Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  Ibnu_Masud on Fri 13 Nov 2009, 11:28

Om, apa ada pengaruhnya mengikat salah satu kaki ayam dengan tali seharian, agar tidak kemana2. Karena saya pernah melihat ada penghobby ayam yg mengikat peliharaannya dengan tali saat diumbar, kemungkinan hal ini dilakukan untuk menghemat biaya pembuatan umbaran. Jadi hanya menggunakan tali agar satu sama lain tidak berdekatan.
Apakah sudah ada yg mencoba teknik seperti ini??? Apa akan berpengaruh terhadap gaya tarung dan efeknya pada ayam???

Ibnu_Masud
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 260
Join date : 04.09.09
Lokasi : Jatibening - Bekasi

http://talang-listplank.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  boy on Fri 13 Nov 2009, 12:05

badwolf wrote:Om, apa ada pengaruhnya mengikat salah satu kaki ayam dengan tali seharian, agar tidak kemana2. Karena saya pernah melihat ada penghobby ayam yg mengikat peliharaannya dengan tali saat diumbar, kemungkinan hal ini dilakukan untuk menghemat biaya pembuatan umbaran. Jadi hanya menggunakan tali agar satu sama lain tidak berdekatan.
Apakah sudah ada yg mencoba teknik seperti ini??? Apa akan berpengaruh terhadap gaya tarung dan efeknya pada ayam???

Salam Mas Badwolf, saya saat menjemur ayam kakinya saya ikat maksudnya agar bebas kepak sayap dan bisa ceker2 tanah dan bisa kipu, jarak antara sesama ayam disesuikan, tali pengikat yg kekaki gunakan kulit agar kaki tdk cedera, ujung satu lagi ada pakunya agar dpt ditancapkan di tanah, selama ini ayam yg saya perlakukan dgn demikian tdk ada masalah salam

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  amrogen on Fri 13 Nov 2009, 12:19

boy wrote:
badwolf wrote:Om, apa ada pengaruhnya mengikat salah satu kaki ayam dengan tali seharian, agar tidak kemana2. Karena saya pernah melihat ada penghobby ayam yg mengikat peliharaannya dengan tali saat diumbar, kemungkinan hal ini dilakukan untuk menghemat biaya pembuatan umbaran. Jadi hanya menggunakan tali agar satu sama lain tidak berdekatan.
Apakah sudah ada yg mencoba teknik seperti ini??? Apa akan berpengaruh terhadap gaya tarung dan efeknya pada ayam???

Salam Mas Badwolf, saya saat menjemur ayam kakinya saya ikat maksudnya agar bebas kepak sayap dan bisa ceker2 tanah dan bisa kipu, jarak antara sesama ayam disesuikan, tali pengikat yg kekaki gunakan kulit agar kaki tdk cedera, ujung satu lagi ada pakunya agar dpt ditancapkan di tanah, selama ini ayam yg saya perlakukan dgn demikian tdk ada masalah salam

ayam jago aduan tidak boleh di ikat seperti itu...menurut saya, pamali...,kakinya bisa cedera juga.
harus diperlakukan dg baik dan penuh kasih sayang, nanti dia akan jadi ayam bela tuan...
'boleh percaya boleh tidak'....


salam,

agun / krw

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  Ibnu_Masud on Fri 13 Nov 2009, 13:34

Apakah bang Boy melakukan ini sebagai ganti kandang umbaran dan dilakukan selama seharian dari siang sampai sore? (Ada fotonya di forum tetangga, author:yob)

Ibnu_Masud
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 260
Join date : 04.09.09
Lokasi : Jatibening - Bekasi

http://talang-listplank.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  Hendro on Sat 14 Nov 2009, 05:27

Sepengetahuan saya untuk ayam aduan bangkok tidak ada orang yang mengumbar dengan mengikat sebelah kaki ayam, dikhawatirkan ayam terjerat tali pengikatnya dan ayam juga kurang leluasa bergerak...kalo untuk jenis ayam aduan pisau ( seperti di Bali ) memang cara mengumbar ayam diikat kaki sebelah dengan tali sepanjang 1,5 m dan ujungnya diberi besi yang ditancapkan ketanah......

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  Budi on Sat 14 Nov 2009, 09:54

Mengikat kaki ayam spt yg dilakukan pak boy, krn terpengaruh kebiasaan pak boy waktu kanak2..beliau dulu biasa menggembala kambing di padang rumput, makanya kebawa sampai skrg...hehehe just kidding boss..

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 259
Join date : 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  boy on Sat 14 Nov 2009, 12:08

Budi wrote:Mengikat kaki ayam spt yg dilakukan pak boy, krn terpengaruh kebiasaan pak boy waktu kanak2..beliau dulu biasa menggembala kambing di padang rumput, makanya kebawa sampai skrg...hehehe just kidding boss..


Mas Budi apa khabar kapan kopi darat di Malang, @ Mas Hendero coba lihat di Ganoi banyak peternak saat jemur ayam di ikat kakinya, saat di ikat hindari dari gangguan seperti ajing, kucing dll, bila telah slesai jemur masukkan kandang istiraht

boy
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 250
Join date : 02.12.08
Lokasi : CARUBAN jl.KALIMAS N045 ( masuk dari depan terminal CARUBAN)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  Ibnu_Masud on Sat 14 Nov 2009, 19:43

Wah berarti banyak juga ya yg mengikat kaki ayamnya ya bang Boy...Mas Hendro sebenarnya hal ini saya akan lakukan krn dikandang gabungan kami sedang terjangkit wabah, sebab itu beberapa ayam yg masih sehat mau dibawa kerumah dimana fasilitas umbaran dan kandang tidak ada. Mungkin klo hanya 1-2 bulan gak pengaruh kali ya bang???

Ibnu_Masud
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 260
Join date : 04.09.09
Lokasi : Jatibening - Bekasi

http://talang-listplank.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  sandri on Sun 15 Nov 2009, 18:18

kyk kambing aj pake diikat..tp enk jg c.kn enak tinggal nyembelih aj..bntar lg kn kurban..hehehe

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  Administrator on Sun 15 Nov 2009, 21:28

sandri wrote:kyk kambing aj pake diikat..tp enk jg c.kn enak tinggal nyembelih aj..bntar lg kn kurban..hehehe

Jangan gitu donk mas... masa disembelih sih...??
Didunia ayam laga, kata2 sembelih, potong, dll, menjadi pantangan utk disebutkan.
Utk banyak orang, terdengar agak sensitif gitu lho... sy khawatir nanti ada yg tersinggung.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  ferry bun on Sun 15 Nov 2009, 22:01

wah wah wah main sembelih aja Mas... emangnya ini ....
pig
menurut saya ayam yg dikat kakinya saat diumbar syah syah aja ..asal ayamnya sudah terbiasa . .. lagian klw dikurungan ayam tidak bebas bebas ....
mungkin tujuan dari ikat kaki ayam akan lebih bebas ( tergantung dengan jaraknya ) bergerak kesana kemari . juga kita bisa mengontrol jarak supaya ayam jangan sampai pacroh ke ayam yang lain ...

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  Hendro on Sun 15 Nov 2009, 22:10

Wah bang Ferry ini bercanda...masak kaki ayam diikat tujuannya biar lebih bebas..??...mana ada yang namanya diikat jadi lebih bebas...yang ada juga jadi terbelenggu...he..he..he... yang pasti lebih bebas ya diumbar bebas dihutan....he..he...he... tapi dengan catatan tidak ada pemburu/botoh yang berkeliaran disana.......peace man

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  sandri on Sun 15 Nov 2009, 23:47

Administrator wrote:
sandri wrote:kyk kambing aj pake diikat..tp enk jg c.kn enak tinggal nyembelih aj..bntar lg kn kurban..hehehe

Jangan gitu donk mas... masa disembelih sih...??
Didunia ayam laga, kata2 sembelih, potong, dll, menjadi pantangan utk disebutkan.
Utk banyak orang, terdengar agak sensitif gitu lho... sy khawatir nanti ada yg tersinggung.
Smile



oh gt ya mas...kalau gt maaf dech buat semua anggota forum n botoh...itu cm bercanda aj..
i just kidding,,dont be angry...heheheh
peace... Very Happy

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  Ibnu_Masud on Mon 16 Nov 2009, 02:18

Kaki ayam sudah saya ikat pake tali 2 ekor didepan rumah, hasilnya 1 ditawar ibu2 buat hajatan. Katanya itu ibu "ini ayam dagingnya pasti banyak ya pak" wakakakaka

Ibnu_Masud
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 260
Join date : 04.09.09
Lokasi : Jatibening - Bekasi

http://talang-listplank.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  alang on Mon 16 Nov 2009, 09:41

badwolf wrote:Kaki ayam sudah saya ikat pake tali 2 ekor didepan rumah, hasilnya 1 ditawar ibu2 buat hajatan. Katanya itu ibu "ini ayam dagingnya pasti banyak ya pak" wakakakaka


Tuh kan....untung yg diikat cuma 2 ekor, kalo 10 ekor, bisa2 sasana kita dianggap pasar ayam. Maafkan saja Kang, maklum ibu2.
Laughing Laughing Laughing Laughing

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  zin494 on Mon 16 Nov 2009, 10:17

Iya, saya pernah jg lihat di Ganoi ada kok yg mengumbar ayam dgn cara diikat. Tali pengikat kakinya dibuat khusus sesuai besar kaki ayam agar tidak melukai kaki. Kalo ada yg pernah lihat tali pengikat kaki burung tekukur, bentuknya kurang lebih sama. Keuntungan cara seperti ini ayam lebih leluasa bergerak krn ruang gerak luas dan sayap bebas dikepak. Tapi kerugiannya butuh tempat yang lebih luas.
Salam

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mengikat kaki ayam saat diumbar???

Post  Sponsored content Today at 00:27


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik