Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  agustriono on Thu 05 Jan 2012, 16:54

dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan

agustriono
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 11.02.10
Lokasi : yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  harno on Thu 05 Jan 2012, 19:21

Satu hal yang mungkin tidak terpikir oleh masyarakat untuk tetap mempertahankan dan mengembangbiakan ayam segong/saigon tsb agar keberadaannya tetap ada di Makasar, namun demikian, ayam tsb masih bisa ditemukan di tempat lain.

Masyarakat menganggap/menyamaratakan ayam segong/saigon tsb dengan ayam kampung sehingga dalam pemeliharaannya sama seperti ayam kampung dan kemungkinan besar tidak dipotong waktu lebaran saja, bisa jadi kalo lagi pengen makan pake lauk daging ayam tiap minggu motong ayam segong/saigon.

Harga ayam segong/saigon tsb di Makasar sama dengan harga ayam kampung karena saking banyaknya, sedangkan di kota lain orang sangat senang dan bangga jika punya ayam segong/saigon.

Harga ayam segong/saigon di luar kota Makasar masih mahal, begitu tahu bahwa di Makasar ayam segong/saigon sering dipotong untuk lauk pauk dan kemungkinan harganya sama dengan harga ayam kampung, sehingga mereka berburu untuk membeli ayam tsb di Makasar.

Mungkin ada tambahan dari yang lain

harno
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 595
Join date : 03.02.11
Age : 44
Lokasi : Sukoharjo - Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  Zhai99 on Thu 05 Jan 2012, 20:26

harno wrote:
Satu hal yang mungkin tidak terpikir oleh masyarakat untuk tetap mempertahankan dan mengembangbiakan ayam segong/saigon tsb agar keberadaannya tetap ada di Makasar, namun demikian, ayam tsb masih bisa ditemukan di tempat lain.

Masyarakat menganggap/menyamaratakan ayam segong/saigon tsb dengan ayam kampung sehingga dalam pemeliharaannya sama seperti ayam kampung dan kemungkinan besar tidak dipotong waktu lebaran saja, bisa jadi kalo lagi pengen makan pake lauk daging ayam tiap minggu motong ayam segong/saigon.

Harga ayam segong/saigon tsb di Makasar sama dengan harga ayam kampung karena saking banyaknya, sedangkan di kota lain orang sangat senang dan bangga jika punya ayam segong/saigon.

Harga ayam segong/saigon di luar kota Makasar masih mahal, begitu tahu bahwa di Makasar ayam segong/saigon sering dipotong untuk lauk pauk dan kemungkinan harganya sama dengan harga ayam kampung, sehingga mereka berburu untuk membeli ayam tsb di Makasar.

Mungkin ada tambahan dari yang lain
ada kemungkinan bgitu bro ..

Zhai99
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 132
Join date : 13.11.11
Age : 24
Lokasi : MAKASSAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  Zhai99 on Thu 05 Jan 2012, 20:29

pistol25 wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan
klw blh tau dmnki tnggl di makassar ??

Zhai99
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 132
Join date : 13.11.11
Age : 24
Lokasi : MAKASSAR

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  agustriono on Thu 05 Jan 2012, 20:58

Zhai99 wrote:
pistol25 wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan
klw blh tau dmnki tnggl di makassar ??
sy dikomplex ex pkg bontomarannu

agustriono
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 11.02.10
Lokasi : yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  agustriono on Thu 05 Jan 2012, 21:00

pistol25 wrote:
Zhai99 wrote:
pistol25 wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan
klw blh tau dmnki tnggl di makassar ??
sy dikomplex ex pkg bontomarannu
kt ada punya saigon

agustriono
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 11.02.10
Lokasi : yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  agustriono on Fri 06 Jan 2012, 09:33

pistol25 wrote:
pistol25 wrote:
Zhai99 wrote:
pistol25 wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan
klw blh tau dmnki tnggl di makassar ??
sy dikomplex ex pkg bontomarannu
kt ada punya saigon
1ji sy punya daeng itupun saigon gondrong jantan lg cr betina ka ini juga

agustriono
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 11.02.10
Lokasi : yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  Administrator on Fri 06 Jan 2012, 12:05

pistol25 wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan

Pengertian umum, saigon itu adlh jenis ayam yg berasal dari negri vietnam.
Umumnya kepala dan leher botak. Tapi banyak juga yg tidak botak dan berbulu normal.

Ayam asli Indonesia ada juga yg botak. Contohnya ayam bali dan beberapa jenis ayam kampung.

Nah, yg dimaksud mas pistol25 tentang ayam saigon yg dilepas di kebun, apakah ayam asli dari vietnam? Ataukah ayam asli Indonesia?

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6447
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  agustriono on Fri 06 Jan 2012, 12:27

Administrator wrote:
pistol25 wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan

Pengertian umum, saigon itu adlh jenis ayam yg berasal dari negri vietnam.
Umumnya kepala dan leher botak. Tapi banyak juga yg tidak botak dan berbulu normal.

Ayam asli Indonesia ada juga yg botak. Contohnya ayam bali dan beberapa jenis ayam kampung.

Nah, yg dimaksud mas pistol25 tentang ayam saigon yg dilepas di kebun, apakah ayam asli dari vietnam? Ataukah ayam asli Indonesia?
nah ini bung yg lg sy cari tau dahulu ayam tersbt sepengetahuan sy ayam trsbt punya badan yg tinggi kekar dn tegak jg warna kulit merah,bulu hitam dn merah bdan panjang kalau diadu goblok tp pukulanny keras sekali pola cuma berdiri tp daya tahan luar biasa biar dipukul keras gmnpun g goyang dn tidak mau lari kalahnya cuma 1 dg pisau. Mknya skrg sy mash mencri ayam yg dahulu serg sy jumpai kok skrg g ada

agustriono
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 81
Join date : 11.02.10
Lokasi : yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  herwin on Fri 13 Jan 2012, 15:06

agustriono wrote:
Administrator wrote:
pistol25 wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan

Pengertian umum, saigon itu adlh jenis ayam yg berasal dari negri vietnam.
Umumnya kepala dan leher botak. Tapi banyak juga yg tidak botak dan berbulu normal.

Ayam asli Indonesia ada juga yg botak. Contohnya ayam bali dan beberapa jenis ayam kampung.

Nah, yg dimaksud mas pistol25 tentang ayam saigon yg dilepas di kebun, apakah ayam asli dari vietnam? Ataukah ayam asli Indonesia?
nah ini bung yg lg sy cari tau dahulu ayam tersbt sepengetahuan sy ayam trsbt punya badan yg tinggi kekar dn tegak jg warna kulit merah,bulu hitam dn merah bdan panjang kalau diadu goblok tp pukulanny keras sekali pola cuma berdiri tp daya tahan luar biasa biar dipukul keras gmnpun g goyang dn tidak mau lari kalahnya cuma 1 dg pisau. Mknya skrg sy mash mencri ayam yg dahulu serg sy jumpai kok skrg g ada
masih ada bang sy sdh 2x lihat di daerah galesong tapi sy kurang tau pasti masih murni saigong atau udah x tapi klo postur sdh pasti gundul kekar dan kulit merah menyala. Cool

herwin
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 230
Join date : 12.12.11
Lokasi : makassar

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  hamas on Wed 01 Feb 2012, 11:58

agustriono wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan
===============
Betul waktu masih kecil (sy lahi besar di Upg )Very Happy ayam segong dipotong sehari hari, yg turunan bangkok segong dari enrekang, pinrang, ampun dah besar2 krn memang besar dikampung buakn dikandang

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  hamas on Wed 01 Feb 2012, 12:07

Administrator wrote:
pistol25 wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan

Pengertian umum, saigon itu adlh jenis ayam yg berasal dari negri vietnam.
Umumnya kepala dan leher botak. Tapi banyak juga yg tidak botak dan berbulu normal.

Ayam asli Indonesia ada juga yg botak. Contohnya ayam bali dan beberapa jenis ayam kampung.

Nah, yg dimaksud mas pistol25 tentang ayam saigon yg dilepas di kebun, apakah ayam asli dari vietnam? Ataukah ayam asli Indonesia?

Boleh sy tambahkan? sejarah org bugis makassar itukan pelaut, dan setiap berlayar selalu bawa ayam jantan di phinisinya sbg jam weker dan pembaca cuaca. dulu sy tinggal dkt pelabuham makassar. sering lihat ayamnya dibawa dari kalimantan dan malaysia. dari malaysia ini byk tebaran ayam bangkok dan saigon (SegonG) lewat darat. maka selain makassar ayam bangkok juga byk ditemukan di parepare dan mamuju pelabuhan rakyat)

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  hamas on Thu 02 Feb 2012, 12:06

hamas wrote:
Administrator wrote:
pistol25 wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan

Pengertian umum, saigon itu adlh jenis ayam yg berasal dari negri vietnam.
Umumnya kepala dan leher botak. Tapi banyak juga yg tidak botak dan berbulu normal.

Ayam asli Indonesia ada juga yg botak. Contohnya ayam bali dan beberapa jenis ayam kampung.

Nah, yg dimaksud mas pistol25 tentang ayam saigon yg dilepas di kebun, apakah ayam asli dari vietnam? Ataukah ayam asli Indonesia?

Boleh sy tambahkan? sejarah org bugis makassar itukan pelaut, dan setiap berlayar selalu bawa ayam jantan di phinisinya sbg jam weker dan pembaca cuaca. dulu sy tinggal dkt pelabuham makassar. sering lihat ayamnya dibawa dari kalimantan dan malaysia. dari malaysia ini byk tebaran ayam bangkok dan saigon (SegonG) lewat darat. maka selain makassar ayam bangkok juga byk ditemukan di parepare dan mamuju pelabuhan rakyat)

dikutip dari : http://www.sangbaco.com/2011/12/bugis-makassar-1200-1987-dalam-ideologi.html?m=0

Dr. Phuwadol Songprasert,sejarawan Universitas Kasetsart, yang juga sekertaris Jendral The Sosial Science Association of Thailand, ”mereka berani dan terampil dalam perkara bertarung, orang Bugis-Makassar yang betubuh kekar terkenal piawai di dalam perang dan ahli navigasi, ia bermukim di Bangkok(Siam) sebagai sewaan untuk mengajari ilmu perang dan teknik berkelahi, ketika itu Siam menghadapi agresi Myanmar (Birma), mereka adalah pelaut tulen”.

Jadi jangan heran kalau ratusan tahun yg lalu Ayam bangkok Saigon birma sudah banyak di makassar// Wallahualam

hamas
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 1793
Join date : 24.01.12
Age : 47

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  muhikhsan on Sun 29 Apr 2012, 18:01

agustriono wrote:dahulu sekitar tahun 95 banyak sekali ayam gundul biasa disebut segong/saigon di makassar,saking banyaknya orang2x hanya dilepaskan disawah2x,kebun2x dan saking bnyaknya cuma dipotong kalo lebaran karena ukurannya yg besar kira kira uk 7,5. Sekarang pertanyaannya kenapa kok skrg sudah tidak ada padahal dahulu bnyak sekali sangat membingungkan

Sy punya teman di daerah barru yg masih punya 1 ekor saigon impor, dia punya 4 ekor, bangkok dan saigon dibeli dari importir waktu masih anak ayam. skrg dijanikan pacek buat nerusin keturunan... Very Happy Very Happy Very Happy

muhikhsan
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 59
Join date : 29.04.12
Lokasi : Sidrap, Makassar Sulawesi Selatan

http://www.keris.biz

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  pendik on Tue 08 May 2012, 19:52

tidak hanya di makasar saja di daerah MOJOKERTO pada tahun 1994 banyak penduduk sini yg memiliki ayam gundul dengan ukuran yg cukup besar sebagai piaraan, ayam di lepas (umbaran) makan seadanya, jadi bukan berarti ayam gundul adalah ayam turunan import (saigon) bisa juga ayam lokal asli INDONESIA.... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

pendik
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 55
Join date : 09.01.12
Age : 34
Lokasi : mojokerto

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  Aptanto WSS on Tue 08 May 2012, 20:23

pendik wrote:tidak hanya di makasar saja di daerah MOJOKERTO pada tahun 1994 banyak penduduk sini yg memiliki ayam gundul dengan ukuran yg cukup besar sebagai piaraan, ayam di lepas (umbaran) makan seadanya, jadi bukan berarti ayam gundul adalah ayam turunan import (saigon) bisa juga ayam lokal asli INDONESIA.... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy


Kebetulan saya juga menemukan ayam gundul di kampung saya Gedeg sekitar Pabrik Tebu Gempolkerep Mojokerto orang sekitar sebut ayam Trondol . menurut pengamatan saya emang sih gundulnya sama ukuran juga sama namun secara kasat mata saja ( tanpa pegang lho ) kita mungkin bisa tahu perbedaannya dengan ayam gundul yang tidak lokal . Apalagi dengan memegang , apalagi dengan diabar . Pasti akan tampak bedanya Very Happy Very Happy Very Happy

Aptanto WSS
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 893
Join date : 05.12.09
Age : 31
Lokasi : Surabaya - 083 857 60 70 63

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  Kuncoro on Tue 08 May 2012, 20:57

Abu Aslam WSS wrote:
pendik wrote:tidak hanya di makasar saja di daerah MOJOKERTO pada tahun 1994 banyak penduduk sini yg memiliki ayam gundul dengan ukuran yg cukup besar sebagai piaraan, ayam di lepas (umbaran) makan seadanya, jadi bukan berarti ayam gundul adalah ayam turunan import (saigon) bisa juga ayam lokal asli INDONESIA.... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy


Kebetulan saya juga menemukan ayam gundul di kampung saya Gedeg sekitar Pabrik Tebu Gempolkerep Mojokerto orang sekitar sebut ayam Trondol . menurut pengamatan saya emang sih gundulnya sama ukuran juga sama namun secara kasat mata saja ( tanpa pegang lho ) kita mungkin bisa tahu perbedaannya dengan ayam gundul yang tidak lokal . Apalagi dengan memegang , apalagi dengan diabar . Pasti akan tampak bedanya Very Happy Very Happy Very Happy
Setuju dgn pak abu aslam...sepintas lalu aja bisa kelihatan kok perbedaan antara ayam gundul asli Indonesia dgn ayam gundul vietnam, tentu org2 yg sdh familiar dgn ayam gundul vietnam yg bisa membedakannya dgn sekilas lalu.

Kuncoro
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 126
Join date : 16.02.12

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  AKUS on Tue 08 May 2012, 22:17

pendik wrote:tidak hanya di makasar saja di daerah MOJOKERTO pada tahun 1994 banyak penduduk sini yg memiliki ayam gundul dengan ukuran yg cukup besar sebagai piaraan, ayam di lepas (umbaran) makan seadanya, jadi bukan berarti ayam gundul adalah ayam turunan import (saigon) bisa juga ayam lokal asli INDONESIA.... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

ada banyak tu om pendik di rumah gundul2 banyak, di tetangga juga banyak, malah mukanya lebih serem-serem dari punya saya

AKUS
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 89
Join date : 03.11.11
Lokasi : MOJOKERTO

http://ayamaduanmajapahit.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  sobirien on Wed 09 May 2012, 02:38

Abu Aslam WSS wrote:
pendik wrote:tidak hanya di makasar saja di daerah MOJOKERTO pada tahun 1994 banyak penduduk sini yg memiliki ayam gundul dengan ukuran yg cukup besar sebagai piaraan, ayam di lepas (umbaran) makan seadanya, jadi bukan berarti ayam gundul adalah ayam turunan import (saigon) bisa juga ayam lokal asli INDONESIA.... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy


Kebetulan saya juga menemukan ayam gundul di kampung saya Gedeg sekitar Pabrik Tebu Gempolkerep Mojokerto orang sekitar sebut ayam Trondol . menurut pengamatan saya emang sih gundulnya sama ukuran juga sama namun secara kasat mata saja ( tanpa pegang lho ) kita mungkin bisa tahu perbedaannya dengan ayam gundul yang tidak lokal . Apalagi dengan memegang , apalagi dengan diabar . Pasti akan tampak bedanya Very Happy Very Happy Very Happy

Very Happy Very Happy Very Happy
iya apalagi yg bisa dorong2,yang punya solah aneh itu, scratch
jadi tambah beda, Smile Smile
gimana klo disilangin sama betina pakhoe(bangkok selatan)nya itu,
kyak apa jadinya iya, scratch scratch
pingin com.

sobirien
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 245
Join date : 30.01.12
Lokasi : Nanggewer,majalengka. No.Hp:085351846979

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pencarian saigon gundul dimakassar belum berakhir

Post  Sponsored content Today at 12:45


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik