Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  nicky on Sun Mar 18, 2012 10:34 pm

tambahannya juga bgus buat nambah wawasan nih... Razz Razz

nicky
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 07.05.10
Age : 27
Lokasi : Manado,Malalayang 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  qhincay on Thu Apr 05, 2012 10:35 pm

Tamu wrote:apakah semua telur ayam dibuahi?
Setelah ayam betina muda (lebih dikenal sebagai dedara) mencapai kematangan seksual, mereka akan mulai bertelur. Dengan kata lain, ayam yang sudah mencapai usia bertelur akan menghasilkan telur, meskipun tidak ada ayam jantan.
Jadi, kawin dan pembenihan tidak diperlukan bagi seekor ayam untuk menghasilkan telur. Bahkan, sebagian besar telur yang dibeli di toko tidak dibuahi,contohnya ayam jantan biasanya tidak ada di sebagian besar peternakan unggas, Karena memang Tidak diperlukan adanya perkawinan dan pembuahan.
Ayam Jantan Hanya disediakan ketika ada permintaan untuk telur ayam yang sudah dibuahi, atau ketika mereka (pemilik unggas) meregenerasi indukan yang ada .

Bagaimana Telur Ayam dibuahi?

Para pejantan, yang lazim disebut ayam pacek, memiliki organ reproduksi yang dikenal sebagai testis, yang menghasilkan sperma yang ditransfer ke kantung sperma, melalui tabung seperti struktur yang disebut vas deferens.
Sperma kemudian dilepaskan dan masuk melalui kloaka ayam betina, pada saat perkawinan terjadi.
Hanya membutuhkan waktu sekitar tiga puluh detik bagi ayam jantan untuk memasukan sperma kedalam saluran reproduksi (disebut saluran telur) ayam betina.
Sperma yang keluar dari tubuh ayam jantan masuk melalui lubang yang disebut kloaka, kemudian masuk ke saluran telur ayam betina dan berjalan melalui berbagai bagian organ reproduksi untuk mencapai infundibulum, suatu organ yang berbentuk corong.
Perjalanan ini memakan waktu hampir satu minggu bagi si sperma untuk mencapai tujuannya, sperma melewati shell gland, lalu isthmus dan magnum, sehingga akhirnya mencapai infundibulum. Begitu di dalam infundibulum ini sperma dapat bertahan hidup selama satu minggu atau lebih, sambil menunggu telur yang belum sepenuhnya terbentuk dan masih belum bercangkang. Jika ada kuning telur dalam infundibulum, pembuahan dapat terjadi saat itu juga.

Telur-telur ini biasanya berbentuk kuning telur, di ovarium ayam. seekor ayam betina muda yang sehat menghasilkan kuning telur tunggal dalam setiap 24 sampai 26 jam. kuning telur Ini , ketika dilepaskan dari ovarium, berjalan ke infundibulum.
Jika ada sperma dalam organ berbentuk corong ini, kuning telur akan mendapatkan dibuahi (ayam betina dapat mempertahankan sperma selama sekitar 10 sampai 48 jam).
Setelah dibuahi, kuning telur ini akan melewati rute yang sama yang ditempuh sperma untuk mencapai infundibulum. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa kuning telur ini bergerak ke arah sebaliknya, sambil menyelesaikan strukturnya untuk membentuk sebuah telur yang sempurna selama perjalanan ini.
Kuning telur akan dibungkusi oleh putih telur didalam magnum, sedangkan pembentukan membran cangkang akan dimulai di othmus. Dari sana kuning telur (yang dibungkus dengan putih telur) melanjutkan perjalanan ke kelenjar shell, dimana pembentukan cangkang diselesaikan dan cangkang akan mengeras. Telur siap untuk dikeluarkan, yang biasanya dilakukan di tengah hari. Setelah telur dibuahi dan telah diletakkan, ayam sudah siap untuk memulai pembentukan telur baru.

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk menghasilkan telur yang subur?..

Salah satu pertanyaan umum yang berkaitan dengan pembuahan telur ayam adalah periode waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi telur yang subur, terhitung dari tanggal kawin.
Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi periode ini,Dalam kasus kelompok betina dengan jumlah kurang dari sepuluh ayam betina, mengawinkan ayam jantan yang aktif secara seksual dapat menampakan hasil yang cepat.
Setelah perkawinan dilakukan, sperma melakukan perjalanan ke infundibulum dan ini akan memakan waktu hampir tujuh hari. Jadi, Anda hanya dapat mengharapkan telur dibuahi hanya setelah tujuh sampai sepuluh hari kawin. Ayam dapat terus memproduksi telur dibuahi untuk minggu berikutnya.
Faktor lainnya adalah jumlah ayam di kelompok kawin (flocks). Jika jumlah betina di flocks itu sedikit , kemungkinan untuk mendapatkan telur dibuahi di awal bisa tinggi. Bahkan usia ayam pacek serta ayam betina memainkan peran dalam pembentukan telur subur. Semakin tua umurnya , semakin lama Anda harus menunggu untuk memperoleh telur subur.

Terjemahan bebas dari http://www.buzzle.com/articles/how-are-chicken-eggs-fertilized.html
credit to om google translate.

Naahh pas banget ini contoh kasusnya di saya nih...
begini bapak2 sekalian, saya beli babon big size tanggal 23 maret 2012. ini penampakannya saya ambil pas pertama beli.
Badan ky dah mo nelor


wajah cemberut clown


Babon hari itu juga saya titipkan di kandang milik sodara (mau di pasangkan dengan pacek). langsung di lepas bebas bergabung dengan satu ekor pacek dan babon2 lainnya ada 4 ekor. Hari ini sodara saya bilang babon itu dah nelor 6 biji. berarti mulai nelor tanggal 31 maret 2012??? cyclops

Pertanyaan saya, Kira-kira babon itu nelornya bisa jadi karena pacek saudara sayakah atau jangan2 dah bunting duluan sblm saya beli tuh babon... kalo iya wahh.. ntar kalo anaknya nanya siapa bapaknya, saya kaga bisa jawab... Laughing Laughing Laughing Very Happy Arrow What a Face. mohon pedapat bapak2 rekan2 gimana prediksi-prediksinya kira-kira?? terimakasih sblmnya (salam)

qhincay
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 191
Join date : 05.02.12
Age : 37
Lokasi : Kerinci-Jambi /HP 081386135697/BB 29439F2A

http://ayamjagoan.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ibnu on Tue Apr 17, 2012 10:26 pm

Muaaantaf bang... ternyata di PAPAJI gudang ilmu perayaman Laughing Laughing Laughing Laughing
gak nyesel deh gabung ma PAPAJI...
chaayooo PAPAJI...........!!

ibnu
kopral
kopral

Jumlah posting : 12
Join date : 01.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  setiawan jodi on Fri Aug 17, 2012 2:55 am

ferry bun wrote:Masa pengeraman selama 21 hari merupakan masa yang sangat kritis untuk menentukan kelahiran seekor anak ayam. Embrio di dalam telur ini tumbuh secara luar biasa setiap harinya sampai akhirnya menetas menjadi anak ayam.

Berikut ini Secara garis besar, menyampaikan perkembangan embrio selama 21 hari pengeraman sampai akhirnya jadi anak ayam yang mungil.

Pada hari ke-1 sejumlah proses pembentukan sel permulaan mulai terjadi. Sel permulaan untuk sistem pencernaan mulai terbentuk pada jam ke-18. pada jam-jam berikutnya, secara berturut-turut sampai dengan jam ke-24, mulai juga terbentuk sel permulaan untuk jaringan otak, sel permulaan untuk jaringan tulang belakang, formasi hubungan antara jaringan otak dan jaringan syaraf ,formasi bagian kepala, sel permulaan untuk darah, dan formasi awal syaraf mata.

Pada hari ke-2 embrio mulai bergeser ke sisi kiri, dan saluran darah mulai terlihat pada bagian kuning telur. Perkembangan sel dari jam ke-25 sampai jam ke-48secara berurutan adalah pembentukan formasi pembuluh darah halus dan jantung, seluruh jaringan otak mulai terbentuk, selaput cairan mulai terlihat,dan mulai juga terbentuk formasi tenggorokan.

Lalu pada hari ke-3 dimulainya pembentukan formasi hidung, sayap, kaki, dan jaringan pernafasan. Pada masa ini, selaput cairan juga sudah menutup seluruh bagian embrio.

Selanjutnya pada hari ke-4 sel permulaan untuk lidah mulai terbentuk. Pada masa ini, embrio terpisah seluruhnya dari kuning telur dan berputar ke kiri. Sementara itu, jaringan saluran pernafasan terlihat mulai menembus selaput cairan.

Kemudian pada hari ke-5 saluran pencernaan dan tembolok mulai terbentuk. Pada masa ini terbentukpula jaringan reproduksi. Karenanya sudah mulai dapat juga ditentukan jeniskelaminnya.

Lantas hari ke-6 pembentukan paruh dimulai. Begitu juga dengan kaki dan sayap. Selain itu,embrio mulai melakukan gerakan-gerakan.

Berikutnya hari ke-7, ke-8, dan ke-9 jari kaki dan sayap terlihat mulai terbentuk. Selain itu, perut mulai menonjol karena jeroannya mulai berkembang. Pembentukan bulu juga dimulai. Pada masa-masa ini, embrio sudah seperti burung, dan mulutnya terlihat mulaimembuka.

Ketika hari ke-10 dan ke-11 paruh mulai mengeras, jari-jari kaki sudah mulai sepenuhnya terpisah, danpori-pori kulit tubuh mulai tampak.

Saat hari ke-12 Jari-jari kaki sudah terbentuk sepenuhnya dan bulu pertama mulai muncul.

Hari ke-13 dan ke-14 sisik dan kuku jari kaki mulai terbentuk. Tubuh pun sudah sepenuhnyaditumbuhi bulu. Pada hari ke-14, embrio berputar sehingga kepalanya tepatberada di bagian tumpulnya telur.

Hari ke-15 jaringan usus mulai terbentuk di dalam badan embrio.

Waktu hari ke-16 dan ke-17 sisik kaki, kuku, dan paruh semakin mengeras. Tubuh embrio sudah sepenuhnya tertutupi bulu yang tumbuh. Putih telur sudah tidak ada lagi, dan kuning telur meningkat fungsinya sebagai bahan makanan yang sangat pentingbagi embrio. Selain itu, paruh sudah mengarah ke rongga kantung udara, selaput cairan mulai berkurang, dan embrio mulai melakukan persiapan untukbernafas.

Ketika hari ke-18 dan ke-19 pertumbuhan embrio sudah mendekati sempurna. Kuning telur mulai masukke dalam rongga perut melalui saluran tali pusat. Embrio juga semakin besar sehingga sudah memenuhi seluruh rongga telur kecuali rongga kantung udara.

Kala hari ke-20 kuning telur sudah masuk sepenuhnya ke dalam tubuh embrio. Embrio yanghampir menjadi anak ayam ini menembus selaput cairan, dan mulai bernafas menggunakan udara di kantung udara. Saluran pernafasan mulai berfungsi dan bekerja sempurna.

Akhirnya hari ke-21 Anak ayam menembus lapisan kulit telur dan menetas.
kutipan artikel dari infovet dan UKP/YR.

yg terhormat para senior, saya mau nanya nih (telor siapakah ini)
bulan lalu babon saya kandangkan dengan pejantan, setelah 1 bulan pejantan saya sakit trus saya tukar dengan pejantan lain untuk mengawini babon saya tapi babon saya waktu itu emang pantatnya dah bontot dan turun, dan setelah 2 minggu babon saya tiba2 bertelur, saya bingung sebenarnya nih telur sipa ? apakah telur ini hasil perkawinan babon saya dgn pejantan bulan lalu yg sakit ataukah ni telur hasil perkawinan pejantan saya 2 minggu kemarin ? terima kasih sebelumnya

setiawan jodi
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 76
Join date : 20.04.12
Age : 34
Lokasi : bone

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ferry bun on Fri Aug 17, 2012 7:45 am

setiawan jodi wrote:
yg terhormat para senior, saya mau nanya nih (telor siapakah ini)
bulan lalu babon saya kandangkan dengan pejantan, setelah 1 bulan pejantan saya sakit trus saya tukar dengan pejantan lain untuk mengawini babon saya tapi babon saya waktu itu emang pantatnya dah bontot dan turun, dan setelah 2 minggu babon saya tiba2 bertelur, saya bingung sebenarnya nih telur sipa ? apakah telur ini hasil perkawinan babon saya dgn pejantan bulan lalu yg sakit ataukah ni telur hasil perkawinan pejantan saya 2 minggu kemarin ? terima kasih sebelumnya
Didalam alat kelamin betina , Sperma mampu bertahan hidup sekitar 2-3 minggu .. semakin lama , kemampuan membuahi sel betina ( ovom ) semakin menurun . hasil pembuahan yang baik ( daya tunas ) diperoleh sampai satu minggu setelah terjadi perkawinan .
secara tiori diatas 75% babon ayam mas setiawan di buahi pacek yg kedua ....
salam ferry bun medan

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1631
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  setiawan jodi on Tue Aug 21, 2012 4:37 pm

ferry bun wrote:
setiawan jodi wrote:
yg terhormat para senior, saya mau nanya nih (telor siapakah ini)
bulan lalu babon saya kandangkan dengan pejantan, setelah 1 bulan pejantan saya sakit trus saya tukar dengan pejantan lain untuk mengawini babon saya tapi babon saya waktu itu emang pantatnya dah bontot dan turun, dan setelah 2 minggu babon saya tiba2 bertelur, saya bingung sebenarnya nih telur sipa ? apakah telur ini hasil perkawinan babon saya dgn pejantan bulan lalu yg sakit ataukah ni telur hasil perkawinan pejantan saya 2 minggu kemarin ? terima kasih sebelumnya
Didalam alat kelamin betina , Sperma mampu bertahan hidup sekitar 2-3 minggu .. semakin lama , kemampuan membuahi sel betina ( ovom ) semakin menurun . hasil pembuahan yang baik ( daya tunas ) diperoleh sampai satu minggu setelah terjadi perkawinan .
secara tiori diatas 75% babon ayam mas setiawan di buahi pacek yg kedua ....
salam ferry bun medan

wadduhhh mampus dah gw, tau ga pacek yg kedua tuh sodara satu tetasannya affraid

setiawan jodi
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 76
Join date : 20.04.12
Age : 34
Lokasi : bone

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  arawinda on Sun Oct 21, 2012 12:48 am

ferry bun wrote:
Cikhung wrote:Bang fery,gmn agar babon bertelurnya cepet n lancr?
wah babo bertelur hanya sebutir sehari .....pakan dan nutrisi yang cukup akan melancarkan ayam betelur hungga 9 tahun pengalaman saya ...

Lok boleh tahu n boleh nyontek neh, babon punya bang feri dikasih makan apa ya?
maklum bang masih breeder pemula...

thanks sebelumnya
Smile Smile Smile Smile

arawinda
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 19.09.12
Age : 29
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  arawinda on Sun Oct 21, 2012 12:57 am

Administrator wrote:
jagalmadang wrote: tak himbau pada para pakar mbok di beri gambaran sing gamblang anggene ngawiti ternak ayadu,dari bibit anakan/dr.ayam dah jadi pacek dan babon siap produksi,
dengan modal minim bagi para pemula tetapi berkocek tipis,
jangan lah ayadu ini terkesan hanya bagi para boss yang berduit tebal saja,memimpikan ayadu hebat bayanganya kaya mimpi memiliki mobil sport jaguar mahale pisan.
bg pemula pasti inginya memiliki paling tidak F1 /PURE /mesih galur murninya dari tiap jenis induk ayadunya yang mau di jadikan bibit ternaknya.
jikalo mau ternak yg jd indukan dn pacek dari bk yg biasa /trahnya gag jelas ya kitanya gag mantep bs ciptakan ayadu berkualitas sebab pemula itu masih awam belum bisa menilai ayam berprospek dan berkualitas bagus baik itu import ataupun bk yg trahnya dah jauh dan gag jelas.lawong pakarnya yang dah bertaun2 menekuni aja masih sok keliru apalagi yang br mula membidangi.,,,,,,,,ini saya nulis apa adanya jangan marah ya,,,,,,,,,,bapak2,dr pada mbahas yang cross breed genotip resesif pelajaran pemula lum nyampek yah kasihlah ulas balik pelajaran awal ,,,,,,,,,,

Mas Jagal,
Salah besar kalau beranggapan bahwa ayam bagus hanya milik bos besar.
Salah juga kalau mengira ayam import itu semua bagus2. Ayam ternakan lokal sekarang tidak kalah bagus dgn ayam import.

Keberhasilan ternak itu tidak bisa dibeli dgn uang. Mereka yg berkantong tebal belum tentu bisa menghasilkan ayam2 berkualitas. Ternak tidak bisa instant sekali kawinin dapat yg istimewa. Butuh kesabaran. Kuncinya adlh ketekunan dan ketelitian dalam menemukan pasangan parental yg cocok. Bukan dari asal usul ayamnya. Mau import atau lokal, tidak jadi masalah.

Kalau mas Jagal kembali membaca tulisan2 tentang ternak di forum ini, sy kira bisa jadi pencerahan dan inspirasi bagaimana caranya memulai ternak dgn efektif.

Smile


Mantaap....
se7 Smile Smile Smile Smile

arawinda
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 19.09.12
Age : 29
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  arawinda on Sun Oct 21, 2012 1:03 am

Tamu wrote:apakah semua telur ayam dibuahi?
Setelah ayam betina muda (lebih dikenal sebagai dedara) mencapai kematangan seksual, mereka akan mulai bertelur. Dengan kata lain, ayam yang sudah mencapai usia bertelur akan menghasilkan telur, meskipun tidak ada ayam jantan........

Kayaknya abang yg satu ini punya banyak ilmu, tapi kenapa ya kok sepertinya menyembunyikan identitasnya...

salam kenal bang, dari anak bau kencur ne...

ditunggu sharing ilmunya bang...

arawinda
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 19.09.12
Age : 29
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  detha on Fri Dec 14, 2012 2:55 pm

mas ferry mau tanya dong..:-)
masa akhir reproduksi betina itu biasa'y pd umur brp mass?? atau apakah betina memproduksi telur terus sampai jd nenek2...heheee
di tunggu info'y mass:-)
bang mimin bang momod n rekan2 tolong d bantu juga y...heheee:-)

detha
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 10.11.12
Lokasi : BALARAJA ( BANTEN )

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  BENGS on Mon Jan 14, 2013 7:36 pm

Ass,wr.wb.
sy pemula yg baru belajar beternak
Bang Fery & para senior peternak sy mw tanya klo babon bertelur 14 butir...tp pas bertelor yg ke 10 jantan tidak mengawini babonnya lagi (dipisah)..tp si babon masih bertelur yg ke 11,12,13 dan 14.
Pertanyaan saya apakah telur yg ke 11,12,13 dan 14 bila di erami babonnya bisa menetas..??
sebelumnya sy mohon maaf atas ke awaman sy ini.. Very Happy

BENGS

Jumlah posting : 4
Join date : 19.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ferry bun on Sun Jan 20, 2013 4:13 am

arawinda wrote:
ferry bun wrote:
Cikhung wrote:Bang fery,gmn agar babon bertelurnya cepet n lancr?
wah babo bertelur hanya sebutir sehari .....pakan dan nutrisi yang cukup akan melancarkan ayam betelur hungga 9 tahun pengalaman saya ...

Lok boleh tahu n boleh nyontek neh, babon punya bang feri dikasih makan apa ya?
maklum bang masih breeder pemula...

thanks sebelumnya
Smile Smile Smile Smile
Nah gampang saja kan ,,,,sebutir telur yang dikeluarkan babon terdiri dari apa ,,,,tentu asupan gizi yang di berikan juga harus sama ,,,,,,gampangnya ya kasih makan telur juga ,,,, Very Happy
salam ferry bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1631
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ferry bun on Sun Jan 20, 2013 4:16 am

BENGS wrote:Ass,wr.wb.
sy pemula yg baru belajar beternak
Bang Fery & para senior peternak sy mw tanya klo babon bertelur 14 butir...tp pas bertelor yg ke 10 jantan tidak mengawini babonnya lagi (dipisah)..tp si babon masih bertelur yg ke 11,12,13 dan 14.
Pertanyaan saya apakah telur yg ke 11,12,13 dan 14 bila di erami babonnya bisa menetas..??
sebelumnya sy mohon maaf atas ke awaman sy ini.. Very Happy

ke 11,12,13 dan 14 bila kesuburan tinggi masih terdapat ada bibitnya
salam ferry Bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1631
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ferry bun on Sun Jan 20, 2013 4:19 am

arawinda wrote:
Tamu wrote:apakah semua telur ayam dibuahi?
Setelah ayam betina muda (lebih dikenal sebagai dedara) mencapai kematangan seksual, mereka akan mulai bertelur. Dengan kata lain, ayam yang sudah mencapai usia bertelur akan menghasilkan telur, meskipun tidak ada ayam jantan........

Kayaknya abang yg satu ini punya banyak ilmu, tapi kenapa ya kok sepertinya menyembunyikan identitasnya...

salam kenal bang, dari anak bau kencur ne...

ditunggu sharing ilmunya bang...
@"arawinda" ...waduh indentitas saya asli ,,,,,tuh Very Happy Razz
salam ferry bun.

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1631
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ipul on Sun Jan 20, 2013 9:14 am

ferry bun wrote:
arawinda wrote:
Tamu wrote:apakah semua telur ayam dibuahi?
Setelah ayam betina muda (lebih dikenal sebagai dedara) mencapai kematangan seksual, mereka akan mulai bertelur. Dengan kata lain, ayam yang sudah mencapai usia bertelur akan menghasilkan telur, meskipun tidak ada ayam jantan........

Kayaknya abang yg satu ini punya banyak ilmu, tapi kenapa ya kok sepertinya menyembunyikan identitasnya...

salam kenal bang, dari anak bau kencur ne...

ditunggu sharing ilmunya bang...
@"arawinda" ...waduh indentitas saya asli ,,,,,tuh Very Happy Razz
salam ferry bun.

maksudnya itu kali om " TAMU " kalo om mah siapa yang ngga kenal Very Happy Very Happy Very Happy

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 777
Join date : 21.12.09
Lokasi : Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

RE:

Post  mat petot on Sun Sep 08, 2013 1:35 am

Mantap bg....
tahnks pembelajarannya...

salam kenal......

mat petot
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 72
Join date : 18.05.13
Lokasi : MEDAN AMPLAS-BB.31094025

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  desman on Wed Sep 18, 2013 3:17 pm

senior papaji ane mau tnya nih ane pnya ayam biang udh siap nelor tp knp ya klo di kwinin dodogan sllu teriak" trus berontak
klo di umbar jg ga mau kaein pdhl si jago udh nafsu bgt sm biang nya

desman

Jumlah posting : 2
Join date : 18.09.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  candisingo on Mon Oct 07, 2013 1:35 am

makasih om atas tambahan wawasannya

candisingo
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 305
Join date : 12.08.13
Age : 39
Lokasi : yogyakarta

http://candisingo.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

RE ;

Post  Dragonkiller on Tue Oct 22, 2013 4:55 pm

Bang fery gimana menentukan telur ayam benita sama jantan?
kata orang tua dulu
kalo telur nya bulat itu betina,kalo telurnya lonjong itu jantan?
mohon di koreksi mas fery Smile

Dragonkiller
kopral
kopral

Jumlah posting : 22
Join date : 14.10.13
Age : 22
Lokasi : Bandung Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  1c4-farm on Thu Feb 27, 2014 11:40 pm

salam ciap-ciap
salam hormat sama senior2 n rekan papajiers
info yg sangat bagus bang ferry... trims
mau tanya nih bang...
1. dalam satu kali kawin berapakah sel sperma yg  dilepaskan oleh pejantan?
2. dalam satu kali kawin tsb, berapa jumlah sel sperma yg sampai di tempat pembuahan terjadi?
3. jika babon dikawinkan hanya satu kali saja, berapakah telur yg dibuahi/bisa netas?
mohon pencerahannya bang...
thanks b4

1c4-farm
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 56
Join date : 21.01.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  losi on Sun Mar 09, 2014 2:49 am

ferry bun wrote:Sistem reproduksi ayam  jantan berupa testes ductus (vas) deferens, dan ogan kopulasi yang bentuknya rudimenter ( belum sempurna ). ayam tidak mempunyai penis. Sperma diproduksi di dalam testis, disalurkan ke luar tubuh melalui ductus deferens yang bermuara pada papilla. Perkawinan ayam jantan dengan ayam betina pada hakikatnya ialah mempersatukan dua kloaka untuk memungkinkan pemancaran sistem yang mengandung sperma.

Sistem reproduksi ayam betina terdiri atas ovarium dan oviduk. Ovarium yang mengandung sekitar 1.000-3.000 folikel dan di dalam folikel terdapat kuning telur (yolk). Ukuran folikel berkisar dari yang mikrokopik hingga yang sebesar yolk, tergantung pada tingkat kemasakan yolk di dalamnya. Setelah sebuah yolk diovulasikan, kemudian diterima oleh infudibulum dan melewati bagian-bagian lain dari oviduk, menjadi telur yang sempurna yang dikeluarkan melalui anus.

Ovarium dan oviduk.
Ovarium adalah tempat sintesis hormon steroid seksual, gametogenesis, dan perkembangan serta pemasakan kuning telur (folikel). Oviduk adalah  tempat menerima kuning telur masak, sekresi putih telur, dan pembentukan kerabang telur. Pada unggas umumnya dan pada ayam khususnya, hanya ovarium kiri yang berkembang dan berfungsi, sedangkan yang bagian kanan mengalami rudimenter.
- Ovarium.
Ovarium pada ayam dinamakan juga folikel. Bentuk ovarium seperti buah anggur dan terletak pada rongga perut berdekatan dengan ginjal kiri dan bergantung pada ligamentum meso-ovarium. Besar ovarium pada saat ayam menetas 0,3 g kemudian mencapai panjang 1,5 cm pada ayam betina umur 12 minggu dan mempunyai berat 60 g pada tiga minggu sebelum dewasa kelamin.
Ovarium terbagi dalam dua bagian, yaitu cortex pada bagian luar dan medulla pada bagian dalam. Cortex mengandung folikel dan pada folikel terdapat sel-sel telur. Jumlah sel telur dapat mencapai lebih dari 12.000 buah. Namun, sel telur yang mampu masak hanya beberapa buah saja (pada ayam dara dapat mencapai jutaan buah).
Folikel akan masak pada 9-10 hari sebelum ovulasi. Karena pengaruh karotenoid pakan ataupun karotenoid yang tersimpan di tubuh ayam yang tidak homogen maka penimbunan materi penyusun folikel menjadikan lapisan konsentris tidak seragam. Proses pembentukan ovum dinamakan vitelogeni (vitelogenesis), yang merupakan sintesis asam lemak di hati yang dikontrol oleh hormon estrogen, kemudian oleh darah diakumulasikan di ovarium sebagai volikel atau ovum yang dinamakan yolk (kuning telur).
Dikenal tiga fase perkembangan yolk, yaitu fase cepat antara 4-7 hari sebelum ovulasi dan fase lambat pada 10-8 hari sebelum ovulasi, serta pada 1-2 hari sebelum ovulasi. Akibat perkembangan cepat tersebut maka akan terbentuk gambaran konsentris pada kuning telur. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kadar xantofil dan karotenoid pada pakan yang dibelah oleh latebra yang menghubungkan antara inti yolk dan diskus germinalis.
Folikel dikelilingi oleh pembuluh darah, kecuali pada bagian stigma. Apabila ovum masak, stigma akan robek sehingga terjadi ovulasi. Robeknya stigma ini dikontrol oleh hormon LH. Melalui pembuluh darah ini, ovarium mendapat suplai makanan dari aorta dorsalis. Material kimiawi yang diangkut melalui sistem vaskularisasi ke dalam ovarium harus melalui beberapa lapisan, antara lain theca layer yang merupakan lapisan terluar yang bersifat permeabel sehingga memungkinkan cairan plasma dalam menembus ke jaringan di sekelilingnya. Lapisan kedua berupa lamina basalis yang berfungsi sebagai filter untuk menyaring komponen cairan plasma yang lebih besar. Lapisan ketiga sebelum sampai pada oocyte adalah lapisan perivitellin yang berupa material protein bersifat fibrous (berongga).
Dalam membran plasma, oocyte (calon folikel) berikatan dengan sejumlah reseptor yang akan membentuk endocitic sehingga terbentuklah material penyusun kuning telur. Sehingga besar penyusutan kuning telur adalah material granuler berupa high density lipoprotein (HDL) dan lipovitelin. Senyawa ini dengan ion kuat dan pH tinggi akan membentuk kompleks fosfoprotein, fosvitin, ion kalsium, dan ion besi. Senyawa-senyawa ini membentuk vitelogenin, yaitu prekursor protein yang disintesis di dalam hati sebagai respon terhadap estradiol.
Komponen vitelogenin lebih mudah larut dalam darah dalam bentuk kompleks lipida kalsium dan besi. Oleh adanya reseptor pada oocyte, akan terbentuk material kuning telur. proses pembentukan vitelogenin ini dinamakan vitelogenesis.
Penyusun utama kuning telur adalah air, lipoprotein, protein, mineral, dan pigmen. Protein kuning telur diklasifikasikan menjadi dua kategori:
1. Livetin, yakni protein plasmatik yang terakumulasi pada kuning telur dan disintesis di hati hampir 60% dari total kuning telur.
2. Phosvitin dan lipoprptein yang terdiri dari high density lipoprotein (HDL) dan low density lipoprotein (LDL) yang disebut pula dengan granuler dan                                keduanya           disintesis dalam hati. Pada ayam dewasa bertelur setiap hari disintesis 2,5 g protein/hari melalui hati. Sintesis ini dikontrol oleh hormon estrogen. Hasil sintesis bersama-sama dengan ion kalsium, besi dan zinc membentuk molekul kompleks yang mudah larut kemudian masuk ke dalam kuning telur.
Adapun urutan perjalanan terbentuknya sebutir telur pada saluran reproduksi ayam betina adalah sebagai berikut:
a. Infundibulum/papilon : panjang 9 cm fungsi untuk menangkap ovum yang masak. Bagian ini sangat tipis dan mensekresikan sumber protein yang mengelilingi membran vitelina. Kuning telur berada di bagian ini berkisar 15-30 menit. Pembatasan antara infundibulum dan magnum dinamakan sarang spermatozoa sebelum terjadi pembuahan.
b. Magnum : bagian yang terpanjang dari oviduk (33cm). Magnum tersusun dari glandula tubiler yang sangat sensibel. Sintesis dan sekresi putih telur terjadi disini. Mukosa dan magnum tersusun dari sel gobelet. Sel gobelet mensekresikan putih telur kental dan cair. Kuning telur berada di magnum untuk dibungkus dengan putih telur selama 3,5 jam.
c.Isthmus: mensekresikan membran atau selaput telur. Panjang saluran isthmus adalah 10 cm dan telur berada di sini berkisar 1 jam 15 menit sampai 1,5 jam. Isthmus bagian depan yang berdekatan dengan magnum berwarna putih, sedangkan 4 cm terakhir dari isthmus mengandung banyak pembuluh darah sehingga memberikan warna merah.
d. Uterus : disebut juga glandula kerabang telur, panjangnya 10 cm. Pada bagian ini terjadi dua fenomena, yaitu dehidrasi putih telur atau /plumping/ kemudian terbentuk kerabang (cangkang) telur. Warna kerabang telur yang terdiri atas sel phorphirin akan terbentuk di bagian ini pada akhir mineralisasi kerabang telur. Lama mineralisasi antara 20 – 21 jam.
e. Vagina: bagian ini hampir tidak ada sekresi di dalam pembentukan telur, kecuali pembentukan kutikula. Telur melewati vagina dengan cepat, yaitu sekitar tiga    menit, kemudian dikeluarkan (/oviposition/) dan 30 menit setelah peneluran akan kembali terjadi ovulasi.
f. Kloaka: merupakan bagian paling ujung luar dari induk tempat dikeluarkannya telur. Total waktu untuk pembentukan sebutir telur adalah 25-26 jam. Ini salah satu penyebab mengapa ayam tidak mampu bertelur lebih dari satu butir/hari. Di samping itu, saluran reproduksi ayam betina bersifat tunggal. Artinya, hanya oviduk bagian kiri yang mampu berkembang. Padahal, ketika ada benda asing seperti /yolk/ (kuning telur) dan segumpal darah, ovulasi tidak dapat terjadi. Proses pengeluaran telur diatur oleh hormon oksitosin dari pituitaria bagian belakang.
Kutipan dari artikel penelitian USU.

sip,,,menambah pengetahuan

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  aditp on Fri Jun 20, 2014 2:12 pm

Belajar & Mempelajari lebih dalam, akan Sistem Reprodruksi & Perjalanan Sebutir Telur...
Mumet juga Ternyata... cyclops scratch 

 study Very Happy 

aditp
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1307
Join date : 05.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  Sponsored content Today at 8:36 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik