SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  ¤Di@n-M@gelang¤ on Fri 20 Jan 2012, 18:46

6run93 wrote:Permisi Om Momod ... Senior2 n Rekan2 Papaji sekalian

Maaf mungkin ini agak keluar jalur.
Tapi ane butuh solusi ato paling ga saran dari Om Momod, Senior2, dan Rekan2 Sekalian
Jika ayam sempoyongan kira2 Vitamin ato Mineral apa saja yg bisa digunakan untuk memperbaiki kondisinya?

Sekian,
Matur Nuwun
Vitamin C dan B kompleks bang!

¤Di@n-M@gelang¤
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1902
Join date : 30.05.11
Age : 33
Lokasi : ¤B@nTul-JogjA/M@g€lAng-G€milAng¤

Kembali Ke Atas Go down

vitamin2nya boleh jg tuh..???

Post  arisaja on Thu 29 Mar 2012, 11:10

wah....patut dicoba......... Very Happy

arisaja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 21.03.12
Age : 33
Lokasi : Manggar-Belitung Timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  muhikhsan on Sun 06 May 2012, 06:44

arif wrote:Kalau mineral? fungsi dan sumbernya? ada yang mau menambahkan? Very Happy

Kalau mineral menurut saya lebih banyak ke pertumbuhan tulang yg kuat serta stamina dan otak...

muhikhsan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 29.04.12
Lokasi : Sidrap, Makassar Sulawesi Selatan

http://www.keris.biz

Kembali Ke Atas Go down

Infonya top markotop

Post  muhikhsan on Sun 06 May 2012, 06:46

Nais inpo gan... sedikit sy tambahkan cara ane merawat ayam dan mencetak seekor jagoan... boleh baca di trit sy nih : http://papaji.forumotion.com/t10106-memperkuat-nafas-dan-fisik-ayam#146223

muhikhsan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 29.04.12
Lokasi : Sidrap, Makassar Sulawesi Selatan

http://www.keris.biz

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  muhikhsan on Sun 06 May 2012, 06:48

¤Di@n-M@gelang¤ wrote:
6run93 wrote:Permisi Om Momod ... Senior2 n Rekan2 Papaji sekalian

Maaf mungkin ini agak keluar jalur.
Tapi ane butuh solusi ato paling ga saran dari Om Momod, Senior2, dan Rekan2 Sekalian
Jika ayam sempoyongan kira2 Vitamin ato Mineral apa saja yg bisa digunakan untuk memperbaiki kondisinya?

Sekian,
Matur Nuwun
Vitamin C dan B kompleks bang!
Coba diberikan VCO (virgin coconut oil) setengah sendok tek 2xsehari gan

muhikhsan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 29.04.12
Lokasi : Sidrap, Makassar Sulawesi Selatan

http://www.keris.biz

Kembali Ke Atas Go down

saran dari pemula

Post  si_toro on Sat 26 May 2012, 22:18

sepertinya pemberian vitamin harus menggunakan feeling si pemilik ayam, ya di sesuaikan saja menurut saya sih, jangan terlalu bnyak dan jangan terlalu dikit ya di tengah" biar aman, kalo terlalu ke depan malah tersandung, terlalu di belakang malah ngajengkang. hahahaha

si_toro
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 127
Join date : 23.05.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  edham on Sun 24 Jun 2012, 23:39

makasih infonya bang!! sangat bermanfaat!
Very Happy

edham
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 643
Join date : 11.06.12
Lokasi : palu sulawesi tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  Romipatir on Sun 15 Jul 2012, 20:51

Administrator wrote:
gerimis wrote:Sekedar sharing nih. Ada seorang teman saya yang selalu memberikan vitamin ataupun obat yang biasa di konsumsi manusia untuk di berikan pada ayamnya dengan dosis yang sama seperti yang biasa dikonsumsi manusia dewasa. Sedangkan yang saya tahu sistem pencernaan manusia sangat jauh berbeda dengan sistem pencernaan ayam, yang otomatis berpengaruh pada sistem penyerapan nutrisi yang berbeda pula. Yang jadi pertanyaan saya :

Betul mas... sistem pencernaan manusia dan hewan berbeda. Cara penyerapannya sama, tapi prosesnya yg berbeda. Tapi, apa yg diserap, antara manusia dan ayam, prinsipnya adlh sama.
Keduanya butuh karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin.

gerimis wrote:
1. Apakah vitamin dan obat manusia tadi bisa di terima sistem kerja metabolisme tubuh ayam ?

Bisa.

gerimis wrote:2. Kalaupun bisa, bagaimana dosisnya? Karena biasanya saat kita berobat, dokter kadang2 memberikan dosis obat berdasarkan berat badan pasien, seperti contoh : orang dewasa yang kira2 beratnya 60 kg dosis 1 tablet. Untuk anak2 yg kira2 beratnya 30 kg dosis 1/2 tablet ( biasanya tertera juga di bungkus obat walaupun disana berpatokan pada umur). Bagaimana dengan dosis untuk ayam yang beratnya hanya 3 kg?

Kalau mau akurat, harus dihitung juga kebutuhan nutrisi, tidak hanya berdasar berat badan. Tapi juga berdasar aktifitasnya. Seorang atlit dgn berat 60kg, tentu akan berbeda kebutuhan nutrisinya dgn orang biasa dgn berat yg sama. Demikian juga dgn ayam.

Utk vitamin, terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu vitamin yg larut dalam air dan larut dalam lemak.
Utk yg larut dalam air (vit. B & C), tidak jadi masalah yg serius. Bila kelebihan dosis, vitamin akan larut dalam air dan terbuang bersama urine/feses.
Yg menjadi masalah adlh utk vitamin yg larut dalam lemak (vit. A,D,E & K). Bila dosisnya berlebihan, maka akan tertimbun dalam tubuh dan bisa menjadi racun (hipervitaminosis).
Tapi jangan terlalu khawatir. Yang disebut Hipervitaminosis itu adlh bila dosisnya puluhan bahkan ratusan kali lipat dari yg semestinya, dan berlangsung dalam jangka waktu yg kontinyu dan relatif lama.

gerimis wrote:
3. Mana yang lebih baik vitamin dan obat yang memang dikhususkan untuk ayam dan sudah melewati penelitian ilmiah sebelumnya, atau vitamin dan obat yang biasa di konsumsi oleh manusia yang sampai saat ini belum pernah di teliti secara ilmiah apakah berpengaruh terhadap ayam atau tidak ? Terima kasih.

Seharusnya, vitamin dan obat2an yg dikhususkan utk ayam adlh lebih baik krn dosisnya sudah sesuai takaran.
Tapi yg jadi masalah, vitamin dan obat2 utk ayam biasanya bahan yg digunakan tidak sebagus vitamin dan obat utk manusia.

Kalau sy pribadi, utk pengobatan, sy gunakan obat2 utk ayam krn dosisnya sudah diatur oleh pembuatnya. Kelebihan dosis obat, akibatnya fatal.
Utk vitamin, silakan pakai vitamin utk manusia. Dosisnya dikira2 saja. Yg penting jangan terlalu berlebihan sampai puluhan kali lipat.

CMIIW
Smile
salam pak Admint,saya mau tanya berarti kalau terlalu sering memberikan vit utk manusia kepada ayam apakah akan berdampak tidak baikah pak Admint.....?? soalnya saya sering memberikan vit spt Vit A,B/B1,C dll kepada ayam saya.terima kasih

Romipatir
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 185
Join date : 09.07.12
Age : 39
Lokasi : Batusangkar,SUMBAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  binocular's on Thu 04 Oct 2012, 22:48

maaf para senior kalo saya mungkin agak sedikit berbeda, pemberian vitamin hanya minyak ikan dengan multivitamin khusus ayam , contoh s***t**p dll
karena biar gmanapun tubuh ayam sangat berbeda dengan tubuh manusia
yg mana dosis yg di berikan/terkandung di dalam vitamin untuk manusia adalah terlalu berlebihan untuk ayam .
just my 2 cent, hehe, maaf kalo kurang berkenan mas mba ..

binocular's
kopral
kopral

Jumlah posting : 31
Join date : 04.10.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  Amal Fajar on Sat 13 Oct 2012, 17:48

Pemberian vitamin C berapa kali dalam seminggu ?? mohon penejelasannya

Salam Very Happy

Amal Fajar

Jumlah posting : 2
Join date : 09.10.12
Age : 17
Lokasi : Makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  Dono on Sun 28 Oct 2012, 12:47

Sangat bermanfaat dan memang terbukti:
Pengalaman saya Ada perbedaan yang jelas antara ayam yang diberi vitamin, mineral dan nutrisi yang baik (protein dan lemak), dengan yang hanya dikasih makan biasa (gabah, por, jagung).
Sekedar gambaran:
Ayam yang diberi nutrisi tambahan dan jamu, vit B Complex, telur puyuh, belut, tomat, kencur&kunyit, memiliki stamina yang baik (6 ronde tenaga masih baik), dan setelah tarung 6 ronde dalam waktu 2 Minggu sudah pulih, termasuk matanya yg amblong. Ayam juga relatif tahan terhadap penyakit.
Kelemahannya, bulu ayam getas dan lebih cepat rontok, mungkin ada dosis yg kelebihan yang saya belum tahu, mohon saran dari para senior.

Dono
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 346
Join date : 13.03.12
Age : 54
Lokasi : Jakarta/Muntilan HP:081212896789 PINBB-2AB433A1

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  arawinda on Mon 19 Nov 2012, 10:34

Dono wrote:Sangat bermanfaat dan memang terbukti:
Pengalaman saya Ada perbedaan yang jelas antara ayam yang diberi vitamin, mineral dan nutrisi yang baik (protein dan lemak), dengan yang hanya dikasih makan biasa (gabah, por, jagung).
Sekedar gambaran:
Ayam yang diberi nutrisi tambahan dan jamu, vit B Complex, telur puyuh, belut, tomat, kencur&kunyit, memiliki stamina yang baik (6 ronde tenaga masih baik), dan setelah tarung 6 ronde dalam waktu 2 Minggu sudah pulih, termasuk matanya yg amblong. Ayam juga relatif tahan terhadap penyakit.
Kelemahannya, bulu ayam getas dan lebih cepat rontok, mungkin ada dosis yg kelebihan yang saya belum tahu, mohon saran dari para senior.

mantap infonya mas...
menurut orang awam seperti saya pemberian suplemen khususnya yang buatan pabrik jangan tiap hari gan, diberi jeda waktu mungkin... maap lok salah...

arawinda
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 19.09.12
Age : 29
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  pamanuye on Tue 20 Nov 2012, 23:41

ikut nyimak om... Smile

pamanuye
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 384
Join date : 06.11.12
Age : 36
Lokasi : pati, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  jawara on Wed 28 Nov 2012, 19:41

bagi sy pemberian Vitamin adalah wajib

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  arawinda on Wed 28 Nov 2012, 23:14

jawara wrote:bagi sy pemberian Vitamin adalah wajib

Saya cenderung ke metode alami...

arawinda
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 19.09.12
Age : 29
Lokasi : Bondowoso

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  GaZiel22 on Mon 22 Apr 2013, 10:33

Sundul lgi threadnya,.
Klo buat pemberian vitamin sma minyak ikannya dmulai pda saat ayam umur brp dn smpai umur brpa, mhon pncerahannya..

GaZiel22
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.12.12
Age : 26
Lokasi : Sum-Sel

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  susanto thoha on Fri 07 Jun 2013, 12:10

mau nanya dikit nih soal porsi makan dan asupan gizi perharinya berapa...
mohon di isi ya :

1. porsi makan perhari : ....... gram
2. energi sebesar : ...............kilokalori
3. protein : .................. gram
4. karbohidrat : ............. gram
5. lemak : .............. gram
6. kalsium : ................. miligram
7. fosfor : .................miligram
8. zat besi : ............... miligram
9. Vitamin A sebanyak : ........... IU
10. vitamin B1 : .................. miligram
11. vitamin C : ...............miligram

silahkan klw ada yg mau di tambahkan,, monggo ?

kategorinya bagi dua ya bang untuk Ayam Pukul & Ayam Jalu..

Di tunggu ya


susanto thoha
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 74
Join date : 24.12.11
Age : 32
Lokasi : Jl. Jati No. 7A, Bulukumba, No Telp. 08114134032 /Pin BB 2976FCBA

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  PLENYUN on Mon 12 Aug 2013, 00:12

Info yang sangat berguna bagi pemula seperti saya
Thanks admin, seniors, n rekans atas sharingnya
Smile Smile Smile

PLENYUN
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 09.11.12
Lokasi : Purbalingga - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  codot04 on Fri 13 Sep 2013, 08:06

ma'af sblumnya..
kl saya anak ayam umur 2 blan aku kasih vit A,B Complek,C stiap 2hari skali.tp pemberianya bergantian.cont0h 2hari aku ksih vit A,2hari lg aku ksh vit B complek,2hri lg aku ksih vit C.dan 2hri lg aku ksih kalk stengah tablet/250mg+minyak ikan.
kl untuk anak ayam umur 1blan ke bwah stiap 1minggu sekali aku kasih vit A,B complek,C,dan kalk aku larutin di air minumnya.
prtanya'annya,,,
apa udah bner cara yg aku terapkan ini?
m0h0n penjelasannya!!!
makasih

codot04
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 99
Join date : 12.09.13
Age : 28
Lokasi : lasem,rembang jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  johnalvin on Thu 06 Feb 2014, 21:27

codot04 wrote:ma'af sblumnya..
kl saya anak ayam umur 2 blan aku kasih vit A,B Complek,C stiap 2hari skali.tp pemberianya bergantian.cont0h 2hari aku ksih vit A,2hari lg aku ksh vit B complek,2hri lg aku ksih vit C.dan 2hri lg aku ksih kalk stengah tablet/250mg+minyak ikan.
kl untuk anak ayam umur 1blan ke bwah stiap 1minggu sekali aku kasih vit A,B complek,C,dan kalk aku larutin di air minumnya.
prtanya'annya,,,
apa udah bner cara yg aku terapkan ini?
m0h0n penjelasannya!!!
makasih

nunggu jawaban juga dari senior2...  Shocked 

johnalvin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 303
Join date : 08.04.13
Lokasi : Peter Cung Boxing Camp

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  slammy on Thu 06 Feb 2014, 22:05

johnalvin wrote:
codot04 wrote:ma'af sblumnya..
kl saya anak ayam umur 2 blan aku kasih vit A,B Complek,C stiap 2hari skali.tp pemberianya bergantian.cont0h 2hari aku ksih vit A,2hari lg aku ksh vit B complek,2hri lg aku ksih vit C.dan 2hri lg aku ksih kalk stengah tablet/250mg+minyak ikan.
kl untuk anak ayam umur 1blan ke bwah stiap 1minggu sekali aku kasih vit A,B complek,C,dan kalk aku larutin di air minumnya.
prtanya'annya,,,
apa udah bner cara yg aku terapkan ini?
m0h0n penjelasannya!!!
makasih

nunggu jawaban juga dari senior2...  Shocked 

kebetulan di rumah lgi ga ada ayam skr, dipindahin ke tmpat temen semua krn lgi ga bisa piara di rumah, waktu masih piara sendiri terbiasa kasih multivitamin 2x seminggu dan minyak ikan 1x seminggu, efek samping memang ayam jdi gemuk, setelah pindah di kandang temen rupanya kandangnya suka kemasukan angin atau rintik air berhubung cuaca lgi ga bersahabat, pola rawat juga tidak se intensif perawatan sy khususnya dalam pemberian vitamin, 2 hari yg lalu dpt kabar banyak ayamnya yg kondisinya tidak fit dan ada gejala sakit, tapi ayam2 yg dari saya masih aman dan tidak ada gejala sakit sama sekali.  Very Happy 

slammy
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 650
Join date : 17.01.12
Lokasi : Kebon Jeruk, Jakbar

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  aditp on Thu 06 Feb 2014, 22:29

Ikutan Nyimak ya..  Laughing 
Kalau aku, pemberian Vitamin tuk Ayam cukup 1x sampai 2x seminggu saja..
Cukup Aku kasih Enervon-C saja,
''Biar gak Gampang Sakit''...  Very Happy 

Lanjut....

aditp
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1307
Join date : 05.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  losi on Fri 07 Feb 2014, 15:47

study study study 

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  squallj on Fri 07 Feb 2014, 16:00

Wow ketinggalan info.....
Nyimak dl....

squallj
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1062
Join date : 26.02.13
Lokasi : Kediri - Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  jawara on Wed 12 Feb 2014, 20:42

Infonya menarik n penting bngt

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: SALAHKAH PEMBERIAN VITAMIN PADA AYAM ???

Post  Sponsored content Today at 18:56


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik