Sebuah Renungan Ringan.......

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  harno on Wed 06 Jul 2011, 21:11

Sebelumnya saya mohon maaf atas apa yang saya sampaikan dalam postingan ini, mudah-mudahan tidak ada kata-kata yang dapat membuat orang lain berprasangka buruk dan menganggap saya sok pintar dan suci.
Saya bukan orang yang pintar tetapi hanya menyampaikan pelajaran yang saya dapatkan sewaktu sekolah.
----------------

Saya hanya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan postingan ini adalah agar seseorang yang telah berperilaku tidak baik sadar akan kekeliruannya dan tidak sedikitpun bermaksud membunuh karakter seseorang justru sebaliknya membantu seseorang agar tidak terlalu jauh terperosok akan perbuatan buruknya.

Dalam postingan tersebut masih ada rasa hormat menghormati bahkan mendo’akan agar orang tersebut sadar akan kekeliruannya.

Seseorang wajib menasehati dan memperingatkan manakala melihat ada orang lain melakukan perbuatan yang dapat merugikan orang lain, masyarakat, agama bahkan didalam sebuah organisasi.

Seandainya kita melihat orang tua kita sendiri melakukan perbuatan tidak baik, kita wajib dan berusaha memperingatkannya, tetapi manakala orang tua kita melakukan perbuatan tidak baik demi kebaikan seseorang kita wajib memberitahu akan batas-batasnya.

Ingat, kita hanya membenci keburukannya sementara orangnya tetap kita hormati dan kita hargai.

Sekian pendapat dari saya, mudah-mudahan apa yang telah terjadi dapat kita ambil hikmahnya dan menjadi pembelajaran demi kemajuan dan cita-cita yang selama ini diharapkan rekan-rekan PAPAJI.
------------------------------


Tak lupa Salam Persaudaraan.

harno
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 03.02.11
Age : 44
Lokasi : Sukoharjo - Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  DWI on Thu 07 Jul 2011, 11:01

Banyak jalan menuju jakarta.

DWI
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 121
Join date : 12.03.11
Age : 38
Lokasi : Kulon Progo, Jogjakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  agus tamiya on Thu 07 Jul 2011, 16:49

[quote="Aji Ristiawan"]terkadang kita renungkan apa yg d alami
terkadang kita rasakan apa yg di kasih

dimana kita ber organisasi disitu kita junjung ke arifan,kesetiaan,harga menghargai,hormat menghormati,jgn pernah merasa tersaingi,jangan pernah tersisih,,jangan pernah merasa yang paling dan paling

kita renungkan kesalahan orang lain
kita junjung yang kecil demi memajukan tujuan bersama

maju untuk bersama

siaaaaap komandann..........setujaaaa bngt Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

agus tamiya
kopral
kopral

Jumlah posting : 22
Join date : 05.07.11
Age : 44
Lokasi : solo - banyuanyar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  amrogen on Thu 07 Jul 2011, 17:23

dalam hal MEMBERI ...

MEMBERI-lah tanpa pamrih, seperti orang tua kepada anak-nya.
biar ringan dan lega rasa-nya hidup ini.

(kok ndak nyambung...ya)... Smile
prikitiw,

sudahlah bapak2 om2 kita sudahi sj adu argumen dan filsafat...
pada dasar-nya semua kita sudah sama2 tahu klo hobi kita sama ayak adu.

yok kita kembali ke LAPTOP !, balek maneng nang laptop ....mumpung kita sehat dan kuat mari kita isi untuk hal2 yg lebih bermanfaat ...

maaf sy senior...kekeke ( abiis tiap yg posting bilangnya pemula terus seh..)


salam,



amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Modesto on Thu 07 Jul 2011, 18:41

Yang penting bagaimana merangkul beliau agar tetap bersama di Papaji
meskipun itu kayaknya sangat sulit, mengingat masalahnya di gelar langsung di forum
rasa malu, marah, dan kecewa akan sangat sulit dihilangkan
semoga beliau baik-baik saja Sad

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Tamu on Thu 07 Jul 2011, 18:44

Modesto wrote:Yang penting bagaimana merangkul beliau agar tetap bersama di Papaji
meskipun itu kayaknya sangat sulit, mengingat masalahnya di gelar langsung di forum
rasa malu, marah, dan kecewa akan sangat sulit dihilangkan
semoga beliau baik-baik saja Sad

setuju mas.. ini buat pembelajaran bersama.

kalo ada masalah di daerah, tolong diselesaikan di daerah.. jangan di blow up ke forum

krn hal ini bs bikin pro-kontra dan keberpihakan pada salah satu pihak..

kasian dong yg gak ngerti masalah, nanti mereka pikir papaji gak solid lagi Sad

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Joko on Thu 07 Jul 2011, 18:46

jaghana wrote:aaaa...miii...taaa.....baaa..........
semoga kita semua berbahagia....


Biksu kurang ajar, udah tanganya tatoan ditambah yang nongol jari tengah bukanya jari telunjuk. dasar srimulat kekekeke

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 274
Join date : 25.08.08
Age : 50
Lokasi : 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  jaghana on Fri 08 Jul 2011, 08:18

Joko wrote:
jaghana wrote:aaaa...miii...taaa.....baaa..........
semoga kita semua berbahagia....


Biksu kurang ajar, udah tanganya tatoan ditambah yang nongol jari tengah bukanya jari telunjuk. dasar srimulat kekekeke

aaakakakakk...om joko emang 'perhatian'....keeeeekeeekekekee... pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Tentang Organisasi.......

Post  Hendro on Fri 08 Jul 2011, 10:00

Mengurus sebuah organisasi nirlaba yang berbasis hobi atau profesi memang tidaklah mudah......jajaran kepengurusan dituntut sabar dan berhati lapang juga siap bekerja sungguh2 dengan resiko kalo bekerja baik tidak akan mendapat apresiasi tetapi jika ada kekeliruan sedikit saja sudah dihujat dan dipersalahkan itupun masih harus siap untuk jadi ujung tombak sekaligus ujung tombok.............

mas Ari, kang Azis, bang Ferry bun, pak Joko, mas Ardi/Irfan, pak Herman yang pernah jadi penyelenggara & tuan rumah sebuah acara abar bareng pasti merasakan betapa harus pontang panting mempersiapkan segala sesuatunya demi kesuksesan sebuah even.......terbukti tidak banyak orang yang mau dan mampu menjadi pengurus PAPAJI............

Mengapa beliau2 mau mengorbankan waktu tenaga dan biaya untuk hal tersebut lebih karena kecintaannya terhadap hobi ayam dan organisasi sehingga tidak pernah menghitung untung rugi yang terpenting eksistensi PAPAJI terjaga dan menempatkan kepentingan organisasi diatas kepentingan pribadi..........

Membaca postingan tanggapan2 diatas saya jadi teringat ucapan mas Harno Solo, bahwa dengan membaca postingan seseorang kita dapat menilai karakter orang tersebut........dimana dapat dibedakan seseorang yang hanya mampu melihat dengan matanya saja dan mana seseorang yang mampu melihat dengan hatinya.........

Seseorang yang hanya mampu melihat dengan matanya saja biasanya banyak maunya tapi minim kontribusinya....banyak ngomongnya tapi sedikit partisipasinya......banyak keinginannya tetapi pelit modal.........

Sedangkan seseorang yang mampu melihat dengan hatinya akan lebih dewasa dan terukur dalam setiap tutur katanya....lebih banyak berbuat tanpa banyak meminta.....cermat berfikir dan bertindak........

Jadilah pribadi yang mampu melihat dengan hati....sekalipun sedikit.....turut aktif dalam berkegiatan dan menjadi Premium Member adalah salah satu bukti bahwa kita tidak hanya bisa menuntut tetapi juga sanggup menghargai diri kita sendiri.........

Salam I love you

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  galihmoko on Fri 08 Jul 2011, 11:57

Setuju dengan pak hendro bahwa jajaran kepengurusan papaji dituntut sabar dan berhati lapang juga siap bekerja sungguh2 ....
Saya yakin semua anggota papaji pastilah sangat mengapresiasi hasil kerja keras para pengurus terutama yang telah berkontribusi besar sebagai penyelenggara acara latber dan kontes..dan bagi rekan-rekan lain yang belum mampu berkontribusi secara nyata hendakny kita rangkul pelan-pelan...tapi saya lihat sebenarny apresiasi dan kontribusi dari para anggota telah begitu besar, salah satuny dengan antusiasme dan kehadiran para peserta tiap diadakan latber dan kontes....saya rasa itu adalah bentuk apresiasi terbesar yg bisa diberikan thdp kerja keras pengurus yg telah mempersiapkan segala keperluan acara...baik dari segi tenaga,waktu dan modal....dimana tidak semua orang mau dan mampu, termasuk saya dengan segala keterbatasan yg dimiliki.


saya juga spakat bahwa pribadi seseorang salah satuny bisa terlihat dari kata-katany dalam hal ini dalam postingan di forum..walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa di dunia ini banyak juga orang yg kata-katany begitu indah dan bijak tetapi hatiny tidak seindah tutur katanya....contoh nyata adalah para politikus yg kita lihat tiap hari di TV....
tentang postingan tiap member di forum, terutama di thread ini...saya rasa kita juga harus menghargai setiap postingan dan perbedaan pendapat yang ada di forum, dan mengingat latar belakang setiap member yg pasti sangat beragam baik dari segi pendidikan, pekerjaan maupun lingkungan yg pastinya akan terlihat dari pendapat dan kata-kata yg digunakan....
dan kalau boleh berpendapat rasany kurang etis rasany kalau langsung menyimpulkan ada beberapa member yang "hanya mampu melihat dengan matanya saja" yang bisa dikaitkan lagi bahwa dia "banyak maunya tapi minim kontribusinya....banyak ngomongnya tapi sedikit partisipasinya......banyak keinginannya tetapi pelit modal", walaupun tanpa menyebut nama tapi tentuny akan menimbulkan prasangka dan masalah baru....
Marilah kita sama-sama memajukan papaji dengan saling bertukar pikiran dan pendapat tanpa harus menyinggung pribadi sesama member....belajar untuk legowo dan menerima pendapat orang lain dan yg lebih mulia lagi kalau pada akhirny kita bisa memaafkan kesalahan orang lain dan menutupi aib orang lain....karena dengan menutupi aib orang lain maka Tuhan'pun akan menutupi aib kita. bravo papaji.

salam sejuk... Wink
galihmoko

galihmoko
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1906
Join date : 28.01.10
Lokasi : Purwokerto. Telp : 082226369414 PIN BB : 22c7672f

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  jampang on Fri 08 Jul 2011, 23:27

hendaknya kita bisa memilah-milah mana yang menjadi urusan pribadi dan organisasi.. seberapa perlukah masalah yang menyangkut pak tri diangkat keforum? jika itu masalah organisasi, tidak bisakah dselesaikan secara organisasi.

jampang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 60
Join date : 29.04.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  king war on Fri 08 Jul 2011, 23:55

TAHAB BELAJAR BURUH WAKTU,BENTURAN ADALAH PEMBELAJARAN
MENYATUKAN LEBIH DR SEHATI MEMANG NGK GAMPANG
DR KHUTUK MENJADI JAGO BUTUH PROSES,WAKTU,N RAWATAN
KEBERSAMAAN ITU BERKAH,PERCERAIAN ITU SIKSA
OHHHH INDAHNYA SAAT2 BERSAMA,,,,
Very Happy cheers
HAAAAAAAAAAA

king war
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 18.06.11
Lokasi : raya pandaan-tretes,km 6 prigen-jatim 081331027471

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Roni Rayanto on Sat 09 Jul 2011, 00:07

Saya bkn org yg taat beragama dan beribadah.. Namun saya sangat sadar bahwa saya tidaklah sempurna, karena manusia mmg bukanlah mahkluk yg sempurna, semua PASTI ada saatnya akan KHILAF dalam menjalani roda kehidupannya.. Dan itu sdh kodrat yg diberikan Allah SWT.. Karena ke-SEMPURNA-an, hanyalah milik-NYA..

Saya hanyalah seorang manusia yg ingin menjadi seperti PADI, yg bila semakin matang dan berisi akan semakin merunduk..

Roni Rayanto
Panglima
Panglima

Jumlah posting : 3292
Join date : 29.08.08
Age : 40
Lokasi : Jakarta Selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  ari delta on Sat 09 Jul 2011, 12:36

king war wrote:TAHAB BELAJAR BURUH WAKTU,BENTURAN ADALAH PEMBELAJARAN
MENYATUKAN LEBIH DR SEHATI MEMANG NGK GAMPANG
DR KHUTUK MENJADI JAGO BUTUH PROSES,WAKTU,N RAWATAN
KEBERSAMAAN ITU BERKAH,PERCERAIAN ITU SIKSA
OHHHH INDAHNYA SAAT2 BERSAMA,,,,
Very Happy cheers
HAAAAAAAAAAA
Wahh..!! kebiasaan di rumah nihhh.... hati2 yg rumahnya deket...!! lol! lol! lol!

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  gubug on Thu 14 Jul 2011, 15:29

Intip Baru GEREBEK biar dapat Nolabnya.itu yg ku mau..

gubug
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 04.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  gubug on Thu 14 Jul 2011, 16:17

Biksu palsu kembali keasalmu. no d cari ma mertua taktahunya mah lg nyari inspirasi Togel.

gubug
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 04.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  gubug on Thu 14 Jul 2011, 16:19

Demi kehormatan boleh rujuk nggak!

gubug
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 04.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  surya27 on Thu 14 Jul 2011, 16:28

jaghana wrote:aaaa...miii...taaa.....baaa..........
semoga kita semua berbahagia....



nah ini dia...ketemu juga nih jin tomang saya....hehhehehe
mas eko mantab nih foto2nya selalu inovasi.... Very Happy Very Happy

udah mau puasa kita saling bermaafan.....mari bergandeng tangan dan rapatkan barisan demi kemajuan papaji yang kita cintai..... Very Happy Very Happy Very Happy

surya27
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1771
Join date : 16.12.09
Age : 39
Lokasi : JAKARTA BARAT

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  katob on Thu 14 Jul 2011, 17:07

Memang semua paguyuban adalah sebuah organisasi akan tetapi tidak semua organisasi merupakan paguyuban. Alasannya jelas, yakni asas dasar dari sebuah organisasi belum tentu cinta kasih (bisa jadi hanya berdasarkan pada kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu atau hanya atas dasar kepentingan saja). Tetapi asas dasar paguyuban (lebih kerennya kita sebut saja “komunitas”) adalah cinta kasih persaudaraan, menghayati solidaritas, toleransi dan prinsip subsidiaritas dalam memanfaatkan segala perbedaan untuk mencapai tujuan bersama di mana para anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni, bersifat alamiah, kekal serta sehati-sejiwa. Singkatnya, dasar hubungan tersebut adalah rasa cinta dan rasa persatuan batin yang memang telah dikodratkan.

~ oleh donnyreston pada Februari 10, 2009.

Lah..papaji kuwi organisasi ato paguyuban to??? Question Question
masa disamakan sama miara ayam...hehehe... Smile Smile ..Bung Hendro kalo becanda kadang keterlaluan dink... Very Happy Very Happy

katob
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 114
Join date : 18.05.10
Age : 36
Lokasi : magelang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  rickycinere on Fri 15 Jul 2011, 10:18

Wah... wah.... wah....
Topic ini dasyatttt ruuuuarrr biasaaa.... Dari pendeta sampai pendosa, dari petinggi sampai yang awam, dari sabang sampai merauke....
Semua penjelasan detail bangetttt.... Yang serius maupun yang guyon, semua mencari titik temu yang menyejukkan setiap individu.....
Kata pepatah, lain padang lain belalang,.... lain lubuk lain ikannya.... Setiap kepala mempunyai pemikiran masing2.
Kata orang tua2 dikampung saya "Since the behaviour potential of human beings is unpredictable, there's no policy that can cover any and all behaviours." Jadi sebagai orang yang professional dalam berpikir dan bertindak, kita akan selalu berprilaku baik bukan karena dituntut oleh hukum yang ada, tetapi karena itu adalah baik untuk kepentingan bersama.
Singkat kata, ini bisa terjadi kalau kita "Respect each other". Saling menghargai dan menghormati satu sama yang lain.
Salam dan Sukses untuk Papaji...

rickycinere
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 4035
Join date : 19.08.08
Lokasi : 0852 1878 0215

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  jaghana on Fri 15 Jul 2011, 11:49

rickycinere wrote:Wah... wah.... wah....
Topic ini dasyatttt ruuuuarrr biasaaa.... Dari pendeta sampai pendosa, dari petinggi sampai yang awam, dari sabang sampai merauke....
Semua penjelasan detail bangetttt.... Yang serius maupun yang guyon, semua mencari titik temu yang menyejukkan setiap individu.....
Kata pepatah, lain padang lain belalang,.... lain lubuk lain ikannya.... Setiap kepala mempunyai pemikiran masing2.
Kata orang tua2 dikampung saya "Since the behaviour potential of human beings is unpredictable, there's no policy that can cover any and all behaviours." Jadi sebagai orang yang professional dalam berpikir dan bertindak, kita akan selalu berprilaku baik bukan karena dituntut oleh hukum yang ada, tetapi karena itu adalah baik untuk kepentingan bersama.
Singkat kata, ini bisa terjadi kalau kita "Respect each other". Saling menghargai dan menghormati satu sama yang lain.
Salam dan Sukses untuk Papaji...
tuh...dengerin apa kata pak guru...kee kee keee...gak percuma ngajar di JAKARTA INTERNATIONAL SCHOOLL....hwebat...kee kee keee... pirat

jaghana
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 7111
Join date : 01.07.10
Age : 39
Lokasi : matraman jak-tim 085217314302. pin BB 2843A31C

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  BANGSAWAN on Mon 18 Jul 2011, 14:43

salut buat pak hendro bisa menampilkan unek2nya di forum ini dan saya dukung pak, biar kedepannya papaji lebih solid lagi, jangan yg baik dan senang2nya aja pak yg di tampilkan yg beginian juga perlu ditampilkan.
bagi pengurus mungkin papaji rumah tangga ke dua jadi perlu lah ribut2 begini biar ada warna-warni forum ini kalau semuannya baik saya rasa tidak asik pak, tinggal bagaimana warna-warni ini makin membuat kebersamaan papaji tambah solid.
maaf sebelumnya rekan2 bukan saya memihak sebelah terusterang sunny saya sama sekali tidak tau permasalahan ini hanya melihat postingnnya asik dan rame saya berpikiran hal seperti ini di perlukan dalam organisasi sosial yg rekan2 pimpin...
salam hangat papaji

BANGSAWAN
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 58
Join date : 23.11.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  jackone on Mon 18 Jul 2011, 21:07

Hendro wrote:Salam PAPAJI........

Kejujuran dan keterbukaan terkadang menyakitkan.....bagi yang keliru memahaminya
Kejujuran dan keterbukaan kadang dipersepsikan negatif......bagi yang tidak memahaminya
Kejujuran dan Keterbukaan juga bisa menjadi masalah.......ketika hanya dilihat dari satu sudut
Kejujuran dan keterbukaan akan dianggap sebagai musuh......ketika nurani tertutup duri
Kejujuran dan Keterbukaan sepahit apapun masih lebih baik daripada Kemunafikan.........


Ketegasan kadang dimaknai sebagai sikap arogansi.......bagi yang sedang bermasalah
Ketegasan kadang dicurigai sebagai sebuah kebencian......ketika keliru memaknainya
Ketegasan kadang dianggap biang perpecahan .....bagi yang kurang sabar dan kurang peka
Ketegasan kadang menjadi musuh bersama....... bagi yang senang ketidak teraturan
Ketegasan bagaimanapun tetap diperlukan dalam mengendalikan roda kehidupan.........

Mengelola sebuah Organisasi identik dengan memelihara ayam...........
Lebih baik memelihara sedikit ayam tetapi berkualitas dan memberikan kontribusi nyata daripada memelihara banyak ayam yang tidak jelas dan justru menghabiskan biaya pakan..........

Salam Renung......... I love you

... ada pepatah lama;
"Diam itu emas"

salam diam Neutral

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  gubug on Tue 26 Jul 2011, 10:57

Diam itu emas = Semangka berdaun sirih sama ndak sih bang ?
kita tanyakan ke pak brury aja ya.lam kenal/canda pak,bos,e bang jack
maaf sebelumnya.

gubug
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 04.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  agus jitu on Tue 26 Jul 2011, 12:33

waduh....... ini udah bukan renungan ringan tapi renungan lumayan berat udah kelas pendeta karena perlu bijak 100xxxxxx........

agus jitu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 227
Join date : 20.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sebuah Renungan Ringan.......

Post  Sponsored content Today at 11:58


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik