SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Halaman 5 dari 16 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 10 ... 16  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  zin494 on Sun Aug 14, 2011 3:26 pm

cepot wrote:
zin494 wrote:saya percaya kalo warna, ekor, jengger dll itu punya wibawa tertentu. Ibarat manusia, sebelum bertanding akan terjadi perang psikologis dulu, entah itu menunjukkan ototnya, sorot matanya yg tajam dan bengis, suaranya yg lantang dan keras dll. Tp biasanya yg terpengaruh adalah yg mentalnya lemah atau rapuh. Jaman dulu ayam kampung/lokal memang pd umumnya punya mental kurang bgs, sehingga ketika bertarung cenderung akan terpengaruh hal2 yg bersifat katuranggan. Bulu, jengger, kokok, menunjukkan daya tarik dan wibawa pada ayam dan burung pada betina dan menggertak pejantan lain. Tapi kalo memang ayam memiliki karakter mental yg bagus, tidak akan terlalu terpengaruh dengan hal begitu. Buktinya di bangkok ayam burma dengan bulu2 jalak sempat jadi tren dan merajai kalangan disana padahal jalak itu kelasnya jauh dibawah warna lain. Maaf kalo pendapat saya keliru




saya mo tanya trus kenapa di gelanggang banyak ayam yg teriak minta ampun, dan ada ayam yg bersorak kemenangan.... tolong di jawab.

namaya jg pernah ya skarang gimana masih tren.... emang ayam jalak bang zinaga menangan smuanya....
Kalo kalah menang sangat banyak faktornya mas, yg umum ayam akan kalah kalo udah kepayahan, tidak sanggup melanjutkan pertandingan krn dipukul atau dijalu. Yg nggak umum kalo kalah dalam posisi unggul, ini biasanya krn faktor mental ataupun keberuntungan. Kalau udah dikaitkan dengan katurangan, saya kurang ngerti.
Kalo ayam saya nggak menangan terus kok mas, pernah kalah krn nandingin ayam muda, jalu kumet, belum pernah main sama ayam tua udah ngurak, lepek, kalah tanding. Pernah menang juga lawan ayam 3x menang, lepek, lawan ayam saya msh muda belum pernah main, jalu bungkus satu panjang kurang dari 1 cm dengan kondisi lawan mata buta keduanya. Pernah draw lawan ayam 2x menang, ayam saya msh muda 10 bln lawan ayam udah ngurak, menang tanding 6,5:7 dengan kondisi lawan patah leher. (ketiga ayam diatas warna jalak) Pernah menang lawan ayam 6 menit, katanya udah 2 kali menang dipinggiran, ayam saya msh belum pernah main, warna jali2 api, jalu blm tumbuh. Tp memang kondisi lawan kurang sehat krn lukanya belum pulih bnr. Jadi saya berkesimpulan dalam setahun ini ayam saya walaupun warnanya bukan warna kelas, mentalnya cukup bagus, sekalipun lawannya rata2 menangan dengan warna bagus, org2 disini msh fanatik dengan warna soalnya.
Memang ini msh bbrp kali main mas, jadi nggak bisa langsung diambil kesimpulan krn pengalaman saya jg msh minim di dunia perayaman, mungkin byk yg lain dengan pengalamannya masing2, salam..urang dari 1 cm dengan kondisi lawan mata buta keduanya. Pernah draw lawan ayam 2x menang, ayam saya msh muda 10 bln lawan ayam udah ngurak, menang tanding 6,5:7 dengan kondisi lawan patah leher. (ketiga ayam diatas warna jalak) Pernah menang lawan ayam 6 menit, katanya udah 2 kali menang dipinggiran, ayam saya msh belum pernah main, warna jali2 api, jalu blm tumbuh. Tp memang kondisi lawan kurang sehat krn lukanya belum pulih bnr. Jadi saya berkesimpulan dalam setahun ini ayam saya walaupun warnanya bukan warna kelas, mentalnya cukup bagus, sekalipun lawannya rata2 menangan dengan warna bagus, org2 disini msh fanatik dengan warna soalnya.
Memang ini msh bbrp kali main mas, jadi nggak bisa langsung diambil kesimpulan krn pengalaman saya jg msh minim di dunia perayaman, mungkin byk yg lain dengan pengalamannya masing2, salam..

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 425
Join date: 09.07.09
Age: 32
Lokasi: sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  Administrator on Sun Aug 14, 2011 10:35 pm

cepot wrote:saya mau balik tanya memang bang admin tau bagai mana itu wiring kuning???

Tahu lah...
Yang jadi pertanyaan, apakah wiring kuning versi saya sama dengan wiring kuning menurut versi kang cepot..?? Beda guru, beda ilmu.
Mana yg benar atau mana yang salah, sy kira tidak pada tempatnya untuk diperdebatkan.

Untuk itulah banyak teman2 diatas yg mempertanyakan, seperti apa katuranggan yg baik itu ?
Kalau persepsinya saja sudah berbeda, maka topik ini jadi debat kusir.

Sedikit cerita...
Kira2 3 bulan yang lalu, ada jalak yang mengalahkan wiring kuning. Teman sy 'anti katuranggan' berkomentar, "Tuh kan... jalak bisa menang lawan wiring kuning...". Teman sy yg satunya (katuranggan minded) bilang : "Itu bukan wiring kuning, krn ekornya ada putih..."
Sy senyum2 saja...
Menurut saya jalak tsb bisa menang krn unggul kualitas secara teknik dan akumulasi pukulan.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6106
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  amrogen on Sun Aug 14, 2011 10:41 pm

itu di adu pas sabtu kliwon mas...keke jalak win dah...hehe

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1277
Join date: 12.09.08
Lokasi: Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  Administrator on Sun Aug 14, 2011 11:17 pm

cepot wrote:
saya pngen tanya ka mang admin knapa suka pilih ayam yang ganteng,badan tegap,kaki bagus bulunya jg bagus????
dan emang ada ayam yang ganteng body aduhai kaki bagus kerjanya jelek.........

Siapa bilang sy suka pilih ayam yg ganteng...?? Kalaupun yg saya pilih yg ganteng, itu sy anggap bonus saja.
Sy lebih utamakan ayam yg kinerjanya bagus. Tidak jarang tampang jelek malah sy tambah seneng. Soalnya pasti dianggap remeh. Gampang cari musuh.
hehehe...
Coba tengok ayam saigon, leher botak, ekor pendek, bulu tipis, kulit tebal, mata reng reng, rawis gantung. Ngga enak diliat. Tapi banyak yg kerjanya ngga mengecewakan.

Ayam yg ganteng, body aduhai, kaki bagus, tapi kerjanya jelek..??
Bwanyak bwangett masss....
Di pasar jatinegara banyak tuh...
hahaha...

Pisss ahh...


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6106
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  Administrator on Sun Aug 14, 2011 11:31 pm

cepot wrote:saya acungkan 2 jempol buat kang admin bangga dengan hasil ternakannya sendiri, kita klo bicara soal trah memang apanya yg dicarinya, menangannya apa-apanya. buktinya banyak trah para jawara bahkan sama sekali tdk pernah menang..... dan tdk sedikit jg yg memang menjadi jawara.

trah/silsilah dipake haya untuk bahan persilangan saja klo kita tau bpknya seperti apa anatominya/caturangga dan ibunya seperti apa kita bisa lebih mudah dalam menyilangkan. dan kita akan di untungkan dlm hal anak kita sdh bisa menebak bagai mana ank yg akan keluar. salam

HHmmmm.... sepertinya dalam hal ternak, bagaimana memilih pacek dan apa tujuan ternaknya, kita berbeda konsep yg mendasar.
Buat sy, ayam menangan belum tentu layak utk dijadikan pacek. Bahkan sy pernah lakukan ternak dgn pacek yg rekornya jelek. 3X ngadu, 1X draw, 2X kalah (diangkat). Tapi hasil anaknya tidak ada yg kalah.
Itulah sebabnya sy punya jawaban sendiri mengapa banyak anakan jawara yg sama sekali tidak pernah menang. Tentunya dari versi sudut pandang saya.

Meskipun sy punya konsep dan cara sendiri dalam ternak, sepertinya bukan pada tempatnya utk menjelaskan disini. Nanti out of topic dan pembicaraan melebar kemana2.
Smile
--------------------------------

Kang Cepot nu kasep...
Very Happy
Seperti yg sy bilang diawal topik, bahwa masing2 orang punya cara sendiri dalam memilih dan menganalisa ayam. Ini bukan tempatnya utk saling menyalahkan atau mempertanyakan krn sejujurnya kita semua tidak ada acuan mana yg benar dan mana yg salah.
Semua kembali berpulang pada pengalaman masing2 orang.

Topik ini dibuka oleh kang cepot sy kira utk berbagi pengalaman dan pengetahuan. Sbg topik starter, silakan kang cepot menjelaskan apa itu katuranggan. Kita akan sangat berterima kasih bila kang Cepot bisa menjelaskan semua itu. Terlepas dari benar atau salah, hal ini akan jadi sangat bermanfaat sbg tambahan wawasan dan ilmu.
Ini bulan puasa lho... berbagi ilmu, pahalanya pasti berlipat2.
hehehe...

Kalaupun ada pendapat yg berbeda, jangan dianggap menyerang atau membantah. Itu semua hanya bagian dari sharing/berbagi pendapat secara demokratis.
Sy siap meninggalkan dulu pemahaman sy yg lama demi menerima masukan dari kang cepot.

Mangga atuh kang... sok di lanjut...


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6106
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  ferry bun on Mon Aug 15, 2011 12:32 am

cepot wrote:
ferry bun wrote:Coba ayam sehobies shering ayam ini :
klw dari sisi kaki depan dan belakang saya berpendapat ini ayam jalu pasang (logikanya jalunya kecil dan bisa dipastikan patah ) ...wah ngak bisa up load klik yg di bawah saja
http://imageshack.us/photo/my-images/535/pradu2.jpg/
http://imageshack.us/photo/my-images/836/pradu22.jpg/
http://imageshack.us/photo/my-images/89/pradu3.jpg/
salam dari ferry bun





om dalam anatomi ayam haya taji saja yang bisa dirubah oleh kita yg tadinya tdk jahat jd jahat. ni ayam pukulannya ga ada yang kecil klo dlm kondisi sehat itu prtama, kedua soal taji mo kecil or besar tetap bisa di pake klo kami taji seperti ini biasanya di seting haya pada bagian depannya saja tdk sampai pangkalnya dan taji seperti ini biasanya liat (sundanese) or lentur.

setelah di abar ternyata sebelah patah sebelah copot
http://imageshack.us/photo/my-images/33/201108111640.jpg/

salam ferry bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1623
Join date: 21.01.09
Age: 50
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  amrogen on Mon Aug 15, 2011 7:12 am

Cool sok lah kang cepot...kita coba berdiri dari sudut pandang si akang cepot mengenai caturangga...

ulah dicicil..saeutik2 nanti jadi berserakkan...



tak kenal maka tak sayang.



salam

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1277
Join date: 12.09.08
Lokasi: Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  Bonimanuk on Mon Aug 15, 2011 8:26 am

cepot wrote:
turoq makto wrote:mengingatkan saya si gondang VS wiring abang dikalangan tengah.......

ronde 1 hingga ronde 4 wiring abang dihajar sampai habis tanpa ampun, begitu masuk ronde 5 cucuk bawah si wiring lepas dan mengeluarkan darah begitu banyak,,,yang terjadi si gondang lari tanpa alasan......
.
selang 3 minggu peristiwa tersebut terjadi kembali...antara gondang VS wiring kuning..hasilnya sama tanpa alasan apapun sigondang lariiiiii..

mungkin pengalaman itu bisa masuk ke sub tread caturranggo ini




betul sekali om makto ini dikarenakan ada salah satu organ tbuh c'gondang yang tdk memenuhi persyaratan caturangga, tapi saya yakin c'gondang punya pukul yg dahsyat dan tekhnik yg bagus ya om...bahkan pernah merasakan menang. tapi klo c'gondang memenuhi persyaratan pun tdk akan bisa memenangkan pertandingan paling kuat cman bisa nahan imbang. salam
Gimana nih kalau ayam sayur (kampung asli) caturangganya komplit semuanya memenuhi syarat... tandingan sama juga sama dirawat.. pas diadu ayam aduan... yang notabene caturangganya jelek dari mulai warna bulu ,bentuk kepala dan kaki semuanya jelek tapi ni ayam turunan ayam jawara dan sudah proses pemuliaaan ternak apakah hasilnya Kang Cepot...???

Saya kira tidak semua caturangga hasilnya 100 % benar..
Saya sependapat dengan Mas Admin.. http://papaji.forumotion.com/t4-kriteria-ayam-ideal
harus komplit baru main caturangga...

Salam
Boniman...

Bonimanuk
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 671
Join date: 03.03.10
Age: 39
Lokasi: Ciparay Bandung

http://bonimanuk@yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Mon Aug 15, 2011 8:48 am

terima kasih smuanya yg sdh berparti sipasi memberikan komen, sesuai topic di atas bagai mana kita buktikan teorinya dengan cara tes ayam langsung dgn demikian apakah terbukti atau tdk yang namanya teori caturangga klo kita berbicara trus g bakalan ada ujungnya, gimana????

buat ajang pembuktian.....

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Mon Aug 15, 2011 8:52 am

setelah di abar ternyata sebelah patah sebelah copot
http://imageshack.us/photo/my-images/33/201108111640.jpg/

salam ferry bun[/quote]





waduh om ferry langsung di tes ni ayamnya, harusnya dirawat dulu tajinya om setelah di stel di kasih bawang putih atau kunyit supaya keras dulu...

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Mon Aug 15, 2011 8:54 am

Administrator wrote:
cepot wrote:saya mau balik tanya memang bang admin tau bagai mana itu wiring kuning???

Tahu lah...
Yang jadi pertanyaan, apakah wiring kuning versi saya sama dengan wiring kuning menurut versi kang cepot..?? Beda guru, beda ilmu.
Mana yg benar atau mana yang salah, sy kira tidak pada tempatnya untuk diperdebatkan.

Untuk itulah banyak teman2 diatas yg mempertanyakan, seperti apa katuranggan yg baik itu ?
Kalau persepsinya saja sudah berbeda, maka topik ini jadi debat kusir.

Sedikit cerita...
Kira2 3 bulan yang lalu, ada jalak yang mengalahkan wiring kuning. Teman sy 'anti katuranggan' berkomentar, "Tuh kan... jalak bisa menang lawan wiring kuning...". Teman sy yg satunya (katuranggan minded) bilang : "Itu bukan wiring kuning, krn ekornya ada putih..."
Sy senyum2 saja...
Menurut saya jalak tsb bisa menang krn unggul kualitas secara teknik dan akumulasi pukulan.
Smile





makanya tenang dulu jangan komen dulu kumaha ie teh,,,

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  Administrator on Mon Aug 15, 2011 10:50 am

cepot wrote:makanya tenang dulu jangan komen dulu kumaha ie teh,,,

Mangga atuh kang... diantosan ku bararudag yeuh....


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6106
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  alang on Mon Aug 15, 2011 10:52 am

Kalo sy simak pembahasan tentang caturangga, ini mirip sekali dg kitab hindu mahabharata karya Begawan Abiyasa. Dimana setiap kisah dan tokoh akan saling terkait dari awal hingga akhir, tanpa putus sama sekali. Tidak ada istilah figuran dalam kisah tersebut, krn semua tokoh memiliki peran penting dan menjadikan sebab akibat yg sangat erat terjalin satu dg yg lain.
Demikian jg dg caturangga yg coba dipaparka kang cepot. Dimana dari ujung kaki sampai ujung kepala seekor ayam saling berhubungan dan mempuyai peran, fungsi, citra, bahkan sejarah masing2 yg saling terkait satu sama lain. Akibatnya, cara menilainya pun tdk bisa hanya dari satu sudut saja, tetapi hrs dilihat dari berbagai sudut yg lain. Apabila ada ayam caturangga bagus kalah oleh caturangga jelek (misalnya), maka ahli caturangga akan dg serius mencari penyebab knp ayam bagus ini bisa kalah. Mungkin ada satu atau bbrp syarat caturangga yg tdk terpenuhi, dll. Bagi yg bukan penganut caturangga (ilmu logic...versi bang admin/ bang ferry), hal ini terkesan spt mengada-ada atau mencari-cari alasan. Ayam udh kalah ya kalah aja (begitu kira2). Tetapi utk ahli caturangga barangkali tdk demikian. Mungkin ada unsur yg salah, kurang atau tdk terpenuhi. Sedangkan utk penganut non caturangga, yg cara pandangnya berdasarkan ilmu pasti, logika dan empirik, dg mudah penyebabnya ditemukan saat itu jg...teknik kurang, pukul lemah, mental jeblok...dll...sehingga ayam kalah.
Dalam hal ini, sy melihat ahli caturangga spt seorang Mpu, pertapa, atau guru spiritual, yg memandang seekor ayam tdk sekedar dari fisiknya saja, tetapi tembus sampai ruang tertantu yg tdk kasat mata. Mungkin bukan mistik...bisa jadi metafisik. Sedangkan penganut non caturangga/ilmu logic,spt seorang saintis/technokrat yg memandang seekor ayam secara ilmiah dan rasional.
Nah jika demikian, menurut saya, kang cepot hrs menjelaskan dulu secara utuh menyuluruh soal caturangga ini, baru kita diskusikan.
Penganut caturangga vs non caturangga ? Kenapa tidak. Masing2 punya ilmu yg berbeda.Wajar kalo hasil rawatannya jg berbeda. Temukan dalam sebuah pertarungan, tdk ada salahnya.
Tetapi setelah ada yg menang dan kalah, apakah masing2 akan mengakui ? Menurut sy blom tentu. Kalo ayam non caturangga yg menang, pihak caturangga akan melihat kemenangan itu tetap dari sisi caturangga, ayam lawan memiliki unsur yg tdk dimiliki ayam mrk, warnanya ada yg antik, kelasnya lbh, hari tarungnya pas...dll.
Demikian jg jika ayam caturangga yg menang, pihak non caturangga akan memandang kemenangan itu bukan krn caturangganya bagus/sempurna...tetapi krn teknik, pukul dan mentalnya bagus.
Jadi...kapan akan sepakatnya? Hehehehe.
Sekedar pendapat pribadi.
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 989
Join date: 28.07.09
Age: 41
Lokasi: Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Mon Aug 15, 2011 11:08 am

alang wrote:Kalo sy simak pembahasan tentang caturangga, ini mirip sekali dg kitab hindu mahabharata karya Begawan Abiyasa. Dimana setiap kisah dan tokoh akan saling terkait dari awal hingga akhir, tanpa putus sama sekali. Tidak ada istilah figuran dalam kisah tersebut, krn semua tokoh memiliki peran penting dan menjadikan sebab akibat yg sangat erat terjalin satu dg yg lain.
Demikian jg dg caturangga yg coba dipaparka kang cepot. Dimana dari ujung kaki sampai ujung kepala seekor ayam saling berhubungan dan mempuyai peran, fungsi, citra, bahkan sejarah masing2 yg saling terkait satu sama lain. Akibatnya, cara menilainya pun tdk bisa hanya dari satu sudut saja, tetapi hrs dilihat dari berbagai sudut yg lain. Apabila ada ayam caturangga bagus kalah oleh caturangga jelek (misalnya), maka ahli caturangga akan dg serius mencari penyebab knp ayam bagus ini bisa kalah. Mungkin ada satu atau bbrp syarat caturangga yg tdk terpenuhi, dll. Bagi yg bukan penganut caturangga (ilmu logic...versi bang admin/ bang ferry), hal ini terkesan spt mengada-ada atau mencari-cari alasan. Ayam udh kalah ya kalah aja (begitu kira2). Tetapi utk ahli caturangga barangkali tdk demikian. Mungkin ada unsur yg salah, kurang atau tdk terpenuhi. Sedangkan utk penganut non caturangga, yg cara pandangnya berdasarkan ilmu pasti, logika dan empirik, dg mudah penyebabnya ditemukan saat itu jg...teknik kurang, pukul lemah, mental jeblok...dll...sehingga ayam kalah.
Dalam hal ini, sy melihat ahli caturangga spt seorang Mpu, pertapa, atau guru spiritual, yg memandang seekor ayam tdk sekedar dari fisiknya saja, tetapi tembus sampai ruang tertantu yg tdk kasat mata. Mungkin bukan mistik...bisa jadi metafisik. Sedangkan penganut non caturangga/ilmu logic,spt seorang saintis/technokrat yg memandang seekor ayam secara ilmiah dan rasional.
Nah jika demikian, menurut saya, kang cepot hrs menjelaskan dulu secara utuh menyuluruh soal caturangga ini, baru kita diskusikan.
Penganut caturangga vs non caturangga ? Kenapa tidak. Masing2 punya ilmu yg berbeda.Wajar kalo hasil rawatannya jg berbeda. Temukan dalam sebuah pertarungan, tdk ada salahnya.
Tetapi setelah ada yg menang dan kalah, apakah masing2 akan mengakui ? Menurut sy blom tentu. Kalo ayam non caturangga yg menang, pihak caturangga akan melihat kemenangan itu tetap dari sisi caturangga, ayam lawan memiliki unsur yg tdk dimiliki ayam mrk, warnanya ada yg antik, kelasnya lbh, hari tarungnya pas...dll.
Demikian jg jika ayam caturangga yg menang, pihak non caturangga akan memandang kemenangan itu bukan krn caturangganya bagus/sempurna...tetapi krn teknik, pukul dan mentalnya bagus.
Jadi...kapan akan sepakatnya? Hehehehe.
Sekedar pendapat pribadi.
Salam.






ya betul apa yang di katakn oleh mas alang ini, saya siap untuk mengakui kekalahan bahkan saya dulu pertama belajar ayam dari kalah dulu tidak dari menangan.


Terakhir diubah oleh cepot tanggal Mon Aug 15, 2011 11:50 am, total 1 kali diubah

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: SUDAH SIAPKAH UNTUK MEMBUKTIKAN TEORI CATURANGGA

Post  cepot on Mon Aug 15, 2011 11:25 am

sebelum saya berbicara soal caturangga kita samakan dulu persepsi, selama ini banyak penghoby yang membicarakan ini-itu tentang apa itu caturangga.
jadi caturangga itu merupakan ciri2 yang terdapat pada ayam, bisa diartikn klo orang thai bilang cara memilih ayam ideal begitu. sudah tdk ada arti lain lg mau mitos kah mau mistis kah menurut saya tdak demikian segala sesuatu yg di ciptakan oleh tuhan tidak ada yg tdk mungkin dan segalanya bisa dipelajari karena dunia ini di ciptakan untk orang2 yg berpikir az.

caturangga adalah 4hal yang terdapat pada raga ayam seperti yang pernah saya sampaikn, yaitu:
1.kepala
2.tulangan
3.bulu
4.kaki
dan dari setiap organ diatas memiliki sub-sub 4 lg.


kita coba bahas yang pertama "kepala". kepala ayam terdiri dari 4 bagian penting untuk ayam aduan
yaitu:
1.patuk
2.mata
3.kulit
4.bentuk

1. paruh ayam yang bagus klo orang sunda bilang meot jarami, ga tau klo istilah di aerah lain paruh seperti ini rajin dan bisa mematuk dari mna saja dan kuat
2. kulit ayam harus lembut seperti kain sutra kulit seperti ini apabila ayam di laga lebamnya tdk akan parah sampai mengganggu peredaran darah di kepala dan cepat sembuh
3. bentuk kepala harus seperti buah pinang, dan harus ngadal (sundanese) bentuk kepala seperti ini memiliki cara mengeles/susah di tangkap yang baik maupun tekhnik bagus ataupun tekhnik biasa2 saja
4. mata ayam terdiri dari 4 bagian lg
1.warna mata hrus sama degan bulu
2.jari2 mata harus lentur
3.retina mata harus kecil sekali
4.klopak mata harus yang sendu
mata ayam yang seperti ini menunjukan jatidiri yang kuat.


yang kedua "body"
1. tulangan ayam harus tebal dan panjang tapi tdk seperti biasanya body/tulangannya "bentik" si dada ayam membusung tapi tidak tegap klo di pegang pada bagian ujung tulang dada seperti ujung golok. ayam seperti ini bagus dalam adu pukul rapat dia selalu enak mo mukul dari manapun dan bagus napasnya.
2. tulang leher ayam harus kecil lentur bahkan ayam yg lehernya leter "S"pun tdk jadi masalah apabila lehernya kecil nantinya apabila lehernya sdh kerasa krna kna pukul dia akan ngalung.
3. sambungan tulang harus rapat fungsinya untuk pertahanan tdk sedikit ayam mati di gelanggang akibat kena pukulan pas pada sambungan antar tulang.
4. tulang pada bokong harus lebar/besar fungsingnya untuk memberikan dorongan pada saat melontarkan pukulan semakin besar bokong semakin besar jg bobot pukul ayam

yang ketiga "bulu"
1. bulu body tebal jangan terbuat dari bahan bulu kapas ayam yang memiliki bulu kapas biasanya ga tahan kena pukul
2. bulu rawis harus selaras antara leher,punggung dan pada bagian sayap
3. sayap harus panjang dan terlihat tegap ini berfungsi untuk mengepakan sayap pada saat akan memukul ini juga mementukan akurasi pukulan
4. ekor ayam harus lebat dan membuka ini juga mempunyai fungsi dalam hal akurasi pukulan


yang keempat "kaki"
1. paha ayam harus seperti belalang dan panjang, paha seperti ini memiliki tahan lama
2. betis harus pendek dan menekuk pada bagian sambungan, ayam seperti ini memiliki taji yang jahat dan bobot pukulan yang tetap
3. sisik kaki saya tidak mengenal apa itu naga temurun, tajung karang atau istilah2 lainnya yang terpenting sisik kaki harus besar timbul/kering untuk yg bulat, untuk kaki kotak harus seperti porslen (mungkin bisa di mengerti) jangan yang mengkriput itu menandakan sisiknya tipis. itu kriteria sisik yang bagus mau sisik ubed/sembang ataupun beras tumpah sekalipun klo tidak memenuhi persaratan sisik yg bagus tidak akan ampuh, pukulan keras mungkin saja tapi efeknya tdak terlalu menyakitkan seperti sisik yang saya sebut tadi
4. jari kaki harus kokoh seperti kaki garuda, ini fungsinya untuk jengkat atau tolakan knapa ayam bisa gancang dalam melancarkan seranagan krena inilah salah satunya penyebabnya.
ada beberapa tipe jenis pukulan ayam berdasarkan tipe jari kaki, yaitu: a. panjang merit, jari kaki seperti ini biasanya memiliki arah pukulan pada sekitar kepala saja di
mulai dari sambungan kepela-leher.
b. panjang tapi tidak merit,jari kaki seperti ini biasanya memiliki arah pukulan di mulai dari badan,
leher dan terakhir kepala. pukulan spesialisnya yaitu pada leher
c. jari pendek, banyak mukul bagian badan dan leher saja
d. ada jhuga yg jarinya bengkok atau istilah sundanya ngalele paeh karena posisi jarinya seperti ikan lele yang mati terlihat tdk seperti kokoh jari seperti ini biasanya punya pukul
yang sakit tapi kurang gancang, klo ayam seperti ini cari yg jarinya kokoh waloupun bengkok

warna kaki ayam yang bagus:
1. putih tulang (ngalampuyang)
2. kuning busuk
3. hitam
4. biru


NAMA-NAMA AYAM BERDASARKAN CATURANGGA
1. WIRING KUNING,terdiri dari 2 kata wiring dan kuning, wiring= bulu kuning= warna emas kuning/emas memiliki siloka menandakan kesejehteraan dan kemewahan sifat ayampun seperti itu dan biasanya digunakan oleh para raja pd zaman dulu, tapi di thailand sana para raja masih menggunakan warna ini sampai skrang bahkan king of cock di sana berjubah wiring kuning saya baca itu di majalah.
2. WIRING GALIH, wiring=bulu galih asal kata dari galeh, galeh ini orang jawa bilang urat kayu. kayu yg memiliki urat, kayu terlihat indah dan kuat nah sifat ayampun demikian
3. BLOROK MADU, blorok=brumbun=carambang yang terdiri lebih dari 3 warna dengan warna dasar hitam dan putih, MADU kita tau madu ini adalah obat dari berbagai macam penyakit nah ayampun mempunyai sifay demikian segala ayam bisa kalah oleh "carambang madu"
4. PANCA WARNA, panca=5 warna=warna, ayam pancawarna perpaduan dari 5 dasar warna pd tubuhnya, dimulai dari warna merah yg menandakan kesejatian, warna kuning yg melambangkan kesejahteraan dan kemewahan, warna biru menandakan ketenangan,kesetian dan dapat di andalkan, warna hijau melambangkan kesejukan,keberuntungan dan kesehatan, warna hitam melambangkan kuat.
5. ABANG PANATAS, ABANG =MERAH PANATAS=TUNTAS. Jadi ayamnya harus tembus merah, merah ini mungkin orang2 banyak taunya warna merah ini melambangkan keberanian, merah mempunyai jabatan yang beda dari yang lain yaitu warna merah adalah warna sejati.
6. JALAK HARUPAT, untuk yang satu ini ayamnya sudah sngat langka sekali mungkin klo di negara asalnya ada yaitu di birma
7.KLAWU GENI atau KLAWU API, sipat ayamnya membakar.

demikian dulu mungkin, untuk jenis2 ayam diatas berdasarkan warna ini banyak yg salah persepsi dalam hal warna sbagaimna yg kita tau warna ini banyak jenisnya jadi beda mata beda penglihatan. misalnya warna merah da merah darah,merah ati,merah muda dan merah2 yg lain.

untuk menyamakan persepsi dari sekian banyak member papaji kita perlu ada pembuktian tidak hanya secara kognitif saja tapi harus di aplikasikan dengan riset. salam kompak selalu


NB: tidak ada ayam yang sempurna minimal kita mengetahui kekuatan ayam kita dan ayam lawan
dan satu hal lagi yang perlu rekan2 ketahui banyak orang yang tidak percaya terhadap caturangga ini di karenakn terlalu di artkan secara harfiah saja tidak dengan faktor2 pendukung
lainya seperti rawatan,suplai makanan,dan botoh.

cepot
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 229
Join date: 21.09.10

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 16 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6 ... 10 ... 16  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik