MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  mas Joko aja ah... on Sat Sep 19, 2009 11:19 am

Salam

Pada dasarnya dalam satu kali tetasan hanya ada 1 atau 2 ayam jantan yang bagus yang lainya biasanya kurang, untuk memperkecil resiko banyaknya makanan karena menunggu sampai dewasa, alangkah efektifnya bila disortir sejak umur maksimal 1 bulan, agar pengeluaran pakan tidak sia-sia. Namun dalam hal ini saya ada masalah terutama dalam memilih dan memilah "mana yang bagus dan mana yang kurang bagus", "mana yang jantan dan mana yang betina". Untuk itu mohon dari para pakar ayam memberi masukannya agar anggaran kita bisa di minimalis.

Salam gebrak

Jeck

mas Joko aja ah...
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 325
Join date: 29.08.09
Lokasi: kendal jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  Hendro on Sat Sep 19, 2009 1:49 pm

Sekalipun sudah puluhan tahun main ayam, sayangnya sampai sekarang saya belum bisa berkomunikasi dengan seekor ayampun jadi untuk menentukan mana ayam yang bagus dan mana yang kurang sebelum digebrak agak sulit, bisa sih menebak nebak dan berdasar pada tampilan sosok seekor ayam tapi keberhasilan masih dibawah 80 %...untuk ayam usia dibawah 1 bulan kalo sekedar membedakan jantan dan betina mungkin bisa tapi menentukan mana yang terbaik kalo ada yang mampu sayapun pengin berguru..... drunken

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting: 5831
Join date: 06.08.09
Age: 45
Lokasi: Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  cobain on Sat Sep 19, 2009 2:37 pm

wah kalao ada ilmu kayak gitu keren juga mas, cost kita buat makan ayam yg kurang berbakat bisa kita tekan dengan pesat,,,,,,,,,,,,,,saya masih ragu kalao umur 1 bulan orang sudah bisa pastikan, kecuali dia hanya menebak dan kebetulan saja tebakannya bener

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 667
Join date: 23.08.09
Lokasi: pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  mas Joko aja ah... on Sat Sep 19, 2009 5:25 pm

Nah.... ternyata dah ada yang bisa nebak..
Tolong dong gimana caranya nebak2, salah dak papa kok yang penting kasih sarannya.
nanti kita bahas bersama... ( betina n jantan ) (jantan bagus n jantan biasa) kalau semua berdiskusi pasti akan melengkapi dan terkuak teka-teki yang selama ini kita cari.
makasih sebelumnya...

jeck

mas Joko aja ah...
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 325
Join date: 29.08.09
Lokasi: kendal jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  Hendro on Sat Sep 19, 2009 6:30 pm

Mas Jeck..yang namanya nebak itu juga bukan untuk anak ayam umur 1 bulan tapi minimal umur 4 bulan keatas, karena umur segitu sudah mulai kelihatan postur dan tulangan ayam serta kondisi fisik lainnya.... confused

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting: 5831
Join date: 06.08.09
Age: 45
Lokasi: Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  ferry bun on Mon Sep 21, 2009 12:07 am

Ini mas jack . Klw saya yang ngak normal artinya cacat baru buang. Klw satu bulan tentukan mana bagus tau tidak sulit ya. Apa lagi nebak2 kasihan yang bagus nanti jadi ngak bagus.. . . Very Happy

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  cobain on Mon Sep 21, 2009 9:04 am

bang jeck wrote:Nah.... ternyata dah ada yang bisa nebak..
Tolong dong gimana caranya nebak2, salah dak papa kok yang penting kasih sarannya.
nanti kita bahas bersama... ( betina n jantan ) (jantan bagus n jantan biasa) kalau semua berdiskusi pasti akan melengkapi dan terkuak teka-teki yang selama ini kita cari.
makasih sebelumnya...

jeck

kayake diliat pas dan enaknya aja dipandnag mata mas, aktif atau tidaknya, pola makannya, seneng main tarung22an ga sama temannya, dan dengan pola menebak ini kemungkinan benernya masih kurang dari 50% mas, jd faktor kebetulannya yg paling gede sama naluri sipenebak

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 667
Join date: 23.08.09
Lokasi: pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  Administrator on Wed Sep 23, 2009 11:02 pm

Jangankan 1 bulan atau 4 bulan... Setelah digebrak ketika umur 7 bulan-pun banyak ayam yg masih berubah pola tarungnya. Bahkan ada ayam yg dianggap 'buangan' atau sortiran, ternyata bisa jadi jawara setelah dirawat orang lain.
Jadi belum bisa disimpulkan 100% mana yg lebih baik. Kecuali sudah dirawat dan digebrak 3-4X.

Saran saya, kalau sudah menetas, peliharalah semuanya sampai tumbuh maksimal. Penyortiran hanya dilakukan pada kondisi fisik ayam saja. Artinya, yg cacat bisa dieliminasi. Atau yg betina (kalau terlalu banyak) bisa di buang.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  oglong on Thu Sep 24, 2009 8:55 pm

mas admin, aku punya anak ayam umur 4 bln, ada 2 ekor yang punya kelainan, yaitu warna mata dan kakinya hitam, ini dari anak pertama ayam yang bulu rawisnya sampe paha, gara2 lihat bulu rawis yang unik ini ak tertarik, ayam ini ak minta dari paman yg di surabaya, lansung di kasih, karena ayamnya udah ndak karuan bentuknya karena usia dan sering di adu, pesannya cuma suruh nganain biar ada keturunannya, katanya ayam ini belum pernah kalah, udah lama tak bawa k jogja tapi baru2 ini baru tak anakin, ini gara2 paman sering telpon nanyain keturunannya. mulai inilah ak jadi sangat tertarik sama ayam laga, semoga para senior mau memberi petunjuk, maaf panjg lebar critanya, tnks

oglong
kopral
kopral

Jumlah posting: 11
Join date: 23.09.09
Lokasi: yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  Administrator on Thu Sep 24, 2009 9:18 pm

oglong wrote:mas admin, aku punya anak ayam umur 4 bln, ada 2 ekor yang punya kelainan, yaitu warna mata dan kakinya hitam...

Warna mata dan kaki yg hitam, sepertinya bukan kelainan mas... wajar2 aja koq... Banyak ayam yg berciri seperti itu.
Yg penting khan, bisa melihat dan jalannya normal.
Very Happy

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

ayam bagus

Post  mas anto klaten on Sun Dec 13, 2009 3:31 pm

urun rembug alias ikutan. mungkin untuk menentukan jantan betina umur dah 1 bln bisa diliat dari jenggernya untuk jantan lebih besar dari yang betina, dibawah kuping ada tandalah (tidak ada bulunya), suara lebih besar dari betina, kepala lebih besar dan terlihat tampan serta gagah. sedangkan menentukan bagus tidaknya ya diliat secara fisik, biasanya ada filing kalau ayam itu bagus. oya yang lebih mendekati benar adalah dengan dipegang biasanya ayam bagus bila dipegang akan terasa lebih enak dan ringan dari ayam lainnya. moga masukan ini bisa bermanfaat n maaf bila ada yang salah. karena ini hanya prediksi kemungkinan yang tidak 100% benar. maturnuwun

mas anto klaten
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 748
Join date: 26.11.09
Age: 43
Lokasi: wedi klaten

http://hadiyantoprima@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

memilih anak ayam dibawah 1 bulan

Post  Arifin on Mon Dec 14, 2009 10:48 am

Mas admin dan members papaji, cara kita menentukan anak ayam jantan atau betina untuk umur dibawah 1 bulan gimana?

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 266
Join date: 26.09.09
Age: 37
Lokasi: Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  zin494 on Mon Dec 14, 2009 10:54 am

Arifin wrote:Mas admin dan members papaji, cara kita menentukan anak ayam jantan atau betina untuk umur dibawah 1 bulan gimana?
Untuk umur dibawah satu bulan sulit menentukan jenis kelamin, kalau saya biasanya lihat dari sorot mata. Jantan biasanya memiliki sorot mata yang tajam dan berwibawa. Biasanya jg pembawaan lebih tenang dan kalem, pertumbuhannya jg lebih cepat dibanding betina. Tapi ketepatannya msh dibawah 75 persen mas krn sangat subjektif.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 425
Join date: 09.07.09
Age: 32
Lokasi: sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  nurkhotim on Tue Dec 15, 2009 9:39 am

zin494 wrote:
Arifin wrote:Mas admin dan members papaji, cara kita menentukan anak ayam jantan atau betina untuk umur dibawah 1 bulan gimana?
Untuk umur dibawah satu bulan sulit menentukan jenis kelamin, kalau saya biasanya lihat dari sorot mata. Jantan biasanya memiliki sorot mata yang tajam dan berwibawa. Biasanya jg pembawaan lebih tenang dan kalem, pertumbuhannya jg lebih cepat dibanding betina. Tapi ketepatannya msh dibawah 75 persen mas krn sangat subjektif.

Sebenarnya gampang-gampang susah menentukan jantan apa betina,..
Kalo dari sekian papajier,.. ini mau meluangkan waktu untuk baca buku peternakan ,.sebenernya sudah ada cara dari dulu,.. dipeternakan juga sudah dipakai,... bahkan bukan nunggu sampai 1 bulan,.. baru DOC (daily Old Chicken) alias umur harian saja,.. sudah bisa ditentukan mana jantan dan betina,.. tanpa lihat jengger,.. mata,..alis dan bibir,.... he.he.he...

caranya sudah aku ikutin dan memang 95% bener,...
caranya yaitu :
ambil anak ayam,.. pegang dengan tangan kiri,...jepit kepala dengan jari kelingking dengan jari manis,...(lehernya...tapi jangan keras-keras,.. mati tuhh ayam nanti..!!)
kemudian balikkan,.. posisi perut diatas,....(dubur),..
Kemudian pake tangan kanan,.. buka itu dubur perlahan sambil dibuka dilihat,...:
bagian lubang dubur sebelah bawah (arah ke perut),.. bila ada titik merah kecil pas ditengah, dempet sama pinggiran dubur,.. berarti : JANTAN,...
Kalau tidak ada,.. artinya BETINA... ntar aku gambar saja,.. lihat di galery ya...

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 304
Join date: 23.07.09
Lokasi: Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMILIH ANAK AYAM UMUR DIBAWAH 1 BULAN

Post  one-dhi on Fri Dec 25, 2009 7:05 pm

nurkhotim wrote:
zin494 wrote:
Arifin wrote:Mas admin dan members papaji, cara kita menentukan anak ayam jantan atau betina untuk umur dibawah 1 bulan gimana?
Untuk umur dibawah satu bulan sulit menentukan jenis kelamin, kalau saya biasanya lihat dari sorot mata. Jantan biasanya memiliki sorot mata yang tajam dan berwibawa. Biasanya jg pembawaan lebih tenang dan kalem, pertumbuhannya jg lebih cepat dibanding betina. Tapi ketepatannya msh dibawah 75 persen mas krn sangat subjektif.

Sebenarnya gampang-gampang susah menentukan jantan apa betina,..
Kalo dari sekian papajier,.. ini mau meluangkan waktu untuk baca buku peternakan ,.sebenernya sudah ada cara dari dulu,.. dipeternakan juga sudah dipakai,... bahkan bukan nunggu sampai 1 bulan,.. baru DOC (daily Old Chicken) alias umur harian saja,.. sudah bisa ditentukan mana jantan dan betina,.. tanpa lihat jengger,.. mata,..alis dan bibir,.... he.he.he...

caranya sudah aku ikutin dan memang 95% bener,...
caranya yaitu :
ambil anak ayam,.. pegang dengan tangan kiri,...jepit kepala dengan jari kelingking dengan jari manis,...(lehernya...tapi jangan keras-keras,.. mati tuhh ayam nanti..!!)
kemudian balikkan,.. posisi perut diatas,....(dubur),..
Kemudian pake tangan kanan,.. buka itu dubur perlahan sambil dibuka dilihat,...:
bagian lubang dubur sebelah bawah (arah ke perut),.. bila ada titik merah kecil pas ditengah, dempet sama pinggiran dubur,.. berarti : JANTAN,...
Kalau tidak ada,.. artinya BETINA... ntar aku gambar saja,.. lihat di galery ya...
pak nur ditunggu upload gambarnya,
terimakasih

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 164
Join date: 02.09.09
Lokasi: sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik