Anakan rusak paruhx...

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Anakan rusak paruhx...

Post  def on Tue 17 Nov 2009, 14:03

Hallo bang...minta sharing nih...saya sekarang punya anakan ayam 8 ekor jantan umur 3 bulanan, waktu berantem ama saudaranya, pada rusak paruhnya..., ada yang patah paruh atasnya, ada yang sampe mencong paruhnya (slip..paruhnya), dan ada yang sampai patah kaki...(ini karena pukulannya atau kecelakaan saja mas...?),saya juga ngak tau yang jelas sekarang dari 17 ekor yang paruhnya rusak ada 4 ekor (2 jantan dan 2 betina), 1 ekornya lagi patah kakinya...padahal turunan indukannya ngak jelas saya beli cuma Rp. 100.000,- cuma karena bisa mukul ayam pola bawah saya beli, dan bisa ngalahin indukan teman yang turunan impor yang katanya hargax sampe Rp. 30.000.000,- (Ini kata dia loh...), yang saya mau tanyain bagus ngak dijadikan babon soalnya pukulannya kurang cepat (ngemut) dan tipe kontrol...tapi anakannya ikut bapaknya...pola semua tapi pukulannya ada yg ikut induknya (ngemut) ada juga..., gimana ya biar ayam yang rusak paruhnya itu bisa diperbaiki ato distell lagi mumpung umurx masih 3 bulan terus saya perhatikan ukurannya kecil ada ngak vitamin untuk mempercepat pertumbuhan anakan ayam....?

def
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 83
Join date : 04.01.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anakan rusak paruhx...

Post  santoso on Tue 17 Nov 2009, 19:12

def wrote:Hallo bang...minta sharing nih...saya sekarang punya anakan ayam 8 ekor jantan umur 3 bulanan, waktu berantem ama saudaranya, pada rusak paruhnya..., ada yang patah paruh atasnya, ada yang sampe mencong paruhnya (slip..paruhnya), dan ada yang sampai patah kaki...(ini karena pukulannya atau kecelakaan saja mas...?),saya juga ngak tau yang jelas sekarang dari 17 ekor yang paruhnya rusak ada 4 ekor (2 jantan dan 2 betina), 1 ekornya lagi patah kakinya...padahal turunan indukannya ngak jelas saya beli cuma Rp. 100.000,- cuma karena bisa mukul ayam pola bawah saya beli, dan bisa ngalahin indukan teman yang turunan impor yang katanya hargax sampe Rp. 30.000.000,- (Ini kata dia loh...), yang saya mau tanyain bagus ngak dijadikan babon soalnya pukulannya kurang cepat (ngemut) dan tipe kontrol...tapi anakannya ikut bapaknya...pola semua tapi pukulannya ada yg ikut induknya (ngemut) ada juga..., gimana ya biar ayam yang rusak paruhnya itu bisa diperbaiki ato distell lagi mumpung umurx masih 3 bulan terus saya perhatikan ukurannya kecil ada ngak vitamin untuk mempercepat pertumbuhan anakan ayam....?

kalo masalah paruh nya sih mas nanti sembuh sendiri kalo masalah babon ya cukup bagus nah kalo fitamin agar ayam cepat besar itu sebaik nya kalo bisa dikasih susu bayi yang kadar luasa kalo yang baru kan mahal terus di kasih belut mentah di cekokin pasti cepet besar anak ayam nya jangan sering sering di kasih padi nanti kerdil kayak ayam saya loh

santoso
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.10.09
Age : 45
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Anakan rusak paruhx...

Post  def on Mon 23 Nov 2009, 16:47

kalo indukan yang bagus seperti gimana sih mas....?, apa udah masuk kategori babonku...?

def
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 83
Join date : 04.01.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anakan rusak paruhx...

Post  sandri on Mon 23 Nov 2009, 20:42

def wrote:kalo indukan yang bagus seperti gimana sih mas....?, apa udah masuk kategori babonku...?


babon yg bgus itu model kepalany kyk ular gt mas...
tp kalo melihat gaya tarungny,,mending babon yg lbh cepat gaya tarungny..
kalo menurut sya sih babon kyk punyae mas g terlalu bgus,,kalo ngemut itu sdh g masuk dlm itungan babon yg baik tp menurut sy c kn pnilaian org it beda2..
kalo ayam patah paruhnya, mending di tancapin lg trs ujung paruhny it diikat dgn benang n ujung benang satuny lg diikat ke jenggerny..trims..

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

patok rusak...

Post  def on Tue 24 Nov 2009, 08:58

makasih bang atas sharingnya...tapi setau saya kalo kepala ayam yang bagus yang kepalanya model pinang mas...gimana tuh...???, terus saya milih babonku karena pukulannya yg keras mas dan punya pukulan sekali pukul...pernah sekali pukul babon betina langsung terkapar... pingsan mas (tak kirain mati...Smile)...langsung ko..., kalo mas sandri ada ngak yang babonnya pola tapi keras pukulannya ada ngak...? harganya berapa kalo dikirim ke makassar...? Terus anak ayam kan pertumbuhannya pesat mas... jadinya paruhnya ngak bisa nemplek lagi mas...ada ngak solusi lainnya...?

def
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 83
Join date : 04.01.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anakan rusak paruhx...

Post  sandri on Tue 24 Nov 2009, 11:55

def wrote:makasih bang atas sharingnya...tapi setau saya kalo kepala ayam yang bagus yang kepalanya model pinang mas...gimana tuh...???, terus saya milih babonku karena pukulannya yg keras mas dan punya pukulan sekali pukul...pernah sekali pukul babon betina langsung terkapar... pingsan mas (tak kirain mati...Smile)...langsung ko..., kalo mas sandri ada ngak yang babonnya pola tapi keras pukulannya ada ngak...? harganya berapa kalo dikirim ke makassar...? Terus anak ayam kan pertumbuhannya pesat mas... jadinya paruhnya ngak bisa nemplek lagi mas...ada ngak solusi lainnya...?


ya kalo pny pkulan ko gt bgus lah mas..
kalo babon saya yg pny pkul keras udah laku,yg babon jalu itu..
kalo babon yg pny pukul keras n gaya mainnya bgus jg msh ada stock terbaru tp msh umur 4bln(babon jalak wiring galih),,indukannya babon itu udh menang3x..tarungny bgus tp g tau nurun ke anakannya ato gak,tp kalo melihat dri paruh kaki n bentuk tulangannya sm dengan induknya..n saya jg pny babon cetak F1 pukul mematikan,,kemarin ditawar org 1jt gak tk kasihkan soalny tk buat ternak,anakannya jdny bgus2..kalo tny2 sms aj d 08977311535
ya dibiarin aj paruhnya smp tmbuh sndiri jg bs,,tp waktuny lama untuk utuh kembali paruhny.

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

anak ayam rusak paruh s/d babon yang bagus,....!??

Post  nurkhotim on Tue 24 Nov 2009, 14:05

Halo mas Def,...
Anak ayam rusak paruhnya,.. kenapa !??
Ada beberapa penyebab mengapa anak ayam paruhnya rusak :
1. Keturunan : Kalo babon atau pejantannya kurang bagus (terutama masalah tulangannya) atau punya cacat,.. cenderung akan menurun ke anaknya.
2. Habitat alias tempat anak ayam dikumpulkan, ini tergantung dari bahan kandang, desain kandang, dan kapasitas kandang => berpengaruh juga pada pembentukan kaki, dan dada anak ayam.
3. Berkelahi,..atau tarung sesama saudara,..sekandang,. atau yang lebih besar
4. Perawatan yang kurang,.. diantaranya : pemberian ransum makan, penempatan, pemberian vitamin dan suplemen.

Untuk kasus paruh anak ayam yang sudah rusak/lepas... ya tidak ada pilihan,.. memang harus ditunggu,.. dan menunggu,.. ntar khan tumbuh sendiri,....
tapi memang harus dipisah dari saudaranya yang lain yang normal. Tujuannya adalah :
1. Makannya biar teratur, tidak berebut,. karena ransumnya akan berbeda dengan yang normal (biasanya kalo dikasih kering,. untuk paruh rusak dikasih yang lunak (dicampur air untuk memudahkan makan)) selain itu juga porsi ransum harus banyak yang mengandung Calcium atau kalo perlu ya dikasih kalk untuk membantu pertumbuhan paruhnya.
2. Agar proses pertumbuhan paruh bisa maksimal, sebab bila dicampur dengan yang normal, selain susah berebut pakan, juga bisa terjadi pecohan (saling matuk lagi)

Untuk Babon yang baik,.. terus terang aku baru buka ke salah seorang temen Papaji,. itu khususon,.. tapi untuk umum,.. saya berikan gambaran umum dari teori per ayaman yang saya tahu.
Babon menurutkan dibagi menjadi 3 macam (sesuai dengan hukum Mendel bapak hukum keturunan)
1. Babon Lethal alias Resesif alias babon cetak pemacek, yaitu babon yang anaknya kebanyakan akan mirip dengan bapaknya (bisa jadi 100%, dengan catatan tidak semua telor ditetaskan,..hehehe..)
2. Babon Unggul alias Babon Dominan, yaitu babon yang anaknya banyak nurun babonnya. ini juga sama, bisa saja 100 % ikut babonnya tergantung berapa anda mau menetaskan telor ayam,... bila babonnelor 10, terus yang ditetaskan 100,.. berarti akan banyak yang tidak nurun ke babonnya,.. (Ya iyalah,.. lha yang 90 telur ayam kampung,...hehe..he....)
3. Babon biasa alias gen-nya sama kuat dengan pemaceknya,..

Bila pertanyaannya : Bagaimana babon yang baik atau Bagus,..!??? saya balik bertanya sama mas Def,.. yang anda maksud baik itu yang bagaimana !????? Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

Kalo aku terus terang tidak Babon minded,.. alias,. depend,.. tergantung dari apa tujuan kita....
Mo pengen dapet anakan yang mirip bapaknya,... so kita harus punya babon yang cetak pemacek,...
(Inipun sebenarnya bukan jaminan 100%) kenapa saya bilang begitu,.. karena dalam hukum mendel tersebut dibutuhkan 2 homozigote,.. alias bibit dari pemacek juga ikut mempengaruhi,....
Contoh : kalo babon cetak pemacek VS pejantan yang resesif,..= keluar anak yang mirip kakek dan neneknya dari babon atau pejanten,.... nahh lho.. malah bukan dari kedua indukannya.

Sebaliknya bila babon biasa, dan ternyata pejantannya resesif,... ya jadi babon unggul,....

Itu dari sudut pandang perkembangbiakan,... bila dari sudut pandang yanglain misal tarungnya bagus apa tidak,.. itu juga banyak hal yang mempengaruhi,... dan mungkin dibahas di lain topik saja,.....

Mudah-mudahan sharing sedikit ini bisa menambah wawasan kita semua,...

salam
Nurkhotim
NB : kalo mo cari babon aku banyak mas Def,.. cuman pastikan dulu pengennya yang seperti apa,..nanti tak carikan,...hehe.he....(Promosi nich yeee...!???) clown clown clown clown clown

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

mas harga babonnya berapa

Post  def on Mon 30 Nov 2009, 13:59

Makasih banyak mas atas ilminya...mas nurkhotim harga babonnya kalo tau berapa hargax bang...? terus polanya gimana mas...?

def
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 83
Join date : 04.01.09

Kembali Ke Atas Go down

Dari Paruh rusak sampai Babon alias Biang,...!??

Post  nurkhotim on Mon 30 Nov 2009, 16:17

Untuk harga babon relatif mas Def,.. di tempatku,.. mo cari babon harga 100 rb ada,.. mo harga di atas 1 juta juga ada.

Harga tergantung dari beberapa hal dan ini sudah umum di pasaran, yaitu :
1. Keturunan (kalo mo cari yang Impor, F1 atau anak dari Pemacek Juara pasti akan mahal, atau bahkan tidak akan dijual, sejelek apapun bentuk babon tersebut,.. bisa-bisa daripada dijual mending dibuat ayam goreng,...he.he.he..dan banyak botoh atau pemilik ayam yang seperti ini) harga babon yang tipe ini,.. bisa lebih dari 1 jt atau bahkan puluhan atau ratusan juta ! percaya boleh,,.. gak percaya juga boleh) tapi ada juga yang kurang dari 1 juta, tergantung kondisi dan situasinya,... Very Happy
2. Daya turun atau Cetak alias (Gen Resesif atau Dominan),.. ini juga jarang-jarang orang jual,..kecuali yang jual itu tidak terlalu babon minded seperti aku,..he.he.. harganya juga lumayan,..(tinggi maksudnya) atau bisa murah,.. kalo pas nggak BT, Laughing Embarassed
3. Babon Biasa,.. maksudnya dilihat dari postur tubuh/body babon, kemampuan tarung babon maupun daya turunnya. Yang ini bisa murah,... meriah,.. (tapi jangan diremehkan,..karena semua belum tentu,...!!)

Kalo mas Def memang mau babon,.. lebih baik lewat PM saja,.. kode etik,..menyangkut jual-beli,.. bisa PM di 08123133148 ada beberapa pilihan menarik. tks

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anakan rusak paruhx...

Post  Administrator on Mon 30 Nov 2009, 19:15

Menurut saya, babon yg total resesif itu tidak ada. Babon cetak yg mengeluarkan anak sangat mirip dgn bapaknya, itu juga rasanya tdk mungkin. Mungkin hanya kebetulan saja keluar 1 ekor yg mirip bapaknya, tapi yg lain pasti berbeda.
Kalau memang betul ada babon cetak, harus dipastikan bahwa semua anaknya akan sama rata. Baik penampilan fisik, karakter, sifat teknik dan pukulnya.
Silakan dicari. Sy rasa tidak ada...

Jadi, babon cetak yg menurunkan anakan selalu sama dgn bapaknya, hanya mitos saja.
Kalaupun ada, sy anggap tidak bagus krn hasil anaknya maksimal sama dgn bapaknya. Tidak mungkin lebih bagus.
Padahal babon yg bagus itu harus menghasilkan anakan yg lebih baik dari bapaknya.
Babon yg baik, justru tidak boleh resesif. Babon harus ikut memberikan kontribusi sifat yg baik utk diturunkan pada anak2nya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6443
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anakan rusak paruhx...

Post  ferry bun on Mon 30 Nov 2009, 23:11

Jadi, babon cetak yg menurunkan anakan selalu sama dgn bapaknya, hanya mitos saja.
Kalaupun ada, sy anggap tidak bagus krn hasil anaknya maksimal sama dgn bapaknya. Tidak mungkin lebih bagus.
Padahal babon yg bagus itu harus menghasilkan anakan yg lebih baik dari bapaknya.
Babon yg baik, justru tidak boleh resesif. Babon harus ikut memberikan kontribusi sifat yg baik utk diturunkan pada anak2nya.[/quote]

ulasan yang sangat logika ... memeng begitulah adanya..babon yang bagus ( belm termasuk sempurna )

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Anakan rusak paruhx...

Post  Sponsored content Today at 20:43


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik