OBAT AYAM SERING BERSIN DAN SEDIKIT NGOROK

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

OBAT AYAM SERING BERSIN DAN SEDIKIT NGOROK

Post  one-dhi on Wed Nov 18, 2009 10:34 am

mohon info obat ayam yg sering bersin dan agak ngorok,
mungkin rekan2 papaji udah bnyk yang ngalamin.
ayam umur 4 bln saya kasih pakan tiap hari voor AD2,NASI,1,5 tablet kalk,2butir minyak ikan,susu
udah sya kasih obat tetracloor+supertetra.
terimakasih.

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 165
Join date: 02.09.09
Lokasi: sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: OBAT AYAM SERING BERSIN DAN SEDIKIT NGOROK

Post  arif on Wed Nov 18, 2009 11:02 am

onedhi wrote:mohon info obat ayam yg sering bersin dan agak ngorok,
mungkin rekan2 papaji udah bnyk yang ngalamin.
ayam umur 4 bln saya kasih pakan tiap hari voor AD2,NASI,1,5 tablet kalk,2butir minyak ikan,susu
udah sya kasih obat tetracloor+supertetra.
terimakasih.

Hati-hati Mas dengan penyakit ngorok. Itu biasanya CRD.. bisa menjadi awal timbulnya penyakit yang lebih berat bila tidak ditangani dengan benar.

Pengobatan yang Kami lakukan belum pernah menggunakan tetraclor/supertetra. yang sering digunakan adalah.. Koleridin, atau dengan Neo Meditril.. atau dengan menggunakan Cola Floxa (bahan aktif enrofloxacin). Obat ini dapat dibeli di toko2 pakan dan obat hewan (poultryshop). dosis pemakaian sudah tertera di kemasan.

silahkan di coba mudah2an cepat teratasi masalahnya. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 441
Join date: 22.06.09
Lokasi: Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

OBAT AYAM SERING BERSIN DAN SEDIKIT NGOROK

Post  one-dhi on Wed Nov 18, 2009 1:08 pm

terimakasih mas ARIF, apa ayam ini harus saya pisahkan agar yang lain tidak tertular?

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 165
Join date: 02.09.09
Lokasi: sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

ngorok,. crd ??

Post  nurkhotim on Wed Nov 18, 2009 4:23 pm

kalo dari gejalanya memang itu masuk ngorok alias CRD,... tapi juga ada bersin,. cek dulu,.. keluar ingus apa nggak...
Kalo nggak,.. kasih tetrachlor sudah bener,.... pisahkan dengan yang lain, karena nular...
Kalau ada ingusnya,... segera pisahkan jauh-jauh,.. dan setiap kali setelah berdekatan langsung bersihkan badan,.. kalo perlu mandi....
Usahakan ayam ini adalah ayam terakhir yang dikunjungi bila ayamnya banyak.. karena takut nular ke yang lain... dan kalo bisa posisinya adalah ujung arah angin,. maksudnya bila angin di tempat saudara ke utara,.. maka posisi ayam sakit ini paling utara dan jauh dari yang lainnya.
Ini bisa dikasih tetrachlor,. atau koleredin,.. seperti mas Arif bilang,.. kasih obat snot juga bisa.....

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 304
Join date: 23.07.09
Lokasi: Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: OBAT AYAM SERING BERSIN DAN SEDIKIT NGOROK

Post  alang on Wed Nov 18, 2009 5:42 pm

Blom lama ini salah satu ayam saya pernah ngorok, ingusan, mukanya bengkak,matanya berair. Musim wabah yg lalu 18 ekor mati dg gejala spt ini. Saya pikir yg ini jg akan berakhir diujung pisau, karena yg dulu sudah pakai tetraclor, anti snot, bahkan obat suntik (saya lupa namnya) jg dicoba, tapi tetap "lewat". Lalu saya iseng coba amoxcilin+vermint (exstrak cacing) pagi sore masing-masing 2 kapsul, eh ternyata dalam 3 hari sembuh total, padahal mukanya sdh bengkak kayak balon. Saya ga tau, amoxcilin atau vermintnya yg menyembuhkan. Atau mungkin cuma kebetulan. Hehehe. Mungkin Kang Arif bisa menjelaskan dari sisi medis.
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 989
Join date: 28.07.09
Age: 41
Lokasi: Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: OBAT AYAM SERING BERSIN DAN SEDIKIT NGOROK

Post  arif on Wed Nov 18, 2009 11:13 pm

alang wrote:Blom lama ini salah satu ayam saya pernah ngorok, ingusan, mukanya bengkak,matanya berair. Musim wabah yg lalu 18 ekor mati dg gejala spt ini. Saya pikir yg ini jg akan berakhir diujung pisau, karena yg dulu sudah pakai tetraclor, anti snot, bahkan obat suntik (saya lupa namnya) jg dicoba, tapi tetap "lewat". Lalu saya iseng coba amoxcilin+vermint (exstrak cacing) pagi sore masing-masing 2 kapsul, eh ternyata dalam 3 hari sembuh total, padahal mukanya sdh bengkak kayak balon. Saya ga tau, amoxcilin atau vermintnya yg menyembuhkan. Atau mungkin cuma kebetulan. Hehehe. Mungkin Kang Arif bisa menjelaskan dari sisi medis.
Salam.

Hehe.. Kalau kombinasi itu saya kurang begitu tahu juga mas. yang saya tahu Amoxicilin adalah antibiotika bakteriolitik dengan jenis beta lactam. Spektrum cukup luas tapi kategori moderat. untuk bakteri gram positif atau bakteri gram negatif. bakteri dengan kemampuan atau yang mempunyai enzim beta-laktamase kebal dengan antibiotika ini.

Sedangkan vermint adalah merek dagang dari ekstrak cacing tanah Lumbricus rubellus. yang di ambil dari vermint adalah ekstrak enzim fibrinolitik protease cacing tersebut. Suatu enzim pemecah protein. obat ini biasanya digunakan untuk meredakan demam pada berbagai seperti penyakit seperti tipus dan lainnya.

Saya sendiri belum bisa mengira2 apa kaitannya antara amoxicilin dengan ekstrak cacing tersebut. Yang bisa diketahui ya fungsi dari masing-masing obat tersebut. ada kemungkinan kedua obat tersebut saling bersinergis sehingga bakteri penyebab penyakit di ayam Mas Alang cepat teratasi.

Silahkan di tambahkan. salam Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 441
Join date: 22.06.09
Lokasi: Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

OBAT AYAM SERING BERSIN DAN SEDIKIT NGOROK

Post  one-dhi on Thu Nov 19, 2009 10:57 am

thanks for all master,
saya coba dl....

one-dhi
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 165
Join date: 02.09.09
Lokasi: sleman-jogja

Kembali Ke Atas Go down

ngorok dan cengger membiru

Post  lukman_hidayat37@yahoo.co on Thu Feb 02, 2012 12:01 am

buat kawan2 semua gantian mau nanya nih? obat apa yang manjur untuk mengobati ayam yang ngorok dan pilek kemudian di iringi dengan cengger yang membiru,karena ayam ku kemarin ru kena kuobati beberapa cara pengobatan tetap saja gk sembuh,yang saya khawatirkan klu cenggernya dah membiru ujung2 nya mati apakah penyakit itu menyerang kepalanya atu gmn thanks atas jawabanya

lukman_hidayat37@yahoo.co
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 103
Join date: 24.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: OBAT AYAM SERING BERSIN DAN SEDIKIT NGOROK

Post  coki on Thu Feb 02, 2012 6:59 am

Tetra SuLfa B-Plex
Buatan Eka Farma Semarang
http://www.ekafarma.com/index.php?route=product/category&path=35_43&page=2
OK""

coki
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1278
Join date: 10.01.12
Age: 32
Lokasi: Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: OBAT AYAM SERING BERSIN DAN SEDIKIT NGOROK

Post  Administrator on Thu Feb 02, 2012 10:59 am

lukman_hidayat37@yahoo.co wrote:buat kawan2 semua gantian mau nanya nih? obat apa yang manjur untuk mengobati ayam yang ngorok dan pilek kemudian di iringi dengan cengger yang membiru,karena ayam ku kemarin ru kena kuobati beberapa cara pengobatan tetap saja gk sembuh,yang saya khawatirkan klu cenggernya dah membiru ujung2 nya mati apakah penyakit itu menyerang kepalanya atu gmn thanks atas jawabanya
Jengger biru krn kekurangan oksigen akibat saluran napas tersumbat lendir.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6105
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: OBAT AYAM SERING BERSIN DAN SEDIKIT NGOROK

Post  hamas on Thu Feb 02, 2012 12:28 pm

Administrator wrote:
lukman_hidayat37@yahoo.co wrote:buat kawan2 semua gantian mau nanya nih? obat apa yang manjur untuk mengobati ayam yang ngorok dan pilek kemudian di iringi dengan cengger yang membiru,karena ayam ku kemarin ru kena kuobati beberapa cara pengobatan tetap saja gk sembuh,yang saya khawatirkan klu cenggernya dah membiru ujung2 nya mati apakah penyakit itu menyerang kepalanya atu gmn thanks atas jawabanya
Jengger biru krn kekurangan oksigen akibat saluran napas tersumbat lendir.

Luar biasa penjelasan dari Drh. Arief Very Happy bg Coki and bung Admin. byk ilmu yg bisa kita timba disini. top !

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting: 1692
Join date: 24.01.12
Age: 44

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik