Merawat dan melatih

Halaman 6 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Joe_jago on Mon 16 Feb 2015, 23:17

johnalvin wrote:
GaZiel22 wrote:Mw naikin lgi threadny pra snior, mntap bgt stlah dbca dri prtma smpe akhir..
Yg mw Sy tnykn soal rwatan ayam dri umur 0-10 bulan. Anggaplah stiap blan dbuat fase2nya dri (0-4 bln, 4-7 bln, 7-8 bln, 8-10 blan) maaf buat fase sndri, mhon dkreksi klo slah..
Dri fase ini mhon djlaskan rwatan, n klo bsa mkanan, suplemen, ataupn jamuny jg klo smpet..
Fase 0-4 bulan: bgaimna rwatanny..
Fase 4-7 bln:---
7-8 bln:--
8-10 blan:--

Maaf byk tnya, tpi smga krna byk nny brrti saya sangat trtrik untuk bljar.. Mhon jwabanny baik tman yg newby, stengah newby, jdi2an, expert, vip, vvip, bpati, gbernur, presiden hadeehh nglantur maaf rekan2..  Very Happy

nunggu jawaban senior  Laughing 

Wah belum ada senior yang kasih masukan nih..sundul lagi biar ada jawaban..

Joe_jago
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1445
Join date : 09.02.14
Lokasi : Bandar Lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Tamu on Thu 24 Sep 2015, 10:21

Menurut saya; "Ayam ideal dikasih pakan yang cocok, dimandiin, dijemur, terus digebrak sebulan sekali dengan lawan yang seimbang'.

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Taring on Wed 07 Oct 2015, 11:46

Terimakasih..
VICTORIA LOVES PREPARATION (Kemenangan Butuh Persiapan)

Taring
kopral
kopral

Jumlah posting : 41
Join date : 07.10.15
Age : 27
Lokasi : Sukabumi, Indonesia

Kembali Ke Atas Go down

Cakeup:-). Berdasarkan prinsip2 tersebut (soal stamina,tenaga,otot), berarti untuk persiapan/pelatihannya terbagi 2 yaitu 1. Cara alamiah ayam itu sendiri 2. Cara dengan olahan tangan manusia. Dua cara itu apakah harus seimbang? M0hon maaf sblumnya,trimks

Post  Taring on Sun 01 Nov 2015, 02:56

Administrator wrote:Sehubungan dgn banyaknya pertanyaan tentang perawatan dan latihan lewat posting dan PM kepada saya, maka sedikit pengalaman pribadi sy tuliskan saja disini supaya bisa dijadikan bahan diskusi. Mudah2an ada senior lain yg bisa menambahkan.
Smile

Sebelum merawat dan melatih, harus kita pahami dulu prinsip dasar dan tujuan melatih/merawat ayam aduan.
Perawatan dan latihan tujuannya utk meningkatkan kualitas Otot, Stamina dan Tenaga.
Ketika ayam kinerjanya turun, kita harus bisa menganalisa apa yg kurang. Apakah otot, stamina, tenaga, atau gabungan dari 2 atau 3 faktor tsb??
Mari kita bahas satu persatu...

Stamina :
Daya tahan tubuh utk bekerja dalam durasi yang maksimal (endurance). Dalam bahasa per-ayaman lebih dikenali dgn istilah 'napas'.

Ciri ayam kurang stamina :
- Yang paling jelas terlihat adlh napas ayam yg ngap2an meski sudah diairi dgn betul.
- Bagian dada membengkak agak keras.

Stamina bisa ditingkatkan hanya dgn jalan latihan yg rutin. Cara latihnya bisa macam2 : Kliter, renang, umbar, gebrak bungkus patuk, jantur, dll, dsb.
Semakin sering ayam dilatih, maka semakin terbiasa bekerja keras (punya stamina).

Tenaga :
Power atau energi yg mampu membuat otot bekerja.
Ciri kurang tenaga :
- Power pukulan tidak maksimal.
- Kaki terlihat berat memukul.
- Kuda2 lemah.
Banyak yg salah kaprah bahwa tenaga disebabkan krn kurang latihan. Padahal, dgn latihan tenaga akan terkuras dan ayam lelah. Semakin dilatih, ayam akan semakin terkuras tenaganya.
Jadi kalau ayam kita kurang tenaga, sebaiknya jangan digebrak dulu.
Tenaga bisa didapat dari Makanan yg bergizi, suplement/jamu dan istirahat yg cukup.
Pakan sumber energi/tenaga : Yg banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.

Otot :
Jaringan dalam tubuh yg bertugas membuat kontraksi utk menggerakan anggota tubuh.
Ciri ayam belum berotot :
- Pukulan ngawur tidak tepat sasaran.
- Langkah terseok2.
- Sayap lunglai.

Stamina dan tenaga bisa dikejar dgn latihan dan rawatan yg maksimal (campur tangan manusia). Tapi pertumbuhan otot berlangsung secara alami.
Itulah sebabnya, ayam muda akan kalah berotot dibanding ayam yg sudah berumur. Ayam tumbuh besar s/d usia 10 bulan. Sebelum usia 10 bulan, otot tidak berkembang maksimal krn asupan makanan di fokuskan utk pertumbuhan tubuh secara umum.
Ayam yg dipaksakan pertumbuhan ototnya sebelum cukup usia, akan terlihat kerdil krn pertumbuhannya terhambat.
Yg harus dilakukan utk ayam2 muda adlh melatih dan membentuk ototnya secara bertahap sesuai usianya.

Utk memaksimalkan pertumbuhan otot, ayam harus dilatih seperti halnya membentuk stamina. Selain itu ayam harus diberi asupan protein utk bahan pembentukan ototnya.

Mudah2an dari uraian ini bisa jadi panduan apa yg harus kita lakukan ketika kinerja ayam kita kurang maksimal.
Sebagai contoh, ayam yg terus menerus dilatih, pasti akan kekurangan tenaga ketika di abar/di adu. Utk itu, setelah dilatih, ayam harus diberi makan, suplement/vitamin dan istirahat yg cukup utk memulihkan tenaganya. Jangan lupa diberi extra food tinggi protein supaya otot bisa berkembang maksimal.

Mengenai cara latihnya, setiap perawat memiliki resep masing2. Semua benar. Yang penting kita harus tau prinsip2 dasarnya.



Silakan ditambahkan....







Taring
kopral
kopral

Jumlah posting : 41
Join date : 07.10.15
Age : 27
Lokasi : Sukabumi, Indonesia

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  hamsyah nur on Mon 02 Nov 2015, 07:31

Taring wrote:
Administrator wrote:Sehubungan dgn banyaknya pertanyaan tentang perawatan dan latihan lewat posting dan PM kepada saya, maka sedikit pengalaman pribadi sy tuliskan saja disini supaya bisa dijadikan bahan diskusi. Mudah2an ada senior lain yg bisa menambahkan.
Smile

Sebelum merawat dan melatih, harus kita pahami dulu prinsip dasar dan tujuan melatih/merawat ayam aduan.
Perawatan dan latihan tujuannya utk meningkatkan kualitas Otot, Stamina dan Tenaga.
Ketika ayam kinerjanya turun, kita harus bisa menganalisa apa yg kurang. Apakah otot, stamina,  tenaga, atau gabungan dari 2 atau 3 faktor tsb??
Mari kita bahas satu persatu...

Stamina :
Daya tahan tubuh utk bekerja dalam durasi yang maksimal (endurance). Dalam bahasa per-ayaman lebih dikenali dgn istilah 'napas'.

Ciri ayam kurang stamina :
- Yang paling jelas terlihat adlh napas ayam yg ngap2an meski sudah diairi dgn betul.
- Bagian dada membengkak agak keras.

Stamina bisa ditingkatkan hanya dgn jalan latihan yg rutin. Cara latihnya bisa macam2 : Kliter, renang, umbar, gebrak bungkus patuk, jantur, dll, dsb.
Semakin sering ayam dilatih, maka semakin terbiasa bekerja keras (punya stamina).

Tenaga :
Power atau energi yg mampu membuat otot bekerja.
Ciri kurang tenaga :
- Power pukulan tidak maksimal.
- Kaki terlihat berat memukul.
- Kuda2 lemah.
Banyak yg salah kaprah bahwa tenaga disebabkan krn kurang latihan. Padahal, dgn latihan tenaga akan terkuras dan ayam lelah. Semakin dilatih, ayam akan semakin terkuras tenaganya.
Jadi kalau ayam kita kurang tenaga, sebaiknya jangan digebrak dulu.
Tenaga bisa didapat dari Makanan yg bergizi, suplement/jamu dan istirahat yg cukup.
Pakan sumber energi/tenaga : Yg banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.

Otot :
Jaringan dalam tubuh yg bertugas membuat kontraksi utk menggerakan anggota tubuh.
Ciri ayam belum berotot :
- Pukulan ngawur tidak tepat sasaran.
- Langkah terseok2.
- Sayap lunglai.

Stamina dan tenaga bisa dikejar dgn latihan dan rawatan yg maksimal (campur tangan manusia). Tapi pertumbuhan otot berlangsung secara alami.
Itulah sebabnya, ayam muda akan kalah berotot dibanding ayam yg sudah berumur. Ayam tumbuh besar s/d usia 10 bulan. Sebelum usia 10 bulan, otot tidak berkembang maksimal krn asupan makanan di fokuskan utk pertumbuhan tubuh secara umum.
Ayam yg dipaksakan pertumbuhan ototnya sebelum cukup usia, akan terlihat kerdil krn pertumbuhannya terhambat.
Yg harus dilakukan utk ayam2 muda adlh melatih dan membentuk ototnya secara bertahap sesuai usianya.

Utk memaksimalkan pertumbuhan otot, ayam harus dilatih seperti halnya membentuk stamina. Selain itu ayam harus diberi asupan protein utk bahan pembentukan ototnya.

Mudah2an dari uraian ini bisa jadi panduan apa yg harus kita lakukan ketika kinerja ayam kita kurang maksimal.
Sebagai contoh, ayam yg terus menerus dilatih, pasti akan kekurangan tenaga ketika di abar/di adu. Utk itu, setelah dilatih, ayam harus diberi makan, suplement/vitamin dan istirahat yg cukup utk memulihkan tenaganya. Jangan lupa diberi extra food tinggi protein supaya otot bisa berkembang maksimal.

Mengenai cara latihnya, setiap perawat memiliki resep masing2. Semua benar. Yang penting kita harus tau prinsip2 dasarnya.



Silakan ditambahkan....






mantap uraiannya...

hamsyah nur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 60
Join date : 20.10.15
Lokasi : JAKARTA

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Administrator on Thu 07 Jan 2016, 14:03

takaido wrote:Makasih infonya bang admin Very Happy
sangat membantu sekali buat sya sbagai peternak pemula.
yg maw sya tnyakan bang..gimana sih cara utk membuat ayam lancur badanya jadi cepat besar dan padat??apa juga pengaruhnya dengan latihan fisik diatas?
Yang mempercepat pertumbuhan :
- Pakan yg kaya nutrizi, mineral dan gizi.
- Lingkungan kandang yg bersih dan nyaman utk ayam.
- Olah raga yg cukup (porsi umbar dan latihan yg 'pas')

Yg menghambat pertumbuhan :
- Sakit
- Over training
- Terpukul berat
- Sanitasi kandang yg buruk.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  abisur on Wed 20 Jan 2016, 11:19

Administrator wrote:
takaido wrote:Makasih infonya bang admin Very Happy
sangat membantu sekali buat sya sbagai peternak pemula.
yg maw sya tnyakan bang..gimana sih cara utk membuat ayam lancur badanya jadi cepat besar dan padat??apa juga pengaruhnya dengan latihan fisik diatas?
Yang mempercepat pertumbuhan :
- Pakan yg kaya nutrizi, mineral dan gizi.
- Lingkungan kandang yg bersih dan nyaman utk ayam.
- Olah raga yg cukup (porsi umbar dan latihan yg 'pas')
mau tx bang admin

Yg menghambat pertumbuhan :
- Sakit
- Over training
- Terpukul berat
- Sanitasi kandang yg buruk.
dishare dong bang admin
ilmux tentang merawat
lancuran (tipe pukul)
mulai turun box
sampai siap adu lengkap
dengan takaran yg pas
(pakan.vitamin.suplement
.jamu) serta cara melatih
(fisik.jemur dan istrahat)
yang baik dan benar.???
(Berharap.com)

abisur
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 260
Join date : 06.03.13
Age : 33
Lokasi : komplex RRI Lama Kel.Tenda.kota Gorontalo.Prov gorontalo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Administrator on Wed 20 Jan 2016, 14:59

abisur wrote:
dishare dong bang admin
ilmux tentang merawat
lancuran (tipe pukul)
mulai turun box
sampai siap adu lengkap
dengan takaran yg pas
(pakan.vitamin.suplement
.jamu) serta cara melatih
(fisik.jemur dan istrahat)
yang baik dan benar.???
(Berharap.com)
Rawatan yg 'pas' tentunya bergantung pada masing2 ayam.
Terkadang tidak bisa disamaratakan semua ayam dirawat/dilatih dgn metode yg sama.

Ada ayam yg cenderung susah gemuk atau ada yg cepat gemuk. Maka pasti porsi makan dan jenisnya juga berbeda.
Struktur tulangan dan otot ayam ada yg cepat 'jadi' ada juga yg lambat.
Juga stamina/napas ada yg cepat bagus, ada juga yg butuh waktu latihan.
Belum lagi masalah usia dan kondisi ayam sekarang.
dll, dsb.

Ngomong2, 'tipe pukul' itu maksudnya seperti apa mas?




Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  abisur on Wed 20 Jan 2016, 18:01

Administrator wrote:
abisur wrote:
dishare dong bang admin
ilmux tentang merawat
lancuran (tipe pukul)
mulai turun box
sampai siap adu lengkap
dengan takaran yg pas
(pakan.vitamin.suplement
.jamu) serta cara melatih
(fisik.jemur dan istrahat)
yang baik dan benar.???
(Berharap.com)
Rawatan yg 'pas' tentunya bergantung pada masing2 ayam.
Terkadang tidak bisa disamaratakan semua ayam dirawat/dilatih dgn metode yg sama.

Ada ayam yg cenderung susah gemuk atau ada yg cepat gemuk. Maka pasti porsi makan dan jenisnya juga berbeda.
Struktur tulangan dan otot ayam ada yg cepat 'jadi' ada juga yg lambat.
Juga stamina/napas ada yg cepat bagus, ada juga yg butuh waktu latihan.
Belum lagi masalah usia dan kondisi ayam sekarang.
dll, dsb.

Ngomong2, 'tipe pukul' itu maksudnya seperti apa mas?



waduh kalo jawabannya bang admin kayak gini saya tambah pusing bang hehehe....saya punya lancuran umur 8bln lebih
tehnik kontrol atas
tempel pukul(kepala dan
badan)
pukulx bersih dan
berbobot
sdh diabaran 4x
abaran ke 3 10mnt lawan
diangkat
abaran ke 4 13mnt lawan
keok
jadi lancuran ini saya
kategorikan ayam tipe pukul(menurut saya)
jadi untuk memaksimalkan potensi ayam ini saya butuh pencerahannya dari bang admin...atas pencerahannya saya ucapkan banyak2 trima kasih.

abisur
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 260
Join date : 06.03.13
Age : 33
Lokasi : komplex RRI Lama Kel.Tenda.kota Gorontalo.Prov gorontalo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Administrator on Wed 27 Jan 2016, 10:07

abisur wrote:
waduh kalo jawabannya bang admin kayak gini saya tambah pusing bang hehehe....

jadi untuk memaksimalkan potensi ayam ini saya butuh pencerahannya dari bang admin.

Saya juga bingung jawabnya.
hehehe...

Seperti apa kondisi maksimal yg diharapkan??

Tapi utk info awal, kita jangan terjebak dgn istilah 'ayam pukul' atau 'ayam jalu'.
Istilah ini menurut saya sangat rancu dan bikin pusing sendiri.
Skrg baru umur 8 bulan, belom tumbuh jalu disebut ayam pukul. Nanti kalo sudah mabung dan tumbuh jalu, disebut ayam pukul apa ayam jalu ??
hehehe.

Ayam aduan yg bagus itu harus memiliki pukulan yg bagus.
Yaitu memiliki kriteria :
- bobot pukul yg 'normal'.
- cukup gancang (tidak ngemut).
- dan pukulan yg 'njepit', menghujam sasaran (bukan sekedar di oles2 nyerempet doank).

Kalau ayam sampeyan sudah punya 3 kriteria ini, maka soal jalu atau tidak jalu itu hanya soal selera saja.
Senang main jalu, silakan dipanjangin jalunya. Tidak suka main jalu, silakan dipotong jalunya.

Rawatan yg tepat juga harus melihat dari dasar tekniknya.
Ayamnya main lincah cepat atau main kalem??

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  hamsyah nur on Wed 27 Jan 2016, 12:11


Saya juga bingung jawabnya.
hehehe...

Seperti apa kondisi maksimal yg diharapkan??

Tapi utk info awal, kita jangan terjebak dgn istilah 'ayam pukul' atau 'ayam jalu'.
Istilah ini menurut saya sangat rancu dan bikin pusing sendiri.
Skrg baru umur 8 bulan, belom tumbuh jalu disebut ayam pukul. Nanti kalo sudah mabung dan tumbuh jalu, disebut ayam pukul apa ayam jalu ??
hehehe.

Ayam aduan yg bagus itu harus memiliki pukulan yg bagus.
Yaitu memiliki kriteria :
- bobot pukul yg 'normal'.
- cukup gancang (tidak ngemut).
- dan pukulan yg 'njepit', menghujam sasaran (bukan sekedar di oles2 nyerempet doank).

Kalau ayam sampeyan sudah punya 3 kriteria ini, maka soal jalu atau tidak jalu itu hanya soal selera saja.
Senang main jalu, silakan dipanjangin jalunya. Tidak suka main jalu, silakan dipotong jalunya.

Rawatan yg tepat juga harus melihat dari dasar tekniknya.
Ayamnya main lincah cepat atau main kalem??
[/quote]

Uraiannya mantab gan.... Smile Smile

hamsyah nur
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 60
Join date : 20.10.15
Lokasi : JAKARTA

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  TokokuHokie on Fri 04 Mar 2016, 10:08

Cara melatih ayam ini apakah terus dilakukan selama ayam masih dalam usia bertarung?
Atau hanya sebatas akan bertarung saja?

TokokuHokie
kopral
kopral

Jumlah posting : 43
Join date : 04.03.16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  azka on Thu 30 Jun 2016, 22:25

Administrator wrote:
abisur wrote:
waduh kalo jawabannya bang admin kayak gini saya tambah pusing bang hehehe....

jadi untuk memaksimalkan potensi ayam ini saya butuh pencerahannya dari bang admin.

Saya juga bingung jawabnya.
hehehe...

Seperti apa kondisi maksimal yg diharapkan??

Tapi utk info awal, kita jangan terjebak dgn istilah 'ayam pukul' atau 'ayam jalu'.
Istilah ini menurut saya sangat rancu dan bikin pusing sendiri.
Skrg baru umur 8 bulan, belom tumbuh jalu disebut ayam pukul. Nanti kalo sudah mabung dan tumbuh jalu, disebut ayam pukul apa ayam jalu ??
hehehe.

Ayam aduan yg bagus itu harus memiliki pukulan yg bagus.
Yaitu memiliki kriteria :
- bobot pukul yg 'normal'.
- cukup gancang (tidak ngemut).
- dan pukulan yg 'njepit', menghujam sasaran (bukan sekedar di oles2 nyerempet doank).

Kalau ayam sampeyan sudah punya 3 kriteria ini, maka soal jalu atau tidak jalu itu hanya soal selera saja.
Senang main jalu, silakan dipanjangin jalunya. Tidak suka main jalu, silakan dipotong jalunya.

Rawatan yg tepat juga harus melihat dari dasar tekniknya.
Ayamnya main lincah cepat atau main kalem??
bang admin bagaimana merawat ayam yang tehniknya lincah dan tehniknya kalem?

azka
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 246
Join date : 14.08.13
Age : 33
Lokasi : pemalang, 087882534806

Kembali Ke Atas Go down

Re: Merawat dan melatih

Post  Sponsored content Today at 02:54


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 6 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik