Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  Basugito on Mon 28 Sep 2009, 11:47

Untuk Para Breder dan Ternaker Ayam pemula ini ada sedikit Tips dalam beternak ayam :

Selama ini sudah banyak diketahui kalo ayam mengeram biasanya 21 hari .. dan kadang lebih hingga + max. 10 hari ini menurut pengalaman yg saya dapat tp masalahnya kadang2 kita lupa kapan ayam ini mulai mengeram, ini mungkin sedikit tips agar bisa menyelamatkan telur ayam agar bisa menetas dengan sempurna :

Waktu Ayam mengeram :

1. Buatlah catatan / tanggal didekat kandang mengeram

2. Tulis juga Jumlah telur yang dierami kalo perlu ditulis juga ditelor tsb dg nomer/tgl dg sepidol
( Menulis jumlah telor ini penting karena kadang2 ada telor yg hilang / pecah / ada ayam lain yg numpang bertelor disarang ayam tersebut sehingga telor tidak tercampur dg telor biang yg lain, dan yg jelas untuk menghindari perbuatan iseng perawat ayam yg suka menukar/mengambil telor.

3. Memasuki Minggu ketiga (kira2 hari ke 20) bersihkan telor dengan cara :
Ambil wadah baskom /ember diisi air dingin/biasa (bukan air hangat/panas) secukupnya kira tingginya air 15cm dari dasar wadah lalu ambil telor ayam tersebut dg sangat hati2 dr sarangnya sebaiknya dilakukan pagi hari lalu
rendam semua telor ayam kedalam wadah tsb. kegunanya merendam telor tersebut adalah :

A. membersihkan telor dari kotoran yg menempel sehingga telor cepat menetas dg sempurna

B. mengetahui ayam akan segera menetas apa tidak yaitu dg cara memperhatikan kedalam wadah bebrapa saat waktu telor2 tsb direndam telor2 tsb akan mengambang, seandainya telor ayam akan menetas 1/2/3 hari lagi biasanya telor akan bergoyang-goyang sesaat lalu cepat2 angkat telor tsb dan bersihkan/keringkan lalu masukan kesarang lagi dg hati2.dan lihat telor2 yg lain, dan lakukan spt yg tsb diatas tadi.

C. Seandainya telor tsb tidak jadi/tembuhuk tanda2nya sbb:
- Telor mengambang lebih dr 1/3 bagian telor tsb (terlalu enteng)
- Telor tatap tenggelam ke dasar dan tidak ada tanda2 / gerakan dr dlm telor tsb.
- Waktu telor direndam dan tenggelam kedasar ada gelembung2 kecil menyembul dr kulit telor tsb
- Waktu Pengeraman lebih dari 21 Hari atau + 10 Hari waktu pengeraman
- Seandainya telor sudah yakin tidak akan menetas, genggam telor tsb lalu goyang2lah maka akan terasa ada spt air yg kocok2 didalam telor tsb.
- Seandainya telor td tembuhuk/tidak menetas jangan dibuang sembarangan tapi sebaiknya dikubur ditanah jd kalo pecah baunya tidak kemana-mana.

Persiapan kandang anak ayam :
Siapkan kandang minimal ukuran 70 cm x 60 cm dan tinggi 50 cm dengan lampu bohlam 5 watt atau 10 watt posisi kandang kanan/kiri dan bawah rapat
Kandang ini gunanya untuk memindahkan ayam2 yg telah menetas kadang ayam tidak bareng menetasnya jadi sebaiknya yg menetas lebih dulu segera pindahkan ke kotak tsb.

Setelah ayam menetas semua dan anak ayam dipindahkan kekandang dan sehat serta kuat, tergantung peternak mau dipisah/disapih atau dicampur sama induknya silahkan kedua cara tsb. bagus. kalau mau nguber setoran/target jumlah anakan ya langsung dipisah saja. tapi kalo tempatnya memungkinkan sebaiknya ya dicampur dulu sama induknya biar induknya nggak begitu setres tidak diforsir ada jeda waktu untuk "istirahat" pemulihan tenaga.

Catatan :
Teori merendam telor ini sangat praktis dr pada meneropong dg lampu.
Dan Hal tsb selalu saya lakukan setiap ayam saya mengeram dan mau menetas jadi jangan khawatir sudah saya praktekan bertahun2 dan ilmu ini saya dapat dari orang tua saya ..
( Menurut orang tua saya : Waktu telor ayam direndam dan menimbulkan gerakan / goyangan hal ini terjadi karena perubahan suhu yg mendadak sehingga menimbulkan gerakan yg dibuat oleh calon anak ayam tersebut, konon gerakan lebih kuat biasanya anak ayam tersebut akan lebih bagus daya tahan tubuhnya kelak jika menetas ...? )

Selamat mencoba beternak dan bereksperimen ..
seandainya ada kekurangan dan kesalahan agar bisa diperbaiki /dibetulkan serta disempurnakan oleh kawan2 atau Mas Admin semoga hal ini bermanfaat dan PAPAJI tetap Jaya, Amin.

Basugito
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 79
Join date : 16.01.09
Age : 49
Lokasi : Pabuaran - Bojonggede Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  Administrator on Mon 28 Sep 2009, 18:21

Terima kasih atas tipsnya mas...
Saya malah baru tau cara menyortir telur dgn sistem rendam ini.
Embarassed

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  cobain on Wed 21 Oct 2009, 09:51

mas tipsnya bagus banget, kalao tips buat ayam umur 3-4 bulan gimana mas???pakannya n vitaminnya

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

perlakuan saat mau menetas dan persiapan setelah menetas

Post  Arifin on Wed 13 Jan 2010, 09:45

mantep informasinya mas. thaks

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  arif on Wed 13 Jan 2010, 14:14

Tipsnya boleh juga diterapkan.. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  Jhon Gultom on Wed 13 Jan 2010, 14:58

wah pakde gito ini penjelasannya komplit plit plit sekali nih......
kalo ada sponsor bisa jadi peternak unggulan nih, hehehehhehehehe

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  Basugito on Sun 17 Jan 2010, 23:09

Ilmu ternak diwariskan oleh orang tua tapi ilmu ngadu ayam enggak ...??? jd ya tanya sana-sini termasuk disini...!!! Twisted Evil Twisted Evil

Basugito
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 79
Join date : 16.01.09
Age : 49
Lokasi : Pabuaran - Bojonggede Bogor

Kembali Ke Atas Go down

persiapan mau menetas

Post  Arifin on Sat 23 Jan 2010, 19:21

Bagus artikelnya, bravo papaji

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

tahs infonya mas...viva papajiii)

Post  lex... on Fri 21 May 2010, 00:27

Administrator wrote:Terima kasih atas tipsnya mas...
Saya malah baru tau cara menyortir telur dgn sistem rendam ini.
Embarassed
Cool javascript:emoticonp('Cool')javascript:emoticonp('Cool')

lex...
kopral
kopral

Jumlah posting : 38
Join date : 11.05.10
Lokasi : medannnnnnn

Kembali Ke Atas Go down

re: perlakuan sebelum dan sesudah menetas

Post  masapip on Fri 21 May 2010, 00:47

karena begitu menariknya topik ini saya mau penjelasan sedikit pak basugito mengenai perendamanya brapa menit ya?

masapip
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 235
Join date : 25.04.10
Age : 38
Lokasi : Udanawu Blitar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  nicky on Fri 21 May 2010, 10:34

mantep tipsnya mas...lumayan buat nmbah2 pengalaman, Smile

nicky
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 07.05.10
Age : 28
Lokasi : Manado,Malalayang 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  Honggie on Wed 15 Sep 2010, 12:58

[quote="masapip"]karena begitu menariknya topik ini saya mau penjelasan sedikit pak basugito mengenai perendamanya brapa menit ya?
kalo liat bacaan diatas, segera diangkat setelah dicelupkan air.

ini sy copas :
B. mengetahui ayam akan segera menetas apa tidak yaitu dg cara memperhatikan kedalam wadah bebrapa saat waktu telor2 tsb direndam telor2 tsb akan mengambang, seandainya telor ayam akan menetas 1/2/3 hari lagi biasanya telor akan bergoyang-goyang sesaat lalu cepat2 angkat telor tsb dan bersihkan/keringkan lalu masukan kesarang lagi dg hati2.dan lihat telor2 yg lain, dan lakukan spt yg tsb diatas tadi.

Honggie
kopral
kopral

Jumlah posting : 46
Join date : 17.08.10
Lokasi : Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  pak_tri on Wed 15 Sep 2010, 19:13

gimana tes untuk telur yg tenggelam ,tapi telur ada isinya / jadi ?....
tolong mas basugito untuk pencerahanya.....

saya juga pakai teori itu [ diremdam ]......tapi kemarin ayam sy mengeram....
udah 19 hari , telur sy rendam telur 5 tenggelam semua.....
saya pikir nggak ada yg jadi....setelah 21 hari tiba2 ada suara ciapk....3x...
dan akhirnya netas 3 ek....yg 2 kopyor...
sekarang udah usia 1 bln....

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  jackone on Wed 15 Sep 2010, 19:45

Luar biasa !
Hampir semua aspek dalam berternak hingga penyortiran ada dalam papaji...
di thailan saja forum seperti ini sifatnya masih rahasia dan kalangan tertentu saja..

Forza papaji.forumotion ! Smile

jackone
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 351
Join date : 02.09.10
Age : 46
Lokasi : Laampiri, Jatibening Baru, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  Tres-Jambi on Wed 10 Nov 2010, 10:22

Love you full Papaji... Ga buka Papaji sehari rasanya ada yang kurang Very Happy...

Tres-Jambi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 363
Join date : 03.10.10
Lokasi : Muara Bungo - Jambi

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  Tres-Jambi on Wed 10 Nov 2010, 10:27

Love you full Papaji... Ga buka Papaji sehari rasanya ada yang kurang Very Happy...

Tres-Jambi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 363
Join date : 03.10.10
Lokasi : Muara Bungo - Jambi

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  la ummasa on Tue 30 Nov 2010, 08:11

mengurus ternak seperti mengurus bayi. setiap item ternyata harus diurus detil.

la ummasa
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 621
Join date : 20.05.10
Lokasi : Depok

http://wn.com/laummasa

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  satya on Thu 03 Mar 2011, 08:49

Basugito wrote:Untuk Para Breder dan Ternaker Ayam pemula ini ada sedikit Tips dalam beternak ayam :

Selama ini sudah banyak diketahui kalo ayam mengeram biasanya 21 hari .. dan kadang lebih hingga + max. 10 hari ini menurut pengalaman yg saya dapat tp masalahnya kadang2 kita lupa kapan ayam ini mulai mengeram, ini mungkin sedikit tips agar bisa menyelamatkan telur ayam agar bisa menetas dengan sempurna :

Waktu Ayam mengeram :

1. Buatlah catatan / tanggal didekat kandang mengeram

2. Tulis juga Jumlah telur yang dierami kalo perlu ditulis juga ditelor tsb dg nomer/tgl dg sepidol
( Menulis jumlah telor ini penting karena kadang2 ada telor yg hilang / pecah / ada ayam lain yg numpang bertelor disarang ayam tersebut sehingga telor tidak tercampur dg telor biang yg lain, dan yg jelas untuk menghindari perbuatan iseng perawat ayam yg suka menukar/mengambil telor.

3. Memasuki Minggu ketiga (kira2 hari ke 20) bersihkan telor dengan cara :
Ambil wadah baskom /ember diisi air dingin/biasa (bukan air hangat/panas) secukupnya kira tingginya air 15cm dari dasar wadah lalu ambil telor ayam tersebut dg sangat hati2 dr sarangnya sebaiknya dilakukan pagi hari lalu
rendam semua telor ayam kedalam wadah tsb. kegunanya merendam telor tersebut adalah :

A. membersihkan telor dari kotoran yg menempel sehingga telor cepat menetas dg sempurna

B. mengetahui ayam akan segera menetas apa tidak yaitu dg cara memperhatikan kedalam wadah bebrapa saat waktu telor2 tsb direndam telor2 tsb akan mengambang, seandainya telor ayam akan menetas 1/2/3 hari lagi biasanya telor akan bergoyang-goyang sesaat lalu cepat2 angkat telor tsb dan bersihkan/keringkan lalu masukan kesarang lagi dg hati2.dan lihat telor2 yg lain, dan lakukan spt yg tsb diatas tadi.

C. Seandainya telor tsb tidak jadi/tembuhuk tanda2nya sbb:
- Telor mengambang lebih dr 1/3 bagian telor tsb (terlalu enteng)
- Telor tatap tenggelam ke dasar dan tidak ada tanda2 / gerakan dr dlm telor tsb.
- Waktu telor direndam dan tenggelam kedasar ada gelembung2 kecil menyembul dr kulit telor tsb
- Waktu Pengeraman lebih dari 21 Hari atau + 10 Hari waktu pengeraman
- Seandainya telor sudah yakin tidak akan menetas, genggam telor tsb lalu goyang2lah maka akan terasa ada spt air yg kocok2 didalam telor tsb.
- Seandainya telor td tembuhuk/tidak menetas jangan dibuang sembarangan tapi sebaiknya dikubur ditanah jd kalo pecah baunya tidak kemana-mana.

Persiapan kandang anak ayam :
Siapkan kandang minimal ukuran 70 cm x 60 cm dan tinggi 50 cm dengan lampu bohlam 5 watt atau 10 watt posisi kandang kanan/kiri dan bawah rapat
Kandang ini gunanya untuk memindahkan ayam2 yg telah menetas kadang ayam tidak bareng menetasnya jadi sebaiknya yg menetas lebih dulu segera pindahkan ke kotak tsb.

Setelah ayam menetas semua dan anak ayam dipindahkan kekandang dan sehat serta kuat, tergantung peternak mau dipisah/disapih atau dicampur sama induknya silahkan kedua cara tsb. bagus. kalau mau nguber setoran/target jumlah anakan ya langsung dipisah saja. tapi kalo tempatnya memungkinkan sebaiknya ya dicampur dulu sama induknya biar induknya nggak begitu setres tidak diforsir ada jeda waktu untuk "istirahat" pemulihan tenaga.

Catatan :
Teori merendam telor ini sangat praktis dr pada meneropong dg lampu.
Dan Hal tsb selalu saya lakukan setiap ayam saya mengeram dan mau menetas jadi jangan khawatir sudah saya praktekan bertahun2 dan ilmu ini saya dapat dari orang tua saya ..
( Menurut orang tua saya : Waktu telor ayam direndam dan menimbulkan gerakan / goyangan hal ini terjadi karena perubahan suhu yg mendadak sehingga menimbulkan gerakan yg dibuat oleh calon anak ayam tersebut, konon gerakan lebih kuat biasanya anak ayam tersebut akan lebih bagus daya tahan tubuhnya kelak jika menetas ...? )

Selamat mencoba beternak dan bereksperimen ..
seandainya ada kekurangan dan kesalahan agar bisa diperbaiki /dibetulkan serta disempurnakan oleh kawan2 atau Mas Admin semoga hal ini bermanfaat dan PAPAJI tetap Jaya, Amin.

mas apa telor yang akan netas kurang dari 1 hari mengambang ke permukaan :!: :!:

satya
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 66
Join date : 27.01.11
Age : 30
Lokasi : Sidoarjo-lapindo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  cak nur on Thu 03 Mar 2011, 15:11

Telur yang langsung mengambang ke permukaan, biasanya pada saat digoyang terasa kocak. artinya tidak jadi.
Tapi kalo berat, tidak kocak, mengambangnya lebih lambat,.. agak tenggelam,.. artinya sudah ada ayamnya,... tinggal netas...

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

ransum anak ayam umur sehari

Post  kluruk_farm on Wed 13 Apr 2011, 22:45

setelah telur menetas dan anak ayam segera di pindahkan ke lain kandang (dipisahkan dari induk)
apakah ransum yang paling tepat dan cocok buat anak tersebut.......
salam kenal buat smua...
baru bergabung dengan forum ini, Very Happy Very Happy

kluruk_farm
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 08.04.11
Age : 36
Lokasi : DI Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  luki budiawan on Thu 14 Apr 2011, 00:49

mantappppppppppppppppppppppppppppppp bang...........................jadi tambah ilmu utk saya yg baru didunia perayaman........
Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing

luki budiawan
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 289
Join date : 26.03.11
Age : 32
Lokasi : purbalingga hp.081228884003 / pin 2ad83927 FB. Luckybewe Poetra

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  very on Thu 14 Apr 2011, 10:15

senangnya bisa gabung di papaji bisa belajar banyak dari teman di papaji.

Bravo Papaji Very Happy

very
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 283
Join date : 16.02.11
Age : 42
Lokasi : cilegon

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  cak nur on Thu 14 Apr 2011, 12:39

Ada ciri lain untuk memastikan telor tersebut jadi atau abor (tidak akan menetas)
dari pengalaman akan ketahuan 'kebiasaan' ayam mengeram dan menetas yaitu :
bila dari 10 butir yang dierami, hari pertama sudah menetas 2/3 atau lebih dan masih ada telor yang belum menetas coba cek :
1. Bila telur tersebut sudah retak, berarti ada ayam yang kemungkinan besar besok baru menetas
2. Bila tidak ada, coba goyang / kocok telur tersebut perlahan arah memanjang telur, bila kocak dan terasa ada yang bergoyang, berarti sudah abor, gak ada bibitnya.
3. Bila tidak goyang, biarkan dan tunggu 3 hari. bila dalam 3 hari tidak menetas, berarti sudah abor/ busuk / gak jadi.

Salam

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Betul sekali kata cak nur..

Post  Basugito on Mon 02 May 2011, 19:13

cak nur wrote:Ada ciri lain untuk memastikan telor tersebut jadi atau abor (tidak akan menetas)
dari pengalaman akan ketahuan 'kebiasaan' ayam mengeram dan menetas yaitu :
bila dari 10 butir yang dierami, hari pertama sudah menetas 2/3 atau lebih dan masih ada telor yang belum menetas coba cek :
1. Bila telur tersebut sudah retak, berarti ada ayam yang kemungkinan besar besok baru menetas
2. Bila tidak ada, coba goyang / kocok telur tersebut perlahan arah memanjang telur, bila kocak dan terasa ada yang bergoyang, berarti sudah abor, gak ada bibitnya.
3. Bila tidak goyang, biarkan dan tunggu 3 hari. bila dalam 3 hari tidak menetas, berarti sudah abor/ busuk / gak jadi.

Salam
...kalo udah ketauan ada retak...tdak usah direndam...
biasanya sehari sebelum menetas, ...telor kalo direndam Pasti Mengambang (khususnya telor ayam) Razz

Basugito
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 79
Join date : 16.01.09
Age : 49
Lokasi : Pabuaran - Bojonggede Bogor

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  budi rooster on Sat 18 Jun 2011, 21:25

mas saya mau tanya di rumah ada 1 ekor induk yg usia mengeramnya bisa smpai 26-30 hari, tadinya saya kira saya yg salah hitung tapi ktika di kalender saya kasih tanda ternyata beneran usia eramannya sampai segitu...
mungkin ada yg bisa kasi penjelasan...trimakasih

budi rooster
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 377
Join date : 01.06.11
Age : 31
Lokasi : jawatimur (pasuruan)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Perlakuan saat mau menetas dan Prsiapan setelah Menetas

Post  Sponsored content Today at 19:29


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik