Apa ada suro kucir?????

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Lock Thea on Tue 15 Nov 2011, 13:01

Hm...seumur2 baru dgr suro kucir...!Ayam udah aga tua juga bulunya mlintir...!Mf pa,stau sy ayam suro yg mlintir tu di ekor..!Ntu pun pling bnyk cm 2 helay...!Kalopun ad ciri di bgian kpala,ntu di bgian mata bkan pda bulu...!

Lock Thea
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 2091
Join date : 24.07.11
Age : 30
Lokasi : Kuningan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  irfan_dui on Tue 15 Nov 2011, 13:43

Lock Thea wrote:Hm...seumur2 baru dgr suro kucir...!Ayam udah aga tua juga bulunya mlintir...!Mf pa,stau sy ayam suro yg mlintir tu di ekor..!Ntu pun pling bnyk cm 2 helay...!Kalopun ad ciri di bgian kpala,ntu di bgian mata bkan pda bulu...!
ayam kuncir itu ada mas, di kandangku ada beberapa yg jenis ini, modelnya kayak burung merpati yg jenis kucir. memang jarang, tp klo di bilang ayam langka apalagi ayam suro aq rasa bukan..
tp ini cm pendapatku lho mas... Very Happy Laughing

irfan_dui
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 08.06.10
Age : 34
Lokasi : yogyakarta 083840244401

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Lock Thea on Tue 15 Nov 2011, 16:20

irfan_dui wrote:
Lock Thea wrote:Hm...seumur2 baru dgr suro kucir...!Ayam udah aga tua juga bulunya mlintir...!Mf pa,stau sy ayam suro yg mlintir tu di ekor..!Ntu pun pling bnyk cm 2 helay...!Kalopun ad ciri di bgian kpala,ntu di bgian mata bkan pda bulu...!
ayam kuncir itu ada mas, di kandangku ada beberapa yg jenis ini, modelnya kayak burung merpati yg jenis kucir. memang jarang, tp klo di bilang ayam langka apalagi ayam suro aq rasa bukan..
tp ini cm pendapatku lho mas... Very Happy Laughing

oh iya yg kyk gto mh mngkin jambul,sy jga pny tpi kampung...!ya kalo glngn ayam suro kuncir mh emg blm dgr..!

Lock Thea
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 2091
Join date : 24.07.11
Age : 30
Lokasi : Kuningan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  ferdi_romi on Tue 15 Nov 2011, 16:24

betul..sy juga pernah punya ayam kuncir...tapi sekarang udah gak ada...menurut bapaknya teman sy yang menernakannya trahnya dari jaman dulu dia masih muda...jadi pola mainnya masih ayam bangkok jaman dulu..mainnya depan2 trus pukulannya mak jrooot,kepalanya gak mau diturunin...hehehe jadi masih kebayang si kuncir lagi...hehehe Very Happy Very Happy Very Happy

ferdi_romi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 255
Join date : 27.05.09
Age : 37
Lokasi : bintaro pondok aren

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  aliem on Tue 15 Nov 2011, 17:43

Saya punya babon kuncir juga.... malah anakan ada 3 ekor betina kuncir smua.... tp bukan ayam suro kuncir...

aliem
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 686
Join date : 19.08.08
Lokasi : Magelang-Pekalongan PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Hendro on Tue 15 Nov 2011, 17:54

doris doob wrote:[b]salam.... pada para senior saya mau pencerahan ilmunya..
kemaren saya ditawari ayam, galih (hitam) dari paruh, mata, kaki sama kukunya hitam semua. terus bulu pada leher ada yang njentar (ngucir).. Apakah ini termasuk ayam suro???
terima kasih atas pencerahan para senior.... Surprised

Bulu kucir/kuncir/jambul pada belakang kepala banyak dijumpai pada semua unggas termasuk ayam dan tidak termasuk golongan langka/unik apalagi suro, jadi masih biasa2 saja dan tidak ada kelebihan tambahan apapun terkait dengan kucirnya, kalo kebetulan bagus bukan karena kucirnya tetapi memang karena trahnya yang bagus....salam Smile

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7265
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  cah lanang on Tue 15 Nov 2011, 20:00

Hendro wrote:
doris doob wrote:[b]salam.... pada para senior saya mau pencerahan ilmunya..
kemaren saya ditawari ayam, galih (hitam) dari paruh, mata, kaki sama kukunya hitam semua. terus bulu pada leher ada yang njentar (ngucir).. Apakah ini termasuk ayam suro???
terima kasih atas pencerahan para senior.... Surprised

Bulu kucir/kuncir/jambul pada belakang kepala banyak dijumpai pada semua unggas termasuk ayam dan tidak termasuk golongan langka/unik apalagi suro, jadi masih biasa2 saja dan tidak ada kelebihan tambahan apapun terkait dengan kucirnya, kalo kebetulan bagus bukan karena kucirnya tetapi memang karena trahnya yang bagus....salam Smile
lha ayamku ada yg suro TEMBOLOK,,setiap dikasih makan temboloknya selalu penuh,,trus apa aja dimakan,,tiada pantang,,nasi basi oke dedakpun diembat... Very Happy Very Happy Very Happy

cah lanang
kopral
kopral

Jumlah posting : 30
Join date : 24.09.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  irfan_dui on Tue 15 Nov 2011, 21:19

ne mas contoh ayam kucir


irfan_dui
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 768
Join date : 08.06.10
Age : 34
Lokasi : yogyakarta 083840244401

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  doris doob on Wed 16 Nov 2011, 10:55

irfan_dui wrote:ne mas contoh ayam kucir

iya kayak gitu bosss.... jadi tu bkn ayam suro ya... untung ga jd q beli .... trims pr senior...tambah satu lagi ilmu nich...

doris doob
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 15.11.11
Lokasi : purbalingga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Modesto on Thu 17 Nov 2011, 19:10

Kalo mau cari ayam suro yang relatif bisa didapat, cari aja yang begini :

1. Sisik ubet (agak mudah carinya)
2. Batu rante (agak mudah carinya)
3. Nogo temurun (agak mudah carinya)
4. Tembolok kiri/telih kiwo...(punya mas Galuh tuh dijual "murah" hehehe).
5. Sodo gebang (cukup sulit)
6. Oyot memang (cukup sulit)
7. Batu lapak (sangat sulit)

cheers cheers cheers

Modesto
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1182
Join date : 21.03.10
Age : 35
Lokasi : Ponorogo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  pak_tri on Thu 17 Nov 2011, 20:32

doris doob wrote:[b]salam.... pada para senior saya mau pencerahan ilmunya..
kemaren saya ditawari ayam, galih (hitam) dari paruh, mata, kaki sama kukunya hitam semua. terus bulu pada leher ada yang njentar (ngucir).. Apakah ini termasuk ayam suro???
terima kasih atas pencerahan para senior.... Surprised

suro kucir dlm pimbon jawa tidak ada , rawis kucir hasil keturunan......misal pacek kucir......
klo suro kopyor dlm primbon jawa ada.......

adanya mbah suro lagi kuciran., he he he......

pak_tri
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1783
Join date : 02.06.10
Lokasi : Semarang

http://www.facebook.com/notifications.php#!/profile.php?id=10000

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Lock Thea on Thu 17 Nov 2011, 22:25

Heuhehe...klo d rmh ad suro gado2...!Dr suara gmricik di bdn ad(suro kopyor),diliat di mta kyk sakit mta(suro rembes),diliat sisik kiri nogo tumurun,sisik kanan krng tau tah sblah ke atas sbelah k bwh...!Cuma syg uk 5+...!hadeuch...ttp z ktmu ayam gde yua ancur...!

Lock Thea
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 2091
Join date : 24.07.11
Age : 30
Lokasi : Kuningan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  kedubrag on Sat 19 Nov 2011, 11:48

ikut nanya..pengertian ayam suro itu apa??

kedubrag
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 913
Join date : 18.10.11
Lokasi : depok, jawa barat

http://idbrahimovic@gmail.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  tumini on Sun 20 Nov 2011, 22:14

Lock Thea wrote:Heuhehe...klo d rmh ad suro gado2...!Dr suara gmricik di bdn ad(suro kopyor),diliat di mta kyk sakit mta(suro rembes),diliat sisik kiri nogo tumurun,sisik kanan krng tau tah sblah ke atas sbelah k bwh...!Cuma syg uk 5+...!hadeuch...ttp z ktmu ayam gde yua ancur...!
Ktmu ayam gede pura2 gak kenal aja... aman.

tumini
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 207
Join date : 18.08.11
Lokasi : Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  doris doob on Mon 21 Nov 2011, 11:27

Modesto wrote:Kalo mau cari ayam suro yang relatif bisa didapat, cari aja yang begini :

1. Sisik ubet (agak mudah carinya)
2. Batu rante (agak mudah carinya)
3. Nogo temurun (agak mudah carinya)
4. Tembolok kiri/telih kiwo...(punya mas Galuh tuh dijual "murah" hehehe).
5. Sodo gebang (cukup sulit)
6. Oyot memang (cukup sulit)
7. Batu lapak (sangat sulit)

cheers cheers cheers
sodo gebang dan oyot memang..... tu yang kayak apa ya bozz... Question

doris doob
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 109
Join date : 15.11.11
Lokasi : purbalingga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Burisrowo on Mon 21 Nov 2011, 12:26



Burisrowo
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 260
Join date : 27.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Galuh on Tue 22 Nov 2011, 12:19

doris doob wrote:[b]salam.... pada para senior saya mau pencerahan ilmunya..
kemaren saya ditawari ayam, galih (hitam) dari paruh, mata, kaki sama kukunya hitam semua. terus bulu pada leher ada yang njentar (ngucir).. Apakah ini termasuk ayam suro???
terima kasih atas pencerahan para senior.... Surprised
setahu saya dak ada suro kucir. jago dinamai suro karena kalo diadu menangan sebab matanya awas dan jarang/tidak mudah kena jalu, kecuali tarung sesama jago suro akan sama-sama kena jalu atau istilah lainnya jual beli pukulan jalu. kesimpulannya jago suro itu khusus jago adu jalu.

Galuh
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 897
Join date : 27.08.11
Age : 95
Lokasi : BMS

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  ari delta on Tue 22 Nov 2011, 16:54

study study scratch scratch

ari delta
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1428
Join date : 30.05.10
Age : 31
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Galuh on Wed 23 Nov 2011, 07:01

ari delta wrote: study study scratch scratch
Dibaca nih mas :



terjemahan :

"Sebab dinamai jago suro karena kalo diadu menangan, matane awas jarang kena jalu, kecuali tarung dengan jago suro juga".

Kesimpulannya kalo tarung jalunya dibungkus, percuma ! jago suro dak ada istimewanya. Begitu juga kalo jalunya belum panjang jangan dipake dulu tunggu jalunya minimal panjang 2cm.

Galuh
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 897
Join date : 27.08.11
Age : 95
Lokasi : BMS

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Administrator on Wed 23 Nov 2011, 09:59

Galuh wrote:"Sebab dinamai jago suro karena kalo diadu menangan,
Berarti, ayam dinamai 'suro' setelah menang(an) ?
Kalau belum diadu, tidak layak dinamai suro ?
Betul ngga ?

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6432
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  WiKu on Wed 23 Nov 2011, 10:43

Administrator wrote:
Galuh wrote:"Sebab dinamai jago suro karena kalo diadu menangan,
Berarti, ayam dinamai 'suro' setelah menang(an) ?
Kalau belum diadu, tidak layak dinamai suro ?
Betul ngga ?

qeqeqe...

WiKu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 329
Join date : 22.09.11
Lokasi : mBlali

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Roni Rayanto on Wed 23 Nov 2011, 10:56

Galuh wrote:
ari delta wrote: study study scratch scratch
Dibaca nih mas :



terjemahan :

"Sebab dinamai jago suro karena kalo diadu menangan, matane awas jarang kena jalu, kecuali tarung dengan jago suro juga".

Kesimpulannya kalo tarung jalunya dibungkus, percuma ! jago suro dak ada istimewanya. Begitu juga kalo jalunya belum panjang jangan dipake dulu tunggu jalunya minimal panjang 2cm.

Hati2 lho mas klo menyimpulkan... Kesimpulan org masing2 berbeda, penafsiran org thd primbon pun belum tentu sama.. Jalu itu pun nama senjata buat sang ayam, bentuknya di primbon sendiri tdk dipastikan dan dijelaskan panjang atau pendek atau kumet/renteng.

Satu hal yg PASTI, ayam itu ciptaan Tuhan, primbon hanyalah sebagai acuan bagi yg menjalaninya seperti mas Galuh, dan itu pun yg menulis manusia, sekalipun ditulis berdasarkan pengalaman dan pengkajian yg mendalam oleh org2 tua jaman dahulu, karena yang harus mas Galuh ingat : manusia ga ada yg sempurna, tidak pernah lepas dari kesalahan dan juga makhluk ciptaan Tuhan, jadi kemungkinan kesalahan dari yg ditulis dan diartikan oleh org2 tua dulu di dalam primbon pun tetap ada. Tetap yg menentukan Nasib dan Takdir seekor ayam itu Tuhan, menang atau kalah, kena jalu atau tidak, mau suro atau bukan sekalipun.

Jadi kesimpulannya, jangan cepat2 menyimpulkan apa yg mas Galuh tafsirkan dari primbon dan menjabarkannya utk kemudian cenderung memaksakan penafsiran tsb kepada kawan2 utk menyetujuinya. Sy bisa bilang begitu krn selama ini mas Galuh klo sdh mengacu pada primbon, PASTI tak terbantahkan, seakan2 primbon tersebut sdh merupakan acuan yang paling benar.

Maaf lho mas, saya ga bermaksud menyinggung sampeyan, cuma sekedar memberikan masukan saja... Smile

Roni Rayanto
Panglima
Panglima

Jumlah posting : 3292
Join date : 29.08.08
Age : 40
Lokasi : Jakarta Selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Administrator on Wed 23 Nov 2011, 11:51

Roni Rayanto wrote:
Hati2 lho mas klo menyimpulkan... Kesimpulan org masing2 berbeda, penafsiran org thd primbon pun belum tentu sama.. Jalu itu pun nama senjata buat sang ayam, bentuknya di primbon sendiri tdk dipastikan dan dijelaskan panjang atau pendek atau kumet/renteng.

Satu hal yg PASTI, ayam itu ciptaan Tuhan, primbon hanyalah sebagai acuan bagi yg menjalaninya seperti mas Galuh, dan itu pun yg menulis manusia, sekalipun ditulis berdasarkan pengalaman dan pengkajian yg mendalam oleh org2 tua jaman dahulu, karena yang harus mas Galuh ingat : manusia ga ada yg sempurna, tidak pernah lepas dari kesalahan dan juga makhluk ciptaan Tuhan, jadi kemungkinan kesalahan dari yg ditulis dan diartikan oleh org2 tua dulu di dalam primbon pun tetap ada. Tetap yg menentukan Nasib dan Takdir seekor ayam itu Tuhan, menang atau kalah, kena jalu atau tidak, mau suro atau bukan sekalipun.

Jadi kesimpulannya, jangan cepat2 menyimpulkan apa yg mas Galuh tafsirkan dari primbon dan menjabarkannya utk kemudian cenderung memaksakan penafsiran tsb kepada kawan2 utk menyetujuinya. Sy bisa bilang begitu krn selama ini mas Galuh klo sdh mengacu pada primbon, PASTI tak terbantahkan, seakan2 primbon tersebut sdh merupakan acuan yang paling benar.

Maaf lho mas, saya ga bermaksud menyinggung sampeyan, cuma sekedar memberikan masukan saja... Smile
Broer... ngga usah diributin lagi dah... Ntar halaman panjang deh...
hehehe...
Mau percaya primbon silakan, ngga percaya juga ga papa.
Primbon yg diupload mas Galuh ini kan karyanya pangeran Jogja. Hasil pengamatan beliau jaman baheula. Bagaimana kalau dibandingkan dgn hasil pengamatan (primbon) pangeran Bangkok? Pangeran Saigon? Atau Pangeran Rony Rayanto?
Belum tentu sama khan...??
hehehe....

Paling sy cuma bisa share bahwa primbon ini bisa benar, bisa juga salah krn apa yg sy alami saat ini ternyata tidak sepenuhnya primbon itu benar.

Kalau buat sekedar ilmu pengetahuan, nambah wawasan, ya silakan saja.
Wink




Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6432
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Roni Rayanto on Wed 23 Nov 2011, 11:56

Administrator wrote:
Roni Rayanto wrote:
Hati2 lho mas klo menyimpulkan... Kesimpulan org masing2 berbeda, penafsiran org thd primbon pun belum tentu sama.. Jalu itu pun nama senjata buat sang ayam, bentuknya di primbon sendiri tdk dipastikan dan dijelaskan panjang atau pendek atau kumet/renteng.

Satu hal yg PASTI, ayam itu ciptaan Tuhan, primbon hanyalah sebagai acuan bagi yg menjalaninya seperti mas Galuh, dan itu pun yg menulis manusia, sekalipun ditulis berdasarkan pengalaman dan pengkajian yg mendalam oleh org2 tua jaman dahulu, karena yang harus mas Galuh ingat : manusia ga ada yg sempurna, tidak pernah lepas dari kesalahan dan juga makhluk ciptaan Tuhan, jadi kemungkinan kesalahan dari yg ditulis dan diartikan oleh org2 tua dulu di dalam primbon pun tetap ada. Tetap yg menentukan Nasib dan Takdir seekor ayam itu Tuhan, menang atau kalah, kena jalu atau tidak, mau suro atau bukan sekalipun.

Jadi kesimpulannya, jangan cepat2 menyimpulkan apa yg mas Galuh tafsirkan dari primbon dan menjabarkannya utk kemudian cenderung memaksakan penafsiran tsb kepada kawan2 utk menyetujuinya. Sy bisa bilang begitu krn selama ini mas Galuh klo sdh mengacu pada primbon, PASTI tak terbantahkan, seakan2 primbon tersebut sdh merupakan acuan yang paling benar.

Maaf lho mas, saya ga bermaksud menyinggung sampeyan, cuma sekedar memberikan masukan saja... Smile
Broer... ngga usah diributin lagi dah... Ntar halaman panjang deh...
hehehe...
Mau percaya primbon silakan, ngga percaya juga ga papa.
Primbon yg diupload mas Galuh ini kan karyanya pangeran Jogja. Hasil pengamatan beliau jaman baheula. Bagaimana kalau dibandingkan dgn hasil pengamatan (primbon) pangeran Bangkok? Pangeran Saigon? Atau Pangeran Rony Rayanto?
Belum tentu sama khan...??
hehehe....

Paling sy cuma bisa share bahwa primbon ini bisa benar, bisa juga salah krn apa yg sy alami saat ini ternyata tidak sepenuhnya primbon itu benar.

Kalau buat sekedar ilmu pengetahuan, nambah wawasan, ya silakan saja.
Wink


Ga bermaksud memancing masalah kok om, cm ksh masukan saja ke mas Galuh-nya. syukur2 direspon positif, klo ditanggapi seperti yg sdh2 jg saya ga akan counter balik kok... Very Happy

Roni Rayanto
Panglima
Panglima

Jumlah posting : 3292
Join date : 29.08.08
Age : 40
Lokasi : Jakarta Selatan

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Administrator on Wed 23 Nov 2011, 12:15

Roni Rayanto wrote:
Ga bermaksud memancing masalah kok om, cm ksh masukan saja ke mas Galuh-nya. syukur2 direspon positif, klo ditanggapi seperti yg sdh2 jg saya ga akan counter balik kok... Very Happy
Sssstttt.... Bentar lagi orangnya dateng.
Ngumpet yuk...
wkwkwkkkkk...
Razz

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6432
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Apa ada suro kucir?????

Post  Sponsored content Today at 00:17


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik