Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  jaymustf on Fri 23 Dec 2011, 19:52

oooo....mekaten thoo....... paham paham......
untul ngendi tho mas,.. wong ayame uapik apik ngono lho... Shocked Shocked Shocked
kemaren avatare lancuran uakeh ngono lho,.. kok cuman kari jago 5....

jaymustf
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 978
Join date : 03.01.10
Age : 33
Lokasi : banjarsari bojonegoro 085240515154

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  LQ on Fri 23 Dec 2011, 20:04

jaymustf wrote:oooo....mekaten thoo....... paham paham......
untul ngendi tho mas,.. wong ayame uapik apik ngono lho... Shocked Shocked Shocked
kemaren avatare lancuran uakeh ngono lho,.. kok cuman kari jago 5....
bg jay ini,itu sih gambr ternak pas lg semangat,eh trnyt besarny jd unthul smw,gara2 materi seadanya jdny ky gitu deh.tp gpp ttep semangat..he he

LQ
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 698
Join date : 28.01.10
Age : 41
Lokasi : kandang ayam,mburi omah.

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  jaymustf on Fri 23 Dec 2011, 20:21

ayam disini malahan dikira ayam untul.... teknik asor, solah ngoyor,.. tapi bodinya mblongor,....
sempat mau dijual aja dipasar,karena hati sudah gusar, ayam tarung kok cuman putar putar.. eh tapi dicoba ditarungkan di kalangan,isi satu dua ribuan,kumpul uangnya teman teman. mukul KO musuh,tapi awalnya sempat tergopoh gopoh,soalnya ketemu mush solahnya matoh...tapi akhirnya menang juga,.sampe sekarang dibawa bos besar kemana mana,. sempat 3x menang juara,.. ayam nya tahan dipukul dan rajin memukul.......

coba dulu mas dites sama untul... sapa tau sama kejadiannya......(merendah made on yah mas LQ ini .....kekekeke) Very Happy Very Happy Very Happy

jaymustf
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 978
Join date : 03.01.10
Age : 33
Lokasi : banjarsari bojonegoro 085240515154

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  jaya9123 on Sat 24 Dec 2011, 19:16

jaymustf wrote:ayam disini malahan dikira ayam untul.... teknik asor, solah ngoyor,.. tapi bodinya mblongor,....
sempat mau dijual aja dipasar,karena hati sudah gusar, ayam tarung kok cuman putar putar.. eh tapi dicoba ditarungkan di kalangan,isi satu dua ribuan,kumpul uangnya teman teman. mukul KO musuh,tapi awalnya sempat tergopoh gopoh,soalnya ketemu mush solahnya matoh...tapi akhirnya menang juga,.sampe sekarang dibawa bos besar kemana mana,. sempat 3x menang juara,.. ayam nya tahan dipukul dan rajin memukul.......

coba dulu mas dites sama untul... sapa tau sama kejadiannya......(merendah made on yah mas LQ ini .....kekekeke) Very Happy Very Happy Very Happy

itu mungkin ayamnya mas yang kuat menang.untuk jual ayam di pasar banyak yang lebih suka ngalung2(lebih madoli)..kalo undangan dengan t lumayan/kalangan menengah 2rb ke atas asoran biasa ditemui ,dibeberapa kalangan kunjang/tretes/pun galweru masih sering dijumpai .. tapi kalo sudah dengan kalangan atas seperti rumpin diusahan bukan asoran mas,teknik istimewa pukul istimewa

kalo benar bos2 yang maen, mereka pakai timbangan seperti di kontes papaji.. dan tempat udah tersedia masuk bayar ,aman... sumber => pemilik raja tega

untuk ayam2 kelas bos2 harga yang saya masih belum percaya

ayam raja tega >pak nga*no = avansa =>jadi 150jt .. posisi kalasan
ayam reog >pak yon*en = 85jt posisi bantul (ayam di luar rumah ada 40an harganya 1,5jt ke atas , masuk pagar 2hektar buat kandang

saya masih belum percaya,tapi sumber2 mengatakan memang benar ayam tersebut tawaran segitu masih tak dilepas

jaya9123
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 269
Join date : 27.06.11
Lokasi : mranggen

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  jaymustf on Sat 24 Dec 2011, 19:36

weleh weleh ayam po ayam mas,... iso nggo tuku tanah sak omahe (lek neng sulawesi sak istrine( uang naek)btn 36 50 jt an uang naek 35 jtan...cocok wes..)......cececece....
Laughing Laughing Laughing Laughing
kalo ayamnya ada di sulawesi mas, bos disini yang pegang terakhir,... katanya udah sering di bawa juga ke menado dan sekitarnya.... salam

jaymustf
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 978
Join date : 03.01.10
Age : 33
Lokasi : banjarsari bojonegoro 085240515154

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  noell on Sun 25 Dec 2011, 11:47

jaghana wrote:
Hendro wrote:
JuTar wrote:mohon bimbingannya para papajier sekalian,
sering saya baca di net, petrnak yg marah2 seperti:
- "ayamku muahal kok ditawar segitu huh enak saja"
- "orang datang crita ini itu sok banget, dikira saya pemain ayam kemarin, atau kelas teri apa.."
- "huh, ga punya duit aja datang kemari.. habisin waktu saya saja.."
untuk menjaga omongn di atas, saya mau tanya,
apa sajakah aturan atau sopan santun apa bila bertandang ke peternakan/ kandang, orang yg barusaja atau belum terlalu kenal ?
trimakasih Smile
maaf kalau sudah pernah di bahas

Datang saja kekandang saya tidak perlu khawatir dengan apapun, cuma main2 sambil liat gebrakan boleh, ngobrol2 aja sambil tukar informasi oke, bawa ayam pengen test gebrak juga bisa, sokur2 pulangnya belanja ayam sangat disarankan...ke...ke...ke..... Laughing Laughing Laughing yang terpenting datang dengan pakaian sopan tidak telanjang, tidak memakai kacamata hitam apalagi pakai helm tanpa dicopot.......kalo bawa cewek dianjurkan karena biar membuka wawasan bahwa ayam bukan hanya mainan untuk kaum pria wanitapun sah2 saja........ pirat pirat

Salam Cool Very Happy
tapi emang betul....tak jarang orang kurang ajar datang ke kandang...
dengan lagaknya yg tengilnya minta ampun bak jagoan kalangan,ribetnya minta ampun..padahal duid aja kagaka gablek....yg ujung2nya nyari anakan yg paling super..malah telur pula dicarinya...
bahhhh..... Evil or Very Mad Evil or Very Mad Evil or Very Mad Twisted Evil Twisted Evil

betul om jaghana... aku pernah kedatangan tamu spt itu.... dan sampai sekarang masih sering datang juga ..., etika nya kalau datang kekandang orang mau cari jago, ngobrol dulu tanya dulu harga rata2 jago di kandang itu, kalo budget cukup baru lihat2 dan minta diambilin yang punya, gak usah ambil sendiri, tapi kalau rata2 harga jago dikandang itu diatas budget kita ya gak usah pegang2 jago, sampaikan aja kalau budget kita gak nyampe.... yang punya kandang akan menerima dengan baik.

noell
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 127
Join date : 07.10.09
Age : 46
Lokasi : Yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  ¤Di@n-M@gelang¤ on Sun 25 Dec 2011, 14:18

noell wrote:
jaghana wrote:
Hendro wrote:
JuTar wrote:mohon bimbingannya para papajier sekalian,
sering saya baca di net, petrnak yg marah2 seperti:
- "ayamku muahal kok ditawar segitu huh enak saja"
- "orang datang crita ini itu sok banget, dikira saya pemain ayam kemarin, atau kelas teri apa.."
- "huh, ga punya duit aja datang kemari.. habisin waktu saya saja.."
untuk menjaga omongn di atas, saya mau tanya,
apa sajakah aturan atau sopan santun apa bila bertandang ke peternakan/ kandang, orang yg barusaja atau belum terlalu kenal ?
trimakasih Smile
maaf kalau sudah pernah di bahas

Datang saja kekandang saya tidak perlu khawatir dengan apapun, cuma main2 sambil liat gebrakan boleh, ngobrol2 aja sambil tukar informasi oke, bawa ayam pengen test gebrak juga bisa, sokur2 pulangnya belanja ayam sangat disarankan...ke...ke...ke..... Laughing Laughing Laughing yang terpenting datang dengan pakaian sopan tidak telanjang, tidak memakai kacamata hitam apalagi pakai helm tanpa dicopot.......kalo bawa cewek dianjurkan karena biar membuka wawasan bahwa ayam bukan hanya mainan untuk kaum pria wanitapun sah2 saja........ pirat pirat

Salam Cool Very Happy
tapi emang betul....tak jarang orang kurang ajar datang ke kandang...
dengan lagaknya yg tengilnya minta ampun bak jagoan kalangan,ribetnya minta ampun..padahal duid aja kagaka gablek....yg ujung2nya nyari anakan yg paling super..malah telur pula dicarinya...
bahhhh..... Evil or Very Mad Evil or Very Mad Evil or Very Mad Twisted Evil Twisted Evil

betul om jaghana... aku pernah kedatangan tamu spt itu.... dan sampai sekarang masih sering datang juga ..., etika nya kalau datang kekandang orang mau cari jago, ngobrol dulu tanya dulu harga rata2 jago di kandang itu, kalo budget cukup baru lihat2 dan minta diambilin yang punya, gak usah ambil sendiri, tapi kalau rata2 harga jago dikandang itu diatas budget kita ya gak usah pegang2 jago, sampaikan aja kalau budget kita gak nyampe.... yang punya kandang akan menerima dengan baik.
Ad benarnya jg,tp mnrt sy yg ptg sopan dan tdk sok tw lbh dr yg pny kandang dan Plg Ngeselin klo tamu trsbt merasa lbh tw tentang Aym dan mlh menggurui kita tentg Aym'udah kgak Beli Ngacak2 kandg+sok tau lg so pasti kta jd+doooooouuuungkol puoooooooool"

¤Di@n-M@gelang¤
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1902
Join date : 30.05.11
Age : 33
Lokasi : ¤B@nTul-JogjA/M@g€lAng-G€milAng¤

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  dalange on Tue 03 Jan 2012, 23:39

maaf... yang junior ikut nimbrung.
kalo saya, seandainya punya kandang lho! saya ibaratkan sebuah toko, kita berharapbanyak pengunjung.... artinya, siapapun boleh masuk dan harus merasa nyaman, baik yang ngeselin maupun ngenakin... seandainya saya yang punya kandang, saya sendiri juga nggak tahu kok apakah sikap saya itu ngeselin atau tidak... kan biasanya sebagai fabrican kita ingin ngecap kesana ke mari.... biar adil, sebagai tuan rumah kita harus menservis tamu sebaik-baiknya. setiap tamu adalah berkah kata orang bijak....
soal kekhawatiran tentang penularan penyakit... saya pikir lebih baik kalo buat showroom ayam, seandainya ada penyakit.... biar yang dikandang tidak ketularan.
prinsip saya... jangankan ayam.... orang saja yang bisa ngomong dan diupayakan oleh dokter canggih ndak dijamin kok nyawanya...
pokoknya semua pasrah demi persatuan dan kemajuan papaji.....

dalange
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 349
Join date : 02.11.11
Lokasi : Tulungagung - Bantul - Yogyakarta 087839303588

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  paul on Thu 05 Jan 2012, 07:45

saya baru saja sih seneng ayam, dan dalam kandang belum terlalu banyak ayam juga. bagi saya, siapa saja yang datang kekandang saya akan saya terima dengan baik. entah itu sekedar ngobrol, abar ayam, nanya ayam, becanda, mau beli, mau ngejek, ya terserah meraka. Katanya khan tamu itu membawa berkah hehehheeee......

paul
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 195
Join date : 13.07.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  YFMA on Thu 05 Jan 2012, 08:19

Gaya Ane Cool Cool Cool
hahahaa

gan
ane mau cari ayam.
jangan yg mahal2
wkwk.
sekalian pelihara aja.
abang :
500ribu aja
me :
jangan mahal x lah bang. gk bs kurang bang ?

abang :
sudah murah tuh dek

me : jgn lah bang . kurang ya. 300 aja oke ?

abang : gk bs segitu dek

me : sekalian nnti jadi langganan bang. ayok lah bang

abang : Oke lah .

WKWKWKWK
lol!

YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  YFMA on Thu 05 Jan 2012, 08:19

Pelan" Ngomongnya . Very Happy hahahhahaha Rolling Eyes Rolling Eyes Rolling Eyes Rolling Eyes Rolling Eyes

YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  AgungKurnia on Thu 05 Jan 2012, 09:40

Kalo menurut saya,..

Tamu : Biasakan seperti bertamu ke rumah orang ( ingat peptah" mulutmu adalah harimaumu"..grrr) Laughing
Peternak/ tuan rumah : sediakan kopi n rokok pasti ngobrol lebih gayeng..hehehhe Very Happy

salam damai..

AgungKurnia
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 71
Join date : 28.12.11
Lokasi : Singosari - Malang, Selopuro - Blitar, Bojonegoro

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  dalange on Thu 05 Jan 2012, 12:14

by AgungKurnia:
Kalo menurut saya,..

.............................................................................................................................
Peternak/ tuan rumah : sediakan kopi n rokok pasti ngobrol lebih gayeng..hehehhe Very Happy

salam damai..

hah... ini yang kusuka Very Happy Very Happy Very Happy

dalange
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 349
Join date : 02.11.11
Lokasi : Tulungagung - Bantul - Yogyakarta 087839303588

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  anyen on Thu 05 Jan 2012, 12:42

jaya9123 wrote:
JuTar wrote:mohon bimbingannya para papajier sekalian,
sering saya baca di net, petrnak yg marah2 seperti:
- "ayamku muahal kok ditawar segitu huh enak saja"
- "orang datang crita ini itu sok banget, dikira saya pemain ayam kemarin, atau kelas teri apa.."
- "huh, ga punya duit aja datang kemari.. habisin waktu saya saja.."
untuk menjaga omongn di atas, saya mau tanya,
apa sajakah aturan atau sopan santun apa bila bertandang ke peternakan/ kandang, orang yg barusaja atau belum terlalu kenal ?
trimakasih Smile
maaf kalau sudah pernah di bahas

datang saja langsung mas,bilang dapat info dari temen,mau belajar piara ayam bangkok soalnya banyak teman2 yang piara/ bilang baru musim ,heheh
ingat CUMA LIAT-LIAT SAJA JANGAN DIPEGANG!!!
karena tata krama,ne sebenarnya seperti itu, tidak pegang ayam sebelum di berikan/di suruh pegang oleh yang punya ayam



saya setuju dengan pendapat anda mas,karena tidak semua org senang bila ayam nya di pegang2 sembarang tampa izin,pernah ada tamu mampir ke kandang sesudah di persilah kan masuk tampa basa basi lgsg buka kandang ayam tangkap pegang2 saat itu jg saya omelin hahahahahaha..

anyen
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 427
Join date : 08.06.11
Lokasi : 081384961190(line,whatsapp) , bb:5ADF65DB , JAKBAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  YFMA on Thu 05 Jan 2012, 16:32

paul wrote:saya baru saja sih seneng ayam, dan dalam kandang belum terlalu banyak ayam juga. bagi saya, siapa saja yang datang kekandang saya akan saya terima dengan baik. entah itu sekedar ngobrol, abar ayam, nanya ayam, becanda, mau beli, mau ngejek, ya terserah meraka. Katanya khan tamu itu membawa berkah hehehheeee......
Tamu adalah Raja ? wkwkw lol!

YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  Hendro on Thu 05 Jan 2012, 18:56

Pengalaman saya selama ini sudah lebih dari 100 orang yang main kekandang, baik sendiri maupun berombongan tidak ada kok yang nggak sopan.....rata2 baik dan sopan karena kita juga menerima mereka secara baik dan sopan.......soal ayam tidak seorangpun yang layak untuk mengaku sebagai pakar karenanya janganlah kita meninggikan diri didepan tamu juga tidak perlu merendahkan diri sendiri, cukup yang wajar2 saja dan bagi tamu yang sebenarnya cukup paham ayam tetapi mengaku pemula sangatlah mudah dideteksi........jadi masalah tata krama bertamu di kandang bukanlah soal yang perlu dibahas apalagi diperdebatkan........bagi yang ingin bertamu kekandang ternak/showroom tidak usah ragu, cukup telepon terlebih dulu sebelumnya bikin janjian kapan mau datang dan kapan tuan rumah ada waktu........kalo sudah confirm urusan beres.......begitu aja kok repot...ke...ke...ke...ke..... Laughing Laughing Laughing

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7286
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  Tamu on Thu 05 Jan 2012, 19:31

Hendro wrote:Pengalaman saya selama ini sudah lebih dari 100 orang yang main kekandang, baik sendiri maupun berombongan tidak ada kok yang nggak sopan.....rata2 baik dan sopan karena kita juga menerima mereka secara baik dan sopan.......soal ayam tidak seorangpun yang layak untuk mengaku sebagai pakar karenanya janganlah kita meninggikan diri didepan tamu juga tidak perlu merendahkan diri sendiri, cukup yang wajar2 saja dan bagi tamu yang sebenarnya cukup paham ayam tetapi mengaku pemula sangatlah mudah dideteksi........jadi masalah tata krama bertamu di kandang bukanlah soal yang perlu dibahas apalagi diperdebatkan........bagi yang ingin bertamu kekandang ternak/showroom tidak usah ragu, cukup telepon terlebih dulu sebelumnya bikin janjian kapan mau datang dan kapan tuan rumah ada waktu........kalo sudah confirm urusan beres.......begitu aja kok repot...ke...ke...ke...ke..... Laughing Laughing Laughing

mantebz.., kpn ya saya bisa ke Semarang?

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  anyen on Sat 07 Jan 2012, 00:06

Hendro wrote:Pengalaman saya selama ini sudah lebih dari 100 orang yang main kekandang, baik sendiri maupun berombongan tidak ada kok yang nggak sopan.....rata2 baik dan sopan karena kita juga menerima mereka secara baik dan sopan.......soal ayam tidak seorangpun yang layak untuk mengaku sebagai pakar karenanya janganlah kita meninggikan diri didepan tamu juga tidak perlu merendahkan diri sendiri, cukup yang wajar2 saja dan bagi tamu yang sebenarnya cukup paham ayam tetapi mengaku pemula sangatlah mudah dideteksi........jadi masalah tata krama bertamu di kandang bukanlah soal yang perlu dibahas apalagi diperdebatkan........bagi yang ingin bertamu kekandang ternak/showroom tidak usah ragu, cukup telepon terlebih dulu sebelumnya bikin janjian kapan mau datang dan kapan tuan rumah ada waktu........kalo sudah confirm urusan beres.......begitu aja kok repot...ke...ke...ke...ke..... Laughing Laughing Laughing

ya pak,mungkin bapak bisa sesabar dan seramah itu,masalah nya sifat tiap2 org itu ber beda.

anyen
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 427
Join date : 08.06.11
Lokasi : 081384961190(line,whatsapp) , bb:5ADF65DB , JAKBAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  Bonimanuk on Sat 07 Jan 2012, 00:18

anyen wrote:
Hendro wrote:Pengalaman saya selama ini sudah lebih dari 100 orang yang main kekandang, baik sendiri maupun berombongan tidak ada kok yang nggak sopan.....rata2 baik dan sopan karena kita juga menerima mereka secara baik dan sopan.......soal ayam tidak seorangpun yang layak untuk mengaku sebagai pakar karenanya janganlah kita meninggikan diri didepan tamu juga tidak perlu merendahkan diri sendiri, cukup yang wajar2 saja dan bagi tamu yang sebenarnya cukup paham ayam tetapi mengaku pemula sangatlah mudah dideteksi........jadi masalah tata krama bertamu di kandang bukanlah soal yang perlu dibahas apalagi diperdebatkan........bagi yang ingin bertamu kekandang ternak/showroom tidak usah ragu, cukup telepon terlebih dulu sebelumnya bikin janjian kapan mau datang dan kapan tuan rumah ada waktu........kalo sudah confirm urusan beres.......begitu aja kok repot...ke...ke...ke...ke..... Laughing Laughing Laughing

ya pak,mungkin bapak bisa sesabar dan seramah itu,masalah nya sifat tiap2 org itu ber beda.


Belajar boss orang sabar disayang tuhan.. pak sabar disayang istrinya Wink Very Happy dan harus bisa ramah.. Laughing asal bukan rajin menjamah (ramah) pale Laughing lol!

Bonimanuk
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 671
Join date : 03.03.10
Age : 42
Lokasi : Ciparay Bandung

http://bonimanuk@yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  ayam betatto on Sat 07 Jan 2012, 20:27

kayaknya di kandang kudu di bandrolin harga.
kandang A harga Rp...
kandang B harga Rp
jadi pas liat2 ayam bisa nyesuaikan ma isi kantong
sperti gaya ane: py duit cepek, ga mau lah liat yg nopek, klo maksa liat, bisa2 dobol kantong kiri-kanan nih..... hemat mode:on
maklum kuli harian

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  YFMA on Tue 10 Jan 2012, 07:55

Wkwkwkwkw. ngakak dha

YFMA
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 556
Join date : 18.12.11
Lokasi : Kandang Ayam

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sopan Santun datang ke kandang atau peternak

Post  Sponsored content Today at 01:18


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik