Indukan ukuran keci gmn?

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Indukan ukuran keci gmn?

Post  arif rosyidi on Fri 09 Dec 2011, 08:52

salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............

arif rosyidi
kopral
kopral

Jumlah posting : 27
Join date : 26.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  KUMIS JAGO on Fri 09 Dec 2011, 09:41

sepertinya mas roni bs jawab nih,, biang bunda klo ga slah uk kecil alias tdk besar tp anakannya besar2 semua... ayooo bagi rahasianya mas.

KUMIS JAGO
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 805
Join date : 01.07.11
Age : 35
Lokasi : kroya - cilacap hp:085329789998

http://kumisjago.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  didik adi on Sat 10 Dec 2011, 10:21

arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 511
Join date : 20.05.11
Lokasi : weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  zedhel on Sat 07 Jan 2012, 16:36

maaf nyambung lagi...gimana kalo calon pacek,diantara sodaranya dia yg paling kerdil,apa anaknya secara fisik bisa seperti sodara2 bpknya atau cuma mentok seperti bpaknya(biarpun pemberian makan bergizi dah maximal)?
Mohon penjelasannya senior.

zedhel
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 22.06.11
Age : 31
Lokasi : boyolali

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  arif on Sat 07 Jan 2012, 20:01

zedhel wrote:maaf nyambung lagi...gimana kalo calon pacek,diantara sodaranya dia yg paling kerdil,apa anaknya secara fisik bisa seperti sodara2 bpknya atau cuma mentok seperti bpaknya(biarpun pemberian makan bergizi dah maximal)?
Mohon penjelasannya senior.

Ikut menyumbang saran. kalau sodara-sodaranya besar (ukuran normal) dan disilangkan dengan indukan yang besar (normal), kemungkinan anaknya bisa besar mas. Jadi walupun penampakan pejantannya kecil, tetapi dia tetap membawa sifat normal, cuma kebetulan tidak muncul di pejantan tersebut.

bravo.

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  zedhel on Sun 08 Jan 2012, 00:58

makasih pak masukannya

zedhel
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 22.06.11
Age : 31
Lokasi : boyolali

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  andrimco on Mon 09 Jan 2012, 16:21

arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
salam
1. bisa berpengaruh karna genetik, tp bisa diperbaiki campur poer dengan geresan 1/2 calc(2 hari 1x untuk 5 ekor)
2. berpengaruh besar jelas perbedaannya bergizi vs ala kadarnya (sy ujicoba anakan ikut induk(makan nasi+dedek) sama di dalam box pake lampu(makan poer+geresan 1/2 calc (2 hari 1x)

tx's

andrimco
kopral
kopral

Jumlah posting : 33
Join date : 08.10.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  PEN Kerinci_Jambi on Mon 09 Jan 2012, 22:26

arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............

Pengalaman saya: yg sudah sering dengan indukan kecil susah sekali mendapatkan anakannya yg besar. Karena selama ini dari pengalaman tsb untuk ukuran cenderung mengikuti ukuran induknya. Parah lagi kalo bapakannya juga tidak besar ato kecil jg walau dikasih pakan yg bergizi sekalipun mulai dari anakan. Karena kalo saya ilustrasikan dg kalimat maksud saya di atas itu Misal induk kecil tapi bapakan besar hasilnya bisa saja anaknya besar tetapi persentasenya sedikit, yg jelas sulit mendapatkan ukuran yg sama dg ukuran bapakannya yg besar. Memang benar masalah ukuran ini menyangkut gen, tetapi cenderung gen induk yg lebih dominan.
Jadi logika sederhananya dari pengalaman saya selama ini: kalo indukan kecil susah medapatkan hasil anakan yg ukuran besar walau bapakan besar, tapi sebaliknya dengan indukan besar berkemungkinan ukuran anakannya besar walau bapakannya kecil tetapi ukuran anakannya setidaknya lebih besar dari bapakannya.
Maaf ini pengalaman saya selama ini, kalau ada yg tidak sepakat berarti ada cara beternak yg saya lakukan selama ini tidak tepat dan mohon sarannya untuk mendapatkan anakan yg persentasenya lebih banyak ukuran besar walau induk ukuran kecil.

PEN Kerinci_Jambi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.01.10
Age : 42
Lokasi : Kel. Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Prop. Jambi 085269421974 PIN BB: 7e59ae58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  LQ on Tue 10 Jan 2012, 05:21

didik adi wrote:
arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...
makanan cukup gizi adlh faktor penunjang,tp sejarah keturunan jg tak kalah pentingnya...babon kcil jk dturut induk, nenek, buyutny, besar tdk mslh...tp babon kcil dominan jg ada ,dkasih pkn cukup gizi pun anaknya g bkal bs jd ukuran besar,...kalo ada bbn kcil pnya anak bs bsr2,hny garis kturunan uk besar adanya....

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Indukan ukuran keci gmn?

Post  arif rosyidi on Fri 13 Jan 2012, 21:16

trimakasih atas sumbang pendapatnya papajers smua.........saran anda sangat bermanfaat bg saya.

arif rosyidi
kopral
kopral

Jumlah posting : 27
Join date : 26.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  didik adi on Sat 14 Jan 2012, 10:46

LQ wrote:
didik adi wrote:
arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...
makanan cukup gizi adlh faktor penunjang,tp sejarah keturunan jg tak kalah pentingnya...babon kcil jk dturut induk, nenek, buyutny, besar tdk mslh...tp babon kcil dominan jg ada ,dkasih pkn cukup gizi pun anaknya g bkal bs jd ukuran besar,...kalo ada bbn kcil pnya anak bs bsr2,hny garis kturunan uk besar adanya....
maaf, mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan..

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 511
Join date : 20.05.11
Lokasi : weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Indukan ukuran keci gmn?

Post  arif rosyidi on Tue 17 Jan 2012, 21:19

maaf mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan.
.


klu blh tau resep tambahan makanan apa mas didik?? help me...........

arif rosyidi
kopral
kopral

Jumlah posting : 27
Join date : 26.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  saptopurwodadi on Wed 18 Jan 2012, 06:20

skedar share aja bang.... saya juga ada induk kecil.... anakany berfariasi. ada yang kecil ada yang gede. tapi rata rata gede. pede aja bang.......

saptopurwodadi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 770
Join date : 27.03.11
Lokasi : Purwodadi Jateng. 081326211577

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  LQ on Wed 18 Jan 2012, 06:56

didik adi wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...
makanan cukup gizi adlh faktor penunjang,tp sejarah keturunan jg tak kalah pentingnya...babon kcil jk dturut induk, nenek, buyutny, besar tdk mslh...tp babon kcil dominan jg ada ,dkasih pkn cukup gizi pun anaknya g bkal bs jd ukuran besar,...kalo ada bbn kcil pnya anak bs bsr2,hny garis kturunan uk besar adanya....
maaf, mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan..
ukuran badan termasuk sifat yg dturunkan/diwariskan dr induk ke anak,mnrut sy meski dpt dipengaruhi/diperbaiki lingkungan tetep aja ada batasnya...misal anak dr induk ukuran kecil pasangan 5,5 bs jd uk 6,mgk msh wajar dg perbaikan lingk..ato dasar sy katakan uk.nenek buyutny emang lebih dr 5,5...sy rasa sulit melahirkan anak uk 8 dr pasangan induk ukuran 5,5 yg nenek buyutnya jg uk segitu...ayam serama meski dikasih pakan bagus bisa tmbuh lebih besar dr yg dikasih pakan asal hidup,tp tetep aja dia g bs tmbuh sebesar ayam KT...

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  didik adi on Wed 18 Jan 2012, 10:47

arif rosyidi wrote:maaf mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan.
.


klu blh tau resep tambahan makanan apa mas didik?? help me...........
saya biasa memberi ikan (bisa mentah bisa matang).........
selamat mencoba...... Smile

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 511
Join date : 20.05.11
Lokasi : weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  didik adi on Wed 18 Jan 2012, 10:49

LQ wrote:
didik adi wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...
makanan cukup gizi adlh faktor penunjang,tp sejarah keturunan jg tak kalah pentingnya...babon kcil jk dturut induk, nenek, buyutny, besar tdk mslh...tp babon kcil dominan jg ada ,dkasih pkn cukup gizi pun anaknya g bkal bs jd ukuran besar,...kalo ada bbn kcil pnya anak bs bsr2,hny garis kturunan uk besar adanya....
maaf, mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan..
ukuran badan termasuk sifat yg dturunkan/diwariskan dr induk ke anak,mnrut sy meski dpt dipengaruhi/diperbaiki lingkungan tetep aja ada batasnya...misal anak dr induk ukuran kecil pasangan 5,5 bs jd uk 6,mgk msh wajar dg perbaikan lingk..ato dasar sy katakan uk.nenek buyutny emang lebih dr 5,5...sy rasa sulit melahirkan anak uk 8 dr pasangan induk ukuran 5,5 yg nenek buyutnya jg uk segitu...ayam serama meski dikasih pakan bagus bisa tmbuh lebih besar dr yg dikasih pakan asal hidup,tp tetep aja dia g bs tmbuh sebesar ayam KT...
setahu saya, jarang ada yg punya ayam serama ingin ayamnya tumbuh sebesar ayam kate, apalagi ayam kalkun... Laughing

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 511
Join date : 20.05.11
Lokasi : weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  jhon on Wed 18 Jan 2012, 11:24

Menurut pengalaman sy, yang paling utama adalah ukuran pejantannya. Untuk mendapatkan ukuran yang besar maka pejantannya harus besar juga, untuk masalah biangnya ukuran yang relatif kecil juga ga apa-apa. Tentunya juga harus dibarengi dengan makanan dan vitamin yang dapat menunjang pertumbuhan anak ayam. Maaf kalo salah.

jhon
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 53
Join date : 27.03.11
Lokasi : bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  LQ on Wed 18 Jan 2012, 14:15

didik adi wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...
makanan cukup gizi adlh faktor penunjang,tp sejarah keturunan jg tak kalah pentingnya...babon kcil jk dturut induk, nenek, buyutny, besar tdk mslh...tp babon kcil dominan jg ada ,dkasih pkn cukup gizi pun anaknya g bkal bs jd ukuran besar,...kalo ada bbn kcil pnya anak bs bsr2,hny garis kturunan uk besar adanya....
maaf, mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan..
ukuran badan termasuk sifat yg dturunkan/diwariskan dr induk ke anak,mnrut sy meski dpt dipengaruhi/diperbaiki lingkungan tetep aja ada batasnya...misal anak dr induk ukuran kecil pasangan 5,5 bs jd uk 6,mgk msh wajar dg perbaikan lingk..ato dasar sy katakan uk.nenek buyutny emang lebih dr 5,5...sy rasa sulit melahirkan anak uk 8 dr pasangan induk ukuran 5,5 yg nenek buyutnya jg uk segitu...ayam serama meski dikasih pakan bagus bisa tmbuh lebih besar dr yg dikasih pakan asal hidup,tp tetep aja dia g bs tmbuh sebesar ayam KT...
setahu saya, jarang ada yg punya ayam serama ingin ayamnya tumbuh sebesar ayam kate, apalagi ayam kalkun... Laughing
iya ya bner jg,bro,..

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Indukan ukuran keci gmn?

Post  arif rosyidi on Tue 24 Jan 2012, 10:16

''setahu saya, jarang ada yg punya ayam serama ingin ayamnya tumbuh sebesar ayam kate, apalagi ayam kalkun''.............

kalau tahu ayam serama minta gede atau ayam kalkun minta kecilya ngk usah dibahas.......... apalagi bahas ayam kampus ngk usah dibakar jg dah nikmat.............. pisss brooo

arif rosyidi
kopral
kopral

Jumlah posting : 27
Join date : 26.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  RAMZ-ADAMS on Tue 24 Jan 2012, 18:43

arif rosyidi wrote: ''setahu saya, jarang ada yg punya ayam serama ingin ayamnya tumbuh sebesar ayam kate, apalagi ayam kalkun''.............

kalau tahu ayam serama minta gede atau ayam kalkun minta kecilya ngk usah dibahas.......... apalagi bahas ayam kampus ngk usah dibakar jg dah nikmat.............. pisss brooo

Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy SETUJOOOO affraid affraid affraid affraid

RAMZ-ADAMS
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 17.01.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  Tamu on Sat 04 Feb 2012, 22:23

arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
Kalau ukuran induk yg kecil karena faktor keturunan?genetis maka akan berpengaruh pada keturunannya yg akan menjadi kecil juga. Pakan ,vit,suplemen hanya mampu memaksimalkan potensi genetik yg di miliki ayam ( tdk bisa melebihi )

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  Administrator on Sat 04 Feb 2012, 22:50

Buat saya, besar atau kecil itu hanyalah masalah tandingan waktu pilih gandengan musuh.
Ayam kecil ketemu yg kecil. Ayam besar ketemunya juga ayam yg besar.
Yang penting jangan terlalu kecil atau jangan terlalu besar. Keduanya sama2 susah cari musuh.

Hal yg penting juga diingat adlh, bukan hanya soal ukuran. Tapi juga faktor kualitas fisik.
Meskipun ukuran termasuk kecil, tapi punya tulangan yg kokoh, otot yg bagus, ini jauh lebih baik dibanding punya ayam besar tapi tulangan ringkih dan otot letoy.
Kualitas fisik bisa tercipta hanya dgn pakan yg bernutrisi dan bergizi.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  Tamu on Sat 04 Feb 2012, 22:57

LQ wrote:
didik adi wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
LQ wrote:
didik adi wrote:
arif rosyidi wrote:salalm papajiers..........mohon parasenior memberikan penjelasan pada saya yg baru taraf belajar breeding ini. yg saya tanyakan
1.Indukan ukuran kecil apa pengaruh dgn anakanya ukuran kecil2 jg?
2.apakah dikasih pakan+vitamin yg baik pun jd tdk berpengaruh dgn pertubuhan anakan krn bawaan dr indukan ukuran kecil?
mohon pencerahanya.......
sebelumya thankyu............
salam kompak slalu...............
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...
makanan cukup gizi adlh faktor penunjang,tp sejarah keturunan jg tak kalah pentingnya...babon kcil jk dturut induk, nenek, buyutny, besar tdk mslh...tp babon kcil dominan jg ada ,dkasih pkn cukup gizi pun anaknya g bkal bs jd ukuran besar,...kalo ada bbn kcil pnya anak bs bsr2,hny garis kturunan uk besar adanya....
maaf, mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan..
ukuran badan termasuk sifat yg dturunkan/diwariskan dr induk ke anak,mnrut sy meski dpt dipengaruhi/diperbaiki lingkungan tetep aja ada batasnya...misal anak dr induk ukuran kecil pasangan 5,5 bs jd uk 6,mgk msh wajar dg perbaikan lingk..ato dasar sy katakan uk.nenek buyutny emang lebih dr 5,5...sy rasa sulit melahirkan anak uk 8 dr pasangan induk ukuran 5,5 yg nenek buyutnya jg uk segitu...ayam serama meski dikasih pakan bagus bisa tmbuh lebih besar dr yg dikasih pakan asal hidup,tp tetep aja dia g bs tmbuh sebesar ayam KT...
setahu saya, jarang ada yg punya ayam serama ingin ayamnya tumbuh sebesar ayam kate, apalagi ayam kalkun... Laughing
iya ya bner jg,bro,..
Itu kan hanya contoh,pakan tidak bisa merubah potensi genetik ayam serama menjadi sebesar ayam kate. Contoh lainnya kalau memang pakan & suplemen mampu merubah ayam menjadi besar, tentu kita tidak harus repot2 menyilangkan ayam birma dengan dengan ayam saigon.

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  LQ on Sun 05 Feb 2012, 06:07

]
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...[/quote]makanan cukup gizi adlh faktor penunjang,tp sejarah keturunan jg tak kalah pentingnya...babon kcil jk dturut induk, nenek, buyutny, besar tdk mslh...tp babon kcil dominan jg ada ,dkasih pkn cukup gizi pun anaknya g bkal bs jd ukuran besar,...kalo ada bbn kcil pnya anak bs bsr2,hny garis kturunan uk besar adanya.... [/quote]
maaf, mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan..[/quote]
setahu saya, jarang ada yg punya ayam serama ingin ayamnya tumbuh sebesar ayam kate, apalagi ayam kalkun... Laughing [/quote]iya ya bner jg,bro,..[/quote] Itu kan hanya contoh,pakan tidak bisa merubah potensi genetik ayam serama menjadi sebesar ayam kate. Contoh lainnya kalau memang pakan & suplemen mampu merubah ayam menjadi besar, tentu kita tidak harus repot2 menyilangkan ayam birma dengan dengan ayam saigon.[/quote]asiknya omong breeding meski pd belajar smw,pny alesan masing2...apalagi alasan berdasar pengalaman,bs maju bner ayam aduan lokal jk bnyk yg minat breeding,tenttu dgn panduan yg bner.

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  Tamu on Mon 06 Feb 2012, 11:55

LQ wrote:]
indukan kecil gak masalah, mas bro...
yg penting ngasih makanannya yg bergizi, ntar anaknya lumayan gede.(itu kata mantan master ayam di t4ku lho)...
makanan cukup gizi adlh faktor penunjang,tp sejarah keturunan jg tak kalah pentingnya...babon kcil jk dturut induk, nenek, buyutny, besar tdk mslh...tp babon kcil dominan jg ada ,dkasih pkn cukup gizi pun anaknya g bkal bs jd ukuran besar,...kalo ada bbn kcil pnya anak bs bsr2,hny garis kturunan uk besar adanya.... [/quote]
maaf, mas bro..
dari pengalaman saya, babon saya ukuran kecil dan dulu bapaknya juga ukuran sekitar 5,5(di daerah saya lho)...
dan ternyata anak2nya sekarang ukuran cukup besar (6 ke atas) karena diberi makanan tambahan..[/quote]
setahu saya, jarang ada yg punya ayam serama ingin ayamnya tumbuh sebesar ayam kate, apalagi ayam kalkun... Laughing [/quote]iya ya bner jg,bro,..[/quote] Itu kan hanya contoh,pakan tidak bisa merubah potensi genetik ayam serama menjadi sebesar ayam kate. Contoh lainnya kalau memang pakan & suplemen mampu merubah ayam menjadi besar, tentu kita tidak harus repot2 menyilangkan ayam birma dengan dengan ayam saigon.[/quote]asiknya omong breeding meski pd belajar smw,pny alesan masing2...apalagi alasan berdasar pengalaman,bs maju bner ayam aduan lokal jk bnyk yg minat breeding,tenttu dgn panduan yg bner. [/quote] Panduan tanpa pemahaman yg benar hasilnya akan menyesatkan pirat

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Indukan ukuran keci gmn?

Post  Sponsored content Today at 18:40


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik