cara menernakan ayam lari??

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

cara menernakan ayam lari??

Post  terrra on Wed 04 Nov 2009, 12:48

saya punya ayam tipe lari yang menurut saya komplit..udah lama saya jadikan pacek tapi anaknya kok gak bisa sekomplit bapaknya ya??...kalo ada teman2 yang pernah punya pacek ayam lari terus hasilnya(anaknya) jadi tolong minta resepnya??....saya udah pasrah.... Idea Crying or Very sad

terrra
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 20.10.09
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  zin494 on Wed 04 Nov 2009, 14:25

Coba dikawinkan lg bang pejantan dgn anak betina yg plg mirip pejantan, mudah2an bisa keluar lg ayam yg mirip bapaknya

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  terrra on Wed 04 Nov 2009, 14:42

Sinaga wrote:Coba dikawinkan lg bang pejantan dgn anak betina yg plg mirip pejantan, mudah2an bisa keluar lg ayam yg mirip bapaknya

maap mas aku lupa menambahkan...itu udah pernah mpe cucu tak kawinkan ma pejantan lari malah keluare lari tapi gak mbalik2 mas olahnya...(olah bapaknya lari kalo kalah olah ngalungnya ama musuhnya terus dibawa lari)

trims

terrra
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 20.10.09
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  Administrator on Wed 04 Nov 2009, 19:29

Menurut saya, teknik lari itu adlh suatu 'keunikan'. Merupakan barang langka.
Tidak bisa diternak begitu saja. Sangat sulit mas...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  zin494 on Wed 04 Nov 2009, 20:49

Mgkn skrg ga keluar, tapi ga nutup kemungkinan suatu saat bisa muncul mas, untuk bisa muncul bersamaan solah ngalung dan lari mungkin sulit, mungkin butuh proses penyilangan secara inbreed maupun linebreed sampe beberapa generasi.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  Administrator on Wed 04 Nov 2009, 21:02

Sinaga wrote:Mgkn skrg ga keluar, tapi ga nutup kemungkinan suatu saat bisa muncul mas, untuk bisa muncul bersamaan solah ngalung dan lari mungkin sulit, mungkin butuh proses penyilangan secara inbreed maupun linebreed sampe beberapa generasi.

Betul mas... suatu hari bisa muncul... Tapi kepastian waktunya tidak bisa diprediksi. Selain itu, Ayam lari harus sempurna. Benar2 lari cepat keliling kalangan, punya pukul yg bagus dan Banyak timpuk. Sedikit saja kekurangan, maka ayam lari tidak ada harganya.
Bila terlalu banyak anakan yg gagal. Maka kerugian atas investasi yg sudah dikucurkan akan menjadi sangat mahal. Sementara ayam2 yg gagal tsb tdk terlalu mahal harganya bila dijual.
Untuk mendapat ayam teknik lari, betinanya juga harus teknik lari2. Sulit mencari betina yg cocok.


CMIIW

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

papajiforum.com

Post  Arifin on Wed 04 Nov 2009, 21:54

sebelumnya maaf mengganggu, saya pendatang baru diblantika perayaman khususnya wilayah jawa tengah alias semarang. Mohon bantuannya untuk trs mengikuti perkembangan dunia perayaman lewat forum papaji. Memang ayam teknik kuda lari adalah suatu kelainan dari teknik bertarung,, untuk mencari keturunan yang bagus carilah babon yang juga punya kelainan, dijamin keturunannya akan lain dari pacek dan babonnya.lebih bagus bisa......, lebih jelek juga bisa..................., susah yaaaaa.

Arifin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 266
Join date : 26.09.09
Age : 39
Lokasi : Pemalang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  arif on Wed 04 Nov 2009, 22:44

Di Kloning saja mas.. Di jamin materi genetik 100% sama.. tapi hasil kenyataan secara fenotip.. tidak jaminan.. banyak faktor yang menjadikan ayam cenderung pelari..

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  alang on Thu 05 Nov 2009, 01:10

arif wrote:Di Kloning saja mas.. Di jamin materi genetik 100% sama.. tapi hasil kenyataan secara fenotip.. tidak jaminan.. banyak faktor yang menjadikan ayam cenderung pelari..

Wah seru tuh kang, kalo saja kloning bisa di terapkan dalam dunia ayam aduan. Kita ga usah cape cari babon unggul untuk mendapatkan keturunan dari seekor ayam jawara. Tapi bagaimana dengan biaya yg harus dikeluarkan? Kalo biayanya sama atau bahkan lebih kecil dari ternak, nampaknya kloning bisa dilakukan dan pasti banyak peminatnya. Mungkin Kang arif dapat menjelaskan dari sisi kualitas hasil dan sisi ekonominya. Hatur nuhun.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  Hendro on Thu 05 Nov 2009, 06:23

Mas Terra inikan bapaknya seorang polisi biasanya botoh pada lari kalo liat polisi....he...he..he... nah biar ayamnya keluar tipe pelari dikagetin aja pakai seragam polisi mas nanti kan ada yang netas langsung lari.....he...he... atau telurnya diganti telur ayam bekisar begitu netas dijamin langsung kabuuurrr....he..he..he...

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  arif on Thu 05 Nov 2009, 09:05

alang wrote:
arif wrote:Di Kloning saja mas.. Di jamin materi genetik 100% sama.. tapi hasil kenyataan secara fenotip.. tidak jaminan.. banyak faktor yang menjadikan ayam cenderung pelari..

Wah seru tuh kang, kalo saja kloning bisa di terapkan dalam dunia ayam aduan. Kita ga usah cape cari babon unggul untuk mendapatkan keturunan dari seekor ayam jawara. Tapi bagaimana dengan biaya yg harus dikeluarkan? Kalo biayanya sama atau bahkan lebih kecil dari ternak, nampaknya kloning bisa dilakukan dan pasti banyak peminatnya. Mungkin Kang arif dapat menjelaskan dari sisi kualitas hasil dan sisi ekonominya. Hatur nuhun.

Biaya akan berbanding lurus kang.. Masih mahl untuk ukuran kita.. Dan ada tidaknya di Indonesia saya belum tahu.. hehehe.. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  terrra on Thu 05 Nov 2009, 12:41

memang susah ya cara menernakan ayam lari....padahal aku pengin punya ayam lari seperti pacekku...musuhnya mpe gandengi ayam itu 3x tp poto kopiannya selalu gagal alias kalah...

terrra
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 20.10.09
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  Budi on Thu 05 Nov 2009, 16:24

terrra wrote:memang susah ya cara menernakan ayam lari....padahal aku pengin punya ayam lari seperti pacekku...musuhnya mpe gandengi ayam itu 3x tp poto kopiannya selalu gagal alias kalah...

Mungkin bisa membantu mas terra...

Teknik lari bukan didapat dari hasil penurunan gen indukan, lain halnya dengan teknik ngalung yg mudah didapatkan dari hasil keturunan. Solah lari didapatkan dari perilaku ayam tsb saat berada dalam lingkungannya. Biasanya ayam tsb waktu kecil termasuk ayam yg paling penakut, sehingga terbawa hingga dia dewasa.

Ada 1 cara yg bisa dilakukan untuk mendapatkan ayam solah lari, caranya pada saat ayam baru abar pertama, cobalah ayam diabar dengan ayam yg sama muda atau ayam tua tapi tidak pukul berat...sebelum tarung, jangan diari/dibanyon ayam tsb, lalu biarkan ayam tsb bertarung sama spt kehabisan napas/kobong. Karena naluri, biasanya si ayam makin lama akan lari menghindari lawannya, namun msh tetap berani. Dengan 2-3x latihan maka kebiasaan tsb akan terbawa terus, walaupun ayam diari sebelumnya dan nafasnya masih bagus. silakan mencoba.

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 259
Join date : 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  terrra on Fri 06 Nov 2009, 13:57

kalau sampe kobong apa ayamnya gak maleman apa rusak mas??ntar ayam nya nggak malah utuk2 olahnya?? Neutral

terrra
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 20.10.09
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  Hendro on Fri 06 Nov 2009, 17:18

terrra wrote:kalau sampe kobong apa ayamnya gak maleman apa rusak mas??ntar ayam nya nggak malah utuk2 olahnya??


Kalo sampai kobong sudah pasti akan uthuk2 alias ngoyor solahnya....tapi biar ngoyor kan tetap lari ...he..he...he...kan katanya tujuannya nyari ayam solah lari ...? ya kan mas Budi...??

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  zin494 on Fri 06 Nov 2009, 18:37

Kalo saya tetap berpendapat solah lari itu didapat dari keturunan mas, karena sewaktu kecil saya sering lihat yg biasanya memiliki tehnik lari itu kebanyakan ayam lokal. Dulu saya sering ngadu ayam kampung dan kebanyakan ketika sudah terdesak ayam tsb akan lari dan sesekali memberikan pukulan balasan. Mungkin setelah terjadi proses penyilangan dengan ayam bangkok maka gen ini terbawa dan bisa muncul lagi. Seandainya gaya tarung ini didapat dari latihan mengapa jarang sekali ditemukan? Kalo ditempat saya gaya tarung seperti ini kurang disukai mas makanya jarang yang menternakkannya walaupun memang sebenarnya gaya tarungnya unik dan sulit dipukul.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  Hendro on Sun 08 Nov 2009, 06:10

Menurut beberapa rekan peternak senior karakter atau ciri fisik ayam lebih banyak diturunkan dari indukan/babonnya.....jadi jika kita punya babon yang terbukti pernah menurunkan anakan dengan solah lari maka pada tetasan berikutnya akan muncul solah lari lagi sekalipun tidak semuanya.....salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  Administrator on Sun 08 Nov 2009, 12:33

Sinaga wrote:Kalo saya tetap berpendapat solah lari itu didapat dari keturunan mas, karena sewaktu kecil saya sering lihat yg biasanya memiliki tehnik lari itu kebanyakan ayam lokal. Dulu saya sering ngadu ayam kampung dan kebanyakan ketika sudah terdesak ayam tsb akan lari dan sesekali memberikan pukulan balasan. Mungkin setelah terjadi proses penyilangan dengan ayam bangkok maka gen ini terbawa dan bisa muncul lagi. Seandainya gaya tarung ini didapat dari latihan mengapa jarang sekali ditemukan? Kalo ditempat saya gaya tarung seperti ini kurang disukai mas makanya jarang yang menternakkannya walaupun memang sebenarnya gaya tarungnya unik dan sulit dipukul.

Mas, di Thailand juga ada ayam lari lho... Jadi ini bukan monopoli ciri khas ternakan lokal Indonesia.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  ferry bun on Sun 08 Nov 2009, 13:51

Ayam teknik lari indentik dengan ayam bagus.bila memenuhi kriteria tersebut:
1. Ayam lari sekitar 2 meter keliling .
2. Tidak mau keluar dari ring ( lompat ).
3. Balik mukul secara mendadak.
4. Akurasi pukulan tepat.
5. Pukulan diutamakan pakai jalu.
6. Begitu kondisi lawan lemah .ayam sudah berobah permainan mendominasi teknis .dan pukulan.
Coba teman lain barangkali ada tambahan :

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  Administrator on Sun 08 Nov 2009, 14:05

ferry bun wrote:Ayam teknik lari indentik dengan ayam bagus.bila memenuhi kriteria tersebut:
1. Ayam lari sekitar 2 meter keliling .
2. Tidak mau keluar dari ring ( lompat ).
3. Balik mukul secara mendadak.
4. Akurasi pukulan tepat.
5. Pukulan diutamakan pakai jalu.
6. Begitu kondisi lawan lemah .ayam sudah berobah permainan mendominasi teknis .dan pukulan.
Coba teman lain barangkali ada tambahan :

Setuju bang ferry. Ayam lari harus memenuhi kriteria2 ini. Kalau satu saja tidak terpenuhi, maka ayam lari tsb kurang layak diandalkan. Inilah yg membuat ayam lari sulit diternak. Krn kriteria ini harus terpenuhi semua (sempurna).
Lain hal kalau ayam teknik 'normal', kurang2 dikit masih bisa dipakai.
Very Happy

tambahan : ayam lari kalau dipatok akan menambah kecepatan larinya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara menernakan ayam lari??

Post  Sponsored content Today at 07:00


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik