Induk buatan yang baik

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Induk buatan yang baik

Post  poerranger on Wed 27 Jul 2011, 15:42

buat papajiers saya mau sahare sekaligus minta saran nih bagaimana indukan buatan yang baik
2 minggu lalu saya memisahkan anak ayam saya dari induknya, saya membuat induk buatan dari kardus yang bawahnya saya kasih alas koran, dan saya kasih lampu bohlam besar, saya gak tau berapa watt, 2 minggu kemudian salah satu dari ayam saya, menutup satu matanya, lalu saya mempunyai pemikiran kalau itu mungkin disebabkan cahaya lampu yang terlalu terang, sehingga saya mengganti denagn lampu bohlam 5 watt, dan alhamdulilah mata ayam saya normal kembali.
pertanyaan saya
1. apakah induk buatan saya itu sudah baik atau belum?, kalau belum sebaiknya bagaimana?
2. apakah lampu terlalu terang itu memang bisa merusak mata anak ayam?
3. apakah benar kalau sebaiknya lampu untuk penghangat di cat merah?
4. lebih banyak baik atau tidak kalau ayam dikasih lampu terus sampai dewasa?
Mohon pencerahanya, trims

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  Administrator on Wed 27 Jul 2011, 17:38

Kalau anak ayam berkerumun di dekat lampu, itu tandanya kedinginan.
Kalau anak ayam berkerumun jauh2 dari lampu, itu tandanya kepanasan.

Alas kandang jangan pakai koran, kertas atau kardus. Alas seperti ini bikin licin dan menyebabkan kaki ciker (bengkok).
Pakai kawat ram kecil atau karpet saja.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  adib on Wed 27 Jul 2011, 20:09

pertanyaan 1 & 2 dah dijwb pak admin
untk lampu dicat merah itu gak pengaruh,,krn yg dibtuhkan adalah kehangatan cahaya lampu yg tepat sbgai pngganti ibunya...
klo saya pribadi,stelah umur 1 bln dah gak pake lampu,krn kandang yg berlampu dipake adiknya,kan ibu nya netasin telor lg,he.he.he Very Happy

salam

adib
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 419
Join date : 04.07.11
Lokasi : Rembang 082138520777 / 085641073337

http://adibfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  Pinandoyo Klaten on Wed 27 Jul 2011, 20:57

dikasih alas apa saja tidak apa asal jangan licin dan kering.
untuk pak admin, kenapa tiap tetasan saya gunakan kertas koran sebagai alas tapi tidak pernah ada kaki ayam yg bengkok/ ciker? gimama pak?
malah saya agak khawatir kalau pakai kawat ram malah membuat pertumbuhan kaki ayam kurang baik karena tidak bisa sempurna menapak. mohon pencerahannya pak! maklum junior banget
terimakasih.

kalau lampu yg secukupnya saja pak, jangan berlebihan, 5 watt cukup..
kalau ukuran kardus saya pikir cukup segitu pak. asal kardusnya rapat.
maaf kalau ada salah kata ya pak

Pinandoyo Klaten
kopral
kopral

Jumlah posting : 10
Join date : 28.06.11
Age : 28
Lokasi : KLATEN

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  Administrator on Wed 27 Jul 2011, 21:06

Pinandoyo Klaten wrote:dikasih alas apa saja tidak apa asal jangan licin dan kering.
untuk pak admin, kenapa tiap tetasan saya gunakan kertas koran sebagai alas tapi tidak pernah ada kaki ayam yg bengkok/ ciker? gimama pak?

Yg penting ngga licin. Menurut sy sih, kertas koran itu licin.
Tapi kalau ngga ciker, ya monggo aja dilanjut.

Pinandoyo Klaten wrote:
malah saya agak khawatir kalau pakai kawat ram malah membuat pertumbuhan kaki ayam kurang baik karena tidak bisa sempurna menapak. mohon pencerahannya pak! maklum junior banget
terimakasih.

Selama ini sy pakai kawat ram yg paling kecil 0,5x0,5cm.
Ga masalah tuh...
Yg penting ukuran lubang kawat ram jangan terlalu besar.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  ojieg on Wed 27 Jul 2011, 22:15

aku juga pake kawat ram gak ada masalah tuh sampai saat ini, ini lgi nyoba alas pasir; sudah ada yang pernah, hasilnya lebih baikkah?

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  Administrator on Wed 27 Jul 2011, 22:22

ojieg wrote:aku juga pake kawat ram gak ada masalah tuh sampai saat ini, ini lgi nyoba alas pasir; sudah ada yang pernah, hasilnya lebih baikkah?

- Alas pasir juga bagus, tapi harus rajin dibersihkan. Terutama jika basah kena tumpahan air minum.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  aries_setya on Thu 28 Jul 2011, 12:44

Pinandoyo Klaten wrote:dikasih alas apa saja tidak apa asal jangan licin dan kering.

kalau lampu yg secukupnya saja pak, jangan berlebihan, 5 watt cukup..
kalau ukuran kardus saya pikir cukup segitu pak. asal kardusnya rapat.
maaf kalau ada salah kata ya pak

kalo saya justru keliling kardus dilubangi agak banyak
bisar ada sirkulasi udara

aries_setya
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 201
Join date : 04.06.11
Lokasi : bantul, jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  poerranger on Thu 28 Jul 2011, 13:23

terima kasih banyak masukanya bapak bapak, jadi alas dari kawat ram, dan lampu secukupnya ya, oh ya banyak baik atau buruknya kalau anak ayam dikasih lampu terus sampe gede, mungkin faktor tulang atau apa pengaruh gak? trims sebelumnya

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  ojieg on Thu 28 Jul 2011, 16:33

Administrator wrote:
ojieg wrote:aku juga pake kawat ram gak ada masalah tuh sampai saat ini, ini lgi nyoba alas pasir; sudah ada yang pernah, hasilnya lebih baikkah?

- Alas pasir juga bagus, tapi harus rajin dibersihkan. Terutama jika basah kena tumpahan air minum.

kliatanya begitu bung ari, jdi semangat meneruskan. matur kasih

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 565
Join date : 26.03.09
Lokasi : Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  poerranger on Fri 29 Jul 2011, 14:56

ojieg wrote:
Administrator wrote:
ojieg wrote:aku juga pake kawat ram gak ada masalah tuh sampai saat ini, ini lgi nyoba alas pasir; sudah ada yang pernah, hasilnya lebih baikkah?

- Alas pasir juga bagus, tapi harus rajin dibersihkan. Terutama jika basah kena tumpahan air minum.

kliatanya begitu bung ari, jdi semangat meneruskan. matur kasih
di box dan alas pasir gitu bagusan mana ya pak?

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  pacita on Mon 01 Aug 2011, 12:25

Kl saya setiap netas ayam di bok dengan alas sekam padi. Karena lebih empuk, bisa menyerap kotoran dan lebih hangat. sehingga mengurangi jumlah watt lampu yang digunakan. sekam padi hanya digunakan selama 1 periode anakan (30 hari). setelah itu dibuang, kandang disemprot desinfektan dan dimasukkan sekam baru lagi. Selama ini tidak pernah mucul bau ataupun kutu.
Yang perlu diperhatikan adalah penempatan makan dan minum yang lebih tinggi, supaya tidak terkena cipratan sekam ketika ayam nyeker-nyeker. Very Happy Very Happy Very Happy

pacita
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 25.10.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  poerranger on Mon 01 Aug 2011, 13:16

pacita wrote:Kl saya setiap netas ayam di bok dengan alas sekam padi. Karena lebih empuk, bisa menyerap kotoran dan lebih hangat. sehingga mengurangi jumlah watt lampu yang digunakan. sekam padi hanya digunakan selama 1 periode anakan (30 hari). setelah itu dibuang, kandang disemprot desinfektan dan dimasukkan sekam baru lagi. Selama ini tidak pernah mucul bau ataupun kutu.
Yang perlu diperhatikan adalah penempatan makan dan minum yang lebih tinggi, supaya tidak terkena cipratan sekam ketika ayam nyeker-nyeker. Very Happy Very Happy Very Happy
sekarang udah pakai kandang kawat pak, tempat minum digantung, kalau penggunaan lampu sampai dewasa banyak baiknya apa buruknya ya pak? trims

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

wiharaputra

Post  wiharaputra on Mon 01 Aug 2011, 14:21

kalau penggunaan lampu sampai dewasa banyak baiknya apa buruknya ya pak? trims
[/quote]

baik:
- mengurangi gangguan predator
- kandang terang, maling lebih takut untuk braksi
- membantu ketika cuaca buruk
- ayam lebih cepat prtumbuhan krn bs makan d malam hari
buruk:
- boros listrik

jd, bnyk baiknya ntuh, mas.
ada saran, kritik? monggo

wiharaputra
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 129
Join date : 15.06.11
Age : 28
Lokasi : wonosari, yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  poerranger on Mon 01 Aug 2011, 15:11

wiharaputra wrote:
kalau penggunaan lampu sampai dewasa banyak baiknya apa buruknya ya pak? trims

baik:
- mengurangi gangguan predator
- kandang terang, maling lebih takut untuk braksi
- membantu ketika cuaca buruk
- ayam lebih cepat prtumbuhan krn bs makan d malam hari
buruk:
- boros listrik

jd, bnyk baiknya ntuh, mas.
ada saran, kritik? monggo [/quote]jadi lebih banyak kebaikannya ya pak, thanks pak buat masukannya

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  pacita on Mon 01 Aug 2011, 18:58

poerranger wrote:sekarang udah pakai kandang kawat pak, tempat minum digantung, kalau penggunaan lampu sampai dewasa banyak baiknya apa buruknya ya pak? trims
Fungsi lampu 0-30 hari adalah sebagai penghangat (ganti induk) dan penerangan
Fungsi Lampu 30 hari dst adalah sebagai penerangan (watt lebih kecil). Dengan adanya lampu merangsang anak ayam untuk makan terus. Pertumbuhan tentu akan lebih cepat. Kl saya lampu benar-benar di setop setelah ayam berumur 2,5 bulan. Ayam dah mulai diumbar dan malam biarkan istirahat penuh. Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed

pacita
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 25.10.10

Kembali Ke Atas Go down

wiharaputra

Post  wiharaputra on Tue 02 Aug 2011, 13:56

poerranger wrote:
wiharaputra wrote:
kalau penggunaan lampu sampai dewasa banyak baiknya apa buruknya ya pak? trims

baik:
- mengurangi gangguan predator
- kandang terang, maling lebih takut untuk braksi
- membantu ketika cuaca buruk
- ayam lebih cepat prtumbuhan krn bs makan d malam hari
buruk:
- boros listrik

jd, bnyk baiknya ntuh, mas.
ada saran, kritik? monggo
jadi lebih banyak kebaikannya ya pak, thanks pak buat masukannya[/quote][quote]

iya, asma2, eh sama2

wiharaputra
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 129
Join date : 15.06.11
Age : 28
Lokasi : wonosari, yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  poerranger on Tue 02 Aug 2011, 15:54

pacita wrote:
Fungsi lampu 0-30 hari adalah sebagai penghangat (ganti induk) dan penerangan
Fungsi Lampu 30 hari dst adalah sebagai penerangan (watt lebih kecil). Dengan adanya lampu merangsang anak ayam untuk makan terus. Pertumbuhan tentu akan lebih cepat. Kl saya lampu benar-benar di setop setelah ayam berumur 2,5 bulan. Ayam dah mulai diumbar dan malam biarkan istirahat penuh. Embarassed Embarassed Embarassed Embarassed
ni belum sebulan pak, jd sebulan ke atas watt kecil ya pak, 5 watt cukup ya pak, dan itu hanya sampai umur 25 bulan ya pak, trims sebelumnya buat penjelasanya pak

poerranger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 357
Join date : 01.07.11
Age : 28
Lokasi : kepung - pare - kediri

http://papaji.forumotion.com/u4780

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk buatan yang baik

Post  Sponsored content Today at 21:36


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik