Nafas Ayam Bunyi

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Nafas Ayam Bunyi

Post  aliem on Wed 22 Oct 2008, 11:53

Numpang nanya ama Mas Ary ato yang lainnya, ada ayam yang kalo lg tarung itu bunyi nafasnya keras (kadang kayak bunyi tersedak)... seolah2 ayam ntu udah mau habis nafas pdhl baru mulai tarung udah gitu (ternyata memang masih kuat tarung trs)
Kiira2 apa penyebab kayak gitu?? Bagaimana cara mengobatinya??? trima kasih sebelumnya... Smile Smile Smile

aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Administrator on Wed 22 Oct 2008, 13:42

Bunyi nafas keras itu maksudnya gimana mas..? Apa nafas terdengar berat (kaya orang asma/sesak napas), ngorok, atau ayamnya berbunyi kok.. kok.. kok... ??

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  aliem on Wed 22 Oct 2008, 14:18

Administrator wrote:Bunyi nafas keras itu maksudnya gimana mas..? Apa nafas terdengar berat (kaya orang asma/sesak napas), ngorok, atau ayamnya berbunyi kok.. kok.. kok... ??

Bunyinya kok...kok....kokkk. gimana ntu mas???

aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Administrator on Wed 22 Oct 2008, 18:21

aliem wrote:Bunyinya kok...kok....kokkk. gimana ntu mas???

Kalo bunyi kaya gitu, setahu sy krn staminanya kurang bagus. Napasnya belum kuat (mabok). Meskipun begitu, tenaga mungkin saja ada krn makan dan istirahat cukup. Biasanya ayam2 muda memang seperti itu napasnya krn memang belum di training dgn intensif.

Coba dilatih dulu mas... Putar/lari, umbar dan jemur yg cukup. Abar selama 20 menit dgn kedua ayam patoknya dibungkus (patok atas dan bawah disatukan dgn plester). Kemudian 3-5 menit patok dibuka (total 25 menit abar).
Bila ayam kembali mabok, jangan terlalu lama diteruskan abarnya. Segera angkat krn memang belum saatnya untuk gebrak lebih lama. Harus dilatih lagi.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  pippo on Sun 28 Mar 2010, 10:18

sebelumnya sy mnt maaf mas admin,sy mau numpang nanya.sy jg punya ayam yg nafasnya bunyi,tp bukan ngorok mungkin asma kalo dtmpat sy nafas mengi.sy mohon apa obat untuk ayam yg seperti itu?
trima kasih

pippo
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 23.03.10
Age : 28
Lokasi : rembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  gerimis on Sun 28 Mar 2010, 12:06

Sekedar bagi pengalaman. Saya pernah punya ayam yang kalo diabar atau di adu, nafasnya selalu berbunyi me-ngi ( tapi hanya di airan pertama, diairan selanjutnya bunyinya hilang). Tapi hal itu tidak mempengaruhi kualitas nafas aym tsbt. Saya berpendapat mungkin itu disebabkan oleh penyakit radang tenggorok yang sudah sembuh, dan meninggalkan tanda tsbt (bunyi me-ngi). Atau di sebabkan oleh ayam yg pada saat ayam masih kecil bagian lehernya pernah terkena pukul keras oleh ayam yg di atas usianya.

Salam. Smile

gerimis
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 335
Join date : 01.02.10
Age : 35
Lokasi : jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  pippo on Sun 28 Mar 2010, 12:31

maaf mas gerimis.. ayam sy mengi-nya bukan hanya di abar saja,wktu di jemur,lari,dll jg mengi pokoknya setiap ayam sy lelah sdikit saja nafasnya pasti mengi
mohon pencerahannya ya mas
trima kasih[left]

pippo
kopral
kopral

Jumlah posting : 17
Join date : 23.03.10
Age : 28
Lokasi : rembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  ricky cortner on Sat 09 Apr 2011, 09:46

mana nih jawaban dari para senior,, biasanya mas hendro sama mas admin ahlinya dalam pengobatan, mohon jawabanya?? ayam saya juga mengalami gejala seperti diatas...

ricky cortner

Jumlah posting : 6
Join date : 12.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  kluruk_farm on Wed 13 Apr 2011, 23:01

aliem wrote:Numpang nanya ama Mas Ary ato yang lainnya, ada ayam yang kalo lg tarung itu bunyi nafasnya keras (kadang kayak bunyi tersedak)... seolah2 ayam ntu udah mau habis nafas pdhl baru mulai tarung udah gitu (ternyata memang masih kuat tarung trs)
Kiira2 apa penyebab kayak gitu?? Bagaimana cara mengobatinya??? trima kasih sebelumnya... Smile Smile Smile

slam kenal mas aliem...
ikut rembug nih...
menurut saya hal tersebut bisa di pengaruhi oleh bawaan gen ayam.
tetapi hal tersebut bisa di atasi dengan latihan fisik ayam dan ransum yang tepat buat ayam tipe tersebut....

kluruk_farm
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 08.04.11
Age : 36
Lokasi : DI Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  paul on Mon 06 Jun 2011, 12:04

saya juga punya ayam umur 7 bulanan. sudah saya abar 2x, tapi cuma sebentar-sebentar. setelah kurang lebih 3 menit pas abar, dia bunyi kok..kok...kok...namun tipe permainan baik solah dan pukulan tidak berubah, hanya saja jadi agak sulit pegang lawannya, karena mulutnya terus terbuka, akibat bungi kok...kok...kok.. bahkan suara berkokoknya tidak bisa sempurna seperti saudaranya yang lain. Suara berkokoknya seperti suara berkokok anak ayam. Apa memang dasar ayamnya seperti itu? apa itu menandakan ayam ada gangguan tenggorakan atau dasarnya ayam seperti itu?

paul
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 195
Join date : 13.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  daniel chong on Thu 21 Jul 2011, 13:17

salam sihat semua... saya mempunyai ayam umurnya 8-9bulan...masalahnya juga sama.. asal diadu selama 3min sudah dia berbunyi kok kok kok.... kelihatan dia agak sesak nafas... tetapi mainannya masih kuat... saya rasa agak hairan.. apa masalahnya??? boleh berikan apa2 cadangan mengatasinya?

daniel chong

Jumlah posting : 6
Join date : 21.07.11
Age : 28
Lokasi : Sandakan SABAH

Kembali Ke Atas Go down

wiharaputra

Post  wiharaputra on Thu 21 Jul 2011, 14:02

numpang tnya. ayam saya kalo lg makan nafasnya sprti agak sesek(ngos-ngosan),knp ya? kadang mulutnya terbuka(tp nggak lebar, sperti mingkem tp gak rapat). trus sayapnya diangkat(gak rapat ke badan), knp ya? apa ayam saya sakit atau cuma kegerahan? umur 4.5 bulan.

wiharaputra
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 129
Join date : 15.06.11
Age : 28
Lokasi : wonosari, yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Ari Nur on Sun 15 Jul 2012, 16:41

Ayooo...pada kemana nih para senior, bang admin, mas moderator...tolong jawabannya donk...
Aym sy jg waktu di abar baru sebentar nafas udah terasa berat padahal udah dilatih rutin...tolong solusinya semuanya...

Ari Nur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 178
Join date : 20.05.12
Age : 21
Lokasi : Semarang-Bergota

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  [BEJO] on Sun 15 Jul 2012, 17:11

sekedar cerita, dulu teman bebotoh saya punya ayam yang seperti itu. malah juara di pinggiran dengan rekor yang fantastis, sampe2 tu ayam diberi nama knop (bel pintu) karena kalo tarung pasti bunyi kok kok kok kok kok...... katanya emang jenis ayamnya seperti itu, dah bawaan telor. selama stamina, tenaga, nafas tidak terganggu karena suara tsb bukan masalah kok.
kata senior sini selama bunyinya gak keok trus lari mo ayam model apaan yang penting tarungnya Very Happy

[BEJO]
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 76
Join date : 04.07.12
Age : 32
Lokasi : prambanan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Ari Nur on Sun 15 Jul 2012, 19:41

Masalahnya ni ganggu banget mas saat brtarung...
Ayooo senior2 tolong solusinya...tolonglah juniormu yg sedang galau ini...

Ari Nur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 178
Join date : 20.05.12
Age : 21
Lokasi : Semarang-Bergota

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Slamet M on Mon 16 Jul 2012, 11:15

izin Nyimak.

Slamet M
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 25.05.12
Age : 32
Lokasi : Pekanbaru

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Slamet M on Mon 16 Jul 2012, 11:16

izin Nyimak.

Slamet M
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 163
Join date : 25.05.12
Age : 32
Lokasi : Pekanbaru

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Ari Nur on Mon 16 Jul 2012, 18:39

Ayo pd kmn nih senior2...

Ari Nur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 178
Join date : 20.05.12
Age : 21
Lokasi : Semarang-Bergota

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  tetep.teges on Mon 16 Jul 2012, 22:10

Saran

jemurnya dikurangi...
ditambahi latihan mlumpat kijing (just kidding).

Maju terus Mbergoto....
cmiiw

tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Ari Nur on Wed 18 Jul 2012, 05:41

Oh...
Bisa dicoba nih...
Jenengan semarang'e pundi mas...?

Ari Nur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 178
Join date : 20.05.12
Age : 21
Lokasi : Semarang-Bergota

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  tetep.teges on Wed 18 Jul 2012, 19:00

Ari Nur wrote:Oh...
Bisa dicoba nih...
Jenengan semarang'e pundi mas...?

Galwareng mas,...dolan nyang omahku..nonton untulku....

tetep.teges
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 466
Join date : 05.10.11
Age : 40
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Ari Nur on Wed 18 Jul 2012, 19:06

Ayo pd kmn nih senior2...

Ari Nur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 178
Join date : 20.05.12
Age : 21
Lokasi : Semarang-Bergota

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  coki on Wed 18 Jul 2012, 19:27

aliem wrote:Numpang nanya ama Mas Ary ato yang lainnya, ada ayam yang kalo lg tarung itu bunyi nafasnya keras (kadang kayak bunyi tersedak)... seolah2 ayam ntu udah mau habis nafas pdhl baru mulai tarung udah gitu (ternyata memang masih kuat tarung trs)
Kiira2 apa penyebab kayak gitu?? Bagaimana cara mengobatinya??? trima kasih sebelumnya... Smile Smile Smile

Berarti Ayamnya JELEK tuh mas...........
Ganti, sama yang Bagus Aja...............
Masih Banyak Ayam Di tempat Lain......
M-A-N-T-A-P
OK''

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1274
Join date : 10.01.12
Age : 34
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Ari Nur on Wed 18 Jul 2012, 19:31

tetep.teges wrote:
Ari Nur wrote:Oh...
Bisa dicoba nih...
Jenengan semarang'e pundi mas...?

Galwareng mas,...dolan nyang omahku..nonton untulku....

nggeh mas mengkeh yen onten wektu....
Galwareng'e sebelah pundi mas?


Terakhir diubah oleh Ari Nur tanggal Wed 18 Jul 2012, 20:58, total 1 kali diubah

Ari Nur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 178
Join date : 20.05.12
Age : 21
Lokasi : Semarang-Bergota

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  TotoAryo on Wed 18 Jul 2012, 20:21

ikutan berbagi ya, menurut saya ada bbrp faktor ayam seperti kehabisan nafas begitu:
1. bagi ayam normal hal tsb dikarenakan kondisi fisik & stamina yg blm jadi (bnr2 khabisan stamina hingga nafas pun berat)
2. kondisi ayam tdk normal walaupun dari trahnya tdk begitu (disebabkan berbagai hal, bisa jd krn prnh makan karet, prnh sakit (akibat tarung atau sakit krn virus/bakteri) yg menyebabkan saluran pernafasannya mengalami gangguan akut dll
3. trah/turunan

klo kondisinya seperti yg pertama, berarti ayam msh muda (6 ato 7 bln) & baru perkenalan bertarung. jd apabila dah bunyi kooook...kooook..berarti harus "stop abar" cari waktu lain, kan msh ada Very Happy
& cara mengabarnya mestilah bertahap mulai dari 5 menit dulu hingga 2x15 menit (biasanya butuh 1 bln hingga bisa di abar 2 airan), lawan tandingnya carilah yg sepadan dahulu terlebih dari segi umur ukuran dan otot sehingga kondisi fisik stamina & nafasnya secara bertahap akan menanjak signifikan, baru kmudian menanjak dgn tandingan yg lebih tua & lebih otot (lamanya abar pun bertahap ttp disesuaikan kembali dgn lawan & staminanya-sudah sampe mana, apa sdh sanggup lebih dari 2 airan atau blm dll)
namun apabila terjadi kondisi seperti dimana mas utarakan, sepertinya ayam di paksa brtarung melebihi batas fisik / staminanya & ini tentu berbahaya apabila msh trs dilanjutkan mengabar seperti itu, nafas stamina & fisik ayam bknnya malah terbentuk melainkan membuat ayam cacat. disini ada hal2 dmn dlm merawat ayam harus telaten & bersabar, bknnya malah ingin cpt jadi (hanya rmh mkn yg cpt saji) ekekeke
utk perawatannya berikan nutrisi & latihan rutin yg cukup (tdk kurang & tdk berlebihan). utk tambahan nutrisi penunjang nafasnya berikan gula merah, tomat & madu secukupnya rutin 1x sehari (klo mau yg sedikit mahal berikan propolis) mudah2an nafasnya menjadi lebih baik.
kalo kondisinya seperti yg kdua & ktiga (kondisi tdk normal), patut dicoba jg sprti yg pertama namun walahualam, apabila tdk ada perubahan saran mas coki walau terbilang sprti bkn solusi namun dpt di pakai. Shocked Razz
bkn menggurui namun sekedar berbagi Smile
demikian, salam

TotoAryo
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1245
Join date : 30.01.12
Age : 34
Lokasi : Bengkulu, Indonesia +6281367622224 - http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

http://www.youtube.com/user/TotoAryoFarm

Kembali Ke Atas Go down

Re: Nafas Ayam Bunyi

Post  Sponsored content Today at 18:34


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik