KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  heri#bara on Thu 21 Jul 2011, 07:35

brumbun mata putih, kaki putih..... jalak mata hitam, kaki hitam.... ada yg pernahh py ga tmnn2 ????? sy pernah py brumbun madu,mata putih,pacok putih kaki putih namanya karebet 13x menang tapi mainnya krng bgs pukulnya bgs tapi menang melulu ngadunya....

heri#bara
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 72
Join date : 26.12.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  poerranger on Thu 21 Jul 2011, 10:12

katurangga ayam bagus plus rawatan yang bagus, makin mantap pak

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Administrator on Thu 21 Jul 2011, 10:14

Bewok jengger besar + ekor panjang menjuntai.
Sy belom pernah liat...


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  poerranger on Thu 21 Jul 2011, 10:29

Administrator wrote:Bewok jengger besar + ekor panjang menjuntai.
Sy belom pernah liat...

kalau jengger wilah itu masuk katuranggan langka gak pak?

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Administrator on Thu 21 Jul 2011, 10:58

poerranger wrote:
Administrator wrote:Bewok jengger besar + ekor panjang menjuntai.
Sy belom pernah liat...

kalau jengger wilah itu masuk katuranggan langka gak pak?


Harus ada kombinasi lain yg membuatnya langka.
Kalau hanya sekedar wilah, banyak mas...


Terakhir diubah oleh Administrator tanggal Mon 29 Aug 2011, 19:01, total 1 kali diubah

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  poerranger on Thu 21 Jul 2011, 11:07

Administrator wrote:
poerranger wrote:
Administrator wrote:Bewok jengger besar + ekor panjang menjuntai.
Sy belom pernah liat...

kalau jengger wilah itu masuk katuranggan langka gak pak?


Harus ada kombinasi lain yg membuatnya langka.
Kalau hanya sekedar wilah, banyak mas...
yang termasuk langka itu apa aja ya pak? dan apa itu pengaruh pada kekuatan atau yoni ayam saat bertarung, trims

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  budi rooster on Thu 21 Jul 2011, 11:53

yg lebih langka lgi ayam bertelur emas...kekekeke
peace... Smile Smile Smile

budi rooster
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 377
Join date : 01.06.11
Age : 31
Lokasi : jawatimur (pasuruan)

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  poerranger on Thu 21 Jul 2011, 11:58

budi rooster wrote:yg lebih langka lgi ayam bertelur emas...kekekeke
peace... Smile Smile Smile
langka dan bikin kaya, hahahhahhaa

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Administrator on Thu 21 Jul 2011, 12:03

poerranger wrote:
Administrator wrote:
poerranger wrote:
Administrator wrote:Bewok jengger besar + ekor panjang menjuntai.
Sy belom pernah liat...

kalau jengger wilah itu masuk katuranggan langka gak pak?


Harus ada kombinasi lain yg membuatnya langka.
Kalau hanya sekedar wilah, banyak mas...
yang termasuk langka itu apa aja ya pak? dan apa itu pengaruh pada kekuatan atau yoni ayam saat bertarung, trims

Salah satu yg sangat langka mungkin seperti yg sy tanyakan diatas. Ayam brewok dgn jengger besar dan ekor panjang menjuntai.

Menurut saya yg bukan ahli dan tidak fanatik dgn katuranggan,
Katuranggan itu hanya penampilan fisik saja. Sebuah unsur harmonisasi dan keselarasan secara fisik menurut standart pakem budaya daerah tertentu.
Standart pakem yg kita gunakan mengacu pada budaya Jawa. Jadi ada kemungkinan pakem katuranggan jawa akan berbeda dgn pakem ala thailand, vietnam atau burma misalnya.
Ayam dgn katuranggan baik, seharusnya enak dilihat dan (entah benar atau tidak) dianggap memiliki wibawa tertentu.

Apakah ciri fisik ini berhubungan dgn karakter/sifat..??
Sampai saat ini sy masih beranggapan tidak ada hubungannya.
Kecuali kalau ada penelitian lanjutan yg menjelaskan hal tsb.






Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  poerranger on Thu 21 Jul 2011, 12:12

Administrator wrote:
poerranger wrote:
Administrator wrote:
poerranger wrote:
Administrator wrote:Bewok jengger besar + ekor panjang menjuntai.
Sy belom pernah liat...

kalau jengger wilah itu masuk katuranggan langka gak pak?


Harus ada kombinasi lain yg membuatnya langka.
Kalau hanya sekedar wilah, banyak mas...
yang termasuk langka itu apa aja ya pak? dan apa itu pengaruh pada kekuatan atau yoni ayam saat bertarung, trims

Salah satu yg sangat langka mungkin seperti yg sy tanyakan diatas. Ayam brewok dgn jengger besar dan ekor panjang menjuntai.

Menurut saya yg bukan ahli dan tidak fanatik dgn katuranggan,
Katuranggan itu hanya penampilan fisik saja. Sebuah unsur harmonisasi dan keselarasan secara fisik menurut standart pakem budaya daerah tertentu.
Standart pakem yg kita gunakan mengacu pada budaya Jawa. Jadi ada kemungkinan pakem katuranggan jawa akan berbeda dgn pakem ala thailand, vietnam atau burma misalnya.
Ayam dgn katuranggan baik, seharusnya enak dilihat dan (entah benar atau tidak) dianggap memiliki wibawa tertentu.

Apakah ciri fisik ini berhubungan dgn karakter/sifat..??
Sampai saat ini sy masih beranggapan tidak ada hubungannya.
Kecuali kalau ada penelitian lanjutan yg menjelaskan hal tsb.





trims pak buat penjelasanya, setidaknya kalau karakter gak terlalu bagus, katuranggannya baik, masih bisa buat klangenan ya pak, ayam brewok kayagnya memang lebih garang pak, kalau jengger besar ni pa jengger yang kayak topi gitu ya pak?

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Awan on Thu 21 Jul 2011, 12:18

ayam dalam angan-angan kita (ini pasti langka) masalahnya angan-angannya ndak pernah puas...banyak maunya.

salam

Awan
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 12.11.09
Age : 40

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Administrator on Thu 21 Jul 2011, 12:18

poerranger wrote:trims pak buat penjelasanya, setidaknya kalau karakter gak terlalu bagus, katuranggannya baik, masih bisa buat klangenan ya pak, ayam brewok kayagnya memang lebih garang pak, kalau jengger besar ni pa jengger yang kayak topi gitu ya pak?

Pokoknya jengger besar lah... Bentuk bisa macam2. Bisa jengger mawar, wilah atau napoleon. Yg penting bukan jengger kecil.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Administrator on Thu 21 Jul 2011, 12:19

Awan wrote:ayam dalam angan-angan kita (ini pasti langka) masalahnya angan-angannya ndak pernah puas...banyak maunya.

salam

Betul mas... angan2 itu kan obsesi atau cita2.
Ada baiknya juga punya obsesi atau cita2 yg sulit dicapai. Biar tidak cepat puas.
hehehe...



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  poerranger on Thu 21 Jul 2011, 12:21

Administrator wrote:
poerranger wrote:trims pak buat penjelasanya, setidaknya kalau karakter gak terlalu bagus, katuranggannya baik, masih bisa buat klangenan ya pak, ayam brewok kayagnya memang lebih garang pak, kalau jengger besar ni pa jengger yang kayak topi gitu ya pak?

Pokoknya jengger besar lah... Bentuk bisa macam2. Bisa jengger mawar, wilah atau napoleon. Yg penting bukan jengger kecil.
Smile
jengger tebal gitu ya pak, okok, oh ya apa jengger besar lebih kuat kena pukul dan patuk ya pak?

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Administrator on Thu 21 Jul 2011, 12:22

poerranger wrote:
Administrator wrote:
poerranger wrote:trims pak buat penjelasanya, setidaknya kalau karakter gak terlalu bagus, katuranggannya baik, masih bisa buat klangenan ya pak, ayam brewok kayagnya memang lebih garang pak, kalau jengger besar ni pa jengger yang kayak topi gitu ya pak?

Pokoknya jengger besar lah... Bentuk bisa macam2. Bisa jengger mawar, wilah atau napoleon. Yg penting bukan jengger kecil.
Smile
jengger tebal gitu ya pak, okok, oh ya apa jengger besar lebih kuat kena pukul dan patuk ya pak?

Ngga juga.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  poerranger on Thu 21 Jul 2011, 12:29

Administrator wrote:
poerranger wrote:
Administrator wrote:
poerranger wrote:trims pak buat penjelasanya, setidaknya kalau karakter gak terlalu bagus, katuranggannya baik, masih bisa buat klangenan ya pak, ayam brewok kayagnya memang lebih garang pak, kalau jengger besar ni pa jengger yang kayak topi gitu ya pak?

Pokoknya jengger besar lah... Bentuk bisa macam2. Bisa jengger mawar, wilah atau napoleon. Yg penting bukan jengger kecil.
Smile
jengger tebal gitu ya pak, okok, oh ya apa jengger besar lebih kuat kena pukul dan patuk ya pak?

Ngga juga.
jadi lebih ke penampilan ya pak, lebih gagah kalau besar, hahhaaaha

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Awan on Thu 21 Jul 2011, 12:36

Ayam "Kepio Api" entah apa nama didaerah lain.

Ciri-cirinya:
Bulu disekujur tubuhnya: paha, dada, punggung, perut runcing seperti bulu rawis, warnanya kuning kemerahan. bulu sayap ekor hitam tidak ada putih satupun.mata seperti mata Ular (keliatan urat merahnya) kaki paruh kuning gading mulus.

salam


Awan
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 12.11.09
Age : 40

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  poerranger on Thu 21 Jul 2011, 12:48

Awan wrote:Ayam "Kepio Api" entah apa nama didaerah lain.

Ciri-cirinya:
Bulu disekujur tubuhnya: paha, dada, punggung, perut runcing seperti bulu rawis, warnanya kuning kemerahan. bulu sayap ekor hitam tidak ada putih satupun.mata seperti mata Ular (keliatan urat merahnya) kaki paruh kuning gading mulus.

salam

kayak ciri2 ayam bangkok import asli ya pak?

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Awan on Thu 21 Jul 2011, 13:06

Betul Mas. tapi sekarang dah ndak ada lagi, sekitar tahun 80-an banyak masuk ke-Indonesia ramenya sekitar 84 s/d 87 -an, yah mau apalagi warna jali sekarang sedang buming.

Awan
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 12.11.09
Age : 40

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  poerranger on Thu 21 Jul 2011, 13:13

Awan wrote:Betul Mas. tapi sekarang dah ndak ada lagi, sekitar tahun 80-an banyak masuk ke-Indonesia ramenya sekitar 84 s/d 87 -an, yah mau apalagi warna jali sekarang sedang buming.
wah, masih balita saya, waktu itu, hahhahaha, oh sekarang jali ya pak trendnya,

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Awan on Thu 21 Jul 2011, 13:32

Coba Lihat disini untuk tambah -tambah referensi :.....
rugi kalau ndak lihat.

http://www.youtube.com/user/Kainoi2think#g/u
http://www.youtube.com/user/pagoy9999#g/u
http://www.youtube.com/user/plusmim#g/u
http://www.youtube.com/user/monkaichon#g/u

sementara dulu cukup.
jangan lupa sempatkan dilihat.

salam

Awan
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 12.11.09
Age : 40

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Hendro on Thu 21 Jul 2011, 16:28

Sepengetahuan saya ayam brumbun/blorok madu dengan kaki, mata dan paruh putih cukup banyak.....yang sulit saya temukan jika bulu brumbun/blorok madu dengan kaki, mata dan paruh warna hitam.......juga yang sulit ditemukan adalah ayam jengger wilah tapi brewok warna putih mulus dengan kaki, mata dan patuk hitam.....

Salam pirat scratch

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  alang on Thu 21 Jul 2011, 17:09

Hendro wrote:Sepengetahuan saya ayam brumbun/blorok madu dengan kaki, mata dan paruh putih cukup banyak.....yang sulit saya temukan jika bulu brumbun/blorok madu dengan kaki, mata dan paruh warna hitam.......juga yang sulit ditemukan adalah ayam jengger wilah tapi brewok warna putih mulus dengan kaki, mata dan patuk hitam.....

Salam pirat scratch
Wah ini pesanan sy sm mas hendro bbrp tahun yg lalu....mas hendro pasti udh lupa tuh....hehehe.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  heri#bara on Thu 21 Jul 2011, 21:52

betul mas admin bewok jengger bsr sy jg belum pernah lihat...

heri#bara
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 72
Join date : 26.12.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  la ummasa on Fri 22 Jul 2011, 17:56

Kesimpulan awal saya setelah membaca topik ini, katurangga adalah ciri fisik semata. adakah diantara rekan-rekan senior yang bisa mengidentifikasi macam-macam ciri-ciri fisik tersebut berikut istilah penyebutannya? misalnya:

* macam-macam patuk berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam jengger berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam mata dan warna mata berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam kepala berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam leher berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam bahu berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam badan berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam sayap berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam dada berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam pangkal ekor berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam brutu berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam supit berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam paha berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam kaki kering berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)
* macam-macam jari-jari kaki berikut istilah penyebutannya (nama dan beserta gambarnya)

dari semua bagian-bagian tubuh yang saya sebut di atas masih memiliki sub-sub yang masih perlu diidentifikasi. seperti kaki kering, terdiri dari sisik, jalu, dll. jangan jejali kami yang pemula ini dengan informasi tanggung......... lol! lol! lol!

YANG PUNYA ILMU TENTANG KATURANGGAN, MOHON PENJELASANNYA...!!!

la ummasa
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 621
Join date : 20.05.10
Lokasi : Depok

http://wn.com/laummasa

Kembali Ke Atas Go down

Re: KATEGORI AYAM LANGKA menurut katurangga

Post  Sponsored content Today at 21:34


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik