bila babon bertelur...

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

bila babon bertelur...

Post  ayam betatto on Fri 18 Nov 2011, 18:37

salam papaji
mohon bimbingannya nih, apa yg harus kita lakukan klo babon bertelur?? d simpan (kumpulkan dulu) atau langsung di simpan di tempat ngeram???
masalahnya punya pengalaman buruk nih, ayam pelung bertelur sampe 22 butir gada yg jadi
1. diinjak2/dipatok babon pe habis
2. disimpan satu2, di eramin sama ayam kampung:hasil akhirnya busuk semua....
sekarang ayam aduan yg nelor, n menurut ane sih pacek n babonnya bagus, mohon pencerahan rekan2 biar jadi anak ayam....thx b4

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: bila babon bertelur...

Post  beni_es on Sat 19 Nov 2011, 19:30

ayam betatto wrote:salam papaji
mohon bimbingannya nih, apa yg harus kita lakukan klo babon bertelur?? d simpan (kumpulkan dulu) atau langsung di simpan di tempat ngeram???
masalahnya punya pengalaman buruk nih, ayam pelung bertelur sampe 22 butir gada yg jadi
1. diinjak2/dipatok babon pe habis
2. disimpan satu2, di eramin sama ayam kampung:hasil akhirnya busuk semua....
sekarang ayam aduan yg nelor, n menurut ane sih pacek n babonnya bagus, mohon pencerahan rekan2 biar jadi anak ayam....thx b4

Klo saya mas Ayam Betatto,telornya bisa disimpan di kulkas s/d 1 minggu pd suhu 10-15,sisi tumpul diatas kemudian klo mo dititipkan indukan/mesin tetas telor dikondisikan pd suhu ruang min setengah hari.Kemudian untuk telor sisanya/yg lebih akhir biar dieramin oleh induknya.Klo pake mesin tetas pd telor yg fertil keberhasilan min 50-60% jg lupa perhatikan kalau2 listrik padam dan suhu yg sesuai=faktor yg menentukan lho. Smile

beni_es
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 562
Join date : 19.07.11
Lokasi : Denpasar

Kembali Ke Atas Go down

Re: bila babon bertelur...

Post  Administrator on Sat 19 Nov 2011, 23:42

beni_es wrote:
Klo saya mas Ayam Betatto,telornya bisa disimpan di kulkas s/d 1 minggu pd suhu 10-15,sisi tumpul diatas ...

Taro di kulkas??
Emang ngga papa ya ?

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Salam kenal

Post  Tunjung karang on Sun 20 Nov 2011, 01:45

Salam kenal mas
Menurutku itu termasuk betina jelek produktifitasnya,lebih baik ganti ja.cr yg lebih baik kan msh bnyk.

Tunjung karang

Jumlah posting : 3
Join date : 16.11.11
Age : 37
Lokasi : Klaten

Kembali Ke Atas Go down

Re: bila babon bertelur...

Post  beni_es on Sun 20 Nov 2011, 04:45

Administrator wrote:
beni_es wrote:
Klo saya mas Ayam Betatto,telornya bisa disimpan di kulkas s/d 1 minggu pd suhu 10-15,sisi tumpul diatas ...

Taro di kulkas??
Emang ngga papa ya ?

Ya mas admin disimpan dikulkas,itupun saya dapat ilmunya dari media ayam edisi lawas,pun dari buku petunjuk pengeraman ayam dan sudah saya praktekan...memang bisa netas sesuai prosedurenya.salam

beni_es
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 562
Join date : 19.07.11
Lokasi : Denpasar

Kembali Ke Atas Go down

Re: bila babon bertelur...

Post  ayam betatto on Sun 20 Nov 2011, 11:22

@beni; thx infonya, btw klo pake mesin, tiap bertelur langsung masukinmesin, apa kumpulin dulu telornya, baru rame2 masukin mesin??
@tunjung:piaraan istimewa nih bang, Very Happy Very Happy, kelakuannya mirip anjing piaraan

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: bila babon bertelur...

Post  LQ on Sun 20 Nov 2011, 14:33

ayam betatto wrote:@beni; thx infonya, btw klo pake mesin, tiap bertelur langsung masukinmesin, apa kumpulin dulu telornya, baru rame2 masukin mesin??
@tunjung:piaraan istimewa nih bang, Very Happy Very Happy, kelakuannya mirip anjing piaraan
yg g ribet ya alami sj biar dierami babon,kalo babon normal ya mestinya g bakalan makan telor ?biasanya breeding farm ayam broiler,telur2 digrading dulu,dipisahkan telur layak tetas dg yg tdk,penyimpanan telur bukan dikulkas tp disusun pd rak,dlm ruangan dg suhu tertentu (sy g paham)intinya kan beternak skala kecil,sy kira gperlu pake mesin tetas,gak tau lg kalo babonnya buanyak. . .

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: bila babon bertelur...

Post  beni_es on Sun 20 Nov 2011, 15:28

ayam betatto wrote:@beni; thx infonya, btw klo pake mesin, tiap bertelur langsung masukinmesin, apa kumpulin dulu telornya, baru rame2 masukin mesin??
@tunjung:piaraan istimewa nih bang, Very Happy Very Happy, kelakuannya mirip anjing piaraan

@ mas Ayam betatto:Ya mas,dikumpulkan s/d max 1 minggu di kulkas(maksudnya klo ada 1 atw lbh babon)jika hendak dititipkan ke babon yg baru ngeram atau ditetaskan dg mesin tetas maka telornya harus dikondisikan pd suhu ruang min 1/2 hari(klo saya 24 jam) klo saya sdh 3 X spt itu.Dulu emang ga percaya krn biasa simpan telor di kulkas untuk digoreng/dimasak apa bisa ditetaskan lagi?.Nah logikanya untuk inseminasi buatan,sperma disimpan pd suhu -169C dgn nitrogen cair koq bisa Jd anak?...untuk pengawetan saja ya toh.
@ mas LQ : Emang paling bagus dibiarkan alami induknya yg ngurus(klo babonnya becus) tingkat keberhasilan bisa s/d 90%,malah babon saya bisa sisihkan telor yg busuk keluar tempat eramannya.Dari 13 telor 1 busuk dibuang,1 infertil(bening tdk ada kerabang),9 netas s/d hari ketiga dan babonnya turun sisa 2 telor saya cek masih bagus dipindahkan ke mesin tetas yg lg inkubasi telor lain,dua hari kemudian muncul kuthuknya."BANYAK ANAK BANYAK REJEKI" mas-pizzzz



beni_es
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 562
Join date : 19.07.11
Lokasi : Denpasar

Kembali Ke Atas Go down

Re: bila babon bertelur...

Post  Tunjung karang on Sun 20 Nov 2011, 15:54

kalo pnya betina bnyk yg bertelor barengan lebih baek pake mesin tetas,dlm satu tahap penetasan bs bnyk jumlahnya.

Tunjung karang

Jumlah posting : 3
Join date : 16.11.11
Age : 37
Lokasi : Klaten

Kembali Ke Atas Go down

Re: bila babon bertelur...

Post  ayam betatto on Wed 23 Nov 2011, 01:22

oke mas bro semua, hatur tengkyu infonya, mo lgs di praktekin nih.... Very Happy

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: bila babon bertelur...

Post  andrimco on Sat 26 Nov 2011, 10:48

ayam betatto wrote:salam papaji
mohon bimbingannya nih, apa yg harus kita lakukan klo babon bertelur?? d simpan (kumpulkan dulu) atau langsung di simpan di tempat ngeram???
masalahnya punya pengalaman buruk nih, ayam pelung bertelur sampe 22 butir gada yg jadi
1. diinjak2/dipatok babon pe habis
2. disimpan satu2, di eramin sama ayam kampung:hasil akhirnya busuk semua....
sekarang ayam aduan yg nelor, n menurut ane sih pacek n babonnya bagus, mohon pencerahan rekan2 biar jadi anak ayam....thx b4
salam kenal papajieerr.....

saran saya coba perbaiki gizi itu babon caranya dikasih makan jangan sampe telat min 3 x sehari + vitamin c,b12, calc dan kenyamanan tempat bertelur...(pakan sy untuk babon nasi bekas + dedak tempat telur kardus mie + daun pisang kering)
pengalaman saya nggak pernah ada babon sy makan telurnya sendiri, babon sy ada 9 ekor normal bertelur dan menetas serta merawat anaknya semua. ukuran kandang sy 4 x 7 meter dikelilingin tembok.

tx's semoga membantu....

andrimco
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 08.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: bila babon bertelur...

Post  Sponsored content Today at 10:48


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik