Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  mbolang on Wed 13 Jul 2011, 16:00

wao banyak amat....infonya Rolling Eyes
Sip2 forum PAPAJI memang yahut... top markotop... Smile
trims.. agan2 PAPAJI tentang sharing ilmunya..... lanjutkan....
kami pembaca dan peternak " I like it PAPAJI " Very Happy

mbolang

Jumlah posting : 8
Join date : 24.06.11
Age : 35
Lokasi : Gresik Jatim

http://www.trugee.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  yoyok7778 on Sun 21 Aug 2011, 11:56

fahrudin m.efendi wrote:
jibrut_007 wrote:Mas admin sy mau tanya kl berak kapur yg ampuh pake apa yah sy suntik sulfamix tetep ga ketolong pale

@ Mas Jibrut....antara sulfamix dengan berak kapur spertinya kurang synergis. Sulfamix berisi: Sulfadimethylpyrimidine yang cukup efektif untuk berak darah/coccidiosis. Namun demikian,jg bisa untuk Pullorum.

Sedikit tentang Berak Kapur....... Proses terjadinya berak kapur adalah inkoordinasi dalam gerakan peristaltik usus(gerakan mencerna makanan dan mengeluarkan kotoran). Ketika normal, Warnah putih pada kotoran bersifat sbg "penghias"..warnah putih tsb didapat dari Asam urat sbg hasil excresi Ginjal. Pada saat terjadi infeksi(bakterialmaupun viral),maka gerakan peristaltik usus menjadi lebih cepat yg disebabkan krn stress. Maka akan keluar kotoran yg encer baru kelur kotoran warnah putih...yg biasanya nempel disekitar anus.

Maka tidak bisa kita generalisasi bahwa berak putih pasti PULLORUM....krn beberapa penyakit lain juga menimbulkan berak putih. Seperti: Gumboro,Malaria Unggas,Collibacillosis bahkan hydrop Ascites dan Kholera pun jg menimbulkan gejala berak putih yg menempel di bulu sekitar anus.

Sekarang tinggal bagaimana kita melihat gejala ikutannya untuk peneguhan diagnosa dan pengobatanya.

Semoga bermanfaat.
@FAME. @ Admin...di kandang saya sekarang lg ada wabah...ciri2nya ayam berak air terus nafsu makan tidak ada...dalam 2 hari ayam mati....penularannya sangat cepat...dalam 1 minggu ini dah 40 ekoran yang tewas...mohon petunjuk cara mencegah dan menangani wabah tersebut...sekarang ayam sebagian saya ungsikan kira2 apa yang harus saya lakukan bila mau mengisi kembali kandang saya tersebut...sebelumnya terimaksih yang sebesar besarnya...

yoyok7778
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 84
Join date : 01.07.11

Kembali Ke Atas Go down

obat ayam

Post  YUDO ARIANTOO on Thu 29 Dec 2011, 19:14

mnta masukannya dunk bang.. klo ayam kpalanya tiba wrna biru ato ungu,, kira2 sakit ap y? obatnya ap? thanks sblmnya..

YUDO ARIANTOO

Jumlah posting : 6
Join date : 15.08.11
Lokasi : lombok nusa tenggara barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  coki on Thu 26 Jan 2012, 18:32

Sakit Jennger Biru itu Apayah ?
OK

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

:(

Post  StAnKes on Thu 29 Mar 2012, 05:00

Mohon sarannya y gan...
Anak ayam saya umur 8mingguan gtu lesu, nafsu makan hilang, bulu ngembang dan membungkuk, pokonya diam aj. Knp tuh???
Thks b4^

StAnKes

Jumlah posting : 1
Join date : 29.03.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  tiyoo.jogja on Thu 13 Sep 2012, 10:28

senasib dg kondisi ayam saya,
nafsu mkan trun,
mata merah dan berair,
pucat,
kepala spt mmbengkak,

bingung mau diobatin pke apa?

tiyoo.jogja
kopral
kopral

Jumlah posting : 31
Join date : 12.07.12
Age : 27
Lokasi : Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  Arifin on Mon 19 Nov 2012, 09:47

mohon bantuannya.... sudah 1 tahun ini anak ayam umur 1-5 bulan mengalami kelumpuhan...dengan ciri-ciri kaki ayam mengarah kedepan...anak ayam yang terserang banyak yang tidak tertolong karena saya sembelih...karena diobati saya tidak sembuh-sembuh....tlg bang admin cara pengobatannya?. setelah yang sakit dipotong 1-2 minggu ada lagi yang terserang...apa virusnya masih ada dikandang saya?, mohon penjelasannya tentang pembasmian virus tersebut....(yang terkena kelumpuhan anak ayam jantan, yang betina tidak terserang, kenapa ya mas ari?. Makasih.

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  Kembangsawit on Mon 19 Nov 2012, 12:08

Arifin wrote:mohon bantuannya.... sudah 1 tahun ini anak ayam umur 1-5 bulan mengalami kelumpuhan...dengan ciri-ciri kaki ayam mengarah kedepan...anak ayam yang terserang banyak yang tidak tertolong karena saya sembelih...karena diobati saya tidak sembuh-sembuh....tlg bang admin cara pengobatannya?. setelah yang sakit dipotong 1-2 minggu ada lagi yang terserang...apa virusnya masih ada dikandang saya?, mohon penjelasannya tentang pembasmian virus tersebut....(yang terkena kelumpuhan anak ayam jantan, yang betina tidak terserang, kenapa ya mas ari?. Makasih.

sementara kandang dikosongkan...bersihkan total. biarkan kering terkena panas matahari. tanah yang lembab harus bersih dan kering..1-2 hari masukan ayam, beri vitamin...semoga bisa

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  Arifin on Mon 19 Nov 2012, 14:24

yang sudah terlanjur kena, pengobatannya gimana mas?

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  Kembangsawit on Tue 20 Nov 2012, 08:29

Arifin wrote:yang sudah terlanjur kena, pengobatannya gimana mas?


dirawat dengan obat yang sesuai dengan penyakitnya...jika ayam banyak lebih baik datangkan dokter hewan biaya murah dan bisa lebih tahu penyakit yang sedang diderita ayam2 mas...

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  Arifin on Tue 20 Nov 2012, 08:58

nama obatnya apa Mas?, dah pakai ostellin sama obat turun urat hasilnya kurang memuaskan....

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  Kembangsawit on Tue 20 Nov 2012, 09:01

Arifin wrote:nama obatnya apa Mas?, dah pakai ostellin sama obat turun urat hasilnya kurang memuaskan....


sakitnya ayam kan aku tidak tahu...takut salah, datangkan saja dokter hewan mas

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  jawara on Wed 28 Nov 2012, 17:30

setau sy, virus itu emang tidak ada obatny, yg bs dilakukan adalah dgn cara vaksin rutin, jaga stamina n kebersihan, jg pemberian vitamin cukup.

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  jawara on Wed 28 Nov 2012, 17:34

kemungkinan ayam anda terserang ND. untk kedepanya usahakan Vaksin rutin. gunakan jenis tetes Untk ayam usia 1 minggu, suntik untuk ayam diatas 3 bulan.
kl udh terserang biasanya tdk dpt disembuhkan/dinormalkan. kl emang sembuh itu karena mukjijat

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  thumper225 on Sat 22 Dec 2012, 09:04

Administrator wrote:
MasYan wrote:pak admin apakah tiap penyakit diatas vaksinnya sendiri-sendiri.. atau ada yang jadi satu....
teus mendapatkannya dimana?

Vaksinnya tersendiri mas... Beda2 setiap jenis penyakitnya.
Tapi yg paling utama, cukup kita vaksin ND (tetelo) saja. Krn inilah penyakit yg paling sering terjadi dan paling berbahaya. Mengakibatkan kematian massal.

Vaksinnya bisa diperoleh di toko obat ayam yg cukup besar.
mas admin mau nanya mengenai vaksinasi ND...
dari pengalaman mas admin atau kawan2 disini yg ayamnya telah divaksin ND tersebut pernah tidak ada efek pasca vaksinasi yg berarti seperti ayam lemes, kurang nafsu makan, atau penyakit ND sendiri yg bangkit. secara vaksin ND adalah virus aktif yg dilemahkan yg bertujuan supaya antibodi aktif dari si ayam akan terangsang untuk membuat anti ND.
salam..

thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 30
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  Administrator on Sat 22 Dec 2012, 15:06

thumper225 wrote:mas admin mau nanya mengenai vaksinasi ND...
dari pengalaman mas admin atau kawan2 disini yg ayamnya telah divaksin ND tersebut pernah tidak ada efek pasca vaksinasi yg berarti seperti ayam lemes, kurang nafsu makan, atau penyakit ND sendiri yg bangkit. secara vaksin ND adalah virus aktif yg dilemahkan yg bertujuan supaya antibodi aktif dari si ayam akan terangsang untuk membuat anti ND.
salam..
Efek pasti ada. Ayam mungkin agak terlihat lesu atau kurang gairah. Ini normal saja.
Beri vitamin yg cukup dan pastikan ayam benar2 sehat ketika di vaksin.

Ayam yg sakit setelah di vaksin, itu pertanda ayam kondisi kurang sehat ketika di vaksinasi.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  thumper225 on Sat 22 Dec 2012, 18:21

Administrator wrote:
thumper225 wrote:mas admin mau nanya mengenai vaksinasi ND...
dari pengalaman mas admin atau kawan2 disini yg ayamnya telah divaksin ND tersebut pernah tidak ada efek pasca vaksinasi yg berarti seperti ayam lemes, kurang nafsu makan, atau penyakit ND sendiri yg bangkit. secara vaksin ND adalah virus aktif yg dilemahkan yg bertujuan supaya antibodi aktif dari si ayam akan terangsang untuk membuat anti ND.
salam..
Efek pasti ada. Ayam mungkin agak terlihat lesu atau kurang gairah. Ini normal saja.
Beri vitamin yg cukup dan pastikan ayam benar2 sehat ketika di vaksin.

Ayam yg sakit setelah di vaksin, itu pertanda ayam kondisi kurang sehat ketika di vaksinasi.
ok mas, makasih infonya..
untuk vaksinasi lainnya apa ada tambahan lg mas yg perlu dilakukan ??

thumper225
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 282
Join date : 02.11.12
Age : 30
Lokasi : Kandang : Pekanbaru (Riau), Padang(Sumbar)

Kembali Ke Atas Go down

bantu jawab

Post  nogos on Sat 19 Jan 2013, 23:11

jibrut_007 wrote:sangat mencerahkan makasih atas sarannya gejalanya tembolok ga turun berak mencret2 hebat putih setelah 2hari jenger biru besoknya wafat syg toko ayam kimbo jati asih ga jual meditril jadi wafat semua jago saya

salam gan , saya masi nubie di dunia ayam , tp kejadian ini saya alami beberapa waktu lalu
gejala ayam nya sprti ayam sakit , dan telih tidak habis dlm 1 hari , lalu saya diberi arahan oleh botoh lawas di daerah saya agar ayam diberi air degan ijo (air nya saja) , saya ikuti anjuran beliau nya , alhamdulillah besok nya ayam saya sehat bugar kembali sampai skrg cheers
semoga membantu gan

nogos

Jumlah posting : 3
Join date : 12.01.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  robbi cahyadi on Sun 10 Feb 2013, 23:56

Administrator wrote:Penyakit Virus Pada Ayam
Sumber: TRUBUS no. 201 / Tahun XVII

Berbagai jenis penyakit virus mudah sekali menular, dan banyak diantaranya sangat ditakuti peternak karena keganasannya. Sampai saat ini belum ditemukan obat yang efektif untuk menyembuhan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Ayam mudah diternak, tapi sangat rawan terhadap penyakit. Di antara berbagai jenis penyakit menular yang banyak mengancam, penyakit menular yang disebabkan oleh virus merupakan jenis penyakit yang paling ditakuti. Virus lebih lembut dari bakteri, karena jasad renik inibisa tembus dari saringan bakteri. Ia tidak bisa dilihat dengan mikroskop biasa. Untuk melihatnya secara jelas diperlukan foto dengan mempergunakan mikroskop elektron.

Penyakit virus mudah sekali menular. Baik secara kontak langsung maupun lewat perantara benda-benda lain. Misalnya udara, air minum, makanan, dan alat-alat peternakan yang tercemar. Di antara berbagai jenis penyakit akibat virus yang sering merugikan peternakan ayam antara lain adalah tetelo alias ND (New Cattle Desease), cacar unggas alias Fowl Pox, leukosis, lumpuh marek alias marek's disease, gumboro alias infectious bursal disease, salesma ayam alias infectious laryngotracheitis, dan kini flu burung, dll. Berikut akan dijelaskan beberapa penyakit yang diakibatkan oleh virus.

1. Tetelo adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dari golongan Paramixovirus. Keganasannya tergantung dari strain atau tipenya. Penyakit ini menyerang alat pernafasan, susunan dan jaringan syaraf, serta alat-alat reproduksi telur. Yang ganas cepat sekali menular, dan seringkali menimbulkan kematian secara mendadak.

2. Cacar unggas adalah penyakit bercak-bercak kulit yang disebabkan oleh virus Borreliota avium. Menyerang rongga mulut, hulu tenggorokan, daerah sekitar mata, jengger dan pial. Selain secara kontak langsung, penyakit ini bisa meluar lewat perantaraan nyamuk dan lalat.

3. Leukosis adalah penyakit tumor menular yang bersifat menahun. Penyebabnya adalah virus leukosis. Gejala dimulai dengan timbulnya pertumbuhan abnormal pada sel-sel darah putih. Tumor yang menyerang jaringan syaraf akan menimbulkan kelumpuhan pada leher, sayap dan kaki. Yang menyerang mata akan membuat bentuk mata tidak normal, rabun atau buta sama sekali. Yang menyerang organ bagian dalam (hati, ginjal, limpa dan ovarium) akan membuat ayam berjalan tegak seperti itik, dan penyakitnya disebut big liver disease. Akibatnya hati akan membengkak 3 sampai 4 kali normal, kotorannya encer, tubuh kurus, jengger dan pial pucat berkerut.

4. Lumpuh marek adalah penyakit lumpuh yang disebabkan oleh virus herpes. Menyerang anak ayam berumur 1-5 bulan. Gejalanya ditandai kejang lumpuh dengan kaki satu ke depan dan kaki lainnya kebelakang. Selain itu juga menimbulkan pembesaran yang mencolok pada syaraf dan timbulnya tumor pada organ dalam, kulit dan otot.

5. Gumboro adalah penyakit yang menyerang bursa fabricii (kelenjar bulat terletak di atas kloaka), penyebabnya adalah virus gumbaro. Anak ayam umur 1-12 hari yang terkena penyakit ini tidak begitu nampak tanda-tandanya. Tapi anak ayam umur 3-6 minggu akan menunjukkan gejala yang khas. Anak ayam tampak lesu, mengantuk, bulu mengkerut, bulu sekitar dubur kotor, mencret keputih-putihan, dan duduk dengan sikap membungkuk. Suka mematuki duburnya sendiri, sehingga menimbulkan luka dan pendarahan. Ayam yang mati bangkainya cepat sekali membusuk.

6. Salesma ayam adalah penyakit yang disebabkan virus avium. Menyerang saluran pernafasan. Gejalanya sesat nafas, batuk-batuk, mata dan hidung meradang berair, dan sulit bernafas karena adanya lendir berdarah dalam rongga mulut. Bila benafas kepala ditegakkan, dan waktu mengeluarkan nafas kepala ditundukkan dengan mata terpejam. Penyakit ini bersifat akut.

Obat yang efektif untuk menyembuhkan penyakit virus sampai saat ini belum ada. Tapi pengobatan dengan antibiotika atau kombinasi dengan obat-obatan lain tetap diperlukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dengan penyakit yang lain. Dan karena tak adanya obat yang mampu menyembuhkan penyakit virus, alangkah bijaksananya sebelum penyakit berbahaya ini terjadi, peternak melakukan tindak pencegahan. Caranya antara lain adalah melakukan tata laksana pemeliharaan yang baik, melaksanakan vaksinasi pada saat yang tepat, dan hindarkan terjadinya stress pada ternak.
memang virus yang sangat afgan(sadis).yang cuma bisa lakukan hanya iklas saja Crying or Very sad

robbi cahyadi

Jumlah posting : 1
Join date : 10.02.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  PLENYUN on Mon 12 Aug 2013, 00:13

Info yang sangat berguna bagi pemula seperti saya
Thanks admin, seniors, n rekans atas sharingnya
Smile Smile Smile

PLENYUN
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 09.11.12
Lokasi : Purbalingga - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  fawuri on Thu 19 Sep 2013, 18:27

tiyoo.jogja wrote:senasib dg kondisi ayam saya,
nafsu mkan trun,
mata merah dan berair,
pucat,
kepala spt mmbengkak,

bingung mau diobatin pke apa?
ini senasib sama ayam saya.....gejalanya hampir sama. tetapi ayam saya tetap semangat makan tidak ada tanda2x sebelumya hanya saja menjelang mati ayam saya mengalami gejala itu, rata2x hanya satu hari bertahan kemudian mati. itu penyakit apa dan bagaimana mengobatinya?
pada umumnya menyerang ayam dewasa.

fawuri

Jumlah posting : 1
Join date : 16.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  endagendot on Sat 23 Nov 2013, 14:31

Kang admin saya mau tanya tapi sebelumnya minta maap,kalo pertanyaan ini sudah dibahas. Setelah divaksin ND,Berapa hari ayam  bisa diadu kembali?

endagendot
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 851
Join date : 23.09.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  aditp on Sun 19 Jan 2014, 08:34

Terima kasih Informasi & Ulasannya, Om Ari, yg sangat Detail, Lengkap & Jelas, ttg Penyakit Ayam yg disebabkan oleh Virus..
Apalagi pada saat saat sekarang ini (musim Banjir / Penghujan) yg terus menerus, dimana akan lebih banyak lg Virus virus yg berada di Lingkungan sekitar Kandang. Kita harus lebih mengetahui Penyakit Ayam yg disebabkan oleh Virus virus tsb.
 study   study   sunny 

aditp
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1307
Join date : 05.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  penyebar semangat on Sat 01 Mar 2014, 17:43

Administrator wrote:Penyakit Virus Pada Ayam
Sumber: TRUBUS no. 201 / Tahun XVII

   Berbagai jenis penyakit virus mudah sekali menular, dan banyak diantaranya sangat ditakuti peternak karena keganasannya. Sampai saat ini belum ditemukan obat yang efektif untuk menyembuhan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Ayam mudah diternak, tapi sangat rawan terhadap penyakit. Di antara berbagai jenis penyakit menular yang banyak mengancam, penyakit menular yang disebabkan oleh virus merupakan jenis penyakit yang paling ditakuti. Virus lebih lembut dari bakteri, karena jasad renik inibisa tembus dari saringan bakteri. Ia tidak bisa dilihat dengan mikroskop biasa. Untuk melihatnya secara jelas diperlukan foto dengan mempergunakan mikroskop elektron.

Penyakit virus mudah sekali menular. Baik secara kontak langsung maupun lewat perantara benda-benda lain. Misalnya udara, air minum, makanan, dan alat-alat peternakan yang tercemar. Di antara berbagai jenis penyakit akibat virus yang sering merugikan peternakan ayam antara lain adalah tetelo alias ND (New Cattle Desease), cacar unggas alias Fowl Pox, leukosis, lumpuh marek alias marek's disease, gumboro alias infectious bursal disease, salesma ayam alias infectious laryngotracheitis, dan kini flu burung, dll. Berikut akan dijelaskan beberapa penyakit yang diakibatkan oleh virus.

1. Tetelo adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dari golongan Paramixovirus. Keganasannya tergantung dari strain atau tipenya. Penyakit ini menyerang alat pernafasan, susunan dan jaringan syaraf, serta alat-alat reproduksi telur. Yang ganas cepat sekali menular, dan seringkali menimbulkan kematian secara mendadak.

2. Cacar unggas adalah penyakit bercak-bercak kulit yang disebabkan oleh virus Borreliota avium. Menyerang rongga mulut, hulu tenggorokan, daerah sekitar mata, jengger dan pial. Selain secara kontak langsung, penyakit ini bisa meluar lewat perantaraan nyamuk dan lalat.

3. Leukosis adalah penyakit tumor menular yang bersifat menahun. Penyebabnya adalah virus leukosis. Gejala dimulai dengan timbulnya pertumbuhan abnormal pada sel-sel darah putih. Tumor yang menyerang jaringan syaraf akan menimbulkan kelumpuhan pada leher, sayap dan kaki. Yang menyerang mata akan membuat bentuk mata tidak normal, rabun atau buta sama sekali. Yang menyerang organ bagian dalam (hati, ginjal, limpa dan ovarium) akan membuat ayam berjalan tegak seperti itik, dan penyakitnya disebut big liver disease. Akibatnya hati akan membengkak 3 sampai 4 kali normal, kotorannya encer, tubuh kurus, jengger dan pial pucat berkerut.

4. Lumpuh marek adalah penyakit lumpuh yang disebabkan oleh virus herpes. Menyerang anak ayam berumur 1-5 bulan. Gejalanya ditandai kejang lumpuh dengan kaki satu ke depan dan kaki lainnya kebelakang. Selain itu juga menimbulkan pembesaran yang mencolok pada syaraf dan timbulnya tumor pada organ dalam, kulit dan otot.

5. Gumboro adalah penyakit yang menyerang bursa fabricii (kelenjar bulat terletak di atas kloaka), penyebabnya adalah virus gumbaro. Anak ayam umur 1-12 hari yang terkena penyakit ini tidak begitu nampak tanda-tandanya. Tapi anak ayam umur 3-6 minggu akan menunjukkan gejala yang khas. Anak ayam tampak lesu, mengantuk, bulu mengkerut, bulu sekitar dubur kotor, mencret keputih-putihan, dan duduk dengan sikap membungkuk. Suka mematuki duburnya sendiri, sehingga menimbulkan luka dan pendarahan. Ayam yang mati bangkainya cepat sekali membusuk.

6. Salesma ayam adalah penyakit yang disebabkan virus avium. Menyerang saluran pernafasan. Gejalanya sesat nafas, batuk-batuk, mata dan hidung meradang berair, dan sulit bernafas karena adanya lendir berdarah dalam rongga mulut. Bila benafas kepala ditegakkan, dan waktu mengeluarkan nafas kepala ditundukkan dengan mata terpejam. Penyakit ini bersifat akut.

Obat yang efektif untuk menyembuhkan penyakit virus sampai saat ini belum ada. Tapi pengobatan dengan antibiotika atau kombinasi dengan obat-obatan lain tetap diperlukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dengan penyakit yang lain. Dan karena tak adanya obat yang mampu menyembuhkan penyakit virus, alangkah bijaksananya sebelum penyakit berbahaya ini terjadi, peternak melakukan tindak pencegahan. Caranya antara lain adalah melakukan tata laksana pemeliharaan yang baik, melaksanakan vaksinasi pada saat yang tepat, dan hindarkan terjadinya stress pada ternak.


mantaps

penyebar semangat
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 322
Join date : 22.02.14
Age : 46
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  losi on Sat 01 Mar 2014, 20:51

baca, nyimak, copy yo...

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: Penyakit ayam yg disebabkan oleh virus

Post  Sponsored content Today at 23:21


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik