Transaksi Bermasalah...?

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Transaksi Bermasalah...?

Post  Hendro on Tue 10 Nov 2009, 21:15

Sepuluh hari yang lalu saya melakukan transaksi untuk 3 ekor ayam dengan tujuan pengiriman ke Kalimantan ( Balikpapan )....setelah melihat foto ayam dan kontak via telepon, harga disepakati sebesar 4 juta termasuk ongkos kirimnya, dengan perjanjian uang ditransferkan separo dulu (2 jt) setelah ayam dikirim dan diterima di bandara Sepinggan dalam kondisi baik/sehat maka kekurangan pembayaran 2 jt akan langsung dibayarkan.....

Setelah sebagian dana masuk maka ayam segera saya kirimkan dan diterima dalam kondisi sehat.....tunggu punya tunggu sampai lebih seminggu sisa pembayaran 2 jt belum ditransferkan juga....kemudian ada kabar bahwa dari 3 ekor ayam yang dikirimkan 2 ekor tidak sesuai harapan....sesuai kesepakatan maka saya siap mengganti/menukar ayam yang tidak cocok tersebut, rupanya pembeli tidak memahami prosedur pengiriman ayam sehingga tidak dapat mengurus pengembalian ayamnya....saya beritikad baik dengan menawarkan solusi " ayam tidak usah dikembalikan dan saya tetap akan mengirimkan 2 ekor ayam penggantinya tanpa membayar lagi cukup mengganti biaya kirimnya saja (500 rb) "...tapi saya minta kekurangan pembayaran yang 2 jt dibayarkan dulu baru ayam pengganti saya kirimkan dan setelah sampai baru biaya kirim 500 rb dibayarkan /ditransferkan ke saya.....

Rupanya pembeli berkeberatan dan meminta saya mengirimkan dulu ayam penggantinya baru kekurangan pembayaran ditransferkan setelah ayam diterima.....hal ini tentu memberatkan saya karena faktor resiko yang harus saya tanggung jauh lebih besar...

Mohon pendapat dan masukan dari rekan2 terhadap masalah ini dan hal ini sengaja saya postingkan, juga untuk pembelajaran dan informasi bagi rekan2 lain yang akan bertransaksi baik sebagai penjual maupun pembeli.....salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  D@ffa on Tue 10 Nov 2009, 23:23

pak hendro terlalu baik jadi penjual, saya jg mau seperti itu pak, minta dikirim beberapa ekor seharga total 6 jt bayar 3 jt dulu sisa belakangan, ayam nyampe trus saya bilang jelek semua. anak saya jg bisa seperti itu pak....butuh waktu buat ayam penyesuaian sebelum layak utk diprak dg kondisi yg diharapkan. gak selamanya kejujuran dan kebaikan pak hendro di hargai org....intinya kemana? sampeyan yo wes ngerti to pak?

D@ffa
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 175
Join date : 11.07.09
Age : 38
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Hendro on Wed 11 Nov 2009, 05:24

Terima kasih mas Dodit atas responnya.....tapi sebenarnya saya masih berfikir positif bahwa mungkin memang ada perbedaan selera sehingga timbul ketidak cocokan, apalagi ayam yang menurut beliau tidak terpakai justru ayam yang sudah pernah menang sekalipun secara penampilan memang tidak ganteng....memang pembeli bukan member Papaji Forum tapi sebelumnya beliau pernah mengambil 2 ekor ayam dari saya dan diterima dengan baik sekalipun pembayarannya waktu itu juga molor dari kesepakatan....mudah2 an masalah ini segera tuntas dengan baik tanpa mengecewakan kedua belah pihak dan masalah ini bisa menjadi pembelajaran bersama........salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  ferry bun on Wed 11 Nov 2009, 11:13

Pak hendro memang susah klw kita jual beli dengan jarak jauh sih...
Hal yang bisa terjadi masalah ini. Dikarenakan setiap orang mempunyai standart pada penilaian ayam.
Saran saya mas hendro. Jual beli dengan jarak jauh lebih baik dengan rekaman ditail ayam .
Contoh : kaki. Tinggi diukur. Lebar bahu. Sekalian test tarung dengan sparing yang berbeda.( kirim ke pembeli)
Tentu harga ayam akan lebih mahal toh bukan yang 1 jt. Gitu pak. Malah banyak masalah ditransaksi. Maaf saya ikut prihatin akan masalah yg bapak hadapi.

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Hendro on Wed 11 Nov 2009, 12:20

Terima kasih bang Ferry atas atensinya...sejujurnya selama saya menjual ayam via internet baru kali ini mengalami hal demikian...sebelumnya sudah belasan ayam saya kirimkan dan tidak pernah ada masalah baik ukuran, kualitas maupun pembayarannya....hal ini sengaja saya postingkan untuk pembelajaran bagi rekan2 Papaji lain yang ingin melakukan transaksi baik selaku pembeli ataupun penjual....janganlah pengalaman ini juga dialami atau justru dicontoh oleh yang lain.....yang namanya jual beli selalu melibatkan 2 fihak jadi tidak selalu pembeli yang salah pun tidak selalu penjual yang keliru.....bisa ke 2 nya atau salah satunya.....salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  arif on Wed 11 Nov 2009, 20:34

Wah turut prihatin Mas Hendro.. mudah2an cepat terselesaikan masalahnya.. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  cobain on Wed 11 Nov 2009, 20:49

Hendro wrote:Terima kasih bang Ferry atas atensinya...sejujurnya selama saya menjual ayam via internet baru kali ini mengalami hal demikian...sebelumnya sudah belasan ayam saya kirimkan dan tidak pernah ada masalah baik ukuran, kualitas maupun pembayarannya....hal ini sengaja saya postingkan untuk pembelajaran bagi rekan2 Papaji lain yang ingin melakukan transaksi baik selaku pembeli ataupun penjual....janganlah pengalaman ini juga dialami atau justru dicontoh oleh yang lain.....yang namanya jual beli selalu melibatkan 2 fihak jadi tidak selalu pembeli yang salah pun tidak selalu penjual yang keliru.....bisa ke 2 nya atau salah satunya.....salam

saya turut prihatin mas,,,,,,,,,,,,,,moga22 cepet slese,,,,,,,,kalao dekat bisa saya bantuin mas,,,,,,,,,,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Administrator on Wed 11 Nov 2009, 20:53

Nah... ini baru berita. Yang komplain justru penjualnya.
hehehe...
Very Happy

Dulu sy pernah memberi ide. Jual beli ayam lewat forum, transaksi melewati orang ke tiga yg dipercaya.
Pembeli transfer ke orang kepercayaan tsb, barang dikirim, setelah diterima dgn baik dan tidak ada masalah/komplain, baru orang kepercayaan tsb meneruskan uang pembayarannya ke penjual.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  cobain on Wed 11 Nov 2009, 20:58

Administrator wrote:Nah... ini baru berita. Yang komplain justru penjualnya.
hehehe...
Very Happy

Dulu sy pernah memberi ide. Jual beli ayam lewat forum, transaksi melewati orang ke tiga yg dipercaya.
Pembeli transfer ke orang kepercayaan tsb, barang dikirim, setelah diterima dgn baik dan tidak ada masalah/komplain, baru orang kepercayaan tsb meneruskan uang pembayarannya ke penjual.


great idea mas

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Hendro on Wed 11 Nov 2009, 21:12

Terima kasih atas atensinya mas Arif....mas Anang terima kasih juga atas niat luhurnya....kebetulan ada salah seorang member Papaji Forum yang berdomisili disana dan beliau akan membantu penyelesaian masalah ini......

Mas Arry ini bukan komplain tapi sekedar berbagi untuk menjadikan pembelajaran bahwa dalam dunia perdagangan via internet juga ditemui kondisi semacam ini, sehingga menjadikan member yang lain lebih memahami segala resiko dan kondisi yang akan dihadapi.....

Ide orang ke 3 sebagai mediator cukup bagus tapi pelaksanaannya tidak semudah yang dibayangkan karena dibutuhkan rasa kepercayaan yang tinggi terutama bagi pembelinya.....apalagi jika pembelinya belum kenal atau orang diluar forum......tapi bagaimanapun ide ini sangat layak untuk segera dimulai......
salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  cobain on Wed 11 Nov 2009, 21:15

Hendro wrote:Terima kasih atas atensinya mas Arif....mas Anang terima kasih juga atas niat luhurnya....kebetulan ada salah seorang member Papaji Forum yang berdomisili disana dan beliau akan membantu penyelesaian masalah ini......

Mas Arry ini bukan komplain tapi sekedar berbagi untuk menjadikan pembelajaran bahwa dalam dunia perdagangan via internet juga ditemui kondisi semacam ini, sehingga menjadikan member yang lain lebih memahami segala resiko dan kondisi yang akan dihadapi.....

Ide orang ke 3 sebagai mediator cukup bagus tapi pelaksanaannya tidak semudah yang dibayangkan karena dibutuhkan rasa kepercayaan yang tinggi terutama bagi pembelinya.....apalagi jika pembelinya belum kenal atau orang diluar forum......tapi bagaimanapun ide ini sangat layak untuk segera dimulai......
salam

sama22 mas,,,,,,kemarin pas ke tempat mas diat kenapa ga mampir sekalian kerumah saya mas???/dekat kok sekitar 10 menit,,,,,,,,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Hendro on Wed 11 Nov 2009, 21:32

Laen kali kalo saya ke Jakarta saya usahakan mampir ketempat mas Anang dan rekan2 Papaji yang lain....waktu itu kebetulan mobil saya masuk bengkel sehingga mas Diat berbaik hati mau repot2 menjemput saya di bengkel dan diajak rehat ke rumah beliau.....malah pulangnya saya diantar mas Leon sampai flyover Ciputat.....untuk nyari taksi ke stasiun Gambir....

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  cobain on Wed 11 Nov 2009, 21:34

Hendro wrote:Laen kali kalo saya ke Jakarta saya usahakan mampir ketempat mas Anang dan rekan2 Papaji yang lain....waktu itu kebetulan mobil saya masuk bengkel sehingga mas Diat berbaik hati mau repot2 menjemput saya di bengkel dan diajak rehat ke rumah beliau.....malah pulangnya saya diantar mas Leon sampai flyover Ciputat.....untuk nyari taksi ke stasiun Gambir....

hehehhehee.gpp mas,,,,,cuma saya pengen diliat alias diterawang gaya tarung ayam saya,mksh mas,,,kapan22 saya kalao kesemarag saya usahakan mampir mas, ke rumah sampeyan

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Hendro on Wed 11 Nov 2009, 21:44

Wahh kalo urusan terawang menerawang rasanya salah alamat mas Anang...coba hubungi Ki Joko Bodho atau Ki Gendheng pamungkas beliau lebih ahli dalam soal penerawangan ini.....

Kalo saya lebih senang menerawang yang tersembunyi saja....he..he..he...

Untuk ayam lebih baik 3D ( Dilihat - Dipegang - Digebrak ) pasti lebih akurat hasilnya dibandingkan menerawang......

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  nurkhotim on Thu 12 Nov 2009, 12:24

Memang,... di transaksi jarak jauh seperti ini pasti ada resikonya.
Tapi menurutku, (sebagai sesama pedagang...he.he... kayak perkumpulan pedagang jadinya)... Mas Hendro khan sudah dikenal banyak pihak nih....
Dan itu sebenarnya sudah sebagai jaminan,.. !!
Masalah kriteria kurang pass,.. mungkin kesalahannya terletak pada saat konfirmasi Spesifikasi ayam yang diinginkan oleh pembeli.....
Dalam hal ini memang photo/gambar dan video menjadi salah satu alat yang banyak membantu.

Untuk kasus ini.... menurut saya :
1. Kalau memang ada rekan papaji di Kalimantan yang bisa bantu,.. coba dulu.. biar dapat diselesaikan.
2. Bila tidak bisa,.. yahh bagaimana lagi... mas Hendro harus merelakan.. kekurangannnya.....
(anggap wae durung rejekine,...he.he..he..)

Untuk pembelinya mungkin Mas Hendro bisa kontak dan menjelaskan kondisi yang ada, dan bila mereka beretikat baik pasti mereka mau mengirimkan sisa kekurangannya. kalau tidakk.. wallahua'lam.

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  alang on Thu 12 Nov 2009, 13:20

Turut prihatin atas kasus yg menimpa Mas Hendro. Semoga cepat selesai tanpa ada pihak yg merasa dirugikan, (kalo merasa "rugi" masih masuk akal, karena ketidaksengajaan, tapi kalo merasa "dirugikan" berarti ada unsur kesengajaan).
Tapi saya yakin kedua belah pihak memiliki itikad baik, hanya beda visi saja dalam memandang atau menilai sesuatu.
Memang sih, niat baik tidak selalu diterima dengan baik. Niat baik juga tidak selalu berakhir dengan kebaikan. Tapi bagaimanapun kebaikan dan keburukan tidak akan pernah tertukar meski ditenggelamkan dalam lumpur paling dalam.
Insya Allah akan ada jalan keluar.
Salm Hormat.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  amrogen on Thu 12 Nov 2009, 14:12

Sepertinya ada yang kurang pada saat transaksi...

misalkan video ayam tarung...atau photo ayam berbagai posisi...

kalau dengar , mas hendro...sudah benar, ayam sampai bandara sehat, sisanya dibayarkan (begitu perjanjiannya).
tapi kenyataannya...
(mungkin) ayam sampai..digebrak -sesuai- bayar sisanya...
ternyata tidak sesuai...

lepas dari itu, saya appreciate atas itikad mas Hendro untuk menggantinya..lagi.

ide orang ke-3 ok juga...,tinggal kesediaan member papaji (misalnya) mau membantu... Smile
ini untuk minimal menyamakan standard ayam bagus...yang notabene berbeda2 tergantung siapa dan dimana kita main ayam...



salam candak,

agun/krw

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Ibnu_Masud on Fri 13 Nov 2009, 10:56

Sebetulnya jasa orang ketiga yg disarankan rekan2 saat bertransaksi di Internet dan nilainya lebih dari 1 juta sangat perlu mas, ini mencegah terjadi hal2 yg tidak diinginkan seperti ini, mengingat banyak sekali member yg belum diketahui alamatnya.
Syarat2 orang ke3:
1. Dapat dipercaya (ditunjuk oleh forum)
2. Mempunyai minimal 2 rekening (BCA n Mandiri) dan sudah menggunakan fasilitas Mobile-Bangking.
3. Mempunyai alamat tetap.
4. Mempunyai no telp HP. terdaftar.
5. Klo ada yg mau tambahin.......silahkan

Apalagi nilai transaksi diatas 3 juta, fee 25.000-50.000 saya kira sangatlah kecil. Dan PAPAJI sebagai organisasi yg anggotanya cukup banyak dan sering terjadi transaksi didalamnya sudah seharusnya menyediakan fasilitas ini.

Dan untuk peraturan jual beli sebaiknya sangat perlu ada standarisasinya sperti:
1. Foto kaki, kepala, badan dan seluruh badan (Close Up), klo bisa orangnya juga difoto hehehehehe
2. Video gebrakannya (semakin mahal semakin banyak) heheheheh
3. dll

Ini untuk mencegah apabila si pembeli mau complain macam2 mas.
Maaf bila saya ada salah2 kata mas, bravo Papaji....

Ibnu_Masud
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 260
Join date : 04.09.09
Lokasi : Jatibening - Bekasi

http://talang-listplank.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Hendro on Thu 19 Nov 2009, 18:20

Kabar terakhir dari permasalahan ini....pembelinya kabuuuuuuur........he....he.....he.....
Tapi memang setelah ngobrol2 dengan rekan yang pernah berurusan dengan dia, ujung2 nya juga timbul masalah sehingga rekan saya tersebut juga kapok berurusan dengan dia lagi.....
Yah kalo saya pribadi menganggap ini ibarat " ngadu ayam lagi posisi atas tiba2 kena pukul sekali jadi, ayam tipam terpaksa diangkat, waktu lagi dikurung tiba2 ayam dibawa kabur lawan ".....
jadi sudah kalah masih kecurian pula...he...he..he.......

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  cobain on Thu 19 Nov 2009, 19:23

Hendro wrote:Kabar terakhir dari permasalahan ini....pembelinya kabuuuuuuur........he....he.....he.....
Tapi memang setelah ngobrol2 dengan rekan yang pernah berurusan dengan dia, ujung2 nya juga timbul masalah sehingga rekan saya tersebut juga kapok berurusan dengan dia lagi.....
Yah kalo saya pribadi menganggap ini ibarat " ngadu ayam lagi posisi atas tiba2 kena pukul sekali jadi, ayam tipam terpaksa diangkat, waktu lagi dikurung tiba2 ayam dibawa kabur lawan ".....
jadi sudah kalah masih kecurian pula...he...he..he.......

sabar aja mas hendro,ntar dapat ganti lebih gede

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Budi on Mon 23 Nov 2009, 10:26

Hendro wrote:Kabar terakhir dari permasalahan ini....pembelinya kabuuuuuuur........he....he.....he.....
Tapi memang setelah ngobrol2 dengan rekan yang pernah berurusan dengan dia, ujung2 nya juga timbul masalah sehingga rekan saya tersebut juga kapok berurusan dengan dia lagi.....
Yah kalo saya pribadi menganggap ini ibarat " ngadu ayam lagi posisi atas tiba2 kena pukul sekali jadi, ayam tipam terpaksa diangkat, waktu lagi dikurung tiba2 ayam dibawa kabur lawan ".....
jadi sudah kalah masih kecurian pula...he...he..he.......

Apa gak sebaiknya diinfokan aja nama si pembelinya mas hendro... Banyak penghobby dr Balikpapan yg dikuatirkan ikut tercemar namanya gara2 mslh ini. Sama spt kasus penjual yg menipu yg prnh dilontarkan mas Admin, akhirnya byk member yg tau shg bisa hati2 saat bertransaksi. Salam.

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 259
Join date : 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Hendro on Mon 23 Nov 2009, 21:20

Budi wrote:

Apa gak sebaiknya diinfokan aja nama si pembelinya mas hendro... Banyak penghobby dr Balikpapan yg dikuatirkan ikut tercemar namanya gara2 mslh ini. Sama spt kasus penjual yg menipu yg prnh dilontarkan mas Admin, akhirnya byk member yg tau shg bisa hati2 saat bertransaksi. Salam.


Sebenarnya siapa pembeli yang bermasalah dalam hal ini dapat dilihat di postingan saya " Terima Kasih Kawan "....karena nama yang bersangkutan juga tercantum dalam postingan tersebut.....inisialnya " A " dan bukan member papaji Forum...beberapa rekan Papaji yang bertanya via PM sudah saya jelaskan siapa yang bersangkutan....salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  D@ffa on Wed 25 Nov 2009, 20:21

maksudnya ardy yg dari balikpapan ya pak??????

D@ffa
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 175
Join date : 11.07.09
Age : 38
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Hendro on Wed 25 Nov 2009, 21:00

Ya benar mas Dodit...beliau yang saya maksudkan sebenarnya domisili dia di Samarinda......ada juga teman saya yang pernah berurusan dengan dia ujung2nya juga bermasalah ( kejadian ini lebih duluan sebelum saya )......

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  D@ffa on Thu 26 Nov 2009, 07:04

Menurut saya ada yg kenal sama manusia seperti dia di samarinda yg jg member papaji hanya saja mungkin karena sdh tahu tabiatnya org malas berurusan sama dia pak, lain kali lebih hati2 dan selektif dgn cara pembayaran seperti itu khususnya yg pengirimannya via udara dan mudah2an saya tdk seperti itu ya pak..he..he..he... oh iya pak tawaran kelabu gak ikutan lagi krn gak ada yg bisa ngambil di medan sampai tahun baru...itu saudaranya holland ya pak??? saya nunggu lelang berikutnya saja...salam.

D@ffa
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 175
Join date : 11.07.09
Age : 38
Lokasi : Medan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Transaksi Bermasalah...?

Post  Sponsored content Today at 06:57


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik