USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  yusuf patriot farm on Thu Nov 06, 2008 8:47 pm

mo tanya bos admin.... forum papaji apa gak ada rencana ngeluarin majalah bulanan yang isinya tentang ayam..... isinya tentang perawatan, foto2 ayam2 masing daerah (bergiliran aja masuknya) & disertai dengan alamat2 anggota forum + email dll. menurut saya masih banyak penghobi maupun peternak yang belum tau ma forum kesayangan kita ini. Wink

yusuf patriot farm
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 114
Join date: 04.11.08
Age: 34
Lokasi: Banjarbaru Kal-SEL (Patriot Farm) muhanzaini@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  Administrator on Thu Nov 06, 2008 9:26 pm

Usulnya menarik sekali nih mas...
Majalah bulanan. Berisi artikel, kegiatan PAPAJI, atau profil dari para hobiis di berbagai daerah disertai foto2nya.
Untuk start awal dan agar lebih memudahkan, dibuat dalam format pdf dan di upload ke forum ini.
Setiap member bisa download sesukanya.

Permasalahannya : harus ada 'wartawan' dari daerah lain untuk meliput profil penggemar disana, berikut acara2 yg berlangsung.
Mas Yusuf mau khan jadi wartawan sukarela dari KALSEL...??

Makasih banyak atas masukannya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6154
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  Budi on Fri Nov 07, 2008 9:32 am

Mas Ary dan bang Yusuf,

Ini usulan bisnis yang menarik. Saya baru ingat kalo ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Beberapa tahun yang lalu pernah ada majalah "Media Ayam" yang mengupas masalah ayam aduan. Sebetulnya isinya sudah baik, mulai dari cara merawat ayam, melatih fisik, obat-obatan, seputar kalangan dan sebagainya. Namun dikarenakan pemasarannya yang kurang baik, sehingga majalah ini hanya terbit di sekitar Surabaya (Jawa Timur). Akibatnya tidak berapa lama, tutup. Saat itu pemilik majalah ini adalah Alexander (anak pengurus persebaya) yang kawin dengan orang Thailand, sehingga sering bolak-balik Ind - Thailand dan salah satu kegiatannya ya bisnis import ayam bangkok.

Saya ada ide, bagaimana bila kita matangkan rencana ini. Tidak perlu berupa majalah, namun cukup seperti tabloid 2 mingguan atau bulanan seperti tabloid "Burung". Nantinya tabloid ini tidak membahas seputar ayam aduan, namun juga membahas ayam hias, ayam petelur dan ayam potong. Pokoknya dunia ayam. Kebetulan saya punya teman yang bekerja di "Jawa Pos" group, nanti bisa kita mintai tolong. Hitung-hitung bila kita invest di usaha ini, cukup menjanjikan.
Bila ada kesempatan, minggu tanggal 16 Nop besok, saya akan ke mas Ary untuk mematangkan rencana ini.

Setuju mas???

Thanks,
Budi

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 259
Join date: 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

Re: USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  amrogen on Fri Nov 07, 2008 9:52 am

wah sya juga mau donk langganan tabloidnya nih...


salam

agun

amrogen
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1276
Join date: 12.09.08
Lokasi: Klarifornia, Karawang West Java

Kembali Ke Atas Go down

Re: USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  bhozo on Fri Nov 07, 2008 9:59 am

Salam Kukuruyuuukkk....

Wah ide Mantap tu bos, saya siap jadi agen untuk wilayah Pekanbaru n sekitarnya....
Lumayan buat nambah pengetahuan n uang beli makan ayam saya..
hahahahhaha.. Very Happy Very Happy Very Happy
Kalo dah jadi jgn lupa infoin ke saya ya boss...


salam,


bhozo

bhozo
kopral
kopral

Jumlah posting: 37
Join date: 16.08.08
Age: 41
Lokasi: Jl. Belimbing Kel.Wonorejo Kec.Marpoyan Damai Pekanbaru - RIAU

Kembali Ke Atas Go down

re :USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  yusuf patriot farm on Sat Nov 08, 2008 11:53 am

Permasalahannya : harus ada 'wartawan' dari daerah lain untuk meliput profil penggemar disana, berikut acara2 yg berlangsung.
Mas Yusuf mau khan jadi wartawan sukarela dari KALSEL...??

Kalo saya bersedia aja sih bos, bagaimana nih dengan yang laen, hitung2 mengangkat kualitas ternakan masing2 daerah loh....

wah bisa tuh pak budi, slain dari hobi kan bisa jadi tambahan penghasilan
bounce

yusuf patriot farm
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 114
Join date: 04.11.08
Age: 34
Lokasi: Banjarbaru Kal-SEL (Patriot Farm) muhanzaini@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Koresponden DIY

Post  hakim on Sat Nov 08, 2008 9:06 pm

Ini yang saya tunggu ... saya siap menjadi koresponden untuk Wilayah D.I. Yogyakarta. Sekalian distribusinya juga OK.

Saya tunggu pematangan idenya, Pak Budi ....

hakim
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 89
Join date: 18.08.08
Lokasi: Yogyakarta

http://www.ayambangkok.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  Budi on Sat Nov 08, 2008 9:39 pm

Terima kasih mas-mas atas dukungannya.

Tapi sebelumnya saya minta maaf, pada tangal 16 Nop ini tdk bisa menemui mas Ary dikarenakan ada acara aqiqah anak. Namun saya akan berusaha mencari informasi ke teman saya yang kerja di group "Jawa Pos", prosedur dan cara-cara untuk pembuatan tabloid ini. Mungkin ada rekan2 yang sdh punya pengalaman, bisa membantu untuk mematangkan rencana ini.

Thanks,
Budi

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 259
Join date: 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

Re: USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  hakim on Sun Nov 09, 2008 3:24 pm

budi wrote:
Namun saya akan berusaha mencari informasi ke teman saya yang kerja di group "Jawa Pos", prosedur dan cara-cara untuk pembuatan tabloid ini. Mungkin ada rekan2 yang sdh punya pengalaman, bisa membantu untuk mematangkan rencana ini.

Thanks,
Budi

Untuk teknis pembuatan saya ada sedikit pengalaman. Namun yang perlu dipikirkan terlebih dahulu adalah :

1. Apa jenis penerbitannya?
Apakah Koran, Bulletin, Tabloid, Majalah, atau Buku. Ini sangat tergantung dengan ketersediaan berita atau artikel yang akan dimuat. Sebagai contoh : Tema apa saja yang bisa diekspose. Semakin banyak tema tentu menuntut ketersediaan ruang (rubrik). Penentuan rubrik pun harus bijaksana. Jangan sampai 1 tema harus dibuatkan 1 ruang (rubrik). Kita harus melihat dulu ketersediaan informasinya.

2. Sumber dananya bagaimana?

Sesuatu yang bersifat nirlaba kadang tetap membutuhkan dana untuk menunjang eksistensinya, apalagi sesuatu itu akan dikomersilkan.

3. Distribusi bagaimana?

Semenarik apapun jenis penerbitannya, kalo distribusi tidak lancar tentu misinya akan terhambat.


Kesimpulan :
1. Untuk membicarakan 3 hal di atas, di forum ini sudah cukup memadai. Kita inventarisasi terlebih dahulu masukan dari rekan-rekan mengenai 3 hal tersebut. Kita targetkan hingga menemukan sebuah kesimpulan umum yang dapat diterima oleh rekan-rekan. Naaah ... selanjutnya tinggal kopi darat untuk pematangannya.

2. Melihat situasi dan kondisi yang berjalan serta keterbatasan yang ada, saya usul bagaimana kalo langkah awal menuju pembuatan media informasi ayam aduan ini, bisa direalisasikan dengan pembuatan "Bulletin Sederhana" atau "Lembar Informasi Ayam Aduan" (Mungkin seperti Lembar Jum'at). Karena bagi saya yang terpenting adalah eksistensinya. Nanti bisa diterbitkan mingguan atau sebulan 4 kali. Untuk awal bisa bagi-bagi tugas dalam hal penyediaan beritanya. Minggu I, mungkin Pak Budi, Minggu II bisa Mas Yusuf, Minggu III Pak Ary, Minggu IV saya sendiri dan seterusnya .... semua member bisa jadi kontributor. Sebelum diterbitkan alangkah baiknya bila diedit terlebih dahulu oleh tim redaksi yang nantinya bisa dipilih dari member.

3. Teknis distribusi, saya setuju dengan usulan Pak Ary, yaitu dalam bentuk softcopy terlebih dahulu yang nantinya bisa didownload oleh para member. Member yang pengin jadi distributor mungkin bisa belajar mendistribusikan dengan mencetak dengan printer hasil downloadnya lalu difotocopy dan disebarluaskan ke tempat para penghobby di daerah masing-masing. Itung-itung nyicil bangun Brand dan melihat respon pasar.

Sekian, terima kasih. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan ....

Salam Gebrak

Hakim

hakim
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 89
Join date: 18.08.08
Lokasi: Yogyakarta

http://www.ayambangkok.net

Kembali Ke Atas Go down

Koresponden Gorontalo

Post  fadly on Mon Nov 10, 2008 9:10 am

Salam Bangkok...
Wah usulnya bagus banget. Saya siap jadi koresponden untuk daerah gorontalo mas. Sekalian kita bisa nambah-nambah ilmu serta tukar menukar informasi. Kapan kita bisa action nih !

fadly
kopral
kopral

Jumlah posting: 23
Join date: 23.10.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  Administrator on Mon Nov 10, 2008 11:39 am

Nah,... sudah dpt beberapa wartawan nih...

Mas Yusuf = region Kalsel
Mas Bhozo = pakanbaru dan sekitarnya
Mas Fadli = gorontalo
Mas Budi = Gresik/Jatim
Mas Hakim = Jogja & sekitarnya
Saya sendiri = Jakarta
Jawa barat = Siapa yaa...???

Jujur saja, sy sangat awam ttg penerbitan. Kira2 ada yg bisa mengusulkan, apa saja isinya nanti..?

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6154
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  Budi on Mon Nov 10, 2008 2:16 pm

Sama mas Ary, sayapun juga masih awam soal persuratkabaran (media massa). Namun ada sedikit gambaran, bagaimana bila tentukan langkah2/tahapan proses yang ada. Seperti ilmunya orang marketing, maka perlu STP (Segmenting,Targeting, Positioning). Saya punya usulan tahapan yang perlu dilakukan (mungkin cukup lewat e-mail dikarenakan belum sempatnya kita bertemu) :
1. Promosi
Kita buat semacam selebaran yang menginformasikan mengenai akan terbitnya tabloid "Ayam". Cukup 1 lembar saja yang diberi penjelasan singkat mengenai isi tabloid itu. Langkah ini dilakukan selama 1 bulan. Penyebaran bisa kita lakukan di pasar unggas, kalangan ataupun tempat-tempat kumpulnya penghobby. Setelah 1 bulan kita mulai evaluasi bagaimana respon orang-orang yang menerima selebaran ini.

2. Secara lisan , kita melakukan survey terhadap orang-orang tersebut, untuk mengetahui kira-kira kapan waktu yang tepat untuk kita release tabloid tersebut. Misalkan pada waktu musim hujan dan menjelang lebaran, mungkin antusiasme para penghobby berkurang, bisa dikarenakan ayamnya kena penyakit, botoh/perawat ayam mudik, dan banyak alasan lain. Survey ini juga dilakukan untuk mengetahui berita apa yang menarik minat mereka, misalkan saat ini ada kalangan yang lagi ramai, kita bisa kirim wartawan kita untuk meliput disana. Atau misalkan prospek ayam aduan saat ini bagaimana, sehingga bisa merangsang minat penghobby untuk berlomba-lomba mencetak ayam bagus. Hal ini mungkin diperlukan waktu 1 bulan.

3. Persiapan sarana dan prasarana untuk pembuatan tabloid ini. Ini yang saya belum punya datanya. Mungkin ada rekan-rekan yang bisa memberikan data rupiahnya, sehingga kita bisa mengetahui nilai investasinya berapa.

4. Menghubungi botoh-botoh atau pemain yang sebetulnya ilmunya tinggi namun mereka "gaptek". Ini point penting kita, sehingga kita bisa menyajikan berita yang betul-betul merangsang orang untuk membacanya.

5. Release tabloid. Ini "gong" kita dan mudah-mudahan dapat kita lakukan usaha ini dengan lancar.

Untuk tahap pertama, mungkin kita perlu bantuan mas Hakim (yang ahli media) untuk membuat selebaran promosi akan terbitnya tabloid "Ayam". Nanti hasil kreasi mas Hakim, tolong di-email saja & akan diperbanyak masing-masing wakil di tiap daerah untuk disebarluaskan.

Mungkin ada lagi yang ingin menambahkan?

Thanks,
Budi S

Budi
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 259
Join date: 15.08.08

http://groups.yahoo.com/group/ayam_aduan/

Kembali Ke Atas Go down

RE : USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  yusuf patriot farm on Mon Nov 10, 2008 7:11 pm

bener juga kata pak budi kita adakan sosialisasi tentang akan hadir majalah tentang ayam aduan agar sewaktu penerbitan sudah banyak orang yang tau
untuk topik ayam aduan usul saya mungkin :
1. tentang obat-obatan penyakit yang sering dialami oleh ayam aduan ( sejenis rubrik ) sehingga orang bisa bertanya via email kita jawab via koran/ majalah. terdiri dari ..... halaman
2. cara perawatan ayam, makanan dan efeknya bagi tubuh ayam aduan. terdiri dari .... halaman
3. serba-serbi & tips beternak ayam (legenda ayam aduan (bangkok, vietnam, burma, brasil, shamo, dll), vitamin-vitamin, jamu ayam, tipe kandang yang bagus). terdiri dari ..... halaman
4. iklan, sponsor dari pabrik pakan ayam, supplier barang impor dari thailand, peternakan ayam bangkok, dan peternakan yang ingin peternakannya dipublikasikan)
5. daftar anggota papaji
6. foto2 ayam dan profil bisa dimasukan secara bergantian (anggota).
7. link forum maupun link website kita.
topik tentang ayam lain
1. asal-usul
2. ciri-ciri
3. tipe tarung
4. foto kalau ada

jadi apabila sudah lengkap topik yang akan dimuat ke koran/ majalah, kita bisa tentukan berapa halaman majalah ini. untuk awal saran saya bulanan saja nanti kalo sudah banyak peminatnya kedepannya mungkin bisa ditingkatkan lagi.
ada usulan lain tentang topik untuk isi dari majalah ini dan namanya ???

yusuf patriot farm
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 114
Join date: 04.11.08
Age: 34
Lokasi: Banjarbaru Kal-SEL (Patriot Farm) muhanzaini@yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  Administrator on Mon Nov 10, 2008 10:38 pm

Sepertinya ide pembentukan majalah/tabloid ayam jago ini harus dirembug temu muka nih...
Sementara teman2 semua tersebar di banyak daerah.
Padahal, banyak sekali pertanyaan seputar penerbitan ini. Izin resmi misalnya.

Saya usul, gimana kalau kita buat dulu 'tabloid online'. Diterbitkan dalam forum ini dan bisa di download para member. Sekedar uji coba dan melihat tanggapan teman2 semua utk mengomentari atau kritik membangun.
Siapa yg mau kirim berita, profil atau artikel...?
Silakan... nanti akan sy satukan semuanya.

salam

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6154
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: USULAN PENGADAAN MAJALAH MAUPUN KORAN TENTANG AYAM JAGO!!

Post  azis sutanto on Tue Nov 11, 2008 6:25 am

Administrator wrote:Sepertinya ide pembentukan majalah/tabloid ayam jago ini harus dirembug temu muka nih...
Sementara teman2 semua tersebar di banyak daerah.
Padahal, banyak sekali pertanyaan seputar penerbitan ini. Izin resmi misalnya.

Saya usul, gimana kalau kita buat dulu 'tabloid online'. Diterbitkan dalam forum ini dan bisa di download para member. Sekedar uji coba dan melihat tanggapan teman2 semua utk mengomentari atau kritik membangun.
Siapa yg mau kirim berita, profil atau artikel...?
Silakan... nanti akan sy satukan semuanya.

salam

Saya hanya menambahkan bahwa yang terpenting bisa menarik pangsa pasar karena itu isi tabloid sebaiknya dilengkapi dengan berita burung dara (mas ary juga tahu banget), ikan, bunga dll. jangan lupa kalau ada analisa usaha untuk bisnis peternakan/pertanian.
salam

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 920
Join date: 16.08.08
Lokasi: Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik