PENETAS MESIN/INDUK

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

PENETAS MESIN/INDUK

Post  king war on Fri 01 Jul 2011, 00:15

MISI GAN...
mo nanya dr pengalaman masing2...
1.mantap mana tetas mesin atau tetasin telor ma induknya,,,kenapa begitu?
2.klo tetas mesin kadang ank2 ayam dlm minggu awal kok kyak lemas,klo tetas induk ankan yg netas sering mati gepeng kegencet babon,,,apa tmn2 juga mengalami hal yg sama,,,,,

king war
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 18.06.11
Lokasi : raya pandaan-tretes,km 6 prigen-jatim 081331027471

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  Ringgas Hutagaol on Fri 01 Jul 2011, 00:23

king war wrote:MISI GAN...
mo nanya dr pengalaman masing2...
1.mantap mana tetas mesin atau tetasin telor ma induknya,,,kenapa begitu?
2.klo tetas mesin kadang ank2 ayam dlm minggu awal kok kyak lemas,klo tetas induk ankan yg netas sering mati gepeng kegencet babon,,,apa tmn2 juga mengalami hal yg sama,,,,,
Point 2 sering saya alami. Saya biasanya eramkan 9 telur, yang netas rata2 : 6 ekor. Dari 6 ekor, biasanya 1-2 ekor mati saat netas (gepeng).
Penetasan dgn mesin harus diperhartikan suhu box setelah ayam dipindah. Minggu pertama suhunya harus 32 C. Setiap minggu diturunkan 1 C. Setelah umur 1 bulan sdh tidak diperlukan lampu pemanas.

Ringgas Hutagaol
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1055
Join date : 27.02.11
Age : 52
Lokasi : Jakarta Utara - 081398023456

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  la ummasa on Fri 01 Jul 2011, 15:36

king war wrote:MISI GAN...
mo nanya dr pengalaman masing2...
1.mantap mana tetas mesin atau tetasin telor ma induknya,,,kenapa begitu?
2.klo tetas mesin kadang ank2 ayam dlm minggu awal kok kyak lemas,klo tetas induk ankan yg netas sering mati gepeng kegencet babon,,,apa tmn2 juga mengalami hal yg sama,,,,,
saya lebih suka pakai babon (mungkin karena bukan peternak komersil jadi lebih memilih yang murah meriah). dari pengalaman saya menetaskan pakai induk sendiri, selain anak-anaknya lebih tahan terhadap perubahan iklim/cuaca juga lebih aman dari pemangsa seperti tikus, kucing atau musang dan tingkat keberhasilannya rata-rata 90%. tingkat keberhasilan sangat tergantung dari kondisi kandang penetasan. jika kondisi kandang kering dan jauh dari tempat yang becek-becek maka bisa dipastikan tingkat keberhasilan tinggi.
anakan yg menetas mati gepeng kegencet babon lebih sering disebabkan telat diangkat/dipisah dari induknya. untuk kasus seperti ini biasanya saya pisahkan dulu yang sudah menetas sambil menunggu yang lain. setelah 1-2 hari barulah digabung dengan induknya dan saudara-saudaranya yang baru menetas. jadi sebaiknya tengoklah kandang sesering mungkin jika pengeranan sudah memasuki hari ke 20.

salam

la ummasa
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 621
Join date : 20.05.10
Lokasi : Depok

http://wn.com/laummasa

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  Modesto on Fri 01 Jul 2011, 21:22

king war wrote:ankan yg netas sering mati gepeng kegencet babon,,,apa tmn2 juga mengalami hal yg sama,,,,,
Bisa disiasati dengan menyingkirkan cangkang telur yg sudah menetas, sembari menunggu telur menetas semua, jadi petarangan ga terlalu penuh Smile

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  poerranger on Sat 02 Jul 2011, 12:12

la ummasa wrote:
king war wrote:MISI GAN...
mo nanya dr pengalaman masing2...
1.mantap mana tetas mesin atau tetasin telor ma induknya,,,kenapa begitu?
2.klo tetas mesin kadang ank2 ayam dlm minggu awal kok kyak lemas,klo tetas induk ankan yg netas sering mati gepeng kegencet babon,,,apa tmn2 juga mengalami hal yg sama,,,,,
saya lebih suka pakai babon (mungkin karena bukan peternak komersil jadi lebih memilih yang murah meriah). dari pengalaman saya menetaskan pakai induk sendiri, selain anak-anaknya lebih tahan terhadap perubahan iklim/cuaca juga lebih aman dari pemangsa seperti tikus, kucing atau musang dan tingkat keberhasilannya rata-rata 90%. tingkat keberhasilan sangat tergantung dari kondisi kandang penetasan. jika kondisi kandang kering dan jauh dari tempat yang becek-becek maka bisa dipastikan tingkat keberhasilan tinggi.
anakan yg menetas mati gepeng kegencet babon lebih sering disebabkan telat diangkat/dipisah dari induknya. untuk kasus seperti ini biasanya saya pisahkan dulu yang sudah menetas sambil menunggu yang lain. setelah 1-2 hari barulah digabung dengan induknya dan saudara-saudaranya yang baru menetas. jadi sebaiknya tengoklah kandang sesering mungkin jika pengeranan sudah memasuki hari ke 20.

salam

jadi lebih bagus pakai babon ya pak, oh ya untuk disapih usia brapa hari ya pak, ni kebetulan babon saya lagi mengeram, thanks sebelumnya pak Very Happy

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  Gathot_Koco on Tue 05 Jul 2011, 08:20

king war wrote:MISI GAN...
mo nanya dr pengalaman masing2...
1.mantap mana tetas mesin atau tetasin telor ma induknya,,,kenapa begitu?
2.klo tetas mesin kadang ank2 ayam dlm minggu awal kok kyak lemas,klo tetas induk ankan yg netas sering mati gepeng kegencet babon,,,apa tmn2 juga mengalami hal yg sama,,,,,

Pake entok juga lebih ok..om

Gathot_Koco
kopral
kopral

Jumlah posting : 23
Join date : 19.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  she-thok on Tue 05 Jul 2011, 21:36

king war wrote:MISI GAN...
mo nanya dr pengalaman masing2...
1.mantap mana tetas mesin atau tetasin telor ma induknya,,,kenapa begitu?
2.klo tetas mesin kadang ank2 ayam dlm minggu awal kok kyak lemas,klo tetas induk ankan yg netas sering mati gepeng kegencet babon,,,apa tmn2 juga mengalami hal yg sama,,,,,

saya selalu pake ayam selain alami juga murah meriah, tp setelah ayam menetas dan kering saya ambil n dipisahkan dg induknya spy anakan ttp hidup jg babon biar angrem lebih tenang...

she-thok
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 172
Join date : 26.01.11
Age : 38
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  ari delta on Wed 20 Jul 2011, 13:12

Kalo kejar setoran pake mesin tetas..
kalo gak kejar setoran ya pakai induknya..
Very Happy Very Happy

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  husein on Mon 30 Apr 2012, 02:07

king war wrote:MISI GAN...
mo nanya dr pengalaman masing2...
1.mantap mana tetas mesin atau tetasin telor ma induknya,,,kenapa begitu?
2.klo tetas mesin kadang ank2 ayam dlm minggu awal kok kyak lemas,klo tetas induk ankan yg netas sering mati gepeng kegencet babon,,,apa tmn2 juga mengalami hal yg sama,,,,,
kalo mau nggak kegencet babaon, ambil anak ayam jika bulunya sudah kering setelah menetas. semoga membantu.

husein
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 765
Join date : 13.08.10
Age : 37
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  Newbe_bangsai on Wed 02 May 2012, 10:01

kalo aku masih coba2 siapa tau berhasil...
cara saya menyiasati, klo udah netas cepat2 d angkat..
umur 2 hari klo pagi induknya d keluarin trus d masukin lagi sore hari, trus umur 2 minggu udah dipisah induknya..selain irit tanpa lampu induknya juga cepat nelor lagi...
salam pemula....

Newbe_bangsai
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 75
Join date : 19.01.12
Age : 30
Lokasi : PALOPO,SULSEL

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  Andi Babe on Wed 02 May 2012, 11:35

BAGUS alami fisik anakan emang lebih tahan dan mental lebih oke tulangan otot
jadi sejak dini,mesin kalau jumlah lebih banyak telurnya atau ngejar target. Smile Smile Smile

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  henz on Wed 02 May 2012, 20:57

dierami secara alami ataupun memakai mesin tetas hasilnya sama aja. malah kalo anakannya diasuh oleh indukannya pertumbuhannya tdk secepat yg dipisahkan ( dibox ). angka kematian anak lebih rendah drpd diasuh oleh indukannya.

henz
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 325
Join date : 13.04.12
Lokasi : Cemara Farm, Cicalengka Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: PENETAS MESIN/INDUK

Post  Sponsored content Today at 04:16


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik