Sakit Kuning

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Sakit Kuning

Post  sempax on Mon 13 Jun 2011, 09:39

Saya mau tanya sama rekan2 papaji smua, gimana ya ngobatin ayam yang sakit kuning? ayam saya mulai dari ujung jengger sampai semua kulitnya pucat pasi, tapi masih mau kukuruyuk/berkokok, masih mau jalan sana-sini, makan juga masih mau (walaupun sedikit2)....ini berawal ketika ayam yang sakit (sewaktu masih sehat) saya gebrak sama ayam yang lebih tua....sekitar 10 menit....eeehhhh setelah 3 minggu ayam andalan saya ini seluruh badannya n mukanya jadi pucat dan agak kekuning2an....mohon bantuannya rekan2 papaji semua...thanx.

sempax
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 107
Join date : 13.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sakit Kuning

Post  W15NUV4 on Mon 13 Jun 2011, 09:54

sempax wrote:Saya mau tanya sama rekan2 papaji smua, gimana ya ngobatin ayam yang sakit kuning? ayam saya mulai dari ujung jengger sampai semua kulitnya pucat pasi, tapi masih mau kukuruyuk/berkokok, masih mau jalan sana-sini, makan juga masih mau (walaupun sedikit2)....ini berawal ketika ayam yang sakit (sewaktu masih sehat) saya gebrak sama ayam yang lebih tua....sekitar 10 menit....eeehhhh setelah 3 minggu ayam andalan saya ini seluruh badannya n mukanya jadi pucat dan agak kekuning2an....mohon bantuannya rekan2 papaji semua...thanx.

mencoba untuk menjawab, ini artikel saya kumpulkan dari forum yang ada di PAPAJI, semoga bermanfaat, amin!
OBAT PENYAKIT KUNING PADA AYAM
Ayam menunjukan gejala 'kuning' bisa karena sebab :
- Luka dalam sehabis tarung.
- Infeksi hati.
- Cacingan parah.
- Radang usus.
- Goham di tenggorokan.
- Salmonella.
- dll.

Kalau sudah parah, semua akan menunjukan gejala kulit menjadi kekuningan. Kebanyakan orang menggeneralisir sakit kuning berhubungan dgn gangguan fungsi hati. Padahal belum tentu. Maka ketika diberikan obat, penyakitnya tidak kunjung sembuh krn bisa saja salah dalam mendiagnosa penyakitnya.

Cara pengobatannya :
- Saya pernah punya ayam kena kuning gara2x diadu terlalu parah - berdasarkan info teman, akhirnya aku kasih Yunan Paio [obat luka dalam - obat cina] akhirnya sembuh dan malah sempat menang lagi thu ayam.
- Menurut saya sih kalau ayam sakit kuning makannya dikembalikan ke pur lg diberi Supertetra dan diberikan jg obat vitamin sekalian telur dan madu. Utk pencegahan yg slm ini saya lakukan sblm ayam dites diberikan dahulu 2 pcs gula merah (jawa) sebesar ibu jari.
- Kalo saya pribadi ayam yang malamen/sakit kuning lebih baik diistirahatkan total dengan bayak diumbar sampai mabung jika memungkinkan setelah mabung bisa dilatih kembali tapi jika kondisi tidak memungknkan lebih baik dijadikan pemacek saja jika ayamnya memang bagus baik teknik maupun pukulnya.
- Di berikan jeroan (hati, jantung, empedu, dan jika ada orok anak/yg masih di dalam tubuh) tupai dan daging tupai/ bajing pak stenly.
- Di obatin dengan temulawak atau akar kuning kalu tidak dengan temulawak bisa dengan produk ekstrak temulawak.
- Kkalo pengalaman saya sakit kuning saya obatai sama tomat dan gula merah tiap pagi dan sore hari 1 bulan sehat kembali.
- Kasih "Extractum Hepatis Curdrum". Obat injeksi ini sangat ampuh untuk mengobati penyakit kuning.

Cara pemakaian :
- Pisahkan ayam yg sakit dr kelompoknya. Selama pengobatan agar diberi makan voor basah+nasi & minum selalu tersedia. Setiap 3 hari sekali ayam diinjeksi 1ml obat tersebut & tiap 2 hari sekali ayam diinjeksi vit B 12 1ml (vit untuk orang jg boleh).
- Dalam 1 minggu (2x injeksi) akan tampak perubahan, kulit ayam akan berangsur2 memerah. Selama pengobatan, ayam jangan dijemur atau diberi jamu2an yg sifatnya memanaskan tubuh ayam. Bisa dikatakan sembuh/normal 100% bila kaki ayam (kulit di antara jari2) juga sudah memerah. Bila kondisi tsb sdh terjadi, maka ayam bisa dikatakan sembuh 100% & bisa diadu lagi.
- Biasakan setelah diadu/diabar, ayam diinjeksi 1ml obat tersebut, untuk menghindari terserang sakit kuning. Obat ini juga bisa dipake untuk ayam sehat yg baru diadu/diabar.
- Kasih belut tiap hari.
- Kasih makan keong n lolohin gula merah tiap hari.

BRAVO PAPAJI!

W15NUV4
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1755
Join date : 01.11.10
Age : 37
Lokasi : serang

http://www.papaji.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sakit Kuning

Post  sempax on Mon 13 Jun 2011, 10:49

Waaah mantap bang ulasannya. Sptnya metode yg pertama akan sy cb yaitu dgn obat Yunan Paio...kl gak berhasil br nyoba metode selanjutnya. Thanx bang ilmunya, bravo papaji...

sempax
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 107
Join date : 13.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sakit Kuning

Post  W15NUV4 on Tue 14 Jun 2011, 08:55

sempax wrote:Waaah mantap bang ulasannya. Sptnya metode yg pertama akan sy cb yaitu dgn obat Yunan Paio...kl gak berhasil br nyoba metode selanjutnya. Thanx bang ilmunya, bravo papaji...

sama sama mas, saya cuma ngumpulin data yang ada di forum tanya jawab PAPAJi ini aja selebihnya saya lum tau apa2, BRAVO PAPAJI!

W15NUV4
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1755
Join date : 01.11.10
Age : 37
Lokasi : serang

http://www.papaji.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sakit Kuning

Post  bahaya on Sat 30 Jul 2011, 20:43

sempax wrote:Saya mau tanya sama rekan2 papaji smua, gimana ya ngobatin ayam yang sakit kuning? ayam saya mulai dari ujung jengger sampai semua kulitnya pucat pasi, tapi masih mau kukuruyuk/berkokok, masih mau jalan sana-sini, makan juga masih mau (walaupun sedikit2)....ini berawal ketika ayam yang sakit (sewaktu masih sehat) saya gebrak sama ayam yang lebih tua....sekitar 10 menit....eeehhhh setelah 3 minggu ayam andalan saya ini seluruh badannya n mukanya jadi pucat dan agak kekuning2an....mohon bantuannya rekan2 papaji semua...thanx.
coba dikasih keong sawah mas

bahaya
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 98
Join date : 24.12.10
Lokasi : bandung

Kembali Ke Atas Go down

ada FOTO mungkin bisa lebih membantu

Post  SURYAJAGO on Sun 31 Jul 2011, 21:36

mungkin disertakan FOTO ayamnya ...
karena bila yang tidak mengerti antara pucat ( ANEMIS ) dengan Kuning (IKTERIK) memang agak membingungkan ... kalo memang kuning ( ikterik) bisa di belikan CURCUMA 3x1
untuk sediaan paten-nya bisa dibeli apotek seperti :

Hepagard atau escovit ... (asal memang benar ikterik ) I love you

SURYAJAGO
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1037
Join date : 26.05.11
Age : 37
Lokasi : WONOSOBO

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sakit Kuning

Post  Ayok_bukolan on Sun 31 Jul 2011, 21:40

SURYAJAGO wrote:mungkin disertakan FOTO ayamnya ...
karena bila yang tidak mengerti antara pucat ( ANEMIS ) dengan Kuning (IKTERIK) memang agak membingungkan ... kalo memang kuning ( ikterik) bisa di belikan CURCUMA 3x1
untuk sediaan paten-nya bisa dibeli apotek seperti :

Hepagard atau escovit ... (asal memang benar ikterik ) I love you


mantap..... Very Happy

Ayok_bukolan
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 847
Join date : 14.06.11
Lokasi : probolinggo - malang. BB 28297ABA

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sakit Kuning

Post  SURYAJAGO on Sun 31 Jul 2011, 21:52

Ayok_bukolan wrote:
SURYAJAGO wrote:mungkin disertakan FOTO ayamnya ...
karena bila yang tidak mengerti antara pucat ( ANEMIS ) dengan Kuning (IKTERIK) memang agak membingungkan ... kalo memang kuning ( ikterik) bisa di belikan CURCUMA 3x1
untuk sediaan paten-nya bisa dibeli apotek seperti :

Hepagard atau escovit ... (asal memang benar ikterik ) I love you


mantap..... Very Happy

semoga bisa membantu I love you I love you I love you

SURYAJAGO
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1037
Join date : 26.05.11
Age : 37
Lokasi : WONOSOBO

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sakit Kuning

Post  budi rooster on Wed 03 Aug 2011, 01:01

klo pengalaman saya sudah pernah 3x ngobati ayam sakit kuning...
biasanya saya suntik pake teramycin + b-komplek tiap 3 hari 1x dikasi jamu telur+tonikum....salam

budi rooster
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 377
Join date : 01.06.11
Age : 31
Lokasi : jawatimur (pasuruan)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sakit Kuning

Post  bimbim on Sun 03 Jun 2012, 01:17

kalo sakit kuningnya disebabkan karena beberapa hari ngga terkena sinar matahari gimana ngobatinnya??? pliss jawab. padal tuh ayam udah saya umbar selama seminggu tp belum ada perubahan.

bimbim
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 130
Join date : 24.11.11
Age : 25
Lokasi : Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sakit Kuning

Post  Sponsored content Today at 00:39


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik