baju-baju sang jawara

Halaman 8 dari 8 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Baju baju sang jawara

Post  Nomis on Thu Dec 01, 2011 10:18 am

Mas ary apa ini yang namanya wido cempaka..?

Nomis
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 51
Join date: 27.04.11
Lokasi: Lebong, Bengkulu

Kembali Ke Atas Go down

Re: baju-baju sang jawara

Post  Galuh on Thu Dec 01, 2011 1:19 pm

shaff.sierra wrote:weleh weleh............kok aku jd bingung sama om2 semua Question Question "specially Om Galuh" mbok kita yg masih baLIta diajarin yg benerrrr biar pada ngerti juga, soalnya mending bikin lomba mewarnai aja.....piye???? Rolling Eyes Rolling Eyes Rolling Eyes jangan lupa siapin crayon semua biar ta kasi tau temen2ku pig pig pig
Udah ngaku bingung ngledek lagi ! kalo bingung tanya.

Galuh
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 897
Join date: 27.08.11
Age: 92
Lokasi: BMS

Kembali Ke Atas Go down

Re: baju-baju sang jawara

Post  litato on Thu Dec 01, 2011 3:10 pm


wah wah wah .... diskusi nya kok jadi begini ya ... confused
bener, kudu pada copy darat sing beda pendapat biar ora gontok2an terus ...

lanjut deh ke masalah warna ... Shocked

litato
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 1610
Join date: 28.11.11
Age: 41
Lokasi: Brebe$$$

http://ayambangkok.info

Kembali Ke Atas Go down

Re: baju-baju sang jawara

Post  Jagonantang on Thu Dec 01, 2011 5:46 pm

sebetulnya bahasan ini simpel, cuma dibikin ruwet ajah,...

buat yang bisa nyusun kalimat dan kesimpulan dari bahasan ini, terutama menyangkut warna / ules ayam aduan, bisalah dibuatkan semacam katalog warna ayam, tentunya berikut contoh gambar / foto, untuk bisa dijadikan panduan, bukan hanya buat yang masih awam dan pemula.

sehingga bisa menambah khasanah wawasan tentang ayam aduan, juga sebagai kekayaan artikel forum tentunya.

bisa admin sendiri yang buat, atau orang lain, disini admin bisa bertindak sebagai editor.

salam papaji.

Jagonantang
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1844
Join date: 15.08.08
Lokasi: pondok kelapa,jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: baju-baju sang jawara

Post  tumini on Sat Dec 03, 2011 11:18 pm

Sepertinya sudah/sedang ada usaha dari "dua" pihak mencari titik temu tuh pak.
Smoga hasil akhir tidak seperti bahasan ukuran ayam. Selesai tapi tidak selesai Laughing

tumini
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 141
Join date: 18.08.11
Lokasi: Nganjuk

Kembali Ke Atas Go down

Re: baju-baju sang jawara

Post  rambo hearder on Mon Dec 12, 2011 7:51 am

Galuh wrote:Salah satu bagian menarik dari penampilan ayam aduan adalah warna bulunya. Warna bulu ayam jago begitu beragam. Ada beberapa penghobi yang justru suka mengoleksi berbagai warna tapi ada juga yang fanatik pada warna-warna tertentu.

Berikut adalah beberapa nama ayam berdasarkan corak dan warna bulunya:

WIRING


Bulu ayam bangkok jantan yang paling populer dan berkelas adalah warna wiring. Corak warna ini adalah terdiri dari warna dasar hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan. Jika warna rawis yang dominan adalah kuning keemasan, maka disebut sebagai WIRING KUNING. Jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan disebut WIRING GALIH.






warna koro gmn bang?
WANGKAS


Berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam wangkas memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu kuning kemerahan. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut WANGKAS EMAS dan jika warna lebih gelap kemerahan disebut dengan WANGKAS GENI.

KLAWU

Warna klawu memiliki warna dasar abu-abu. Jika rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan KLAWU KETHEK dan jika rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut KLAWU GENI.

BLOROK

Warna blorok adalah kondisi ketika bulu ayam berwarna totol-totol dan merupakan kumpulan dari berbagai warna. Warnak blorok yang sederhana biasanya hanya terdiri dari warna dasar putih bertotol hitam dengan rawis berwarna merah. Namun warna blorok akan dianggap istimewa jika kombinasi warna dasarnya lengkap, yaitu putih, hitam, merah dan hijau dengan rawis putih kemerahan. Warna ini disebut dengan BLOROK MADU.

JRAGEM

Warna ini adalah warna hitam, berikut rawisnya. Jika kulit tubuh, paruh, mata serta sisiknya hitam semua, disebut warna CEMANI. Untuk ayam bangkok jarang yang memiliki warna ini. Warna ini biasanya terjadi bila ada garis keturunan yang bersilangan dengan ayam kampung jenis Cemani.

JALI

Warna jali adalah warna blirik yang merupakan campuran beberapa warna tapi dalam noktah atau garis-garis kecil. Ini berbeda dengan blorok yang cenderung berpola totol. Jarang ayam bangkok yang berwarna jali. Ada orang tertentu yang sangat memburu bangkok asli dengan warna ini karena kelangkaannya dan berkesan eksotis.

PUTIH

Ayam bangkok dianggap berbulu PUTIH SETA bila ayam bangkok berbulu putih semua baik warna dasar maupun waris. Beberapa ayam jenis ini ada juga yang memiliki rawis warna lain tetapi warna dasarnya adalah putih.

Sumber : Papaji Medan


________________________________________________________________________

Penjelasan ules wiring

1. Ules wiring

ules wiring adalah terdiri dari warna dasar/warna badan hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan.



Gambar di atas dari urutan warna dari kanan yaitu : merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, warna kuning kemerahan adalah di antara warna merah dan kuning atau jingga.

  • Wiring kuning adalah Jika warna rawis yang dominan adalah kuning keemasan.
    warna kunig keemasan melihat dasar dari uels wiring adalah kuning kemerahan artinya kuning kemerahan + kuning keemasan

  • Wiring galih adalah Jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan.
    Warna tua kecoklatan melihat dasar dari ules wiring adalah kuning kemerahan artinya kuning kemerahan + coklat tua.

Bedanya ules wiring dan wido

ules wido adalah terdiri dari warna dasar/warna badan hitam atau warna dasar/badan sama dengan ules wiring, bedanya bulu rawis leher dan rawis ekor selain kuning kemerahan atau selain wiring kuning dan wiring galih. contoh : wido cempaka adalah jika warna dasar hitam rawis seperti bunga cempaka.

bunga cempaka


rambo hearder
kopral
kopral

Jumlah posting: 22
Join date: 25.11.11
Lokasi: palu/lamongan

Kembali Ke Atas Go down

Re: baju-baju sang jawara

Post  Galuh on Tue Dec 13, 2011 7:19 am

YANG SAYA BOLD SEBAGAI TAMBAHAN BIAR DAK BINGUNG :








Yang namanya jago suro


Asal - usul dinamai jago suro sebab kalo diadu menangan, matanya awas dan jarang kena jalu, kecuali tarung dengan sesama jago suro. Yang namanya jago suro seperti di bawah ini.

  1. Ules wido cepaka, ekor menyala jalu melengkung ke atas, jengger rangkap tiga
  2. Ules abang (rawis dan badan warna merah), sayap kanan kiri terselip warna bulu putih, paruh atas marit/seperti ada paritnya.
  3. Ules blorok (rawis dan badan blorok/bintik-bintik/totol-totol), kaki hitam jalu besar kokoh tidak lancip.
  4. Ules lurik (rawis dan badan warna lurik/garis-garis kecil), paruh dan kaki belang-belang, jalu melengkung ke atas.
  5. Ules galih (rawis dan badan warna galih), mata jalak/warna mata seperti warna mata burung jalak, jengger rangkap tiga, ketel/kulit di bawah telinga putih, jalu panjang buntu.
  6. Jago sembarang ules kalo telihnya di sebelah kiri namanya jago suro.
  7. Jago yang satu bulu ekornya tumbuh melintir ke atas namanya suro dukun.
  8. Jago yang dua bulu ekornya tumbuh melintir ke atas suro pengantin.
  9. jago yang jalunya bertingkat namanya suro tunjungkarang.
  10. Jago yang ketika dipegang badannya kemudian diangkat terdengar seperti suara air mengalir nama suro kopyor.


Galuh
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 897
Join date: 27.08.11
Age: 92
Lokasi: BMS

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 8 dari 8 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik