Ayam kurap

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ayam kurap

Post  djinggo lampung on Sat Dec 31, 2011 12:52 am

Jika ayam kurap (muka putih"),dbiarkan saja,apakah itu bisa berbahaya? Smpai menyebabkan kematian? Dan menular nggak ke ayam yg lain?

djinggo lampung
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 208
Join date: 27.12.11
Age: 24
Lokasi: lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam kurap

Post  Zhai99 on Sat Dec 31, 2011 8:03 am

djinggo lampung wrote:Jika ayam kurap (muka putih"),dbiarkan saja,apakah itu bisa berbahaya? Smpai menyebabkan kematian? Dan menular nggak ke ayam yg lain?
ikut nunggu jawaban ..

Zhai99
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 132
Join date: 13.11.11
Age: 22
Lokasi: MAKASSAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam kurap

Post  herikris haidar on Sat Dec 31, 2011 8:57 am

djinggo lampung wrote:Jika ayam kurap (muka putih"),dbiarkan saja,apakah itu bisa berbahaya? Smpai menyebabkan kematian? Dan menular nggak ke ayam yg lain?
Sebaiknya jangan dibiarkan mas, kurap yang menyerang pada muka ayam kalau dibiarkan akan terus menjalar keseluruh tubuh dan akan sangat mempengaruhi kondisi ayam. ayam yang terkena kurap biasanya kondisi kesehatannya akan menurun dan kalau dibiarkan bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya dan disinilah ayam akan rentan terkena penyakit lain yang mungkin sangat berbahaya dan bahkan dapat menimbulkan kematian.
Pada intinya jangan pandang remeh penyakit kurap yang menyerang dan penyakit ini sangat menular!

Salam kenal mas, mohon ma'af kalau ada jawaban yang kurang berkenan... maklum pemula.

herikris haidar
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 846
Join date: 02.07.11
Age: 38
Lokasi: jati sampurna, bekasi

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam kurap

Post  W15NUV4 on Sat Dec 31, 2011 9:13 am

herikris haidar wrote:
djinggo lampung wrote:Jika ayam kurap (muka putih"),dbiarkan saja,apakah itu bisa berbahaya? Smpai menyebabkan kematian? Dan menular nggak ke ayam yg lain?
Sebaiknya jangan dibiarkan mas, kurap yang menyerang pada muka ayam kalau dibiarkan akan terus menjalar keseluruh tubuh dan akan sangat mempengaruhi kondisi ayam. ayam yang terkena kurap biasanya kondisi kesehatannya akan menurun dan kalau dibiarkan bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya dan disinilah ayam akan rentan terkena penyakit lain yang mungkin sangat berbahaya dan bahkan dapat menimbulkan kematian.
Pada intinya jangan pandang remeh penyakit kurap yang menyerang dan penyakit ini sangat menular!

Salam kenal mas, mohon ma'af kalau ada jawaban yang kurang berkenan... maklum pemula.

ini obat kurap yang saya kumpulkan dari forum PAPAJI!
- pakai Medis Aja per oral NIZORAL 200mg cara pemakaian diberi 1x 1hari selama 3 hari ayam jangan mandi satu minggu setelah 1 minggu dimandikan kurap yang dibadan ayam akan lepas semua.
Ada teman yg mengajurkan, ayam korep dikasih makan cicak 1 ekor tiap hari. Cicak harus yg putih/kuning bersih, jangan yg kecoklatan. Menurut teman, dalam 3 hari sudah sembuh korepnya.
Intinya harus rajin dibersihkan tiap hari. Diusap/bersihkan pakai air hangat tiap sore.
Pakai salep alber-T memang manjur. Tapi nyarinya agak susah, krn hanya dijual di toko tertentu (obat import bangkok). Kalau pakai Alber-T, sebaiknya muka jangan kena air dulu.
Sy pernah nyoba2 pake salep luka Betadine pada korep. Ternyata bisa sembuh juga koq Tapi harus dibersihkan dulu sampai benar2 bersih.
Tapi kalau pakai betadine, dimandikan boleh saja. Sorenya kembali dibersihkan korepnya dan dioles betadine lagi.
Dengan obat panu crem sebelumnya cuci bersih seperti ulasan teman diatas sudah biasa.
Dengan Obat per Oral Nizoral 200 mmg berikan pada ayam dengan dosis 1tablet x 1 hari selama 2 sampai 3 hari biarkan selama 1 minggu jangan dimandikan dulu.
Pake obat biru mas (sejenis obat merah/betadin, tp warnanya biru ' mentilan biru') tp ayam jgn terkena air dulu (bagian yg kasih obat biru.
untuk obat korep yang tradisional ada yakni minyak goreng dicampur dengan lirang/belerang. Caranya ya dioleskan pada bagian yang kena korep sekali aja yang merata dan jangan kena air sampai kering kira-kira 1 minggu dah sembuh.
Dengan minyak kemiri, caranya kemiri dibakar tap jangan terlalu gosong kemudian di remas2 sampe keluar minyaknya oleskan pada bagian korep maximal 3 x udah bisa sembuh, tapi selama pengobatan ayamnya jangan kena Air.
Aku pernah coba pake daktarin, pagi dan sore di olesin, selama seminggu kurap nya ilang.
Ambil daun beluntas campur garam sedikit tmbuk halus kemudian gosokan pada kepalanya / kulit yg kena korep lepas dioles jgn kena di jemur ayamnya selama 1minggu insaallah boleh sembuh.

Kalo ane pernah nyoba pake ketosonasol, ada yang salep ada yang pil. tapi klo menurut ane seneng yang pake salep karena obat luar. Kata temenku klo yang pil trus diminumkan ayam jadi lemas. caranya di bersihkan dulu korep nya pake sikat gigi sampai bersih trus di salep. klo bisa 1 minggu pengobatan biar tuntas. Ada satu lagi obat aneh tapi mujarab, ane juga pernah pake. Sikat korep dengan sikat gigi sampai bekasnya merah ( kurepnya bersih ) trus di olesi sabun colek. Nanti bekas lukanya lama2 jadi hitam dan ngelupas dan alhasil kurep ilang.
Pake zoralin aj mas.tu obat penyakit kulit buat manusia cr di apotek 1500 sbiji kasih sebelah tiap hari paling beberapa hari udah rontok korepny tp hati2 obat keras.
Tuk obat korep coba pake KETOCONAZOLE.
Pakai saja MiZORAL beli diapotik dalam kasus ayam sudah seluruh badan siapkan saja 6 butir Mizolar dikasih peroral selama 1 minggu.
Saya sudah nyoba diolesin margarine, tapi sebelumnya dibersihkan dulu sampe bersih, dilap dengan kain kering, lalu diolesi margarine, hasilnya cukup bagus.
Kasih makan kadal kali yg warna sampingnya kuning atau merah biarkan tdk usah dimandikan nanti juga akan sembuh sendiri.
Diolesin pake minyak goreng yg habis buat goreng ikan teri, tak jamin 3hr pasti rontok.
Kasih salep 88 pasti 2hr langsung rontok korepnya.
Coba pake salef Formico. Formiko ada dua macam, salep ma tablet, jika korep sudah parah/sampai dibadan coba pake salep ini 1x seminggu.
lebih baik lagi jika memakai dua2nya.

W15NUV4
Jendral
Jendral

Jumlah posting: 1759
Join date: 01.11.10
Age: 35
Lokasi: serang

http://www.papaji.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam kurap

Post  djinggo lampung on Sat Dec 31, 2011 5:28 pm

Mkasih rekan papaji... Saran saya jika msih bs,jg minum obat kimia. Dan jdikan zoralin alternatif trakhir. Ayam saya sy ksih zoralin wafat mas. Trnyta teman sya jg pernah memberi ayam zoralin dan esokny ayam mati,dan biru badannya

djinggo lampung
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 208
Join date: 27.12.11
Age: 24
Lokasi: lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam kurap

Post  amrikhs on Sat Dec 31, 2011 6:49 pm

Zoralin setahu saya termasuk obat dosis tinggi , hati hati pemanfaatannya,kalau saya pakai obat china mas, beli di toko shin she namanya salep Sha Hsien Chin murah kok paling 13 rb/ yang agak mahal piyang ping 999 sekitar 30 rb bisa dipakai berkali2. caranya sebelum di salep dibersihin ampe bersih terus diolesin, kalau dah parah tiap hari smp seminggu, insya Allah cakep lagi tu ayam. Sedang pencegahannya spy tidak datang kurap ayam yg habis diabar/ditarungkan setelah dibersihin/mandi diolesin salep Enbatic harga cm 7 rb, luka cepat kering dan kurap tidak datang. smoga membantu mengatasi permasalahan.

amrikhs
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 134
Join date: 03.06.11
Lokasi: Solobaru- Sukoharjo

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam kurap

Post  djinggo lampung on Tue Jan 03, 2012 7:03 am

Iya,,pakek salep kyaknya jauh lbih aman,,,mkasih mas informasinya

djinggo lampung
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 208
Join date: 27.12.11
Age: 24
Lokasi: lampung

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam kurap

Post  didik adi on Tue Jan 03, 2012 10:41 am

djinggo lampung wrote:Jika ayam kurap (muka putih"),dbiarkan saja,apakah itu bisa berbahaya? Smpai menyebabkan kematian? Dan menular nggak ke ayam yg lain?
kalo pengalaman saya, ayam kurap dibiarkan kena hujan sebentar dan gak sampe 3 hari dah mulai sembuh... Laughing

didik adi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 506
Join date: 20.05.11
Lokasi: weleri, jawa tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam kurap

Post  AgungKurnia on Tue Jan 03, 2012 10:45 am

Saya kasih tambahan mas...

Dari yang pernah saya lakukan, kurap/korep yang pernah mendera ayam saya sembuhnya waktu itu dengan dilukai pada daerah yang terkena kurap. jadi kurap dibersihkan/digosok dengan spoon kasar + air hangat sampai kulit terluka/keluar darah setelah itu dibersihkan darahnya baru diolesi obat luar ( salep ).
Memang terdengar ekstrim tapi terbukti ampuh.. Laughing
Dari kejengkelan yang membuahkan hasil he he he pisss.

salam.

AgungKurnia
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 71
Join date: 28.12.11
Lokasi: Singosari - Malang, Selopuro - Blitar, Bojonegoro

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ayam kurap

Post  DRACO on Tue Apr 03, 2012 3:25 pm

makasih , penjelasan di atas sangat membantu. apalagi penghobi jauh spt saya yg sulit dpt albert T
klo boleh tanya ttg komposisi obat2an di atas . baik salep dan pil. agar bisa cari merk lain yg punya komposisi paling mendekati obat2an tsb. salam dan makasih atas masukannya Smile

DRACO
kopral
kopral

Jumlah posting: 17
Join date: 11.03.12
Age: 44
Lokasi: Nusa Tenggara Timur

http://ayamindonesia.com/

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik