nafas ayam gak bisa bagus

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

nafas ayam gak bisa bagus

Post  terrra on Tue 10 Nov 2009, 11:56

kepada temen2...ayam saya sudah dirawat hampir 1bln lamanya dan udah di untulkan 3kali kok napasnya jelek ya..padahal udah saya fisik lari juga gak bisa??mhn bila ada saran...

terrra
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 20.10.09
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  BoNcUe on Tue 10 Nov 2009, 12:12

Coba anda kasih cincao (yg kya agar2 wrna htam yg ad d'es campur) atw lidah buaya yg d'kupas kulitnya..Berikan selama perawatan..
Trz mungkin pd waktu jajalan anda mengarinya kurang smpurna..
Itu kmungkinannya..
M0h0n ptnjuk dr sob2 yg laen. Slm kukuruyyuk.

BoNcUe
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 56
Join date : 15.08.09
Lokasi : FAK PETERNAKAN UNIVESITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh. NAD

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  rio on Tue 10 Nov 2009, 12:29

Masih mabokan kali ayamnya Mas..coba pada saat mau dites ngairinnya lebih dibanyakin dan kasih gula merah sebesar ibu jari sekaligus dua potong. Mudah2 an aja ya Mas bisa berubah.

Salam

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  Hendro on Tue 10 Nov 2009, 13:15

Wahh kalo cincao + gula merah dan kelapa muda memang cocok dimusim panas ini....tapi buat botohnya saja..he..he..he...
Ayam yang nafasnya kurang bagus sekalipun sudah terlatih biasanya memang bawaan lahir tapi bisa disiasati dengan cara mengairi lebih basah dan suplemen doping....

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  Administrator on Tue 10 Nov 2009, 13:26

Baru gebrak 3X, sy rasa wajar kalau kondisinya belom bagus.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  terrra on Wed 11 Nov 2009, 10:27

bukan digebrak mas??ayam udah diuntulken(tiap nguntulke ngabisken ayam 1) ayam baru selesai mabung 2 bln yang lalu jalu 2 cm tp tiap jajal saya bungkus jalunya biar cepat keset....

terrra
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 20.10.09
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  Administrator on Wed 11 Nov 2009, 10:33

Kalau menurut saya, kriteria napas ayam yg bagus bukan dilihat dari berapa banyak diuntulin. Apalagi sehabis mabung, badan pasti berat. Otomatis napas mogok.
Ayam mabung harus diupayakan agar badannya normal kembali. Rawatan harus intensif. Abaran juga harus cukup banyak. Terkadang ayam yg habis mabung badannya suka 'menipu'. Terasa bagus, tapi ternyata napas jelek, pukul ngambang.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  D4v1d on Wed 11 Nov 2009, 11:01

ikut nimbrung senior....untuk ayam habis mabung mungkin bisa diperlakukan kembali seperti kita merawat ayam lancur...harus cukup jajalan dan umbaran serta pemberian pakan yang bergizi juga sangat menunjang cepat pulihnya stamina dan power.

D4v1d
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 448
Join date : 20.10.09
Lokasi : Buitenzorg

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  cobain on Wed 11 Nov 2009, 20:54

Tjipta wrote:ikut nimbrung senior....untuk ayam habis mabung mungkin bisa diperlakukan kembali seperti kita merawat ayam lancur...harus cukup jajalan dan umbaran serta pemberian pakan yang bergizi juga sangat menunjang cepat pulihnya stamina dan power.


umbar aja dulu mas,,,,,campur sama anakan22 biar dia ngga kawin tp nyali semakin gede,,,,,,,,taruh dia ditempat yg panas supaya staminanya naik mas,,,,jangan lupa extra fooding yg cukup

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  rio on Wed 11 Nov 2009, 22:24

Betul tuh komentar dari temen2 Mas Terra...
Merawat ayam yg habis mabung lebih sulit dari pada ayam lancur...dari kecepatan untuk begerak saja pasti sudah beda. Dulu waktu ayam tersebut belum mabung, nafasnya bagaimana ?? Kalau sama dengan kondisi sekarang..berarti memang bawaan dari ayam itu.

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  terrra on Thu 12 Nov 2009, 09:00

waktu sblum mabung nafasnya bagus mas,gak pernah anggong waktu ditarungken...

terrra
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 20.10.09
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  rio on Thu 12 Nov 2009, 09:17

Ya wis Mas...seng sabar aja ngerawatnya.

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  terrra on Fri 13 Nov 2009, 09:21

oke...trima kasih atas sarannya ya rekan2 sekalian

terrra
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 206
Join date : 20.10.09
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  boy on Fri 13 Nov 2009, 10:53

terrra wrote:oke...trima kasih atas sarannya ya rekan2 sekalian



Saran saya coba ingat kembali riwayat kesehatanya ( catatan medisnya hehehe bahasa kerennya ) pernah tdk kena penyakit, bila pernah memang staminanya tdk bisa normal seperti ayam yg tdk pernah kena penyakit, salam

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  BoNcUe on Sat 14 Nov 2009, 18:43

Hendro wrote:Wahh kalo cincao + gula merah dan kelapa muda memang cocok dimusim panas ini....tapi buat botohnya saja..he..he..he...
Ayam yang nafasnya kurang bagus sekalipun sudah terlatih biasanya memang bawaan lahir tapi bisa disiasati dengan cara mengairi lebih basah dan suplemen doping....
hehehe..Skalian bwt botoh_a jg pas btl thu mas..
Qt aj sering2 mnum cncao dingin kan,panas dlm pun smbuh..
Jd klu sama ayam_a mcam mna efek_a..
Mudah2n sama kan . . .

BoNcUe
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 56
Join date : 15.08.09
Lokasi : FAK PETERNAKAN UNIVESITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh. NAD

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  Kembangsawit on Tue 08 Jan 2013, 13:52

menyimak dunia ayam dalam berita

Kembangsawit
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 3818
Join date : 29.10.12
Age : 34
Lokasi : Madiun

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  mard_dian on Tue 08 Jan 2013, 15:14

ikut2 an ahh..
1. lihat kondisi ayam mas,apa masih ada bulu yg muda
2. kondisi tubuh/badan terlalu gemuk atau ideal
3. kl seting di boox biasanya nafas sedikit berkurang
4. perhatikan makanan ayam mas ..masih kombor aatau berah merah/gabah
5. sering di umbar atau tidak
6. sering ma pasangannya dak mas/babon
-kl bulu dah kuat/tua semua biasanya kurang pisik
-kl badan dah ideal berarti kurang pengaiannya
-kl sering di umbar masih nafas jelek biasanya kurang penjemuran
-kl makanan dah bagus berarti jenis ayamnay mas
coba mas di fisik agak lama trus di airi 5 mnt pisik lagi 10mnt,,,,nanti akan ada hasilnya
perhatikan juga faktor makanan n gizi kebutuhan ayam sehari2 dan sebelum bertanding...
Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

mard_dian
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 311
Join date : 05.08.10
Lokasi : jogja

http://www.@,,,yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  cak nur on Wed 09 Jan 2013, 09:30

Memang seringkali kejadian demikian dialami beberapa peternak.
Kondisi mabung memang bisa membuat beberapa hal berubah dibandingkan sebelum mabung,..
Diantaranya :
1. Bobot / berat badan
2. Tipe maen/ solah
3. Napas
4. Kekuatan pukulan

Bila sebelum mabung kinerjanya bagus,.. berarti ada yang kurang tepat pada perawatannya, atau kondisi ayam itu sendiri.
Saran saja,
Coba rawat ayam tersebut, kondisikan seperti layaknya ayam yang mau disiapkan tarung, artinya ayam dirawat dengan baik, malah kalo perlu lebih. Very Happy
Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :
1. Berat badan : ini harus ideal, saya tidak bisa menjelaskan detail, tapi saya rasa mas sudah paham maksudnya.
2. Dilatih fisik lagi dari awal, mulai ringan sampai agak berat, karena harus menghilangkan lemak akibat kegemukan (yang mungkin masih ada)
3. Mandi-jemur-umbar

setelah kondisi ideal tercapai,.. baru dicoba lagi....

salam sharing.

cak nur
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 2502
Join date : 10.02.10
Age : 49
Lokasi : PASURUAN. 085204243643 / 085785628857

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  Richard on Wed 09 Jan 2013, 10:51

Sebetulnya sih keturunan juga berperan untuk masalah nafas ini, bentuk fisik ayam juga, misalnya kalau capit udangnya terlalu renggang biasanya memang nafas kurang bagus. Cara ngairin ayam juga pengaruh. Coba di bantu dengan di jantur 10 menit pagi dan 10 menit sore selama 2 minggu tanpa absen sekalipun. Setelah istirahat 2 hari. Coba sebelum digebrak di airi yang benar. kemudian digebrak. Kasih vitamin dan puding secukupnya di sesuaikan dengan porsi latihannya. Semoga berhasil.

Richard
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 184
Join date : 02.07.09
Lokasi : Ternak dan jual di Gading Serpong, Tangerang Hp 081808916888

Kembali Ke Atas Go down

Re: nafas ayam gak bisa bagus

Post  Sponsored content Today at 10:47


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik