Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  nicky on Sun Mar 18, 2012 10:34 pm

tambahannya juga bgus buat nambah wawasan nih... Razz Razz

nicky
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 356
Join date: 07.05.10
Age: 26
Lokasi: Manado,Malalayang 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  qhincay on Thu Apr 05, 2012 10:35 pm

Tamu wrote:apakah semua telur ayam dibuahi?
Setelah ayam betina muda (lebih dikenal sebagai dedara) mencapai kematangan seksual, mereka akan mulai bertelur. Dengan kata lain, ayam yang sudah mencapai usia bertelur akan menghasilkan telur, meskipun tidak ada ayam jantan.
Jadi, kawin dan pembenihan tidak diperlukan bagi seekor ayam untuk menghasilkan telur. Bahkan, sebagian besar telur yang dibeli di toko tidak dibuahi,contohnya ayam jantan biasanya tidak ada di sebagian besar peternakan unggas, Karena memang Tidak diperlukan adanya perkawinan dan pembuahan.
Ayam Jantan Hanya disediakan ketika ada permintaan untuk telur ayam yang sudah dibuahi, atau ketika mereka (pemilik unggas) meregenerasi indukan yang ada .

Bagaimana Telur Ayam dibuahi?

Para pejantan, yang lazim disebut ayam pacek, memiliki organ reproduksi yang dikenal sebagai testis, yang menghasilkan sperma yang ditransfer ke kantung sperma, melalui tabung seperti struktur yang disebut vas deferens.
Sperma kemudian dilepaskan dan masuk melalui kloaka ayam betina, pada saat perkawinan terjadi.
Hanya membutuhkan waktu sekitar tiga puluh detik bagi ayam jantan untuk memasukan sperma kedalam saluran reproduksi (disebut saluran telur) ayam betina.
Sperma yang keluar dari tubuh ayam jantan masuk melalui lubang yang disebut kloaka, kemudian masuk ke saluran telur ayam betina dan berjalan melalui berbagai bagian organ reproduksi untuk mencapai infundibulum, suatu organ yang berbentuk corong.
Perjalanan ini memakan waktu hampir satu minggu bagi si sperma untuk mencapai tujuannya, sperma melewati shell gland, lalu isthmus dan magnum, sehingga akhirnya mencapai infundibulum. Begitu di dalam infundibulum ini sperma dapat bertahan hidup selama satu minggu atau lebih, sambil menunggu telur yang belum sepenuhnya terbentuk dan masih belum bercangkang. Jika ada kuning telur dalam infundibulum, pembuahan dapat terjadi saat itu juga.

Telur-telur ini biasanya berbentuk kuning telur, di ovarium ayam. seekor ayam betina muda yang sehat menghasilkan kuning telur tunggal dalam setiap 24 sampai 26 jam. kuning telur Ini , ketika dilepaskan dari ovarium, berjalan ke infundibulum.
Jika ada sperma dalam organ berbentuk corong ini, kuning telur akan mendapatkan dibuahi (ayam betina dapat mempertahankan sperma selama sekitar 10 sampai 48 jam).
Setelah dibuahi, kuning telur ini akan melewati rute yang sama yang ditempuh sperma untuk mencapai infundibulum. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa kuning telur ini bergerak ke arah sebaliknya, sambil menyelesaikan strukturnya untuk membentuk sebuah telur yang sempurna selama perjalanan ini.
Kuning telur akan dibungkusi oleh putih telur didalam magnum, sedangkan pembentukan membran cangkang akan dimulai di othmus. Dari sana kuning telur (yang dibungkus dengan putih telur) melanjutkan perjalanan ke kelenjar shell, dimana pembentukan cangkang diselesaikan dan cangkang akan mengeras. Telur siap untuk dikeluarkan, yang biasanya dilakukan di tengah hari. Setelah telur dibuahi dan telah diletakkan, ayam sudah siap untuk memulai pembentukan telur baru.

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk menghasilkan telur yang subur?..

Salah satu pertanyaan umum yang berkaitan dengan pembuahan telur ayam adalah periode waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi telur yang subur, terhitung dari tanggal kawin.
Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi periode ini,Dalam kasus kelompok betina dengan jumlah kurang dari sepuluh ayam betina, mengawinkan ayam jantan yang aktif secara seksual dapat menampakan hasil yang cepat.
Setelah perkawinan dilakukan, sperma melakukan perjalanan ke infundibulum dan ini akan memakan waktu hampir tujuh hari. Jadi, Anda hanya dapat mengharapkan telur dibuahi hanya setelah tujuh sampai sepuluh hari kawin. Ayam dapat terus memproduksi telur dibuahi untuk minggu berikutnya.
Faktor lainnya adalah jumlah ayam di kelompok kawin (flocks). Jika jumlah betina di flocks itu sedikit , kemungkinan untuk mendapatkan telur dibuahi di awal bisa tinggi. Bahkan usia ayam pacek serta ayam betina memainkan peran dalam pembentukan telur subur. Semakin tua umurnya , semakin lama Anda harus menunggu untuk memperoleh telur subur.

Terjemahan bebas dari http://www.buzzle.com/articles/how-are-chicken-eggs-fertilized.html
credit to om google translate.

Naahh pas banget ini contoh kasusnya di saya nih...
begini bapak2 sekalian, saya beli babon big size tanggal 23 maret 2012. ini penampakannya saya ambil pas pertama beli.
Badan ky dah mo nelor


wajah cemberut clown


Babon hari itu juga saya titipkan di kandang milik sodara (mau di pasangkan dengan pacek). langsung di lepas bebas bergabung dengan satu ekor pacek dan babon2 lainnya ada 4 ekor. Hari ini sodara saya bilang babon itu dah nelor 6 biji. berarti mulai nelor tanggal 31 maret 2012??? cyclops

Pertanyaan saya, Kira-kira babon itu nelornya bisa jadi karena pacek saudara sayakah atau jangan2 dah bunting duluan sblm saya beli tuh babon... kalo iya wahh.. ntar kalo anaknya nanya siapa bapaknya, saya kaga bisa jawab... Laughing Laughing Laughing Very Happy Arrow What a Face. mohon pedapat bapak2 rekan2 gimana prediksi-prediksinya kira-kira?? terimakasih sblmnya (salam)

qhincay
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 191
Join date: 05.02.12
Age: 35
Lokasi: Kerinci-Jambi /HP 081386135697/BB 29439F2A

http://ayamjagoan.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ibnu on Tue Apr 17, 2012 10:26 pm

Muaaantaf bang... ternyata di PAPAJI gudang ilmu perayaman Laughing Laughing Laughing Laughing
gak nyesel deh gabung ma PAPAJI...
chaayooo PAPAJI...........!!

ibnu
kopral
kopral

Jumlah posting: 12
Join date: 01.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  setiawan jodi on Fri Aug 17, 2012 2:55 am

ferry bun wrote:Masa pengeraman selama 21 hari merupakan masa yang sangat kritis untuk menentukan kelahiran seekor anak ayam. Embrio di dalam telur ini tumbuh secara luar biasa setiap harinya sampai akhirnya menetas menjadi anak ayam.

Berikut ini Secara garis besar, menyampaikan perkembangan embrio selama 21 hari pengeraman sampai akhirnya jadi anak ayam yang mungil.

Pada hari ke-1 sejumlah proses pembentukan sel permulaan mulai terjadi. Sel permulaan untuk sistem pencernaan mulai terbentuk pada jam ke-18. pada jam-jam berikutnya, secara berturut-turut sampai dengan jam ke-24, mulai juga terbentuk sel permulaan untuk jaringan otak, sel permulaan untuk jaringan tulang belakang, formasi hubungan antara jaringan otak dan jaringan syaraf ,formasi bagian kepala, sel permulaan untuk darah, dan formasi awal syaraf mata.

Pada hari ke-2 embrio mulai bergeser ke sisi kiri, dan saluran darah mulai terlihat pada bagian kuning telur. Perkembangan sel dari jam ke-25 sampai jam ke-48secara berurutan adalah pembentukan formasi pembuluh darah halus dan jantung, seluruh jaringan otak mulai terbentuk, selaput cairan mulai terlihat,dan mulai juga terbentuk formasi tenggorokan.

Lalu pada hari ke-3 dimulainya pembentukan formasi hidung, sayap, kaki, dan jaringan pernafasan. Pada masa ini, selaput cairan juga sudah menutup seluruh bagian embrio.

Selanjutnya pada hari ke-4 sel permulaan untuk lidah mulai terbentuk. Pada masa ini, embrio terpisah seluruhnya dari kuning telur dan berputar ke kiri. Sementara itu, jaringan saluran pernafasan terlihat mulai menembus selaput cairan.

Kemudian pada hari ke-5 saluran pencernaan dan tembolok mulai terbentuk. Pada masa ini terbentukpula jaringan reproduksi. Karenanya sudah mulai dapat juga ditentukan jeniskelaminnya.

Lantas hari ke-6 pembentukan paruh dimulai. Begitu juga dengan kaki dan sayap. Selain itu,embrio mulai melakukan gerakan-gerakan.

Berikutnya hari ke-7, ke-8, dan ke-9 jari kaki dan sayap terlihat mulai terbentuk. Selain itu, perut mulai menonjol karena jeroannya mulai berkembang. Pembentukan bulu juga dimulai. Pada masa-masa ini, embrio sudah seperti burung, dan mulutnya terlihat mulaimembuka.

Ketika hari ke-10 dan ke-11 paruh mulai mengeras, jari-jari kaki sudah mulai sepenuhnya terpisah, danpori-pori kulit tubuh mulai tampak.

Saat hari ke-12 Jari-jari kaki sudah terbentuk sepenuhnya dan bulu pertama mulai muncul.

Hari ke-13 dan ke-14 sisik dan kuku jari kaki mulai terbentuk. Tubuh pun sudah sepenuhnyaditumbuhi bulu. Pada hari ke-14, embrio berputar sehingga kepalanya tepatberada di bagian tumpulnya telur.

Hari ke-15 jaringan usus mulai terbentuk di dalam badan embrio.

Waktu hari ke-16 dan ke-17 sisik kaki, kuku, dan paruh semakin mengeras. Tubuh embrio sudah sepenuhnya tertutupi bulu yang tumbuh. Putih telur sudah tidak ada lagi, dan kuning telur meningkat fungsinya sebagai bahan makanan yang sangat pentingbagi embrio. Selain itu, paruh sudah mengarah ke rongga kantung udara, selaput cairan mulai berkurang, dan embrio mulai melakukan persiapan untukbernafas.

Ketika hari ke-18 dan ke-19 pertumbuhan embrio sudah mendekati sempurna. Kuning telur mulai masukke dalam rongga perut melalui saluran tali pusat. Embrio juga semakin besar sehingga sudah memenuhi seluruh rongga telur kecuali rongga kantung udara.

Kala hari ke-20 kuning telur sudah masuk sepenuhnya ke dalam tubuh embrio. Embrio yanghampir menjadi anak ayam ini menembus selaput cairan, dan mulai bernafas menggunakan udara di kantung udara. Saluran pernafasan mulai berfungsi dan bekerja sempurna.

Akhirnya hari ke-21 Anak ayam menembus lapisan kulit telur dan menetas.
kutipan artikel dari infovet dan UKP/YR.

yg terhormat para senior, saya mau nanya nih (telor siapakah ini)
bulan lalu babon saya kandangkan dengan pejantan, setelah 1 bulan pejantan saya sakit trus saya tukar dengan pejantan lain untuk mengawini babon saya tapi babon saya waktu itu emang pantatnya dah bontot dan turun, dan setelah 2 minggu babon saya tiba2 bertelur, saya bingung sebenarnya nih telur sipa ? apakah telur ini hasil perkawinan babon saya dgn pejantan bulan lalu yg sakit ataukah ni telur hasil perkawinan pejantan saya 2 minggu kemarin ? terima kasih sebelumnya

setiawan jodi
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 76
Join date: 20.04.12
Age: 32
Lokasi: bone

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ferry bun on Fri Aug 17, 2012 7:45 am

setiawan jodi wrote:
yg terhormat para senior, saya mau nanya nih (telor siapakah ini)
bulan lalu babon saya kandangkan dengan pejantan, setelah 1 bulan pejantan saya sakit trus saya tukar dengan pejantan lain untuk mengawini babon saya tapi babon saya waktu itu emang pantatnya dah bontot dan turun, dan setelah 2 minggu babon saya tiba2 bertelur, saya bingung sebenarnya nih telur sipa ? apakah telur ini hasil perkawinan babon saya dgn pejantan bulan lalu yg sakit ataukah ni telur hasil perkawinan pejantan saya 2 minggu kemarin ? terima kasih sebelumnya
Didalam alat kelamin betina , Sperma mampu bertahan hidup sekitar 2-3 minggu .. semakin lama , kemampuan membuahi sel betina ( ovom ) semakin menurun . hasil pembuahan yang baik ( daya tunas ) diperoleh sampai satu minggu setelah terjadi perkawinan .
secara tiori diatas 75% babon ayam mas setiawan di buahi pacek yg kedua ....
salam ferry bun medan

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  setiawan jodi on Tue Aug 21, 2012 4:37 pm

ferry bun wrote:
setiawan jodi wrote:
yg terhormat para senior, saya mau nanya nih (telor siapakah ini)
bulan lalu babon saya kandangkan dengan pejantan, setelah 1 bulan pejantan saya sakit trus saya tukar dengan pejantan lain untuk mengawini babon saya tapi babon saya waktu itu emang pantatnya dah bontot dan turun, dan setelah 2 minggu babon saya tiba2 bertelur, saya bingung sebenarnya nih telur sipa ? apakah telur ini hasil perkawinan babon saya dgn pejantan bulan lalu yg sakit ataukah ni telur hasil perkawinan pejantan saya 2 minggu kemarin ? terima kasih sebelumnya
Didalam alat kelamin betina , Sperma mampu bertahan hidup sekitar 2-3 minggu .. semakin lama , kemampuan membuahi sel betina ( ovom ) semakin menurun . hasil pembuahan yang baik ( daya tunas ) diperoleh sampai satu minggu setelah terjadi perkawinan .
secara tiori diatas 75% babon ayam mas setiawan di buahi pacek yg kedua ....
salam ferry bun medan

wadduhhh mampus dah gw, tau ga pacek yg kedua tuh sodara satu tetasannya affraid

setiawan jodi
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 76
Join date: 20.04.12
Age: 32
Lokasi: bone

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  arawinda on Sun Oct 21, 2012 12:48 am

ferry bun wrote:
Cikhung wrote:Bang fery,gmn agar babon bertelurnya cepet n lancr?
wah babo bertelur hanya sebutir sehari .....pakan dan nutrisi yang cukup akan melancarkan ayam betelur hungga 9 tahun pengalaman saya ...

Lok boleh tahu n boleh nyontek neh, babon punya bang feri dikasih makan apa ya?
maklum bang masih breeder pemula...

thanks sebelumnya
Smile Smile Smile Smile

arawinda
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 81
Join date: 19.09.12
Age: 27
Lokasi: Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  arawinda on Sun Oct 21, 2012 12:57 am

Administrator wrote:
jagalmadang wrote: tak himbau pada para pakar mbok di beri gambaran sing gamblang anggene ngawiti ternak ayadu,dari bibit anakan/dr.ayam dah jadi pacek dan babon siap produksi,
dengan modal minim bagi para pemula tetapi berkocek tipis,
jangan lah ayadu ini terkesan hanya bagi para boss yang berduit tebal saja,memimpikan ayadu hebat bayanganya kaya mimpi memiliki mobil sport jaguar mahale pisan.
bg pemula pasti inginya memiliki paling tidak F1 /PURE /mesih galur murninya dari tiap jenis induk ayadunya yang mau di jadikan bibit ternaknya.
jikalo mau ternak yg jd indukan dn pacek dari bk yg biasa /trahnya gag jelas ya kitanya gag mantep bs ciptakan ayadu berkualitas sebab pemula itu masih awam belum bisa menilai ayam berprospek dan berkualitas bagus baik itu import ataupun bk yg trahnya dah jauh dan gag jelas.lawong pakarnya yang dah bertaun2 menekuni aja masih sok keliru apalagi yang br mula membidangi.,,,,,,,,ini saya nulis apa adanya jangan marah ya,,,,,,,,,,bapak2,dr pada mbahas yang cross breed genotip resesif pelajaran pemula lum nyampek yah kasihlah ulas balik pelajaran awal ,,,,,,,,,,

Mas Jagal,
Salah besar kalau beranggapan bahwa ayam bagus hanya milik bos besar.
Salah juga kalau mengira ayam import itu semua bagus2. Ayam ternakan lokal sekarang tidak kalah bagus dgn ayam import.

Keberhasilan ternak itu tidak bisa dibeli dgn uang. Mereka yg berkantong tebal belum tentu bisa menghasilkan ayam2 berkualitas. Ternak tidak bisa instant sekali kawinin dapat yg istimewa. Butuh kesabaran. Kuncinya adlh ketekunan dan ketelitian dalam menemukan pasangan parental yg cocok. Bukan dari asal usul ayamnya. Mau import atau lokal, tidak jadi masalah.

Kalau mas Jagal kembali membaca tulisan2 tentang ternak di forum ini, sy kira bisa jadi pencerahan dan inspirasi bagaimana caranya memulai ternak dgn efektif.

Smile


Mantaap....
se7 Smile Smile Smile Smile

arawinda
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 81
Join date: 19.09.12
Age: 27
Lokasi: Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  arawinda on Sun Oct 21, 2012 1:03 am

Tamu wrote:apakah semua telur ayam dibuahi?
Setelah ayam betina muda (lebih dikenal sebagai dedara) mencapai kematangan seksual, mereka akan mulai bertelur. Dengan kata lain, ayam yang sudah mencapai usia bertelur akan menghasilkan telur, meskipun tidak ada ayam jantan........

Kayaknya abang yg satu ini punya banyak ilmu, tapi kenapa ya kok sepertinya menyembunyikan identitasnya...

salam kenal bang, dari anak bau kencur ne...

ditunggu sharing ilmunya bang...

arawinda
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 81
Join date: 19.09.12
Age: 27
Lokasi: Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  detha on Fri Dec 14, 2012 2:55 pm

mas ferry mau tanya dong..:-)
masa akhir reproduksi betina itu biasa'y pd umur brp mass?? atau apakah betina memproduksi telur terus sampai jd nenek2...heheee
di tunggu info'y mass:-)
bang mimin bang momod n rekan2 tolong d bantu juga y...heheee:-)

detha
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 81
Join date: 10.11.12
Lokasi: BALARAJA ( BANTEN )

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  BENGS on Mon Jan 14, 2013 7:36 pm

Ass,wr.wb.
sy pemula yg baru belajar beternak
Bang Fery & para senior peternak sy mw tanya klo babon bertelur 14 butir...tp pas bertelor yg ke 10 jantan tidak mengawini babonnya lagi (dipisah)..tp si babon masih bertelur yg ke 11,12,13 dan 14.
Pertanyaan saya apakah telur yg ke 11,12,13 dan 14 bila di erami babonnya bisa menetas..??
sebelumnya sy mohon maaf atas ke awaman sy ini.. Very Happy

BENGS

Jumlah posting: 4
Join date: 19.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ferry bun on Sun Jan 20, 2013 4:13 am

arawinda wrote:
ferry bun wrote:
Cikhung wrote:Bang fery,gmn agar babon bertelurnya cepet n lancr?
wah babo bertelur hanya sebutir sehari .....pakan dan nutrisi yang cukup akan melancarkan ayam betelur hungga 9 tahun pengalaman saya ...

Lok boleh tahu n boleh nyontek neh, babon punya bang feri dikasih makan apa ya?
maklum bang masih breeder pemula...

thanks sebelumnya
Smile Smile Smile Smile
Nah gampang saja kan ,,,,sebutir telur yang dikeluarkan babon terdiri dari apa ,,,,tentu asupan gizi yang di berikan juga harus sama ,,,,,,gampangnya ya kasih makan telur juga ,,,, Very Happy
salam ferry bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ferry bun on Sun Jan 20, 2013 4:16 am

BENGS wrote:Ass,wr.wb.
sy pemula yg baru belajar beternak
Bang Fery & para senior peternak sy mw tanya klo babon bertelur 14 butir...tp pas bertelor yg ke 10 jantan tidak mengawini babonnya lagi (dipisah)..tp si babon masih bertelur yg ke 11,12,13 dan 14.
Pertanyaan saya apakah telur yg ke 11,12,13 dan 14 bila di erami babonnya bisa menetas..??
sebelumnya sy mohon maaf atas ke awaman sy ini.. Very Happy

ke 11,12,13 dan 14 bila kesuburan tinggi masih terdapat ada bibitnya
salam ferry Bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ferry bun on Sun Jan 20, 2013 4:19 am

arawinda wrote:
Tamu wrote:apakah semua telur ayam dibuahi?
Setelah ayam betina muda (lebih dikenal sebagai dedara) mencapai kematangan seksual, mereka akan mulai bertelur. Dengan kata lain, ayam yang sudah mencapai usia bertelur akan menghasilkan telur, meskipun tidak ada ayam jantan........

Kayaknya abang yg satu ini punya banyak ilmu, tapi kenapa ya kok sepertinya menyembunyikan identitasnya...

salam kenal bang, dari anak bau kencur ne...

ditunggu sharing ilmunya bang...
@"arawinda" ...waduh indentitas saya asli ,,,,,tuh Very Happy Razz
salam ferry bun.

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sistim Reproduksi dan lamanya perjalanan sebutir telur.

Post  ipul on Sun Jan 20, 2013 9:14 am

ferry bun wrote:
arawinda wrote:
Tamu wrote:apakah semua telur ayam dibuahi?
Setelah ayam betina muda (lebih dikenal sebagai dedara) mencapai kematangan seksual, mereka akan mulai bertelur. Dengan kata lain, ayam yang sudah mencapai usia bertelur akan menghasilkan telur, meskipun tidak ada ayam jantan........

Kayaknya abang yg satu ini punya banyak ilmu, tapi kenapa ya kok sepertinya menyembunyikan identitasnya...

salam kenal bang, dari anak bau kencur ne...

ditunggu sharing ilmunya bang...
@"arawinda" ...waduh indentitas saya asli ,,,,,tuh Very Happy Razz
salam ferry bun.

maksudnya itu kali om " TAMU " kalo om mah siapa yang ngga kenal Very Happy Very Happy Very Happy

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 774
Join date: 21.12.09
Lokasi: Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik