UKURAN AYAM

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

UKURAN AYAM

Post  ferry bun on Tue 01 Dec 2009, 23:22

Teman2 sehoby ketika kita sebut ukuran ayam , di seluruh daerah di Indonesia terdapat lain untuk mendefinisi ukuran ayam .. bagaimana kalau kita samakan ukuran ayam sebagai acuan untuk membahas dalam forum ini

Untuk ukuran ayam Jantan :
1. ukuran 5 = …… kg s/d ….…Kg.
2. ukuran 6 = …… kg s/d ….…Kg.
3. ukuran 7 = …… kg s/d ….…Kg.
4. ukuran 8 = …… kg s/d ….…Kg
5. ukuran 9 = …… kg s/d ….…Kg
7 ukuran 7 = …… kg s/d ….…Kg

Untuk ukuran ayam betina :
6. ukuran 5 = …… kg s/d ….…Kg.
7. ukuran 6 = …… kg s/d ….…Kg.
8. ukuran 7 = …… kg s/d ….…Kg.
9. ukuran 8 = …… kg s/d ….…Kg
10. ukuran 9 = …… kg s/d ….…Kg
8 ukuran 7 = …… kg s/d ….…Kg
Silahkan bagi semua anggota PAPAJI untuk memberikan masukan .dan Mas Ary tolong dicatat dan tentukan ukuran mana dengan berat yang cocok .

Silakan copy paste ,
Salam : Ferry Bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  alang on Wed 02 Dec 2009, 13:20

Wah menarik nih, kita bisa membuat standar ukuran ayam versi PAPAJI. Nice idea bang ferry. Saya ikut rembug.


Untuk ukuran ayam Jantan :
1. ukuran 5 =2 kg s/d 2,5Kg.
2. ukuran 6 = 2,6kg s/d 3,0 Kg.
3. ukuran 7 = 3,1 kg s/d 3,5 kg.
4. ukuran 8 = 3,6 kg s/d 4,0 kg
5. ukuran 9 = 4,0 kg s/d 4,5 Kg
6. ukuran 10 = 4,6 kg s/d 5,0 Kg

Untuk ukuran ayam betina :
1. ukuran 5 =1,5 kg s/d 2 Kg.
2. ukuran 6 = 2,1kg s/d 2,5 Kg.
3. ukuran 7 = 2,6 kg s/d 3,0 kg.
4. ukuran 8 = 3,1 kg s/d 3,5 kg
5. ukuran 9 = 3,6 kg s/d 4,0 Kg
6. ukuran 10 = 4,1 kg s/d 4,5 Kg

Tapi ada satu pertanyaan, bagaimana dengan tinggi ayam, apakah diabaikan, karena dalam sebuah pertarungan, biasanya tinggi ayam cukup berpengaruh. Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  cobain on Wed 02 Dec 2009, 15:06

alang wrote:Wah menarik nih, kita bisa membuat standar ukuran ayam versi PAPAJI. Nice idea bang ferry. Saya ikut rembug.


Untuk ukuran ayam Jantan :
1. ukuran 5 =2 kg s/d 2,5Kg.
2. ukuran 6 = 2,6kg s/d 3,0 Kg.
3. ukuran 7 = 3,1 kg s/d 3,5 kg.
4. ukuran 8 = 3,6 kg s/d 4,0 kg
5. ukuran 9 = 4,0 kg s/d 4,5 Kg
6. ukuran 10 = 4,6 kg s/d 5,0 Kg

Untuk ukuran ayam betina :
1. ukuran 5 =1,5 kg s/d 2 Kg.
2. ukuran 6 = 2,1kg s/d 2,5 Kg.
3. ukuran 7 = 2,6 kg s/d 3,0 kg.
4. ukuran 8 = 3,1 kg s/d 3,5 kg
5. ukuran 9 = 3,6 kg s/d 4,0 Kg
6. ukuran 10 = 4,1 kg s/d 4,5 Kg

Tapi ada satu pertanyaan, bagaimana dengan tinggi ayam, apakah diabaikan, karena dalam sebuah pertarungan, biasanya tinggi ayam cukup berpengaruh. Salam.

sama setuju,,,,,,,,,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Hendro on Wed 02 Dec 2009, 17:37

Lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya...pepatah inipun masih relevan dengan dunia adu ayam di nusantara ini.....penyeragaman ukuran untuk tandingan ayam ala Papaji sangat bagus dan inovatif tapi juga harus diingat bahwa gandengan/tandingan tidak semata2 dilihat dari berat/bobot tubuh ayam....ada beberapa faktor yang sangat menentukan antara lain : Tinggi, Otot, Taji dan Feeling ( minat ).....

Sering terjadi diarena, tandingan cukup ramai/seimbang tapi karena salah satu fihak tidak minat/tidak ada feeling maka tidak terjadi pertarungan....

Saya rasa biarkan saja masing2 daerah menentukan metodologi tandingan ayamnya sesuai kebiasaan atau tradisi yang ada.....

Sepengetahuan saya diarena undangan/tengah di Jateng- Jatim dan Kepri untuk mencari tandingan tidak berdasarkan bobot ayam melainkan lebih pada pegangan/lingkar badan ayam dan faktor2 yang saya sebutkan diatas.....

Ukuran ayam lebih tepat hanya untuk penyeragaman pemahaman terhadap kondisi penilaian seekor ayam terutama menyangkut jual beli ayam.....

salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

re

Post  yudi kristanto on Wed 02 Dec 2009, 18:32

benar yang dikatakan pak hendro, gandengan ayam tidak hanya pada ukuran (berat badan), tapi alangkah lebih baik kalau kita punya standar tentang ukuran tersebut. jadi ketika penghobi ayam dari jawa timur bilang ayam ukuran 7, semua anggota papaji bisa tahu bahwa yang dimaksud adalah ayam dengan berat tertentu.

untuk ukuran saya setuju(menyamakan persepsi), tapi gimana dengan yang ektrim, misalnya yang berada dibawah standart berat ayam ataupun yang diatas standart 10?

yudi kristanto
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 146
Join date : 11.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  arif on Wed 02 Dec 2009, 18:39

Betul Mas.. pembuatan skala ukuran ini untuk mempermudah dan menjembatani pihak-pihak yang berkepentingan.

Misal ada orang punya ayam bilang ukuran 8. maka kita dengan mudah membayangkan ukuran ayam tersebut.

Mengenai tandingan, ini lebih ke feeling dan rasionalitas yang punya ayam.. Ada yang punya ayam ukuran besar ditandingi dengan ukuran yang lebih kecil.. kalau tidak sreg ya tidak jadi.. Bahkan dengan ukuran yang sama, kalau memang tidak ada kecocokan ya tidak jadi..

Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  zin494 on Wed 02 Dec 2009, 19:42

alang wrote:Wah menarik nih, kita bisa membuat standar ukuran ayam versi PAPAJI. Nice idea bang ferry. Saya ikut rembug.


Untuk ukuran ayam Jantan :
1. ukuran 5 =2 kg s/d 2,5Kg.
2. ukuran 6 = 2,6kg s/d 3,0 Kg.
3. ukuran 7 = 3,1 kg s/d 3,5 kg.
4. ukuran 8 = 3,6 kg s/d 4,0 kg
5. ukuran 9 = 4,0 kg s/d 4,5 Kg
6. ukuran 10 = 4,6 kg s/d 5,0 Kg

Untuk ukuran ayam betina :
1. ukuran 5 =1,5 kg s/d 2 Kg.
2. ukuran 6 = 2,1kg s/d 2,5 Kg.
3. ukuran 7 = 2,6 kg s/d 3,0 kg.
4. ukuran 8 = 3,1 kg s/d 3,5 kg
5. ukuran 9 = 3,6 kg s/d 4,0 Kg
6. ukuran 10 = 4,1 kg s/d 4,5 Kg

Tapi ada satu pertanyaan, bagaimana dengan tinggi ayam, apakah diabaikan, karena dalam sebuah pertarungan, biasanya tinggi ayam cukup berpengaruh. Salam.
Saya setuju mas dengan standar ini, karena lebih terukur dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika menggunakan lingkar pinggang msh banyak kendala karena ada ayam pinggang besar tapi badan pendek dan sebaliknya, ada juga ayam tinggi/jangkung tapi tulang agak tipis dan sebaliknya. Misalnya 2 ekor ayam ukuran 3kg akan ditandingkan, yg satu badan tebal tapi agak pendek, yg satu lagi badan sedikit tipis tapi lebih tinggi, dianggap aja jalunya sama menurut saya ini adalah pertarungan seimbang karena sudah ada standar berat badan yg sama, disamping hal2 lain mis panjang jalu dan faktor subjektif lain mis katurangan.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  nurkhotim on Mon 07 Dec 2009, 11:19

He..he..he.. pusing ya,...!??
Untuk kalangan Papaji,. kalo mo buat standar ukuran sendiri,.. boleh-boleh saja.... gak ada larangan,... asal anggota setuju,... gitu aja kok repot,..

Tapi aku setuju dengan Mas Hendro,.. untuk keperluan jual-beli dan pertarungan,.. gak bisa dijadikan acuan standar berat tersebut,.. karena faktor2 tadi.
Dan perlu diingat,... yang hobiies ayam aduan gak semuanya ikut jadi anggota 'Papaji' maupun 'Ayamlaga',... so,.. bila bro-bro sekalian mo bikin,.. ya tentu dengan kalangan terbatas,.. (terbatas kalangan Papaji,. kalo itupun disetujui oleh semua anggota...)

Tapi yang pasti bikin aku pusing nantinya...
Lha bagaimana nggak pusing,.. mo njelasin ayam satu saja masih cari timbangan untuk ayam...!??? Kwak..kak..kak... apalagi sekandang,.. he.he.he.. Evil or Very Mad Mad Razz

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  azis sutanto on Tue 08 Dec 2009, 10:09

nurkhotim wrote:He..he..he.. pusing ya,...!??
Untuk kalangan Papaji,. kalo mo buat standar ukuran sendiri,.. boleh-boleh saja.... gak ada larangan,... asal anggota setuju,... gitu aja kok repot,..

Tapi aku setuju dengan Mas Hendro,.. untuk keperluan jual-beli dan pertarungan,.. gak bisa dijadikan acuan standar berat tersebut,.. karena faktor2 tadi.
Dan perlu diingat,... yang hobiies ayam aduan gak semuanya ikut jadi anggota 'Papaji' maupun 'Ayamlaga',... so,.. bila bro-bro sekalian mo bikin,.. ya tentu dengan kalangan terbatas,.. (terbatas kalangan Papaji,. kalo itupun disetujui oleh semua anggota...)

Tapi yang pasti bikin aku pusing nantinya...
Lha bagaimana nggak pusing,.. mo njelasin ayam satu saja masih cari timbangan untuk ayam...!??? Kwak..kak..kak... apalagi sekandang,.. he.he.he.. Evil or Very Mad Mad Razz

klo untuk grade berat tinggi rendah dan gemuk kurus diabaikan dong.
Apakah dikalangan undangan ada yang pakai timbangan untuk grade berat ayam sebagai acuan untuk tandingan?
mohon kepada temen2 yang suka main di kelas undangan pernah menemukan hal seperti ini?
Salam.

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  azis sutanto on Tue 08 Dec 2009, 10:22

alang wrote:Wah menarik nih, kita bisa membuat standar ukuran ayam versi PAPAJI. Nice idea bang ferry. Saya ikut rembug.


Untuk ukuran ayam Jantan :
1. ukuran 5 =2 kg s/d 2,5Kg.
2. ukuran 6 = 2,6kg s/d 3,0 Kg.
3. ukuran 7 = 3,1 kg s/d 3,5 kg.
4. ukuran 8 = 3,6 kg s/d 4,0 kg
5. ukuran 9 = 4,0 kg s/d 4,5 Kg
6. ukuran 10 = 4,6 kg s/d 5,0 Kg

Untuk ukuran ayam betina :
1. ukuran 5 =1,5 kg s/d 2 Kg.
2. ukuran 6 = 2,1kg s/d 2,5 Kg.
3. ukuran 7 = 2,6 kg s/d 3,0 kg.
4. ukuran 8 = 3,1 kg s/d 3,5 kg
5. ukuran 9 = 3,6 kg s/d 4,0 Kg
6. ukuran 10 = 4,1 kg s/d 4,5 Kg

Tapi ada satu pertanyaan, bagaimana dengan tinggi ayam, apakah diabaikan, karena dalam sebuah pertarungan, biasanya tinggi ayam cukup berpengaruh. Salam.

klo sudah ngomong berat tentunya masalah tinggi /rendah , gede /kecil, tua/muda, kenceng/tidak kenceng , jalu panjang/pendek harus diabaikan dong.
untuk range 400 gr saya rasa kejauhan, klo mau kisaran 100-200gr saja.
karena sama2 ukuran 7 ada yang berat 3.100 gr juga ada yang berat 3.500 gr
ayam berat 3.500 gr itu gede lho (ayam siap tarung)
Salam

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Administrator on Tue 08 Dec 2009, 14:10

Kalau menurut saya, justru penggunaan timbangan utk menentukan tandingan, ini sangat fair.
Silakan dicoba, ayam dgn berat yg sama pasti layak tanding : (Dalam hal ini, faktor jalu dan usia diabaikan atau dianggap sama).
Kalah tinggi, menang pinggang --> setanding.
Gemuk berlemak vs langsing berotot --> setanding.

Ayam yg bobot tubuhnya lebih besar, secara umum pukulannya juga lebih berat.

Tapi kalau di kalangan, ini jadi privilege masing2. Ada ayam yg lebih suka memilih kalah tinggi. Ada yg lebih suka menang tinggi. Tapi bagi saya, kalaupun harus kalah tinggi, berat badannya harus dirasakan jangan sampai kalah.

Kembali ke topik...

Untuk ukuran ayam Jantan :
1. ukuran 5 =2 kg s/d 2,5Kg.
2. ukuran 6 = 2,6kg s/d 3,0 Kg.
3. ukuran 7 = 3,1 kg s/d 3,5 kg.
4. ukuran 8 = 3,6 kg s/d 4,0 kg
5. ukuran 9 = 4,0 kg s/d 4,5 Kg
6. ukuran 10 = 4,6 kg s/d 5,0 Kg
----> Sy rasa range beratnya terlalu jauh. Contoh ukuran 7 = 3,1-3,5kg, sudah pasti kalah jauh yg 3,1kg.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  teddy on Tue 08 Dec 2009, 14:39

setuju sekali dengan standarisasi ukur-an !!.

untuk sementara cukup di berat badan ayam saja yg jadi ukuran ... toh tinggi dan lebar badan toleransi dengan berat-nya tidak bakalan melenceng jauh.

trus, beda tingkatnya juga jangan terlalu jauh ... cukup 100-200 gram, soalnya .. nanti kalau kelas sama ... berat ndak jauh, tidak terlalu jadi beban melawannya.

adapun untuk batas kelas 10, ... itu harus menduduki berat ayam maksimal rata-rata yg suka dibawa ke gelanggang .... menurut saya 4,5 kg ... sudah cukup berat, .... ideal-nya maksimal 4,3kg ... tinggal kelas kebawah-nya dikurangi 100/200 gram.

silahkan ketuk palu saja ... saya mengikuti.
salam,

++teddy

teddy
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 315
Join date : 22.08.08
Age : 71
Lokasi : Riung Bandung

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Administrator on Tue 08 Dec 2009, 14:55

teddy wrote: beda tingkatnya juga jangan terlalu jauh ... cukup 100-200 gram...

Kang Tedy, 200gr itu juga sudah terasa sekali bedanya lho... Perbedaan cukup 100gr saja (1 ons).

teddy wrote:
adapun untuk batas kelas 10, ... itu harus menduduki berat ayam maksimal rata-rata yg suka dibawa ke gelanggang .... menurut saya 4,5 kg ... sudah cukup berat, .... ideal-nya maksimal 4,3kg ... tinggal kelas kebawah-nya dikurangi 100/200 gram.

Memang betul, ada ayam dgn berat diatas 4kg. Tapi pada kenyataannya di gelanggang, ini sangat jarang dan hampir tidak pernah ada.
Kebanyakan yg terbesar di kalangan adlh berat 3,8-3,9kg. Itupun sudah sulit sekali cari musuh.

Jadi, penggolongan kelas berdasar ukuran 5,6,7,8,9, sy rasa masih kurang. Harus ada 5,5 ; 6 ; 6,5 ; 7 ; 7,5 dst...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  azis sutanto on Tue 08 Dec 2009, 16:10

Administrator wrote:Kalau menurut saya, justru penggunaan timbangan utk menentukan tandingan, ini sangat fair.
Silakan dicoba, ayam dgn berat yg sama pasti layak tanding : (Dalam hal ini, faktor jalu dan usia diabaikan atau dianggap sama).
Kalah tinggi, menang pinggang --> setanding.
Gemuk berlemak vs langsing berotot --> setanding.

Ayam yg bobot tubuhnya lebih besar, secara umum pukulannya juga lebih berat.

Tapi kalau di kalangan, ini jadi privilege masing2. Ada ayam yg lebih suka memilih kalah tinggi. Ada yg lebih suka menang tinggi. Tapi bagi saya, kalaupun harus kalah tinggi, berat badannya harus dirasakan jangan sampai kalah.

Kembali ke topik...

Untuk ukuran ayam Jantan :
1. ukuran 6 = 2,75 kg s/d 2,9 Kg.
2. ukuran 6,5 = 2,9 kg s/d 3,05 Kg.
3. ukuran 7 = 3,05 kg s/d 3,2 kg.
4. ukuran 7,5 = 3,2 kg s/d 3,35 kg
5. ukuran 8 = 3,35 kg s/d 3,5 Kg
6. ukuran 8,5 = 3,5 kg s/d 3,65 Kg
7. ukuran 9 = 3,65 kg s/d 3,8 kg
8. ukuran 9,5 = 3,8 kg s/d 3,95 Kg
9. ukuran 10 = 3,95 kg s/d 4,1 Kg
10 Ukuran 11 = 4,1 keatas


----> Sy rasa range beratnya terlalu jauh. Contoh ukuran 7 = 3,1-3,5kg, sudah pasti kalah jauh yg 3,1kg.

kalau yang diatas ini gimana nih

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  cobain on Tue 08 Dec 2009, 18:54

wah rumit juga ya mas ternyata menentukan ukuran ayam,,,,,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  azis sutanto on Wed 09 Dec 2009, 13:29

cobain wrote:wah rumit juga ya mas ternyata menentukan ukuran ayam,,,,,

jangan dibuat susah lah mas, bikin gampang saja.

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  zin494 on Wed 09 Dec 2009, 21:34

Kalo standarnya ga diterima dalam pertarungan minimal untuk jual beli mas, karena kita perlu menyamakan persepsi tentang ukuran ayam. Misalnya ada yg jual ayam bilang ayamnya ukuran 8, didaerah lain mungkin malah dianggap ukuran 7 karena beda persepsi. Dengan adanya standar yg disepakati kan tidak akan terjadi salah paham. Lebih bagus lagi sebenarnya langsung aja tulis berat badannya.

zin494
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 425
Join date : 09.07.09
Age : 34
Lokasi : sumatra utara

http://www.facebook.com/csinaga

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  ferry bun on Wed 09 Dec 2009, 22:23

Kita sebagai komunitas ayam petarung ( papaji ) dan dipandang sangat perlu akan ukuran atau size karena di forum lagi maraknya jual beli ayam atau lagi bahas diforum akan lebih gampang ..mengingat hal tersebut dipandang sangat perlu dan satu persepsi bila ada satu standat ukuran atau size.. . .memang sulit membuat suatu standar..apa lagi selama ini disetiap propinsi berbeda- beda. Tapi saya yakin dan percaya akan bisa.

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Administrator on Thu 10 Dec 2009, 09:33

zin494 wrote:Kalo standarnya ga diterima dalam pertarungan minimal untuk jual beli mas, karena kita perlu menyamakan persepsi tentang ukuran ayam. Misalnya ada yg jual ayam bilang ayamnya ukuran 8, didaerah lain mungkin malah dianggap ukuran 7 karena beda persepsi. Dengan adanya standar yg disepakati kan tidak akan terjadi salah paham. Lebih bagus lagi sebenarnya langsung aja tulis berat badannya.

Sy setuju nih... Pakai ukuran berat (kg) lebih akurat dan tdk ada salah persepsi.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  azis sutanto on Thu 10 Dec 2009, 11:02

Administrator wrote:
zin494 wrote:Kalo standarnya ga diterima dalam pertarungan minimal untuk jual beli mas, karena kita perlu menyamakan persepsi tentang ukuran ayam. Misalnya ada yg jual ayam bilang ayamnya ukuran 8, didaerah lain mungkin malah dianggap ukuran 7 karena beda persepsi. Dengan adanya standar yg disepakati kan tidak akan terjadi salah paham. Lebih bagus lagi sebenarnya langsung aja tulis berat badannya.

Sy setuju nih... Pakai ukuran berat (kg) lebih akurat dan tdk ada salah persepsi.

setuju jadi lebih majulah sedikit, lebih akurat klo pakai ukuran berat.
Salam.

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  cobain on Thu 10 Dec 2009, 17:18

wah standarnya bisa dipatenkan neh,,,,,,,,,,,,,jadi kalao mau beli ayam antar anggota papaji tidak terjadi salah persepsi lagi tentang ukuran ayam,,,,,,,,,,,

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  arif on Thu 10 Dec 2009, 21:05

Jadi pada Forum jual beli siap-siap para penjual menyertakan berat ayam yang akan ditawarkan karena hak pembeli untuk tahu informasi tersebut.. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Hendro on Fri 11 Dec 2009, 05:38

arif wrote:Jadi pada Forum jual beli siap-siap para penjual menyertakan berat ayam yang akan ditawarkan karena hak pembeli untuk tahu informasi tersebut..



Wah berarti saya harus beli timbangan neh biar seperti bakul pasar beneran.....he...5x

Tapi kalo memang ini menjadi keinginan bersama dan demi kebaikan rasanya tidak ada salahnya mulai diterapkan, sekalipun sebenarnya agak menyimpang dari pakem yang ada.....

Sebagian teman saya ngakak tertawa ketika kita obrolkan tentang ide timbangan ini, karena selama ini yang ada dibenak mereka memang yang dijual kiloan itu cuma untuk buah/sayur/ikan/ayam potong
setelah saya jelaskan karena ini transaksi, lewat internet yang kadang persepsi pembeli beda dengan kita jadi sistem timbangan lebih mudah dan akurat, mereka bisa memahami sekalipun tetap ngakak.

Jadi mulai tahun depan 2010 Dragon Fight & Farm juga menerapkan sistem ini sekalipun harga tidak ditentukan dari berat badannya tetapi tetap dari kualitas ayamnya.....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  nurkhotim on Fri 11 Dec 2009, 07:32

Hendro wrote:
arif wrote:Jadi pada Forum jual beli siap-siap para penjual menyertakan berat ayam yang akan ditawarkan karena hak pembeli untuk tahu informasi tersebut..



Wah berarti saya harus beli timbangan neh biar seperti bakul pasar beneran.....he...5x

Tapi kalo memang ini menjadi keinginan bersama dan demi kebaikan rasanya tidak ada salahnya mulai diterapkan, sekalipun sebenarnya agak menyimpang dari pakem yang ada.....

Sebagian teman saya ngakak tertawa ketika kita obrolkan tentang ide timbangan ini, karena selama ini yang ada dibenak mereka memang yang dijual kiloan itu cuma untuk buah/sayur/ikan/ayam potong
setelah saya jelaskan karena ini transaksi, lewat internet yang kadang persepsi pembeli beda dengan kita jadi sistem timbangan lebih mudah dan akurat, mereka bisa memahami sekalipun tetap ngakak.

Jadi mulai tahun depan 2010 Dragon Fight & Farm juga menerapkan sistem ini sekalipun harga tidak ditentukan dari berat badannya tetapi tetap dari kualitas ayamnya.....

Salam

Yahh begitulah mas Hendro,... ada benernya juga,... dan ada manfaat mengenai ukuran dan bobot berat ayam ini... cuman kalo bisa juga direncanakan (mungkin rekan-rekan ada wacana) mengenai tinggi (linjik : jawa mode: ON), karena kemarin aku juga dikomplain oleh pelangganku karena salah persepsi mengenai 'ukuran' dan asumsi tinggi ayam....
Ini bisa terjadi bila persepsi antara pembeli dan penjual mengenai ukuran berbeda (dalam kontek jual-beli lewat internet,.. kalo langsung datang dan coba sih gak ada masalah,.. asal cocok ayam dan harga : BUNGKUSSSS,....!!)
1. Ada yang berasumsi bahwa ukuran ayam hanya dari pegangan (Mek Jawa mode : ON)
2. Ada yang menganggap ukuran itu adalah : pegangan dan tinggi ayam.

jadi mungkin ada usulan / sharing dari rekan-rekan mengenai kasus ini terutama yang menyangkut ketinggian ayam, akrena bagaimanapun 'tinggi' merupakan salah satu pertimbangan dalam mencari lawan/gandeng.

wassalam

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Administrator on Fri 11 Dec 2009, 09:27

Mas Hendro dan teman2...
Kesannya memang lucu dan bukan menjadi kebiasaan... ayam koq ditimbang...?? Emang jualan daging...??
hehehe...
Tapi percaya deh... timbangan utk ayam itu besar sekali gunanya... Selain untuk menyamakan persepsi ukuran ayam, timbangan juga berguna utk memantau perkembangan bobot ayam selama dirawat. Dgn ditimbang secara rutin dan dicatat perkembangannya, kondisi kesiapan ayam akan bisa dipantau dgn akurat. Tidak ada lagi alasan ayam kurang tenaga ketika turun berlaga. Silakan dicoba rawat ayam dgn ditimbang sebelum gebrak.
Cool

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Sponsored content Today at 15:50


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik