Induk makan telur

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Induk makan telur

Post  Ponka on Sun Dec 06, 2009 10:38 pm

Salam papajiers. Sy punya induk yg suka mkn telur. Sampai skrg sy blum dpt anak ayam dari induk ini. Kalo di ikutkan hati, ya sy potong aja krg cuma ngabisin jagung. Tapi induk ini datangnya dari keturunan y jagoan. Saudara jantan dari babon ini suka menangan d gelanggang. Macam2 cara udah sya coba termasuk diberi makanan bergizi tinggi dan memotong patuknya supaya ga bisa pecah telur, ternyata ga berhasil jg. Pernah sy tunggu utk mengambil telurnya terus slps dia bertelor, kok langsung U-turn dan mematuk telurnya sampai pecah. Bah kan telur dari betina lain pun habis d makan nya. Gimana ya caranya mau dpt bibit dari induk ini. Mohon papajiers dpt memberi saran dan share ilmunya. Sy udah bingung ni....Thanx

Ponka
kopral
kopral

Jumlah posting: 41
Join date: 03.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  redevil on Mon Dec 07, 2009 2:50 am

Ponka wrote:Salam papajiers. Sy punya induk yg suka mkn telur. Sampai skrg sy blum dpt anak ayam dari induk ini. Kalo di ikutkan hati, ya sy potong aja krg cuma ngabisin jagung. Tapi induk ini datangnya dari keturunan y jagoan. Saudara jantan dari babon ini suka menangan d gelanggang. Macam2 cara udah sya coba termasuk diberi makanan bergizi tinggi dan memotong patuknya supaya ga bisa pecah telur, ternyata ga berhasil jg. Pernah sy tunggu utk mengambil telurnya terus slps dia bertelor, kok langsung U-turn dan mematuk telurnya sampai pecah. Bah kan telur dari betina lain pun habis d makan nya. Gimana ya caranya mau dpt bibit dari induk ini. Mohon papajiers dpt memberi saran dan share ilmunya. Sy udah bingung ni....Thanx
Hi bos,gimana klo induknya kirim ke aku aja,dekat koq.he...he...
Coba kasih tempat untuk nelor yg gelap..tertutup rapat,terbukti lho..sy pernah pnya induk yg lebih seram lagi.anaknya netas langsung dimakan...silakan mencoba
Kalau nga manjur,induknya kirim ke aku aja...
Sleep

redevil
kopral
kopral

Jumlah posting: 17
Join date: 17.06.09
Lokasi: riau

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  Ponka on Thu Dec 10, 2009 1:05 am

Thanx mas redevil. Akan sya coba membuat tempatnya bertelor seperti saran mas di atas. Tq ya

Ponka
kopral
kopral

Jumlah posting: 41
Join date: 03.10.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  poer_poer on Thu Jan 28, 2010 2:35 pm

Ponka wrote:Thanx mas redevil. Akan sya coba membuat tempatnya bertelor seperti saran mas di atas. Tq ya

Mas Ponka,
sebenarnya sama dgn yg kualami sekarang...indukan 3 ekor bertelur pada waktu hampir bersamaan...sudah aku siapkan 3 petarangan/sarang...tapi yg kepake cuma 1 tempat saja...
Sudah ada 9 butir telur..ternyata 2 hari amblas dimakan semua...
Ada masukan dari teman: katanya ayamku kekurangan kalsium..sudah aku beri kalsium,tambahan sayuran (bayam),aku potong ujung paruh,petarangan aku beri daun kelor....tapi tetap belum ada penyembuhan...
Adakah para sesepuh yg sudah berpengalaman mempunyai solusi untuk ayam/indukan yg berkelakuan kurang baik ini?
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas solusinya.

poer_poer
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 51
Join date: 19.11.09
Lokasi: s l e m a n

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  Administrator on Thu Jan 28, 2010 4:24 pm

Kebiasaan ini sulit dihilangkan. Kalau sudah keenakan makan telur, pasti makan telur terus.
Solusi terakhir, telur harus cepat2 diambil dan dierami oleh babon lain.
Tapi, kadang kita kalah cepat dan tdk bisa terus menunggu si ayam bertelur.

Salah satu cara adlh, buat petarangannya seperti kandang ayam petelur. Alas petarangan dibuat miring sedemikian rupa sehingga ketika telur keluar, langsung 'nggelinding ketempat yg tdk bisa dijangkau si babon.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting: 6130
Join date: 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re

Post  BETHU on Thu Jan 28, 2010 4:44 pm

Kejadian makan telur sendiri ini pernah kejadian dg merpati saya.
saya kash merpati saya susu tinggi kalsium tiap hari n saya spet telur be2k juga.hasilnya sampe skrg ga pernah lg tuh makan tlur sendiri.
mungkin mau coba pada ayam? monggo, engga jg ga papa.anggap aja ada ayam lg berkokok.wkakawkwkwk....

BETHU
kopral
kopral

Jumlah posting: 25
Join date: 09.01.10
Age: 29
Lokasi: Jogja

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  PEN Kerinci_Jambi on Mon Mar 22, 2010 3:43 pm

Administrator wrote:Kebiasaan ini sulit dihilangkan. Kalau sudah keenakan makan telur, pasti makan telur terus.
Solusi terakhir, telur harus cepat2 diambil dan dierami oleh babon lain.
Tapi, kadang kita kalah cepat dan tdk bisa terus menunggu si ayam bertelur.

Salah satu cara adlh, buat petarangannya seperti kandang ayam petelur. Alas petarangan dibuat miring sedemikian rupa sehingga ketika telur keluar, langsung 'nggelinding ketempat yg tdk bisa dijangkau si babon.
Smile
Sepakat..... pengalaman saya juga seperti ini. Saya pernah punya ayam thailand F1 yg waktu sudah berumur(tua) mulai berulah makan telur sendiri. ternyata berhasil dapt anakannya setelah dierami ayam lain. Dan diantara hasil anakan indukan inilah ada yg menjadi salah satu legenda perayaman di daerah saya Kerinci yg dikenal dg nama "Si Manis" atau "Bidik" (yg ini ktrunannya masih eksis masuk gelanggang sampai sekarang). Simanis dan bidik ini beradik kakak dan adik 2 jagoan ini "Grendel".

PEN Kerinci_Jambi
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 106
Join date: 14.01.10
Age: 39
Lokasi: Kel. Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Prop. Jambi 085269421974 PIN BB: 29e5c75d

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  ipul on Mon Mar 22, 2010 3:51 pm

kalo babon saya malah aneh ada 10 telor, udah ngerem 1 minggu telor yang ngga jadi anakan dalam telurnya di patokin dan cangkang di buang,.. ada 2 yag di patok sisanya 8 di erami sampai menetas dan jadi semua ^_^,....

ipul
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 767
Join date: 21.12.09
Lokasi: Brebes-jawa tengah,.Jl.sunan gunung jati 3 Kel. Limbangan Wetan, kec. Brebes

http://limbanganfarm.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  ojieg on Tue Mar 23, 2010 6:57 pm

opsi pertama: jika pengen punya anakan dari induk ini, atur waktu bertelurnya biar bisa bareng dg indukan lain, biar bisa titip dierami
opsi dua: biarkan liar aja indukan itu lama2 akan berubah perangainya, biasanya berdasar pengalaman saya indukan berprilaku seperti itu karena kondisinya kurang fit atao stress, sehingga secara insting dia melakukan perbuatan itu

opsi tiga: jika opsi satu dan dua tidak berhasil sebaiknya siapkan bumbu dapur dan segera undang tetangga sekitar untuk selamatan ayam panggang dari indukan tersebut he...he Smile Smile

ojieg
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting: 554
Join date: 26.03.09
Lokasi: Jombang-Jatim

http://pojokdesa.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  Joko on Fri Mar 26, 2010 8:24 pm

Ponka wrote:Salam papajiers. Sy punya induk yg suka mkn telur. Sampai skrg sy blum dpt anak ayam dari induk ini. Kalo di ikutkan hati, ya sy potong aja krg cuma ngabisin jagung. Tapi induk ini datangnya dari keturunan y jagoan. Saudara jantan dari babon ini suka menangan d gelanggang. Macam2 cara udah sya coba termasuk diberi makanan bergizi tinggi dan memotong patuknya supaya ga bisa pecah telur, ternyata ga berhasil jg. Pernah sy tunggu utk mengambil telurnya terus slps dia bertelor, kok langsung U-turn dan mematuk telurnya sampai pecah. Bah kan telur dari betina lain pun habis d makan nya. Gimana ya caranya mau dpt bibit dari induk ini. Mohon papajiers dpt memberi saran dan share ilmunya. Sy udah bingung ni....Thanx

Memang kadang suka ada keanehan dengan indukan keturunan jawara. Barangkali pengalaman saya bisa mengadung berhasil di terapkan di tempat anda : saya punya 2 betina keturunan jawara, kata teman yang menernakkan ayam2 saya yang 1 klo mo nelor kepalanya selalu menunggu ke bawah pantat sehingga waktu telor keluar langsung dimakan dan yang satunya lagi nggak mau nelor di sarang pinginnya di tanah sehingga sudah beberapa kali tidak pernah dapat anaknya. Akhirnya ke 2 betina tersebut saya bawa ke semarang, disana saya umbar bebas yang satu ditempat saya dan yang lainnya di tempat teman dan tidak ada betina lainnya selain mereka sendiri. Hasilnya yang makan telor sekarang sudah 7 butir normal dan yang nggak mau nelor disarang anaknya ada 6 ekor baru 2 minggu yang lalu menetas. Coba dimanja dikit dan diperhatikan kemauan mereka apa, kasih protein dari serangga semacam jangkrik atau cacing dan juga tumbuh2an semacam dedaunan atau rumput, silahkan coba klo berhasil jangan lupa bonusnya hehehe

Salam JK

Joko
Kapten
Kapten

Jumlah posting: 268
Join date: 25.08.08
Age: 48
Lokasi: 08156032235

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  bengkulu on Fri Apr 16, 2010 9:30 am

Joko wrote:
Ponka wrote:Salam papajiers. Sy punya induk yg suka mkn telur. Sampai skrg sy blum dpt anak ayam dari induk ini. Kalo di ikutkan hati, ya sy potong aja krg cuma ngabisin jagung. Tapi induk ini datangnya dari keturunan y jagoan. Saudara jantan dari babon ini suka menangan d gelanggang. Macam2 cara udah sya coba termasuk diberi makanan bergizi tinggi dan memotong patuknya supaya ga bisa pecah telur, ternyata ga berhasil jg. Pernah sy tunggu utk mengambil telurnya terus slps dia bertelor, kok langsung U-turn dan mematuk telurnya sampai pecah. Bah kan telur dari betina lain pun habis d makan nya. Gimana ya caranya mau dpt bibit dari induk ini. Mohon papajiers dpt memberi saran dan share ilmunya. Sy udah bingung ni....Thanx

Memang kadang suka ada keanehan dengan indukan keturunan jawara. Barangkali pengalaman saya bisa mengadung berhasil di terapkan di tempat anda : saya punya 2 betina keturunan jawara, kata teman yang menernakkan ayam2 saya yang 1 klo mo nelor kepalanya selalu menunggu ke bawah pantat sehingga waktu telor keluar langsung dimakan dan yang satunya lagi nggak mau nelor di sarang pinginnya di tanah sehingga sudah beberapa kali tidak pernah dapat anaknya. Akhirnya ke 2 betina tersebut saya bawa ke semarang, disana saya umbar bebas yang satu ditempat saya dan yang lainnya di tempat teman dan tidak ada betina lainnya selain mereka sendiri. Hasilnya yang makan telor sekarang sudah 7 butir normal dan yang nggak mau nelor disarang anaknya ada 6 ekor baru 2 minggu yang lalu menetas. Coba dimanja dikit dan diperhatikan kemauan mereka apa, kasih protein dari serangga semacam jangkrik atau cacing dan juga tumbuh2an semacam dedaunan atau rumput, silahkan coba klo berhasil jangan lupa bonusnya hehehe

Salam JK

ya ya ya menurut saya ayam pemakan telur kurang protein n kalsium coba juga lantai kandang pasir pantai yg bnyk bekas kulut2 kerang jadi indukan makan2 kulit2 kerang itu hehehe koment awam nich

bengkulu
Sersan
Sersan

Jumlah posting: 93
Join date: 13.12.09
Age: 41
Lokasi: bengkulu

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  sisikkaki on Mon Apr 19, 2010 11:06 pm

itu ciri betina setres, di umbar aja. biar bnyk gerak, tempat harus luas lah dan bnyk rumput. ks happy2 aja, lengak lengok. biasa lah cewek kan suka jjs. jgn di paksa lagi makan vitamin. kawinnya alami aja. tempat nelor di buat gantung dan kokoh.
kenapa bs begitu, ya krn sering di kawin paksa dan dipaksa produksi terus, tanpa ada pemulihan badan.
aku lihat bnyk peternak kalo bisa babonnya selama 1 thn produksi terus. hehehehe kejar target

sisikkaki
kopral
kopral

Jumlah posting: 25
Join date: 01.04.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  ferry bun on Tue Apr 20, 2010 11:20 am

sisikkaki wrote:itu ciri betina setres, di umbar aja. biar bnyk gerak, tempat harus luas lah dan bnyk rumput. ks happy2 aja, lengak lengok. biasa lah cewek kan suka jjs. jgn di paksa lagi makan vitamin. kawinnya alami aja. tempat nelor di buat gantung dan kokoh.
kenapa bs begitu, ya krn sering di kawin paksa dan dipaksa produksi terus, tanpa ada pemulihan badan.
aku lihat bnyk peternak kalo bisa babonnya selama 1 thn produksi terus. hehehehe kejar target
1 thn terus prosuksi .......dianggap mesin produksi kale...apa anaknya bisa normal .?

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

induk makan telor

Post  rockbitroller on Wed Apr 21, 2010 3:56 pm

Saya punya percis dgn anda punya..induk makan telor..Caranya mudah..sederhana aja..anda bikin kandang utk ayam ini yaitu dasarnya agak miring..dasar terbuat dari bambu dan dasarnya ngak usah dikasih jerami.jadi kosongan aja.Maka jika si induk bertelor akan menggelinding ke bawah..ibaratnya desain kandang ayam petelor.
silakan mencoba.
Laughing Laughing bounce rabbit salam

rockbitroller

Jumlah posting: 4
Join date: 14.04.10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Induk makan telur

Post  ferry bun on Wed Apr 21, 2010 10:36 pm

Joko wrote:
Ponka wrote:Salam papajiers. Sy punya induk yg suka mkn telur. Sampai skrg sy blum dpt anak ayam dari induk ini. Kalo di ikutkan hati, ya sy potong aja krg cuma ngabisin jagung. Tapi induk ini datangnya dari keturunan y jagoan. Saudara jantan dari babon ini suka menangan d gelanggang. Macam2 cara udah sya coba termasuk diberi makanan bergizi tinggi dan memotong patuknya supaya ga bisa pecah telur, ternyata ga berhasil jg. Pernah sy tunggu utk mengambil telurnya terus slps dia bertelor, kok langsung U-turn dan mematuk telurnya sampai pecah. Bah kan telur dari betina lain pun habis d makan nya. Gimana ya caranya mau dpt bibit dari induk ini. Mohon papajiers dpt memberi saran dan share ilmunya. Sy udah bingung ni....Thanx

Memang kadang suka ada keanehan dengan indukan keturunan jawara. Barangkali pengalaman saya bisa mengadung berhasil di terapkan di tempat anda : saya punya 2 betina keturunan jawara, kata teman yang menernakkan ayam2 saya yang 1 klo mo nelor kepalanya selalu menunggu ke bawah pantat sehingga waktu telor keluar langsung dimakan dan yang satunya lagi nggak mau nelor di sarang pinginnya di tanah sehingga sudah beberapa kali tidak pernah dapat anaknya. Akhirnya ke 2 betina tersebut saya bawa ke semarang, disana saya umbar bebas yang satu ditempat saya dan yang lainnya di tempat teman dan tidak ada betina lainnya selain mereka sendiri. Hasilnya yang makan telor sekarang sudah 7 butir normal dan yang nggak mau nelor disarang anaknya ada 6 ekor baru 2 minggu yang lalu menetas. Coba dimanja dikit dan diperhatikan kemauan mereka apa, kasih protein dari serangga semacam jangkrik atau cacing dan juga tumbuh2an semacam dedaunan atau rumput, silahkan coba klo berhasil jangan lupa bonusnya hehehe

Salam JK

saya setuju dengan mas JK ...biang mau makan telur dikarenakan dalam tubuhnya terjadi defisiensi ..maka sang biang mencari yang dia butuhkan .
jangan lupa bonusnya untuk saya dan Mas JK ....hehehehehehhe.
slam ferry Bun

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting: 1622
Join date: 21.01.09
Age: 51
Lokasi: Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik