mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  MANU TONGGE on Tue 22 Dec 2009, 20:21

salam kukuruyukkk....
sy mw bertax sekalian mnta sdkt ilmux om....
1. apa persiapan khusus ayam turun bertanding termasuk persiapan aturan hari dan jam yang baik (mujur) sesuai bulu/baju ayam? dan kapan hari dan jam sialnya ?
2. apa tanda2 ayam siap turun diliat dari sifat dan gerak geriknya serta isyarat alamx..? mohon ifonya om...
3. mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta... sebab aym saya ditantang sama aym yg punya jalu tapi kalah ukuran badan sama aym saya (di oper ukuran istilah orang SIGI)
4 ayam saya tanding hari minggu, sbaiknya istirahat latihnya hari apa?
tmks sblmx salam hormat dri pemula ...dan mohon diberi ilmu melalui jawabanya..
smoga pertanyaan sya bisa di mengerti maksudnya....
by manu tongge

MANU TONGGE
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 22.12.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  nurkhotim on Wed 23 Dec 2009, 10:29

MANU TONGGE wrote:salam kukuruyukkk....
sy mw bertax sekalian mnta sdkt ilmux om....
1. apa persiapan khusus ayam turun bertanding termasuk persiapan aturan hari dan jam yang baik (mujur) sesuai bulu/baju ayam? dan kapan hari dan jam sialnya ?Nih kayaknya harus belajar ke buku primbon,... kalo mau belajar di "Betal Jemur"
2. apa tanda2 ayam siap turun diliat dari sifat dan gerak geriknya serta isyarat alamx..? mohon ifonya om...Sudah dibahas di topik yang lain, ciri-ciri ayam fit siap tarung, silahkan dibaca lagi...
3. mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta... sebab aym saya ditantang sama aym yg punya jalu tapi kalah ukuran badan sama aym saya (di oper ukuran istilah orang SIGI)
Ada jampi-jampinya anti jalu / anti buta, "JANGAN PERNAH MELAWAN AYAM YANG PUNYA JALU.... SEKECIL APAPUN !" lol! pizzzzz
4 ayam saya tanding hari minggu, sbaiknya istirahat latihnya hari apa?
Kalo dijawab istirahat latihnya Hari Minggu,.. berarti nggak tarung dongg..!?? he.he...
Ya paling tidak 2 hari sebelum tanding lahh... Jum'at dan Sabtu istirahat totallll he.he.he.

tmks sblmx salam hormat dri pemula ...dan mohon diberi ilmu melalui jawabanya..
smoga pertanyaan sya bisa di mengerti maksudnya....
by manu tongge

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  MANU TONGGE on Thu 24 Dec 2009, 12:55

nurkhotim wrote:
MANU TONGGE wrote:salam kukuruyukkk....
sy mw bertax sekalian mnta sdkt ilmux om....
1. apa persiapan khusus ayam turun bertanding termasuk persiapan aturan hari dan jam yang baik (mujur) sesuai bulu/baju ayam? dan kapan hari dan jam sialnya ?Nih kayaknya harus belajar ke buku primbon,... kalo mau belajar di "Betal Jemur"
2. apa tanda2 ayam siap turun diliat dari sifat dan gerak geriknya serta isyarat alamx..? mohon ifonya om...Sudah dibahas di topik yang lain, ciri-ciri ayam fit siap tarung, silahkan dibaca lagi...
3. mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta... sebab aym saya ditantang sama aym yg punya jalu tapi kalah ukuran badan sama aym saya (di oper ukuran istilah orang SIGI)
Ada jampi-jampinya anti jalu / anti buta, "JANGAN PERNAH MELAWAN AYAM YANG PUNYA JALU.... SEKECIL APAPUN !" lol! pizzzzz
4 ayam saya tanding hari minggu, sbaiknya istirahat latihnya hari apa?
Kalo dijawab istirahat latihnya Hari Minggu,.. berarti nggak tarung dongg..!?? he.he...
Ya paling tidak 2 hari sebelum tanding lahh... Jum'at dan Sabtu istirahat totallll he.he.he.

tmks sblmx salam hormat dri pemula ...dan mohon diberi ilmu melalui jawabanya..
smoga pertanyaan sya bisa di mengerti maksudnya....
by manu tongge

Laughing Laughing Laughing hehheheheheh....ok mksh om nurkhotim..atas infonya dan ilmunya....

MANU TONGGE
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 22.12.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  sandri on Fri 25 Dec 2009, 09:04

MANU TONGGE wrote:salam kukuruyukkk....
sy mw bertax sekalian mnta sdkt ilmux om....
1. apa persiapan khusus ayam turun bertanding termasuk persiapan aturan hari dan jam yang baik (mujur) sesuai bulu/baju ayam? dan kapan hari dan jam sialnya ?
2. apa tanda2 ayam siap turun diliat dari sifat dan gerak geriknya serta isyarat alamx..? mohon ifonya om...
3. mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta... sebab aym saya ditantang sama aym yg punya jalu tapi kalah ukuran badan sama aym saya (di oper ukuran istilah orang SIGI)
4 ayam saya tanding hari minggu, sbaiknya istirahat latihnya hari apa?
tmks sblmx salam hormat dri pemula ...dan mohon diberi ilmu melalui jawabanya..
smoga pertanyaan sya bisa di mengerti maksudnya....
by manu tongge


jawaban:1.untuk pertanyaa no 1..ada perhitungan tentang persiapan mau bertanding melihat dari warna kaki ayam..biasany perhitungan ini jg digunakan oleh penjudi dadu(sya ada catatn perhitungan weton itu,nnt tak kirim via email...mnt almat emailnya)
2.jawaban no 2..kalo isyarat alam itu ketika kita mau bawa ayam ke kalangan apabila menemui kucing hitam n orang meninggal sebaikny jgn mengadu ayam pd hari itu..(sya dpt sugesti ini dri bebotoh lama di pasuruan)
3.menurut bebotoh lama pasuruan,kalo ayam yg ada sisik kecil di antara sisik2 yg lain(di sisik depan) sebaikny jgn diadu jalu,soalnya bisa kena matany..
4.kalo ayam mau tarung hari minggu sebaikny digebrakkan dulu sampai tumpang leher hari selasa atau rabu buat membuka uratny..habis itu dikasih jamu..dikurung terus mulai hari kamis smp minggu n hanya diumbar sore aja...

ini hanya sekedar sugesti aja..boleh percaya boleh jg tidak...heheheh...salam..

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  MANU TONGGE on Sat 26 Dec 2009, 18:04

jawaban:1.untuk pertanyaa no 1..ada perhitungan tentang persiapan mau bertanding melihat dari warna kaki ayam..biasany perhitungan ini jg digunakan oleh penjudi dadu(sya ada catatn perhitungan weton itu,nnt tak kirim via email...mnt almat emailnya)
2.jawaban no 2..kalo isyarat alam itu ketika kita mau bawa ayam ke kalangan apabila menemui kucing hitam n orang meninggal sebaikny jgn mengadu ayam pd hari itu..(sya dpt sugesti ini dri bebotoh lama di pasuruan)
3.menurut bebotoh lama pasuruan,kalo ayam yg ada sisik kecil di antara sisik2 yg lain(di sisik depan) sebaikny jgn diadu jalu,soalnya bisa kena matany..
4.kalo ayam mau tarung hari minggu sebaikny digebrakkan dulu sampai tumpang leher hari selasa atau rabu buat membuka uratny..habis itu dikasih jamu..dikurung terus mulai hari kamis smp minggu n hanya diumbar sore aja...

ini hanya sekedar sugesti aja..boleh percaya boleh jg tidak...heheheh...salam..[/quote]

Smile maksih bayak nih mas ...so ini yng sy tunggu -tunggu......salm kenal mas dri manu tongge -sigi sulteng
ntar email sy kirim lwt pesan pribadi....... Very Happy Very Happy

MANU TONGGE
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 22.12.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  udho5545 on Sat 26 Dec 2009, 19:44

MANU TONGGE wrote:salam kukuruyukkk....
sy mw bertax sekalian mnta sdkt ilmux om....
1. apa persiapan khusus ayam turun bertanding termasuk persiapan aturan hari dan jam yang baik (mujur) sesuai bulu/baju ayam? dan kapan hari dan jam sialnya ?
2. apa tanda2 ayam siap turun diliat dari sifat dan gerak geriknya serta isyarat alamx..? mohon ifonya om...
3. mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta... sebab aym saya ditantang sama aym yg punya jalu tapi kalah ukuran badan sama aym saya (di oper ukuran istilah orang SIGI)
4 ayam saya tanding hari minggu, sbaiknya istirahat latihnya hari apa?
tmks sblmx salam hormat dri pemula ...dan mohon diberi ilmu melalui jawabanya..
smoga pertanyaan sya bisa di mengerti maksudnya....
by manu tongge

Klo gt di pakein kacamata anti jalu bos..
Hehe.. Piss. lol! Laughing

udho5545
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 56
Join date : 01.09.09
Age : 33
Lokasi : Jember

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  MANU TONGGE on Sun 27 Dec 2009, 02:00

Klo gt di pakein kacamata anti jalu bos..
Hehe.. Piss. lol! Laughing[/quote]

Very Happy Very Happy Very Happy Razz Laughing Laughing Razz Razz skalian aja pake kacamata kuda..hehhehehehe pissss.....
slm kenal mas

MANU TONGGE
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 22.12.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  rio on Sun 27 Dec 2009, 09:21

sya ada catatn perhitungan weton itu,nnt tak kirim via email...mnt almat emailnya)

Salam Mas Sandry....boleh dong saya dikirimkan untuk catatan perhitungan weton.
handrio@yahoo.com

Tks sebelumnya.

Rio

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  sandri on Sun 27 Dec 2009, 17:21

udah tak kirim perhitungan wetonnya...trims..
salam kenal buat mas rio n mas manu tongge

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  Hendro on Sun 27 Dec 2009, 18:46

Saya heran kok rekan2 papaji masih ada yang percaya dengan segala macam perhitungan atau primbon termasuk weton untuk diterapkan pada ayam ?...bukannya saya tidak menghargai para leluhur yang telah menciptakan perhitungan atau primbon tersebut...tapi untuk kondisi saat ini yang sudah serba modern, rasanya sudah tidak relevan lagi....

Pertimbangan lain adalah perkembangan sistem peternakan saat ini sudah mencampur adukkan berbagai trah dan warna ayam sehingga semakin banyak tercipta ayam dengan galur campuran dan warna yang lebih variatif dan tentunya hal ini menjadikan petungan atau primbon lama sudah tidak dapat dipergunakan lagi....

Satu hal lagi yang menjadi prinsip sikap saya tidak mempercayai hal tersebut adalah : primbon atau apapun yang menyangkut weton/petungan untuk ayam dibuat oleh leluhur kita jauh sebelum dikenal adanya ayam bangkok/vietnam/brasil di negara kita...

Nyatanya kedatangan jenis2 ayam tersebut mampu mengalahkan dan menjungkalkan segala macam petungan yang diterapkan.....sehingga sekarang tidak ada lagi peternak yang menjadikan ayam kampung lokal sebagai pemacek/babon.....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  Administrator on Sun 27 Dec 2009, 19:07

Hitungan weton atau primbon menggunakan patokan warna, sisik, katuranggan, arah kalangan, hari baik, dlsb. Jadi misalnya utk ayam dgn warna hitam, bagusnya tarung hari selasa pon arah kalangan ke barat.
Nah... bagaimana kita mencocokan kesiapan ayam dan arah kalangan dgn hari yg tepat tsb??
Tentu sangat sulit.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  rio on Mon 28 Dec 2009, 08:40

Mas Sandry...bisa dikirim lagi ga perhitungan wetonnya ?? Karena sampai dgn sekarang di email saya belum ada..
Tolong dikirim lagi deh Mas.. ke handrio@yahoo.com atau handrio@isopaneldunia.co.id

Tks sebelumnya.

Salam

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  ferry bun on Mon 28 Dec 2009, 09:24

Wah awah hari gine............masih pakai yang gituan ..... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

ferry bun
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 1637
Join date : 21.01.09
Age : 53
Lokasi : Tanjung Morawa . medan sumut

http://komayti.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  dodi_ls on Mon 28 Dec 2009, 10:54

MANU TONGGE wrote:salam kukuruyukkk....
sy mw bertax sekalian mnta sdkt ilmux om....
1. apa persiapan khusus ayam turun bertanding termasuk persiapan aturan hari dan jam yang baik (mujur) sesuai bulu/baju ayam? dan kapan hari dan jam sialnya ?
2. apa tanda2 ayam siap turun diliat dari sifat dan gerak geriknya serta isyarat alamx..? mohon ifonya om...
3. mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta... sebab aym saya ditantang sama aym yg punya jalu tapi kalah ukuran badan sama aym saya (di oper ukuran istilah orang SIGI)
4 ayam saya tanding hari minggu, sbaiknya istirahat latihnya hari apa?
tmks sblmx salam hormat dri pemula ...dan mohon diberi ilmu melalui jawabanya..
smoga pertanyaan sya bisa di mengerti maksudnya....
by manu tongge
jwban versi saya:
1.persiapan khusus tdk ada..yg penting ayam dlm kondisi 100 persen fit..dan kondisi si empunya ayam jg 100 persen fit Very Happy Very Happy
2.ayam di lihat dr kotorannya,warna kulit dan muka yg memerah,gerak-gerik ayam yg aktif...dll Surprised Surprised
3.ada mas...begini jampinya versi daerah saya..."dak lawan aku,tapi kalo ayam kamu bungkus jalu aku lawan".nah..kalo lawan sudah ngomong "oke atau iya".dijamin ayam mas gak akan buta. lol! lol! lol!
4.hari kamis
lol! lol! lol! lol!

dodi_ls
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 80
Join date : 29.12.08
Age : 34
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  black_cocks on Mon 28 Dec 2009, 12:19

khusus nanggapi yg soal kaca mata he..he..

saya pikir untuk mata bukan sekadar jalu yg jadi ancaman....tapi jg cakar ujung sayap ma paruh jadi jimatnya musti komplet jg nih anti jalu anti cakar anti paruh dll... dst.. he he bercanda

salam pemula......

semoga menang mas ayame

black_cocks
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 131
Join date : 28.12.09
Age : 31
Lokasi : sukoharjo(selatan kota solo)

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  Kumbang on Mon 28 Dec 2009, 12:47

Om2 mo urung rembuk yah...
minggu kmr (27/12) sy jalan ke kalangan, baru keluar parkiran mo berangkat terhadang ma rombongan pengantar jenazah. Sampe di kalangan rata2 ayam berwarna merah & kuning & rombongan sy dpt urutan ke 3, lepasan pertama di menangkan warna kuning trus yg ke 2 di menangkan warna merah & ayam yg sy bawa dapat musuh warna merah main kanan kiri bagus plus pukul keras, ditarikin dari depan pake jalu akhirnya ronde ke 3 si merah menyerah kalah. Ayam yg sy bawa warnanya gak karuan krn sudah di semir tp warna dasarnya brumbun putih.
Ha'... klo kt berpegang ma primbon gimana ngejabarin kondisi di atas??#$@! puyeng kan...?

Salam,

Kumbang
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 158
Join date : 19.08.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  nurkhotim on Mon 28 Dec 2009, 12:51

Hendro wrote:Saya heran kok rekan2 papaji masih ada yang percaya dengan segala macam perhitungan atau primbon termasuk weton untuk diterapkan pada ayam ?...bukannya saya tidak menghargai para leluhur yang telah menciptakan perhitungan atau primbon tersebut...tapi untuk kondisi saat ini yang sudah serba modern, rasanya sudah tidak relevan lagi....

Pertimbangan lain adalah perkembangan sistem peternakan saat ini sudah mencampur adukkan berbagai trah dan warna ayam sehingga semakin banyak tercipta ayam dengan galur campuran dan warna yang lebih variatif dan tentunya hal ini menjadikan petungan atau primbon lama sudah tidak dapat dipergunakan lagi....

Satu hal lagi yang menjadi prinsip sikap saya tidak mempercayai hal tersebut adalah : primbon atau apapun yang menyangkut weton/petungan untuk ayam dibuat oleh leluhur kita jauh sebelum dikenal adanya ayam bangkok/vietnam/brasil di negara kita...

Nyatanya kedatangan jenis2 ayam tersebut mampu mengalahkan dan menjungkalkan segala macam petungan yang diterapkan.....sehingga sekarang tidak ada lagi peternak yang menjadikan ayam kampung lokal sebagai pemacek/babon.....

Salam

Sabar dan gak usah heran Mas Hendro,... namanya manusia,... sama juga ayam,.. satu petarangan gak mungkin sama,... ya biarlah.. mereka masih percaya seperti itu,.. lha wong negara kita saja menerima 5 agama dan 1 kepercayaan kok... ya toh..!?? he.he.he...

Kalo di ilmu NLP,.. justru bukan itungan atau weton itu yang 'muandi' alias mujarab,.. tapi justru dari KEYAKINAN YANG TINGGI itulah.. yang akan memberikan dampak kepada 'keinginan" orang tersebut.
Suatu contoh,.. botohnya yakin weton cocok, hari tarung cocok,..nglepas ayam di kalangan pas abaran cocok,.. dia pasti yakin dan seyakin-yakinnya ayamnya pasti menang,... justru keyakinan kuat yang seperti ini yang akan memberikan dampak getaran positif di alam yang akan mendukung kemenangan si ayam...

Bila masih bingung,.. silahkan baca Ilmu NLP di internet juga banyak.. apa itu NLP dan bagaimana kerjanya...

Salam Very Happy Very Happy Very Happy

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  nurkhotim on Mon 28 Dec 2009, 12:56

Administrator wrote:Hitungan weton atau primbon menggunakan patokan warna, sisik, katuranggan, arah kalangan, hari baik, dlsb. Jadi misalnya utk ayam dgn warna hitam, bagusnya tarung hari selasa pon arah kalangan ke barat.
Nah... bagaimana kita mencocokan kesiapan ayam dan arah kalangan dgn hari yg tepat tsb??
Tentu sangat sulit.
Smile

Bagi orang seperti mas Ary,.. Mas Hendro,.. atau yang lain yang ; TIDAK PERCAYA AKAN PERHITUNGAN tersebut,.. ya tentu saja BINGUNG,... ? karena apa, ya KARENA TIDAK PERCAYA DAN TIDAK YAKIN,...

Ma'af saya bukannya kok 'membela' para penganut kepercayaan tadi,. tapi justru ingin meletakkan persoalan pada posisinya...
Jadi menurut saya,.. biarkan saja mereka percaya,.. toh tidak mengganggu anda semua yang tidak percaya...
Dan tidak perlu belajar dan mencemooh,.. mempertanyakan hal-hal yang memang dari awalnya anda semua TIDAK PERCAYA,. karena justru tidak akan pernah ketemu,... tapi justru akan menimbulkan polemik baru,....

So,.. menurut saya.. ya biarkan saja,. sesama penganut kepercayaan saling tukar informasi masalah weton, naga dino,.. dsb... OK... PIZZZZ MEN... lol! lol! lol!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  arif on Mon 28 Dec 2009, 13:57

Iya Mas Nur.. Tidak apa2.. Memang sebagian dari penggemar ayam ada yang seperti itu, percaya dengan hal-hal seperti mitos, mistik dll.. (walaupun saya juga bukan generasi itu.. Smile..

Ayam boleh generasi baru.. tetapi 'orang' masih generasi dulu.. Smile

arif
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 457
Join date : 22.06.09
Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  sandri on Mon 28 Dec 2009, 18:22

gak banyak komentar lah...ya boleh percaya boleh tidak it kan hak masing2..heheheh..peace...sya cm sharing pengalaman n ilmu aja...

sandri
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 140
Join date : 06.11.09
Age : 26
Lokasi : pasuruan,jl margo utomo rt 03 rw 3 gayaman,

Kembali Ke Atas Go down

Mitos

Post  Administrator on Mon 28 Dec 2009, 20:49

nurkhotim wrote:Bagi orang seperti mas Ary,.. Mas Hendro,.. atau yang lain yang ; TIDAK PERCAYA AKAN PERHITUNGAN tersebut,.. ya tentu saja BINGUNG,... ? karena apa, ya KARENA TIDAK PERCAYA DAN TIDAK YAKIN,...

Ma'af saya bukannya kok 'membela' para penganut kepercayaan tadi,. tapi justru ingin meletakkan persoalan pada posisinya...
Jadi menurut saya,.. biarkan saja mereka percaya,.. toh tidak mengganggu anda semua yang tidak percaya...
Dan tidak perlu belajar dan mencemooh,.. mempertanyakan hal-hal yang memang dari awalnya anda semua TIDAK PERCAYA,. karena justru tidak akan pernah ketemu,... tapi justru akan menimbulkan polemik baru,....

So,.. menurut saya.. ya biarkan saja,. sesama penganut kepercayaan saling tukar informasi masalah weton, naga dino,.. dsb... OK... PIZZZZ MEN... lol! lol! lol!

Betul mas Nur... mau percaya silakan, ngga percaya juga ga papa.
Tapi, di alam modern ini, semua bisa dijelaskan dgn ilmu pengetahuan. Apalagi dgn adanya forum spt PAPAJI, semua hal2 yg membingungkan dan belum jelas, bisa disharing disini. Siapa tau mas Hendro, mas Nur, atau siapapun bisa menjelaskannya dgn logis berdasar kaidah2 ilmu pengetahuan.

Mitos2 itu sebenarnya timbul pada jaman dahulu kala akibat orang2 tidak bisa menjelaskan dgn pasti tentang fenomena alam yg terjadi. Ilmu pengetahuan yg ada saat itu belum bisa menjawabnya. Maka timbullah mitos.
Contoh :
Orang2 Yunani kuno merasakan hembusan angin yg kadang menyejukkan tapi kadang juga berbahaya (angin ribut). Krn tidak jelas apa penyebabnya, maka timbul mitos Dewa Angin.
Ombak dilaut kadang teduh, kadang bergelora, maka timbullah mitos dewa lautan. Gunung api meletus, muncullah mitos Dewa gunung.
Sama juga halnya dgn Dewa matahari, Dewi bulan, dll.
Termasuk juga mitos2 tentang warna bulu pada ayam. Kenapa hari ini ayam sy koq kalah? Sementara minggu lalu menang...?? Krn tidak tau penyebabnya, maka diingat2 apa warna musuh2nya, hari apa menangnya, dll. Akhirnya, warna bulu dan weton dijadikan kambing hitam kekalahan.

Konstruksi berpikir manusia itu ada dua macam.

Negative thinking (negativisme) :
Kalau ayamnya kalah, maka orang2 type ini cenderung menyalahkan hal2 diluar dirinya sendiri. Seperti warna ayam, bentuk jengger, sisik, warna kuku, hari weton, dll, dsb.

Positif thinking (positivisme) :
Kalau ayam kalah, orang2 type ini cenderung instrospeksi. Bagaimana tandingannya, bagaimana rawatannya, bebotohnya, gimana teknik ayam kita, apa kelebihan musuh, apa kekurangan ayam kita, dll.

Saya tidak menyalahkan konstruksi pikiran masing2. Bisa saja negativisme benar, atau bisa juga salah. Silakan saja direnungkan kembali.


salam

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6448
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  rio on Mon 28 Dec 2009, 20:51

Salam

Thanks Cak Nur... Jawaban anda sangat bijaksana sekali.

Rio

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  Hendro on Tue 29 Dec 2009, 06:41

nurkhotim wrote:
Jadi menurut saya,.. biarkan saja mereka percaya,.. toh tidak mengganggu anda semua yang tidak percaya...
Dan tidak perlu belajar dan mencemooh,.. mempertanyakan hal-hal yang memang dari awalnya anda semua TIDAK PERCAYA,. karena justru tidak akan pernah ketemu,... tapi justru akan menimbulkan polemik baru,....


Wah cak Nur ini bahasanya sungguh berbahaya....he...he...he... cocok jadi provokator...

Saya rasa tidak ada yang terganggu/terusik apalagi sampai mencemooh dan tidak mungkin timbul polemik hanya masalah kecil semacam ini....

Pendapat rekan2 semuanya benar berdasarkan pengetahuan dan keyakinan masing2, kalo ada sedikit perbedaan saya rasa sungguh wajar dan memang seharusnya demikian biar dunia ini tidak monoton tapi dinamis.....kan tidak mungkin semua orang jadi pegawai negeri semua? harus ada yang jadi petani/nelayan/pengusaha/buruh/direktur/pedagang/aparat sesuai dengan kapabilitasnya masing2..

Kalo kita bisa dengan bijak menyikapi setiap perbedaan maka hidup ini terasa begitu indah.....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7291
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  rio on Tue 29 Dec 2009, 08:56

Salam

Nah kalau jawaban Mas Hendro seperti ini..kan enak dibacanya (seperti biasanya selalu wise kalau memberi jawaban dari pertanyaan kami yang masih belajar dalam perayaman).

Tapi jangan bawa2 istilah provokator lah... sebetulnya kalau saya baca tulisan Cak Nur kesannya hanya
sebagai penengah saja (tidak membela siapapun) yg intinya semua orang punya cara masing2.

Saya percaya tentu saja semua kembali kepada kesiapan ayam pada saat mau diadu....memilih tandingan..dll.

Semua hari pasti bagus...tapi pada suatu titik tertentu pasti ada hari yang paling bagus dari hari yang lain dimana berhubungan dengan keinginan manusianya.
Contohnya kalau ada yang buat hajatan pasti akan dicari hari yang bagus...yang tujuannya pasti untuk hal2 yang bagus juga.

Terima kasih Mas

Rio

rio
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 204
Join date : 16.06.09
Age : 52
Lokasi : Jakarta

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  MANU TONGGE on Tue 29 Dec 2009, 10:23

ok...tmn2...senior2...beserta seluruh pemerhati..trmakash banyak ats tanggapannya...atas ilmux....
atas masukannya ..atas pertimbangan2x....dll
akhirnya saya daptkan juga yang saya cari2 selama ini......(weton ayam) smga berguna untuk sya...
klo sy sih pake yng gituan nda maslh asl ngga buat orang tganggu...heheheheheh
Cool Cool Very Happy Very Happy

MANU TONGGE
kopral
kopral

Jumlah posting : 14
Join date : 22.12.09

Kembali Ke Atas Go down

Re: mungkin ada jampi2 anti jalu/ anti buta.?

Post  Sponsored content Today at 05:28


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik