Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  Jagonantang on Mon 04 Jul 2011, 20:24

agus jitu wrote:
Jagonantang wrote:@ jagh & mas JK ; mantapp, fair, dan jentel !

bisa jadi yang dipaparkan bos Jagh benar adanya, ayam JN juga sebetulnya belum komplit 8 bulan, ketemunya juga jagoan yang nggak bisa dibilang muda. tapi okelah, itu pengalaman yang mahal
semoga nggak terjadi lagi nantinya.
maap mas konfirmasi sepengetahuan saya klo ayam muda lawan ayam tua klo yg bagus olahnya bagus pasti diair kedua yg muda pasti keteteran, KECUALI YG MUDA PUNYA PUKULAN MEMATIKAN/KO. Seandainya yg muda masih kuat sy yakin ayam muda tersebut meski umurnya masih muda dari awal telah DILATIH FISIK sejak dini ataupun abar jam terbangnya lumayan. Ini sudah sy buktikan klo sy abar sama teman2, kayak kemarin ayam tuaku diambil tanpa sepengetahuanku dicoba sama lancur ayamku kejiling, namun pulih karena otot tua balik air kedua yg lancur sedikit demi sedikit kena pukul akhirnya yg lancur ga kuat. Mohon maaf semuanya sy hy penengah tidak bermaksud menggembosi ini juga demi masukan utk papaji tercinta. saran sy yg gandengkan hrs org yg profesional TAHU BENER ayam yg cukup training, yg baru turun kandang shg gak salah gandeng sehingga kualitas ayam yg baik dan berkualitas benar2 bisa diperoleh dan dijadikan pembelajaran.

betul banget bos,....nggak ada pernyataan yang keliru toh. semua masih baik2 saja, belum ada yang perlu ditengahin.
sangat dihargai pendapatnya.
salam papaji.

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  Ardhiasa on Mon 04 Jul 2011, 21:07

agus jitu wrote:
Jagonantang wrote:@ jagh & mas JK ; mantapp, fair, dan jentel !

bisa jadi yang dipaparkan bos Jagh benar adanya, ayam JN juga sebetulnya belum komplit 8 bulan, ketemunya juga jagoan yang nggak bisa dibilang muda. tapi okelah, itu pengalaman yang mahal
semoga nggak terjadi lagi nantinya.
maap mas konfirmasi sepengetahuan saya klo ayam muda lawan ayam tua klo yg bagus olahnya bagus pasti diair kedua yg muda pasti keteteran, KECUALI YG MUDA PUNYA PUKULAN MEMATIKAN/KO. Seandainya yg muda masih kuat sy yakin ayam muda tersebut meski umurnya masih muda dari awal telah DILATIH FISIK sejak dini ataupun abar jam terbangnya lumayan. Ini sudah sy buktikan klo sy abar sama teman2, kayak kemarin ayam tuaku diambil tanpa sepengetahuanku dicoba sama lancur ayamku kejiling, namun pulih karena otot tua balik air kedua yg lancur sedikit demi sedikit kena pukul akhirnya yg lancur ga kuat. Mohon maaf semuanya sy hy penengah tidak bermaksud menggembosi ini juga demi masukan utk papaji tercinta. saran sy yg gandengkan hrs org yg profesional TAHU BENER ayam yg cukup training, yg baru turun kandang shg gak salah gandeng sehingga kualitas ayam yg baik dan berkualitas benar2 bisa diperoleh dan dijadikan pembelajaran.

sampean main tengah saya main pinggir aza mas hehehehe

nggak semua ayam muda keteteran mas...
intropeksi diri azalah mengenai... Ayamnya.... rawatan... dan yang mengairi/mbayon...
siPetil umur 8 bln minggu kemaren tarung rencana saya bawa ke caruban karena tangan gatel.. dapet gandeng musuh bebuyutan aymnya tua menang 3x kelas pinggiran, karena ayam muda musuh ngajak "T" 1,5 los 6 air pertama saya ragu akhirnya jadi dan berakhir draw siPetil unggul... dan kepala ayam musuh kaya kenongan hahahahaha, walaupun musuh g fear saya puas...

nggak gampang menjadi juara... mazz hati2 walaupun gandeng sama2 ayam muda ayam tetangga lebih bagus n mulusss mazz, apa la gi berpiagam weleh...weleh...weleh..., sampean mbawa ayam tua tetep azaa di gebukin mazz sama yang muda g percaya coba ajaaa...

salam, papaji

Ardhiasa
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 233
Join date : 22.01.11
Lokasi : Situbondo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  agus jitu on Tue 05 Jul 2011, 14:05

Ardhiasa wrote:
agus jitu wrote:
Jagonantang wrote:@ jagh & mas JK ; mantapp, fair, dan jentel !

bisa jadi yang dipaparkan bos Jagh benar adanya, ayam JN juga sebetulnya belum komplit 8 bulan, ketemunya juga jagoan yang nggak bisa dibilang muda. tapi okelah, itu pengalaman yang mahal
semoga nggak terjadi lagi nantinya.
maap mas konfirmasi sepengetahuan saya klo ayam muda lawan ayam tua klo yg bagus olahnya bagus pasti diair kedua yg muda pasti keteteran, KECUALI YG MUDA PUNYA PUKULAN MEMATIKAN/KO. Seandainya yg muda masih kuat sy yakin ayam muda tersebut meski umurnya masih muda dari awal telah DILATIH FISIK sejak dini ataupun abar jam terbangnya lumayan. Ini sudah sy buktikan klo sy abar sama teman2, kayak kemarin ayam tuaku diambil tanpa sepengetahuanku dicoba sama lancur ayamku kejiling, namun pulih karena otot tua balik air kedua yg lancur sedikit demi sedikit kena pukul akhirnya yg lancur ga kuat. Mohon maaf semuanya sy hy penengah tidak bermaksud menggembosi ini juga demi masukan utk papaji tercinta. saran sy yg gandengkan hrs org yg profesional TAHU BENER ayam yg cukup training, yg baru turun kandang shg gak salah gandeng sehingga kualitas ayam yg baik dan berkualitas benar2 bisa diperoleh dan dijadikan pembelajaran.

sampean main tengah saya main pinggir aza mas hehehehe

nggak semua ayam muda keteteran mas...
intropeksi diri azalah mengenai... Ayamnya.... rawatan... dan yang mengairi/mbayon...
siPetil umur 8 bln minggu kemaren tarung rencana saya bawa ke caruban karena tangan gatel.. dapet gandeng musuh bebuyutan aymnya tua menang 3x kelas pinggiran, karena ayam muda musuh ngajak "T" 1,5 los 6 air pertama saya ragu akhirnya jadi dan berakhir draw siPetil unggul... dan kepala ayam musuh kaya kenongan hahahahaha, walaupun musuh g fear saya puas...

nggak gampang menjadi juara... mazz hati2 walaupun gandeng sama2 ayam muda ayam tetangga lebih bagus n mulusss mazz, apa la gi berpiagam weleh...weleh...weleh..., sampean mbawa ayam tua tetep azaa di gebukin mazz sama yang muda g percaya coba ajaaa...

salam, papaji
Betul yg mas Ardhiasa jelaskan ini kan latihan bersama bukan ayam untuk TARUHAN, misinya saling berbagi pengalaman dan pengetahuan coba andai ayam muda anda yg menang itu misalnya hy baru diabar 3x apa bisa menang ? Disini rekan papaji kan ada yg sudah profesional, ada yg PEMULA, ada yg baru belajar, trus misi utamanya kan nggak sekedar mencari KEMENANGAN. Maka saya hy menyampaikan saran klo yg baru kinyis2 ya lawannya juga kinyis2. sedangkan jam terbang saja KADANG belum dpt dijadikan tolok ukur krn sebagai contoh ayam temanku yg kutukannya tarungnya bagus meski belum berani ayam umur 6 bulan SUDAH DISIAPKAN MASUK TRAINING KHUSUS lha pas ayamnya udah brani ayam lain, dicoba sama yg seumuran ya jelas lawannya keok.

agus jitu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 20.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  Ardhiasa on Tue 05 Jul 2011, 15:12

kalo latber yaa paling lama satu air... itung2 latian dan keayam g rusak... dan siap2 aja ayam orang atau ayam kita yang jadi untulan gratis, hehehehe
salam,

Ardhiasa
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 233
Join date : 22.01.11
Lokasi : Situbondo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  harno on Tue 05 Jul 2011, 15:39

turut berduka atas kematian 2 ekor ayamnya pada saat latber di smg, saya do'akan semoga cepat dapat gantinya.


harno
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 03.02.11
Age : 44
Lokasi : Sukoharjo - Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  jaghana on Tue 05 Jul 2011, 16:27

Joko wrote:
jaghana wrote:kang gun....
menurut saya....(bukan sok tau atau menggurui nih)...
ayam 2 solo kmarin tuh sedang kurang vit..bukan masalah ktemu ayam tua...sehingga setelah brtarung,udah pasti sakit..bisa menyebabkan kematian kalau telat penanganan.
apalagi ayam menempuh perjalanan jauh...

selama pengalaman saya adu ayam jarak jauh, saya udah paham betul apa resikonya...tapi saya punya senjata ampuh untuk mngatasi masalah yg palik jelek.
saya prhatikan betul ayam2 saya sebelum tanding..kira2 mampu brtanding atau nggak..kalau mampu juga kira2 tahan brapa air....klo gak mampu cepat2 saya angkat n kasih 'pertolongan pertama'...biar gak sakit..

mengenai musuh yg lebih tua...sampeyan lihat sendiri kmarin,ayam saya si bajil 2,4kg benar2 ayam kinyis2...saudaranya aja blm ada yg brani ayam....ketemu ayamnya pak joko 2,5an kg kelar mabung,jalu 2,5cm..bajil digebukin abis2an 1 air...bajil tetap sehat dan gak ada masalah..seringkali ayam2 saya bertarung setelah prjalanan jauh n ketemu ayam yg udah kapalan brkali kali menang..hasilnya bagus n sering menangnya..

kmarin ayam2 saya juga kurang fit,perjalanan pulang prgi jakarta smrg tanpa istirahat bagi ayam...kalau kita masih bisa tidur...,mskipun menang..sesampai jakarta langsung saya masukin 'karantina'..suntik antibiotik,ramuan,full kerodong,gak saya mandiin sampai benar2 sehat...
2 hari kmudian klihatan si jajan pasar ngorok,ngiler kental skali,mata berbusa 22nya,sampai matanya gak nglihat.....saya rawat intensif sampai skarang mskipun udah sehat n kluruk 2 hari blakangan...tetap full kerodong,suntik sulfamix tiap hari 1ml,ramuan,..rncana hari ini udah stop suntik,krna ayam udah sehat kembali sprti smula,tapi ramuan jalan terus sampai benar2 vit...

catatan penting..jangan skali2 mandiin ayam yg kurang fit,apalagi cuaca jelek,jangan korok2 ayam yg lagi kurang sehat,mskipun suara nafas ngoroknya kedengaran keras banget...biarkan aja,dikorok malah bikin ayam jadi tambah sakit n malah cepat KO'IT...udah gitu korokannya nular2in ke tetangganya...

sekian..salam MILITAN jakarta....

pirat

Le le senengannya kok mendramatisir ayam beratnya sama 2,4 kg dibilangin 2,5 kg ayam belum mabung dibilangin sudah mabung, ayam jari2 kakinya lima dibilangin jalunya 2,5 cm, wah repot si kekeke teh. Yang jelas ntu ayam dibawa ke kalang kagak tanding2 akhirnya dibawa ke latber eee kok ya ada yang nggerit terus ngajak ngabar yo tak layani to.

Ini yang real : si gepeng bobote 3,2 kg lawan jajan pasar 3,4 kg kenapa saya berani karena punyaku jinggring lebih tinggi, cuma yang tidak terdeteksi ternyata si gepeng angkatan mau sakit jadi walaupun banyak mukul tapi karena badannya meriang maka diangkat. aku minta maaf klo si jajan pasa kena ngorok karena si gepeng sekarang kondisinya juga kritis.

okay bro kekekekeke
wekekekek...yg pasti lebih berat dari bajil om joko...2,4skian lah...kee kee keee..lha kan tak takoni wis mabung yo..jre he eh...trus smpyan bilang driji 5..kaaak a kaaaa...sing siji drijine watoss tenan..ya wis..pitike wae wani,moso wonge gak wani..ya to om..kee kee keeee..

jajan pasar 3,3 om...trus gepeng 3,28 tuh kata teman2..keekekee...ga popo lah..beda sitik..
lha om joko knapa minta maaf..jajan pasar wis sehat meneh kok..amann...siap brangkat ke kepulauan banggai...keee keee keeee......si gepeng di rawat to om..ayam apik ngono kok...
pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  Joko on Tue 05 Jul 2011, 18:41

jaghana wrote:

wekekekek...yg pasti lebih berat dari bajil om joko...2,4skian lah...kee kee keee..lha kan tak takoni wis mabung yo..jre he eh...trus smpyan bilang driji 5..kaaak a kaaaa...sing siji drijine watoss tenan..ya wis..pitike wae wani,moso wonge gak wani..ya to om..kee kee keeee..

jajan pasar 3,3 om...trus gepeng 3,28 tuh kata teman2..keekekee...ga popo lah..beda sitik..
lha om joko knapa minta maaf..jajan pasar wis sehat meneh kok..amann...siap brangkat ke kepulauan banggai...keee keee keeee......si gepeng di rawat to om..ayam apik ngono kok...
pirat

Tenang boy, wong isine cuma ngabar ayam saja masak mesti sampai keluar otot leher segala. Si gepeng belum ada kabar masih hidup nggak. Maksudku minta maaf itu klo sampai si jajan pasar mati mo aku ganti tapi karena udah sehat ya... syukur klo berhasil ke luar daerah segala.

Salam JK


Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  puput indrajaya on Thu 07 Jul 2011, 09:15

wah, mas gun i kok ya pake dipostingin gini..
ngasi kabar i kalo soal kabar bahagia aja.
biar efeknya semua jd ikut seneng.
hehe..
sing wes yowes..
sing durung ya dilakoni..
sunny

puput indrajaya
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 177
Join date : 20.09.10
Age : 31
Lokasi : Solo Kartasura

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  harno on Thu 07 Jul 2011, 10:00

puput indrajaya wrote:wah, mas gun i kok ya pake dipostingin gini..
ngasi kabar i kalo soal kabar bahagia aja.
biar efeknya semua jd ikut seneng.
hehe..
sing wes yowes..
sing durung ya dilakoni..
sunny

Mas Puput....... kalo saya cermati, diteliti detail2nya, bahwa inti postingan Mas Gun sangat berguna sekali sebagai masukan untuk perbaikan demi kemajuan Papaji kedepannya. Jawaban postingan dari rekan2 Papaji lainnya pasti ada yg mendukung dan mengkritik.
Banyak juga yg menerima kritikan tsb sebagai masukan demi kemajuan PAPAJI.

-------------
Salam.

harno
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 03.02.11
Age : 44
Lokasi : Sukoharjo - Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  puput indrajaya on Thu 07 Jul 2011, 10:15

[quote="harno"]
puput indrajaya wrote:wah, mas gun i kok ya pake dipostingin gini..
ngasi kabar i kalo soal kabar bahagia aja.
biar efeknya semua jd ikut seneng.
hehe..
sing wes yowes..
sing durung ya dilakoni..
sunny

Mas Puput....... kalo saya cermati, diteliti detail2nya, bahwa inti postingan Mas Gun sangat berguna sekali sebagai masukan untuk perbaikan demi kemajuan Papaji kedepannya. Jawaban postingan dari rekan2 Papaji lainnya pasti ada yg mendukung dan mengkritik.
Banyak juga yg menerima kritikan tsb sebagai masukan demi kemajuan PAPAJI.


iyes pak.
sopp!
pembelajaran buat ak pribadi.
tapi saya akan sangat bahagia kalo ini ternyata juga bisa jadi pelajaran yang positif buat orang laen.
swear deh ak tulus..
Smile

puput indrajaya
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 177
Join date : 20.09.10
Age : 31
Lokasi : Solo Kartasura

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  yudi kristanto on Thu 07 Jul 2011, 12:21

puput indrajaya wrote:
iyes pak.
sopp!
pembelajaran buat ak pribadi.
tapi saya akan sangat bahagia kalo ini ternyata juga bisa jadi pelajaran yang positif buat orang laen.
swear deh ak tulus..
Smile

salut mas puput...
meskipun pada awalnya cucuran airmata kubur si kobe dan rocker...
tapi akhirnya bisa ambil hikmahnya juga.....

yudi kristanto
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 146
Join date : 11.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  agus jitu on Tue 12 Jul 2011, 14:16

Ardhiasa wrote:kalo latber yaa paling lama satu air... itung2 latian dan keayam g rusak... dan siap2 aja ayam orang atau ayam kita yang jadi untulan gratis, hehehehe
salam,

agus jitu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 20.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  hakim_sinchan on Mon 18 Jul 2011, 20:50

Shocked Shocked Shocked

kalo aq blm dapet piagamme pas acara latber berpiagam d semarang < pitikKU siCAKI sama siDANGAR >

mdh2n secepette dah jadi.

Thanks atas perhatiannya, by HAKIM BUMIAYU



cheers cheers

hakim_sinchan
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1199
Join date : 20.05.11
Age : 43
Lokasi : sate kasrun BUMIAYU 0818281585/bb 20f5ef47

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  Joko on Thu 28 Jul 2011, 12:20

Huntz Aje wrote:salam,

mau bercerita tentang seseorang tim kami dr solo sedang berduka setelah mengikuti latber papaji semarang 26juni2011.
2 ekor ayam yg di bawa mati semua setelah mengikuti acara tersebut dikarenakan pada saat gandeng kalah umur dan kalah lot ototnya, singkat cerita teman saya ini sangat kepengen.com ikut latber berpiagam di Semarang, berhubung ayam yg ada masih muda2 dan judul latbernya ayam muda maka teman kami bawa ayam yg sekitar umur 8 bulan, alhasil dpt gandengnya kalah tua (pilihannya dah gag ada lagi) jd rusak ayam teman saya setelah tarung, dan mati setelah 2 hari perawatan dan pengobatan.
klo menurut penglihatan saya banyak ayam yg sudah berprestasi dan win, juga ayam yg umur di diremajakan jalunya sehingga kelihatan pendek dan muda padahal sudah pernah mabung ayamnya.

saran saya kalau memang di peruntukan buat ayam muda mbok ya bawanya ayam muda, jgn ayam yg sudah berumur, juga bisa di pisah antara ayam muda dan ayam umur oleh panitia, jangan hanya berat badannya saja.

makasih, salam PAPAJI

Satu lagi korban Latber di semarang yaitu : si pele semenjak abar bareng kagak mau makan badannya menurun terus dan akhirnya lari ke sukabumi lewat balikpapan 2 hari yang lalu. Waktu itu jab-jab an lawan musuh ayam habis ambrol, memang gila pukulnya tu ayam jago. Yach mo gimana lagi....

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  hakim_sinchan on Sun 14 Aug 2011, 02:00

@mas joko:Satu lagi korban Latber di semarang yaitu : si pele semenjak abar bareng
kagak mau makan badannya menurun terus dan akhirnya lari ke sukabumi
lewat balikpapan 2 hari yang lalu. Waktu itu jab-jab an lawan musuh ayam
habis ambrol, memang gila pukulnya tu ayam jago. Yach mo gimana
lagi.......,

wah ikut prihatin mas. ko korbanne nambah2 ya?,,,, wah kwalitas jagone jg nambah, dgn bukti banyaknya korban latber,....... mdh2n d latber kopdar kontes tidak ada lagi korban.

hakim_sinchan
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1199
Join date : 20.05.11
Age : 43
Lokasi : sate kasrun BUMIAYU 0818281585/bb 20f5ef47

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  LQ on Sun 14 Aug 2011, 04:39

hakim_sinchan wrote:@mas joko:Satu lagi korban Latber di semarang yaitu : si pele semenjak abar bareng
kagak mau makan badannya menurun terus dan akhirnya lari ke sukabumi
lewat balikpapan 2 hari yang lalu. Waktu itu jab-jab an lawan musuh ayam
habis ambrol, memang gila pukulnya tu ayam jago. Yach mo gimana
lagi.......,

wah ikut prihatin mas. ko korbanne nambah2 ya?,,,, wah kwalitas jagone jg nambah, dgn bukti banyaknya korban latber,....... mdh2n d latber kopdar kontes tidak ada lagi korban.
wah berarti harus siap ayam siap jg orangnya jd tdk ada istilah korban,wong namanya sudah sia bertanding, siap,menang jg hrs siap kalah .

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  pemula keras on Mon 15 Aug 2011, 00:40

turut berduka buat rekan d solo..
tetap semanggat ya om puput..
dan penggalaman adalah guru yang paling berharga... semanggat terus untuk rekan2 d solo...
semoga curhatan mas gun ini menjadikan evaluasi dan koreksi yang lebih baik kedepanya.. Very Happy Very Happy

pemula keras
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 321
Join date : 15.08.10
Age : 30
Lokasi : jogja-balikpapan-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  black_cocks on Fri 19 Aug 2011, 00:00

turut berduka mas puput

black_cocks
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 131
Join date : 28.12.09
Age : 31
Lokasi : sukoharjo(selatan kota solo)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Curhat pas latber papaji semarang 26juni2011

Post  Sponsored content Today at 09:00


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik