SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Halaman 3 dari 17 Previous  1, 2, 3, 4 ... 10 ... 17  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Sat Aug 13, 2011 1:47 pm

salam rekan2 smua, sebetulnya saya di sumpah untuk tidak membocorkan prihal caturangga tapi ini semata haya untuk kemajuan papaji untuk bersaing dengan negri penghasil ayam2 jawara thailand ksususnya...

sebelum saya berbicara soal caturangga kita samakan dulu persepsi, selama ini banyak penghoby yang membicarakan ini-itu tentang apa itu caturangga.
jadi caturangga itu merupakan ciri2 yang terdapat pada ayam, bisa diartikn klo orang thai bilang cara memilih ayam ideal begitu. sudah tdk ada arti lain lg mau mitos kah mau mistis kah menurut saya tdak demikian segala sesuatu yg di ciptakan oleh tuhan tidak ada yg tdk mungkin dan segalanya bisa dipelajari karena dunia ini di ciptakan untk orang2 yg berpikir az.

caturangga adalah 4hal yang terdapat pada raga ayam seperti yang pernah saya sampaikn, yaitu:
1.kepala
2.tulangan
3.bulu
4.kaki
dan dari setiap organ diatas memiliki sub-sub 4 lg.


kita coba bahas yang pertama "kepala". kepala ayam terdiri dari 4 bagian penting untuk ayam aduan
yaitu:
1.patuk
2.mata
3.kulit
4.bentuk

silakan rekan2 dishere mungkin banyak yang tau yang bagai mana yang bagus dari sub kepala diatas...

salam kompak slalu

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Sat Aug 13, 2011 1:54 pm

kang rony malah saya sering liat ayam yang dikatakan kang rony diatas lari terbirit2 di gelanggang, menurut saya bukan itu penyebabnya c'ayam berani mati di kalangan. salam.

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Sat Aug 13, 2011 1:56 pm

zin494 wrote:sangat ditunggu videonya kalo jadi, enak non aja mas hehehe
Kebetulan saya bukan penganut katuranggan, lebih senang dengan prediksi dan feeling dengan melihat struktur anatomi, dan auranya atau sorot mata serta perilaku ayam cheers cheers



bang zinaga sudah benar dalam memilih ayam, abang ini punya bakat. tapi klo sudah belajar caturangga bang zinaga akan terheran2

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Sat Aug 13, 2011 2:07 pm

Nah, ini yg sy maksud dgn pertanyaan sy diatas :
Apakah ciri fisik tertentu bisa dijadikan acuan yg menggambarkan sifat/karakternya...??

Bukan bermaksud menyanggah bang Roni. Tapi ini adlh sepenggal pengalaman bang Roni tentang ciri fisik dalam hubungannya dgn karakter.
Apakah pengalaman ini juga terjadi pada teman2 yg lain...???
Benarkah setiap ayam yg punya bulu putih di kepala memiliki mental yg hebat..??

Terkadang pengalaman pribadi bisa mempengaruhi persepsi seseorang walaupun belum tentu benar. Jadi semacam sugesti.
Atau bisa juga krn ketidakmampuan seseorang menganalisa sesuatu hal, maka apa yg terlihat bisa dgn gampangnya dijadikan 'kambing hitam' sebuah kegagalan.
Ini mirip dgn kasus ayam warna jalak yg kalah dgn ayam warna wiring kuning. Yg disalahkan adlh warnanya yg jalak. Padahal banyak faktor lain yg seharusnya dianalisa lebih mendalam.

Maaf, sy tidak bermaksud 'menyudutkan' para pendukung katuranggan. Ini hanya sekedar ilustrasi agar bisa dijadikan pembahasan lebih lanjut.


silakan lanjut...

[/quote]



saya suka dengan c'akang ini slalu punya study banding, jalak vs wiring kuning yg menang wiring kuning ini memang seharusnya terjadi knapa karena wiring kuning ini adalah ayam kelas yang terdiri dari 2 kata wiring dan kuning, wiring= bulu kuning= warna emas (kuning/emas memiliki siloka menandakan kesejehteraan dan kemewahan dan biasanya digunakan oleh para raja pd zaman dulu, tapi di thailand sana para raja masih menggunakan warna ini sampai skrang bahkan king of cock di sana berjubah wiring kuning saya baca itu di majalah.)

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Sat Aug 13, 2011 2:15 pm

Mantap pak .... caturangga yang merupakan warisan para leluhur ...plaese di sharing dan mau membuktikan .....
Saya termasuk orang yg me Nomer 2 kan Katurangga karena ngak ngerti dan bila ada juga sebagai bonus
salam ferry bun medan [/quote]






benir nih om tertarik untuk membuktikan caturangga???
om ini ayamnya banyak jd bisa dengan mudah untuk mendapatkan semple saya siap bantu om...

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Sat Aug 13, 2011 2:20 pm

APTANTO wrote:Usul dari pemula : misalkan di Caturangga ada kriteria yang baik mengnai Kepala , Tulang , bulu dan kaki , tolong sekalian di jelaskan Kepala , Tulang , Bulu dan Kaki yang baik itu seperti apa ciri ciri detailnya + warnanya sekalian .

Nah dengan Pak Cepot menguraikan secara detai ciri Kepala , Tulang , bulu dan kaki yang baik menurut Caturangga , kini giliran rekan rekan yang lain menanggapi ciri ciri yang sudah Pak Cepot sampaikan sehingga bisa kita ketahui bersama :

1.Apakah ciri yang disebutkan Pak Cepot cocok dengan standarisasi / Pakem ayam bagus di semua daerah di Indonesia (selain jawa) syukur syukur ada rekan yang paham standarisasi / Pakem ayam bagus di negara Lain seperti Thailand , Burma , Vietnam ?

2.Dan juga bisa diketahui bersama apakah ayam yang memenuhi semua kriteria caturangga yg di sebutkan Pak Cepot SELALU menang dalam sebuah pertarungan dengan atau tidak memperhatikan gandeng / ukuran.

3.Bisa juga diketahui bersama apakah ayam yang tidak memenuhi semua kriteria caturangga yg di sebutkan Pak Cepot SELALU kalah dalam sebuah pertarungan walau teknik dan pukulnya tidak jelek.

Nah semoga rekan rekan yang lain dan para sesepuh serta senior sekalian mau berbagi pengalaman dan pengetahuan sehingga umpan dari Pak Cepot bisa kita telaah sehingga bisa menambah wawasan kita bersama . Trim salam






kang aptanto klo mo belajar pasti cepet bisa nih.

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  Administrator on Sat Aug 13, 2011 4:33 pm

cepot wrote:saya suka dengan c'akang ini slalu punya study banding, jalak vs wiring kuning yg menang wiring kuning ini memang seharusnya terjadi knapa karena wiring kuning ini adalah ayam kelas yang terdiri dari 2 kata wiring dan kuning, wiring= bulu kuning= warna emas (kuning/emas memiliki siloka menandakan kesejehteraan dan kemewahan dan biasanya digunakan oleh para raja pd zaman dulu, tapi di thailand sana para raja masih menggunakan warna ini sampai skrang bahkan king of cock di sana berjubah wiring kuning saya baca itu di majalah.)


Apakah wiring kuning selalu menang melawan jalak...??
Hanya gara gara warnanya...??






Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6127
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  iyang on Sat Aug 13, 2011 4:37 pm

Administrator wrote:
Roni Rayanto wrote:Saya pribadi termasuk yg masih menilai dari sisi katurangga/katuranggan/caturangga dalam memilih ayam..

Untuk saat ini yg masih saya jadikan acuan :
1. Untuk sisik kaki yg ubet/gelang/blebet, rata2 (tidak semua) memiliki pukulan yg 'panas' (saraf), apalagi yg cm tunggal dan letaknya persis posisinya pada jalu, rata2 jalunya bisa dipastikan jahat. Namum umumnya ayam dgn kaki seperti ini memiliki jalu renteng/lepek. Utk sisik kaki seperti ini sama juga masih saya percaya dengan sisik pecah pada ujung jari, sama dgn sisik ubet/gelang/blebet, ciri kaki dgn sisik pecah pada ujung2 jarinya memiliki pukulan yg 'panas', malah terkadang cenderung fatal dampaknya terutama yg memiliki jalu yg jahat (bikin lawan jatuh, bahkan mati)

2. Bulu kepala warna putih, biasanya warna putihnya sampai belakang kuping, bila bulu ayam/rawisnya berbulu merah/hitam. Contoh :
http://imageshack.us/photo/my-images/600/slide1tr.jpg/][img]http://img600.imageshack.us/img600/9452/slide1tr.jpg
ayam dgn ciri2 memiliki warna putih di kepala seperti ini masih saya jadikan acuan dari sisi mental, karena dari pengalaman saya ayam dgn ciri kepala seperti ini rata2 lebih memilih mati di tempat daripada harus teriak 'keok' bila dalam kondisi 'kalah' saat bertempur di kalangan. Kebetulan yg ada di foto ini si Susi ayam saya (maaf klo yg bosan melihatnya Embarassed ), yg secara mental saya bisa jamin sangat mantap, karena waktu seri/draw, berkali2 terpukul jatuh, terkena saraf-nya smp 'joget2' mengelilingi ring kalangan, tapi pantang mundur dan selalu maju menyerang wlo kondisi 'budeg'nya blm sembuh sekalipun,,,

Nah, ini yg sy maksud dgn pertanyaan sy diatas :
Apakah ciri fisik tertentu bisa dijadikan acuan yg menggambarkan sifat/karakternya...??

Bukan bermaksud menyanggah bang Roni. Tapi ini adlh sepenggal pengalaman bang Roni tentang ciri fisik dalam hubungannya dgn karakter.
Apakah pengalaman ini juga terjadi pada teman2 yg lain...???
Benarkah setiap ayam yg punya bulu putih di kepala memiliki mental yg hebat..??

Terkadang pengalaman pribadi bisa mempengaruhi persepsi seseorang walaupun belum tentu benar. Jadi semacam sugesti.
Atau bisa juga krn ketidakmampuan seseorang menganalisa sesuatu hal, maka apa yg terlihat bisa dgn gampangnya dijadikan 'kambing hitam' sebuah kegagalan.
Ini mirip dgn kasus ayam warna jalak yg kalah dgn ayam warna wiring kuning. Yg disalahkan adlh warnanya yg jalak. Padahal banyak faktor lain yg seharusnya dianalisa lebih mendalam.

Maaf, sy tidak bermaksud 'menyudutkan' para pendukung katuranggan. Ini hanya sekedar ilustrasi agar bisa dijadikan pembahasan lebih lanjut.


silakan lanjut...


saya pribadi punya pengalaman di kalangan lebih dari satu kali (kalau tidak mau disebut banyak) mendukung salah satu ayam di kalangan berdasarkan warna bulu dan kaki yang berpatokan pada hari pasaran (cat : ke 2 ayam bukan punya saya dan saya tidak pegang) cuma saya tau hari tersebut yang unggul adalah warna bulu A dan warna kaki B, ini yang jadi pegangan saya dan ternyata sampai terakhir ke kalangan belum pernah meleset

iyang
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 704
Join date: 09.03.10
Age: 41
Lokasi: Tarumajaya Bekasi, 085714907816

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  Ringgas Hutagaol on Sat Aug 13, 2011 5:40 pm

iyang wrote:
saya pribadi punya pengalaman di kalangan lebih dari satu kali (kalau tidak mau disebut banyak) mendukung salah satu ayam di kalangan berdasarkan warna bulu dan kaki yang berpatokan pada hari pasaran (cat : ke 2 ayam bukan punya saya dan saya tidak pegang) cuma saya tau hari tersebut yang unggul adalah warna bulu A dan warna kaki B, ini yang jadi pegangan saya dan ternyata sampai terakhir ke kalangan belum pernah meleset

Mantaps sekali ilmunya. Berarti nggak ada pengaruh kesiapan fisik, trah, pengalaman bertaraung. Pokoknya hari tsb yg unggul warna bulu A dan warna kaki B, walau ayam tsb tidak siap fisiknya atau sudah pernah kalah di kalangan. Sementara lawannya siap fisik dan sdh win 8x.

Ringgas Hutagaol
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1054
Join date: 27.02.11
Age: 50
Lokasi: Jakarta Utara - 081398023456

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  iyang on Sat Aug 13, 2011 6:01 pm

Ringgas Hutagaol wrote:
iyang wrote:
saya pribadi punya pengalaman di kalangan lebih dari satu kali (kalau tidak mau disebut banyak) mendukung salah satu ayam di kalangan berdasarkan warna bulu dan kaki yang berpatokan pada hari pasaran (cat : ke 2 ayam bukan punya saya dan saya tidak pegang) cuma saya tau hari tersebut yang unggul adalah warna bulu A dan warna kaki B, ini yang jadi pegangan saya dan ternyata sampai terakhir ke kalangan belum pernah meleset

Mantaps sekali ilmunya. Berarti nggak ada pengaruh kesiapan fisik, trah, pengalaman bertaraung. Pokoknya hari tsb yg unggul warna bulu A dan warna kaki B, walau ayam tsb tidak siap fisiknya atau sudah pernah kalah di kalangan. Sementara lawannya siap fisik dan sdh win 8x.

Diatas saya disebutkan kejadian tersebut adalah di kalangan ke 2 ayam bukan punya saya dan tidak saya pegang, cuma yang pasti setiap ayam turun kalangan pasti sudah disiapkan, dan saya secara pribadi sudah membuktikan, setiap orang turun kalangan pasti sudah yakin dengan ayam yg diturunkan sehingga katuranggan / hari pasaran adalah faktor x yg menurut saya layak diperhitungkan, ( bukan seperti asumsi mas ayam tidak siap / sudah pernah kalah di kalangan vs ayam siap fisik / sudah menang 8x)

iyang
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 704
Join date: 09.03.10
Age: 41
Lokasi: Tarumajaya Bekasi, 085714907816

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  Administrator on Sat Aug 13, 2011 7:43 pm

Sudah sejak lama pembahasan mengenai katuranggan, primbon, weton, dsb menjadi hal yg menarik. Kadang penuh kontroversi yg tidak bisa diterima logika.

Kita sebetulnya tidak dalam posisi menyalahkan atau membenarkan. Apalagi memaksakan kehendak pendapat kita.
Mereka yg ingin melakukan pendekatan memilih dan menganalisa ayam melalui aspek ilmiah ya silakan saja. Ayam dinilai atas fakta kinerja dan galur keturunannya.

Demikianpun mereka yg melakukan pendekatan melalui jalur 'supranatural' tidak ada yg melarang. Dalam banyak kesempatan, katuranggan jadi mirip ilmu 'membaca' masa depan alias meramal.

Kalau bagi saya pribadi, katuranggan adlh hal nomor dua. Yg utama adlh fakta kualitas kinerjanya. Katuranggan akan sy pakai ketika sy ingin memilih/membeli antara 2 ekor ayam yg sama2 berkualitas baik. Yg punya katuranggan lebih bagus pasti akan sy pilih. Sebaliknya, meskipun ayam berkaturanggan paling top sekalipun, akan sy singkirkan jauh2 bila diketahui kinerjanya jauh dari harapan.

Tapi kalau ayam hasil ternak sendiri, mau katuranggan paling jelek sekalipun, melawan ayam paling berkelas katuranggannya sekalipun, akan maju terus pantang mundur krn sy tau silsilah dan kualitas hasil ternakan sy.
Smile


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6127
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  plamboyan cock on Sat Aug 13, 2011 8:10 pm

seru,,,,,seru,,,,,menarik sekali nih,,,,,, Smile
ayo bagi2 ilmu nya dong

plamboyan cock
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 316
Join date: 30.10.09
Lokasi: KAF Rangkasbitung/jakarta barat 08567078871/23516fae

Kembali Ke Atas Go down

Nunggu bang Lost Champ

Post  Modesto on Sat Aug 13, 2011 8:13 pm

Saya lagi nungguin bang Lost Champ masuk ke sini
ayo bang Lost Champ, turunkan semua ilmu katurangganmu di sini!!! Smile

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1145
Join date: 21.03.10
Age: 33
Lokasi: Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  Ayok_bukolan on Sat Aug 13, 2011 10:30 pm

klo masalah caturangga memang susah2 gampang untuk mempercayainya termasuk bagi saya yg awam/pemula, memang di primbon banyak tentang keunikan2 termasuk caturangga, arah keberuntungan, soal warna tandingan, memilih waktu/jam pertarungan, dan masih banyak lagi keunikan2 di dalam primbon. dari ciri2 caturangga sendiri, ayam tidak bisa diklaim "pasti menang" melawan ayam yg tidak memiliki caturangga, tergantung dari penerapannya masing2, untuk membuktikan kita harus tes ayam yang memiliki ciri2 caturangga dg ayam yg tidak memiliki ciri2 caturangga tp dengan catatan kualitas ayam harus sama mulai dari ukuran, teknik, pukulan, daya tahan, perawatan harus sama dg kata lain 2 ayam tersebut harus dirawat 1orang perawat, dengan begitu kita pasti mengetahui ayam mana yang bisa menang.

NB: banyak ayam yg biasa yg tidak memiliki ciri2 caturangga bisa mengalahkan ayam yg memiliki ciri2 caturangga.

maaf klo ada kata2 yg salah/kurang berkenan. maklum masih pemula. salam

Ayok_bukolan
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 847
Join date: 14.06.11
Lokasi: probolinggo - malang. BB 28297ABA

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  Ardhiasa on Sat Aug 13, 2011 11:00 pm

cepot wrote:

caturangga adalah 4hal yang terdapat pada raga ayam seperti yang pernah saya sampaikn, yaitu:
1.kepala
2.tulangan
3.bulu
4.kaki
dan dari setiap organ diatas memiliki sub-sub 4 lg.


kita coba bahas yang pertama "kepala". kepala ayam terdiri dari 4 bagian penting untuk ayam aduan
yaitu:
1.patuk
2.mata
3.kulit
4.bentuk

silakan rekan2 dishere mungkin banyak yang tau yang bagai mana yang bagus dari sub kepala diatas...

salam kompak slalu

jengger apa g termasuk

monggo rekan2 yang mengerti silahkan di lanjut.... menambah wawasan nihh... Apa di papaji belum di bahas kayaknya udah deh silahkan bagi yang ingin menambahkan.....,
Taaarrrrriiiiiiiiiiikkkkkkkk.... maaaaaaaaaaannnngggggg.......

Ardhiasa
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 233
Join date: 22.01.11
Lokasi: Situbondo

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 17 Previous  1, 2, 3, 4 ... 10 ... 17  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik