perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  mustofa on Tue 03 Jan 2012, 13:37

saya telah baca artikel bang admin ttg merawat dan melatih,, dan saya sangat setuju...
trus yg mau sy tanyakan untuk ayam yg sdah tarung dan menang apakah cara melatih ms sama dengan ayam muda?? ato mungkin ada tips ato cara lain?? di share dunk ilmunya para suhu,,, matur thankyu... Laughing Laughing

mustofa
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 75
Join date : 17.08.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  Zhai99 on Tue 03 Jan 2012, 15:15

kykx thread ini menarik ...
ikut nunggu jwban .. Smile Smile

Zhai99
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 132
Join date : 13.11.11
Age : 24
Lokasi : MAKASSAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  Administrator on Tue 03 Jan 2012, 23:51

Tujuan latih :
- Ayam muda : Meingkatkan stamina, tenaga dan otot.
- Ayam sudah tarung : Menjaga stamina dan tenaganya tetap dalam kondisi prima.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6420
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  topanbadai on Wed 04 Jan 2012, 11:55

Administrator wrote:Tujuan latih :
- Ayam muda : Meingkatkan stamina, tenaga dan otot.
- Ayam sudah tarung : Menjaga stamina dan tenaganya tetap dalam kondisi prima.

Apa berarti ayam sudah tarung latihannya tidak perlu seberat ayam yang masih muda mas Ari?

topanbadai
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 654
Join date : 07.09.10
Age : 42
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  Administrator on Wed 04 Jan 2012, 13:38

topanbadai wrote:
Administrator wrote:Tujuan latih :
- Ayam muda : Meingkatkan stamina, tenaga dan otot.
- Ayam sudah tarung : Menjaga stamina dan tenaganya tetap dalam kondisi prima.

Apa berarti ayam sudah tarung latihannya tidak perlu seberat ayam yang masih muda mas Ari?
Asumsi saya, ayam sudah tarung itu berarti sudah punya stamina, dan otot yg bagus.
Jadi tinggal jaga kondisi saja.
Bila ayam sudah siap, dilatih berat, resiko ayam jadi letih (kehilangan tenaga).
Nanti tarungnya jadi tertunda lagi krn butuh waktu istirahat.

Kecuali bila pada tarung yg terakhir stamina dan ototnya masih terlihat loyo, silakan dilatih lagi.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6420
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  mustofa on Wed 04 Jan 2012, 20:58

brati latihan, jemur ato gebrak sdh gak lg kah?? cz stlh tarung saya hanya kurung saja dan diberi vitamin 2x seminggu,,
kalo bisa lebih detail bang admin,,,
cz ayam yg sdh menang bikin banyak yg pnasaran, hehe...
ato mungkin ada tambahan dari kawan2 yg lain?? monggo...
Laughing Laughing Very Happy

mustofa
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 75
Join date : 17.08.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  Administrator on Thu 05 Jan 2012, 00:35

mustofa wrote:brati latihan, jemur ato gebrak sdh gak lg kah?? cz stlh tarung saya hanya kurung saja dan diberi vitamin 2x seminggu,,
kalo bisa lebih detail bang admin,,,
cz ayam yg sdh menang bikin banyak yg pnasaran, hehe...
ato mungkin ada tambahan dari kawan2 yg lain?? monggo...
Laughing Laughing Very Happy
Prinsipnya, latihan dan jemur bagi ayam siap adlh utk menjaga kebugaran. Jadi cuma latih/jemur ringan2 saja.
Kalau dibiarkan tidak dilatih, ayam akan kembali jadi kaku atau gemuk. Tapi kalau terlalu banyak latihan, ayam akan lelah.

Gebrak pada ayam yg sudah siap tarung tujuannya bukan lagi utk meningkatkan stamina dan otot, melainkan semacam 'gladi resik' guna melihat/memastikan kondisi kebugarannya menjelang berlaga.
Yg diperhatikan ketika gebrak adlh semangat/napsu/emosi berkelahi, kegesitan, dan power pukulannya.
Kalau sudah terpenuhi semua, segera hentikan gebrak.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6420
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  topanbadai on Thu 05 Jan 2012, 10:01

Administrator wrote:
mustofa wrote:brati latihan, jemur ato gebrak sdh gak lg kah?? cz stlh tarung saya hanya kurung saja dan diberi vitamin 2x seminggu,,
kalo bisa lebih detail bang admin,,,
cz ayam yg sdh menang bikin banyak yg pnasaran, hehe...
ato mungkin ada tambahan dari kawan2 yg lain?? monggo...
Laughing Laughing Very Happy
Prinsipnya, latihan dan jemur bagi ayam siap adlh utk menjaga kebugaran. Jadi cuma latih/jemur ringan2 saja.
Kalau dibiarkan tidak dilatih, ayam akan kembali jadi kaku atau gemuk. Tapi kalau terlalu banyak latihan, ayam akan lelah.

Gebrak pada ayam yg sudah siap tarung tujuannya bukan lagi utk meningkatkan stamina dan otot, melainkan semacam 'gladi resik' guna melihat/memastikan kondisi kebugarannya menjelang berlaga.
Yg diperhatikan ketika gebrak adlh semangat/napsu/emosi berkelahi, kegesitan, dan power pukulannya.
Kalau sudah terpenuhi semua, segera hentikan gebrak.

Setelah itu berapa lama lagi masa tunggu untuk pemulihannya mas?

topanbadai
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 654
Join date : 07.09.10
Age : 42
Lokasi : Banda Aceh

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  Administrator on Thu 05 Jan 2012, 12:18

topanbadai wrote:Setelah itu berapa lama lagi masa tunggu untuk pemulihannya mas?
Kalau cuma gebrak ringan 5 menit, pakai unthulan yg dibungkus, dan kondisinya ketika gebrak sudah top performance, maka 4-5 hari kemudian sudah bisa turun kembali.


Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6420
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  mustofa on Thu 05 Jan 2012, 17:56

masukan untk pemula yang selalu yahud dari bang admin.....
Thankyu bang admin... Very Happy Very Happy

mustofa
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 75
Join date : 17.08.11

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  AgungKurnia on Fri 06 Jan 2012, 10:59

Sekedar tambahan...

Pastikan kondisi ayam dalam keadaan sehat dalam masa pelatihan ataupun penggebrakan.
jangan sampai :
1. ayam kondisi kurang sehat dilatih ( misal: kliter/lari ), ntar yang ada ayam ga lari n dikira kurang memiliki mental bagus. asusmsinya begini saja, kita saja jika dalam kondisi sakit disuruh lari.. pasti kan ogah2an. Laughing
2. ayam kondisi kurang sehat dijemur ( apalagi yang berlebihan ), eh pengennya berat badan n nafas/stamina bagus tapi yang ada ayam tambah drop, karena seharusnya butuh istirahat.
3. ayam kondisi kurang sehat digebrakin, ntar yang ada ayam malah lari dan dikira kurang memiliki pukulan & kualitas yang bagus.
thanks..

Salam,
Go papaji go... cheers

AgungKurnia
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 71
Join date : 28.12.11
Lokasi : Singosari - Malang, Selopuro - Blitar, Bojonegoro

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  Administrator on Fri 06 Jan 2012, 12:03

AgungKurnia wrote:Sekedar tambahan...

Pastikan kondisi ayam dalam keadaan sehat dalam masa pelatihan ataupun penggebrakan.
jangan sampai :
1. ayam kondisi kurang sehat dilatih ( misal: kliter/lari ), ntar yang ada ayam ga lari n dikira kurang memiliki mental bagus. asusmsinya begini saja, kita saja jika dalam kondisi sakit disuruh lari.. pasti kan ogah2an. Laughing
2. ayam kondisi kurang sehat dijemur ( apalagi yang berlebihan ), eh pengennya berat badan n nafas/stamina bagus tapi yang ada ayam tambah drop, karena seharusnya butuh istirahat.
3. ayam kondisi kurang sehat digebrakin, ntar yang ada ayam malah lari dan dikira kurang memiliki pukulan & kualitas yang bagus.
thanks..

Salam,
Go papaji go... cheers
Betul mas... layaknya manusia, kalau kondisi tidak fit, apalagi sakit, harus diobati dulu dan istirahat sampai sembuh. Setelah sehat, baru latihan lagi bertahap.



Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6420
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  ayam betatto on Sun 08 Jan 2012, 18:45

Mohon izin nanya pak admin:
#renang:untuk latihan renang,waktunya kira2 brp lama?
Klo yg udah sy laksanakan, sampe ayamnya menggigil, n pas diangkat ayamnya ga bisa.
Berdiri pak, apakah sudah benar? Atau malah merusak ayam?

#jemur: sehabis renang, ayam lgs dijemur..jemurnya kira2 brp lama ya pak?

Untuk semua latihan ayam, apakah ayamnya dikasih makan dulu, atau dlm kondisi perut kosong?

Nuhun

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  Administrator on Sun 08 Jan 2012, 18:51

ayam betatto wrote:Mohon izin nanya pak admin:
#renang:untuk latihan renang,waktunya kira2 brp lama?
Klo yg udah sy laksanakan, sampe ayamnya menggigil, n pas diangkat ayamnya ga bisa.
Berdiri pak, apakah sudah benar? Atau malah merusak ayam?
Tidak usah lama2. Cukup 5-10 menit saja tergantung kondisi ayam.
Kalau ayam sampai tidak bisa berdiri, sepertinya terlalu berlebihan. Itu tanda ayam kecapean sekali.

ayam betatto wrote:
#jemur: sehabis renang, ayam lgs dijemur..jemurnya kira2 brp lama ya pak?
kalau habis renang, jemur sampai sekedar kering saja. Tidak usah kelamaan.

ayam betatto wrote:
Untuk semua latihan ayam, apakah ayamnya dikasih makan dulu, atau dlm kondisi perut kosong?

Nuhun
Sebaiknya sarapan.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6420
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  ayam betatto on Sun 08 Jan 2012, 19:13

Mohon izin nanya(lg) Very Happy
Selama ini sy melatih fisik ayam 5 hari dlm 1minggu, hari ke 6 abar (dgn ayam sendiri) Embarassed 1hari istirahat full, latihan sebelum kerja, dilanjutkan setelah plg kerja, jam 17 di kasih makan..
Apakah sudah betul, pola yg sy lakukan, mohon maaf sebelumnya, bila pertanyaan terlalu mendasar,karena baru 2-3blnan hobie ayam....
Nuhun

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  Administrator on Sun 08 Jan 2012, 19:21

ayam betatto wrote:Mohon izin nanya(lg) Very Happy
Selama ini sy melatih fisik ayam 5 hari dlm 1minggu, hari ke 6 abar (dgn ayam sendiri) Embarassed 1hari istirahat full, latihan sebelum kerja, dilanjutkan setelah plg kerja, jam 17 di kasih makan..
Apakah sudah betul, pola yg sy lakukan, mohon maaf sebelumnya, bila pertanyaan terlalu mendasar,karena baru 2-3blnan hobie ayam....
Nuhun
Sebaiknya hari ke 6 istirahat. Hari ke 7 diabar.

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6420
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  ayam betatto on Sun 08 Jan 2012, 19:42

Thx pak

ayam betatto
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 740
Join date : 17.09.11
Lokasi : Jakarta-Subang-Bandung PP

Kembali Ke Atas Go down

merawat ayam muda

Post  aden agung on Fri 28 Dec 2012, 12:27

Salam kenal semuanya...
mas sy penghoby baru ayam bangkok, mas mhn pencerahan dr senior..
skrg sy mempunyai ayam bangkok yg umurnya sktr 5-6bln postur nya tegap,tinggi, sdikit kurus (blm berkokok) , yg mau saya tantakan gmana dan apa yg hrs sy lakukan perawatanya dgn ayam umur sprti itu?

aden agung

Jumlah posting : 5
Join date : 28.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  mard_dian on Fri 28 Dec 2012, 13:56

TAMBAH PENGALAMAN MAS,,
AYAM JALU/TAJI :
- Kalau ayam jalu baiknya kondisi tubuh /usahakan dalam keadaan ringan,,kasih makan gabah aja. vitamin sesuai kondisi ayam,
- Usakan dalam pengairan jangan terlalu basah ( karna ayam jalu pada air pertama yg di maksimalkan)
- Perbanyak Umbaran
- Pasang deker/pengaaman di atas da bawah jalu (pakai hansaplas/yg lain )tujuan saat tarung agar tidak terkena taji/jalu sendiri,,
- Usahakan cermat2 memilih tanding/Selera ayam kita..(kesukaan ayan kita terhadap musuh..suka sayap/samping/depan/belakang/narik dasi)


AYAM TANPA JALU/LEPEK
- Sesuaikan berat dengan besar/kecil nya ayam kita
- Makanan beras merah + makanan yg di butuhkan agar berat pukulan maksimal
- Usahakan dalam pengairan agak basak masah terutama di dada dan sela2 kaki ( agar tahan lama dalam pernafasan dan pukulan yg akurat)
- Usahakan cermat2 memilih tanding/Selera ayam kita..(kesukaan ayan kita
terhadap musuh..suka sayap/samping/depan/belakang/narik dasi)

HANYA ITU YG KU TAU,,,MUNGKIN ADA YG MAU MENAMBAHKAN,,,SILAHKAN,,
DI TERIMA DENGAN TULUS ..XIXIXI Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

mard_dian
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 311
Join date : 05.08.10
Lokasi : jogja

http://www.@,,,yahoo.com

Kembali Ke Atas Go down

mas mard tlng dkasih pencerahan soal pertanyaan sy dong

Post  aden agung on Fri 28 Dec 2012, 14:24

mard_dian wrote:TAMBAH PENGALAMAN MAS,,
AYAM JALU/TAJI :
- Kalau ayam jalu baiknya kondisi tubuh /usahakan dalam keadaan ringan,,kasih makan gabah aja. vitamin sesuai kondisi ayam,
- Usakan dalam pengairan jangan terlalu basah ( karna ayam jalu pada air pertama yg di maksimalkan)
- Perbanyak Umbaran
- Pasang deker/pengaaman di atas da bawah jalu (pakai hansaplas/yg lain )tujuan saat tarung agar tidak terkena taji/jalu sendiri,,
- Usahakan cermat2 memilih tanding/Selera ayam kita..(kesukaan ayan kita terhadap musuh..suka sayap/samping/depan/belakang/narik dasi)


AYAM TANPA JALU/LEPEK
- Sesuaikan berat dengan besar/kecil nya ayam kita
- Makanan beras merah + makanan yg di butuhkan agar berat pukulan maksimal
- Usahakan dalam pengairan agak basak masah terutama di dada dan sela2 kaki ( agar tahan lama dalam pernafasan dan pukulan yg akurat)
- Usahakan cermat2 memilih tanding/Selera ayam kita..(kesukaan ayan kita
terhadap musuh..suka sayap/samping/depan/belakang/narik dasi)

HANYA ITU YG KU TAU,,,MUNGKIN ADA YG MAU MENAMBAHKAN,,,SILAHKAN,,
DI TERIMA DENGAN TULUS ..XIXIXI Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

aden agung

Jumlah posting : 5
Join date : 28.12.12

Kembali Ke Atas Go down

merawat ayam muda

Post  aden agung on Fri 28 Dec 2012, 21:52

Trims mas mard, ats pencerahan nya ayam saya tipe jalu lepek (pukul). Saya prnh coba abar sesama teman yg sm umurnya ayam musuh pada lari, tp esok hr nya sy abar lg yg lwbih tua dr ayam sy gak sampai 5 mnt ayam sy yg lari, trus esok hrnya nafsy ayam sy krng nafsu makan, mas dan admin apa sdh blh sy ganti makan nya sm beras merah dan padi saatt ini krn slm ini sy kasih foor sm nasi aja, tlng pencerahan nya mas admin dan senior di paparaji! Trims

aden agung

Jumlah posting : 5
Join date : 28.12.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  RyanMonok on Wed 20 Aug 2014, 22:35

pitik izin sedot ilmu bang.,.
study study study

"ayam mahal belum tentu juara, ayam juara sudah pasti mahal"

RyanMonok
kopral
kopral

Jumlah posting : 26
Join date : 17.08.14
Lokasi : kebumen

Kembali Ke Atas Go down

Re: perbedaan melatih ayam muda dengan ayam yg sudah tarung

Post  Sponsored content Today at 17:14


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik