ayam impor dan ayam lokal

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ayam impor dan ayam lokal

Post  santoso on Wed 23 Dec 2009, 10:49

salam para senior senior pAPAJI seluruh indonesia

gini mas2 sekalian
bagai mana sih cara membedakan ayan ipor dan ayam lokal
dan apa sih ciri2 ayam2 tersebut

tolong penjelasanya ya mas

maaf bila ada kata penulisan yg salah

terimakasih

santoso

santoso
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 133
Join date : 14.10.09
Age : 45
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  alang on Wed 23 Dec 2009, 12:18

santoso wrote:salam para senior senior pAPAJI seluruh indonesia

gini mas2 sekalian
bagai mana sih cara membedakan ayan ipor dan ayam lokal
dan apa sih ciri2 ayam2 tersebut

tolong penjelasanya ya mas

maaf bila ada kata penulisan yg salah

terimakasih

santoso


Diajak ngobrol aja mas....kalo dia ga ngerti bahasa indonesia, pasti impor asli tuh...hehehe
(BBB : bener bener becanda)...... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  nurkhotim on Wed 23 Dec 2009, 15:08

alang wrote:
santoso wrote:salam para senior senior pAPAJI seluruh indonesia

gini mas2 sekalian
bagai mana sih cara membedakan ayan ipor dan ayam lokal
dan apa sih ciri2 ayam2 tersebut

tolong penjelasanya ya mas

maaf bila ada kata penulisan yg salah

terimakasih

santoso


Diajak ngobrol aja mas....kalo dia ga ngerti bahasa indonesia, pasti impor asli tuh...hehehe
(BBB : bener bener becanda)...... Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy

Kwak.kak.kak... masukk,..masuk...!!! tiasa wae kang Diat,...

Terus terang kalo aku yang disuruh lihat itu ayam,.. mana import sama mana yang lokal... (ini sesuai dengan kriteria Import dan Lokal / F1 juga khan !??)
Aku angkat tangan,.... gak bisa !!!

Lha gimana bisa, lha wong yang F1 saja banyak yang mirip import alias sebaliknya...

Logikanya begini :
Ayam import (dari luar Indonesia) banyak macamnya,. mau dari Thailand (Bangkok),. Vietnam Saigon, atau Burma Myanmar,.. ? atau Filliphina yang sekarang lagi ngetrend,.. dan dari masing-masing negara asal tersebut,. ayam juga memiliki variasi,. entah itu : UKURAN, WARNA, BENTUK KEPALA, SISIK KAKI,...
Begitu juga yang lokal (lokal disini termasuk yang anakan import / F1).. sama juga !!!
banyak variasi,.. ukuran, warna dll...

So,.. bagaimana kita bisa membedakan antara yang satu Import satunya lokal
????

Kemarin saja aku beli Babon Betina Silangan BK Import dan Saigon Import alias F1,.. ehh ternyata keluarnya ayamnya ukuran kecil,.. kaki juga merit,.. persis ayam kampung,... ??!! tapi siapa sangka ternyata itu adalah F1 ?? kalo nggak tahu persis peternakannya ?? he.he.he...

Jadi,. menurut saya,. mending lihat ayamnya,.. bukan lihat asalnya... !! pizzz lol! lol! lol!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  dodi_ls on Thu 31 Dec 2009, 14:02

santoso wrote:salam para senior senior pAPAJI seluruh indonesia

gini mas2 sekalian
bagai mana sih cara membedakan ayan ipor dan ayam lokal
dan apa sih ciri2 ayam2 tersebut

tolong penjelasanya ya mas

maaf bila ada kata penulisan yg salah

terimakasih

santoso
membedakan ayam impor dan lokal susah es...
karena patokan umum yg kebanyakan di bicarakan belum tentu menjamin apakah ayam benar2 impor atau tidak.
misal : ciri2 impor ; tulangan besar,bulu kasar,khemine (seperti yg dibicarakan jg di forum ini)...dll
mungkin solusi yg saya rasa agak mengena hanyalah dgn mengetahui secara jelas dan detail asal usul ayam dan pemiliknya..

dodi_ls
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 80
Join date : 29.12.08
Age : 34
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  Administrator on Thu 31 Dec 2009, 15:08

Kalau saya sih, membedakan ayam jangan berdasar asal usulnya. Tapi bedakanlah berdasar kualitasnya.
Mau dari kampung juga ga masalah. Yg penting kualitasnya bagus.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  alang on Thu 31 Dec 2009, 15:23

Seperti yg pernah dibahas di dalam forum ini, dalam topik "sertifikat ayam aduan", barangkali kedepannya Papaji bisa membuat sertifikasi yang berisi kepemilikan, silsilah, sejarah kesehatan dan prestasi ayam aduan. Hal ini akan membantu kita dalam mendeteksi ayam aduan ketika akan transaksi. Tujuannya bukan sekedar untuk membedakan ayam impor dan ayam lokal, tetapi setidaknya dengan sertifikasi ini bisa terlihat bahwa ayam lokal pun tidak kalah kualitasnya dengan ayam import. Karena ada kecenderungan di Indonesia, kalo ada ayam bagus, maka orang akan mencurigainya sebagai ayam import. Sebaliknya kalo ada ayam keok, atau ayam jelek baik tampang ataupun kualitas, maka akan dicap sebagai ayam kampung atau ayam lokal. Dengan sertifikasi ini mudah2an stigma negatif seperti itu akan berkurang bahkan hilang di masa yang akan datang.
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  dodi_ls on Thu 31 Dec 2009, 15:33

Administrator wrote:Kalau saya sih, membedakan ayam jangan berdasar asal usulnya. Tapi bedakanlah berdasar kualitasnya.
Mau dari kampung juga ga masalah. Yg penting kualitasnya bagus.
Smile
kualitas...itu pasti yg utama mas... Very Happy Very Happy Very Happy
mhn maaf kl saya sok pinter... Shocked Shocked

dodi_ls
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 80
Join date : 29.12.08
Age : 34
Lokasi : palembang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  Administrator on Thu 31 Dec 2009, 15:53

Dinegara asalnya, entah thailand, burma, vietnam, dll, banyak ayam kualitas untulan juga.
Ayam yg dianggap bagus disana, harganya juga sudah mahal. Belum lagi ditambah keuntungan importir, biaya kirim, akomodasi, resiko mati, dll, dsb, maka sampai Indonesia harga sudah 3-4X lipat dibanding ternakan lokal.

Maka jangan heran, harga ayam import yg cuma 5jt/ekor, bisa disamakan dgn kualitas ternak lokal seharga 1-2jt.
Kalau mau beli ayam import kualitas bagus, harga saat ini minimal 10jt/ekor.
Kalau sy sih, dg harga 10jt, mending beli basah aja yg udah menang di kalangan.
Smile

Administrator
Admin
Admin

Jumlah posting : 6446
Join date : 15.08.08

http://papaji.forumotion.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  alang on Sat 02 Jan 2010, 14:26

Administrator wrote:Dinegara asalnya, entah thailand, burma, vietnam, dll, banyak ayam kualitas untulan juga.
Ayam yg dianggap bagus disana, harganya juga sudah mahal. Belum lagi ditambah keuntungan importir, biaya kirim, akomodasi, resiko mati, dll, dsb, maka sampai Indonesia harga sudah 3-4X lipat dibanding ternakan lokal.

Maka jangan heran, harga ayam import yg cuma 5jt/ekor, bisa disamakan dgn kualitas ternak lokal seharga 1-2jt.
Kalau mau beli ayam import kualitas bagus, harga saat ini minimal 10jt/ekor.
Kalau sy sih, dg harga 10jt, mending beli basah aja yg udah menang di kalangan.
Smile

Setuju mas,kalo saya malah daripada beli ayam 10jt mendingan buat modal bikin kandang biar bisa ternak kayak Mas Ary, Kang Azis dan Mas Hendro, hahahaa.
Tapi buat teman2 yang keukeuh ingin memiliki ayam import, mungkin bisa mengikuti trik teman saya. Dia beli ayam import langsung dari Thailand, atau titip temannya yang biasa bolak-balik ke Thailand. Yg dia beli bukan jago yg siap, melainkan anakan umur 2-3 bulan dari trah jawara disana. Tentu saja sangat spekulatif. Tapi setidaknya dari trah sudah keliatan bbrp persen kualitasnya. Dan harga jauh lebih murah, mungkin bisa 1/5 atau bahkan 1/10 dari harga siap tarung impor. Tapi bagaimanapun tetap saja jauh lebih mahal dari lancuran ayam lokal dengan kualitas sangat baik. Hehehe.
Salam.

alang
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 988
Join date : 28.07.09
Age : 44
Lokasi : Ciputat, Tangerang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  Hendro on Sun 03 Jan 2010, 00:06

Bagi seorang penghobi sejati asal usul ayam tidak menjadi prioritas tetapi lebih kepada kualitas dan kepantasan harga + menyesuaikan kondisi finansial yang ada.....sangat berbeda dengan penjudi sejati...kadang modal besar tidak menjadi masalah sekalipun harus dengan cara berhutang, karena berharap dapat kembali modal, dengan catatan ayam menang diarena....anda tergolong dalam kriteria yang mana ..? silakan renungkan dan berkaca....

Salam

Hendro
moderator
moderator

Jumlah posting : 7288
Join date : 06.08.09
Age : 47
Lokasi : Semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  nurkhotim on Mon 04 Jan 2010, 09:43

Hendro wrote:Bagi seorang penghobi sejati asal usul ayam tidak menjadi prioritas tetapi lebih kepada kualitas dan kepantasan harga + menyesuaikan kondisi finansial yang ada.....sangat berbeda dengan penjudi sejati...kadang modal besar tidak menjadi masalah sekalipun harus dengan cara berhutang, karena berharap dapat kembali modal, dengan catatan ayam menang diarena....anda tergolong dalam kriteria yang mana ..? silakan renungkan dan berkaca....

Salam

Oalah mas,..mas,...
Lha wong topiknya itu "bagaimana membedakan ayam import sama lokal",..kok malah berubah ke arah situ... !??

Intinya sudah terjawab pertanyaannya... TITIK ! ganti topik.
lol!

nurkhotim
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 304
Join date : 23.07.09
Lokasi : Pasuruan - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam impor dan ayam lokal

Post  Sponsored content Today at 07:55


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik