Jemur ayam

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Jemur ayam

Post  Administrator on Thu 19 Nov 2009, 10:53

Ditempat saya, ada dua lokasi menjemur ayam. Lokasi pertama diatas rumput taman yg hijau. Lokasi kedua diatas lantai beton.
Kebetulan matahari baru mulai bersinar di kedua tempat tsb sejak pukul 8 pagi.
Kalau sy perhatikan, ayam yg dijemur di atas lantai beton, dalam 1 jam sudah mabok.
Sementara yg dijemur diatas rumput, 2 jam masih biasa2 saja.

Menurut teman2, mana yg lebih baik. Menjemur diatas lantai beton, atau diatas rumput hijau..??

Ditunggu sharingnya.

salam

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  Jhon Gultom on Thu 19 Nov 2009, 11:04

karena di rumah saya ga ada yang berumputnya di halangin pohon ya saya jemurnya di beton saya yang penting di beri alas supaya telapak kakinya tidak kepanasan atau sampai melepuh gt karena betonnya panas. perbedaannya cuma kalo di lantai beton panasnya terlalu kering dan menyengat jadi ayam cepat kering dan ngap2an. klo di rumput bisa agak lamaan ayam supaya ngap2an. Surprised

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  amrogen on Thu 19 Nov 2009, 11:04

Lantai beton...
- lebih cepat lebih baik - apalagi musim ujan kayak gini...sinar matahari kadang gak muncul lama... Very Happy

salam,

agun/krw

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  Administrator on Thu 19 Nov 2009, 11:08

amrogen wrote:Lantai beton...
- lebih cepat lebih baik - apalagi musim ujan kayak gini...sinar matahari kadang gak muncul lama... Very Happy

salam,

agun/krw

Kang agung, emang jemur ayam fungsinya biar cepet ngap-ngapan ya...???

Kalo biar cepat ngap-ngapan, ga usah dimandiin kang... langsung jemur aja.
hehehe....
Razz

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  Jhon Gultom on Thu 19 Nov 2009, 11:31

karena di rumah saya ga ada yang berumputnya di halangin pohon ya saya jemurnya di beton saya yang penting di beri alas supaya telapak kakinya tidak kepanasan atau sampai melepuh gt karena betonnya panas. perbedaannya cuma kalo di lantai beton panasnya terlalu kering dan menyengat jadi ayam cepat kering dan ngap2an. klo di rumput bisa agak lamaan ayam supaya ngap2an. Surprised

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  zin494 on Thu 19 Nov 2009, 11:45

Kalo menurut saya kalo tujuan kita agar ayam terkena sinar matahari pagi yg denger2 katanya mengandung ultra violet dalam kadar yg cocok sesuai dengan kebutuhan mahluk hidup baik itu untuk metabolisme dan menyehatkan bulu/kulit ayam sama aja mas di lantai beton dan rumput. Tapi kalo saya lebih suka menjemur di lapangan rumput krn ada manfaat tambahan lain misalnya ayam lebih bebas mengais2 tanah sehingga kaki lebih sehat, kaki juga tidak langsung menyentuh permukaan beton yg keras sehingga mengurangi kemungkinan cedera pada kali saat mengais2, lapangan rumput juga lebih dingin dari lantai saat terkena panas sehingga saat kepanasan ayam lebih nyaman dan bisa merapatkan badannya ketanah untuk membuang panas yg berlebihan serta kaki tidak melepuh, disamping itu juga lapangan rumput lebih hangat dari lantai disaat dingin. Dan yg terakhir ayam juga bisa sambil makan2 rumput, tentunya ayam lebih sehat.
Silahkan dikoreksi kalo ada yg salah.
Salam.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  alang on Thu 19 Nov 2009, 12:01

Administrator wrote:Ditempat saya, ada dua lokasi menjemur ayam. Lokasi pertama diatas rumput taman yg hijau. Lokasi kedua diatas lantai beton.
Kebetulan matahari baru mulai bersinar di kedua tempat tsb sejak pukul 8 pagi.
Kalau sy perhatikan, ayam yg dijemur di atas lantai beton, dalam 1 jam sudah mabok.
Sementara yg dijemur diatas rumput, 2 jam masih biasa2 saja.

Menurut teman2, mana yg lebih baik. Menjemur diatas lantai beton, atau diatas rumput hijau..??

Ditunggu sharingnya.

salam

Menurut saya, tergantung tujuannya mas, jemur ayam untuk apa. Kalo tujuanya sekedar mendapatkan hawa panas untuk melatih nafas misalnya, ya ga usah pilih2 tempat, dimana saja jadi, kapan saja ga masalah. Tapi kalo tujuannya untuk mendapatkan sinar UV dan vitamin D untuk pembentukan tulang, tentu harus pilih tempat dan waktu. Untuk tujuan kedua, saya lebih suka jemur ayam di atas rerumputan, karena ayam tidak cepat mabok, dengan demikian penjemuran bisa lebih lama. Waktu yang baik dari jam 6 sampai jam 10 dimana sinar UV sedang dalam kondisi sangat baik untuk pembentukan tulang, diatas jam 10 konon sinar matahari mulai berbahaya bagi kulit dan bulu. Lebih baik lagi saat berjemur, ayam dapat bergerak agak leluasa,karena akan memaksimalkan fungsi UV bagi kesehatan tulang dan kulit.
Salam Hormat.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  Administrator on Thu 19 Nov 2009, 12:07

Di forum tetangga ada yg menyarankan lebih baik diatas beton atau aspal. Bahkan diatas seng..!! Tujuannya agar ayam terbiasa kena panas supaya napasnya bagus.
Kalau ini alasannya, kenapa ngga kandangnya aja dikasih lampu pijar 100 watt..?

Saya sependapat dg mas Alang. Kalau di rumput, ayam bisa lebih lama berjemur. Panas matahari terserap sedikit demi sedikit. Bukankah ini lebih baik..?? Ayam jadi lebih banyak menerima sinar matahari pagi yg menyehatkan.

Ayo monggo... sharing lagi...
Very Happy

ps : ini bukan masalah benar atau salah ya... silakan memberikan pendapatnya secara bebas.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  cobain on Thu 19 Nov 2009, 12:17

Administrator wrote:Di forum tetangga ada yg menyarankan lebih baik diatas beton atau aspal. Bahkan diatas seng..!! Tujuannya agar ayam terbiasa kena panas supaya napasnya bagus.
Kalau ini alasannya, kenapa ngga kandangnya aja dikasih lampu pijar 100 watt..?

Saya sependapat dg mas Alang. Kalau di rumput, ayam bisa lebih lama berjemur. Panas matahari terserap sedikit demi sedikit. Bukankah ini lebih baik..?? Ayam jadi lebih banyak menerima sinar matahari pagi yg menyehatkan.

Ayo monggo... sharing lagi...
Very Happy

ps : ini bukan masalah benar atau salah ya... silakan memberikan pendapatnya secara bebas.

kalao saya suka siang22 aja mas,,,,,,,,,,,,,,,,,,,biar stamina cepat naik, tapi diatas kurungan dikasih kain tipis,,,,,,,,,supaya memblock ultra violet

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  Jhon Gultom on Thu 19 Nov 2009, 13:26

wah kalo di jemur pake lampu dan di taruh di dalam box gitu hasilnya ga bagus, malah kayak di kukus tu ayam. soalnya dah sering nyobain dulu waktu sering gebrak malam.

Jhon Gultom
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1369
Join date : 14.10.08
Age : 34
Lokasi : jatibening, Bekasi

Kembali Ke Atas Go down

DIJEMUR,.. APA DIPANGGANG,..!???

Post  nurkhotim on Thu 19 Nov 2009, 14:26

He.he..he.. setuju dengan mas Alang,.. kita ketahui dulu tujuannya buat apa,..!?
karena kalo tujuan sudah ada, maka cara bisa didapet,.. dan disiasati. (Bukan begitu guys...!?)

1. Agar ayam sehat, dan fit,... (yahh menurut saya nggak usah dijemur jg ngak apa-apa... taruh diumbaran yang sinar matahari dan ventilasi bagus,.. itu cukup bagus)
2. Agar ayam latihan napas.... (ayam dijemur harus pake alas, entah itu bambu atau apa kek,.. biasanya 1 paket antara alas dan kurungan dan waktunya ditentukan pagi mulai jam 8 bisa,.. selama paling tidak 2-3 jam, tanpa makan dan minum, bisa juga siang hari,... tapi nggak boleh lama-lama,.. dan harus tetap pake alas,.. tidak boleh nginjak tanah/ rumput/ beton/aspal)
3. Agar ayam gurih,... (ayam dicuci bersih,..dikasih bumbu,.. apinya jangan besar-besar,.. karena takut yang bagian dalem nggak ikut matang,.. jangan lupa dibolak-balik,... sampai warnanya agak kecoklatan/merah.... warna wangkas,....hik..hik..)
4. Agar ayam sekarat (jemur diatas beton tanpa alas, mulai jam 8 pagi sampai sekarat,... jangan lupa,.. tidak usah dikasih makan dan minum terlebih dulu,....sampai nanti sudah terlihat ayam meluruskan lehernya di bawah beton,.. sambil ngap-ngap-an,.. silahkan menentukan pilihan,... : langsung kasih minum supaya ngorok,... atau langsung dimandikan,.. supaya seger dan ayam langsung klenger,....he.he.he....) kalo begini nih..biasanya mas Arry langsung teriak-teriak,.... alias bengak-bengok....kwakakk...ka..ka..ak.....ka.. Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  savvo on Thu 19 Nov 2009, 16:51

weh.... mas ary kasih soal ujian nih kliatannya. nah saya yang peringkatnya di bawah beginner mo jawab ( biar naik kelas )jadi gini ayam yang diumbar di taman rumput khan bisa sekaliyan makan rumput so sekaliyan memenuhi kebutuhan pakan hijauan..kotorannya bisa buat pupuk juga..na kalo di beton khan ntar ayamnya makan beton ..kotorannya musti dibersihin..cape dehhh...kalo kuat nafas khan bisa pake latihan kliteran
nb: kalo jawabannya salah, kasi tau di pm aja ya

savvo
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 320
Join date : 22.08.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  Hendro on Thu 19 Nov 2009, 17:03

Semuanya benar...jemur dirumputan bagus, dengan alas pasir/tanah juga bagus, diatas beton yang diberi alas karpet juga bagus...yang salah itu kalo diatas atap mobil...bisa baret2 nanti...he..he..he...
Menjemur ayam pasti ada tujuannya dan yang lebih pasti lagi kita tidak mau juga menyiksa ayam...jadi media apapun untuk berjemur yang paling baik adalah dengan melihat kondisi ayamnya....bukan masalah waktunya lama atau sebentar.....salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  cobain on Thu 19 Nov 2009, 19:27

asal ayam ga tersiksa dan bisa menaikkan stamina aja kan mas tjuan jemur????????saya lebih suka dirumput aja mas,,,,,,,kalao beton kan kakinya kepanasan, kalao ngga percaya coba aja maen sepakbola siang22 di atas beton,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  Administrator on Thu 19 Nov 2009, 19:48

savvo wrote:weh.... mas ary kasih soal ujian nih kliatannya...

bukan ujian mas... biar rame saling berbagi pengalaman.
Sepertinya masalah jemur menjemur ini belum dibahas tuntas.
Very Happy

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  rio on Thu 19 Nov 2009, 21:30

Nah Mas Ary..kalau tujuan dari menjemur ayam itu sebetulnya untuk apa ?
Karena banyak orang yang bilang katanya untuk membakar lemak, ada juga yg bilang agar
nafas ayam menjadi lebih baik atau untuk memperbaiki sel2 kulit dan kekuatan tulang karena
sinar Ulatra Violetnya.
Jadi yg lebih utama yg mana ??

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  opik_98 on Thu 19 Nov 2009, 21:46

rio wrote:Nah Mas Ary..kalau tujuan dari menjemur ayam itu sebetulnya untuk apa ?
Karena banyak orang yang bilang katanya untuk membakar lemak, ada juga yg bilang agar
nafas ayam menjadi lebih baik atau untuk memperbaiki sel2 kulit dan kekuatan tulang karena
sinar Ulatra Violetnya.
Jadi yg lebih utama yg mana ??
bagaimana dengan ayam yang ga dijemur2 kaya sekarang musim hujan..????

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  ferry bun on Thu 19 Nov 2009, 23:02

[quote="opik_98"]
rio wrote:Nah Mas Ary..kalau tujuan dari menjemur ayam itu sebetulnya untuk apa ?
Karena banyak orang yang bilang katanya untuk membakar lemak, ada juga yg bilang agar
nafas ayam menjadi lebih baik atau untuk memperbaiki sel2 kulit dan kekuatan tulang karena
sinar Ulatra Violetnya.
Jadi yg lebih utama yg mana ??
bagaimana dengan ayam yang ga dijemur2 kaya sekarang musim hujan..????[/quo

bisa diganti dengan kotak kaca di lubangi dengan diameter 1 inci pada setiap sisi 1 lubang ayam juga akan ngos ngosan karena panas ( seperti sauna ).
salam FERRY

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  amrogen on Fri 20 Nov 2009, 09:31

Administrator wrote:
amrogen wrote:Lantai beton...
- lebih cepat lebih baik - apalagi musim ujan kayak gini...sinar matahari kadang gak muncul lama... Very Happy

salam,

agun/krw

Kang agung, emang jemur ayam fungsinya biar cepet ngap-ngapan ya...???

Kalo biar cepat ngap-ngapan, ga usah dimandiin kang... langsung jemur aja.
hehehe....
Razz

salah satunya mas...yg lainnya ya yg seperti kita ketahui bersama... Very Happy
di karawang ayam gak usah di jemur, dikandang juga ngap2 an toh..
tapi bener juga ya...coba aja semua botoh kalau ayamnya dah ngap2an pasti diangkat, dipindahin ke yg teduh, daripada gosong..

apalagi musim ujan , baru dimandiin...belum sempet kering dah mendung, jadi beton ok...tapi kalau musim kemarau rumput better..

Nah itu mas Ary pastinya dah eksperimen nih...kan beton sama rumput, di rumah mas Ary kan ada 2 tempat itu toh...
langsung aja nih hasil eksperimennya...antara beton sama rumput, ke performance si jago bagus mana ..?


salam,

agun/krw

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1276
Join date : 12.09.08
Lokasi : Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  Administrator on Fri 20 Nov 2009, 11:51

Kalau prinsip saya, jemur ayam adlh biar sehat dan bugar. Muka terlihat merah cerah dan bebas penyakit serta kutu.
Kalaupun jemur ayam bisa menambah staminanya, ini sy anggap bonus saja. Karena stamina menurut saya utamanya didapat dari latihan yg intensif. Penjemuran hanya sedikit membantu.

Jadi kesimpulannya, sy lebih suka jemur diatas rumput. Biar bisa lebih lama menyerap sinar matahari.
Bukan berarti jemur diatas beton adlh salah lho...

Very Happy

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Jemur ayam

Post  plamboyan cock on Fri 20 Nov 2009, 23:53

Kalo sya pribadi si jemur ayam di atas beton dikasih alas bambu yg di lapisin krpet(tjuan si biar aym ga lecet2 kaki'y+gampang brsihin'y),kalo buat ayam pemula,jemur'y smbil di umbar ditempat panas,biarin aja sambil dia mandi pasir,mkn rumput dll,kalo udh kpanasan psti dia nyari tempat adem sendiri.hehehehe...
Beda lagi kalo ayam udh di sampho,mnding dijemur di atas beton yg dikasih alas karpet/bambu d,kdang kalo ayam udh di shampo doyan bgt mndi pasir(sayang kotor lagi)hehehehe...peace!!

plamboyan cock
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 316
Join date : 30.10.09
Lokasi : KAF Rangkasbitung/jakarta barat 08567078871

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  cobain on Sat 21 Nov 2009, 18:38

plamboyan cock wrote:Kalo sya pribadi si jemur ayam di atas beton dikasih alas bambu yg di lapisin krpet(tjuan si biar aym ga lecet2 kaki'y+gampang brsihin'y),kalo buat ayam pemula,jemur'y smbil di umbar ditempat panas,biarin aja sambil dia mandi pasir,mkn rumput dll,kalo udh kpanasan psti dia nyari tempat adem sendiri.hehehehe...
Beda lagi kalo ayam udh di sampho,mnding dijemur di atas beton yg dikasih alas karpet/bambu d,kdang kalo ayam udh di shampo doyan bgt mndi pasir(sayang kotor lagi)hehehehe...peace!!



setujjuuuuuuu

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Kasih minum atau tidak???

Post  Ibnu_Masud on Fri 22 Jan 2010, 10:30

Maaf sebagai pemula saya sampai saat ini masih bingung cara menjemur ayam yg baik, mohon bantuan rekan2 semua.
Apakah pemberian air minum pada saat penjemuran itu salah? Dan apa efeknya bila dikasih minum dan tidak?
Selama ini saya selalu menyediakan air minum saat penjemuran, karena kasihan ayam megap2 kepanasan klo tidak dikasih minum.
Thanks atas pencerahannya

Ibnu_Masud
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 260
Join date : 04.09.09
Lokasi : Jatibening - Bekasi

http://talang-listplank.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  Administrator on Fri 22 Jan 2010, 12:18

Ibnu_Masud wrote:Maaf sebagai pemula saya sampai saat ini masih bingung cara menjemur ayam yg baik, mohon bantuan rekan2 semua.
Apakah pemberian air minum pada saat penjemuran itu salah? Dan apa efeknya bila dikasih minum dan tidak?
Selama ini saya selalu menyediakan air minum saat penjemuran, karena kasihan ayam megap2 kepanasan klo tidak dikasih minum.
Thanks atas pencerahannya

Saya juga jemur sambil dikasih minum koq mas...
Ada juga yg tidak kasih minum.
Sepertinya, ini tergantung kebiasaan saja.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6444
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  opik_98 on Sat 23 Jan 2010, 08:52

Administrator wrote:
Ibnu_Masud wrote:Maaf sebagai pemula saya sampai saat ini masih bingung cara menjemur ayam yg baik, mohon bantuan rekan2 semua.
Apakah pemberian air minum pada saat penjemuran itu salah? Dan apa efeknya bila dikasih minum dan tidak?
Selama ini saya selalu menyediakan air minum saat penjemuran, karena kasihan ayam megap2 kepanasan klo tidak dikasih minum.
Thanks atas pencerahannya

Saya juga jemur sambil dikasih minum koq mas...
Ada juga yg tidak kasih minum.
Sepertinya, ini tergantung kebiasaan saja.
apa ayam ga soak klo lg mengap2 langsung minum mas tolong pencerahaanya Very Happy

opik_98
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 782
Join date : 11.02.09
Lokasi : Serang-Banten

Kembali Ke Atas Go down

Re: Jemur ayam

Post  Sponsored content Today at 09:27


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik