Dosis pemberian Kalk

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Dosis pemberian Kalk

Post  lorenzo on Wed 13 Jul 2011, 15:18

Adakah dosis atau takaran pemberian pil Kalk pada anak ayam? soalnya anak ayamku yang usia 3 bulan ku beri kalk 2 hari sekali 1 butir malah badanya jd lembek dan jalanya jadi kaya letoy....

lorenzo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 12.11.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  king war on Wed 13 Jul 2011, 18:03

dikasih kalk malah lemes ya gan,,,kok bisa???jng2 kalk dosis tggi..
emang kalk jenis apa?
kalk anak,kalk anjing.kalk kuda,kalk dosis tinggi untuk patah tulang ,kalk.??? Shocked
berapa mg tu kalk nya dlm sebutir,,,,,?

king war
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 18.06.11
Lokasi : raya pandaan-tretes,km 6 prigen-jatim 081331027471

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  she-thok on Thu 14 Jul 2011, 00:26

lorenzo wrote:Adakah dosis atau takaran pemberian pil Kalk pada anak ayam? soalnya anak ayamku yang usia 3 bulan ku beri kalk 2 hari sekali 1 butir malah badanya jd lembek dan jalanya jadi kaya letoy....

kalknya yg lonjong apa yg bunder, klo saya biasanya yg bunder 1minggu 1kali tp sekali ngasih 2butir, nuwun........

she-thok
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 172
Join date : 26.01.11
Age : 38
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  lorenzo on Thu 14 Jul 2011, 08:47

King War==> pake Kalk anak2 gan saya beli diapotik
She-Thok==> Kalk yang bunder2 yang warna - warni kang...

lorenzo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 12.11.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  budi rooster on Thu 14 Jul 2011, 09:04

salam...klo untuk pemberian kalk saya biasanya tiap 2 hari sekali 5 butir tapi untuk ayam umur 3bln kurang lebih 30 ekor cara pemberiannya saya larutkan dulu dengan air baru setelah larut kita campur dengan pakan selain lebih irit juga praktis...

budi rooster
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 377
Join date : 01.06.11
Age : 31
Lokasi : jawatimur (pasuruan)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  W15NUV4 on Thu 14 Jul 2011, 09:17

lorenzo wrote:Adakah dosis atau takaran pemberian pil Kalk pada anak ayam? soalnya anak ayamku yang usia 3 bulan ku beri kalk 2 hari sekali 1 butir malah badanya jd lembek dan jalanya jadi kaya letoy....

kalo saya pemberiannya seminggu dua kali, senin & kamis sore 1 kapsul/tablet, baik yang bulat maupun yang lonjong sama aja, hasilnya ayam jadi tinggi gagah tp sayang minggu kemaren mati semua kena wabah penyakit! Crying or Very sad Crying or Very sad Crying or Very sad

W15NUV4
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1755
Join date : 01.11.10
Age : 37
Lokasi : serang

http://www.papaji.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  lorenzo on Thu 14 Jul 2011, 10:30

Budi Rooster==>jadi caranya dicampurin makanan ya kang budi...
Kang wisnu==>yang kapsul itu untuk anak2 apa dewasa?orang kata pegawai apotiknya ada yang dewasa dan anak2..jadi pada pake kalk yang mana?

lorenzo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 12.11.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  Ayok_bukolan on Thu 14 Jul 2011, 19:39

lorenzo wrote:Adakah dosis atau takaran pemberian pil Kalk pada anak ayam? soalnya anak ayamku yang usia 3 bulan ku beri kalk 2 hari sekali 1 butir malah badanya jd lembek dan jalanya jadi kaya letoy....

lebih bagus kalk yg warna warni itu mas biasanya saya kasih 1minggu 2x, dlm masa rawat pun saya juga kasih kalk yg warna warni itu tp 1minggu sekali. mohon koreksi klo salah. salam

Ayok_bukolan
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 847
Join date : 14.06.11
Lokasi : probolinggo - malang. BB 28297ABA

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  budi rooster on Thu 14 Jul 2011, 20:35

Budi Rooster==>jadi caranya dicampurin makanan ya kang budi...

iya mas tadinya saya juga pake cara seperti yang mas lorenzo lakukan, kebetulan saya punya temen dokter yg juga suka ayam kmudian disarankan seperti itu karena dosisnya 1 butir kalk bsa untuk lbih dari 1 ekor ayam...
kata temen saya klo manusia kelebihan kalk lama-kelamaan bsa terjadi pengendapan zat kapur pada ginjal...salam
mohon maaf kalo salah

budi rooster
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 377
Join date : 01.06.11
Age : 31
Lokasi : jawatimur (pasuruan)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  Administrator on Thu 14 Jul 2011, 21:56

Memberikan kalk langsung pada tiap ekor anakan sedikit repot terutama bila ayamnya berjumlah banyak.
Sebagai bahan substitusi, bisa pakai tepung tulang (serbuk). Dicampur langsung pada makanan ayam.

10kg pakan dicampur dgn 0.5kg tepung tulang.

Utk info, pemberian kalk (kalsium) yg berlebihan justru akan membuat tulang rapuh, bulu getas, dan jalu bongsor. Kalsium harus dipadukan dgn fosfor dan vit. D sbg zat perekatnya.
Tepung tulang bukan hanya berisi kalsium. Tapi juga mineral lain yg berguna utk pembentukan tulang.

CMIIW
silakan ditambahkan.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  lorenzo on Fri 15 Jul 2011, 07:41

mungkin dosis yang saya pake terlalu banyak ya....betul kata bang admin,bang budi ....mas ayok juga...tadinya maksud hati pengen ayam cepet besar dengan tulangan yang kokoh...malah ayam tetep besar tapi tulangan jd rapuh.... Crying or Very sad Crying or Very sad

lorenzo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 12.11.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  ATM on Sat 16 Jul 2011, 00:23

[quote="Administrator"]Memberikan kalk langsung pada tiap ekor anakan sedikit repot terutama bila ayamnya berjumlah banyak.
Sebagai bahan substitusi, bisa pakai tepung tulang (serbuk). Dicampur langsung pada makanan ayam.

10kg pakan dicampur dgn 0.5kg tepung tulang.

Utk info, pemberian kalk (kalsium) yg berlebihan justru akan membuat tulang rapuh, bulu getas, dan jalu bongsor. Kalsium harus dipadukan dgn fosfor dan vit. D sbg zat perekatnya.
Tepung tulang bukan hanya berisi kalsium. Tapi juga mineral lain yg berguna utk pembentukan tulang.

klu blh tau nich bang admin tepung tulang yg bgs tepung tulang apa(ikan,sapi,udangdll) ato merk apa????


ATM
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 129
Join date : 31.05.10
Lokasi : LLG_SUM-SEL

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  KritikusPalingKritis-KPK on Sat 16 Jul 2011, 09:32

[quote="ATM"]
Administrator wrote:Memberikan kalk langsung pada tiap ekor anakan sedikit repot terutama bila ayamnya berjumlah banyak.
Sebagai bahan substitusi, bisa pakai tepung tulang (serbuk). Dicampur langsung pada makanan ayam.

10kg pakan dicampur dgn 0.5kg tepung tulang.

Utk info, pemberian kalk (kalsium) yg berlebihan justru akan membuat tulang rapuh, bulu getas, dan jalu bongsor. Kalsium harus dipadukan dgn fosfor dan vit. D sbg zat perekatnya.
Tepung tulang bukan hanya berisi kalsium. Tapi juga mineral lain yg berguna utk pembentukan tulang.

klu blh tau nich bang admin tepung tulang yg bgs tepung tulang apa(ikan,sapi,udangdll) ato merk apa????

Beli aja rontokan ikan asin di pasar..murah kok..tinggal campur di pakan. Very Happy

KritikusPalingKritis-KPK
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 67
Join date : 16.07.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  Administrator on Sat 16 Jul 2011, 17:30

[quote="ATM"]
Administrator wrote:Memberikan kalk langsung pada tiap ekor anakan sedikit repot terutama bila ayamnya berjumlah banyak.
Sebagai bahan substitusi, bisa pakai tepung tulang (serbuk). Dicampur langsung pada makanan ayam.

10kg pakan dicampur dgn 0.5kg tepung tulang.

Utk info, pemberian kalk (kalsium) yg berlebihan justru akan membuat tulang rapuh, bulu getas, dan jalu bongsor. Kalsium harus dipadukan dgn fosfor dan vit. D sbg zat perekatnya.
Tepung tulang bukan hanya berisi kalsium. Tapi juga mineral lain yg berguna utk pembentukan tulang.

klu blh tau nich bang admin tepung tulang yg bgs tepung tulang apa(ikan,sapi,udangdll) ato merk apa????


Tepung tulang biasanya dibuat dari tulang sapi.
Pakai tepung ikan juga bisa.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  siyoko on Tue 22 Nov 2011, 10:04

kalau ayam sdh lebih dari 6 bln diberi kalk apa membawa efek tdk baik pd ayam mas?

siyoko
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 122
Join date : 20.10.11
Age : 26
Lokasi : Banjarmasin Kalimantan-Selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  Tamu on Thu 24 Nov 2011, 16:15

Sekedar info, dapat baca dari artikel ilmiah fkh unair. Penambahan suplemen probiotik dan chlorella ( alga ) masing masing 2,5 % dari berat pakan dapat mempertebal tulang tibia broiler pada fase starter. Mungkin bisa menjadi alternatif lain untuk mempertebal tulang selain menggunakan kalk Wink

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  wans@g on Sat 26 Nov 2011, 06:54

Administrator wrote:Memberikan kalk langsung pada tiap ekor anakan sedikit repot terutama bila ayamnya berjumlah banyak.
Sebagai bahan substitusi, bisa pakai tepung tulang (serbuk). Dicampur langsung pada makanan ayam.

10kg pakan dicampur dgn 0.5kg tepung tulang.

Utk info, pemberian kalk (kalsium) yg berlebihan justru akan membuat tulang rapuh, bulu getas, dan jalu bongsor. Kalsium harus dipadukan dgn fosfor dan vit. D sbg zat perekatnya.
Tepung tulang bukan hanya berisi kalsium. Tapi juga mineral lain yg berguna utk pembentukan tulang.

CMIIW
silakan ditambahkan.


Beli tepung tulang sebagai pengganti kalk dimana ya bang, dan apakah dosis nya sama dari ayam umur 0 bulan hingga ayam petarung.. mohon pencerahannya.. Question Question

wans@g
kopral
kopral

Jumlah posting : 45
Join date : 16.06.11
Lokasi : Tulang Bawang, Lampung.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  siyoko on Sat 26 Nov 2011, 10:11

saya prnh bca di thread2 sebelumnya.obat itu dicampur air di tumbuk campur pakan atau di lolohkan langsung jg sm kok mas.yg ptg obat nya suplemen nya msk ke tubuh ayam.jd klo g mau repot di hancur aja di campur pakan ayam. Smile

maaf kalau salah di koreksi Very Happy

siyoko
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 122
Join date : 20.10.11
Age : 26
Lokasi : Banjarmasin Kalimantan-Selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  poenska on Mon 28 May 2012, 16:59

mas ary apakh tepung dari kulit kerang baik juga diberikan pada pakan ayam penggnti tepung tulang karena di darah saya ndak ada tepung tulang yang ada cuma tepung kulit kerang...

poenska
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 63
Join date : 16.12.10
Lokasi : atjeh

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  Administrator on Mon 28 May 2012, 22:37

poenska wrote:mas ary apakh tepung dari kulit kerang baik juga diberikan pada pakan ayam penggnti tepung tulang karena di darah saya ndak ada tepung tulang yang ada cuma tepung kulit kerang...
Boleh mas...
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  jefri dwi on Fri 01 Jun 2012, 19:47

kalau saya ayam umur 4 bulanan, saya kasih kalk yang bulet putih sekali seminggu....
Smile

jefri dwi

Jumlah posting : 4
Join date : 09.05.12
Age : 23
Lokasi : semarang

http://jefridwi.kurniawan24@gmail.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  Rozaqna-wahyu on Fri 01 Jun 2012, 21:21

maaf mau tanya nih bang, kalau untuk ayam yg sudah masuk rawat apa masih diperlukan kalk.
di masa ini kalk apa harus dikurangi, sama saat umur 1-4 , atau malah di perbanyak dalam pemberiannya.... ???

Rozaqna-wahyu
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 658
Join date : 09.10.11
Age : 24
Lokasi : karanganyar(rmh solo) jember(tmpt kerjo) bondowoso (kosant)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  Andi Babe on Sat 02 Jun 2012, 15:48

siyoko wrote:kalau ayam sdh lebih dari 6 bln diberi kalk apa membawa efek tdk baik pd ayam mas?
Gak apa apa mas malah bagus,sekalian tambah 2 butir minyak ikan.........salam hobby Very Happy

Andi Babe
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3513
Join date : 08.04.12
Lokasi : Beliton Farm Palembang 082178678607

http://beliton.farm.yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  galih silent hero on Mon 04 Jun 2012, 11:27

Administrator wrote:Memberikan kalk langsung pada tiap ekor anakan sedikit repot terutama bila ayamnya berjumlah banyak.
Sebagai bahan substitusi, bisa pakai tepung tulang (serbuk). Dicampur langsung pada makanan ayam.

10kg pakan dicampur dgn 0.5kg tepung tulang.

Utk info, pemberian kalk (kalsium) yg berlebihan justru akan membuat tulang rapuh, bulu getas, dan jalu bongsor. Kalsium harus dipadukan dgn fosfor dan vit. D sbg zat perekatnya.
Tepung tulang bukan hanya berisi kalsium. Tapi juga mineral lain yg berguna utk pembentukan tulang.

CMIIW
silakan ditambahkan.

kandungan tepung tulang apa saja?
kalk putih anak, dewasa dan warnawarni?
tepung kerang?
tepung ikan/udang?
harga? (kalk putih diapotik daerah kudus harga antara Rp 100-200/butir)
tolong bang admin menguraikan sebagai pembanding dan masukan

galih silent hero
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 553
Join date : 11.01.12
Age : 32
Lokasi : kudus

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  Bin_Rooster on Tue 05 Jun 2012, 18:19

Administrator wrote:Memberikan kalk langsung pada tiap ekor anakan sedikit repot terutama bila ayamnya berjumlah banyak.
Sebagai bahan substitusi, bisa pakai tepung tulang (serbuk). Dicampur langsung pada makanan ayam.

10kg pakan dicampur dgn 0.5kg tepung tulang.

Utk info, pemberian kalk (kalsium) yg berlebihan justru akan membuat tulang rapuh, bulu getas, dan jalu bongsor. Kalsium harus dipadukan dgn fosfor dan vit. D sbg zat perekatnya.
Tepung tulang bukan hanya berisi kalsium. Tapi juga mineral lain yg berguna utk pembentukan tulang.

CMIIW
silakan ditambahkan.

Mantap infonya Bang Admin...Siip.

Bin_Rooster
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 230
Join date : 28.04.12
Lokasi : Klaten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Dosis pemberian Kalk

Post  Sponsored content Today at 01:34


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik