Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  sirait on Mon 30 Jan 2012, 08:49

Jadi Mas Admin...apa sebenarnya kemungkinan penyakit yg dialami ayam saya skrg kalo gitu.
-berdiri sempoyongan
-kepala miring trus (kadang sampai nukik kebelakang)
-Nafsu makan ada tapi tidak bisa matok
-Bawaan berbaring trus
-Muka pucat
-Kotoran encer kadang ijo kadang kuning

atas bantuannya saya ucap thanks!

sirait
kopral
kopral

Jumlah posting : 38
Join date : 11.10.11
Lokasi : Sebelat-Bengkulu Utara-Bengkulu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  coki on Mon 30 Jan 2012, 09:59

Administrator wrote:
coki wrote:Yang saya tahu kalau ayam yang terkena IB pada mulut ayam akan selalu terbuka dan disertai mata yang Bengkak, Tapi ayam saya waktu itu tidak demikian.
Dan supLemen tersebut sudah saya sudah buktikan dan ternyata berhasiL. Tapi mengapa masih banyak pemelihara unggas yang belum tau khasiatnya yah ?
TKS'''
OK
IB dan Nd gejalanya hampir mirip krn menyerang pernapasan juga.
Jengger biru, mulut cengap2, bersin2, lendir di mulut, ngorok, dsb. Ini akibat suply oksigen tidak lancar krn saluran pernapasan tersumbat lendir yg cukup parah.
Utk memastikan penyakitnya secara tepat, harus periksa lab.

Kalau mata bengkak bisa juga kena Snot. Kalau didiamkan, akan berlanjut pada mulut mangap/cengap2.
Tapi Waktu itu suhu ayam saya badannya Panas. Berarti positif ND dan Bukan IB.
Tks''


Terakhir diubah oleh coki tanggal Mon 30 Jan 2012, 10:02, total 1 kali diubah

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  coki on Mon 30 Jan 2012, 10:01

sirait wrote:Jadi Mas Admin...apa sebenarnya kemungkinan penyakit yg dialami ayam saya skrg kalo gitu.
-berdiri sempoyongan
-kepala miring trus (kadang sampai nukik kebelakang)
-Nafsu makan ada tapi tidak bisa matok
-Bawaan berbaring trus
-Muka pucat
-Kotoran encer kadang ijo kadang kuning

atas bantuannya saya ucap thanks!
ERA ET LABORA....... Razz

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Administrator on Mon 30 Jan 2012, 10:35

coki wrote:Tapi Waktu itu suhu ayam saya badannya Panas. Berarti positif ND dan Bukan IB.
Tks''
IB juga badannya panas mas... Hampir semua ayam yg sakit badannya panas.
Sy cuma memberi masukan tentang kemungkinan penyakit lain.
Apakah sy salah, ini kan cuma perkiraan sy saja.
Very Happy

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  sirait on Mon 30 Jan 2012, 10:41

Mas Admin....!

Kalolah memang ayam saya kena tetelo ato IB, secara disaya tinggal dipedalaman.Apa yg bisa saya perbuat untuk kesembuhan ayam tsbt?

Atas bantuannya terima kasih.

sirait
kopral
kopral

Jumlah posting : 38
Join date : 11.10.11
Lokasi : Sebelat-Bengkulu Utara-Bengkulu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Administrator on Mon 30 Jan 2012, 10:44

Ini ada literaturnya tentang IB. Dikutip dari www.poultryindonesia.com

Silakan dibaca2 :

Penyakit IB pada Ayam.
Date: Thursday, March 23 @ 17:49:40 WIT
Topic: tip & Trik

Infectious Bronchitis (IB) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Coronaviridae yang menyerang saluran pernafasan dan saluran reproduksi, bersifat akut dan sangat menular. Ayam yang terserang penyakit IB akan menyebabkan radang kantung udara, gangguan pertumbuhan dan penurunan efisiensi ransum. Penurunan efisiensi ransum pada akhirnya menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas karkas ayam. Penyebaran penyakit IB melalui udara, bahkan penyebaran dapat terjadi meskipun pada jarak yang agak jauh. Ayam yang peka terhadap virus IB menunjukkan gejala sakit pada 48 jam setelah tertular.

Waktu inkubasi 18-36 jam tergantung dari jumlah virus, umur ayam, status imunitas (baik maternal antibodi maupun dari vaksinasi), nutrisi dan serotipnya. Beberapa serotip virus IB antara lain adalah : Massachuttes, Connecticut, Georgia, Delaware, Iowa 69, Iowa 97, New Hampshire, Australia-T, Holland, Italian dan lain lain. Diantara semua serotip, Massachuttes merupakan yang paling berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan pernafasan.

Gejala-gejala yang timbul akibat serangan IB adalah gangguan pernafasan (megap-megap), batuk, bersin, iritasi pada tenggorokan, leleran cairan pada hidung, mata yang basah dan sering ditemukan kebengkakan pada rongga hidung. Gejala-gejala tersebut juga tergantung pada tingkatan usia ayam. Pada umur lebih dari 6 minggu dan ayam dewasa gejala klinik yang tampak sama dengan pada anak ayam, tetapi leleran hidung tidak selalu tampak jika tidak diamati dengan seksama. Pada umur 5-6 minggu merupakan gejala yang paling terlihat, biasanya ditandai dengan ayam ngorok, megap-megap dan batuk. Ngorok yang terjadi biasanya pada waktu malam hari. Beratnya penyakit juga tergantung infeksi sekunder, terutama disebabkan oleh Escheria coli dan Mycoplasma. Tingkat kematian pada anak ayam berkisar 0-40%. Kematian tertinggi terjadi pada ayam berumur kurang dari 6 minggu. Kematian terendah terjadi pada ayam dewasa (berkisar 0-5%). Pada bedah bangkai ditemukan adanya perubahan pada saluran pernafasan, kantung udara dan kadang-kadang pada ginjal. Perubahan saluran pernafasan yaitu pada trachea, bronchi dan rongga hidung ditemukan lendir yang bersifat serous (lendir yang masih bening). Pada selaput lendir trachea menjadi kemerahan, kantung udara keruh dan ada bagian yang menebal. Paru-paru menjadi congesti dan pneumonia. Kadang-kadang ginjal membengkak dan pada salurannya terdapat kristal asam urat terutama pada ayam muda dan ayam pedaging.

Diagnosa penyakit dilakukan dengan melihat sejarah penyakit, program vaksinasi, gejala klinis, bedah bangkai, pemerikasaan laboratorium dan pemeriksaan titer antibodi. Penyakit IB memiliki beberapa kemiripan dengan penyakit-penyakit pernafasan lainnya seperti Newcastle Disease (ND), Infectious Laryngotracheitis (ILT), Coryza dan Crhonic Respiratory Disease (CRD). Penyakit-penyakit tersebut memiliki ciri khas sendiri yang membedakan dengan yang lainnya. ND menyerang saluran pernafasan juga menimbulkan kerusakan pada saluran pencernaan dan syaraf. Ciri khas perubahan patologi anatomi pada kasus ND, adanya perdarahan berupa titik-titik pada proventiculus dan peradangan disertai adanya jaringan yang mati pada usus (enteritis necroticans). ILT ditandai dengan sering munculnya batuk/bersin, keluar lendir berdarah/massa putih kekuningan, sukar bernafas dan leher dijulurkan. Tenggorokan dan kerongkong menebal berisi mukosa kental/darah. Coryza memiliki ciri-ciri ayam suka ngorok, sukar bernafas, muka bengkak, hidung berlendir dan bau. Peradangan sinus hidung, trachea dan kantung udara. CRD memiliki gejala nyata berupa ayam ngorok, keluar lendir, dari lubang hidung, peradangan sinus hidung, trachea dan kantung udara keruh.

Program pencegahan penyakit IB adalah melakukan program vaksinasi pada umur 4 dan 19-21 hari, sanitasi yang baik, perbaikan tata laksana pemeliharaan dan memperhatikan kepadatan kandang. Ayam yang dipelihara secara intensif penyebaran penyakit lebih mudah, karena sekumpulam akan makan, minum dan buang tinja di tempat yang sama, jika pencegahan tidak dilakukan secara baik tidak menutup kemungkinan akan membuka gerbang penyakit-penyakit pernafasan yang lain akibat terlalu tingginya kadar amonia dalam kandang akibat sanitasi yang buruk. Namun jika ayam terlanjur terkena IB, perlakuan pertama adalah dengan memberi obat anti stress untuk mempercepat pemulihan kondisi tubuh ayam.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Administrator on Mon 30 Jan 2012, 10:54

sirait wrote:Mas Admin....!

Kalolah memang ayam saya kena tetelo ato IB, secara disaya tinggal dipedalaman.Apa yg bisa saya perbuat untuk kesembuhan ayam tsbt?

Atas bantuannya terima kasih.
IB dan ND adlh akibat vius. Semua penyakit yg disebabkan oleh virus tidak ada obatnya. Penyembuhan hanya lewat daya tahan tubuhnya sendiri.
Yg bisa kita perbuat adlh tindakan pencegahan melalui vaksinasi, sanitasi, kebersihan, dsb.
Kalau ayam sudah terkena IB paling cuma bisa dikasih obat anti stress, vitamin dan obat2an utk mengurangi gejalanya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  coki on Mon 30 Jan 2012, 11:51

Administrator wrote:
coki wrote:Tapi Waktu itu suhu ayam saya badannya Panas. Berarti positif ND dan Bukan IB.
Tks''
IB juga badannya panas mas... Hampir semua ayam yg sakit badannya panas.
Sy cuma memberi masukan tentang kemungkinan penyakit lain.
Apakah sy salah, ini kan cuma perkiraan sy saja.
Very Happy
tidak Bang admin tidak salah kok, saya cuman menambahkan saja sekiranya ada beberapa info yang kiranya masih kurang. perbedaan yang paling mencolok ND dengan penyakit lainnya adalah Suhu badan ayam ND yang panas tinggi. di samping gejala-gejala yang telah saya sebutkan. Benar untuk memastikan memang harus melalui periksa darah ayam, dan sampel darahnya di bawa ke laboratorium untuk di teliti.
OK

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  sirait on Mon 30 Jan 2012, 14:44

Berarti mas admin dengan kata lain jika ayam kita agar bisa sehat lagi hanya berharap terhadap daya tahan tubuh si ayam dan ditambah dengan vitamin dan makan diloloh...hemmmm!
Obat2 buat saya itu hanya memiliki 80% kemungkinan utk diberi mengingat lokasi tempat saya berdomisili.

Bisa kira2 mas diberi schedule utk vaksin (saya udah vaksin tetelo) tapi kena jg tuh sehabis diserang kolera..wajar karena saya tidak vaksin utk kolera,ngorok dll.

Biar makin baik pencegahannya dari sisi vaksin bolehkah saya dapat panduannya serta cara dan teknik pemberiannya?

Satu lagi mas kalo berkenan...setelah wabah itu mampir di kandang saya, itu kandang kudu diapakan dahulu sebelum melanjutkan beternak ini, saya udah semprot,udah bersihin, udah cuci pake detergen, udah diasapin, kudu diapakan lagi agar lebih yakin kita memasukkan ayam dan tdk terserang wabah lagi...atau tuh kandang diistirahatkan utk berapa lama?

Makasi atas masukannya..(maaf..topik sedikit melenceng)

sirait
kopral
kopral

Jumlah posting : 38
Join date : 11.10.11
Lokasi : Sebelat-Bengkulu Utara-Bengkulu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Administrator on Mon 30 Jan 2012, 18:05

sirait wrote:Berarti mas admin dengan kata lain jika ayam kita agar bisa sehat lagi hanya berharap terhadap daya tahan tubuh si ayam dan ditambah dengan vitamin dan makan diloloh...hemmmm!
Iya betul. Utk penyakit akibat virus, kesembuhan hanya tergantung dari daya tahan tubuhnya saja.
Obat2an sifatnya hanya membantu mengurangi gejalanya saja.
Contoh :
Virus Flu pada manusia --> tidak ada obatnya.
Obat2an flu spt Decolgen, Stop Cold, Actived, dsb hanya berfungsi utk 'meringankan gejala flu'. Seperti menghilangkan lendir (ingus), mengurangi batuk, pusing, demam, dsb, tapi tidak membunuh virusnya.
Utk itulah dokter selalu menyarankan istirahat dan minum vitamin yg cukup.

Utk penyakit yg disebabkan bakteri, obat pembasminya adlh Antibiotik.

sirait wrote:
Bisa kira2 mas diberi schedule utk vaksin (saya udah vaksin tetelo) tapi kena jg tuh sehabis diserang kolera..wajar karena saya tidak vaksin utk kolera,ngorok dll.

Biar makin baik pencegahannya dari sisi vaksin bolehkah saya dapat panduannya serta cara dan teknik pemberiannya?
Masalah vaksin sudah dibahas panjang lebar mas...
Coba di cari2 dulu.

sirait wrote:
Satu lagi mas kalo berkenan...setelah wabah itu mampir di kandang saya, itu kandang kudu diapakan dahulu sebelum melanjutkan beternak ini, saya udah semprot,udah bersihin, udah cuci pake detergen, udah diasapin, kudu diapakan lagi agar lebih yakin kita memasukkan ayam dan tdk terserang wabah lagi...atau tuh kandang diistirahatkan utk berapa lama?
Bisa tambahkan kapur bangunan yg ditabur di tanah sekitar kandang. Boleh juga kandangnya di car pakai kapur bangunan.
Utk selanjutnya, hati2 masukin ayam dari luar yg tidak jelas asal usulnya. Juga orang2 luar jangan sembarangan masuk ke kandang. Kandang juga harus terisolasi, jangan sampai ada unggas lain yg masuk.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  kedubrag on Wed 22 Feb 2012, 13:50

aduuuh, kandang tetatangga terserang nd 7ekor dieksekusi jaraknya cm 20m dari kandang saya, mohon pencerahan..

kedubrag
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 913
Join date : 18.10.11
Lokasi : depok, jawa barat

http://idbrahimovic@gmail.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  sant on Thu 12 Apr 2012, 15:46

sedikit berbagi tentang vaksin ND....
di pasaran banyak di jual vaksin strain Lasota, Hitner B1, NDClone, NDKill...
untuk Hitner B1 d gunakan pada vaksin awal DOC untuk selanjutnya bisa menggunakan Lasota.... ini semua adalah vaksin aktif.... kekebalan yg di hasilkan agak cepat..... tapi kekebalan itu juga cepat turun maka di lakukan vaksin ulang dalam jangka waktu tertentu.
Jika ada wabah ND sebaiknya gunakan vaksin NDCLONE... vaksin ini akan segera menggertak anti body ayam.
kalau NDKILL ..ini vaksin inaktif... anti body yang di hasilkan amat lambat.... tapi jika sudah terbentuk anti body ini akan bertahan lama sekali
semoga bermanfaat...

sant
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 16.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  galih silent hero on Fri 04 May 2012, 08:16

mas admin, mas hendro ...senior2...
biang pencetak uangku hari ini kena tetelo ....
kasih solusi terbaru dong minimal untuk mempertahankannya ...
dan kandang dan ayam lain baiknya gmn?


kutipan dari pak admin:
"Kalau sudah 'celeng' itu pertanda ada syaraf yg rusak. Tidak ada obatnya kecuali penyembuhan dari dirinya sendiri dgn cara mengganti sel2 syaraf yg rusak (proses alami).
Kasih makan yg cukup, kalau perlu disuapi kalau tidak mau makan.
Kasih multivitamin, protein. Bisa juga kasih neurobion.
Botoh sy menganjurkan utk mencabuti bulu disekitar kepala dan lehernya.

Kalau sudah celeng, biasanya sudah tidak menular lagi.
Tapi sebaiknya tetap berjaga2 dan diamati, ditempatkan dlm kandang terpisah dan hangat.
sekali2 diumbar bebas.:


terjawab sudah keraguanku tentang ND, hari ini tdk ada 1pun ayam dikandang yg mati, tinggal pemulihan tenaga dan syaraf2 yg rusak ...

galih silent hero
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 553
Join date : 11.01.12
Age : 32
Lokasi : kudus

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Tamu on Tue 08 May 2012, 11:26

kedubrag wrote:aduuuh, kandang tetatangga terserang nd 7ekor dieksekusi jaraknya cm 20m dari kandang saya, mohon pencerahan..

Segera ke pasar beli bumbu ayam goreng tongue

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Tanya Seputar ND

Post  Phentium4 on Sun 20 May 2012, 11:04

Mohon tanya, katanya virus ND ini juga bisa masuk sejak embrio/ telur? saya pernah baca2, tp gak tau benar tidaknya. semisal jantan kena ND trus pacekin babonya (atau sebaliknya), scara tak langsung virus bisa masuk lwt tlur yg dihasilkan. analoginya mungkin spt HIV/ AIDS pd manusia Evil or Very Mad . dan 1 lagi, katanya yg pernah kena ND tp bisa sembuh itu tidak 100% sembuh benar, ibarat bom waktu jika kondisi drop maka akan kolaps lg (kambuh). benar gak ya????? Mohon pencerahanya dari para senior atau yg sudah punya bukti empiriknya.. Very Happy

Phentium4
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 107
Join date : 15.05.12
Lokasi : Jateng.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Palembang on Wed 20 Jun 2012, 17:28

Ass, para senior papaji, saya orang baru di sini,jadi mohon bantuanny..

saya punya babon umur 1tahun, abis kena tetelo (kayak'ny) tapi alhamdulilah selamat...
tapi semenjak sembuh dari sakit, tiap kali nelur pasti cangkang'ny lembek (kayak ager), padahal sebelum sakit kalo nelur normal, mohon bantuan'ny.... Very Happy

Palembang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 20.06.12
Age : 19
Lokasi : Palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  sant on Wed 20 Jun 2012, 18:05

sirait wrote:saya udah 1 minggu ini pacek saya kena tetelo dan menurut asal sy beli itu udah divaksin tetelo, tapi sebelumnya pacek saya kena kolera dan sembuh, sempat berkoko 2hari, habis itu dia kena tetelo.

Mas Admin...apa iya itu ayam tinggal 2% peluang utk hidup?
Krn sampai skrg tuh ayam masih sy rawat. Dari pada emang mubazir..tuh ayam diapakan mas?
need advice from the master...pleaseeeee! jika memang tidak ada tuh obat atau penanganan ayam yg kena tetelo.

trims before.

kalau sudah kena tetelo ( kepala muter2 ) ayam akan tetap hidup selama bisa makan dan ayam itu sudah kebal terhadap ND. Q pernah punya ayam juga begitu kena ND.. tetap hidup lama...akhirnya mati juga. selain itu ayam tersebut sudah afkir.
semoga bermanfaat.

sant
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 174
Join date : 16.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Nurkhasan on Wed 12 Sep 2012, 11:07

Administrator wrote:
sirait wrote:Mas Admin....!

Kalolah memang ayam saya kena tetelo ato IB, secara disaya tinggal dipedalaman.Apa yg bisa saya perbuat untuk kesembuhan ayam tsbt?

Atas bantuannya terima kasih.
IB dan ND adlh akibat vius. Semua penyakit yg disebabkan oleh virus tidak ada obatnya. Penyembuhan hanya lewat daya tahan tubuhnya sendiri.
Yg bisa kita perbuat adlh tindakan pencegahan melalui vaksinasi, sanitasi, kebersihan, dsb.
Kalau ayam sudah terkena IB paling cuma bisa dikasih obat anti stress, vitamin dan obat2an utk mengurangi gejalanya.
mau tanya bang admin...
jika kita sudah melakukan vaksinasi dr umur 4hr-4minggu-4bln apa itu sudah berhenti melakukan vaksinasi di atas umur 4 bln atau trz dilalukan dan berp bln sekali jika perlu ada vaksinasi di atas umur 4 bln?
satu lg..bang
jika kita beli ayam dr luar yg kita tidak tau udah di vaksin dr kecil atau blm itu sebaiknya gmn bang?

Nurkhasan
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 566
Join date : 13.01.12
Lokasi : pemalang,085777087727

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Administrator on Wed 12 Sep 2012, 11:27

Nurkhasan wrote:
jika kita sudah melakukan vaksinasi dr umur 4hr-4minggu-4bln apa itu sudah berhenti melakukan vaksinasi di atas umur 4 bln atau trz dilalukan dan berp bln sekali jika perlu ada vaksinasi di atas umur 4 bln?
elanjutnya tiap 4 bulan sekali.

Nurkhasan wrote:satu lg..bang
jika kita beli ayam dr luar yg kita tidak tau udah di vaksin dr kecil atau blm itu sebaiknya gmn bang?
Langsung di vaksin aja.
Jadwal vaksin berikutnya boleh ikut yg lain (jadwal vaksin reguler kandang) supaya bareng sama2 dan tidak repot.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Nurkhasan on Fri 14 Sep 2012, 07:43

Administrator wrote:
Nurkhasan wrote:
jika kita sudah melakukan vaksinasi dr umur 4hr-4minggu-4bln apa itu sudah berhenti melakukan vaksinasi di atas umur 4 bln atau trz dilalukan dan berp bln sekali jika perlu ada vaksinasi di atas umur 4 bln?
elanjutnya tiap 4 bulan sekali.

Nurkhasan wrote:satu lg..bang
jika kita beli ayam dr luar yg kita tidak tau udah di vaksin dr kecil atau blm itu sebaiknya gmn bang?
Langsung di vaksin aja.
Jadwal vaksin berikutnya boleh ikut yg lain (jadwal vaksin reguler kandang) supaya bareng sama2 dan tidak repot.


bang admin klo kita blm tau persis(mengira2) virus apa yg menyerang ayam2 kita,boleh g memberikan vaksin berbeda dlm waktu bersamaan..misalkn tidak di anjurkn jarak waktu vaksin berbeda itu berapa lama...?

Nurkhasan
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 566
Join date : 13.01.12
Lokasi : pemalang,085777087727

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Administrator on Fri 14 Sep 2012, 10:06

Nurkhasan wrote:bang admin klo kita blm tau persis(mengira2) virus apa yg menyerang ayam2 kita,boleh g memberikan vaksin berbeda dlm waktu bersamaan..misalkn tidak di anjurkn jarak waktu vaksin berbeda itu berapa lama...?
Kalau sy pribadi, tidak pernah pakai vaksin lain selain utk virus ND.
Pemberian vaksin penyakit lain yg berbeda dalam waktu bersamaan bisa saja dilakukan. Tapi ayam harus benar2 sehat dan perhatikan takaran dosisnya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Taruno on Fri 28 Sep 2012, 14:36

Salah satu Upaya Pencegahan Penyebaran Penyakit adalah menjaga kebersihan kandang. Setelah kandang bersih sih dari kotoran. baiknya kandang disemprot desinfektan (anti hama- kita bisa gunakan desinfektan untuk sapi) - berlaku bagi seluruh hewan ternak. dengan Penyemprotan Desinfektan (desinfektan bisa di cari di Poultry shop) mudah-mudahan ternak kita tidak terkena wabah sehingga ayam2 pada selamet, klo pun kena ya ga sampe parah.... klopun parah.. ya pasrah aja..yg penting dah usaha seMAKSIMAL mungkin...
Untuk lebih jelasnya apa itu "desinfektan" monggo baca yg dibawah... semoga ada manfaatnya.

sunny sunny sunny sunny sunny sunny sunny sunny sunny
Pengertian Desinfektan
Desinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakitlainnya. Disinfektan digunakan untuk membunuh mikroorganisme pada bendamati.Desinfeksi adalah membunuh mikroorganisme penyebab penyakit dengan bahan kimia atau secara fisik, hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjadiinfeksi dengan jalam membunuh mikroorganisme patogen. Desinfeksi dilakukanapabila sterilisasi sudah tidak mungkin dikerjakan, meliputi : penghancuran dan pemusnahan mikroorganisme patogen yang ada tanpa tindakan khusus untuk mencegah kembalinya mikroorganisme tersebut.10 kriteria suatu desinfektan dikatakan ideal, yaitu :
1.Bekerja dengan cepat untuk menginaktivasi mikroorganisme pada suhukamar
2.Aktivitasnya tidak dipengaruhi oleh bahan organik, pH, temperatur dankelembaban
3.Tidak toksik pada hewan dan manusia
4.Tidak bersifat korosif
5.Tidak berwarna dan meninggalkan noda
6.Tidak berbau/ baunya disenangi
7.Bersifat biodegradable/ mudah diurai
8.Larutan stabil
9.Mudah digunakan dan ekonomis
10.Aktivitas berspektrum luas

Di susun oleh :
KhumaedullahAjijulEdo KuswantoSri apriyantiTARBIYAH / IPA-BIOLOGI BSEMESTER VINSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)PROGRAM STUDI IPA - BIOLOGICIREBON2009

Taruno
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 626
Join date : 03.08.12
Lokasi : Jakarta - Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Ini dia salah satu korbannya

Post  hamas on Mon 08 Oct 2012, 12:00

baru nyampe rumah 4 hari , Usia -5 bulan
lagi lucu lucunya..... Sad Sad Sad

Hari ke 3 kepalanya muter-muter dalam kandang , kirain lagi melucu
hari ke 4. pagi udah ga bisa berdiri, kepalanya matuk-matuk tanah,
12 jam kemudian jam 5.30 sore. berpulang kerahmatullah




hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

aratan

Post  kopralbejo on Sun 04 Nov 2012, 00:46

sirait wrote:gejala sama kurang lebih.
ayam saya nggak bs matok makanan lagi
sudah 3 mgg saya loloh trus
berdiri malas karena tdk bisa mengontrol kestabilan,jika melangkah pasti oleng dan cenderung jadi mundur.Muka pucat, hanya tidur terkulai.

ditempat saya tidak ada jual/toko obat utk ayam.
selama ini saya tdk bisa ngobatin dengan ramuan yg ada dijual seperti biosugih.
saya tinggal dipedalaman mas.Jadi cuma bisa berdoa dan berusaha.
penyakit terkena virus pada ayam gak ada obatnya mas. Kita hanya bisa mencegah. Mencegah dgn memberi vaksin sejak dini juga blm bisa menjamin si ayam kebal virus itu tanya aja dokter hewan. Ayamku dulu aku vaksin aja tetep ludes kena tetelo. Ada beberapa point yg penting untuk menghindarinya. Yaitu kebersihan kandang, ayam jgn dikeluarin/umbar bebas saat musim pancaroba, lbih baik kandang dikelilingi tembok yg tinggi, makanan bergizi untuk menunjang vitalitas dan daya tahan tubuh. Sekian pengalaman dari saya. Untuk mempertebal daya tahan tubuh, saya punya resep jitu. Kasih makan taoge/kecambah kacang ijo. Fungsinya mempertebal dinding sel. Ato cara ke2 dgn daun pepaya.

kopralbejo
kopral
kopral

Jumlah posting : 18
Join date : 29.10.12
Age : 31
Lokasi : blitar

Kembali Ke Atas Go down

pasca penyakit tetelo pd ayam

Post  kopralbejo on Tue 20 Nov 2012, 08:24

sirait wrote:Berarti mas admin dengan kata lain jika ayam kita agar bisa sehat lagi hanya berharap terhadap daya tahan tubuh si ayam dan ditambah dengan vitamin dan makan diloloh...hemmmm!
Obat2 buat saya itu hanya memiliki 80% kemungkinan utk diberi mengingat lokasi tempat saya berdomisili.

Bisa kira2 mas diberi schedule utk vaksin (saya udah vaksin tetelo) tapi kena jg tuh sehabis diserang kolera..wajar karena saya tidak vaksin utk kolera,ngorok dll.

Biar makin baik pencegahannya dari sisi vaksin bolehkah saya dapat panduannya serta cara dan teknik pemberiannya?

Satu lagi mas kalo berkenan...setelah wabah itu mampir di kandang saya, itu kandang kudu diapakan dahulu sebelum melanjutkan beternak ini, saya udah semprot,udah bersihin, udah cuci pake detergen, udah diasapin, kudu diapakan lagi agar lebih yakin kita memasukkan ayam dan tdk terserang wabah lagi...atau tuh kandang diistirahatkan utk berapa lama?

Makasi atas masukannya..(maaf..topik sedikit melenceng)
menurut pengalaman saya, masa pengosongan minimal 2minggu. Sebelume seluruh kandang di semprot disinfektan(bnyk mcmnya) dan alas di taburi kapur pertanian harga 12rb/sak. Masalah kendala tempat mas yg pelosok dgn ktersediaan obat dipasaran. Mas bisa buat ramuan pencegah sgala penyakit sendiri kalau gak ingin repot. Ini ramuanya, kunyit putih&kuning, temulawak, temu ireng,blimbing wuluh, jahe, ginseng, madu, dri ramuan diatas bila perlu dikasih em4 pternakan itu dikasih sminggu skali saat pergantian cuaca. Dijamin juoozz. (mencegah lebih baik daripada mengobati) itu kalo mas gak ingin ribet ngasih vaksin sjak dini dan obat.

kopralbejo
kopral
kopral

Jumlah posting : 18
Join date : 29.10.12
Age : 31
Lokasi : blitar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit Tetelo (Newcastle Desease)

Post  Sponsored content Today at 16:45


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik