ayam pokhoe

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Re: ayam pokhoe

Post  paracetamol on Thu 18 Jul 2013, 23:45

Administrator wrote:
Tomcats wrote:emang type ayam yang seperti apa yang anti pakhoy ? Very Happy salam om admin
Ayam yg kontrol dan langkahnya bagus, ada dorong serta pukul cepat menurut saya (subjektif) bisa meredam tipe pakhoy. Dgn kontrol, langkah dan dorong yg baik, pakhoy tidak bisa keluar dari tekanan dan hanya banyak bersembunyi di kolong atau sayap tidak mampu keluar.

Mungkin senior2 disini sebetulnya sudah punya bayangan seperti apa meredam gaya tarung tertentu. Tidak ada yg sempurna. Semua tipe ayam pasti memiliki kekurangan.
Very Happy

Tapi masalahnya, kalaupun kita sudah punya ayam yg mampu meredam gaya pakhoy, apakah bisa dipastikan ketika turun berlaga nanti akan bertemu dgn pakhoy?
Siapa tau justru bertemu dgn anti-nya?
Ujung2nya, memilih tandingan/musuh jadi point yg sangat menentukan.
hehehe....


Prediksi mas ari memang sangat brilian.

paracetamol
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1325
Join date : 23.01.12
Lokasi : west borneo

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  bang_owl on Fri 19 Jul 2013, 09:30

Administrator wrote:IMHO

Dari jaman baheula, sebetulnya tipe pakho atau pakhoy ini sudah ada.
Sekarang aja lagi booming krn mengikuti trend.

Bentar lagi juga akan keluar tipe anti pakhoy yg sebetulnya juga sudah ada sejak jaman baheula.
Very Happy 

Jangan ikutin trend. Tapi jadilah trend setter.
Berpikirlah selangkah lebih maju.
Smile 
ini benar, lha ditaun 85 an sudah ada tuh dibogor ayam kayak gituan, waktu kakak ama in the gank suka adu ayam...wkwkwkw




bang_owl
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 759
Join date : 16.12.11
Age : 43
Lokasi : Bogor , 085714425678

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  firdaus on Mon 29 Jul 2013, 21:08

bang_owl wrote:
Administrator wrote:IMHO

Dari jaman baheula, sebetulnya tipe pakho atau pakhoy ini sudah ada.
Sekarang aja lagi booming krn mengikuti trend.

Bentar lagi juga akan keluar tipe anti pakhoy yg sebetulnya juga sudah ada sejak jaman baheula.
Very Happy 

Jangan ikutin trend. Tapi jadilah trend setter.
Berpikirlah selangkah lebih maju.
Smile 
ini benar, lha ditaun 85 an sudah ada tuh dibogor ayam kayak gituan, waktu kakak ama in the gank suka adu ayam...wkwkwkw





Bener om... sampe banyaknya yang tergila2 ama pakhoy.
tapi apa selalu jaminan pakhoy dikalangan slalu menang

firdaus
Registered Sellers
Registered Sellers

Jumlah posting : 316
Join date : 27.03.13
Lokasi : cirebon jawa barat 081312152225

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  Paparrazzi on Mon 05 Aug 2013, 02:41

firdaus wrote:Bener om... sampe banyaknya yang tergila2 ama pakhoy.
tapi apa selalu jaminan pakhoy dikalangan slalu menang
Prtanyaan Simple, and perlu pemikiran... Lanjut para sensei papaji.....(nyimak)

Paparrazzi
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 197
Join date : 23.04.13
Age : 86
Lokasi : Reog Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  indrabayu on Tue 06 Aug 2013, 00:40

diskusi yg bagus, intinya ayam kalah ama janda eh ayam kalah ama ayam:arrow: Arrow 

indrabayu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 319
Join date : 05.08.13
Age : 36
Lokasi : cibubur jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  dhekoko on Thu 08 Aug 2013, 20:11

indrabayu wrote:diskusi yg bagus, intinya ayam kalah ama janda eh ayam kalah ama ayam:arrow: Arrow 
yang huruf tebal itu yang pasti ngalahin,...wkwkwkwkwk
Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy 

dhekoko
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 766
Join date : 27.04.13
Lokasi : kalibaru timur semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  PLENYUN on Sun 11 Aug 2013, 13:37

Info yang sangat berguna bagi pemula seperti saya ..
Thanks senior n rekans atas sharingnya..
Smile Smile Smile

PLENYUN
Sersan
Sersan

Jumlah posting : 152
Join date : 09.11.12
Lokasi : Purbalingga - Jawa Tengah

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  roan on Wed 06 Nov 2013, 18:26

pokoknya ikut belajar aja deh, mklum pemula...

roan
kopral
kopral

Jumlah posting : 34
Join date : 16.06.13
Age : 26
Lokasi : Purbalingga, Jawa Tengah

http://tiara.rian@yahoo.co.id

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  beni_es on Wed 06 Nov 2013, 19:46

roan wrote:pokoknya ikut belajar aja deh, mklum pemula...
ikutan...pokok-e ayam wes Smile

beni_es
Premium member
Premium member

Jumlah posting : 562
Join date : 19.07.11
Lokasi : Denpasar

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  Ai Jae on Wed 06 Nov 2013, 21:59

Pakhoe yg pasti dan lebih jelasnya adalah ayam tempel terampil solah speed bongkar pukul mampu mengimbangi ketangkasan yg umumnya di miliki burma, pukulan menyetarakan kemampuan rata-rata yg dimiliki Bangkok atau Saigon Pukul berat (terkecuali pukul mlempem ^_____^ ) , maka apapun yg dipukulnya berefektif memiliki damage pukul yg berasa, lawan yg merasakan damage tsb dapat diperhitungkan dari uk/bobot berat, semakin bersize kecil semakin berat merasakan damage pukul tersebut,

Contoh ayam tulangan kecil saja ga perlu repot mikirkan rasa apa yg dirasakan ayam terpukul ayam, xixixixixie... ^^

Nuhun

Ai Jae
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 679
Join date : 13.01.13
Lokasi : Venetian Macao

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  indrabayu on Sat 21 Dec 2013, 21:03

ayam pakhoe buat ngadepin ayam burma. ayam pakhoe dikalahin ayam magon. ayam magon kalah ma BK,dan BK kalah sama burma muter muter aza. yg penting punya banyak ayam buat liat gandengannya

indrabayu
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 319
Join date : 05.08.13
Age : 36
Lokasi : cibubur jakarta timur

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  aditp on Tue 14 Jan 2014, 08:15

AyamUruk wrote:Jadi bingung...?!
pakhoe=pakhoy=ayam dr malaysia.
pusiiing... !!!

ayam pokhoe ??

Kalau Orang Jawa bilang,
Ayam Pokok.e
Pokok.e Ayam..  Very Happy 
 study   study 

aditp
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1307
Join date : 05.08.13

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  jawara on Mon 10 Feb 2014, 21:37

ikutan aja ach.... biar smakin puinter sprti para senior.

jawara
Jendral
Jendral

Jumlah posting : 1517
Join date : 20.11.12
Age : 35
Lokasi : Banyuwangi - Jatim

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  penyebar semangat on Sat 01 Mar 2014, 16:33

Bonimanuk wrote:
mocho_acho wrote:ayam pakhoe itu apa y..?

Ayam Aduan dari masa ke masa

Perkembangan di dunia ayam aduan dewasa ini begitu pesatnya sehingga muncullah berbagai macam trah baru yang masing – masih trah mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan trah yang lain. Namun sebagai peternak kita hendaknya harus senantiasa mengambangkan ayam adauan di Indonesia sehingga tidak dikenal Final Genetik yang artinya pengembangan genetik pada ayam aduan tidak boleh berhenti dan harus senantiasa dikemangkan dengan melakukan berbagai macam crossbreeding antara satu trah dengan trah yang lain , berikut adalah beberapa Trah ayam aduan yang ada dewasa ini :

A.   BASIC TYPE
1.    Ayam Bangkok
Jenis ini memang paling populer di kalangan penghobi ayam aduan , mengingat ayam Bangkok tidak hanya dikenal memiliki pukulan yang bagus tapi juga memiliki teknik bertarung yang cukup beragam. Tidak heran hingga terjadi Majas Metonimia di kalangan penghobi ayam aduan semua ayam disebut ayam Bangkok. Ayam Bangkok tidak hanya adu pukul, tetapi juga bisa adu jalu bahkan tidak jarang menggunakan jalu pasangan. Kecerdikan ayam Bangkok dalam bertarung inilah banyak penghpbi ayam aduan yang fanatik , sehingga mereka meyakini ayam Bangkok import memiliki kualitas yang lebih bagus disbanding dengan yang diternak di Indonesia , padahal tidak selamanya benar . Memang yang Import lebih bagus itu hal wajar , selain ongkos kirimnya mahal dam ayam yang dibeli harus berkualitas super. Sementara di Bangkok sendiri yang kualitasnya biasa saja cukup banyak.
2.    Ayam Saigon
Ayam Vietnam atau lebih dikenal dengan ayam Saigon, Jenis yang satu ini memiliki kelebihan pukulan yang cukup keras dan ketahanan badan yang luar biasa , namun versi awal dari ayam Saigon ini kurang memiliki  teknik bertarung namun versi sekarang dari ayam ini sudah sama cerdiknya dengan ayam Bangkok . Tentu saja ayam Saigon akan selalu unggul jika berhadapan dengan jenis ayam lain yang mengandalkan jual beli pukulan. Size ayam Saigon rata – rata besar sehingga untuk kalangan kelas bawah terkadang sulit untuk mencari gandeng . Ketahanan dan kehebatan ayam Saigon inilah yang akhirnya mengilhami para peternak untuk menyilang dengan ayam Bangkok atau jenis lain yang diharapkan dapat saling menutupi kekurangan.
3.    Ayam Birma
Kelebihan ayam Birma saat pertarungan pertama, jenis ayam ini memiliki kemampuan memukul tanpa harus mematuk terlebih dahulu (Nyawat, Mranggal, Timpuk , Tipam / Gombel) . Sehingga jika saat babak pertama sudah mengenai bagian lawan yang fital , bukanlah hal yang mengherankan bila ayam birma ini bisa memenangkan pertandingan. Walau pukulan ayam birma ini tidak seberat Bangkok apalagi Saigon tapi ayam ini dengan teknik nyawatnya yang sangat jitu.Ayam birma dikenal pandai didalam menghindar dengan jalan mundur ke belakang / kesamping sambil melemparkan pukulan nyawat hal ini tentunya akan sangat menyulitkan ayam dengan teknik ngunci . Karena ayam ini selalu jaga jarak dan jarang mematuk sehingga lawanpun akan sulit mematuk yang selanjutnya juga akan sulit melepas pukulan sehingga tidak jarang lawan akan mati gaya dan kebingungan bila bertemu dengan ayam birma yang selalu jaga jarak dan tidak mau beradu (tempel) leher didalam sebuah pertarungan .

4.    Ayam Brazil
Ayam Brazil berpenampakan seperti ayam Pelung di Jawa Barat badan tampak tinggi, tulangan kasar secara umum gerak geriknya tidak begitu lincah terkesan lamban , karena ayamnya tinggi otomatis kaki nya juga sangat panjang kurang proporsional . Ayam Brazil termasuk ayam botoh (disukai botoh) kinerja mirip mesin disel baru menunjukkan Top performa saat kondisi sudah panas, begitu pula dengan Ayam Brazil di air pertama dan kedua ayam ini apit asor dengan teknik yang kurang bagus namun setelah air ketiga dan seterusnya teknik baru tampak aslinya dan akan mendominasi hingga tetes darah lawan yang terakhir.Namun kalau Ayam Brazil ini kalah pantang bago ayam Brazil untuk keok apalagi lari keluar arena hanya ada satu kata bagi ayam Brazil menang atau mati terhormat diarena.
5.    Ayam Taiwan
Ayam Taiwan merupakan Trah ayam yang berasal ari kepulauan Taiwan ( Formosa ) . Merupakan ayam dengan postur tinggi nan atletis dengan ukuran Tinggi hingga 75 cm untuk ukuran ayam Jantan rata rata 4 – 5,5 Kg untuk ukuran ayam betina antara 3 – 3.5 Kg namun banyak juga yang lebih besar dari berat rata rata, Pegangan mberang / Prahu , Badan terkesan sangat panjang. Ayam Taiwan punya pukulan yang sangat keras rata rata mengarah ke kepala lawan terkadang ada ketip bulu sehingga yang di patuk tidak hanya kepala namun juga punggung dan leher.Untuk teknik rata rata kontrol aktif sangat cepat ( Tempel pukul ) namun ada pula yang berteknik ala Bangkok peluk kanan kiri , ngalung , bongkar sayap dll .Ayam Taiwan mempunyai mental yang sangat bagus dan pantang menyerah dalam sebuah pertarungan hanya saja pada saat remaja ayam baru berani ayam sekitar umur 8 -9 bulan namun ada juga yag lebih awal.

B.    MODERN TYPE
1.    Ayam Pama
Trend Ayam aduan sekarang ini telah mengalami suatu perubahan kemajuan yang sangat besar. Dimana berhasil diciptakan ayam aduan dari berbagai jenis genetika yang benar-benar hebat & tangguh. Adalah ayam dari genetik  Burma mix Bangkok atau yang lebih dikenal dengan Pama,  sekarang di negeri Siam telah terbukti menjadi yang terbaik. Dari gen inilah telah banyak di lakukan perkawinan silang (crossbreeding) dengan gen ayam Thai, Saigon / ganoi, Pakhoe, Brazilian, yang menghasilkan berbagai jenis seperti  ayam  Magon (pama-saigon), MaThai (pama-thai) dan nama-nama lain. Ayam Pama mempunyai jenis permainan yang bisa dibilang unik dimana tingkat akurasi/ ketepatan pukulannya sangat tinggi. Pukulannya yang keras & cepat selalu mengenai bagian kepala, mata & paruh. Tehnik permainannya yang unik, dimana banyak sepak (Tembak / mranggal) dan devensif susah masuk belit selain tidak makan pancing (Lock) telah banyak menyebabkan ayam dari jenis  Bangkok (Thai) yang terkenal dengan super lock harus sering tersungkur di dalam gelanggang. Evolusi Pama telah berlaku di Thailand di mana hampir 90% darah ayam Aduan mereka  yang masuk arena gelanggang aduan di sana kini merupakan turunan dari darah ayam Pama.

2.    Ayam Pakhoe (Pemukul Setan)
Menurut informasi ayam Pakhoe sebenarnya ayam new release dari bangkok, awalnya ayam tersebut khusus untuk melawan Burma. karena untuk ukuran kelas di bawah 3 kg Burma di kalangan di bangkok hampir tidak terkalahkan, maka ayam burma di juluki hoe=setan oleh peternak di bangkok membuat trah baru yang terdiri dari 4 darah (bangkok, burma, Saigon, Brazil) yang setelah direlease ternyata hampir selalu mampu mengalahkan ayam Burma, maka di sebut pakhoe=pemukul setan. Dengan ciri khas antara lain :
1. Memiliki kecepatan yang bagus. ( Menyesuaikan Ayam Birma yang rata – rata cepat)
2. Arah Serangan Ke Badan.(Ayam Birma mempunyai tulangan yang tipis)
3. Jika ada jarak keluarkan pukulan sawat / timpuk / tipam / gombel / pranggal. (Senjata Utama menyerang Birma yang selalu jaga jarak)
4. Pukul berat. (Ayam Birma tidak kuat menerima pukul berat kearah badan)
5. Selalu masuk mendekati lawan dari bawah (sangat rendah sehingga saat mendekat sulit di  pukul sawat / timpuk / tipam / gombel).
6. Terkadang ada yang mau mematuk lawan di semua bagian tubuh. (Karena kepala ayam birma cepat dan sulit di patuk)

C.    INTERMEDIATE TYPE
1.    Ayam Makhoe
Trend generasi terbaru dari ayam pakhoe adalah hasil crossbreeding antara ayam pakhoe dengan ayam burma yang disebutnya makhoe = pama pakhoe.
Tentunya ayam jenis ini memiliki karakter bermain ketip bulu (nyangkul) atau mematuk segalanya & memukulnya ke badan keras-keras, bahkan juga  ke kepala dengan akurasi  yang lebih baik.

2.    Ayam Magon
Jenis ayam ini hasil dari crossbreeding antara ayam Pama dengan Saigon (pama-saigon = magon). Ayam saigon yang kami maksudkan dari jenis modern yang merupakan hasil cross antara ayam asli vietnam dengan ayam Madagaskar, biasanya ayam ini sudah tidak memiliki bulu botak lagi atau berbulu lebih lebat.
karakter yang diharapkan dari jenis ayam Magon ini adalah jenis ayam aduan dengan gaya bertarung seperti ayam burma akan tetapi memiliki zise besar & ketahanan pukulan yang lebih tangguh seperti ayam saigon diharapkan akan lebih mudah untuk mendapatkan lawan tandingan.

D.   ADVANCED TYPE
1.    Ayam Generasi 3 Darah & 4 Darah
Generasi termutakhir adalah generasi dari crossbreeding antara beberapa jenis ayam aduan tersebut diatas adalah generasi 3Darah dan 4Darah, tentunya dengan karakter yang diharapkan dari jenis ayam ini adalah jenis ayam aduan dengan gaya bertarung yang sangat luar biasa baik kecepatan pukulannya maupun permainannya sehingga mampu di tandingkan dengan segala jenis ayam aduan apapun. jenis ini yang sedang kami banyak-banyak produksi.

ulasan yg bagus

penyebar semangat
Kapten
Kapten

Jumlah posting : 322
Join date : 22.02.14
Age : 46
Lokasi : semarang

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  losi on Mon 03 Mar 2014, 23:51

Abu Aslam WSS wrote:Ini adalah artikel yang kami buat di Blog pribadi saya pada hari Kamis 3 Pebruari 2011 .Namun dewasa ini artiket tersebut saya revisi , Saya mohon maaf hal ini dikarenakan  pengetahuan kami yang juga terbatas dalam mengenali ayam  aduan terkini krn kami juga seorang pemula. Seiring dengan ilmu yang kami terima dr para senior dan rekan rekan sekalian akhirnya artikel saya revisi di bagian  Modern Type No 2 tentang ayam Pakhoe . Ini adalah cuplikan artikel saya edisi pertama :
Bonimanuk wrote:
2.    Ayam Pakhoe (Pemukul Setan)
Menurut informasi ayam Pakhoe sebenarnya ayam new release dari bangkok, awalnya ayam tersebut khusus untuk melawan Burma. karena untuk ukuran kelas di bawah 3 kg Burma di kalangan di bangkok hampir tidak terkalahkan, maka ayam burma di juluki hoe=setan oleh peternak di bangkok membuat trah baru yang terdiri dari 4 darah (bangkok, burma, Saigon, Brazil) yang setelah direlease ternyata hampir selalu mampu mengalahkan ayam Burma, maka di sebut pakhoe=pemukul setan. Dengan ciri khas antara lain :
1. Memiliki kecepatan yang bagus. ( Menyesuaikan Ayam Birma yang rata – rata cepat)
2. Arah Serangan Ke Badan.(Ayam Birma mempunyai tulangan yang tipis)
3. Jika ada jarak keluarkan pukulan sawat / timpuk / tipam / gombel / pranggal. (Senjata Utama menyerang Birma yang selalu jaga jarak)
4. Pukul berat. (Ayam Birma tidak kuat menerima pukul berat kearah badan)
5. Selalu masuk mendekati lawan dari bawah (sangat rendah sehingga saat mendekat sulit di  pukul sawat / timpuk / tipam / gombel).
6. Terkadang ada yang mau mematuk lawan di semua bagian tubuh. (Karena kepala ayam birma cepat dan sulit di patuk)

Berikut adalah edisi revisinya :


2. Ayam  Pakhoy (Pemukul Setan)
Menurut informasi ayam Pakhoy adalah ayam asli dr tanah Malaysia yang di assembled dan di improvisasi dengan perpaduan 4 darah, awalnya ayam tersebut khusus untuk melawan Burma. karena untuk ukuran kelas di bawah 3 kg Burma di kalangan di bangkok hampir tidak terkalahkan, maka ayam burma di juluki hoy=setan oleh peternak di bangkok membuat trah baru yang terdiri dari 4 darah (bangkok, burma, Saigon, Brazil) yang setelah direlease ternyata hampir selalu mampu mengalahkan ayam Burma, maka di sebut pakhoy=pemukul setan. Dengan ciri khas antara lain :
1. Memiliki kecepatan yang bagus. ( Menyesuaikan Ayam Birma yang rata – rata cepat)
2. Arah Serangan Ke Badan.(Ayam Birma mempunyai tulangan yang tipis)
3. Jika ada jarak keluarkan pukulan sawat / timpuk / tipam / gombel / pranggal. (Senjata Utama menyerang Birma yang selalu jaga jarak)
4. Pukul berat. (Ayam Birma tidak kuat menerima pukul berat kearah badan)
5. Selalu masuk mendekati lawan dari bawah (sangat rendah sehingga saat mendekat sulit di  pukul sawat / timpuk / tipam / gombel).
6. Terkadang ada yang mau mematuk lawan di semua bagian tubuh. (Karena kepala ayam birma cepat dan sulit di patuk)

3. Ayam  Pakhoe
Merupakan pengembangan ayam BK biasa dengan teknik dan breeding yg saya juga belum ketahui krn dirahasiakan. Ayam ini dirancang untuk tarung dengan semua jenis trah sehingga ukuran bervariasi dr 3 kg - hingga yang jumbo. ayam assembled Tahiland selatan ini mempunyai kelebihan di banding BK bisa antara lain di langkah , tengok terutama Pukulannya yang sangat tajam dan panas (jauh diatas rata rata bk biasa). Yah inilah diskripsi singkat ayam Bk selatan alias Pakhoe.

Salam


ulasan yang sangat menarik...

losi
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 944
Join date : 21.01.14
Lokasi : Dapur magma

Kembali Ke Atas Go down

babat

Post  babat22 on Sun 12 Apr 2015, 17:06

nah revisinya baru muanteep gan..pakhoy tidak sama dengan pakhoe...


Terakhir diubah oleh babat22 tanggal Sun 12 Apr 2015, 17:08, total 1 kali diubah (Reason for editing : NB)

babat22

Jumlah posting : 3
Join date : 12.04.15

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  Boyka 19 on Sun 12 Apr 2015, 19:38

babat22 wrote:nah revisinya baru muanteep gan..pakhoy tidak sama dengan pakhoe...

ijin nyimak dan blajar lagi om.
study study study

Boyka 19
Kolonel
Kolonel

Jumlah posting : 833
Join date : 21.11.12
Age : 27
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  semar59 on Mon 30 Nov 2015, 09:55

Di batam disebutnya ayam pakhoi,,
kalau menurut pendapat saya ayam nya lebih besar dari ayam birma atau bangkok dan saigon,,
kalau saya pribadi kurang suka dengan jenis ini,, karena kalau di kalangan susah nyari gandeng...

semar59
kopral
kopral

Jumlah posting : 29
Join date : 20.08.15
Age : 29
Lokasi : batam

Kembali Ke Atas Go down

Re: ayam pokhoe

Post  Sponsored content Today at 21:12


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 4 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik