Merawat dan melatih

Halaman 5 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  dede_shooter on Tue 21 May 2013, 21:17

newbie mau tanya lg ne mas admin n senior2, gaya tarung kan gak bisa dilatih ato diubah, udah bwaan dr sonony-!! nah kalo langkah apakah bisa dilatih?? ato bisa berkembang jdi bgus seiring dg jam terbamg latihannya yg banyak??? mhon pnjlasanya mas ari n snior papaji!!

dede_shooter
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 306
Join date : 19.05.12
Age : 29
Lokasi : Indragiri Hilir - RIAU (Tembilahan)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Administrator on Tue 21 May 2013, 23:55

dede_shooter wrote:newbie mau tanya lg ne mas admin n senior2, gaya tarung kan gak bisa dilatih ato diubah, udah bwaan dr sonony-!! nah kalo langkah apakah bisa dilatih?? ato bisa berkembang jdi bgus seiring dg jam terbamg latihannya yg banyak??? mhon pnjlasanya mas ari n snior papaji!!
Gaya tarung sudah termasuk langkah kaki di dalamnya.
Latihan berfungsi memaksimalkan potensi bakat yg ada.

Bila ayam langkahnya ngoyor menjauh, bagaimanapun sulit dirubah.
Mungkin krn latihan, di awal ronde ngoyornya bisa sedikit lebih rapat atau cepat. Tapi ketika lelah, ia akan kembali lagi seperti semula.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  dede_shooter on Wed 22 May 2013, 07:11

mkasi masukanya mas, tanya dikit lg nih, gimana dg aym yg langkahnya ktinggalan dg tikungan lehernya?? apakah stlah sring di tes bsa bgus(mengimbangi tikungan lehernya)??

dede_shooter
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 306
Join date : 19.05.12
Age : 29
Lokasi : Indragiri Hilir - RIAU (Tembilahan)

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Administrator on Wed 22 May 2013, 10:14

dede_shooter wrote:mkasi masukanya mas, tanya dikit lg nih, gimana dg aym yg langkahnya ktinggalan dg tikungan lehernya?? apakah stlah sring di tes bsa bgus(mengimbangi tikungan lehernya)??
Kalau sudah sering digebrak dan masih seperti itu, sepertinya sulit berubah.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  dedemanyun on Tue 11 Jun 2013, 02:51

Emang bang admin syelalu memberikan pencerahan...
Matur nuwun... gak bosan baca ni ana.

dedemanyun
kopral
kopral

Jumlah posting : 11
Join date : 11.06.13
Lokasi : Ciracap Loji

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  PLENYUN on Thu 13 Jun 2013, 21:14

Info yang amat bermanfaat...

PLENYUN
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 09.11.12
Lokasi : Purbalingga - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  manulang on Sun 23 Jun 2013, 19:58

misi, misi,, cara menyembuhkan bengkak pada mulut ayam gmna ya?? Rolling EyesRolling EyesRolling EyesRolling EyesRolling Eyes

manulang

Jumlah posting : 3
Join date : 14.06.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  taufiq-ms on Mon 24 Jun 2013, 16:16

Administrator wrote:Sehubungan dgn banyaknya pertanyaan tentang perawatan dan latihan lewat posting dan PM kepada saya, maka sedikit pengalaman pribadi sy tuliskan saja disini supaya bisa dijadikan bahan diskusi. Mudah2an ada senior lain yg bisa menambahkan.
Smile

Sebelum merawat dan melatih, harus kita pahami dulu prinsip dasar dan tujuan melatih/merawat ayam aduan.
Perawatan dan latihan tujuannya utk meningkatkan kualitas Otot, Stamina dan Tenaga.
Ketika ayam kinerjanya turun, kita harus bisa menganalisa apa yg kurang. Apakah otot, stamina, tenaga, atau gabungan dari 2 atau 3 faktor tsb??
Mari kita bahas satu persatu...

Stamina :
Daya tahan tubuh utk bekerja dalam durasi yang maksimal (endurance). Dalam bahasa per-ayaman lebih dikenali dgn istilah 'napas'.

Ciri ayam kurang stamina :
- Yang paling jelas terlihat adlh napas ayam yg ngap2an meski sudah diairi dgn betul.
- Bagian dada membengkak agak keras.

Stamina bisa ditingkatkan hanya dgn jalan latihan yg rutin. Cara latihnya bisa macam2 : Kliter, renang, umbar, gebrak bungkus patuk, jantur, dll, dsb.
Semakin sering ayam dilatih, maka semakin terbiasa bekerja keras (punya stamina).

Tenaga :
Power atau energi yg mampu membuat otot bekerja.
Ciri kurang tenaga :
- Power pukulan tidak maksimal.
- Kaki terlihat berat memukul.
- Kuda2 lemah.
Banyak yg salah kaprah bahwa tenaga disebabkan krn kurang latihan. Padahal, dgn latihan tenaga akan terkuras dan ayam lelah. Semakin dilatih, ayam akan semakin terkuras tenaganya.
Jadi kalau ayam kita kurang tenaga, sebaiknya jangan digebrak dulu.
Tenaga bisa didapat dari Makanan yg bergizi, suplement/jamu dan istirahat yg cukup.
Pakan sumber energi/tenaga : Yg banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.

Otot :
Jaringan dalam tubuh yg bertugas membuat kontraksi utk menggerakan anggota tubuh.
Ciri ayam belum berotot :
- Pukulan ngawur tidak tepat sasaran.
- Langkah terseok2.
- Sayap lunglai.

Stamina dan tenaga bisa dikejar dgn latihan dan rawatan yg maksimal (campur tangan manusia). Tapi pertumbuhan otot berlangsung secara alami.
Itulah sebabnya, ayam muda akan kalah berotot dibanding ayam yg sudah berumur. Ayam tumbuh besar s/d usia 10 bulan. Sebelum usia 10 bulan, otot tidak berkembang maksimal krn asupan makanan di fokuskan utk pertumbuhan tubuh secara umum.
Ayam yg dipaksakan pertumbuhan ototnya sebelum cukup usia, akan terlihat kerdil krn pertumbuhannya terhambat.
Yg harus dilakukan utk ayam2 muda adlh melatih dan membentuk ototnya secara bertahap sesuai usianya.

Utk memaksimalkan pertumbuhan otot, ayam harus dilatih seperti halnya membentuk stamina. Selain itu ayam harus diberi asupan protein utk bahan pembentukan ototnya.

Mudah2an dari uraian ini bisa jadi panduan apa yg harus kita lakukan ketika kinerja ayam kita kurang maksimal.
Sebagai contoh, ayam yg terus menerus dilatih, pasti akan kekurangan tenaga ketika di abar/di adu. Utk itu, setelah dilatih, ayam harus diberi makan, suplement/vitamin dan istirahat yg cukup utk memulihkan tenaganya. Jangan lupa diberi extra food tinggi protein supaya otot bisa berkembang maksimal.

Mengenai cara latihnya, setiap perawat memiliki resep masing2. Semua benar. Yang penting kita harus tau prinsip2 dasarnya.



Silakan ditambahkan....






Numpang nanya bang admin,untuk latihan kliter apakah bisa mempengaruhi tehnik ayam soalnya saya pernah denger klo ayam di kliter mainya jdi jelek?

taufiq-ms
kopral
kopral

Jumlah posting : 18
Join date : 23.02.13
Age : 36
Lokasi : joglo-solo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Administrator on Tue 25 Jun 2013, 10:18

taufiq-ms wrote:Numpang nanya bang admin,untuk latihan kliter apakah bisa mempengaruhi tehnik ayam soalnya saya pernah denger klo ayam di kliter mainya jdi jelek?
Ngga benar kalau kliter mempengaruhi teknik ayam.
Sy biasa kliter. Ngga ada yg berubah kecuali napas dan otot jadi tambah bagus.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  capri chaplin on Wed 26 Jun 2013, 15:32

kl melatih ayam dengan cara tempat pakan di taruh di tempat yg tinggi (kira2 -+1 meter)(maksudnya tempat pakan nya di luar kandang),otomatis ayam kl mau makan dia akan loncat2...apa yg ayam dapatkan,apakah otot? ato yg lain...salam dari newbie Very Happy:D

capri chaplin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 367
Join date : 27.08.12
Lokasi : surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  J1mm13 on Wed 26 Jun 2013, 19:17

capri chaplin wrote:kl melatih ayam dengan cara tempat pakan di taruh di tempat yg tinggi (kira2 -+1 meter)(maksudnya tempat pakan nya di luar kandang),otomatis ayam kl mau makan dia akan loncat2...apa yg ayam dapatkan,apakah otot? ato yg lain...salam dari newbie Very Happy:D


yg didapat ayam keselak bro atawa kesedak... Very Happy

J1mm13
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 483
Join date : 20.02.12
Lokasi : Rangkas Bitung 081328878333

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  santoso_ on Sun 21 Jul 2013, 21:35

lama2 ayamnya kapok..tau kalaw lagi dikerjain sama tuannya.he..he2..he..

santoso_
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 267
Join date : 06.06.12
Lokasi : cengkareng jakarta barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  jamal on Mon 26 Aug 2013, 08:51

Administrator wrote:
astrajingga wrote:Jadi untuk pemberian voer 594 masih perlu penambahan  tomat , pisang dan telur ya mas admin? Fungsinya untuk apa ? Bukannya voer 594 itu pakan lengkap yang formulasinya di susun berdasarkan kebutuhan ayam aduan sesuai umurnya.
Kebetulan sy kurang tau kandungan gizi yg terkandung dalam 594.
Tomat, pisang dan telur hanya suplement tambahan saja utk memastikan kandungan gizinya jadi lengkap.

jenis Pisang apa ya gan ?

jamal
kopral
kopral

Jumlah posting : 22
Join date : 17.02.10
Lokasi : sulsel

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  putra gasing on Fri 11 Oct 2013, 08:27

legolas wrote:
LQ wrote:mumpung ada thread sgt menarik,mhon info mas ADMIN kalo dithai ayam siap rawat/lepas lancur apa SUMBER pakan utama yg diberi jg sama dg disini,ada jagung,berasmerah,gabah,vor 594,kacang hijau dll ?PEngin banget ngerti..
Caranya Gampang bang LQ. kalau mau ayam bagus dalam hal pakan. kasih aja uang jajan biar dia beli makan sendiri.  Laughing  Laughing  Laughing  Laughing  Laughing  Laughing  Laughing
betul betul betul..Surprised Surprised Surprised Surprised Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy 

putra gasing

Jumlah posting : 2
Join date : 09.10.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  indrabayu on Sun 13 Oct 2013, 20:45

yg penting tau kebutuhan Ayam. jgn terlalu over. baik training nya. pakannya Dan suplemen.

indrabayu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 319
Join date : 05.08.13
Age : 36
Lokasi : cibubur jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  aditp on Tue 14 Jan 2014, 09:34

PLENYUN wrote:Info yang amat bermanfaat...

Sependapat Om.. Bermanfaat & Beguna sekali, Merawat & Melatih seekor Ayam, sesuai Anjuran & Tujuan yg diharapkan..
Ikut Nyimak & Membaca..  study   Very Happy 

aditp
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1307
Join date : 05.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  johnalvin on Sun 09 Feb 2014, 20:46

GaZiel22 wrote:Mw naikin lgi threadny pra snior, mntap bgt stlah dbca dri prtma smpe akhir..
Yg mw Sy tnykn soal rwatan ayam dri umur 0-10 bulan. Anggaplah stiap blan dbuat fase2nya dri (0-4 bln, 4-7 bln, 7-8 bln, 8-10 blan) maaf buat fase sndri, mhon dkreksi klo slah..
Dri fase ini mhon djlaskan rwatan, n klo bsa mkanan, suplemen, ataupn jamuny jg klo smpet..
Fase 0-4 bulan: bgaimna rwatanny..
Fase 4-7 bln:---
7-8 bln:--
8-10 blan:--

Maaf byk tnya, tpi smga krna byk nny brrti saya sangat trtrik untuk bljar.. Mhon jwabanny baik tman yg newby, stengah newby, jdi2an, expert, vip, vvip, bpati, gbernur, presiden hadeehh nglantur maaf rekan2..  Very Happy

nunggu jawaban senior  Laughing 

johnalvin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 303
Join date : 08.04.13
Lokasi : Peter Cung Boxing Camp

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Joe_jago on Sun 09 Feb 2014, 20:58

sundul lagi..

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1453
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  losi on Mon 10 Feb 2014, 04:00

ikutan sundul ah....

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  jawara on Mon 17 Feb 2014, 18:11

siiiippp...

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  snoot on Mon 03 Mar 2014, 14:33

Administrator wrote:Sehubungan dgn banyaknya pertanyaan tentang perawatan dan latihan lewat posting dan PM kepada saya, maka sedikit pengalaman pribadi sy tuliskan saja disini supaya bisa dijadikan bahan diskusi. Mudah2an ada senior lain yg bisa menambahkan.
Smile

Sebelum merawat dan melatih, harus kita pahami dulu prinsip dasar dan tujuan melatih/merawat ayam aduan.
Perawatan dan latihan tujuannya utk meningkatkan kualitas Otot, Stamina dan Tenaga.
Ketika ayam kinerjanya turun, kita harus bisa menganalisa apa yg kurang. Apakah otot, stamina,  tenaga, atau gabungan dari 2 atau 3 faktor tsb??
Mari kita bahas satu persatu...

Stamina :
Daya tahan tubuh utk bekerja dalam durasi yang maksimal (endurance). Dalam bahasa per-ayaman lebih dikenali dgn istilah 'napas'.

Ciri ayam kurang stamina :
- Yang paling jelas terlihat adlh napas ayam yg ngap2an meski sudah diairi dgn betul.
- Bagian dada membengkak agak keras.

Stamina bisa ditingkatkan hanya dgn jalan latihan yg rutin. Cara latihnya bisa macam2 : Kliter, renang, umbar, gebrak bungkus patuk, jantur, dll, dsb.
Semakin sering ayam dilatih, maka semakin terbiasa bekerja keras (punya stamina).

Tenaga :
Power atau energi yg mampu membuat otot bekerja.
Ciri kurang tenaga :
- Power pukulan tidak maksimal.
- Kaki terlihat berat memukul.
- Kuda2 lemah.
Banyak yg salah kaprah bahwa tenaga disebabkan krn kurang latihan. Padahal, dgn latihan tenaga akan terkuras dan ayam lelah. Semakin dilatih, ayam akan semakin terkuras tenaganya.
Jadi kalau ayam kita kurang tenaga, sebaiknya jangan digebrak dulu.
Tenaga bisa didapat dari Makanan yg bergizi, suplement/jamu dan istirahat yg cukup.
Pakan sumber energi/tenaga : Yg banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.

Otot :
Jaringan dalam tubuh yg bertugas membuat kontraksi utk menggerakan anggota tubuh.
Ciri ayam belum berotot :
- Pukulan ngawur tidak tepat sasaran.
- Langkah terseok2.
- Sayap lunglai.

Stamina dan tenaga bisa dikejar dgn latihan dan rawatan yg maksimal (campur tangan manusia). Tapi pertumbuhan otot berlangsung secara alami.
Itulah sebabnya, ayam muda akan kalah berotot dibanding ayam yg sudah berumur. Ayam tumbuh besar s/d usia 10 bulan. Sebelum usia 10 bulan, otot tidak berkembang maksimal krn asupan makanan di fokuskan utk pertumbuhan tubuh secara umum.
Ayam yg dipaksakan pertumbuhan ototnya sebelum cukup usia, akan terlihat kerdil krn pertumbuhannya terhambat.
Yg harus dilakukan utk ayam2 muda adlh melatih dan membentuk ototnya secara bertahap sesuai usianya.

Utk memaksimalkan pertumbuhan otot, ayam harus dilatih seperti halnya membentuk stamina. Selain itu ayam harus diberi asupan protein utk bahan pembentukan ototnya.

Mudah2an dari uraian ini bisa jadi panduan apa yg harus kita lakukan ketika kinerja ayam kita kurang maksimal.
Sebagai contoh, ayam yg terus menerus dilatih, pasti akan kekurangan tenaga ketika di abar/di adu. Utk itu, setelah dilatih, ayam harus diberi makan, suplement/vitamin dan istirahat yg cukup utk memulihkan tenaganya. Jangan lupa diberi extra food tinggi protein supaya otot bisa berkembang maksimal.

Mengenai cara latihnya, setiap perawat memiliki resep masing2. Semua benar. Yang penting kita harus tau prinsip2 dasarnya.



Silakan ditambahkan....








mantap thanks for shere bang admin semoga bermanfaat amin Laughing 

snoot
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 72
Join date : 02.03.14
Age : 34
Lokasi : jogjakarta

http://behel-shop-bantul.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  penyebar semangat on Mon 03 Mar 2014, 16:02

kalo saya extr fooding untuk ayamku tak kasih katak , anak katak, cuman itu aja  Smile Smile Smile 

penyebar semangat
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 322
Join date : 22.02.14
Age : 46
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Jalu Renteng on Fri 25 Apr 2014, 20:06

salam kukuruyuk....
buat bang admid...mantab banget artikelnya,sy akan terapkan untuk ayam ternakan sy....makasih banget.......

salam kukuruyuk...






[/quote]

Jalu Renteng
kopral
kopral

Jumlah posting : 24
Join date : 21.04.14
Age : 41
Lokasi : Srono-Banyuwangi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  takaido on Sat 18 Oct 2014, 18:37

Makasih infonya bang admin Very Happy
sangat membantu sekali buat sya sbagai peternak pemula.
yg maw sya tnyakan bang..gimana sih cara utk membuat ayam lancur badanya jadi cepat besar dan padat??apa juga pengaruhnya dengan latihan fisik diatas?

takaido
kopral
kopral

Jumlah posting : 40
Join date : 30.03.14
Age : 27
Lokasi : Kab. Tuban

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  ye febrian on Sun 28 Dec 2014, 22:23

maaf, mau nanya nih mas, bang. kemarin saya abis ngabar ayam muda saya umur sekitar 8 bulanan. nah pas diabar bulu sayapnya banyak yang rusak. karena gamau ambil pusing, jadi saya cabutin aja bulunya yg rusak. itu kira kira bakalan tumbuh normak lagi ya? mohon infonya senior2 Very Happy. terima kasih

ye febrian

Jumlah posting : 1
Join date : 27.12.14
Age : 20
Lokasi : curup, bengkulu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Sponsored content Today at 15:04


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik