Sebuah Renungan Ringan.......

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Hendro on Mon 04 Jul 2011, 15:15

Salam PAPAJI........

Kejujuran dan keterbukaan terkadang menyakitkan.....bagi yang keliru memahaminya
Kejujuran dan keterbukaan kadang dipersepsikan negatif......bagi yang tidak memahaminya
Kejujuran dan Keterbukaan juga bisa menjadi masalah.......ketika hanya dilihat dari satu sudut
Kejujuran dan keterbukaan akan dianggap sebagai musuh......ketika nurani tertutup duri
Kejujuran dan Keterbukaan sepahit apapun masih lebih baik daripada Kemunafikan.........


Ketegasan kadang dimaknai sebagai sikap arogansi.......bagi yang sedang bermasalah
Ketegasan kadang dicurigai sebagai sebuah kebencian......ketika keliru memaknainya
Ketegasan kadang dianggap biang perpecahan .....bagi yang kurang sabar dan kurang peka
Ketegasan kadang menjadi musuh bersama....... bagi yang senang ketidak teraturan
Ketegasan bagaimanapun tetap diperlukan dalam mengendalikan roda kehidupan.........

Mengelola sebuah Organisasi identik dengan memelihara ayam...........
Lebih baik memelihara sedikit ayam tetapi berkualitas dan memberikan kontribusi nyata daripada memelihara banyak ayam yang tidak jelas dan justru menghabiskan biaya pakan..........

Salam Renung......... I love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  ari delta on Mon 04 Jul 2011, 15:48

Berjiwa besar mungkin paling efektif untuk menyelesaikan persoalan... legowo kalo orang jawa bilang...
''Saat dirimu bisa menerima kekurangan orang lain sesungguhnya itulah kelebihanmu yang tidak dimiliki orang lain...''
Salam adem ayem... Very Happy Very Happy

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Ardhiasa on Mon 04 Jul 2011, 16:04

I love you I love you I love you peace love I love you I love you I love you

Ardhiasa
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 233
Join date : 22.01.11
Lokasi : Situbondo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  D4v1d on Mon 04 Jul 2011, 16:15

Di antara pedoman kehidupan
adalah keterbukaan - kejujuran dan saling kepedulian
dasar-dasarnya adalah kerja-keras
lihat-lihatlah tetangga - kenalan - teman dan sahabat
berbuat baik boleh sering-sering
berbuat jahat sekalipun pantang.



Sudahlah......... No


Terakhir diubah oleh Davy tanggal Mon 04 Jul 2011, 16:19, total 1 kali diubah

D4v1d
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 448
Join date : 20.10.09
Lokasi : Buitenzorg

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Badri Bandaro on Mon 04 Jul 2011, 16:16

Salam PAPAJI........

Untuk mengungkap kejujuran dan menghilangkan rasa curiga mari kita bersikap lebih terbuka....

Rasa Curiga, Benci, Iri dan lain sebagainya adalah sifat dasar manusia ....
yang tak pernah puas dengan apa yang telah ia dapatkan....
Untuk itu marilah kita sadari diri, Siapakah Diri Kita, dan Apakah Tujuan Hidup Kita ....
dan Jangan Lupa Bahwa Kita Adalah Makhluk yang Tak Pernah Bisa Sempurna.

Rukun Guyub Agawe Santoso


Maaf kalau salah ......
kalau kurang silahkan ditambah....
MAJU TERUS PAPAJI ...... cheers cheers

Badri Bandaro
kopral
kopral

Jumlah posting : 20
Join date : 15.06.11
Age : 32
Lokasi : Padang - Sumatera Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  ¤Di@n-M@gelang¤ on Mon 04 Jul 2011, 20:21

Ikutilah kata Hati yg plg dalam krn disitulah letak kejujuran!salam kejujuran..Exist trus papaji..leees¤

¤Di@n-M@gelang¤
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1902
Join date : 30.05.11
Age : 33
Lokasi : ¤B@nTul-JogjA/M@g€lAng-G€milAng¤

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Jagonantang on Mon 04 Jul 2011, 20:56

ari delta wrote:Berjiwa besar mungkin paling efektif untuk menyelesaikan persoalan... legowo kalo orang jawa bilang...
''Saat dirimu bisa menerima kekurangan orang lain sesungguhnya itulah kelebihanmu yang tidak dimiliki orang lain...''
Salam adem ayem... Very Happy Very Happy

Senang dan adem rasanya membaca semua tulisan diatas,
Semua itu kata2 bagus, didasari oleh pandangan, semangat gejolak jiwa dan latar belakang keterungkapannya.

tapi aku suka yang ini, mas ari delta saya lihat masih anak2, tapi bisa menemukan kata yang pas menurut saya pada situasi sekarang.

benar, tidak akan pernah ada yang sempurna, dan itu manusiawi. pada suatu saat kadang kita dituntut kebesaran jiwa untuk suatu hal yang secara nalar tidak bisa kita terima.

salam papaji.



Terakhir diubah oleh Jagonantang tanggal Tue 05 Jul 2011, 15:37, total 1 kali diubah

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Aji Ristiawan on Mon 04 Jul 2011, 21:53

terkadang kita renungkan apa yg d alami
terkadang kita rasakan apa yg di kasih

dimana kita ber organisasi disitu kita junjung ke arifan,kesetiaan,harga menghargai,hormat menghormati,jgn pernah merasa tersaingi,jangan pernah tersisih,,jangan pernah merasa yang paling dan paling

kita renungkan kesalahan orang lain
kita junjung yang kecil demi memajukan tujuan bersama

maju untuk bersama


Aji Ristiawan
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 404
Join date : 07.01.11
Lokasi : Jl,Raya Durensawit No.61 Kec. Lebaksiu-SLAWI

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  brutal_666 on Mon 04 Jul 2011, 22:09

¤Di@n-Magelang¤ wrote:Ikutilah kata Hati yg plg dalam krn disitulah letak kejujuran!salam kejujuran..Exist trus papaji..leees¤
yup setuju moga ae bukan jujur kacang ijo maksudte kwkwkwkkwkk

brutal_666
kopral
kopral

Jumlah posting : 39
Join date : 25.07.10
Age : 35
Lokasi : kabupaten kediri, purwoasri

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  jagger on Tue 05 Jul 2011, 15:23

ari delta wrote:Berjiwa besar mungkin paling efektif untuk menyelesaikan persoalan... legowo kalo orang jawa bilang...
''Saat dirimu bisa menerima kekurangan orang lain sesungguhnya itulah kelebihanmu yang tidak dimiliki orang lain...''
Salam adem ayem... Very Happy Very Happy

mantabs........!!! setuju banget om Arie...........

jagger
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 53
Join date : 04.05.10
Age : 41
Lokasi : jepara

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  alang on Tue 05 Jul 2011, 16:00

Soekarno pernah berkata dalam salah satu pidatonya :
"Seorang manusia itu dihormati bukan karena ilmu atau kedudukannya, melainkan karena wataknya."
Suatu hari, seorang pembantunya melihat Soekarno menangis diatas pangkuan istrinya, Inggit Ganarsih yg 15 tahun lbh tua darinya, mengadu tentang keputusasaannya mengurus negeri yg ingin merdeka ketika itu.
_____________________________
Ternyata tdk ada satu orgpun yg sempurna dlm segala hal, bahkan pemimpin besar sekalipun.
Tidak ada seorangpun yg tidak membutuhkan org lain dlm berkehidupan.
Faktanya....kita hanya sebutir debu diantara luasnya padang sahara.
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  yudi kristanto on Tue 05 Jul 2011, 16:14

alang wrote:
Ternyata tdk ada satu orgpun yg sempurna dlm segala hal, bahkan pemimpin besar sekalipun.
Tidak ada seorangpun yg tidak membutuhkan org lain dlm berkehidupan.
Faktanya....kita hanya sebutir debu diantara luasnya padang sahara.
Salam.

wah hati2 terhadap "pemakluman" mas....
gara2 "sering" memaklumi suatu kejadian, kita menumpuk "bom" waktu lho...
menurut saya semua harus dalam "geber"
ada kalanya umbar, jemur, gebrak. he...he......

yudi kristanto
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 146
Join date : 11.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  harno on Tue 05 Jul 2011, 18:26

BATAS KEJUJURAN DAN KEBOHONGAN

1. Jujur dalam kehidupan sehari-hari
2. Jujur itu akan membawa kebaikan
3. Dusta akan mengarah pada kejahatan
4. Kebohongan boleh dilakukan apabila kebohongan itu bisa meredam keributan sosial agar tidak
terjadi perpecahan :
• Seseorang yang membicarakan masalah dengan maksud mengadakan perbaikan
• seseorang membicarakan masalah pada saat konflik perang (agar selamat)
5. Bukanlah pendusta orang yang ingin melerai konflik sesama, semoga baik dan menjadi baik

Begitulah batas kejujuran dan kebohongan secara dasar yang berkaitan dengan keseharian dan politik. Dan sudah jelas bahwa tujuan dari keduanya adalah untuk sebuah kedamaian.

JANGAN DILUPAKAN Sikap keterbukaan, kejujuran, berbuat yang terbaik dalam segala hal, memiliki tanggung jawab atas kewajiban-kewajibannya apalagi yang berhubungan sebuah organisasi, bijak, sabar, argumentatif, dan persuasif akan menumbuhkan hubungan kemanusiaan yang solid dan kuat.

Dituntut mempunyai kesadaran mengenai etika dan moral, karena keduanya merupakan kebutuhan yang harus dimiliki. Seseorang yang ceroboh dan tidak menjaga etika, tidak akan berbisnis secara baik sehingga dapat mengancam hubungan sosial dan merugikan konsumen atau orang lain, bahkan dirinya sendiri.

Prinsip ini memang berat sekali rasanya. Sebab secara naluri, lumrahnya orang hanya menyukai orang lain yang memiliki banyak kesamaan dengan dirinya.
Hendaknya kita dalam melihat segala sesuatu seobyektif mungkin. Jika kita mengetahui seseorang itu berperilaku tidak baik, yang harus kita benci bukan orangnya, tapi perilakunya. Jika kita mampu bersikap demikian, maka kita harus membaur dan membantu mereka sampai mereka bisa meninggalkan kebiasaan buruknya. Ingat, kita hanya membenci keburukannya, makanya kita harus berusaha menghilangkan keburukan itu sementara orangnya tetap kita hormati, kita hargai, dan kita sayangi.

Oleh karena itulah kita tidak perlu emosi dan marah-marah dalam menyikapi suatu tindakan buruk seseorang. Yang kita perlukan hanyalah ketegasan. Itulah makanya perlu adanya musyawarah atau rembukan dalam rangka mencapai suatu kesepakatan.

========================================

Maaf beribu-ribu kali maaf, bila dalam postingan saya ini ada kata-kata yang salah sehingga menyinggung orang lain.
Semua ini kembali kepada diri kita sendiri, apakah termasuk orang yang baik atau tidak baik.


Salam Persaudaraan.

harno
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 03.02.11
Age : 44
Lokasi : Sukoharjo - Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Joko on Wed 06 Jul 2011, 07:22

Jagonantang wrote:
ari delta wrote:Berjiwa besar mungkin paling efektif untuk menyelesaikan persoalan... legowo kalo orang jawa bilang...
''Saat dirimu bisa menerima kekurangan orang lain sesungguhnya itulah kelebihanmu yang tidak dimiliki orang lain...''
Salam adem ayem... Very Happy Very Happy

Senang dan adem rasanya membaca semua tulisan diatas,
Semua itu kata2 bagus, didasari oleh pandangan, semangat gejolak jiwa dan latar belakang keterungkapannya.

tapi aku suka yang ini, mas ari delta saya lihat masih anak2, tapi bisa menemukan kata yang pas menurut saya pada situasi sekarang.

benar, tidak akan pernah ada yang sempurna, dan itu manusiawi. pada suatu saat kadang kita dituntut kebesaran jiwa untuk suatu hal yang secara nalar tidak bisa kita terima.

salam papaji.


Satu kata ini lebih tepat lagi bos : "UUD"
Nah coba klo kata tersebut tidak diganggu, gua yakin gak akan muncul persoalan.
Siapa berani menganggu UUD indonesia pasti panjenengan juga angkat senjata. hehehe pis..pis...pis

Salam JK

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Hendro on Wed 06 Jul 2011, 11:08

Ketika kita membicarakan PAPAJI berarti kita juga sedang membicarakan sebuah Organisasi..........

Jadi hendaknya kita juga beranjak dari sudut pandang yang sama yaitu sudut pandang Organisasi.............

Sudut pandang Organisasi tidak bisa disamakan dengan sudut pandang pribadi.............

Karena sudut pandang Organisasi lebih luas perspektif dan spektrumnya.............

Sedangkan sudut pandang pribadi cenderung lebih sempit,tendensius dan bermuatan kepentingan...........

Tindakan yang berdasarkan sudut pandang Organisasi lebih kepada penegakan aturan dan etika berorganisasi secara baik dan benar jauh dari kepentingan pribadi.............

Mari kita bersama belajar berorganisasi secara lebih elegan dan konstruktif............

Salam I love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  DWI on Wed 06 Jul 2011, 11:54

Organisasi : bentuk perserikatan manusia unt mencapai tujuan bersama, ketika blm sampai tujuan berarti hrs bekerjasama, suatu bentuk kerjasama biasanya dituangkan dlm bentuk kesepakatan, AD/ART dsb.

DWI
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 121
Join date : 12.03.11
Age : 38
Lokasi : Kulon Progo, Jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Jagonantang on Wed 06 Jul 2011, 11:56

Joko wrote:
Jagonantang wrote:
ari delta wrote:Berjiwa besar mungkin paling efektif untuk menyelesaikan persoalan... legowo kalo orang jawa bilang...
''Saat dirimu bisa menerima kekurangan orang lain sesungguhnya itulah kelebihanmu yang tidak dimiliki orang lain...''
Salam adem ayem... Very Happy Very Happy

Senang dan adem rasanya membaca semua tulisan diatas,
Semua itu kata2 bagus, didasari oleh pandangan, semangat gejolak jiwa dan latar belakang keterungkapannya.

tapi aku suka yang ini, mas ari delta saya lihat masih anak2, tapi bisa menemukan kata yang pas menurut saya pada situasi sekarang.

benar, tidak akan pernah ada yang sempurna, dan itu manusiawi. pada suatu saat kadang kita dituntut kebesaran jiwa untuk suatu hal yang secara nalar tidak bisa kita terima.

salam papaji.


Satu kata ini lebih tepat lagi bos : "UUD"
Nah coba klo kata tersebut tidak diganggu, gua yakin gak akan muncul persoalan.
Siapa berani menganggu UUD indonesia pasti panjenengan juga angkat senjata. hehehe pis..pis...pis

Salam JK
hehehe mas joko ini lho, nggak usah jauh jauh kesana, kalau memang terpaksa harus seperti itu, dikemaslah yang baik, begitupun etalasenya. paguyuban tetap menjunjung keakraban dalam bermusyawarah.
tapi bukan berarti tanpa sangsi. hehehehe pis..pis..pis.. juga dah.

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1856
Join date : 15.08.08
Lokasi : pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  San agung on Wed 06 Jul 2011, 12:08

Ringkasnya.: salam,saling menghormati, musyawarah dan mufakat,jujur dan terbuka,terakhir ketegasan adalah jiwa yg baik dalam berorganisasi..

San agung
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 275
Join date : 10.03.11
Lokasi : pedurungan kidul, semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  alang on Wed 06 Jul 2011, 12:34

Jagonantang wrote:hehehe mas joko ini lho, nggak usah jauh jauh kesana, kalau memang terpaksa harus seperti itu, dikemaslah yang baik, begitupun etalasenya. paguyuban tetap menjunjung keakraban dalam bermusyawarah.
tapi bukan berarti tanpa sangsi. hehehehe pis..pis..pis.. juga dah.
Wah..wah....umur ga bohong ya...makin hari makin arif saja senior kita yg satu ini. Hehehe....
Nyatanya memang organisasi itu berbeda-beda. Penanganannya pun tentu berbeda-beda pula. Peguyuban tentu berbeda dg organisasi lain, baik gaya, tampilan maupun isi di dalamnya.
Terkadang, di dalam sebuah organisasi, dibutuhkan seorang "diktator yang bijaksana".
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  galihmoko on Wed 06 Jul 2011, 14:48

alang wrote: Nyatanya memang organisasi itu berbeda-beda. Penanganannya pun tentu berbeda-beda pula. Peguyuban tentu berbeda dg organisasi lain, baik gaya, tampilan maupun isi di dalamnya.
Terkadang, di dalam sebuah organisasi, dibutuhkan seorang "diktator yang bijaksana".
Salam.

Setuju mas alang, kalau penanganan organisasi itu berbeda-beda....dan macam organisasipun berbeda-beda pula...yg menjadi pertanyaan apakah di Papaji dimungkinkan untuk adanya diktator walau bijak sekalipun??
Dan masalah penjatuhan sangsi...dalam hal ini sangsi moral, apakah sudah ada dasar yg kuat untuk itu....apakah dilandasi alasan yg kuat juga disertai dengan bukti-bukti bahwa si tersangka benar-benar telah melakukan sesuatu yg merugikan organisasi.

Dan yang paling penting menurut saya, jika berbicara atas nama organisasi...apakah hal yg disuarakan itu merupakan keputusan organisasi dan dihasilkan dari pembahasan anggota-anggotanya secara formal? karena jika masih merupakan pemikiran pribadi tentuny sungguh kurang tepat dilontarkan dalam forum...apalagi jika bisa berdampak pada pembunuhan karakter seseorang..yang notabene masih merupakan saudara kita sendiri sesama papajiers. Belum lagi kalau dilihat konteks dan ruang lingkup masalahny....apakah itu masih masuk dalam ranah kepengurusan daerah yg semestiny diselesaikan secara internal terlebih dahulu, atau sudah mempengaruhi paguyuban secara keseluruhan. mungkin kejadian ini bisa menjadi bahan pembelajaran kedepanny terutama bagi saya yg masih awam dalam berforum....dan dalam konteks yg lebih luas lagi demi kemajuan paguyuban kita yg tercinta ini.....bravo PAPAJI

salam,
galihmoko

galihmoko
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1906
Join date : 28.01.10
Lokasi : Purwokerto. Telp : 082226369414 PIN BB : 22c7672f

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  jaghana on Wed 06 Jul 2011, 15:29

aaaa...miii...taaa.....baaa..........
semoga kita semua berbahagia....


jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  DWI on Wed 06 Jul 2011, 19:00

Seseorang tdk bisa memaksakan kepada orang lain unt sama dg dirinya, tp paling tdk seseorang bisa mengajak orang lain unt mencapai tujuan bersama walaupun berbeda karakter dan cara.

DWI
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 121
Join date : 12.03.11
Age : 38
Lokasi : Kulon Progo, Jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Hendro on Wed 06 Jul 2011, 19:07

Ada baiknya sebelum memberikan tanggapan atas sebuah postingan atau pandangan..... dibaca secara cermat dan teliti termasuk detil2nya dulu, jangan cuma sekilas melihat postingan terakhir langsung berkomentar sehingga bukannya mengerucutkan masalah tetapi justru membuat masalah menjadi melebar dan out of topic.........lihat konteksnya, tidak perlu terburu2 alias terbawa emosi memberikan tanggapan sebelum memahami benar akar masalahnya dan kemana arah permasalahannya......

Yang disebut pembunuhan karakter adalah jika sifatnya menjelek2kan seseorang dengan menyebut secara rinci identitas seseorang tanpa bukti, bersifat fitnah dan tanpa pertimbangan matang dengan berbagai fihak terkait........

Didunia ini tidak ada yang sempurna jadi siapapun orangnya pasti pernah salah dan khilaf, hanya keberanian mengakui kesalahan dan keberanian mengungkap masalah sekalipun pahit yang akan menjadikan dunia ini lebih bersih dari berbagai masalah........

Salam

I love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  San agung on Wed 06 Jul 2011, 19:24

Awal postingan kata2 begitu sejuk, indah dan damai..saling mengisi kekurangan..lah kok lama2 jadi argument..maaf jadi ga sejuk, indah dan damai..piye2..hehehe maaf maaf maaf

San agung
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 275
Join date : 10.03.11
Lokasi : pedurungan kidul, semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  hakim_sinchan on Wed 06 Jul 2011, 19:49

Very Happy Very Happy

Mengelola sebuah Organisasi identik dengan memelihara ayam...........
Lebih baik memelihara sedikit ayam tetapi berkualitas dan memberikan kontribusi nyata daripada memelihara banyak ayam yang tidak jelas dan justru menghabiskan biaya pakan..........,BOROOS


dgn kenal papaji akan lbh baik dalam melakukan hal tentang ayam < breeding, perawatan, marketing,botoh>, GA KELIRU DEH KENAL DGN PAPAJI

salam papaji

hakim_sinchan
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1199
Join date : 20.05.11
Age : 43
Lokasi : sate kasrun BUMIAYU 0818281585/bb 20f5ef47

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Sponsored content Today at 20:43


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik