Apa ada suro kucir?????

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  kedubrag on Sat Nov 19, 2011 11:48 am

ikut nanya..pengertian ayam suro itu apa??

kedubrag
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 912
Join date: 18.10.11
Lokasi: depok, jawa barat

http://idbrahimovic@gmail.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  tumini on Sun Nov 20, 2011 10:14 pm

Lock Thea wrote:Heuhehe...klo d rmh ad suro gado2...!Dr suara gmricik di bdn ad(suro kopyor),diliat di mta kyk sakit mta(suro rembes),diliat sisik kiri nogo tumurun,sisik kanan krng tau tah sblah ke atas sbelah k bwh...!Cuma syg uk 5+...!hadeuch...ttp z ktmu ayam gde yua ancur...!
Ktmu ayam gede pura2 gak kenal aja... aman.

tumini
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 136
Join date: 18.08.11
Lokasi: Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  doris doob on Mon Nov 21, 2011 11:27 am

Modesto wrote:Kalo mau cari ayam suro yang relatif bisa didapat, cari aja yang begini :

1. Sisik ubet (agak mudah carinya)
2. Batu rante (agak mudah carinya)
3. Nogo temurun (agak mudah carinya)
4. Tembolok kiri/telih kiwo...(punya mas Galuh tuh dijual "murah" hehehe).
5. Sodo gebang (cukup sulit)
6. Oyot memang (cukup sulit)
7. Batu lapak (sangat sulit)

cheers cheers cheers
sodo gebang dan oyot memang..... tu yang kayak apa ya bozz... Question

doris doob
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 109
Join date: 15.11.11
Lokasi: purbalingga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Burisrowo on Mon Nov 21, 2011 12:26 pm



Burisrowo
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 261
Join date: 27.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Galuh on Tue Nov 22, 2011 12:19 pm

doris doob wrote:[b]salam.... pada para senior saya mau pencerahan ilmunya..
kemaren saya ditawari ayam, galih (hitam) dari paruh, mata, kaki sama kukunya hitam semua. terus bulu pada leher ada yang njentar (ngucir).. Apakah ini termasuk ayam suro???
terima kasih atas pencerahan para senior.... Surprised
setahu saya dak ada suro kucir. jago dinamai suro karena kalo diadu menangan sebab matanya awas dan jarang/tidak mudah kena jalu, kecuali tarung sesama jago suro akan sama-sama kena jalu atau istilah lainnya jual beli pukulan jalu. kesimpulannya jago suro itu khusus jago adu jalu.

Galuh
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 897
Join date: 27.08.11
Age: 92
Lokasi: BMS

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  ari delta on Tue Nov 22, 2011 4:54 pm

study study scratch scratch

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1428
Join date: 30.05.10
Age: 29
Lokasi: semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Galuh on Wed Nov 23, 2011 7:01 am

ari delta wrote: study study scratch scratch
Dibaca nih mas :



terjemahan :

"Sebab dinamai jago suro karena kalo diadu menangan, matane awas jarang kena jalu, kecuali tarung dengan jago suro juga".

Kesimpulannya kalo tarung jalunya dibungkus, percuma ! jago suro dak ada istimewanya. Begitu juga kalo jalunya belum panjang jangan dipake dulu tunggu jalunya minimal panjang 2cm.

Galuh
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 897
Join date: 27.08.11
Age: 92
Lokasi: BMS

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Administrator on Wed Nov 23, 2011 9:59 am

Galuh wrote:"Sebab dinamai jago suro karena kalo diadu menangan,
Berarti, ayam dinamai 'suro' setelah menang(an) ?
Kalau belum diadu, tidak layak dinamai suro ?
Betul ngga ?

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6105
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  WiKu on Wed Nov 23, 2011 10:43 am

Administrator wrote:
Galuh wrote:"Sebab dinamai jago suro karena kalo diadu menangan,
Berarti, ayam dinamai 'suro' setelah menang(an) ?
Kalau belum diadu, tidak layak dinamai suro ?
Betul ngga ?

qeqeqe...

WiKu
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 329
Join date: 22.09.11
Lokasi: mBlali

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Roni Rayanto on Wed Nov 23, 2011 10:56 am

Galuh wrote:
ari delta wrote: study study scratch scratch
Dibaca nih mas :



terjemahan :

"Sebab dinamai jago suro karena kalo diadu menangan, matane awas jarang kena jalu, kecuali tarung dengan jago suro juga".

Kesimpulannya kalo tarung jalunya dibungkus, percuma ! jago suro dak ada istimewanya. Begitu juga kalo jalunya belum panjang jangan dipake dulu tunggu jalunya minimal panjang 2cm.

Hati2 lho mas klo menyimpulkan... Kesimpulan org masing2 berbeda, penafsiran org thd primbon pun belum tentu sama.. Jalu itu pun nama senjata buat sang ayam, bentuknya di primbon sendiri tdk dipastikan dan dijelaskan panjang atau pendek atau kumet/renteng.

Satu hal yg PASTI, ayam itu ciptaan Tuhan, primbon hanyalah sebagai acuan bagi yg menjalaninya seperti mas Galuh, dan itu pun yg menulis manusia, sekalipun ditulis berdasarkan pengalaman dan pengkajian yg mendalam oleh org2 tua jaman dahulu, karena yang harus mas Galuh ingat : manusia ga ada yg sempurna, tidak pernah lepas dari kesalahan dan juga makhluk ciptaan Tuhan, jadi kemungkinan kesalahan dari yg ditulis dan diartikan oleh org2 tua dulu di dalam primbon pun tetap ada. Tetap yg menentukan Nasib dan Takdir seekor ayam itu Tuhan, menang atau kalah, kena jalu atau tidak, mau suro atau bukan sekalipun.

Jadi kesimpulannya, jangan cepat2 menyimpulkan apa yg mas Galuh tafsirkan dari primbon dan menjabarkannya utk kemudian cenderung memaksakan penafsiran tsb kepada kawan2 utk menyetujuinya. Sy bisa bilang begitu krn selama ini mas Galuh klo sdh mengacu pada primbon, PASTI tak terbantahkan, seakan2 primbon tersebut sdh merupakan acuan yang paling benar.

Maaf lho mas, saya ga bermaksud menyinggung sampeyan, cuma sekedar memberikan masukan saja... Smile

Roni Rayanto
Panglima
Panglima

Jumlah posting: 3281
Join date: 29.08.08
Age: 37
Lokasi: Jakarta Selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Administrator on Wed Nov 23, 2011 11:51 am

Roni Rayanto wrote:
Hati2 lho mas klo menyimpulkan... Kesimpulan org masing2 berbeda, penafsiran org thd primbon pun belum tentu sama.. Jalu itu pun nama senjata buat sang ayam, bentuknya di primbon sendiri tdk dipastikan dan dijelaskan panjang atau pendek atau kumet/renteng.

Satu hal yg PASTI, ayam itu ciptaan Tuhan, primbon hanyalah sebagai acuan bagi yg menjalaninya seperti mas Galuh, dan itu pun yg menulis manusia, sekalipun ditulis berdasarkan pengalaman dan pengkajian yg mendalam oleh org2 tua jaman dahulu, karena yang harus mas Galuh ingat : manusia ga ada yg sempurna, tidak pernah lepas dari kesalahan dan juga makhluk ciptaan Tuhan, jadi kemungkinan kesalahan dari yg ditulis dan diartikan oleh org2 tua dulu di dalam primbon pun tetap ada. Tetap yg menentukan Nasib dan Takdir seekor ayam itu Tuhan, menang atau kalah, kena jalu atau tidak, mau suro atau bukan sekalipun.

Jadi kesimpulannya, jangan cepat2 menyimpulkan apa yg mas Galuh tafsirkan dari primbon dan menjabarkannya utk kemudian cenderung memaksakan penafsiran tsb kepada kawan2 utk menyetujuinya. Sy bisa bilang begitu krn selama ini mas Galuh klo sdh mengacu pada primbon, PASTI tak terbantahkan, seakan2 primbon tersebut sdh merupakan acuan yang paling benar.

Maaf lho mas, saya ga bermaksud menyinggung sampeyan, cuma sekedar memberikan masukan saja... Smile
Broer... ngga usah diributin lagi dah... Ntar halaman panjang deh...
hehehe...
Mau percaya primbon silakan, ngga percaya juga ga papa.
Primbon yg diupload mas Galuh ini kan karyanya pangeran Jogja. Hasil pengamatan beliau jaman baheula. Bagaimana kalau dibandingkan dgn hasil pengamatan (primbon) pangeran Bangkok? Pangeran Saigon? Atau Pangeran Rony Rayanto?
Belum tentu sama khan...??
hehehe....

Paling sy cuma bisa share bahwa primbon ini bisa benar, bisa juga salah krn apa yg sy alami saat ini ternyata tidak sepenuhnya primbon itu benar.

Kalau buat sekedar ilmu pengetahuan, nambah wawasan, ya silakan saja.
Wink




Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6105
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Roni Rayanto on Wed Nov 23, 2011 11:56 am

Administrator wrote:
Roni Rayanto wrote:
Hati2 lho mas klo menyimpulkan... Kesimpulan org masing2 berbeda, penafsiran org thd primbon pun belum tentu sama.. Jalu itu pun nama senjata buat sang ayam, bentuknya di primbon sendiri tdk dipastikan dan dijelaskan panjang atau pendek atau kumet/renteng.

Satu hal yg PASTI, ayam itu ciptaan Tuhan, primbon hanyalah sebagai acuan bagi yg menjalaninya seperti mas Galuh, dan itu pun yg menulis manusia, sekalipun ditulis berdasarkan pengalaman dan pengkajian yg mendalam oleh org2 tua jaman dahulu, karena yang harus mas Galuh ingat : manusia ga ada yg sempurna, tidak pernah lepas dari kesalahan dan juga makhluk ciptaan Tuhan, jadi kemungkinan kesalahan dari yg ditulis dan diartikan oleh org2 tua dulu di dalam primbon pun tetap ada. Tetap yg menentukan Nasib dan Takdir seekor ayam itu Tuhan, menang atau kalah, kena jalu atau tidak, mau suro atau bukan sekalipun.

Jadi kesimpulannya, jangan cepat2 menyimpulkan apa yg mas Galuh tafsirkan dari primbon dan menjabarkannya utk kemudian cenderung memaksakan penafsiran tsb kepada kawan2 utk menyetujuinya. Sy bisa bilang begitu krn selama ini mas Galuh klo sdh mengacu pada primbon, PASTI tak terbantahkan, seakan2 primbon tersebut sdh merupakan acuan yang paling benar.

Maaf lho mas, saya ga bermaksud menyinggung sampeyan, cuma sekedar memberikan masukan saja... Smile
Broer... ngga usah diributin lagi dah... Ntar halaman panjang deh...
hehehe...
Mau percaya primbon silakan, ngga percaya juga ga papa.
Primbon yg diupload mas Galuh ini kan karyanya pangeran Jogja. Hasil pengamatan beliau jaman baheula. Bagaimana kalau dibandingkan dgn hasil pengamatan (primbon) pangeran Bangkok? Pangeran Saigon? Atau Pangeran Rony Rayanto?
Belum tentu sama khan...??
hehehe....

Paling sy cuma bisa share bahwa primbon ini bisa benar, bisa juga salah krn apa yg sy alami saat ini ternyata tidak sepenuhnya primbon itu benar.

Kalau buat sekedar ilmu pengetahuan, nambah wawasan, ya silakan saja.
Wink


Ga bermaksud memancing masalah kok om, cm ksh masukan saja ke mas Galuh-nya. syukur2 direspon positif, klo ditanggapi seperti yg sdh2 jg saya ga akan counter balik kok... Very Happy

Roni Rayanto
Panglima
Panglima

Jumlah posting: 3281
Join date: 29.08.08
Age: 37
Lokasi: Jakarta Selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Administrator on Wed Nov 23, 2011 12:15 pm

Roni Rayanto wrote:
Ga bermaksud memancing masalah kok om, cm ksh masukan saja ke mas Galuh-nya. syukur2 direspon positif, klo ditanggapi seperti yg sdh2 jg saya ga akan counter balik kok... Very Happy
Sssstttt.... Bentar lagi orangnya dateng.
Ngumpet yuk...
wkwkwkkkkk...
Razz

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6105
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  goes babe on Wed Nov 23, 2011 12:20 pm

Administrator wrote:
Roni Rayanto wrote:
Ga bermaksud memancing masalah kok om, cm ksh masukan saja ke mas Galuh-nya. syukur2 direspon positif, klo ditanggapi seperti yg sdh2 jg saya ga akan counter balik kok... Very Happy
Sssstttt.... Bentar lagi orangnya dateng.
Ngumpet yuk...
wkwkwkkkkk...
Razz

nooh orangnya lagi ngintiipp Razz Razz Razz

goes babe
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 895
Join date: 21.10.09
Age: 37
Lokasi: depok timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Galuh on Wed Nov 23, 2011 1:25 pm

Administrator wrote:
Galuh wrote:"Sebab dinamai jago suro karena kalo diadu menangan,
Berarti, ayam dinamai 'suro' setelah menang(an) ?
Kalau belum diadu, tidak layak dinamai suro ?
Betul ngga ?
Yang namanya ayam suro itu memiliki ciri-ciri tertentu kalo di adu menangan. Kalo diadu tidak menang selama ciri-cirinya adalah ayam suro tetap dinamai ayam suro. la piye .....???

Galuh
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 897
Join date: 27.08.11
Age: 92
Lokasi: BMS

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik