MELATIH NAFAS AYAM

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

MELATIH NAFAS AYAM

Post  pitik Arwana on Tue 27 Sep 2011, 12:14

saya punya ayam yang baru tahap perawatan,,,menurut petunjuk simbah saya untuk melatih nafas ayam cukup sederhana yaitu dengan cara sekitar jam 07.00 wib ayam dimandiin dulu sampai betul betul basah ( tili tili ) kemudian dijemur sampai kurang lebih jam 12.00 wib,,itu dilakukan minimal 3x dalam seminggu,,,,mohon petunjuk teman temn apakah Tip ini benar,,,???

pitik Arwana
kopral
kopral

Jumlah posting : 16
Join date : 12.09.11
Age : 29
Lokasi : klaten

http://elang_wiringkuning.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  didik adi on Tue 27 Sep 2011, 12:21

pitik Arwana wrote:saya punya ayam yang baru tahap perawatan,,,menurut petunjuk simbah saya untuk melatih nafas ayam cukup sederhana yaitu dengan cara sekitar jam 07.00 wib ayam dimandiin dulu sampai betul betul basah ( tili tili ) kemudian dijemur sampai kurang lebih jam 12.00 wib,,itu dilakukan minimal 3x dalam seminggu,,,,mohon petunjuk teman temn apakah Tip ini benar,,,???
wah iso garing pitike dipe sak uwen2..... Laughing

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 511
Join date : 20.05.11
Lokasi : weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  dargombez on Tue 27 Sep 2011, 14:30

pitik Arwana wrote:saya punya ayam yang baru tahap perawatan,,,menurut petunjuk simbah saya untuk melatih nafas ayam cukup sederhana yaitu dengan cara sekitar jam 07.00 wib ayam dimandiin dulu sampai betul betul basah ( tili tili ) kemudian dijemur sampai kurang lebih jam 12.00 wib,,itu dilakukan minimal 3x dalam seminggu,,,,mohon petunjuk teman temn apakah Tip ini benar,,,???

wach, ayamx kasian ni gan kepanggang. kalau menurut saya penjemuran yang baik itu maksimal sampai jam11an. penjemuraan juga bertahap. minggu pertama 1,5jam. minggu ke-2 uda 2jam dan seterusnya. pejemuran di lakukan tiap hari gk masalah. ada baiknya pelajari karakter gacoanx gan...

maaf kalau da kata" yang tidak berkenan. salam damai dari Boemi Arema lol! lol! lol!

dargombez
kopral
kopral

Jumlah posting : 48
Join date : 26.09.11
Age : 29
Lokasi : Boemi Arema

http://www.makacie.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  Mas Eko Aja on Tue 27 Sep 2011, 15:34

didik adi wrote:
pitik Arwana wrote:saya punya ayam yang baru tahap perawatan,,,menurut petunjuk simbah saya untuk melatih nafas ayam cukup sederhana yaitu dengan cara sekitar jam 07.00 wib ayam dimandiin dulu sampai betul betul basah ( tili tili ) kemudian dijemur sampai kurang lebih jam 12.00 wib,,itu dilakukan minimal 3x dalam seminggu,,,,mohon petunjuk teman temn apakah Tip ini benar,,,???
wah iso garing pitike dipe sak uwen2..... Laughing
Tidak juga mas Didik...
Buktinya simbahnya dia juga dulu dijemur kayak gitu gapapa koq...ekeeekeeekeee... pirat pirat pirat
piss ahh mas... Very Happy Very Happy Very Happy Laughing Laughing Laughing Embarassed Embarassed

Mas Eko Aja
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 72
Join date : 19.09.11
Age : 51

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  pitik Arwana on Tue 27 Sep 2011, 21:05

dargombez wrote:
pitik Arwana wrote:saya punya ayam yang baru tahap perawatan,,,menurut petunjuk simbah saya untuk melatih nafas ayam cukup sederhana yaitu dengan cara sekitar jam 07.00 wib ayam dimandiin dulu sampai betul betul basah ( tili tili ) kemudian dijemur sampai kurang lebih jam 12.00 wib,,itu dilakukan minimal 3x dalam seminggu,,,,mohon petunjuk teman temn apakah Tip ini benar,,,???

wach, ayamx kasian ni gan kepanggang. kalau menurut saya penjemuran yang baik itu maksimal sampai jam11an. penjemuraan juga bertahap. minggu pertama 1,5jam. minggu ke-2 uda 2jam dan seterusnya. pejemuran di lakukan tiap hari gk masalah. ada baiknya pelajari karakter gacoanx gan...

maaf kalau da kata" yang tidak berkenan. salam damai dari Boemi Arema lol! lol! lol!
makasih saranx mas...akan saya coba tips tersebut,,

pitik Arwana
kopral
kopral

Jumlah posting : 16
Join date : 12.09.11
Age : 29
Lokasi : klaten

http://elang_wiringkuning.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  pitik Arwana on Tue 27 Sep 2011, 21:06

Mas Eko Aja wrote:
didik adi wrote:
pitik Arwana wrote:saya punya ayam yang baru tahap perawatan,,,menurut petunjuk simbah saya untuk melatih nafas ayam cukup sederhana yaitu dengan cara sekitar jam 07.00 wib ayam dimandiin dulu sampai betul betul basah ( tili tili ) kemudian dijemur sampai kurang lebih jam 12.00 wib,,itu dilakukan minimal 3x dalam seminggu,,,,mohon petunjuk teman temn apakah Tip ini benar,,,???
wah iso garing pitike dipe sak uwen2..... Laughing
Tidak juga mas Didik...
Buktinya simbahnya dia juga dulu dijemur kayak gitu gapapa koq...ekeeekeeekeee... pirat pirat pirat
piss ahh mas... Very Happy Very Happy Very Happy Laughing Laughing Laughing Embarassed Embarassed
itu rahasia warisan leluhur lho

pitik Arwana
kopral
kopral

Jumlah posting : 16
Join date : 12.09.11
Age : 29
Lokasi : klaten

http://elang_wiringkuning.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  Nur yasin on Wed 28 Sep 2011, 08:20

Pemula Ikut sumbang saran...
Jemur ayam yg baru tahap latih/jemur awal jgn di paksain mas.
takutnya ntar ayamnya putus nafas(piye lek ngarani yo.?) jadi tambah jelek nafasnya. Gampang ngosngosan.
Lebih baik, pertamanya asal bulu kering aja, lalu sampai ayam mulai gelisah, tahap selanjutnya semampu ayamnya aja. Jgn semampu yg punya. Hehe.

Nur yasin
kopral
kopral

Jumlah posting : 32
Join date : 22.09.11
Age : 37
Lokasi : Banyuwangi. JATIM

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  Nomon A.R Putra Laoli,SE on Wed 28 Sep 2011, 23:12

pitik Arwana wrote:saya punya ayam yang baru tahap perawatan,,,menurut petunjuk simbah saya untuk melatih nafas ayam cukup sederhana yaitu dengan cara sekitar jam 07.00 wib ayam dimandiin dulu sampai betul betul basah ( tili tili ) kemudian dijemur sampai kurang lebih jam 12.00 wib,,itu dilakukan minimal 3x dalam seminggu,,,,mohon petunjuk teman temn apakah Tip ini benar,,,???
Very Happy selain ayam di jemur ayam juga perlu di beri gula merah....dan latihan secukupnya...ada pepatah mengatakan "semua bisa karena biasa"
, kalo sering latihan fisik dengan sendirinya kemampuan nafas ayam akan terbentuk...

Nomon A.R Putra Laoli,SE
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 05.09.11
Age : 39
Lokasi : Sumatera Utara - Nias

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  paul on Thu 29 Sep 2011, 08:07

jemur ayam bisa seharian mas, tapi jangan dikurung, dilepas ditengah lapangan sepak bola siang hari kekekekkkeee.... kalau saya jemur ayam maksimal 2 jam mas, bahkan 1 jam saja sebenernya juga sudah cukup kok... untuk menguatkan nafas ayam tergantung latihan dan kesiapan ototnya juga... selama latihan bagus, dan ayam tidak terlalu gemuk dan kurus napas akan bagus

paul
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 195
Join date : 13.07.10

Kembali Ke Atas Go down

melatih nafas ayam

Post  iyang on Thu 29 Sep 2011, 17:48

menjemur ayam tidak dapat dijadikan patokan jumlah jam-nya, tapi dilihat juga iklim di daerah tersebut, 1-2 jam ayam dijemur di Jakarta pasti dah ngap-ngapan, tapi contohnya di TawangMangu Karang Anyar Jawa Tengah kebetulan saya pernah tugas di sana 1-2 jam belum apa-apa karena cuacanya dingin banget dan matahari jarang bersinar terik

iyang
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 703
Join date : 09.03.10
Age : 43
Lokasi : Tarumajaya Bekasi, 085714907816

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  danks on Sat 01 Oct 2011, 18:09

Nur yasin wrote:Pemula Ikut sumbang saran...
Jemur ayam yg baru tahap latih/jemur awal jgn di paksain mas.
takutnya ntar ayamnya putus nafas(piye lek ngarani yo.?) jadi tambah jelek nafasnya. Gampang ngosngosan.
Lebih baik, pertamanya asal bulu kering aja, lalu sampai ayam mulai gelisah, tahap selanjutnya semampu ayamnya aja. Jgn semampu yg punya. Hehe.

Mas Nur Putus nafas itu gmana maksudnya, mohon penjleasanya.suwun

danks
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 736
Join date : 24.01.10
Age : 46
Lokasi : Bandung Barat

http://www.sketsabisnis.com/?id=bisnisku

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  dargombez on Sat 01 Oct 2011, 19:08

danks wrote:
Nur yasin wrote:Pemula Ikut sumbang saran...
Jemur ayam yg baru tahap latih/jemur awal jgn di paksain mas.
takutnya ntar ayamnya putus nafas(piye lek ngarani yo.?) jadi tambah jelek nafasnya. Gampang ngosngosan.
Lebih baik, pertamanya asal bulu kering aja, lalu sampai ayam mulai gelisah, tahap selanjutnya semampu ayamnya aja. Jgn semampu yg punya. Hehe.

Mas Nur Putus nafas itu gmana maksudnya, mohon penjleasanya.suwun

kondisi nafas ayamnya down mas, istilah gampangnya kalau baterai HP ya ngedropan. maaf kalau salah... lol! lol! lol!

dargombez
kopral
kopral

Jumlah posting : 48
Join date : 26.09.11
Age : 29
Lokasi : Boemi Arema

http://www.makacie.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

melatih nafas ayam

Post  pelor on Sat 01 Oct 2011, 21:10

sy biasa jemur ayam dari jam 8 sampai jam 10 pagi tp kadang kalau jam 10pagi belum ngp ngapan sy tambah sampai jam 10:30..... gimana cuaca sih yg penting klw terlihat ayam udah ga kuat ya sy angkat....

pelor
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 574
Join date : 12.02.10
Age : 34
Lokasi : cikampek / karawang (JABAR)

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  Tjah Semarang on Sun 02 Oct 2011, 10:27

pelor wrote:sy biasa jemur ayam dari jam 8 sampai jam 10 pagi tp kadang kalau jam 10pagi belum ngp ngapan sy tambah sampai jam 10:30..... gimana cuaca sih yg penting klw terlihat ayam udah ga kuat ya sy angkat....

setuju gan.. Very Happy

Tjah Semarang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 88
Join date : 28.09.11
Age : 30
Lokasi : semarang barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  Lock Thea on Sun 02 Oct 2011, 22:01

Ikut nyimak ach...!

Lock Thea
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 2091
Join date : 24.07.11
Age : 30
Lokasi : Kuningan

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  Nur yasin on Mon 03 Oct 2011, 04:43

pelor wrote:sy biasa jemur ayam dari jam 8 sampai jam 10 pagi tp kadang kalau jam 10pagi belum ngp ngapan sy tambah sampai jam 10:30..... gimana cuaca sih yg penting klw terlihat ayam udah ga kuat ya sy angkat....

Cara jemur jago sy juga gitu Bos...
Kayaknya Lebih hewani gitu loh.....

@Danks: putus nafas tu istilah di tempat sy bos, gk ngerti klo daerah lain apa..
Kondisi jago saat di jemur hampir/ kehabisan
nafas. Biasanya nafas ayam mengap2 dg cepat sekali dan kadang seakan putus di ikuti muka pucat, badan nempel alas/tanah.
tu ayam biasae staminanya malah rusak/gk bagus.
Mohon maaf klo salah...

Nur yasin
kopral
kopral

Jumlah posting : 32
Join date : 22.09.11
Age : 37
Lokasi : Banyuwangi. JATIM

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  danks on Mon 03 Oct 2011, 17:42

Nur yasin wrote:
pelor wrote:sy biasa jemur ayam dari jam 8 sampai jam 10 pagi tp kadang kalau jam 10pagi belum ngp ngapan sy tambah sampai jam 10:30..... gimana cuaca sih yg penting klw terlihat ayam udah ga kuat ya sy angkat....

Cara jemur jago sy juga gitu Bos...
Kayaknya Lebih hewani gitu loh.....

@Danks: putus nafas tu istilah di tempat sy bos, gk ngerti klo daerah lain apa..
Kondisi jago saat di jemur hampir/ kehabisan
nafas. Biasanya nafas ayam mengap2 dg cepat sekali dan kadang seakan putus di ikuti muka pucat, badan nempel alas/tanah.
tu ayam biasae staminanya malah rusak/gk bagus.
Mohon maaf klo salah...

thanks mas Nur infonya..
jangan2 ayam saya pernah putus juga nafas ya mas?
ceritanya sya ada lancuran mas nafas nya jelek banget, klo diabar sebentar z muka jadi biru kaya kekurangan oksogen n tenaga benar2 ngedrop jadi biasanya saya langsung angkat, sdh saya periksa tenggorokannya ga ada masalah, riwayat ksehatan ayam juga g pernah sakit sejak anakan sampe sekarang jdi lancuran...
apakh separah itu akibat putus nafas mas, suwun

danks
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 736
Join date : 24.01.10
Age : 46
Lokasi : Bandung Barat

http://www.sketsabisnis.com/?id=bisnisku

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  GENTHA on Mon 03 Oct 2011, 18:32

Cara jemur jago sy juga gitu Bos...
Kayaknya Lebih hewani gitu loh.....

@Danks: putus nafas tu istilah di tempat sy bos, gk ngerti klo daerah lain apa..
Kondisi jago saat di jemur hampir/ kehabisan
nafas. Biasanya nafas ayam mengap2 dg cepat sekali dan kadang seakan putus di ikuti muka pucat, badan nempel alas/tanah.
tu ayam biasae staminanya malah rusak/gk bagus.
Mohon maaf klo salah...[/quote]

waduh jangan jangan ayamku putus nafas ..... Crying or Very sad
tanda tandanya persis seperti itu....
gimana cara memperbaikinya bang nur....???? Crying or Very sad

GENTHA
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 19.01.11
Lokasi : leter E

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  borjonk_139 on Mon 03 Oct 2011, 23:56

Nomon A.R Putra Laoli,SE wrote:
pitik Arwana wrote:saya punya ayam yang baru tahap perawatan,,,menurut petunjuk simbah saya untuk melatih nafas ayam cukup sederhana yaitu dengan cara sekitar jam 07.00 wib ayam dimandiin dulu sampai betul betul basah ( tili tili ) kemudian dijemur sampai kurang lebih jam 12.00 wib,,itu dilakukan minimal 3x dalam seminggu,,,,mohon petunjuk teman temn apakah Tip ini benar,,,???
Very Happy selain ayam di jemur ayam juga perlu di beri gula merah....dan latihan secukupnya...ada pepatah mengatakan "semua bisa karena biasa"
, kalo sering latihan fisik dengan sendirinya kemampuan nafas ayam akan terbentuk...
Very Happy setuju mas..!!!

borjonk_139
kopral
kopral

Jumlah posting : 22
Join date : 31.07.11
Age : 27
Lokasi : meulaboh NAD - 082160550666

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  Nur yasin on Tue 04 Oct 2011, 00:44

putus nafas tu istilah di tempat sy bos, gk ngerti klo daerah lain apa..
[/quote]

thanks mas Nur infonya..
jangan2 ayam saya pernah putus juga nafas ya mas?
ceritanya sya ada lancuran mas nafas nya jelek banget, klo diabar sebentar z muka jadi biru kaya kekurangan oksogen n tenaga benar2 ngedrop jadi biasanya saya langsung angkat, sdh saya periksa tenggorokannya ga ada masalah, riwayat ksehatan ayam juga g pernah sakit sejak anakan sampe sekarang jdi lancuran...
apakh separah itu akibat putus nafas mas, suwun[/quote]
Akang ni bisa aja.
Sy yakin klau masalah perawatan smpčan sudah berpengalaman.
Tp skedar berbagi pengalaman aja.
Dulu pernah ayam lancuran sy hampir klenger kehbisan nafas.
Skrang sy gk pernah mandi+jemur ayam berlebih.
Sy lebih mementingkan ayam di umbar bebas sore hari, gebrak 10 menitan paling tidak 2 minggu sekali.
Hasilnya, kuda2 dan nafas jago2 sy lumayan bagus.
di bawah 2x15 menit ayam gak pernah duduk beralaskan buntutnya. Hehe..
Maaf kang, cm sharing aja.
Monggo di bagi ilmunya kang....
drunken

Nur yasin
kopral
kopral

Jumlah posting : 32
Join date : 22.09.11
Age : 37
Lokasi : Banyuwangi. JATIM

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  danks on Tue 04 Oct 2011, 23:00

Nur yasin wrote:putus nafas tu istilah di tempat sy bos, gk ngerti klo daerah lain apa..

thanks mas Nur infonya..
jangan2 ayam saya pernah putus juga nafas ya mas?
ceritanya sya ada lancuran mas nafas nya jelek banget, klo diabar sebentar z muka jadi biru kaya kekurangan oksogen n tenaga benar2 ngedrop jadi biasanya saya langsung angkat, sdh saya periksa tenggorokannya ga ada masalah, riwayat ksehatan ayam juga g pernah sakit sejak anakan sampe sekarang jdi lancuran...
apakh separah itu akibat putus nafas mas, suwun[/quote]
Akang ni bisa aja.
Sy yakin klau masalah perawatan smpčan sudah berpengalaman.
Tp skedar berbagi pengalaman aja.
Dulu pernah ayam lancuran sy hampir klenger kehbisan nafas.
Skrang sy gk pernah mandi+jemur ayam berlebih.
Sy lebih mementingkan ayam di umbar bebas sore hari, gebrak 10 menitan paling tidak 2 minggu sekali.
Hasilnya, kuda2 dan nafas jago2 sy lumayan bagus.
di bawah 2x15 menit ayam gak pernah duduk beralaskan buntutnya. Hehe..
Maaf kang, cm sharing aja.
Monggo di bagi ilmunya kang....
drunken [/quote]


saya serius ini mas..he
org sunda bilang luang ti papada urang sareng tina daluang (ilmu/wawasan itu dari sesama dan buku/belajar)...
orang bisa punya hobby sama, pekerjaan sma bahkan mungkin pendidikan sama tapi pengalamn/cara orang mungkin berbeda dalam menghadapi suatu masalah...termasuk maslah diatas.he.Dalam hal ini dan banyak hal soal hoby kita ini saya masih banyk belajar dari temen2 termasuk forum ini..
jadi jangn pelit ilmu/pengalamnnya mas, monggo di lanjutttt Smile Smile Smile

danks
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 736
Join date : 24.01.10
Age : 46
Lokasi : Bandung Barat

http://www.sketsabisnis.com/?id=bisnisku

Kembali Ke Atas Go down

masalah nafas ayam

Post  shownet on Thu 06 Oct 2011, 17:49

ayam2ku juga bermasalah dengan nafas nech padahal udah dijemur kasih gula merah dan vit.kalau ayamnya sech sehat banget tp giliran diabar br 5 menit langsung megap2, ampe pusing cara ngatasinya

shownet

Jumlah posting : 1
Join date : 05.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  jimox on Sun 09 Oct 2011, 11:03

iyang wrote:menjemur ayam tidak dapat dijadikan patokan jumlah jam-nya, tapi dilihat juga iklim di daerah tersebut, 1-2 jam ayam dijemur di Jakarta pasti dah ngap-ngapan, tapi contohnya di TawangMangu Karang Anyar Jawa Tengah kebetulan saya pernah tugas di sana 1-2 jam belum apa-apa karena cuacanya dingin banget dan matahari jarang bersinar terik

setuju mas. jam nggak bisa dijadiin patokan. kalau udah gelisah n nafas mulai nggak teratur berarti udah birahi, eh salah maksudnya udah waktunya ngangkat. hehe... Smile

jimox
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 346
Join date : 20.09.10
Lokasi : Kediri

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  Diosaka Bengkulu on Mon 10 Oct 2011, 14:07

jimox wrote:
iyang wrote:menjemur ayam tidak dapat dijadikan patokan jumlah jam-nya, tapi dilihat juga iklim di daerah tersebut, 1-2 jam ayam dijemur di Jakarta pasti dah ngap-ngapan, tapi contohnya di TawangMangu Karang Anyar Jawa Tengah kebetulan saya pernah tugas di sana 1-2 jam belum apa-apa karena cuacanya dingin banget dan matahari jarang bersinar terik

setuju mas. jam nggak bisa dijadiin patokan. kalau udah gelisah n nafas mulai nggak teratur berarti udah birahi, eh salah maksudnya udah waktunya ngangkat. hehe... Smile


wkwkwkwkwkwk lol! lol! lol! lol! lol! lol!

Diosaka Bengkulu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 91
Join date : 15.09.11
Age : 30
Lokasi : Bengkulu - Curup

Kembali Ke Atas Go down

hmmm

Post  si_toro on Tue 29 May 2012, 20:55

makanya kalo udah di jemur panas sampe jam 12, lagi ngos2an buru2 kasih minyak kelapa,biar licin tenggorokanya gk kering bro , sambil 3 sekali di airin kalo bisam jangan sekali,
wakakak sok tau gw

si_toro
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 127
Join date : 23.05.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: MELATIH NAFAS AYAM

Post  Sponsored content Today at 19:46


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik