MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  mbolang on Thu 14 Jul 2011, 00:18

AGAN2 PAPAJI SHARING ILMU DEH..... Very Happy
ini aq temukan di mbah google.... waktu ayamku terkena penyakit menular... Crying or Very sad

MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM...
Pada saat musim kemarau kotoran ayam memang bau , namun di saat musim penghujan Kotoran Ayam bertambah bau karena kondisi lingkungan bertambah lembab dan tidak ada sinar matahari sehingga kotoran ayam selalu dalam kondisi basah dan menimbulkan bau yang menyengat . Bagai mana cara mengatasinya ? Ikuti tips selangkapnya …..

Tips Meminimalisir Bau Kotoran Ayam :

1. Dengan menggunakan KUNYIT .
KANDUNGAN KIMIA : Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Kandungan Zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 % Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 - 5 % Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) sisanya
Penambahan Kunyit ke dalam pakan ternak diyakini dapat mengurangi bau amoniak pada kotoran. Fungsi kunyit dalam pakan adalah untuk meningkatkan kerja organ pencernaan unggas yaitu dengan merangsang dinding kantong empedu untuk mengeluarkan cairan empedu dan merangsang keluarnya getah pankreas yang mengandung enzim amilase, lipase, dan protease yang berguna untuk meningkatkan pencernaan bahan pakan seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Kotoran yang bau dikarenakan proses metabolisme yang kurang maksimal sehingga ada zat-zat makanan yang ikut terbuang melalui kotoran terutama protein.

2. Serbuk Zeolit
Sekarang banyak dijual di toko-toko yang menyediakan berbagai keperluan untuk perikanan atau ternak. Serbuk zeolit ini akan menyerap senyawa-senyawa yang menjadi sumber bau kotoran hewan (amonia dan senyawaan sulfur). Harga juga terjangkau karena relatif murah. Kisaran ratusan rupiah tiap kilogramnya. Tinggal di taburkan saja di tempat kotoran ayam.
Contoh pada hewan dan ternak ruminansia seperti sapi dan lainnya, penggunaannya malah dicampur dengan pakan, karena zeolit ini akan menyerap amonia yang dikeluarkan pada proses pencernaan, sehingga akan meningkatkan efektivitas pencernaan hewan tersebut dan pada akhirnya efiseinsi asupan nutrisi akan menjadi lebih baik.
ziolit kalo dalam perikanan batu untuk bagian filter yang menyerap amoniak,..dan sering di gunakan diaquarium dan kolam ikan KOI,..ziolit ada dalam bentuk batu besar2 ada yang kasar ada yang halus kaya pasir,..
namun jika menggunakan batu ziolit jangan sampai terkena air asin/atau air garam soalnya amoniak yang terserap akan terlepas kembali dan ini berbahaya kalo dalam ikan jadi pada keracunan namun kalo di ayam lom tau ^^
dan kalo yang mau beli batu ziolit di tempat jual ikan hias biasanya banyak

3. Jamu Tradisional
Ramuan tradisional yang terdiri dari temulawak, kunir / kunyit, jahe masing masing 1 kilo gram dicuci bersih dari kotoran, kemudian diblender ditambahkan air sekitar 10 liter kemudian disaring dan hasil saringan itu ditambahkan mikroba sebanyak 1 botol kemasan (bisa EM4 ataupun sejenisnya) dan ditambahkan gula pasir / gula jawa / tetes tebu sebanyak 1 kilo kemudian dimasukkan ke jerigen untuk difermentasikan selama seminggu, nah air hasil fermentasi tersebut yang diminumkan ke ayam setelah sebelumnya diencerkan (50 ml air jamu diencerkan dengan 1 liter air minum). Insyaallah selain kotoran tidak berbau, ayampun jadi sehat tidak terkena dampak penyakit karena perubahan musim / aratan

salam by om shakir Very Happy

mbolang

Jumlah posting : 8
Join date : 23.06.11
Age : 35
Lokasi : Gresik Jatim

http://www.trugee.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  poerranger on Thu 14 Jul 2011, 00:39

nice info pak, dan rajin bersihin kandang ayam pasti baunya terminimalisir, hehehehe

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 30.06.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  surya27 on Thu 14 Jul 2011, 02:18


thanks infonya bang....

kalo saya kandang kawin pakai pasir...setiap 2-3 bulan saya ganti...

surya27
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1771
Join date : 15.12.09
Age : 39
Lokasi : JAKARTA BARAT

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  katob on Thu 14 Jul 2011, 02:22

kalo saya pake biofeed...dicampur sama makanannya...djual bebas di toko2 makanan ayam...10rb per plastik

katob
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 114
Join date : 18.05.10
Age : 36
Lokasi : magelang

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  mbolang on Fri 15 Jul 2011, 23:39

SIP2... Tambahan ilmunya.... dari agan2 PAPAJI...
ada masukkan selain itu agan2.... ??? Very Happy
banyak ilmu banyak membaca...hehehehhehehe study

mbolang

Jumlah posting : 8
Join date : 23.06.11
Age : 35
Lokasi : Gresik Jatim

http://www.trugee.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  la ummasa on Sat 16 Jul 2011, 01:31

katob wrote:kalo saya pake biofeed...dicampur sama makanannya...djual bebas di toko2 makanan ayam...10rb per plastik
nice info Basketball Basketball Basketball

la ummasa
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 621
Join date : 20.05.10
Lokasi : Depok

http://wn.com/laummasa

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  ojieg on Sun 17 Jul 2011, 17:45

getting smart

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  ari delta on Sun 17 Jul 2011, 23:04

cara paling efektif dan efisien menurut saya... tiap 3 hari kotoran dibersihkan/ dibuang, alas kotoran dijemur biar kering.. penyakit pergi bau'pun berkurang.. bagaimanapun yg namanya kandang tetep aja dikit2 ada baunya dong... yang terpenting penyakitnya gak tertimbun.. Laughing Laughing

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 29.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  KritikusPalingKritis-KPK on Sun 17 Jul 2011, 23:37

ari delta wrote:cara paling efektif dan efisien menurut saya... tiap 3 hari kotoran dibersihkan/ dibuang, alas kotoran dijemur biar kering.. penyakit pergi bau'pun berkurang.. bagaimanapun yg namanya kandang tetep aja dikit2 ada baunya dong... yang terpenting penyakitnya gak tertimbun.. Laughing Laughing
3 hari sekali..???
kalau saya cermati tulisan mas ari ini,'alas kotoran dijemur...' sepertinya kandang kotak dengan alas kotoran dibawahnya. Kalau di bersihkannya 3 hari sekali baunya seperti apa itu mas.???? dan sudah pasti banyak. Setahu saya kandang model seperti itu harus di bersihkan setiap hari, pagi dan sore. Karena biasanya kandang ada di dalam ruangan. Kecuali kandang ada di luar ruangan , boleh juga 3 hari.

KritikusPalingKritis-KPK
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 67
Join date : 15.07.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  pacita on Mon 18 Jul 2011, 00:19

KritikusPalingKritis-KPK wrote:
3 hari sekali..???
kalau saya cermati tulisan mas ari ini,'alas kotoran dijemur...' sepertinya kandang kotak dengan alas kotoran dibawahnya. Kalau di bersihkannya 3 hari sekali baunya seperti apa itu mas.???? dan sudah pasti banyak. Setahu saya kandang model seperti itu harus di bersihkan setiap hari, pagi dan sore. Karena biasanya kandang ada di dalam ruangan. Kecuali kandang ada di luar ruangan , boleh juga 3 hari.
kandangnya ada diluar dan alas kotoran selalu dilapisi kapur, jd tidk masalah dibersihkan 3 hari sekali

pacita
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 25.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  ari delta on Sat 23 Jul 2011, 00:02

pacita wrote:
KritikusPalingKritis-KPK wrote:
3 hari sekali..???
kalau saya cermati tulisan mas ari ini,'alas kotoran dijemur...' sepertinya kandang kotak dengan alas kotoran dibawahnya. Kalau di bersihkannya 3 hari sekali baunya seperti apa itu mas.???? dan sudah pasti banyak. Setahu saya kandang model seperti itu harus di bersihkan setiap hari, pagi dan sore. Karena biasanya kandang ada di dalam ruangan. Kecuali kandang ada di luar ruangan , boleh juga 3 hari.
kandangnya ada diluar dan alas kotoran selalu dilapisi kapur, jd tidk masalah dibersihkan 3 hari sekali
Yup.. betul sekali Mas Asep.. karna Mas Asep udah ngeliat sendiri...
dan kandangnya full ter'ekspos matahari.. jadi agak membantu kotoran jadi kering.. sehingga mudah pula mmembersihkan...

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 29.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  moepetz on Thu 15 Jan 2015, 19:43

katob wrote:kalo saya pake biofeed...dicampur sama makanannya...djual bebas di toko2 makanan ayam...10rb per plastik
Maaf,biofeed nya merk apa ya?coz saya tanya kok harganya mahal banget,1ons 45rb

moepetz
kopral
kopral

Jumlah posting : 38
Join date : 11.02.14
Age : 35
Lokasi : jombang

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  juragan_rabay on Thu 15 Jan 2015, 21:48

kalo sy pakai sistem semprot kandang, nama obatnya medisep
sy juga konsultasi dengan K.U.D setempat yang menjual kebutuhan pertanian dan peternakan.
jika kotorannya sangat bau atau kotoranya basah, ada lagi obatnya bukan medisep namanya lupa, perbedaanya kalau yg buat kotoran basah obatnya baunya menyengat namun sangat ampuh mengatasi bau.
medisep murah, yg satu lagi agak mahal sedikit. kualitas pasti beda Very Happy

Ada videonya kebetulan, silahkan di buffer dulu om cheers
TKP:

juragan_rabay
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 360
Join date : 25.09.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  Langgeng NC on Thu 15 Jan 2015, 23:06

kalau saya pake serbuk kopi yg paling murah, ditaburin dibawah kandang dan area kandang. sejauh ini memuaskan

Langgeng NC
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1215
Join date : 26.06.13
Age : 36
Lokasi : Pandaan, Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  harat on Fri 16 Jan 2015, 02:35

Manteb tulisan mengko tak coba kabeh..yang penting kandang jadi ndak bau

harat
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 191
Join date : 12.08.12
Age : 36
Lokasi : limpung batang jawa tengah,hp 081348010208

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  ivan81 on Fri 16 Jan 2015, 03:06

mas...pakan yang di campur kunyit aman gak untuk pemberian tiap hari??

ivan81
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 156
Join date : 14.12.14

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  Jack Sparow on Fri 16 Jan 2015, 04:40

mbolang wrote:AGAN2 PAPAJI SHARING ILMU DEH..... Very Happy
ini aq temukan di mbah google.... waktu ayamku terkena penyakit menular... Crying or Very sad

MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM...
Pada saat musim kemarau kotoran ayam memang bau , namun di saat musim penghujan Kotoran Ayam bertambah bau karena kondisi lingkungan bertambah lembab dan tidak ada sinar matahari sehingga kotoran ayam selalu dalam kondisi basah dan menimbulkan bau yang menyengat . Bagai mana cara mengatasinya ? Ikuti tips selangkapnya …..

Tips Meminimalisir Bau Kotoran Ayam :

  1. Dengan menggunakan KUNYIT .
   KANDUNGAN KIMIA : Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Kandungan Zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 % Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 - 5 % Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) sisanya
   Penambahan Kunyit ke dalam pakan ternak diyakini dapat mengurangi bau amoniak pada kotoran. Fungsi kunyit dalam pakan adalah untuk meningkatkan kerja organ pencernaan unggas yaitu dengan merangsang dinding kantong empedu untuk mengeluarkan cairan empedu dan merangsang keluarnya getah pankreas yang mengandung enzim amilase, lipase, dan protease yang berguna untuk meningkatkan pencernaan bahan pakan seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Kotoran yang bau dikarenakan proses metabolisme yang kurang maksimal sehingga ada zat-zat makanan yang ikut terbuang melalui kotoran terutama protein.

2. Serbuk Zeolit
   Sekarang banyak dijual di toko-toko yang menyediakan berbagai keperluan untuk perikanan atau ternak. Serbuk zeolit ini akan menyerap senyawa-senyawa yang menjadi sumber bau kotoran hewan (amonia dan senyawaan sulfur). Harga juga terjangkau karena relatif murah. Kisaran ratusan rupiah tiap kilogramnya. Tinggal di taburkan saja di tempat kotoran ayam.
   Contoh pada hewan dan ternak ruminansia seperti sapi dan lainnya, penggunaannya malah dicampur dengan pakan, karena zeolit ini akan menyerap amonia yang dikeluarkan pada proses pencernaan, sehingga akan meningkatkan efektivitas pencernaan hewan tersebut dan pada akhirnya efiseinsi asupan nutrisi akan menjadi lebih baik.
ziolit kalo dalam perikanan batu untuk bagian filter yang menyerap amoniak,..dan sering di gunakan diaquarium dan kolam ikan KOI,..ziolit ada dalam bentuk batu besar2 ada yang kasar ada yang halus kaya pasir,..
namun jika menggunakan batu ziolit jangan sampai terkena air asin/atau air garam soalnya amoniak yang terserap akan terlepas kembali dan ini berbahaya kalo dalam ikan jadi pada keracunan namun kalo di ayam lom tau ^^
dan kalo yang mau beli batu ziolit di tempat jual ikan hias biasanya banyak

 3. Jamu Tradisional
   Ramuan tradisional yang terdiri dari temulawak, kunir / kunyit, jahe masing masing 1 kilo gram dicuci bersih dari kotoran, kemudian diblender ditambahkan air sekitar 10 liter kemudian disaring dan hasil saringan itu ditambahkan mikroba sebanyak 1 botol kemasan (bisa EM4 ataupun sejenisnya) dan ditambahkan gula pasir / gula jawa / tetes tebu sebanyak 1 kilo kemudian dimasukkan ke jerigen untuk difermentasikan selama seminggu, nah air hasil fermentasi tersebut yang diminumkan ke ayam setelah sebelumnya diencerkan (50 ml air jamu diencerkan dengan 1 liter air minum). Insyaallah selain kotoran tidak berbau, ayampun jadi sehat tidak terkena dampak penyakit karena perubahan musim / aratan

salam by om shakir Very Happy

Info yang sangat bermanfaat, 3poin yang mudah dan murah untuk diaplikasikan.
Salam berbagi Om Shakir

Jack Sparow
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 273
Join date : 18.06.14
Lokasi : Jl. Wadaslintang arah wonosobo

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  Joe_jago on Fri 16 Jan 2015, 07:18

nice info agan-agan

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1444
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  aji707 on Sun 18 Jan 2015, 06:16

Makasih infonya gan,  kalo mau praktis pake botoh aja tiap hari di bersihin tuh kandang... Hehe

aji707
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 450
Join date : 09.11.14
Lokasi : Jakarta - Windeck, Hp. 0815 1717 8001

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  mbolang on Tue 20 Jan 2015, 19:25

ivan81 wrote:mas...pakan yang di campur kunyit aman gak untuk pemberian tiap hari??
tdk ada pengaruhnya bos... malahan tambah sehat krn itu obat alami...
tapi tetap berdo'a dan menjaga kebersihan biar sehat selalu... heheheheh

mbolang

Jumlah posting : 8
Join date : 23.06.11
Age : 35
Lokasi : Gresik Jatim

http://www.trugee.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MEMINIMALISIR BAU KOTORAN AYAM

Post  Sponsored content Today at 14:22


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik