Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  zin494 on Sun 16 Oct 2011, 22:13

kalo masalah pakan, ibarat manusia biar pertumbuhan otak sama ototnya bagus hrs dikasih makanan bergizi biar maksimal. Tp gak menjamin jg sih kalo gizi tercukupi bakal pintar dan kuat. Itu dari segi pakan aja, beternak itu jg butuh keahlian, kesabaran dan ketekunan. Mulai memilih babon dan pejantan yg baik, mengawinkan, betelur, mengeram , menetas, doc, anakan, lancur dsb butuh waktu dan proses yg gak bs diprediksi. Kdg ada penyakit, cacat, dan kematian. Belum lg kalo pake pemuliaan ternak bisa sampe bertahun2 untuk bs menghasilkan anakan yg sesuai keinginan. Jd kira2 berapa harga yg layak untuk ayam aduan tergantung seberapa besar kita menghargai ayam dan peternaknya. Salam

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  ayammimpi on Mon 17 Oct 2011, 00:10

Lock Thea wrote:
Hendro wrote:Ayam seperti halnya lukisan, harga sebuah hobi memang relatif dan tidak terukur.......berapapun harga yang ditawarkan selama terjadi transaksi berarti memenuhi asas kepantasan, minimal bagi penjual dan pembelinya, lain soal jika dikaitkan dengan penilaian orang lain karena nilai sebuah kesenangan adalah tidak terbatas.......salam Very Happy

btl bgt pak,slain itu ukuran kualitas stiap org brbda2 trgntung dr sisi mna qt mlihatx...!krna slain kmampuan,hoky jga ikut nentuin kmnangan seekor ayam...!

memang ayam bagus relatif dari masing masing yang menilai

kalo mau diukur tingkat kebagusan ayam, harus ada parameter
parameternya bisa ayam kita yang lain , ayam teman, atau ayam lancuran di pasar ayam (untulan dipasar ayam tidak dijadikan parameter karena sebagian besar bekas ayam pedotan )

contoh pake parameter ayam lancuran di pasar ayam (harga 150-200 ribu)
misalnya saya mau jual lancuran, lancuran ini ya di abar dulu (min 1 air) sama min 2 ekor ayam lancuran kualitas pasar ayam (pilih yang fisiknya bagus, normal dan sehat)

ya seyogyanya kalo mau jual pake harga jauh diatas harga lancuran pasar harus diiringi dengan kualitas ayam kita yang memang jauh lebih bagus dibandingkan kualitas lancuran pasar tsb .


ayammimpi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 54
Join date : 01.08.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  ayammimpi on Mon 17 Oct 2011, 00:44

zin494 wrote:kalo masalah pakan, ibarat manusia biar pertumbuhan otak sama ototnya bagus hrs dikasih makanan bergizi biar maksimal. Tp gak menjamin jg sih kalo gizi tercukupi bakal pintar dan kuat. Itu dari segi pakan aja, beternak itu jg butuh keahlian, kesabaran dan ketekunan. Mulai memilih babon dan pejantan yg baik, mengawinkan, betelur, mengeram , menetas, doc, anakan, lancur dsb butuh waktu dan proses yg gak bs diprediksi. Kdg ada penyakit, cacat, dan kematian. Belum lg kalo pake pemuliaan ternak bisa sampe bertahun2 untuk bs menghasilkan anakan yg sesuai keinginan. Jd kira2 berapa harga yg layak untuk ayam aduan tergantung seberapa besar kita menghargai ayam dan peternaknya. Salam

maaf sedikit out of topik

iya betul mas, genetik yang berperan utama dalam pembentukan fisiologi dan mental. kalo ayam jantan dari turunan tulangan tipis dikawinkan dengan ayam betina turunan dari tulangan tipis juga, maka anak2nya bakal mewarisi tulangan tips juga, walaupun dari netas kita kasih susu kalsium,vitamin lengkap, zevitgrow dll. Karena rancangan genetiknya tulangan tipis, maka pembentukan tulangpun akan di program tubuh untuk membuat tulangan tipis, kalo ada kelebihan kalsium dalam tubuh ayam, tidak digunakan untuk menebalkan tulang tetapi di buang oleh tubuh ayam tsb.

pertanyaan yang mungkin muncul:

berarti pemberian extra kalsium ,multivitamin, serta gizi untuk pembentukan tulangan tebal tidak berpengaruh pada ayam tsb?
berpengaruh, tapi sedikit sekali dan bisa dianggap diabaikan

setelah saya beri extra kalsium ,multivitamin, serta gizi , anakan keturunan ayam tulangan tipis saya beberapa ada yang jadi tebal tulangannya, mengapa?
itu bukan disebabkan pakan, mungkin dulu nenek moyangnya memang ada yang tulangan tebal, jadi masih pengaruh besar gen.

berarti kita tidak membutuhkan pakan extra kalsium ,multivitamin, serta gizi pada ayam tulangan tebal, karena gen ayam tsb kan tulangan tebal?
tidak begitu juga, karena tubuhnya memerlukan zat2 tsb dalam pembentukan tulangan tebal maka segala kekurangan zat2 tsb akan membuat pertumbuhan tulangan tebalnya tidak maksimal. Tetapi kalo tidak dikasih pun tidak akan membuat ayam tersebut menjadi tulangan tipis( dengan catatan memang semua nenek moyang ayam tsb tulangannya tebal)

CMIIW....

ayammimpi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 54
Join date : 01.08.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  zin494 on Mon 17 Oct 2011, 07:08

dalam pertumbuhan, kita jangan lupa bahwa genetik itu cuma salah satu faktor. Dan konteks yg kita bahas kan ayam adu. Mahluk hidup itu bertumbuh dan berkembang dipengaruhi oleh faktor dari dalam (genetik), dan faktor dari luar(lingkungan, makanan, perawatan dll). Sebagai ayam adu, tentu dia membutuhkan perkembangan otot dan tulang yang baik, dimana itu membutuhkan protein dan calsium yg cukup(bukan berlebih). Kalo dikasih nasi yg tinggi carbohidrat tentu kecukupan proteinnya akan kurang. Untuk lebih jelasnya kita kan udah sering dengar 4 sehat 5 sempurna. Dalam adu ayam fisik juga hanya salah satu faktor, dalam arti biarpun tulangan bagus bukan jaminan kemenangan, krn ada faktor mental dan kecerdikan. Kemampuan memukul dengan baik itu krn ada koordinasi otak dan otot yg bagus, meskipun dipengaruhi genetik tapi juga sangat dipengaruhi faktor lain, mental yg baik akan sangat dipengaruhi kondisi tubuh yg sehat, begitu juga insting bertarung. Saya rasa itu logis kok mas, krn memang ilmiah, dan berlaku bukan hanya untuk ayam petarung. Salam

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  ari delta on Mon 17 Oct 2011, 08:56

Ada harga ada rupa lebih simpelnya.. Laughing Laughing

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  danks on Mon 17 Oct 2011, 10:39

zin494 wrote:kalo masalah pakan, ibarat manusia biar pertumbuhan otak sama ototnya bagus hrs dikasih makanan bergizi biar maksimal. Tp gak menjamin jg sih kalo gizi tercukupi bakal pintar dan kuat. Itu dari segi pakan aja, beternak itu jg butuh keahlian, kesabaran dan ketekunan. Mulai memilih babon dan pejantan yg baik, mengawinkan, betelur, mengeram , menetas, doc, anakan, lancur dsb butuh waktu dan proses yg gak bs diprediksi. Kdg ada penyakit, cacat, dan kematian. Belum lg kalo pake pemuliaan ternak bisa sampe bertahun2 untuk bs menghasilkan anakan yg sesuai keinginan. Jd kira2 berapa harga yg layak untuk ayam aduan tergantung seberapa besar kita menghargai ayam dan peternaknya. Salam

Wise man say....good...good Smile Smile Smile

danks
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 736
Join date : 24.01.10
Age : 46
Lokasi : Bandung Barat

http://www.sketsabisnis.com/?id=bisnisku

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  Modesto on Mon 17 Oct 2011, 10:54

Lock Thea wrote:
Modesto wrote:Ada yang bilang di warung sebelah...
biaya pembesaran kuthuk sampai siap rawat cuma 50 ribuan Smile
tetangga saya piara ayam adu cuma dipakan katul sama nasi doang, kalo dikasih pur pun
cuma sebungkus aja, habis itu diumbar liar...eh ayamnya sering menang juga Smile

Kayaknya tinggal pinter-pinternya ngatur pakan aja biar hemat tapi efektif Smile

ap ga takut ad yg nyulik mas kalo d umbar...?kalo ayamx dikit hal ntu memungkinkan,tpi kalo bnyk..?Hm...bz pda tawuran twuch...!yua klo ngga tr ad senioritas d kandang dwuech...!
Kalo masalah maling ayam, dikampung saya memang ada, tapi biasanya maling kepepet yg munculnya
cuma 5-10 tahun sekali jadi cuek aja...hahahaha
Ayam tetangga saya cuma dikit, dan karena sudah kumpul bareng sejak kecil, ga ada yang tarung Smile

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  Modesto on Mon 17 Oct 2011, 11:01

ayammimpi wrote:pertanyaan yang mungkin muncul:

berarti pemberian extra kalsium ,multivitamin, serta gizi untuk pembentukan tulangan tebal tidak berpengaruh pada ayam tsb?
berpengaruh, tapi sedikit sekali dan bisa dianggap diabaikan

setelah saya beri extra kalsium ,multivitamin, serta gizi , anakan keturunan ayam tulangan tipis saya beberapa ada yang jadi tebal tulangannya, mengapa?
itu bukan disebabkan pakan, mungkin dulu nenek moyangnya memang ada yang tulangan tebal, jadi masih pengaruh besar gen.

berarti kita tidak membutuhkan pakan extra kalsium ,multivitamin, serta gizi pada ayam tulangan tebal, karena gen ayam tsb kan tulangan tebal?
tidak begitu juga, karena tubuhnya memerlukan zat2 tsb dalam pembentukan tulangan tebal maka segala kekurangan zat2 tsb akan membuat pertumbuhan tulangan tebalnya tidak maksimal. Tetapi kalo tidak dikasih pun tidak akan membuat ayam tersebut menjadi tulangan tipis( dengan catatan memang semua nenek moyang ayam tsb tulangannya tebal)

CMIIW....
Anak ayam yang secara genetik keturunan bertulang tebal, biar cuma dikasih pakan nasi katul seadanya biasanya tulangnya tetap tebal mas
Hanya bedanya kepadatan tulangnya beda sama anak ayam bertulang tebal yang dikasih suplemen kalsium dan yang lain-lain...
Ibaratnya ada dua buah kayu yang sama besar, tapi yang satu kayu jati, satunya lagi kayu randu
sama sama besar tapi lebih padat dan ulet kayu jati..... hehehehe CMIIW juga Very Happy

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  zin494 on Mon 17 Oct 2011, 12:17

oo, ya mungkin hrs dibuat perbandingan dulu bang dan diamati hasilnya gmn. Beda ayam yg dikasih pakan komplit dan alakadarnya, dengan induk yg sama dan dilihat persentase ukuran/tulangannya. Tapi kalo mnrt pengalaman saya sebagai peternak tetap ngaruh bang, terutama ketebalan otot dan daya tahan tubuhnya. Krn secara alami alam sudah menyediakan calsium yg banyak ditanah

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  Diosaka Bengkulu on Mon 17 Oct 2011, 13:53

JUal lah ayam yang pantas dengan harga yang pantas menurut ane tuuuu...............maaf kalo salah Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

Diosaka Bengkulu
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 91
Join date : 15.09.11
Age : 30
Lokasi : Bengkulu - Curup

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  galih silent hero on Mon 16 Jan 2012, 10:52

Modesto wrote:Ada yang bilang di warung sebelah...
biaya pembesaran kuthuk sampai siap rawat cuma 50 ribuan Smile
tetangga saya piara ayam adu cuma dipakan katul sama nasi doang, kalo dikasih pur pun
cuma sebungkus aja, habis itu diumbar liar...eh ayamnya sering menang juga Smile

Kayaknya tinggal pinter-pinternya ngatur pakan aja biar hemat tapi efektif Smile

biasanya kalau ayamnya sedikit sistem itu bisa diterapkan, tapi yang saya praktekkan, kurangnya asupan makanan terutama gizi seimbang merubah bentuk,ukuran dan waktu yg dibutuhkan semakin lama dari yang dirawat

galih silent hero
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 553
Join date : 11.01.12
Age : 32
Lokasi : kudus

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  Modesto on Mon 16 Jan 2012, 15:35

zin494 wrote:oo, ya mungkin hrs dibuat perbandingan dulu bang dan diamati hasilnya gmn. Beda ayam yg dikasih pakan komplit dan alakadarnya, dengan induk yg sama dan dilihat persentase ukuran/tulangannya. Tapi kalo mnrt pengalaman saya sebagai peternak tetap ngaruh bang, terutama ketebalan otot dan daya tahan tubuhnya. Krn secara alami alam sudah menyediakan calsium yg banyak ditanah
Memang benar masbro, ayam yg dikasih pakan dengan gizi komplit ototnya jauh lebih tebal dan kuat, buat ayam yg cuma dikasih nasi katul, mungkin tulangnya kelihatan tebal tapi ototnya kelihatan mengkerut dan secara keseluruhan fisiknya kayak ayam kampung.

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  Modesto on Mon 16 Jan 2012, 15:38

galih silent hero wrote:
Modesto wrote:Ada yang bilang di warung sebelah...
biaya pembesaran kuthuk sampai siap rawat cuma 50 ribuan Smile
tetangga saya piara ayam adu cuma dipakan katul sama nasi doang, kalo dikasih pur pun
cuma sebungkus aja, habis itu diumbar liar...eh ayamnya sering menang juga Smile

Kayaknya tinggal pinter-pinternya ngatur pakan aja biar hemat tapi efektif Smile

biasanya kalau ayamnya sedikit sistem itu bisa diterapkan, tapi yang saya praktekkan, kurangnya asupan makanan terutama gizi seimbang merubah bentuk,ukuran dan waktu yg dibutuhkan semakin lama dari yang dirawat
Setujuh masbro, untuk kasus tetangga saya yg ternak ayam adu dengan pakan seadanya, karena tinggal di kampung dengan arena pinggiran dimana ayam lawan juga dirawat dengan cara yang sama, ayam tetangga bisa menang...lain ceritanya kalo ayam tetangga saya dibawa ke arena tengah, bisa babak belur sama ayam yg perawatan dan pakannya lebih bagus.

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  didiw on Mon 16 Jan 2012, 20:55

tak ada batasan harga (mahal ato murah) bagi seorang penghoby sejati perayaman
:p


Yang ada hanyalah kepuasan diri bila ayam ayam kita terkenal di arena.xixixixiixixi

didiw
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 880
Join date : 03.01.12
Age : 39
Lokasi : Surabaya Pin BB 3276FFBB

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  antz on Tue 17 Jan 2012, 10:27

ga ada standartnya mas kalau menurut saya soal harga ayam aduan soalnya ayam aduan d nilai kinerjanya bukan d timbang kyk ayam potong yg udah ada standar harga per kg...kalau jelek ya buat pakan aja nombok tapi ada juga jual ayam yg bagus bisa nutupin biaya pakan buat sekandang...tidak ada patokan harga mas kalau sudah masuk ke ranah hobi...kalau d buat standar harga harusnya titik aman kalau menurut saya sekitar 250rb buat ayam lancur udah nutup biaya pakan biar yg ternak ga nombok hehe...

antz
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 191
Join date : 02.01.12
Age : 30
Lokasi : temanggung jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  aji on Tue 17 Jan 2012, 11:19

Banyak faktor yang menentukan harga seekor ayam, secara umum dengan sistem pemeliharaan semi intensif, seekor lancuran butuh biaya pakan yang lumayan baik ( pakan, obat-obatan, jamu) sekitar 200-300 ribu sampai umur 7-8 bulan, kalau kita asumsikan harga DOC 100 ribu dan biaya perawatan/pemeliharaan 30 ribu/bln maka harga jual ideal ayam tersebut adalah 510 - 640 ribu. tinggal kita mau untung berapa?
kalau sistem pemeliharaan yang tradisional (pagi dikasih makan terus dilepas bebas, sore dikasih makan lagi, dengan kualitas makanan seadanya ) mungkin biaya nya 50-75 ribu sampai umur 7-8 bulan. kalau asumsi harga DOC 5-10 ribu, biaya pemeliraan 10 ribu/bulan maka harga jual ideal adalah 125 -165 ribu.
Di sini kita tinggal memilih, kalau ayam dari trah yang bagus pasti lebih mahal karena perhitungan harga DOC nya lebih mahal, otmatis kalau beli DOC mahal kita pasti akan kasih pakan dan pemeliharaan yang bagus dengan biaya pakan dan pemeliharaan yang lebih tinggi.
Inilah yang menyebabkan harga sangat bervariasi...masalah kualitas ayam belum tentu berbanding lurus dengan harga, tetapi secara umum kualitas pasti berbanding lurus dengan harga.
Jadi kesimpulan saya " Ayam dari peternakan yang bagus umumnya pasti lebih bagus dari ayam pasar" artinya kalau ayam pasar yang harga 150 ribu bisa mengalahkan ayam dari peternakan seharga 2,5 jt itu adalah faktor kebetulan.
Salam Hangat,
aji - Kandang Biru Farm

aji
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 276
Join date : 25.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Harga yg pantas untk ayam aduan...!

Post  Sponsored content Today at 13:49


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik