Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  jibril on Thu 13 Oct 2011, 23:30

kadang heran juga ketika aku mampir ke tempat teman2 lain sesama penghoby ayam, klo liat ayamnya kok merasa jago2nya dia kok lebih berat bobot badannya tapi singset dan kokoh..

klo dia ditanya; kok bisa berat badan jago mudanya begitu 'mbandul' (kalo diangkat terasa sangat berbobot), sedangkan jago-jago di rumah kok kurang 'mbandul' dan justru terasa kurang berbobot..

padahal
1. diberi sarapan telor puyuh & gula jawa..
2. trus sorenya makan rendaman beras merah...
3. juga digebrak 2 minggu sekali, tapi kok ya masih belum ada perubahan signifikan ya...
4. tiap pagi diolahraga-kan 15 menitan..
5. juga sudah diberi obat cacing, barang kali cacingan, tapi kok ya masih kurang berbobot ya badannya..

mungkin teman2 Papaji ada saran agar jago kita (walau masih muda), bobotnya-singset-dan ototnya bisa bagus...

karena dari pengalaman memiliki ayam spesialis pukul keras akan lebih berbobot kekuatan pukulannya ketika berat badannya juga semakin nambah berat... gmn pendapat kawan2 sekalian?[list=1][*]

jibril
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 13.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  Awan on Fri 14 Oct 2011, 07:12

Sedikit komenen.....
Sebenarnya sudah benar asupan gisi, gebrak dan olah raganya ditambah cacingnya juga dikontrol. logikanya ayam dirawat seperti ini seharusnya berbobot dan berotot bagus(maksudnya Liat bukan Kaku...).
Ada beberpa kemungkinan hal diatas tida tercapai:
1. Ayamnya sakit peda proses pencernaannya sehingga tidak bisa menyerap secara maksimal unsur gizi makanan.
2. ayamnya ada luka dalam yang tersembunyi, mungkin agak ringan tidak kelihatan. tapi sangat memanggu dan meresakan sang ayam.
3. ayam kena sakit kuning.
4. ayam mungkin pernah makan karet gelang atau plastik dan nyamkut dalam rempelo karne tidak bisa di cerna.

Awan
kopral
kopral

Jumlah posting : 47
Join date : 12.11.09
Age : 40

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  Administrator on Fri 14 Oct 2011, 10:23

Bisa juga karena :
- Kurang istirahat.
- Kandang tidak nyaman. Panas, pengap, nyamuk, dsb.
- Kebersihan kandang.
- dll.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  amrogen on Fri 14 Oct 2011, 10:38

bahan baku ayam-nya kali bang yg kurang bagus/ butuh waktu lama untuk jadi-otot...
atoooo
ayam kurang istirahat dan gak happy kayaknya tuh ayam.
biasanya saking terobsesi-nya pingin cepet nge-jadiin si ayam-otot, jadi lupa klo ayam juga mahluk hidup...kekek

saran sy dalam melatih ayam terutama ayam muda jangan terlalu diforsir, klo overtrainee bukan-nya bagus malah amsiong/drop.
berikan asupan gizi yg baik dan istirahat yg cukup.
misal senins/d rabu fisik dan olahraga...kamis jumat sabtu cukup umbar biasa saja dan inbox.
minggu ditest...gebrak.

salam,

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  LQ on Fri 14 Oct 2011, 20:32

jibril wrote:kadang heran juga ketika aku mampir ke tempat teman2 lain sesama penghoby ayam, klo liat ayamnya kok merasa jago2nya dia kok lebih berat bobot badannya tapi singset dan kokoh..

klo dia ditanya; kok bisa berat badan jago mudanya begitu 'mbandul' (kalo diangkat terasa sangat berbobot), sedangkan jago-jago di rumah kok kurang 'mbandul' dan justru terasa kurang berbobot..

padahal
1. diberi sarapan telor puyuh & gula jawa..
2. trus sorenya makan rendaman beras merah...
3. juga digebrak 2 minggu sekali, tapi kok ya masih belum ada perubahan signifikan ya...
4. tiap pagi diolahraga-kan 15 menitan..
5. juga sudah diberi obat cacing, barang kali cacingan, tapi kok ya masih kurang berbobot ya badannya..

mungkin teman2 Papaji ada saran agar jago kita (walau masih muda), bobotnya-singset-dan ototnya bisa bagus...

karena dari pengalaman memiliki ayam spesialis pukul keras akan lebih berbobot kekuatan pukulannya ketika berat badannya juga semakin nambah berat... gmn pendapat kawan2 sekalian?[list=1][*]
kalo mbandul dtempat sy,adalah ayam sudah tercapai titik kelenturan otot terutama bagian pinggang-paha jika diangkat kmd diayun otot bagian paha udh mbandul,berat badan udh terkumpul pd kaki,pukulan mgk udg maksimal...

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  jibril on Sun 30 Oct 2011, 00:31

??


Terakhir diubah oleh jibril tanggal Sun 30 Oct 2011, 00:33, total 1 kali diubah

jibril
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 13.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  jibril on Sun 30 Oct 2011, 00:32

Administrator wrote:Bisa juga karena :
- Kurang istirahat.
- Kandang tidak nyaman. Panas, pengap, nyamuk, dsb.
- Kebersihan kandang.
- dll.


1. Kurang istirahat? Apa perlu ayam ditidur siangkan? atau hanya malam aja? atau istirahat disini maksudnya adalah perlunya istirahat dari latihan rutin? Apa melatih ayam muda tidak harus setiap hari? Klo dari Abang sendiri, merawat & melatih ayam mudanya seperti apa?

2. Kandang tidak nyaman. Mungkin ini yang perlu ku perhatikan lagi. Memang benar kok, kandangku klo kuamati lebih seksama, memang terasa panas-pengap dan banyak nyamuk. mungkin perlu kuberi kasa anti nyamuk.

3. Kebersihan kandang. Apa ini berarti kita harus nge-bersih-in kandang setiap hari? Tapi ada peternak yang kandangnya yang jarang dibersihkan, tapi kok ayamnya bagus-bagus kok pertumbuhan dan kesehatannya.

Tanya Bang. Apa suara bising itu berpengaruh terhadap tingkat stres dan kesehatan ayam? Soalnya aku merawat ayamnya di lahan bengkel yang menggunakan mesin jenset, tentu suaranya lumayan berisik...

Terima ksh atas responnya... Basketball Basketball bounce bounce

jibril
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 13.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  jibril on Sun 30 Oct 2011, 00:42

amrogen wrote:bahan baku ayam-nya kali bang yg kurang bagus/ butuh waktu lama untuk jadi-otot...
atoooo
ayam kurang istirahat dan gak happy kayaknya tuh ayam.
biasanya saking terobsesi-nya pingin cepet nge-jadiin si ayam-otot, jadi lupa klo ayam juga mahluk hidup...kekek

saran sy dalam melatih ayam terutama ayam muda jangan terlalu diforsir, klo overtrainee bukan-nya bagus malah amsiong/drop.
berikan asupan gizi yg baik dan istirahat yg cukup.
misal senins/d rabu fisik dan olahraga...kamis jumat sabtu cukup umbar biasa saja dan inbox.
minggu ditest...gebrak.

salam,
1. Bahan baku ayam? Mungkin ini yang perlu aku pelajari lagi. bisa dijelaskan lebih jauh, Bang?
2. Kurang happy? Emang ayam juga punya emosi kebahagiaan ya? Gmn caranya agar ayam selalu happy? Apa kehadiran babon itu juga pengaruh terhadap tingkat kebahagiaan dan kesehatan jago kita?
3. Overtraining. Gmn Abang melatih ayam muda 9 bulanan-nya (dari bangun tidur hingga tidur lagi; misalnya selama sepekan ato sebulan, seperti apa skedul latihannya berikut daftar gizi+dan lain lainnya)?
4. senins/d rabu fisik dan olahraga...kamis jumat sabtu cukup umbar biasa saja dan inbox.
minggu ditest...gebrak
. apa bedanya umbar bebas di luar kandang dg umbar di kandang umbaran, atau di inbox? dan apa pengaruhnya masing-masing ke vitalitas ayam kita? Trus klo gebrak, berapa lama?

trims buat responnya... masih belajaran niy.... Basketball Basketball Basketball Basketball Basketball Basketball Basketball bounce bounce bounce


jibril
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 13.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  jibril on Sun 30 Oct 2011, 00:53

Awan wrote:Sedikit komen.....
Sebenarnya sudah benar asupan gisi, gebrak dan olah raganya ditambah cacingnya juga dikontrol. logikanya ayam dirawat seperti ini seharusnya berbobot dan berotot bagus(maksudnya Liat bukan Kaku...).
Ada beberpa kemungkinan hal diatas tida tercapai:
1. Ayamnya sakit peda proses pencernaannya sehingga tidak bisa menyerap secara maksimal unsur gizi makanan.
2. ayamnya ada luka dalam yang tersembunyi, mungkin agak ringan tidak kelihatan. tapi sangat memanggu dan meresakan sang ayam.
3. ayam kena sakit kuning.
4. ayam mungkin pernah makan karet gelang atau plastik dan nyamkut dalam rempelo karne tidak bisa di cerna.

Terima ksh Bang Awan atas pencerahannya, boleh tanya lebih lanjut ya..

1. Sakit pada pencernaan. gmn caranya kita tahu dia sakit ato gak? Khan gak bisa komunikasi langsung dg ayamnya. Klo sekadar liat dari penampakannya, gmn cirinya? Klo sudah kena mslh pencernaan, gmn Bang nge-rawatnya?

2. Luka tersembunyi. Ini kata-kata menarik. Setelah gebrak, tentu kita tidak pernah tahu apakah si ayam sudah benar-benar sembuh lukanya luar dalam. Klo luar mungkin bisa dilihat dg mata langsung, tp klo luka dalam, gmn kita tahunya? Trus perawatan seperti apa agar luka-luka dalam jago kita bisa kembali normal bahkan lebih sehat? Adakah ramuan-ramuan tertentu setelah gebrak?

3. Sakit kuning. Kelihatannya gak deh. Lha wong ayamnya merah 'breh' kok..

4. Makan karet gelang & plastik. Lah, ini yang mengkhawatirkan. Ada satu dua karet gelang tercecer, klo memang sudah termakan, gmn cara mengeluarkan karet / plastik yg termakan? Apa perlu di beri obat cuci perut agar semuanya yang di perut bs keluar? heheheehhe....

bounce bounce bounce bounce bounce bounce bounce Basketball Basketball

jibril
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 13.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  Oheq Yaq on Sun 30 Oct 2011, 10:16

LQ wrote:
jibril wrote:kadang heran juga ketika aku mampir ke tempat teman2 lain sesama penghoby ayam, klo liat ayamnya kok merasa jago2nya dia kok lebih berat bobot badannya tapi singset dan kokoh..

klo dia ditanya; kok bisa berat badan jago mudanya begitu 'mbandul' (kalo diangkat terasa sangat berbobot), sedangkan jago-jago di rumah kok kurang 'mbandul' dan justru terasa kurang berbobot..

padahal
1. diberi sarapan telor puyuh & gula jawa..
2. trus sorenya makan rendaman beras merah...
3. juga digebrak 2 minggu sekali, tapi kok ya masih belum ada perubahan signifikan ya...
4. tiap pagi diolahraga-kan 15 menitan..
5. juga sudah diberi obat cacing, barang kali cacingan, tapi kok ya masih kurang berbobot ya badannya..

mungkin teman2 Papaji ada saran agar jago kita (walau masih muda), bobotnya-singset-dan ototnya bisa bagus...

karena dari pengalaman memiliki ayam spesialis pukul keras akan lebih berbobot kekuatan pukulannya ketika berat badannya juga semakin nambah berat... gmn pendapat kawan2 sekalian?[list=1][*]
kalo mbandul dtempat sy,adalah ayam sudah tercapai titik kelenturan otot terutama bagian pinggang-paha jika diangkat kmd diayun otot bagian paha udh mbandul,berat badan udh terkumpul pd kaki,pukulan mgk udg maksimal...

apa mbandul itu termasuk membuat badan ayam menjadi kekar ?
ayam kekar karena memiliki otot yang besar, otot besar dihasilkan dari daging yang besar pula.
jadi, hal yang biasa saya lakukan adalah membesarkan dulu daging ayam dengan cara memberi makan dan vitamin yang cukup selama 1 bulan bahkan bisa lebih tanpa latihan, jika dirasa ayam cukup besar, bulat dan berat (gemuk). ayam bisa dilatih kembali untuk pembentukan otot. ada juga para botoh yang memberikan obat pembesar otot untuk membuat perkembangan otot ayam menjadi maksimal.

Oheq Yaq
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 62
Join date : 28.10.11
Age : 35
Lokasi : Kubar

http://oheqyaq.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  Administrator on Sun 30 Oct 2011, 17:29

jibril wrote:
1. Kurang istirahat? Apa perlu ayam ditidur siangkan? atau hanya malam aja? atau istirahat disini maksudnya adalah perlunya istirahat dari latihan rutin? Apa melatih ayam muda tidak harus setiap hari? Klo dari Abang sendiri, merawat & melatih ayam mudanya seperti apa?
Istirahat disini dalam arti yang luas. Tidak hanya sekedar tidur siang atau tidur malam saja.

Ada kesalah pahaman bahwa latihan bisa meningkatkan tenaga. Saya kira ini salah.
Latihan justru menguras tenaga. Dgn latihan kita hanya mendapatkan otot dan stamina. Bukan tenaga.
Tenaga didapat dari makan, gizi, suplement dan istirahat yg cukup.

Sama dgn manusia, setiap hari latihan, pasti badan pegal2 dan letih. Harus makan yg bergizi, vitamin/suplement dan istirahat yg cukup utk recovery badan yg letih.
Tiap hari latihan boleh2 saja. Tapi beri libur 1-2 hari/minggu utk pemulihan kondisi tubuh dan mengembalikan tenaga.

jibril wrote:
2. Kandang tidak nyaman. Mungkin ini yang perlu ku perhatikan lagi. Memang benar kok, kandangku klo kuamati lebih seksama, memang terasa panas-pengap dan banyak nyamuk. mungkin perlu kuberi kasa anti nyamuk.
Kalau kandang tidak nyaman, bagaimana ayam bisa istirahat dgn tenang?
Malam waktunya tidur, malah di kerubuti nyamuk... Selain kurang istirahat, ayam juga jadi pucat.

jibril wrote:
3. Kebersihan kandang. Apa ini berarti kita harus nge-bersih-in kandang setiap hari? Tapi ada peternak yang kandangnya yang jarang dibersihkan, tapi kok ayamnya bagus-bagus kok pertumbuhan dan kesehatannya.
Semakin sering kandang dibersihkan, semakin baik.
Kandang rawat saya dibersihkan tiap hari.
Tapi yg paling penting, kandang harus kering. Hangat di malam hari, sejuk di siang hari dgn sirkulasi udara yg bagus.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bobot Jago Kurang 'Mbandul'

Post  Sponsored content Today at 20:45


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik