke Manado?

Stenly

joi68
kopral
kopral

Jumlah posting : 46
Join date : 21.09.08

Kembali Ke Atas Go down

Menilai Betina

Post  Raden on Fri 26 Dec 2008, 09:05

Salam hangat.
tipe ayam kalem seperti apa yah? maksudnya keunggulan dan pola mainnya seperti apa? mohon pencerahan.
Betina yang saya pakai rata-rata memilki pola permainan yang super, kecepatan pukul (tempel langsung pukul), tapi pukulan kurang keras/mematikan. Gimana nih kawan2x, tipe pejantannya harus seperti apa?
Bang Stenly di Langoan/Langowan? Saya belum pernah ke Manado, tapi kita bisa liat di Google Map kan.. Saya rencana mau maen-maen ke Manado untuk liat ayam-ayam di sana. katanya kualitas ayam manado dan sekitarnya bagus2x dari segi pukulannya, disamping pukulannya yang mematikan, harga ayamnya juga murah ya Bang Stenly.
Raden-Papua

Raden
kopral
kopral

Jumlah posting : 19
Join date : 18.12.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  Administrator on Fri 26 Dec 2008, 17:26

Pola teknik cepat dan kalem, bukan dilihat dari pukulnya mas, tapi dilihat dari gaya tarungnya.
Ayam Cepat :
Sangat gesit menghindari pukulan. Dorong, masuk sayap, bongkar, peluk, dst. Kelebihannya sulit dipukul. Kelemahannya rata2 pukul kurang telak, mungkin krn terburu2 dan jarak yg selalu rapat.
Ayam kalem :
Kebalikan dari ayam gesit. Biasanya teknik atas/kontrol saja. Ngga 'nakal' spt halnya ayam cepat. Kelebihannya, biasanya pukul akurat krn tdk terburu2 dan sabar menunggu kelemahan musuh. Kekurangannya, kurang gesit menghindari pukulan krn gerakan yg kalem.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

babon...

Post  dodi_ls on Thu 01 Jan 2009, 22:12

kalo saya lbh suka babon unggul.karena biasanya gak tergantung pacek..n dari 5 anak,3 pasti bgs...kalo babon cetak kita hrs milih pacek yg btl2 pas n bagus

dodi_ls
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 80
Join date : 29.12.08
Age : 34
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menilai betina

Post  Sponsored content Today at 12:43


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik