UKURAN AYAM

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  cobain on Fri 11 Dec 2009, 09:28

iya masalah tinggi ini neh yg susah,,,soale kalao dunia maya gini susah dihitung, apa harus pake satuan cm juga (alias diukur dari ujung kaki sampai ujung kepala),,,,,,,,,,,,,,,monggo

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  alang on Fri 11 Dec 2009, 11:13

Kalo tidak salah, koh Santo sudah menerapkan metode timbangan ini sudah cukup lama. Nampaknya sekarang sudah mulai bisa diterima oleh berbagai pihak, meskipun awalnya menimbulkan banyak pertanyaan. Koh Santo malah dengan tegas menjual ayam aduannya perkilogram. Kalo tidak salah Rp 500rb/ kg untuk semua koleksinya. Dan ternyata sampai sekarang bisa berjalan dengan baik. Barangkali koh Santo bisa share dari pengalaman beliau.
Thx. Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  ferry bun on Fri 11 Dec 2009, 15:18

Administrator wrote:Mas Hendro dan teman2...
Kesannya memang lucu dan bukan menjadi kebiasaan... ayam koq ditimbang...?? Emang jualan daging...??
hehehe...
Tapi percaya deh... timbangan utk ayam itu besar sekali gunanya... Selain untuk menyamakan persepsi ukuran ayam, timbangan juga berguna utk memantau perkembangan bobot ayam selama dirawat. Dgn ditimbang secara rutin dan dicatat perkembangannya, kondisi kesiapan ayam akan bisa dipantau dgn akurat. Tidak ada lagi alasan ayam kurang tenaga ketika turun berlaga. Silakan dicoba rawat ayam dgn ditimbang sebelum gebrak.
Cool
...
Sangat setuju ... merawat ayam dengan timbangan . sebagai tolak ukur . misalnya ayam belum dirawat 3.1 kg ( tapi masih banyak lemak ) setelah ayam dirawat bisa saja naik beratnya atau tetap ( atau sebaliknya ) namun yang berat badan adalah otot yang sudah jadi . ...

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  ferry bun on Fri 11 Dec 2009, 15:28

cobain wrote:iya masalah tinggi ini neh yg susah,,,soale kalao dunia maya gini susah dihitung, apa harus pake satuan cm juga (alias diukur dari ujung kaki sampai ujung kepala),,,,,,,,,,,,,,,monggo

ini kayaknya sulit ( karena ada yang lehernya panjang , dan ada yang betisnya panjang ) . ..akan tetapi bila ayam menang tinggi dengan berat sama . umumya yang tinggi kalah tulangan ...

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  nurkhotim on Fri 11 Dec 2009, 15:54

ferry bun wrote:
cobain wrote:iya masalah tinggi ini neh yg susah,,,soale kalao dunia maya gini susah dihitung, apa harus pake satuan cm juga (alias diukur dari ujung kaki sampai ujung kepala),,,,,,,,,,,,,,,monggo

ini kayaknya sulit ( karena ada yang lehernya panjang , dan ada yang betisnya panjang ) . ..akan tetapi bila ayam menang tinggi dengan berat sama . umumya yang tinggi kalah tulangan ...

Itu dia yang bikin aku keki sama pembeli,...
Aku bilang ukuran 7,5-8,.. ternyata dia juga memperhitungkan tinggi badan (kepala),.. sehingga pas sudah diterima,.. katanya terlalu pendek,...!?? khan susah.. jadinya...

Tapi ada juga yang pernah tanya tinggi ayam,.. aku juga sempat bingung,. setelah tanya ukuran dia tanya tingginya berapa,...!?
Yah karena aku nggak pernah ngukur,. jadi kira-kira saja,.. sekitar 50 cm dari tanah,.. dia bilang kebesaran...(!????) yang diukuran dari kepala apa dari badan ya ..>!?? (panjang kaki apa panjang leher yang diperhitungkan....!?) Sad Sad Evil or Very Mad No

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Administrator on Fri 11 Dec 2009, 20:59

cobain wrote:iya masalah tinggi ini neh yg susah,,,soale kalao dunia maya gini susah dihitung, apa harus pake satuan cm juga (alias diukur dari ujung kaki sampai ujung kepala),,,,,,,,,,,,,,,monggo

Dgn berat yg sama, perbedaan tinggi tidak akan signifikan. Paling cuma se-usap saja (9 - 10)...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  cobain on Sat 12 Dec 2009, 05:17

oo gitu ya mas, mksh yaa

cobain
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 667
Join date : 23.08.09
Lokasi : pondok aren, tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  ferry bun on Sat 12 Dec 2009, 10:50

nurkhotim wrote:
ferry bun wrote:
cobain wrote:iya masalah tinggi ini neh yg susah,,,soale kalao dunia maya gini susah dihitung, apa harus pake satuan cm juga (alias diukur dari ujung kaki sampai ujung kepala),,,,,,,,,,,,,,,monggo

ini kayaknya sulit ( karena ada yang lehernya panjang , dan ada yang betisnya panjang ) . ..akan tetapi bila ayam menang tinggi dengan berat sama . umumya yang tinggi kalah tulangan ...

Itu dia yang bikin aku keki sama pembeli,...
Aku bilang ukuran 7,5-8,.. ternyata dia juga memperhitungkan tinggi badan (kepala),.. sehingga pas sudah diterima,.. katanya terlalu pendek,...!?? khan susah.. jadinya...

Tapi ada juga yang pernah tanya tinggi ayam,.. aku juga sempat bingung,. setelah tanya ukuran dia tanya tingginya berapa,...!?
Yah karena aku nggak pernah ngukur,. jadi kira-kira saja,.. sekitar 50 cm dari tanah,.. dia bilang kebesaran...(!????) yang diukuran dari kepala apa dari badan ya ..>!?? (panjang kaki apa panjang leher yang diperhitungkan....!?) Sad Sad Evil or Very Mad No
wkax kax kax makanya lebih gampang degan berat sih ,
saya pernah di negara gajah putih sana , kegelanggang mereka dengan timbang berat ayamya sebagai Acuan ( gandengan ) dan disaksikan . hasil yang timbang juri umumkan di white board tentang berat dan kelompokkan . Bhotho atau pemilik ayam tidak dapat memegang ayam lawan . hanya disana ayam jalu tidak diberlakukan ( bungkus jalu semua sudah disediakan panitia ) . tidak ada istilah ayam tua atau muda. ..""komentar teman saya yang disana klw ayam kita belum siap jangan bawa kemari ""
klw di tempat kita masih ada istilah kalah tinggi , menang jalu satu padi . kalah otot. kalah tua/ umur . kalah kondisi lagi sering saya dengar.
dan yang lebih susah ada kalah warna bulu ......Basketball Basketball Sad Sad Laughing Laughing Laughing

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  azis sutanto on Sat 12 Dec 2009, 15:17

ferry bun wrote:
nurkhotim wrote:
ferry bun wrote:
cobain wrote:iya masalah tinggi ini neh yg susah,,,soale kalao dunia maya gini susah dihitung, apa harus pake satuan cm juga (alias diukur dari ujung kaki sampai ujung kepala),,,,,,,,,,,,,,,monggo

ini kayaknya sulit ( karena ada yang lehernya panjang , dan ada yang betisnya panjang ) . ..akan tetapi bila ayam menang tinggi dengan berat sama . umumya yang tinggi kalah tulangan ...

Itu dia yang bikin aku keki sama pembeli,...
Aku bilang ukuran 7,5-8,.. ternyata dia juga memperhitungkan tinggi badan (kepala),.. sehingga pas sudah diterima,.. katanya terlalu pendek,...!?? khan susah.. jadinya...

Tapi ada juga yang pernah tanya tinggi ayam,.. aku juga sempat bingung,. setelah tanya ukuran dia tanya tingginya berapa,...!?
Yah karena aku nggak pernah ngukur,. jadi kira-kira saja,.. sekitar 50 cm dari tanah,.. dia bilang kebesaran...(!????) yang diukuran dari kepala apa dari badan ya ..>!?? (panjang kaki apa panjang leher yang diperhitungkan....!?) Sad Sad Evil or Very Mad No
wkax kax kax makanya lebih gampang degan berat sih ,
saya pernah di negara gajah putih sana , kegelanggang mereka dengan timbang berat ayamya sebagai Acuan ( gandengan ) dan disaksikan . hasil yang timbang juri umumkan di white board tentang berat dan kelompokkan . Bhotho atau pemilik ayam tidak dapat memegang ayam lawan . hanya disana ayam jalu tidak diberlakukan ( bungkus jalu semua sudah disediakan panitia ) . tidak ada istilah ayam tua atau muda. ..""komentar teman saya yang disana klw ayam kita belum siap jangan bawa kemari ""
klw di tempat kita masih ada istilah kalah tinggi , menang jalu satu padi . kalah otot. kalah tua/ umur . kalah kondisi lagi sering saya dengar.
dan yang lebih susah ada kalah warna bulu ......Basketball Basketball Sad Sad Laughing Laughing Laughing

Nah itu sudah jelas yang ditulis bang ferry, masa kagak ngerti juga?...........
papaji kan juga niru kesana, lebih maju sedikit lah.
Salam.

azis sutanto
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 920
Join date : 16.08.08
Lokasi : Jl Majasari no 11 Pagaden Subang

Kembali Ke Atas Go down

STANDAR UKURAN VERSI PAPAJI

Post  nurkhotim on Tue 05 Jan 2010, 16:46

[quote="azis sutanto"]
Administrator wrote:Kalau menurut saya, justru penggunaan timbangan utk menentukan tandingan, ini sangat fair.
Silakan dicoba, ayam dgn berat yg sama pasti layak tanding : (Dalam hal ini, faktor jalu dan usia diabaikan atau dianggap sama).
Kalah tinggi, menang pinggang --> setanding.
Gemuk berlemak vs langsing berotot --> setanding.

Ayam yg bobot tubuhnya lebih besar, secara umum pukulannya juga lebih berat.

Tapi kalau di kalangan, ini jadi privilege masing2. Ada ayam yg lebih suka memilih kalah tinggi. Ada yg lebih suka menang tinggi. Tapi bagi saya, kalaupun harus kalah tinggi, berat badannya harus dirasakan jangan sampai kalah.

Kembali ke topik...

Untuk ukuran ayam Jantan :
1. ukuran 6 = 2,75 kg s/d 2,9 Kg.
2. ukuran 6,5 = 2,9 kg s/d 3,05 Kg.
3. ukuran 7 = 3,05 kg s/d 3,2 kg.
4. ukuran 7,5 = 3,2 kg s/d 3,35 kg
5. ukuran 8 = 3,35 kg s/d 3,5 Kg
6. ukuran 8,5 = 3,5 kg s/d 3,65 Kg
7. ukuran 9 = 3,65 kg s/d 3,8 kg
8. ukuran 9,5 = 3,8 kg s/d 3,95 Kg
9. ukuran 10 = 3,95 kg s/d 4,1 Kg
10 Ukuran 11 = 4,1 keatas


----> Sy rasa range beratnya terlalu jauh. Contoh ukuran 7 = 3,1-3,5kg, sudah pasti kalah jauh yg 3,1kg.




HOIII,... GIMANA NIHHH UKURAN BERAT SUDAH KETOK PALU APA BELOOMMM...!
Kalo mau di Voting aja,..kasih seminggu.....
Tapi jangan kayak arisan lagi... ANGET-ANGET TAI AYAM ADUAN MENANG 30 X, PUKUL JALU LAGEE...!!!

Ayo... PAPAJIER... ditunggu VOTINGnya.. supaya punya PEDOMAN MUTU alias STANDARD BAKU PAPAJI.

aku pertama : Setuju yang diatas. ! lol! lol!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Administrator on Tue 05 Jan 2010, 16:50

nurkhotim wrote:HOIII,... GIMANA NIHHH UKURAN BERAT SUDAH KETOK PALU APA BELOOMMM...!
Kalo mau di Voting aja,..kasih seminggu.....
Tapi jangan kayak arisan lagi... ANGET-ANGET TAI AYAM ADUAN MENANG 30 X, PUKUL JALU LAGEE...!!!

Ayo... PAPAJIER... ditunggu VOTINGnya.. supaya punya PEDOMAN MUTU alias STANDARD BAKU PAPAJI.

aku pertama : Setuju yang diatas. ! lol! lol!

Ini mah, ga usah ketok palu mas...
Dari dulu papaji selalu pakai ukuran berat lewat timbangan. Terbukti tiap abar bareng, tidak pernah ada yg komplain masalah tandingan.
Yg mau ikut PAPAJI silakan, yg mau pake ukuran 7, 8, 9, dst, ya monggo...
Very Happy

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  nurkhotim on Wed 06 Jan 2010, 10:11

Administrator wrote:
nurkhotim wrote:HOIII,... GIMANA NIHHH UKURAN BERAT SUDAH KETOK PALU APA BELOOMMM...!
Kalo mau di Voting aja,..kasih seminggu.....
Tapi jangan kayak arisan lagi... ANGET-ANGET TAI AYAM ADUAN MENANG 30 X, PUKUL JALU LAGEE...!!!

Ayo... PAPAJIER... ditunggu VOTINGnya.. supaya punya PEDOMAN MUTU alias STANDARD BAKU PAPAJI.

aku pertama : Setuju yang diatas. ! lol! lol!

Ini mah, ga usah ketok palu mas...
Dari dulu papaji selalu pakai ukuran berat lewat timbangan. Terbukti tiap abar bareng, tidak pernah ada yg komplain masalah tandingan.
Yg mau ikut PAPAJI silakan, yg mau pake ukuran 7, 8, 9, dst, ya monggo...
Very Happy

Tuhh kan.. kalo mo dibenerin saja mas Ary sudah sewot,...!?? Mad

Coba mas Ary lihat dulu sejarah topik 'ukuran ayam',.. disitu khan ada usulan dari Papajier untuk ukuran BOBOT alias KG,... termasuk sampeyan gitu loh...
Tapi khan belum sepakat,..mana yang dipakai... karena ada selisih pendapat.

Makanya... aku usul,.. gimana kalo STANDARD BOBOT (UKURAN) itu dibuat STANDARD BAKU PAPAJI.
Karena ada 2 versi.. makanya supaya dipilih....

Atau mas Ary sudah punya catatan dan dokumen tentang STANDARD BERAT yang dipakai PAPAJI ?? kok aku belum lihat pengumuman resmi di FORUM...

Bisa diinformasikan ? mungkin saja aku yang kliru.. kurang jeli melihat isi forum... lol!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Administrator on Wed 06 Jan 2010, 10:56

nurkhotim wrote:Tuhh kan.. kalo mo dibenerin saja mas Ary sudah sewot,...!?? Mad

Ya elah mas Nur... saya ga sewot koq...
Very Happy

nurkhotim wrote:
Coba mas Ary lihat dulu sejarah topik 'ukuran ayam',.. disitu khan ada usulan dari Papajier untuk ukuran BOBOT alias KG,... termasuk sampeyan gitu loh...
Tapi khan belum sepakat,..mana yang dipakai... karena ada selisih pendapat.

Makanya... aku usul,.. gimana kalo STANDARD BOBOT (UKURAN) itu dibuat STANDARD BAKU PAPAJI.
Karena ada 2 versi.. makanya supaya dipilih....

Atau mas Ary sudah punya catatan dan dokumen tentang STANDARD BERAT yang dipakai PAPAJI ?? kok aku belum lihat pengumuman resmi di FORUM...

Bisa diinformasikan ? mungkin saja aku yang kliru.. kurang jeli melihat isi forum... lol!

Jadi gini mas... Selama ini, PAPAJI selalu menimbang ayam sebelum gebrak. Ayam yg digebrak beratnya diupayakan harus sama. Kalaupun berbeda, harus kurang dari 1 ons. Tidak boleh lebih.
Contoh : Ayam saya berat 3,2kg. Dipasangkan utk gebrak dg ayam lain dgn berat 3,15 s/d 3,25kg.
Tanpa dipegangpun, tandingan dgn menggunakan berat badan akan selalu 'match' (jalu dibungkus/dianggap sama).

Karena sudah terbiasa menimbang ayam, maka teman2 sudah bisa membayangkan berapa besar ayam dalam satuan kilogram.
Contoh, kalau mas Nur mau jual ayam 3,1kg saya sudah bisa mengira2 seberapa besar ayam tsb.
Kalau pakai ukuran biasa, mas Nur mungkin bilang itu ukuran 7,5 padahal menurut saya mungkin ukuran 6, menurut teman lain bisa saja ukuran 8.

Ini sama aja kalau saya analogikan, ada yg nawarin wanita utk mas Nur buat jadi teman kencan.
Mas... ada cewe nih... badan langsing, berat 48kg.
Kira2 mas Nur tau lah...
Coba kalo : "Mas... ada cewe nih... ukuran 7" ---> gimana bayanginnya...????
hehehe...
Razz

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  nurkhotim on Wed 06 Jan 2010, 11:57

Administrator wrote:
nurkhotim wrote:Tuhh kan.. kalo mo dibenerin saja mas Ary sudah sewot,...!?? Mad

Ya elah mas Nur... saya ga sewot koq...
Very Happy

nurkhotim wrote:
Coba mas Ary lihat dulu sejarah topik 'ukuran ayam',.. disitu khan ada usulan dari Papajier untuk ukuran BOBOT alias KG,... termasuk sampeyan gitu loh...
Tapi khan belum sepakat,..mana yang dipakai... karena ada selisih pendapat.

Makanya... aku usul,.. gimana kalo STANDARD BOBOT (UKURAN) itu dibuat STANDARD BAKU PAPAJI.
Karena ada 2 versi.. makanya supaya dipilih....

Atau mas Ary sudah punya catatan dan dokumen tentang STANDARD BERAT yang dipakai PAPAJI ?? kok aku belum lihat pengumuman resmi di FORUM...

Bisa diinformasikan ? mungkin saja aku yang kliru.. kurang jeli melihat isi forum... lol!

Jadi gini mas... Selama ini, PAPAJI selalu menimbang ayam sebelum gebrak. Ayam yg digebrak beratnya diupayakan harus sama. Kalaupun berbeda, harus kurang dari 1 ons. Tidak boleh lebih.
Contoh : Ayam saya berat 3,2kg. Dipasangkan utk gebrak dg ayam lain dgn berat 3,15 s/d 3,25kg.
Tanpa dipegangpun, tandingan dgn menggunakan berat badan akan selalu 'match' (jalu dibungkus/dianggap sama).

Karena sudah terbiasa menimbang ayam, maka teman2 sudah bisa membayangkan berapa besar ayam dalam satuan kilogram.
Contoh, kalau mas Nur mau jual ayam 3,1kg saya sudah bisa mengira2 seberapa besar ayam tsb.
Kalau pakai ukuran biasa, mas Nur mungkin bilang itu ukuran 7,5 padahal menurut saya mungkin ukuran 6, menurut teman lain bisa saja ukuran 8.

Ini sama aja kalau saya analogikan, ada yg nawarin wanita utk mas Nur buat jadi teman kencan.
Mas... ada cewe nih... badan langsing, berat 48kg.
Kira2 mas Nur tau lah...
Coba kalo : "Mas... ada cewe nih... ukuran 7" ---> gimana bayanginnya...????
hehehe...
Razz

Masih belum 'nyambung' rupanya.... Crying or Very sad

Begini...mas Ary.
OK lah.. kalo para Papajier yang kemarin sempat atau sudah pernah 'ngandeng',..pake ukuran bobot sudah jalan... it's OK.. no problem.

Yang jadi persoalan adalah "belum semua anggota papaji" yang tahu dan pernah 'nggandeng' seperti cara tersebut.... itu yang pertama.
Kedua : untuk memudahkan dalam hal jual-beli.. supaya ada masa transisi dari UKURAN ANGKA ke UKURAN BERAT.. khan perlu penyesuaian...

Terus terang saja,.. selama ini ambil contoh saja di Pasuruan,. gak usah jauh-jauh..
Berapa sih anggota Papaji di Pasuruan ? paling gak sampai 10 orang.
Sedangkan penghoby ayam di Pasuruan,.. yakin lebih kalo 100 orang... apalagi mas Hendro... yang pembelinya banyak yang non Papaji...(ini cuma terkaan saja...he.he.)
pasti masih memegang standar ukuran angka, bukan berat.

Nahh.. disinilah letak pentingnya kita membuat suatu ukuran proporsional versi Papaji yaitu ada UKURAN BOBOT/BERAT di konversi dengan UKURAN ANGKA seperti yang sudah diusulkan temen-temen.

Begono bosss...

Selain itu,.. ke depan khan PAPAJI mo GOING TO SURFACE,... maka kita perlu melakukan penyesuaian terhadap yang ada,... jangan sampai.. mentang-mentang PAPAJI,.. gak mau pake standar ukuran angka... kan kurang bagus kelihatannya... apalagi nanti banyak anggota baru yang masuk... pasti akan bertanya... karena mereka perlu penyesuaian... dari angka ke berat....

SO,.. ayo,,..kita bikin STANDARD BAKU UKURAN VERSI PAPAJI dimana disitu ada UKURAN BOBOT/BERAT DIKONVERSIKAN KE ANGKA.

Begono boss..... kalo penjelasan ini masih gak dimengerti juga,... ya sudahlah...
lupakan saja.. !!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  arif on Wed 06 Jan 2010, 13:41

Silahkan diumumkan Mas Ary kalau memang belum, kalau pun sudah, diulang lagi juga tidak ada ruginya.. Biar enak semua.. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Administrator on Wed 06 Jan 2010, 15:41

nurkhotim wrote:Begini...mas Ary.
OK lah.. kalo para Papajier yang kemarin sempat atau sudah pernah 'ngandeng',..pake ukuran bobot sudah jalan... it's OK.. no problem.

Yang jadi persoalan adalah "belum semua anggota papaji" yang tahu dan pernah 'nggandeng' seperti cara tersebut.... itu yang pertama.
Kedua : untuk memudahkan dalam hal jual-beli.. supaya ada masa transisi dari UKURAN ANGKA ke UKURAN BERAT.. khan perlu penyesuaian...

Terus terang saja,.. selama ini ambil contoh saja di Pasuruan,. gak usah jauh-jauh..
Berapa sih anggota Papaji di Pasuruan ? paling gak sampai 10 orang.
Sedangkan penghoby ayam di Pasuruan,.. yakin lebih kalo 100 orang... apalagi mas Hendro... yang pembelinya banyak yang non Papaji...(ini cuma terkaan saja...he.he.)
pasti masih memegang standar ukuran angka, bukan berat.

Nahh.. disinilah letak pentingnya kita membuat suatu ukuran proporsional versi Papaji yaitu ada UKURAN BOBOT/BERAT di konversi dengan UKURAN ANGKA seperti yang sudah diusulkan temen-temen.

Begono bosss...

Selain itu,.. ke depan khan PAPAJI mo GOING TO SURFACE,... maka kita perlu melakukan penyesuaian terhadap yang ada,... jangan sampai.. mentang-mentang PAPAJI,.. gak mau pake standar ukuran angka... kan kurang bagus kelihatannya... apalagi nanti banyak anggota baru yang masuk... pasti akan bertanya... karena mereka perlu penyesuaian... dari angka ke berat....

SO,.. ayo,,..kita bikin STANDARD BAKU UKURAN VERSI PAPAJI dimana disitu ada UKURAN BOBOT/BERAT DIKONVERSIKAN KE ANGKA.

Begono boss..... kalo penjelasan ini masih gak dimengerti juga,... ya sudahlah...
lupakan saja.. !!

Saya ngerti mas... Maksudnya, PAPAJI diharapkan meng-konversi dari ukuran berat ke ukuran angka. Gitu khan...???
Nah... Otomatis ayam harus ditimbang dulu untuk menentukan angkanya. Iya tho...
Mas Nur juga harus nimbang dulu ayamnya utk konversi ke angka. Betul ngga...??
Menurut hemat saya, kalo memang sudah ditimbang, ngapain harus dikonversi...??? Sebutin aja berapa berat timbangannya (dalam kilogram).
Gitu lho mas...

Selama ini, orang pakai uikuran angka, karena tdk punya timbangan atau tdk pernah menimbang. Jadi seenaknya aja nyebut 7, 8, 9, dst. Tidak ada patokan yg baku seperti apa ukuran tsb.

Oke lah... kita konversi ukuran berat ke ukuran angka. Kita tentukan misalnya berat 3,2 = ukuran 7. Mungkin semua anggota papaji sudah ngerti bahwa ukuran 7 itu sama dgn 3,2kg. Tapi buat hobiis di pasuruan sana (non papaji) persepsi ukuran 7 bisa beda2 lho...

Mungkin tinggal kita saja mensosialisasikan pada hobiis yg lain (non member) bahwa ada satuan ukuran lain yg lebih pasti dibanding satuan angka. Yaitu satuan berat (kg). Mudah2an pemain lain bisa menerima satuan berat ini. Sekedar info, sebagian pemain di jakarta, sudah paham dan terbiasa dgn satuan berat. Padahal mereka bukan anggota papaji lho...

------------------

Alternatif dugaan sy yg lain, mas Nur berusaha mengkonversi ukuran angka ke dalam ukuran berat. Kalo ada non papaji yg nyebut ukuran 7, kita sudah bisa memperkirakan berapa beratnya. Kalau alternatifnya seperti ini, oke, sy setuju demi penyeragaman.
Tapi ada kendalanya nih... benarkah yg disebut itu ayam ukuran 7..??? Sementara tiap orang non papaji berbeda2 penafsiran tentang ukuran angka.

Contoh nih... kita tetapkan pakai tabel konversi yg sudah ada :
1. ukuran 6 = 2,75 kg s/d 2,9 Kg.
2. ukuran 6,5 = 2,9 kg s/d 3,05 Kg.
3. ukuran 7 = 3,05 kg s/d 3,2 kg.
4. ukuran 7,5 = 3,2 kg s/d 3,35 kg
5. ukuran 8 = 3,35 kg s/d 3,5 Kg
6. ukuran 8,5 = 3,5 kg s/d 3,65 Kg
7. ukuran 9 = 3,65 kg s/d 3,8 kg
8. ukuran 9,5 = 3,8 kg s/d 3,95 Kg
9. ukuran 10 = 3,95 kg s/d 4,1 Kg
10 Ukuran 11 = 4,1 keatas

Utk anggota papaji tidak masalah. Ukuran 7 = 3,05 s/d 3,2kg
Gimana utk non papaji?? Berat 3,05 bisa saja dibilang ukuran 6.

Ujung2nya, utk penyeragaman nasional, kita harus sosialisasikan juga pada semua penghobi, bahwa ukuran 7 = 3,05 s/d 3,2kg.
Untuk membiasakan orang lain menggunakan standart kita, tentu harus ditimbang.
Inilah yg saya maksud. Kalau sudah ditimbang, ngapain di konversi segala..??? Sebutin aja beratnya.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

STANDARD UKURAN AYAM ADUAN VERSI PAPAJI

Post  nurkhotim on Wed 06 Jan 2010, 15:57

Selama ini, orang pakai uikuran angka, karena tdk punya timbangan atau tdk pernah menimbang. Jadi seenaknya aja nyebut 7, 8, 9, dst. Tidak ada patokan yg baku seperti apa ukuran tsb.

Oke lah... kita konversi ukuran berat ke ukuran angka. Kita tentukan misalnya berat 3,2 = ukuran 7. Mungkin semua anggota papaji sudah ngerti bahwa ukuran 7 itu sama dgn 3,2kg. Tapi buat hobiis di pasuruan sana (non papaji) persepsi ukuran 7 bisa beda2 lho...

Mungkin tinggal kita saja mensosialisasikan pada hobiis yg lain (non member) bahwa ada satuan ukuran lain yg lebih pasti dibanding satuan angka. Yaitu satuan berat (kg). Mudah2an pemain lain bisa menerima satuan berat ini. Sekedar info, sebagian pemain di jakarta, sudah paham dan terbiasa dgn satuan berat. Padahal mereka bukan anggota papaji lho...

------------------

Alternatif dugaan sy yg lain, mas Nur berusaha mengkonversi ukuran angka ke dalam ukuran berat. Contoh, kalo ada non papaji yg nyebut ukuran 7, kita sudah bisa memperkirakan berapa beratnya. Kalau alternatifnya seperti ini, oke, sy setuju demi penyeragaman.
Tapi ada kendalanya nih... benarkah yg disebut itu ayam ukuran 7..??? Sementara tiap orang berbeda2 penafsiran tentang ukuran angka.


Nahhh itu dia yang terakhir... PERSIS,..SIS.. yang saya maksud.
Tidak masalah bila ada hobiies yang memiliki persepsi berbeda...
tapi yang pasti, untuk PAPAJIERS khan sudah punya PATOKAN alias STANDAR BAKU.
Justru itulah kesempatan kita sebagai ANGGOTA ORGANISASI PAPAJI untuk memberikan bentuk BAKU bagi penggemar ayam aduan sebagai PIONER, sehingga diharapkan nantinya STANDAR BAKU PAPAJI ini bisa dipakai oleh seluruh penggemar ayam aduan di Indonesia. Khan PAPAJI bukan cuman di Jakarta saja !??? tapi khan visinya ke depan.. untuk seluruh hobbies seluruh indonesia... !!! cheers cheers

Ini saya sudah mulai mensosialisasikan di ayamlaga.com (yang tidak punya standar baku) dimana saya menyebutkan berat 4 kg setara dengan ukuran 8-9 (ini asal comot karena di Papaji belum ada konversi, makanya perlu diadakan sehingga sosialisasi ke tempat lain lebih mudah....)

Jadi... sekarang.. mo yang mana yang dipilih..
Usulan dari Kang Diat,.. apa mas Ary.. ?? ada yang urun rembug ??

lol!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Administrator on Wed 06 Jan 2010, 18:36

nurkhotim wrote:Ini saya sudah mulai mensosialisasikan di ayamlaga.com (yang tidak punya standar baku) dimana saya menyebutkan berat 4 kg setara dengan ukuran 8-9 (ini asal comot karena di Papaji belum ada konversi, makanya perlu diadakan sehingga sosialisasi ke tempat lain lebih mudah....)

Jadi... sekarang.. mo yang mana yang dipilih..
Usulan dari Kang Diat,.. apa mas Ary.. ?? ada yang urun rembug ??

lol!


Apapun standart ukuran angka yg mau kita pakai, tetap kita harus mensosialisasikan penggunaan timbangan.

Jadi, kalau semua sudah pake timbangan, sudah tau ukuran beratnya (kg), ga usah pake ukuran angka lagi donk...

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  nurkhotim on Fri 08 Jan 2010, 16:02

Administrator wrote:
nurkhotim wrote:Ini saya sudah mulai mensosialisasikan di ayamlaga.com (yang tidak punya standar baku) dimana saya menyebutkan berat 4 kg setara dengan ukuran 8-9 (ini asal comot karena di Papaji belum ada konversi, makanya perlu diadakan sehingga sosialisasi ke tempat lain lebih mudah....)

Jadi... sekarang.. mo yang mana yang dipilih..
Usulan dari Kang Diat,.. apa mas Ary.. ?? ada yang urun rembug ??

lol!


Apapun standart ukuran angka yg mau kita pakai, tetap kita harus mensosialisasikan penggunaan timbangan.

Jadi, kalau semua sudah pake timbangan, sudah tau ukuran beratnya (kg), ga usah pake ukuran angka lagi donk...

DEAL....!!! cheers cheers

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  nurkhotim on Fri 08 Jan 2010, 16:06

Administrator wrote:
nurkhotim wrote:Ini saya sudah mulai mensosialisasikan di ayamlaga.com (yang tidak punya standar baku) dimana saya menyebutkan berat 4 kg setara dengan ukuran 8-9 (ini asal comot karena di Papaji belum ada konversi, makanya perlu diadakan sehingga sosialisasi ke tempat lain lebih mudah....)

Jadi... sekarang.. mo yang mana yang dipilih..
Usulan dari Kang Diat,.. apa mas Ary.. ?? ada yang urun rembug ??

lol!


Apapun standart ukuran angka yg mau kita pakai, tetap kita harus mensosialisasikan penggunaan timbangan.

Jadi, kalau semua sudah pake timbangan, sudah tau ukuran beratnya (kg), ga usah pake ukuran angka lagi donk...

Satu lagi : Kalo kita mo pake timbangan, dari ilmu QUALITY MUTU,.. (he.he.he..)
TIMBANGAN HARUS JUGA STANDARD !!.
Jangan sampai nanti :
Si A : Pakai timbangan Duduk (kapasitas 300 kg)
Si B : Pakai timbangan Tarik/ pegas (kapasitas 20 kg !?)
Si C : Pakai timbangan berat badan (kapasitas ...kg ??)

Mengingat kemarin sempat dibuat standar dari mas ARy yang ada 1 atau 2 angka di belakang koma, maka timbangan juga harus standard ada 2 angka di belakang koma.

Kemarin aku coba pake timbangan badan.. waduhhh,.. nggak ada komanya,.. jadinya cuman feeling,. ini hampir 4 kg,.. mungkin 3,7/ 3,8 kg... he.he.he..

SO... standardkan juga pake timbangan yang bagaimana ?

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

timbangan ayam

Post  Administrator on Fri 08 Jan 2010, 18:09

Ini timbangan yg biasa sy pakai. Alas timbangan sy ganti dgn triplek. Lebih bagus lagi kalau tripleksnya dikasih karpet.



Sory timbangannya udah jelek...
Embarassed

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  ferry bun on Fri 08 Jan 2010, 22:49

Administrator wrote:Ini timbangan yg biasa sy pakai. Alas timbangan sy ganti dgn triplek. Lebih bagus lagi kalau tripleksnya dikasih karpet.



Sory timbangannya udah jelek...
Embarassed
Pak admin berarti tripleknya dibaut toh.

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Administrator on Fri 08 Jan 2010, 22:57

ferry bun wrote:Pak admin berarti tripleknya dibaut toh.

Betul bang Ferry. Itu baut asli dari timbangannya. Lubangnya sudah tersedia.
Tinggal dilepas palang besinya (pake baut), bolongin tripleksnya pake bor atau paku, lalu tinggal pasang di lubang yg ada dgn baut aslinya.
Gampang koq...
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  santoso on Sat 30 Jan 2010, 21:47

Memang betul, ada ayam dgn berat diatas 4kg. Tapi pada kenyataannya di gelanggang, ini sangat jarang dan hampir tidak pernah ada.
Kebanyakan yg terbesar di kalangan adlh berat 3,8-3,9kg. Itupun sudah sulit sekali cari musuh.

Jadi, penggolongan kelas berdasar ukuran 5,6,7,8,9, sy rasa masih kurang. Harus ada 5,5 ; 6 ; 6,5 ; 7 ; 7,5 dst...[/quote]


setuju mas saya juga merasa kayak gitu yang sering saya temukan adalah berat badan ayam yang sering di bawa ke gelanggang bekisar 3 kilo sampek 3.8 kilo selebih itu susah banget nyari musuh

santoso
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.10.09
Age : 45
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Ternak Ayam on Fri 09 Sep 2011, 00:42

Yang terlintas pertama kali saat mendengar "ukuran ayam" adalah BESARNYA AYAM (TEPATNYA TINGGI AYAM/JANGKUNG)
Karena ayam Bangkok identik dengan "ayam jangkung"
BESAR, TINGGI dan GAGAH.

Sebaiknya ukuran ayam tidak meremehkan tingginya ayam.
karena berat ayam bisa jadi karena "gendut"/ berlemak, atau berotot.

Ternak Ayam

Jumlah posting : 5
Join date : 16.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: UKURAN AYAM

Post  Sponsored content Today at 21:47


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik