botoh yang payah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

botoh yang payah

Post  satria bagus on Fri 02 Sep 2011, 22:01

sebelunya saya ada 1 pekerja yang tugasnya merawat ayam2 saya dengan 12 ekor ayam semuanya masih bisa di pakai tarung,,, botoh saya bernama zikin,, sebelum2nya dia orangnya jujur makanya ayam mahal pun saya ga ragu saya pasrahin ke dia 1 kali ayam jago saya mati ayam paling bagus se kandang,, pas mati si zikin nawarin ' mas aku potong kakinya ya buat bukti' tapi saya bilang ga usah mas langsung di kubur aj kasihan. temen2 saya bilang jgn2 lu di bohongin. ayam yang mati namanya kenarok pas mati ayam itu namanya lgi terkenal di kalangan,, sebulan kemudian saya taruh babon birma harga 1jt untuk di ternak dengan ayam saya yang lg mulai ganti bulu. dua hari kemudian babon saya di bilang ilang,,, wah duh jadi kesel tapi saya coba untuk positif tinking. saya bangkat ke offshore 2 minggu pas saya pulang ayam ga ada yang siap tarung 1 pun pegangan badan juga ga enak pokoknya ayam ga ada yang fit,, karna pengen tarung saya bawa 3 ekor ayam saya ke kalangan kecil2 lan 1 ekor kalh keok 2 ekor kalah saya angkat... padahal 3 ekor ayam saya tadi punya rekor yang bagus di kalangan tengah.. setelah usut punya usut ayam2 saya sering di tinggal dan ga beri minum.. kadang ampe di tinggal nginep ayam ga beri makan seharian uang buat vitamin pun ga di belikan vitamin. tanpa pikir saya mulai cari tukang rawat lain ayam 2 ekor yang tadi kalah di angkat saya titipin dan stelah 3 minggu ayam itu saya turunkan lagi bisa menang semua d kalangan tengah.. dengan rasa malu zikin pun mengembalikan semua ayam saya.. dan sekarang ayam2 saya sudah mendapat tukang rawat yang tepat,, 7 kali nurunin ayam dari tukang rawat yang baru belum pernah kalah cuma 1 kali seri...
bagi resep pada rawatan ayam saya... tiap pagi di ksih tempe campur gula merah,, trus pagi kasih cemilah pur janggar sedikt aj,, 3 hari sekali di kasih sangobion, vitaminya paki B1 katanya sih itu vitamin manfaatnya untuk otot biar ga pada turun urat,,4 hari sekali ayam di gebrak alus dengan untul sekitar 5 menit, di umbar 2 jam perhari di kliter / latih puter 1/2 jam pagi dan sore..

kllo ada pengalaman yang terkait dengan denga tukang rawat mohon di share...

satria bagus
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 166
Join date : 14.02.11
Age : 28
Lokasi : tegal margasari

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  lost_champ on Fri 02 Sep 2011, 23:54

jawaban nya simpel bang

saya bukannya pernah lagi, tapi sering
tadinya mau saya turunin ilmu, karena saya orangnya gak tegaan, dikasih bahan buat belajar malah gak maksimal, dikira saya cuma bercanda.

kasus beginian motifnya gak jauh2 bang:

1. masalah ekonomi (gak punya duit, menurut saya ayam cuma hobby bukan tempat cari duit)
2. gengsi (masa botoh hebat disuruh - suruh)
3. ada yang pingin tau rahasia rawatan kita (biasanya botoh d hasut ama saingan atau musdalim)

sekedar saran aja bang, kalo bisa cari botoh yang masih muda n seneng bener ma hewan, jangan kejebak omongan, "aq ancene seneng ngingu pitik ket mbiyen, tapi gak seneg ngadu" <-- kalo dapet duit apa masih bisa bilang gini.

larinya ke mental bang, kasus beginian, ini yang harus di rubah kalo gak bisa kaya korupsi bukan cuma tradisi, atau mendarah daging, tapi yang lebih parah udah menjadi nafas

salam champion !!!

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  Administrator on Sat 03 Sep 2011, 09:30

Di tempat sy, mereka yg menitipkan ayam utk di training di tempat botoh/perawat, tidak memberikan gaji pada perawat/botoh. Mereka hanya memberikan uang pakan secukupnya saja. Agar uang pakan tidak disalah gunakan, tidak jarang mereka memberikan pakannya langsung. Bukan berupa uang.

Gaji para botoh/perawat diberikan ketika ayam sudah menang. Yaitu uang hasil menang taruhan. Besarnya persentase hasil disepakati dulu sebelumnya.
Dgn cara ini, para botoh/perawat mau tidak mau akan merawat ayam dan mencari tandingan dgn cermat agar mereka juga mendapat gaji hasil kemenangan.

Tapi sisi negatifnya, para botoh dgn sistem ini jadi sangat selektif menerima ayam. Hanya ayam2 yg dinilainya bagus dan prospektif yg mau dirawat. Ayam2 muda lancuran juga jarang mereka terima krn harus menunggu lama utk dirawat, kecuali kualitasnya diatas rata2.

Satu hal lagi yg terpenting, apapun sistem gajinya, kita sbg pemilik ayam harus melakukan pendekatan secara personal kpd para botoh, terutama botoh/perawat dgn sistem titip rawat (bukan karyawan).






Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  Tamu on Sat 03 Sep 2011, 14:21

Administrator wrote:

Satu hal lagi yg terpenting, apapun sistem gajinya, kita sbg pemilik ayam harus melakukan pendekatan secara personal kpd para botoh,

ini yang tante suka

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  lost_champ on Sat 03 Sep 2011, 22:11

Administrator wrote:Satu hal lagi yg terpenting, apapun sistem gajinya, kita sbg pemilik ayam harus melakukan pendekatan secara personal kpd para botoh, terutama botoh/perawat dgn sistem titip rawat (bukan karyawan).

itu kalo semuanya berjalan apa adanya bang...

susah nemuin orang kaya yang abang maksud

sifat dasar manusia yang jelek adalah tamak. kalau sudah lapar, kadang cara apapun di halalkan supaya kenyang, kalo sudah dapet ilmunya elek - elek an, yah bgmn ye bang mendeskripsikannya, mau dibilang jelek tapi ada disekitar kita, tapi kalo pingin di ilang bagus juga kayanya gak bisa.

kaya buah simalakama

tapi kalo kita udah mantep dalam memelihara ayam, sendiri juga sanggup koq, saya pernah punya pengalaman, punya ayam hampir 200 ekor 7 pemacek, 14 fighter, 5 babon, yang sisanya anakan dan lancur, tiap hari saya hanya ngabisin 2 jam untuk melihara ayam2 itu.

tapi alhamdulilah ayam saya gak ada yang bermasalah...

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  Administrator on Sat 03 Sep 2011, 22:35

lost_champ wrote:
tapi kalo kita udah mantep dalam memelihara ayam, sendiri juga sanggup koq, saya pernah punya pengalaman, punya ayam hampir 200 ekor 7 pemacek, 14 fighter, 5 babon, yang sisanya anakan dan lancur, tiap hari saya hanya ngabisin 2 jam untuk melihara ayam2 itu.

tapi alhamdulilah ayam saya gak ada yang bermasalah...

Betul kang... Yg terbaik adlh pelihara di kandang milik kita sendiri. Botoh/perawat di gaji sbg karyawan. Dgn merawat di kandang kita sendiri, maka tiap hari selalu bisa diawasi.
Tapi ini hanya berlaku utk hobiis yg punya dana lebih dan punya lahan utk pelihara ayam.
Bagi beberapa orang dgn dana yg 'tipis' dan tdk punya waktu dan tempat, titip rawat di kandang botoh adlh salah satu solusi. Hanya saja, sangat rentan kena tipu.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  lost_champ on Sat 03 Sep 2011, 22:52

oleh sebab itu bang admin, saya mau menghimbau kepada rekan2 senior papaji

jangan ragu dalam memelihara ayam, jangan gengsi untuk bertanya atau belajar dengan orang lain, bersikap dewasa, dan mau menerima kritikan dari orang lain

apabila kita rasa, kita sudah cukup baik dalam memelihara ternak, sudah ada papaji yang bisa di jadikan tolok ukur keberhasila kita. karena setahu saya dalam kopdar papaji sudah ada aturan yang saya kira cukup untuk kita jadikan standar

maaf bang admin kalo postingan saya kurang berkenan

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  Administrator on Sat 03 Sep 2011, 22:58

lost_champ wrote:maaf bang admin kalo postingan saya kurang berkenan

Pake minta maaf segala???
Emang siapa yg salah??
Laughing Laughing


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  lost_champ on Sat 03 Sep 2011, 23:07

kan abang pernah posting

kalo bahasanya sopan kan enak di denger

biarpun saya pake kacamata setebel pantat botol n rada pikun saya masih inget pernah baca postingan abang

Razz Razz Razz

kena deh bang admin

1 : 0 ah Laughing Laughing Laughing

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  satria bagus on Sun 04 Sep 2011, 00:20

iya bang ayam saya emang inginya begitu di rawat di dalem rumah sendiri tapi klo mau ngetes ayam tar pada ke rumah saya semua apalagi di rumah ada ibu saya yang kurang suka klo liat ayam di adu dan juga saya 12 hari dirumah 12 hari di offshore,, sistemnya di gaji juga 400rb/ bulan klo ayam menang emang selalu saya kasih 30% setelah di potong uang dalem trus uang makan sama uang vitamin saya kasih cash terus belum uang buat pengobatanya buat ayam yang abis di adu apa yang lagu sakit ..

yang saya mau tanyakan sebenarnya rumusan hitungan pakan ayam itu gimana sih 1 kg beras merah buat berapa hari untuk 1 ekor ayamnya... biar ga di korupsi pakanya....

trus apa upah yang saya berikan di atas itu masih terlalu kecil soalnya ayam yang di rawat ada 12 ekor... klo masih terlalu kecil biasanya brapa sih standartnya ...

klo msasalh pendekatan secar personel si iya pasti bang saya udah anggep temen bukan karyawan

satria bagus
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 166
Join date : 14.02.11
Age : 28
Lokasi : tegal margasari

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  lodi_ok on Sun 04 Sep 2011, 14:09

Iktan nimbrung ni mas satria,mas ary,dan bang lost champ,baiknya si memang ayam yg kita punya dirawat sendiri,tetapi selain faktor ekonomi..faktor manusianya jg mempengaruhi lho,it menurut saya,soalnya ada botoh yg rela nahan lapar demi untuk ngurusi dan ngasi makan ayam piaraanya,sedangkan botohnya sndri blm makan,dan ada juga yg gk peduli sama ayam piaraany dan ngangap ayam piaraanya cuma binatang,botoh yg baik menurutku selain bisa ngerawat dan menjadikan ayam juara jg mempunyai hati nurani terhadap ayam,mudah2an kalo punya botoh kyk gt hati kita dan ayam kita tentram,he,he..kalo boleh kasi saran si mas kayak yg mas ary bilang,kita beli pakan sendiri,jd manajemen keuangan kita yg ngatur,si botoh hanya nglakuin pkerjaanya,sbisa mungkin mas jg aktif mantau situasi di kandang,biar gk kcolongan..yg namanya manusia pasti ada kburukan dan kbaikanya,diambil hikmahny aj mas,mhon maaf kalau ad salah2 kata dari saya..berbeda2 tapi tetap satu jua.

lodi_ok
kopral
kopral

Jumlah posting : 43
Join date : 31.07.11
Age : 30
Lokasi : Jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  badman on Sun 04 Sep 2011, 16:13

lost_champ wrote:oleh sebab itu bang admin, saya mau menghimbau kepada rekan2 senior papaji

jangan ragu dalam memelihara ayam, jangan gengsi untuk bertanya atau belajar dengan orang lain, bersikap dewasa, dan mau menerima kritikan dari orang lain

apabila kita rasa, kita sudah cukup baik dalam memelihara ternak, sudah ada papaji yang bisa di jadikan tolok ukur keberhasila kita. karena setahu saya dalam kopdar papaji sudah ada aturan yang saya kira cukup untuk kita jadikan standar

maaf bang admin kalo postingan saya kurang berkenan

aku maafin bang kwkwkwkw
-----------------------

Makanya bang hati hati milih tukang rawat ayam pilih yang terpercaya dan berpengalaman hehehe

badman
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 110
Join date : 30.07.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  lost_champ on Sun 04 Sep 2011, 21:09

@lodi : kalo daerah tmpt abang tinggal saya percaya, kbetulan saya pernah tinggal di jakarta timur, banyak rekan saya yang bisa dipercaya untuk dijadikan botoh, dari yang muda sampai yang tua

@badman : saya percaya bang ditempat abang banyak botoh mantab, siapa yang gak kenal bang badman

Razz Razz

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  badman on Sun 04 Sep 2011, 21:21

lost_champ wrote:@lodi : kalo daerah tmpt abang tinggal saya percaya, kbetulan saya pernah tinggal di jakarta timur, banyak rekan saya yang bisa dipercaya untuk dijadikan botoh, dari yang muda sampai yang tua

@badman : saya percaya bang ditempat abang banyak botoh mantab, siapa yang gak kenal bang badman

Razz Razz

hwahahaha Razz jadi malu Very Happy

badman
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 110
Join date : 30.07.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  Administrator on Sun 04 Sep 2011, 22:04

lost_champ wrote:kan abang pernah posting

kalo bahasanya sopan kan enak di denger

biarpun saya pake kacamata setebel pantat botol n rada pikun saya masih inget pernah baca postingan abang

Betul kang... tulisan harus sopan.
Tapi kayanya di topik ini semua sopan2 koq...
Smile

Tuh, udah dimaafin bang Badman.
Razz

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  sakuraba on Mon 05 Sep 2011, 10:26

lost_champ wrote:
Administrator wrote:Satu hal lagi yg terpenting, apapun sistem gajinya, kita sbg pemilik ayam harus melakukan pendekatan secara personal kpd para botoh, terutama botoh/perawat dgn sistem titip rawat (bukan karyawan).

itu kalo semuanya berjalan apa adanya bang...

susah nemuin orang kaya yang abang maksud

sifat dasar manusia yang jelek adalah tamak. kalau sudah lapar, kadang cara apapun di halalkan supaya kenyang, kalo sudah dapet ilmunya elek - elek an, yah bgmn ye bang mendeskripsikannya, mau dibilang jelek tapi ada disekitar kita, tapi kalo pingin di ilang bagus juga kayanya gak bisa.

kaya buah simalakama



tapi kalo kita udah mantep dalam memelihara ayam, sendiri juga sanggup koq, saya pernah punya pengalaman, punya ayam hampir 200 ekor 7 pemacek, 14 fighter, 5 babon, yang sisanya anakan dan lancur, tiap hari saya hanya ngabisin 2 jam untuk melihara ayam2 itu.

tapi alhamdulilah ayam saya gak ada yang bermasalah...


dr kecil sampe sekarang saya baru bisa nemuin orang yang seperti diatas hanya 1 org saja.bahkan saking deketnya sudah saya anggap sebagai kakak. Very Happy Very Happy Very Happy

sakuraba
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 498
Join date : 22.08.08
Age : 36
Lokasi : Demak (08112703701) pin 2A46E4C7

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  lodi_ok on Tue 06 Sep 2011, 19:03

Wah mas lost champ bisa aja,jd malu ne saya yg masi kecil pngalamanya..he..he..btw dl tngl djakarta mana mas?

lodi_ok
kopral
kopral

Jumlah posting : 43
Join date : 31.07.11
Age : 30
Lokasi : Jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  sempax on Tue 06 Sep 2011, 21:51

satria bagus wrote:iya bang ayam saya emang inginya begitu di rawat di dalem rumah sendiri tapi klo mau ngetes ayam tar pada ke rumah saya semua apalagi di rumah ada ibu saya yang kurang suka klo liat ayam di adu dan juga saya 12 hari dirumah 12 hari di offshore,, sistemnya di gaji juga 400rb/ bulan klo ayam menang emang selalu saya kasih 30% setelah di potong uang dalem trus uang makan sama uang vitamin saya kasih cash terus belum uang buat pengobatanya buat ayam yang abis di adu apa yang lagu sakit ..

yang saya mau tanyakan sebenarnya rumusan hitungan pakan ayam itu gimana sih 1 kg beras merah buat berapa hari untuk 1 ekor ayamnya... biar ga di korupsi pakanya....

trus apa upah yang saya berikan di atas itu masih terlalu kecil soalnya ayam yang di rawat ada 12 ekor... klo masih terlalu kecil biasanya brapa sih standartnya ...

klo msasalh pendekatan secar personel si iya pasti bang saya udah anggep temen bukan karyawan
Sebelumnya maaf mas, gaji 400 rb/bln untuk 12 ekor jago, brarti 1 ekor/bln = Rp 33.333,33.....waduh mas, kok angkanya "wingit" ya. Apa lg mas di offshore, orang gawe di offshore kan tiap bulan kan terima bisa sampe "banjir2" hehehe....jadi menurut saya, coba angka "wingit" nya agak d ubah jadi angka "hoky" 99.999 sapa tau aja botoh2 gak "nakal" lagi. Maaf lho mas, ini sekedar saran dari saya yang gak pernah sekolah.

sempax
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 107
Join date : 13.01.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  amrogen on Wed 07 Sep 2011, 08:01

lost_champ wrote:
Administrator wrote:Satu hal lagi yg terpenting, apapun sistem gajinya, kita sbg pemilik ayam harus melakukan pendekatan secara personal kpd para botoh, terutama botoh/perawat dgn sistem titip rawat (bukan karyawan).

itu kalo semuanya berjalan apa adanya bang...

susah nemuin orang kaya yang abang maksud

sifat dasar manusia yang jelek adalah tamak. kalau sudah lapar, kadang cara apapun di halalkan supaya kenyang, kalo sudah dapet ilmunya elek - elek an, yah bgmn ye bang mendeskripsikannya, mau dibilang jelek tapi ada disekitar kita, tapi kalo pingin di ilang bagus juga kayanya gak bisa.

kaya buah simalakama

tapi kalo kita udah mantep dalam memelihara ayam, sendiri juga sanggup koq, saya pernah punya pengalaman, punya ayam hampir 200 ekor 7 pemacek, 14 fighter, 5 babon, yang sisanya anakan dan lancur, tiap hari saya hanya ngabisin 2 jam untuk melihara ayam2 itu.

tapi alhamdulilah ayam saya gak ada yang bermasalah...



memang susah sekali cari orang jujur

lebih susah lagi cari yg jujur dan bisa rawat ayam...Laughing

apalagi dilingkungan kita banyak yg hobi ayam....

ini hari pun sy masih gonta ganti tukang rawat...Embarassed



btw ini menarik dari kang Lost champ,ternak sambil rawat adu...

sok atuh di explain & share ke kita waktu yg 2 jam itu ngapain aja kang...? supaya rekan2 dan sy khususnya bisa mencontoh....



salam



agun/krw

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  j-angger on Wed 07 Sep 2011, 09:15

satria bagus wrote:iya bang ayam saya emang inginya begitu di rawat di dalem rumah sendiri tapi klo mau ngetes ayam tar pada ke rumah saya semua apalagi di rumah ada ibu saya yang kurang suka klo liat ayam di adu dan juga saya 12 hari dirumah 12 hari di offshore,, sistemnya di gaji juga 400rb/ bulan klo ayam menang emang selalu saya kasih 30% setelah di potong uang dalem trus uang makan sama uang vitamin saya kasih cash terus belum uang buat pengobatanya buat ayam yang abis di adu apa yang lagu sakit ..

yang saya mau tanyakan sebenarnya rumusan hitungan pakan ayam itu gimana sih 1 kg beras merah buat berapa hari untuk 1 ekor ayamnya... biar ga di korupsi pakanya....

trus apa upah yang saya berikan di atas itu masih terlalu kecil soalnya ayam yang di rawat ada 12 ekor... klo masih terlalu kecil biasanya brapa sih standartnya ...

klo msasalh pendekatan secar personel si iya pasti bang saya udah anggep temen bukan karyawan

Rawat ja ndiri, bro, pasti pertanyaan anda terjawab semua...... Razz

Kenikmatan apalagi yang bisa menandingi 12 hari full di rumah sambil ngelus2 ayam kesayangan....
Smile

j-angger
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 281
Join date : 30.06.10
Age : 40
Lokasi : gresik & blitar

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  Tamu on Wed 07 Sep 2011, 12:03

amrogen wrote:
memang susah sekali cari orang jujur

lebih susah lagi cari yg jujur dan bisa rawat ayam...Laughing

apalagi dilingkungan kita banyak yg hobi ayam....

ini hari pun sy masih gonta ganti tukang rawat...Embarassed


salam

agun/krw

kang agun, udah punya "perawat pribadi "blon? Embarassed Embarassed

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  lost_champ on Wed 07 Sep 2011, 22:26

@lodi:sy masih d sputaran kalimalang

@amrogen:tuh ada tante dona yg nawarin jasa bang

: P

lost_champ
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1952
Join date : 06.03.11
Lokasi : disekitar anda

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  roomee chicken on Mon 07 Nov 2011, 13:58

Saya rawat ayam sekitar 30 ekor dari yang besar sampe lancuran sendiri aja kok, gak pake bayar orang.
Sampe sekarang belum ada yang mengecewakan penampilannya.
Cuman memang harus eksra keras buat rawatnya, ampe gak ada waktu buat ngelakuin hobi2 yang laen... Sad
Bravo Papaji...

roomee chicken
kopral
kopral

Jumlah posting : 28
Join date : 15.09.11
Lokasi : Pekan Baru

Kembali Ke Atas Go down

Re: botoh yang payah

Post  Sponsored content Today at 01:05


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik