Ilmu boboto

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ilmu boboto

Post  pasaribu on Thu 22 Oct 2009, 09:27

salam dari doni pasaribu di medan...... Laughing Laughing
sekedar sharing ilmu boto ....
1. Milih lawan kalah sehat,kalah otot ,menang tanding...meskipun kadang ada beberapa karakter ayam yg minta kalah tading sikit.
2. Masuk air pertama kolokin leher ayam dengan bulu yang sudah dicelup ke air tapi jangan dikeringkan nanti tenggorokan ayam bisa luka.Dikolokin sampai dahaknnya bersih...bisa 2 sampai 4 kali tergantung kebutuhan,kemudian beri minum secukpnya dan jangan terlalu banyak, basuh muka dengan busa yang basah, basuh leher dengan busa basah, basuh dada depan, samping kanan dan kiri benar2 basah, basuh bawah pantat ayam dan pangkal ekor serta bagian bawah benar2 basah , basuh bagian atas atau punggung ayam benar2 basah tapi perlu diingat sayap usahakan jangan terkena air sedikitpun,kemudian dilap sampai tidak ada lagi air yg menetes,kemudian ayam dilepas atau dianginkan.
3. masuk air 2, pijat bagian2 ayam yang terkena serangan dengan lembut dan yang terkena serangan cukup diusap dengan busa kering yg sudah diperas dengan lembut, ayam tidak perlu basah
4. Bila ayam tipe tampar maka waktu gecol ayam agak jauh dan kita tarik kebelakang paling tidak kita dapat bonus,dan bagi ayam tidak punya tampar maka waktu dicol langsung dekatkan ayam serapat2nya....
5. Bila ayam kita mati sebelah , maka waktu ngecol maka usahakan pada sisi yg hidup pukulannya misal ayam mati sebelah kiri maka ngecol dari arah lawan sebelah kanan begitu juga sebaliknya( berlaku juga dengan ayam yang telah buta atau mata mulai tersambar)
6. Jangan coba2 membasihi bagian ayam yang parah atau lembam bisa masuk angin bagian lembamnya malah memperparah
7. Bila ayam terlalu parah, misal dekat mata , leher atau kepala bisa kita hisap atau (cupang hehehe)bila sudah sangat bengkak sehingga sangat mengganggu pertarungan gigit bagian yng bengkak atau gores dengan pisau kecil untuk mengurangi bengkak(tapi hati2 bagi yg belum pengalaman bisa bahaya)
8. Usap bagian luka dengan busa yang keringa dan diberi napas biar hangat.
9. Bila ayam tidak ada pukulan lagi atau gak sanggup mukul lagi bisa kita angkat
Thanks dari doni di medan.....mohon masukan dan kritik.... Laughing Laughing

pasaribu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 193
Join date : 18.06.09
Age : 31
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  ferry bun on Thu 22 Oct 2009, 09:53

Bagaimana memandikan ayam di perubahan suhu udara ......., ayam biasa dirawat ditemprature 28 s/d 30 derajat celsius ( udara panas )... dimainkan pada suhu udara yang dingin serta hembusan angin yang dingin ???????? ..... .. dan sebaliknya ayam yang bisa dirawat diudara dingin .... dimaikan para suhu udara yang panas terik
mohon pencerahan

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Ilmu boboto

Post  pasaribu on Thu 22 Oct 2009, 09:59

by ferry bun on Thu Oct 22, 2009 9:53 am
Bagaimana memandikan ayam di perubahan suhu udara ......., ayam biasa dirawat ditemprature 28 s/d 30 derajat celsius ( udara panas )... dimainkan pada suhu udara yang dingin serta hembusan angin yang dingin ???????? ..... .. dan sebaliknya ayam yang bisa dirawat diudara dingin .... dimaikan para suhu udara yang panas terik
mohon pencerahan

kalau menurut saya sebenarnya tidak jauh beda bang fery, hanya aja sebenarnya ayam perlu adaptasi....misal mau main 3 hari sebelum ayam sudah dibiasakan mungkin dengan berangkat awal dan ngingap satu atau 2 hari,memang sih repot......tapi mungkin ada yang punya tips2 yang lain perihal pertanyaan bang fery...silahkan tidak akan dituntut dan diberikan hadiah sepantasnya,tercecer sekitar jalan.....hahahaha,maaf becanda......silahkan masukan dari yang lain.... Laughing Laughing Laughing

pasaribu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 193
Join date : 18.06.09
Age : 31
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  Hendro on Thu 22 Oct 2009, 20:11

Betul itu adaptasi lingkungan yang paling penting.....kalo ayam sehari2 dirawat ditempat yang berhawa dingin suatu saat harus diadu didaerah yang berhawa panas maka yang paling tepat ya 2 minggu sebelumnya sudah adaptasi dulu... Laughing Laughing Laughing begitu juga sebaliknya...dijamin kita pasti tekor sekalipun ayam yang kita adu menang... Laughing Laughing Laughing

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  alang on Thu 22 Oct 2009, 20:35

[quote=tapi perlu diingat sayap usahakan jangan terkena air sedikitpun


bisa tolong dijelaskan mas, kenapa sayap ga boleh kena air?
soalnya teman2 dekat rumah kalo ngadu seluruh badan ayam dibasahi, termasuk sayap.
mohon pencerahannya.
thx

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  Hendro on Thu 22 Oct 2009, 20:46

Yang dimaksud sayap jangan terkena air adalah bulu2 sayapnya jangan dibasahi tapi kalo bagian dalam sayap/ketek dan pinggang memang harus dibasahi sampai sedingin dinginnya biar ayam tidak " anggong " alias kehabisan nafas akibat kepanasan.....salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Tip mandi ayam perbedaan cuaca ke dingin

Post  ferry bun on Thu 22 Oct 2009, 22:32

Maksud saya langsung bawa langsung main ..
Begini pengalaman saya main di kabenjahe main jam 7 malam. ( memang disengaja oleh mereka) .. .kami tiba disana jam 12 siang . Berhubung banyak ayam giliran kita sudah malam dan udara sudah menggigil..cara memandikan ayam diudara dingin kami siasati dengan air + panas. Mandi sekedar basuh ke daging saja. Yang penting mnm dibanyaki .ayam jangan sampai gemetar dimandikan . Ayam akan kaku nantinya.; memasuki fase jeda ayam juga pakai air panas( hangat ) untuk membasuhnya kompres nafas dikolong ayam. Beri mnm juga atur nafas biar normal.

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  cobain on Thu 22 Oct 2009, 22:36

good idea mas ferry,,,,,,,,,,,,saya waktu ke sipiso22 aja menggigil kedinginan,,,,,,,,,,,,,,adem tenan mas,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Tip memandikan ayam di udara panas yg biasanya di udara dingin

Post  ferry bun on Thu 22 Oct 2009, 22:43

Yang lebih susah+ repot ayam langsung main di udara panas dari kebiasaan uadara dingin..
Ayam sampai di arena masukan ke box pakai es batu yang dalam plastik ciptakan udara dingin di sekitar box supaya ayam merasa nyaman. . . Saat memandikan air + es yang dingin ..mandikan sampai cukup dingin ayam nya Beri minum yang banyak. .fase jeda juga demikian mandi dengan air es.

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  cobain on Thu 22 Oct 2009, 22:56

gpp mas dikasih air dingin????ntar sakit menggigil ngga??

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  Hendro on Fri 23 Oct 2009, 04:36

Kalo menggigil bisa dibungkus selimut dan jika sampai sakit boleh juga dibawa ke dokter... Laughing Laughing Laughing ...Nah lo..bang Ferry ini sudah tau masih pura2 nanya..? kan akhirnya dijawab sendiri....he...he..he... Laughing Razz

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  cobain on Fri 23 Oct 2009, 07:50

wkakakakkakakakkakakaa

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Tip memandikan ayam di udara panas yg biasanya di udara dingin

Post  pasaribu on Fri 23 Oct 2009, 20:15

by ferry bun on Thu Oct 22, 2009 10:43 pmYang lebih susah+ repot ayam langsung main di udara panas dari kebiasaan uadara dingin..
Ayam
sampai di arena masukan ke box pakai es batu yang dalam plastik
ciptakan udara dingin di sekitar box supaya ayam merasa nyaman. . .
Saat memandikan air + es yang dingin ..mandikan sampai cukup dingin
ayam nya Beri minum yang banyak. .fase jeda juga demikian mandi dengan
air es.

Saya coba ngasi masukan, silahkan diluruskan kalo kurang tepat..pertama kita tau mandikan ayam sebelum tanding fungsinya untuk menyegarkan, mendinginkan suhu tubuh, menghilangkan dahaga(mungkin yg lain bisa nambahkan) jadi apabila kasusnya misal ayam kita dari medan ingin tarung dibrastagi kita bisa beri minum secukupnya dan dimandikan tidak perlu basah bahkan badannya bisa saja hanya kita usap dengan busa yg telah diperas dengan air jadi hanya untuk menyegarkan,tp kalo dngan air hangat saya belum bisa ngasi pendapat takutnya ada efek samping pengaruh air hangat.....dan begitu juga sebaliknya bila ayam kita biasa tempat dingin dan akan main ditempat panas mandiinnya harus basah benar....tapi tetap saja hati2 bulu sayap sebisa mungkin jangan kena air.

Ada lagi sekedar sharing mungkin sebelum tanding ketempat yg dingin ayam bisa diberi makanan yg mengandung lemak , biar berfungsi sebagai selimut tubuh dan cadangan tenaga tapi tetap dikontrol jangan kebanyakan bisa2 ayam jadi cepat capek keberatan badan.......
salam buat semua...........

pasaribu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 193
Join date : 18.06.09
Age : 31
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

ilmu boboto

Post  pasaribu on Fri 23 Oct 2009, 20:31

tambahan dari ilmu boto
- panggilan ayam yaitu dengan beberapa suara2 biasa dengan bunyi kur,kur, yaitu untuk mengganggu konsentrasi ayam lawan yg hendak mengambil posisi memukul sehingga ayam kta terhindar dari pukulan dan langsung mendapat posisi memukul.
- mengganggu konsentrasi boto lawan mungkin dengan ajak bicara, ejek lawan tapi jangan kasar kali hehhee ,gunanya supaya boto lawan tidak memperhatikan bagian yg terpukul pada ayamnya dan jadi grogi bagusin ayamnya...heheheh
silahkan ditambahi atau dikritik , tapi yg lembut ya..hehehe

pasaribu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 193
Join date : 18.06.09
Age : 31
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  Hendro on Sat 24 Oct 2009, 05:30

Wah bang Doni ini masak ngadu ayam kok malah gangguin botoh lawan...lebih baik diajak keluar arena dan ditraktir makan aja itu botoh lawan....ntar kan jadi lupa waktunya ngair ayam.... Laughing Laughing Laughing

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  BoNcUe on Sat 24 Oct 2009, 12:31

Wah bagus tuh artikel_a tulang..Betol betol betol om pasaribu . . .
Memank pd saat mengairi ayam hrz penuh kelembutan dan hati2,apalagi stlah jeda ronde dan ayam sudah luka parah..
Jgn kasar2 bro,,mw ayam_a keok d'tangan btoh_a sndri??
Wakakak . . . .

BoNcUe
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 56
Join date : 15.08.09
Lokasi : FAK PETERNAKAN UNIVESITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh. NAD

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  BoNcUe on Sat 24 Oct 2009, 12:41

Dlu saya prnah d'ajari sm botoh senior dr kelompok saya..
Mengairi ayam mempunyai titik2 tersendri..
1. D'bwah blu leher, utk sirkulasi udara.
2. Ketiak,dada,lutut,bagian bawah,pinggang, utk mendinginkan ayam.
3. Pangkal ekor n pantat ayam, utk mengatur memperbaiki pengaturan nafas ayam. Apalagi klu ayam smpai bak(istilah org aceh) atw sm dgn sesak. Bagian ini hrz2 bnr2 basah.

Tolong pencerahan bagi yg lbh tw..
Seng kayu alias thank you..
Hehehe . . .

BoNcUe
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 56
Join date : 15.08.09
Lokasi : FAK PETERNAKAN UNIVESITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh. NAD

Kembali Ke Atas Go down

ilmu boboto

Post  pasaribu on Sun 25 Oct 2009, 05:36

Salam....
Bang admin saya juga mau nanya....yg lain juga boleh lho...,saya juga pernah dengar adakalanya sewaktu mandiin ayam bulu leher tidak perlu basah(khusus ayam jalu) katanya biar banyak nimpuknya, mohon penjelasannya saya kurang ngerti..? thanks ya papaji... Laughing Laughing

pasaribu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 193
Join date : 18.06.09
Age : 31
Lokasi : medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  ferry bun on Sun 25 Oct 2009, 23:22

Menurut saya ayam jalu klw bulu lehernya ngak dimandikan ngak ada hubunganya sih dengan mimpuk.-Lae..
Klw ayam jalu dimandikan dengan sedikit air tujuanya supaya jangan cepat tumpang galuh.( rapat )..klw mimpuk ( tampar ) umumya bawaan lahir si ayam. .

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  boy on Mon 26 Oct 2009, 08:31

Ikut nyumbang saran biar makin semarak, Kalau saya pribadi untk botoin ayam saat dikalangan tdk pernah karena tangan saya tdk terampil utk yg satu ini, tapi botoh atau yg menangani ayam saya saat turun arena akan saya komandoi, bila ayam saya typenya cepat, saya menyarankan cuma diberi minum dan airri secukupnya tdk terlampau basah disekitar ketiak, leher, pangkal ekor, paha , dubur cukup dikonpres gdn busa, agar badan ayam tdk bertambah berat oleh air sehingga gerakanya tetap cepat dan lincah , badan ayam terlampau basah akan mengurangi gerakan lincahnya . badan cukup basah bila prediksi akan terjadi tarung jangka panjang, jadi yg utama mesti kita ketahui krakter tarung ayam kita baru penanganan air dpt diterapkan juga dugaan atas perilaku tarung ayamlawan mesti kita prediksi juga sehingga penanganan ayam kita optimal, tapi kemenangan blm tentu dicapai, minimal dugan2 kita telah antisipasi. salam moga bermanfaat

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  kalagondang on Sun 19 Feb 2012, 10:44

sebelumnya salam kenal gan Embarassed
saya pernah lihat sayap ayam diangkat2 setelah diairi?apa sih maksudnya??? pig

kalagondang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 52
Join date : 19.02.12
Age : 30
Lokasi : SoloTimur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  utomo royo on Mon 20 Feb 2012, 17:03

[quote="kalagondang"]sebelumnya salam kenal gan Embarassed
saya pernah lihat sayap ayam diangkat2 setelah diairi?apa sih maksudnya??? pig [/

mungkin hanya plemasan otot sayap aja bang

utomo royo
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 87
Join date : 20.02.12
Lokasi : sidoarjo jatim 085655006331.jagonekatfarm

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  yoga smg on Mon 20 Feb 2012, 17:34

mantaaaaaaaaabbb hehe dpet ilmu lagi Very Happy Very Happy Very Happy

yoga smg
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 181
Join date : 28.12.11
Lokasi : ungaran

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  wild4n on Wed 22 Feb 2012, 15:46

boy wrote:Ikut nyumbang saran biar makin semarak, Kalau saya pribadi untk botoin ayam saat dikalangan tdk pernah karena tangan saya tdk terampil utk yg satu ini, tapi botoh atau yg menangani ayam saya saat turun arena akan saya komandoi, bila ayam saya typenya cepat, saya menyarankan cuma diberi minum dan airri secukupnya tdk terlampau basah disekitar ketiak, leher, pangkal ekor, paha , dubur cukup dikonpres gdn busa, agar badan ayam tdk bertambah berat oleh air sehingga gerakanya tetap cepat dan lincah , badan ayam terlampau basah akan mengurangi gerakan lincahnya . badan cukup basah bila prediksi akan terjadi tarung jangka panjang, jadi yg utama mesti kita ketahui krakter tarung ayam kita baru penanganan air dpt diterapkan juga dugaan atas perilaku tarung ayamlawan mesti kita prediksi juga sehingga penanganan ayam kita optimal, tapi kemenangan blm tentu dicapai, minimal dugan2 kita telah antisipasi. salam moga bermanfaat

mantap nih.. sama kita bang... saya juga lom terampil ngairi ayam.... Crying or Very sad

wild4n
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 642
Join date : 08.12.11
Lokasi : Ciledug - Tangerang (Parung serab)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  stevie_else on Wed 22 Feb 2012, 18:42

ada lagi yang habis ngairin ayamnya dijantur.itu buat apa ya?ada efek negatifnya ga?mohon pencerahan..

stevie_else
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 89
Join date : 23.11.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ilmu boboto

Post  Sponsored content Today at 18:38


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik